Skip to main content

Al Faridzi Setiawan , Anekdot " Gerhana Matahari Yang Menakutkan " SMAN 41 Thn 2016

 Nama : Al Faridzi Setiawan
Kelas  : X-IIS-2
Judul  : Gerhana Matahari Yang Menakutkan                                            
                         Gerhana Matahari Yang Menakutkan

           Di sebuah kampung, Tinggalah keluarga yang terdiri dari 4 orang yaitu sang ayah, sang ibu, dan 2 orang anak. Mereka sangat percaya pada mitos mitos yang beredar termasuk mitos tentang gerhana matahari.  Hingga pada suatu hari terjadi gerhana matahari di kampung mereka. Karena mereka percaya pada mitos tentang gerhana matahari, Mereka pun takut dan panik. Mereka hanya di rumah dan tidak berani pergi jauh jauh dari rumah.

            Sang ibu menjaga anak anak nya di dalam rumah, Sedangkan sang ayah membuat suara yang sangat berisik dengan cara mengetuk ngetukan wajan dan codet agar batara kala tidak memakan matahari. Warga pun berdatangan karena terganggu dengan suara tersebut. Salah seorang warga bertanya pada sang ayah yang membuat suara berisik tersebut "Apa yang anda lakukan, Mengapa sangat berisik sekali?". Sang ayah pun menjawab "Saya membuat suara yang sangat berisik agar batara kala tidak memakan matahari, Karena batara kala sangat takut pada suara berisik". Warga tersebut pun membalas "Halah zaman sekarang masih percaya pada mitos. Mana ada matahari dimakan, Matahari itu kan sangat besar dan sangat panas, Lagian yang makan matahari sebesar dan sekuat apa". Sang ayah pun berpikir sejenak dan lama kelamaan menyadari kesalahannya, Dan sang ayah pun membalas "Oh iya ya benar juga, kenapa saya malah percaya pada mitos yang tidak masuk akal, Yaudah untuk para warga maafkan saya karena telah menganggu kalian dengan suara yang berisik, Lain kali saya tidak akan percaya pada mitos lagi". Warga yang tadi pun membalas "Makanya lain kali jangan percaya pada mitos yang tidak masuk akal atau tidak sesuai dengan fakta, Bila ada mitos kaitkan dengan ilmu pengetahuan itu mitos atau fakta".

Comments

Popular posts from this blog

Kelas 12 Ipa 2 Kelompok 4 Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018

Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018 BULLYING Tim Produksi : 1. Amos Fernando Nainggolan – Guru Matematika (Mengetik Naskah) 2. Destia Laila – Teman Dewi dan Sharhan (Makeup) 3. Dewi Astuti – Peran yang di bully (Kostum) 4. Dwi Prasetyo – Guru BK (Penata Artistik) 5. Kedive Ramadhan – Tukang bully (Admin Sosmed) 6. Muhammad Daffa Firdaus – Tukang bully (Sutradara) 7. Muhammad Luthfi Sasmita – Tukang bully (Properti) 8. Muhammad Sharhansyah – Peran yang di bully (CD) 9. Titis Sulistiyo Wahyuning Asih -  Tukang bully (Pembuat Naskah) Grup 4  XII MIPA – 2 Ujian Praktek Guru Penguji: 1. Dra. Siwi Marwati, M. Pd. 2. Dra. Novalinda, M. Pd. 3. Muhammad Jarkasih, S Pd. M. Par. SMA Negeri 41 Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018 Di sebuah Sekolah bernama SMA Bar – Bar terdapat sebuah kelas yang dihuni oleh berbagai macam karakteristik siswa. Pagi hari Destia dan Sharhan dikelas, tiba – tiba Daffa dan teman-temannya

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah .... a.        Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013 b.       Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah c.        Pembelajaran yang sangat dianjurkkan pada kurikulum 2013 d.       Penyajian perasaan

27. Novani Sisilia Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

Nama : Novani Sisilia Soal UN Bahasa Indonesia Thn. 2016 04 Paket B Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik menyisipkan peristiwa sejarah dengan harapan dapat memperkuat kepribadian peserta didik dengan menghayati nilai-nilai perjuangan dan pengorbana seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan. Pembelajaran ini juga dimaksudkan untuk menanamkan sikap positif dalam diri peserta didik terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa identitas bangsa yang harus dijunjug tinggi yang harus tercermin dalam sikap berbahasa, baik lisan maupun tulis. Bahasa Indonesia merupakan cerminan sikap dan jati diri bangsa Indonesia di lingkungan pergaulan dunia global. 1.          Ide pokok paragraf tersebut adalah … . A.         cara memperkuat kepribadian peserta didik  melalui materi pembelajaran B.         penghargaan pengorbana n seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan C.         upa