SOAL LAMA
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor
1 dan 2.
Pembelajaran Bahasa
Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik
lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk
mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan
pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah,
dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap
makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan
pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya
tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman.
|
1.
Ide
pokok paragraf tersebut adalah ....
a.
Pembelajaran
pada kurikulum baru, yaitu 2013
b.
Pembelajaran
Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah
c.
Pembelajaran
yang sangat dianjurkkan pada kurikulum 2013
d.
Penyajian
perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks
e.
Penyajian
perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai
2.
Tujuan
penulis menyajikan isi teks tersebut adalah ....
a.
Mengimbau
agar pendidik mengubah cara pembelajaran Bahasa Indonesia
b.
Mengingatkan
pendidik supaya pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks
c.
Menjelaskan
pembelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang Pendidikan Menengah
d.
Mendeskripsikan
pembelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang Pendidikan Menengah
e.
Membandingkan
cara pembelajaran dengan berbasis teks dengan tidak
Cermati paragraf berikut
(1) Pada kurikulum 2013
yang menekankan pentingnya keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan dan
keterampilan. (2)Kemampuan berbahasa yang dituntut tersebut dibentuk melalui
pembelajaran berkelanjutan. (3) Pembelajaran dimulai dengan meningkatkan
pengetahuan tentang jenis, kaidah, konteks suatu teks. (4) Setelah itu,
dilanjutkan dengan keterampilan menyajikan suatu teks tulis dan lisan, baik
terencana maupun spontan yang bermuara pada pembentukan sikap kesantunan dan
kejelian berbahasa. (5) Sikap penghargaan terhadap Bahasa Indonesia sebagai
warisan budaya bangsa pun sangat diutamakan sehingga peserta didik mencintai,
menghargai, dan peduli dalam memelihara bahasa Indonesia, baik lisan maupun
tulis
|
3.
Kalimat
utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor ...
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
e.
5
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor
4-5
(1) Usaha minimal yang
harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi materi pelajaran yang
diharapkan haruslah diupayakan oleh pendidik dan peserta didik dalam
pembelajaran. (2) Untuk mencapai itu semua, pendidik harus menyiapkan
pembelajaran dengan pendekatan dan model pembelajaran yang sesuai dengan
kompetensi yang dibahas. (3) Disamping
itu, peserta didik secara merata harus dilibatkan dalam pembelajran tersebut.
(4) Peserta didik pun harus mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas disekitarnya
sebanyak-banyaknya. (5) Pendidik dapat memperkaya kreasi pembelajaran dalam
bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan dengan daya serap
peserta didik, lingkungan sosial, dan alam.
|
4.
Yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah
kalimat bernomor ...
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
e.
5
5.
Makna
istilah kompetensi pada paragraf tersebut adalah ...
a.
Keinginan
mencoba
b.
Kesungguhan
menggali
c.
Kecepatan
menangkap
d.
Kekuatan
menyelesaikan
e.
Kemampuan
menguasai
Cermati kutipan tajuk rencana berikut untuk
menjawab 6-9
(1) Menurutnya debit air
dalam hitungan bulan, tampaknya akan menjadi pembenaran akan prediksi ahli
tentang krisis yang terjadi di Palembang. (2) Diperkirakan banyak penyebab
menurunnya debit air ini, seperti yang dituduhkan orang penyebabnya adalah
penebangan liar yang tidak terkendali lagi. (3) Dipersalahkan pula pembakaran
hutan yang menyebabkan menurunnya debit air. (4) Pihak PDAM setempat
melakukan pengukuran terhadap debit-debit air yang ada untuk memprediksi
seberapa lama kekeringan akan terjadi. (5) Beberapa daerah juga mengalami
penurunan yang sama setelah dilakukan pengukuran debit air. (6) Jika tidak
ada upaya pemda setempat untuk menanggulangi hal ini, diprediksi lahan gundul
akan terus meningkat. (7) Akibatnya, kekeringan akan terus melanda daerah
ini. (8) Rebiosasi dirasakan perlu untuk menanggulangi masalah sekaligus
menjadi solusi jangka panjang bagi kekeringan yang akan terjadi pada suatu
daerah akan membuat masyarakat menderita.
|
6.
Yang
berupa fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor ....
a.
(1)
dan (3)
b.
(2)
dan (4)
c.
(4) dan
(5)
d.
(6)
dan (7)
e.
(7)
dan (8)
7.
Opini
penulis yang sesuai dengan isi tajuk rencana tersebut adalah ....
a.
Penurunan
debit air dalam hitungan bulan sudah menjadi pembenaran akan prediksi ahli di
Palembang
b.
Pencegahan
penggundulan hutan dan reboisasi harus dilakukan agar kekeringan tidak terjadi
lagi.
c.
Perkiraan
banyak penyebab menurunnya debit air oleh penebangan liar yang mencari untung.
d.
Pengukuran
terhadap debit –debit air yang ada untuk memprediksi seberapa lama kekeringan
akan terjadi.
e.
Penanggulangan
kekeringan terhadap hal ini untuk mencegah mengundulan lahan aka teratasi
segera.
8.
Pihak
yang dituju dalam isi opini penulis pada tajuk rencana tersebut adalah ....
a.
Pemda
setempat
b.
Pemerintah
pusat
c.
Penebang
liar
d.
Pembakar
hutan
e.
Masyarakat
setempat
9.
Keberpihakan
penulis (editorial) pada kutipan tersebut adalah kepada ...
a.
Pemda
setempat
b.
Pemerintah
pusat
c.
Penebang
liar
d.
Pembakar
hutan
e.
Masyarakat
setempat
Cermati kedua kutipan teks berikut
Teks
1
|
Teks
2
|
Buku ini dipersiapkan untuk mendukung
kebijakan kurikulum yang sedang berlaku. Buku ini juga tidak hanya
mempertahankan bahasa Indonesia berada dalam daftar pelajaran di sekolah,
tetapi juga menegaskan pentingnya keberadaan bahasa Indonesia sebagai penghela
dan pembawa berbagai ilmu pengetahuan. Dengan paradigma baru tersebut, Badan
Bahasa terpanggil untuk bertindak menjadi agen perubahan pembelajaran bahasa
Indonesia di sekolah. Perubahan pembelajaran itu tercermin dalam buku yang
dirancang, yaitu berbasis teks ini, sesuai tuntunan kurikulum.
|
Sebagai edisi pertama, kami penulis buku
ini sangat terbuka untuk menerima kritik dan saran dari berbagai pihak. Kami
akan terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, kami mengundang
para pembaca memberikan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan dan
penyempurnaan buku ini dan untuk edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut
dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka
mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia merderka (2045). Untuk itu
kami mengucapkan terima kasih.
|
10.
Perbedaan
isi yang terdapat pada kedua kutipan tersebut adalah ....
Teks 1
|
Teks 2
|
a.
Penjelasan
isi penting sebuah buku
|
Manfaat isi buku bagi
pembaca
|
b.
Buku
yang sangat sesuai dengan kurikulum
|
Pihak penulis yang
bertanggung jawab
|
c.
Pemaparan
pentingnya bahasa Indonesia
|
Pentingnya kritik dan
saran bagi penulis
|
d.
Tujuan
penyajian atau terbitkan buku
|
Harapan penulis
kepada pembaca terhadap buku
|
e.
Perubahan
yang terjadi pada kurikulum
|
Kemajuan pendidikan masa
mendatang
|
Cermati kutipan biografi berikut
Kata Andrea diambil dari nama seorang wanita yang nekat bunuh diri
bila penyanyi pujaannya, yakni Elvis Presley tidak membalas suratnya.
Sedangkan Hirata sendiri diambil
dari nama kampung dan bukanlah nama orang Jepang seperti anggapan orang
sebelumnya. Sejak remaja itulah, pria asli Belitong ini mulai menyandang nama
Andrea Hirata. Andrea tumbuh
seperti halnya anak-anak kampung lainnya. Dengan segala keterbatasan, Andrea
tetap menjadi anak periang yang sesekali berubah menjadi pemikir saat
menimnba ilmu di sekolah. Selain itu, ia juga kerap memiliki impian dan
mimpi-mimpi di masa depannya.
Seperti yang
diceritakannya dalam novel Laskar Pelangi, Andrea kecil bersekolah di sebuah
sekolah yang kondisi bangunannya sangat mengenasakan dan hampir rubuh.
Sekolah yang bernama SD Muhamadiyah tersebut diakui Andrea cukuplah
memprihatinkan. Namun karena ketiadaan biaya, ia terpaksa bersekolah di
sekolah yang bentuknya lebih mirip sebagai kandang hewan ternak. Kendati
harus menimba ilmu di bangunan yang tidak nyaman, Andrea tetap memiliki
motivasi yang cukup besar untuk belajar. Disekolah itu pulalah, ia bertemu
dengan sahabat-sahabatnya yang dijuluki dengan sebutan Laskar Pelangi
|
11.
Keteladanan
yang terdapat pada diri Andrea sesuai isi kutipan biografi tersebut adalah ...
a.
Mengambil
nama untuk diri sendiri dengan nama yang memiliki nilai sejarah untuk
dikenangnya
b.
Andrea tetap memiliki motivasi belajar
walau bersekolah di tempat yang memprihatinkan
c.
Andrea
seorang periang, rajin belajar,dan terkenal sebagai seorang pemikir saat
menimba ilmu
d.
Sangat
mencintai halamannya dan juga sahabat-sahabatnya yang disebutnya Laskar Pelangi
e.
Dia
tidak merasa terpaksa bersekolah di sekolah yang bentuknya lebih mirip sebagai
kandang ternak
Cermati kutipan dialog berikut untuk menjawab soal
nomor 12 dan 13.
(1)
Hani : “Bagaimana, jadi kamu mau menjuak
sepeda olahragamu yang lama itu, Syakira?”
(2)
Syakira : “Jadi, kalau harganya cocok untuk membeli
sepeda yang baru, Han
(3)
Hani : “Berapa harga jualnya, Syak? Saya
yang beli kalau harganya Rp 200.000,00, ya”
(4)
Syakira : “Saya tidak tahu, saya tanya dulu sama
kakak saya, ya”
(5)
Hani : “Ya, tanyakan sama kakakmu segera, Rp
200.000 saja, ya.”
(6)
Syakira : “Mudah-mudahan, harganya tidak lebih dari
uang yang aku punya, ya Shakira, hanya Rp 200.000,00.”
|
12.
Hal
yang diprioritaskan dalam dialog/negoisasi tersebut adalah ....
a.
Kepastian
harga sepeda
b.
Keinginan
membeli sepeda
c.
Kepastian
menjual sepeda
d.
Keraguan
menjual sepeda
e.
Kekhawatiran
harga sepeda
13.
Kalimat
imperatif di antara kalimat yang tersaji pada dialog tersebut adlah yang
bernomor ...
a.
(1)
b.
(3)
c.
(4)
d.
(5)
e.
(6)
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor
14-16
(1) Teks dapat diperinci
menjadi berbagai jenis teks, yaitu deskripsi, penceritaan (recount), prosedur, laporan,
ekslanasi, eksposisi, diskusi, surat, iklan, catatan harian, negoisasi,
pantun, dongeng, anekdot, dan fiksi sejarah. (2) Semua itu dapat dikelompokkan ke dalam teks cerita, teks faktual, dan teks
tanggapan. (3) Dua kelompok yang disebut terakhir itu merupakan teks
nonsastra yang masing-masing dapat dibagi menjadi teks laporan dan teks
prosedural, transaksional, dan teks ekspositorial. Sementara itu, teks cerita
merupakan jenis teks sastra yang dapat diperinci menjadi teks cerita naratif
dan teks cerita nonnaratif
|
14.
Maksud
kata acuan itu yang bercetak miring
pada kalimat ke-2 paragraf tersebut adalah ...
a.
Teks
dapat
b.
Dapat
diperinci
c.
Menjadi
berbagai
d.
Diperinci
menjadi
e.
Jenis teks
15.
Inti
kalimat pertama pada paragraf tersebut adalah ...
a.
Teks
diperinci menjadi berbagai teks
b.
Jenis
teks setelah dilakukan perinciannya
c.
Perincian
teks dalam berbagai jenis teks
d.
Beragam
teks yang dapat diperinci
e.
Diketahui
jenis perincian teks
16.
Kesalah
penggunaan kata pada paragraf
tersebut adalah ....
a.
Diperinci pada kalimat (1) seharusnya dirinci
b.
Faktual pada kalimat (2) seharusnya factual
c.
Nonsastra pada kalimat (3) seharusnya tak sastra
d.
Ekspositorial pada kalimmat (4) seharusnya ekspositori
e.
Nonnaratif pada kalimat (5) seharusnya tidak narasi
17.
Cermati penggunaan tanda baca pada kalimat
berikut
Ketika memperkenalkan diri, kepada orang lain, seseorang menggunakan teks
deskripsi.
|
Perbaikan penggunaan tanda koma
pada kalimat tersebut adalah ...
a.
Ketika,
memperkenalkan diri kepada orang lain seseorang, menggunakan teks deskripsi.
b.
Ketika
memperkenalkan, diri kepada orang lain, seseorang menggunakan teks deskripsi.
c.
Ketika
memperkenalkan diri kepada orang lain, seseorang menggunakan teks deskripsi.
d.
Ketika,
memperkenalkan diri kepada orang lain seseorang, menggunakan teks deskripsi.
e.
Ketika,
memperkenalkan diri kepada orang lain seseorang menggunakan teks deskripsi
Cermati penggunaan tanda baca pada deretan kalimat
berikut
(1) Buku, majalah, dan
jurnal termasuk sumber keperpustakaan
(2) Saya ingin membeli
kamera, tetapi uang saya belum cukup.
(3) Jadi wajar, kalau dia
menjadi bintang pelajar
(4) Meskipun demikian
anak-anaknya, berhasil menjadi sarjana
(5) Agar memiliki wawasan
yang luas kita, harus banyak membaca buku.
(6) Jadi wajar kalau dia,
menjadi bintang
|
18.
Penggunaan
tanda baca yang tepat terdapat pada
kalimat bernomor ....
a.
(1) dan
(2)
b.
(2)
dan (3)
c.
(3)
dan (4)
d.
(4)
dan (5)
e.
(5)
dan (6)
Cermati paragraf berikut
Fungsi bahasa sebagai
ekspresif berkenaan dengan penggunaan bahasa untuk menampilkan hal-hal yang
terkait dengan diri pembicara atau penulis, seperti perasaan, ...., pilihan,
prasangka, dan pengalamannya. Fungsi deskriptif berkaitan dengan penggunaan
bahasa untuk menyampaikan informasi faktual.
|
19.
Kata
baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
a.
Fikiran
b.
Kepikiran
c.
Terfikirkan
d.
Pikiran
e.
Pemikiran
Cermati penggunaan kata serapan pada kalimat
berikut.
Fungsi tekstual adalah
fungsi bahasa yang terkait dengan cara penciptaan teks, baik lisan maupun
tulis yang runtut dan yang sesuai dengan konteks. Fungsi ekspresif
berhimpitan dengan fungsi tekstual dapat digunakan dalam hal mengungkapkan
diri pembicara atau penulis, baik melalui media tulis maupun lisan. Fungsi
sosial juga disebut fungsi impersonal
(hubungan antarsesama)
|
20.
Perbaikan
kata serapan tersebut yang tepat adalah ....
a.
Impersonalia
b.
Impersonalitas
c.
Interpersonalis
d.
Impersonal
e.
Interpersonal
Cermati penulisan judul berikut.
Saya membaca buku teknik membaca puisi di atas pentas
sebelum mengikuti lomba baca puisi dalam peringatan Bulan Bahasa
|
21.
Perbaikan
penulisan judul buku tersebut .....
a.
Teknik membaca puisi di atas pentas
b.
Teknik membaca Puisi di atas pentas
c.
Teknik Membaca Puisi di atas pentas
d.
Teknik Membaca Puisi di Atas Pentas
e.
Teknik Membaca Puisi Di Atas Pentas
Cermati paragraf berikut.
Mereka ini melakukan
perjuangan yang panjang sehingga mereka menemukan solusi yang tepat menjadi
orang yang sukses dalam bidangnya, yaitu kewirausahaan. Sebagai orang yang
pandai atau berbakat mengenali .... baru hingga memahami pemasarannya.
Wirausaha ini kerap meraih kesuksesan dalam hidup. Kesuksesan ini terlihat
pada Irwan Hidayat, Chairul Tanjung, Elang Gumilang, dan Dian Pelangi. Mereka
adalah sosok orang yang sukses di bidang usahanya masing-masing.
|
22.
Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah ....
a.
Produk
b.
Produsen
c.
Produktivitas
d.
Produktif
e.
Produksitas
Cermati paragraf berikut.
Selanjutnya, kalian tentu
mengenal salah seorang perancang yang fenomenaldi dunia busana muslim tanah
air, Dian Pelangi. Perempuan multitalenta kelahiran Palembang tahun 1991 itu
dalam usia belia mampu menembuskan produk busana muslimnya ke mancanegara.
Kemampuannya untuk membuat busana muslim yang tidak biasa dengan citra dan
gaya tersendiri menempatkan Dian Pelangi seorang perancang yang patut
diperhitungkan. Hasil rancangannya .... dan berkualitas usahanya berkembang
pesat hanya dalam tempo hitungan tahun.
|
23.
Frasa
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
a.
Murah
sekali
b.
Sangat
banyak
c.
Sangat
bagus
d.
Sangat
sederhana
e.
Amat
indah
Cermati paragraf berikut.
Banjir bersumber dari
curah hujan dengan intensitas tinggi dan waktu yang lama pada daerah aliran
sungai. Banjir terjadi .... keadaan alam atau tindakan manusia. Penyebab
alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh
fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh
air pasang. Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata
guna lahan, pembuangan sampah, dan kawasan padat penduduk di sepanjang
sungai.
|
24.
Konjungsi
sebab akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
a.
Sehingga
b.
Karena
c.
Jika
d.
Agar
e.
Ketika
Cermati penggunaan konjungsi dalam paragraf berikut.
Hujan yang jatuh ke tanah
airnya akan menjadi aliran pemukaan di atas tanah dan sebagian meresap ke
dalam tanah. Hal ini sangat bergantung pada kondisi tanahnya. Hutan yang bisa
menahan aliran permukaan cukup besar diganti menjadi pemukiman dengan
resistensi aliran permukaan kecil sehingga
suatu kawasan hutan diubah menjadi permukiman. Akibatnya, ada aliran
permukaan tanah menuju sungai dan hal ini berakibat adanya peningkatan debit
aliran sungai yang besar.
|
25.
Perbaikan
kata konjungsi yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ...
a.
Bahwa
b.
Bahkan
c.
Laksana
d.
Walau
e.
Ketika
Cermati paragraf berikut.
Pagi itu kami menempuh
perjalanan selama dua jam menuju lokasi wisata pantai. Kami menikmati
keindahan panorama alam pantai sambil ..... menyisir pantai. Terlihat .....
asing lagi berjemur diri dengan sinar matahari pagi. Tampak pula anak-anak
.... sambil bersemburan air. Sungguh sangat mendamaikan terasa lingkungan
pantai
|
26.
Kata
ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
a.
Berjalan-jalan,
wisatawan-wisatawan, berkejar-kejaran
b.
Berjalan-berjalan,
wisatawan-wisatawan, berkejar-kejaran
c.
Berjalan-jalan,
wisata-wisatawan, kejar-kejarkan
d.
Jalan-jalan,
wisatawan-wisatawan, terkejar-kejarkan
e.
Jalan-jalani,
wisatawan-wisatawan, berkejar-kejaran
Cermati paragraf berikut
Perubahan tata guna lahan
merupakan penyebab utama banjirdibandingkan dengan yang lainnya. Apabila
suatu hutan yang berada dalam suatu aliran sungai ..... menjadi tempat tinggal penduduk, debit
puncak sungai akan meningkatkan antara 6 sampai 20 kali. Angka 6 dan angka 20
ini bergantung pada jenis hutan dan jenis ..... Demikian pula untuk .....
yang lainnya akan terjadi peningkatan debit puncak yang signifikan
|
27.
Kata
berimbuhan yang tepat untuk
melengkapi paragraf tersebut adalah .....
a.
Dirubah,
bermukim, perubahan
b.
Diubah,
permukiman, perubahan
c.
Diubah,
permukiman, pengubahan
d.
Berubah,
permukiman, perubahan
e.
Berubah,
bermukim, berubah
Cermati deretan kalimat berikut.
(1) Masukkan tanah ke wadah
sebagai alat dan siram dengan air
(2) Pilah-pilih sampah dan
pisahkan antara sampah plastik dan sampah daun-daun tanaman organik
(3) Sediakan wadah yang
layak (ember, tong, atau wadah) yang dirasa cukup layak. Usahakan tempat yang
anda sediakan mempunyai tutup sehingga nantinya bisa terhindar dari binatang
lalat, tikus atau mungkin terkontaminasi air hujan
(4) Letakkan wadah tadi di
tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan biarkan wadah tersebut
selama kurang lebih tiga mminggu
(5) Tutup lapisan daun,
sampah, rumah tangga tadi dengan tanah
lagi dan siram kembali dengan air, lalu tutup wadah sampai tadi menggunakan
tutup yang sudah disediakan. Fungsi penutup ini untuk menghindarkan calon
kompos tadi air hujan dan lalat
(6) Masukkan sampah daun-daun
dan sampah limbah rumah tangga ke dalam wadah di atas lapisan tanah tadi,
ratakan sampai kira-kira ketebalannya sama dengan ketebalan tanah yang tadi
dimasukan.
|
28.
Urutan
kalimat tersebut yang tepat sehingga menjadi sebuah paragraf prosedur adalah
...
a.
(1),
(3), (6), (2), (5), dan (4)
b.
(2),
(3), (1), (5), (6), dan (4)
c.
(3), (1),
(2), (6), (5), dan (4)
d.
(4),
(3), (6), (2), (1), dan (5)
e.
(5),
(1), (4), (3), (2), dan (6)
Cermati paragraf deskripsi berikut.
Pagi ini udara dingin
sekali. Cuaca cerah. Tampak langit tidak berawan. Karena masih pagi, hanya
tampak beberapa orang sedang berjalan santai dan berlari-lari kecil
berolahraga dengan berpakaian olahraga. Kendaaan bermotor juga sangat jarang
yang lewat.
|
29.
Kalimat
deskripsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
a.
Sangat
tenang sepanjang hari itu terasa
b.
Masih
sejuk dengan semilir angin berhembus
c.
Seakan
masih malam karena heningnya keadaan
d.
Sangat
lengang pagi itu karena tanpa aktivitas
e.
Jadi,
pagi yang cerah itu terasa lengang
Cermati paragraf narasi berikut.
Gibran kembali ke Boston
pada 1902 karena mendapat kabar bahwa ibunya sakit keras. Ibu yang sangat
memengaruhi Gibran ini akhirnya meninggal pada Juni 1903 setelah didahului
oleh adiknya, Sultana (4 April 1902) dan kakaknya Boutros (12 Maret 1903).
Kematian orang-orang yang sangat disayanginya ini sangat membekas pada diri
Gibran ....
|
30.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi simpulan paragraf tersebut adalah ....
a.
Dengan
ketekunanya dan kesungguhan belajar itu, dia berhasil menjadi seorang pelukis
dan pematung yang andal.
b.
Dirinya
sendiri tidak menyangka akan mengalami hidup berpindah-pindah karena kesulitan
ekonomi keluarga.
c.
Ke
mana pun seorang seniman, akan selalu memanfaatkan waktu dan situasi untuk
menuangkan suasana hatinya
d.
Memang
sangat diperlukan latihan secara bersinambung untuk memperoleh keterampilan
sesuai bakat seseorang
e.
Jadi,
dia sangat menerima kehidupan apa pun yang sedang menimpa dirinya dengan sabar
dan tidak berputus asa.
Cermati paragraf berikut.
Bakat kesusastraan dan
melukis Gibran mulai menonjol sejak ia bersekolah di Boston (1895-1897). Pada
1896-1901 Gibran kembali ke Lebanon dan bersekolah di Madrasah al-Hikmah,
Belrut. Setelah lulus dengan pujian tinggi dari al-Hikmah, Gibran mengembara
ke Yunani, Italia, Spanyol, dan akhirnya menetap di Paris untuk belajar seni
di sinilah ia belajar dan mendapat pengaruh kuat dari pematung bernama
Auguste Rodin ....
|
31.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi simpulan paragraf tersebut adalah ....
a.
Dengan
ketekunannya dan kesungguhan belajar
itu, dia berhasil menjadi seorang pelukis dan pematung yang handal
b.
Dirinya
sendiri tidak menyangka akan mengalami hidup berpindah-pindah karena kesulitan
ekonomi keluarga
c.
Ke
mana pun seorang seniman, akan selalu memanfaatkan waktu dan situasi untuk menuangkan
suasana hatinya
d.
Memang
sangat diperlukan latihan secara bersinambung untuk memperoleh keterampilan
sesuai bakat seseorang
e.
Jadi,
dia sangat menerima kehidupan apa pun yang sedang menimpa dirinya dengan sabar
dan tidak berputus asa.
Cermati pendapat berikut.
Pendapat:
Seseorang yang banyak
membaca akan terampil dalam menulis
Argumen:
(1)
Membaca
memperluas wawasan pergaulan dan persahabatan karena otomatis akan suka
menulis dan bertukar karya tulis
(2)
Membaca
menjadikan otak seseorang akan selalu ingin menulis dalam berbagai bentuk
(3)
Membaca
merangsang terbentuknya informasi baru di sistem daya ingat yang siap
dipanggil kapan saja, terutama saat menulis
(4)
Membaca
membuat jalan pikiran seseorang positif dan berperilaku baik dalam berbuat
atau bertindak
(5)
Membaca
memperkaya kosa kata, pilihan kalimat, dan cara penyajian yang bisa anda
pakai dalam menulis.
|
32.
Kalimat
argumen yang sesuai untuk pendukung pendapat tersebut adalah bernomor ....
a.
(1)
dan (2)
b.
(2)
dan (3)
c.
(3)
dan (4)
d.
(3) dan
(5)
e.
(4)
dan (5)
Cermati kalimat berikut
Karena hidup dalam dua
kutub ranah budaya, Timur dan Barat, maka Gibran menjelma menjadi manusia
kosmopolit yang tidak terkait pada kebangsaan dan kebudayaan tertentu
|
33.
Perbaikan
kalimat tersebut dengan alasan yang tepat adalah ....
a.
Membuang
salah satu konjungsi karena atau maka karena penggunaan keduanya, kalimat
tersebut tidak memiliki induk kalimat (tidak sempurna).
b.
Penggunaan
koma (,) sebelum konjungsi maka tidak
tepat (salah) karena maka berupa
konjungsi kalimat majemuk yang terdapat di tengah kalimat.
c.
Konjungsi
karena tidak tepat diletakkan di awal
kalimat, seharusnya ditempatkan di tengah kalimat untuk menyatakan sebab.
d.
Konjungsi
maka tidak tepat diletakkan di awal
kalimat, seharusnya ditempatkan di tengah kalimat untuk menyatakan akibat dan diberi tanda koma sebelumnya.
e.
Membuang
konjungsi maka dan tidak membuang koma menjadikan kalimat
tersebut efektif karena memiliki induk kalimat dan anak kalimat.
Cermati ilustrasi berikut
Safri meminjam sepeda
Tono. Namun, sebelum dipakai Safri, Tono berpesan agar berhati-hati, jangan
sampai jatuh, dan rusak karena sepeda itu hadiah ulang tahun dari kakaknya.
Akan tetapi, Safri tidak mengindahkan pesan Tono. Dia memacu sepedanya dengan
kencang dan akhirnya tersungkur masuk got. Sepeda Tono rusak, stangnya
bengkok. Dia menyerahkan begitu saja sepeda itu kepada Tono. Tono meminta
Safri untuk memperbaiki, tetapi Safri tidak mau. Dia hanya meminta maaf dan berlalu meninggalkan
Safri dengan sepedanya yang sudah rusak itu.
|
34.
Ungkapan
yang sesuai dengan perilaku Safri sesuai ilustrasi tersebut adalah ....
a.
Sembunyi
tangan
b.
Panjang
tangan
c.
Lepas
tangan
d.
Berat
tangan
e.
Berpangku
tangan
Cermati ilustrasi berikut.
Ketika seorang sedang
berjaya dan suka membantu orang yang serba kekurangan. Karena kebaikannya
itu, dia disukai dan disanjung-sanjung. Akan tetapi, pada saat dia mengalami
musibah dan tidak mampu lagi berbagi, dia dilupakan begitu saja. Semua tidak
peduli lagi.
|
35.
Peribahasa
yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....
a.
Menohok
teman seiring
b.
Habis
manis sepah dibuang
c.
Lempar
batu, sembunyi tangan
d.
Tak
ada gading yang tak retak
e.
Bagai
api dalam sekam
Cermati kedua kutipan teks cerpen berikut.
Cerpen 1
|
Cerpen 2
|
Beberapa tahun lalu, pesta
perkawinan Gentasari dengan Rustamadji yang digelar dengan menyembelih tiga
belas ekor kambing dan berlangsung selama tiga hari, tidak berjalan mulus,
bahkan hampir saja batal. Keluarga mempelai ria merasa dibohongi oleh
keluarga mempelai wanita yang semula sudah berjanji bahwa semua urusan
masak-memasak selama kenduri berlangsung akan dipercayakan kepada Makaji,
juru masak nomor satu di Lareh Panjang ini. Namun, di hari pertama
perhelatan, ketika rombongan keluarga mempelai pria tiba, gulai kambing,
gulai nangka, gulai kentang, gulai rebung, dan aneka hidangan yang tersaji
ternyata bukan masakan Makaji. Mana mungkin keluarga calon besan itu bisa
dibohongi? Lidah mereka sudah sangat terbiasa dengan masakan Makaji.
|
Merah padam muka Azrial
mendengar nama itu. Siapa lagi anak gadis Mangkudun kalau bukan Renggogeni,
perempuan masa lalunya, musabab hengkangnya ia dari Lareh Panjang tidak lain
adalah Renggogeni, anak perempuan tunggal beleng (*semata wayang) itu ..... . masih segar dalam ingatan Azrial,
waktu itu Renggogeni hampir tamat dari akademi perawat di kota. Tidak banyak
orang Lareh Panjang yang bisa bersekolah tinggi seperti Renggogeni. Perempuan
kuning langsat pujaan Azrial itu benar-benar akan menjadi seorang juru rawat.
Sementara Azrial bukan siapa-siapa, hanya tamatan Madrasah Aliyah yang
sehari-hari bekerja honorer sebagai
sekretaris di kantor kepala desa. Ibarat emas dan loyang perbedaan
mereka.
(cerpen: Juru masak)
|
36.
Perbedaan
latar suasana yang terdapat pada kutipan tersebut adalah ....
Cerpen 1
|
Cerpen 2
|
a.
Kekecewaan
|
Kemarahan
|
b.
Kesedihan
|
Kekecewaan
|
c.
Kekhawatiran
|
Kekacauan
|
d.
Kekacauan
|
Kesedihan
|
e.
Kemarahan
|
Kekhawatiran
|
Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal
37-40.
Tiba-tiba aku ingat lagi
pada Kakek dan kedatangannya Ajo Sidi kepadanya. Apakah Ajo Sidi telah
membuat bualan tentang Kakek? Dan buala itukah yang mendurjakan Kakek? Aku
ingin tahu. Lalu aku tanya Kakek lagi
“Apa ceritanya, Kakek?”
“Siapa?”
“Ajo Sidi”
“Kurang ajar dia.” Kakek
menjawab.
“Kenapa?”
“Mudah-mudahan pisau cukur
ini, yang kuasah tajam-tajam ini,menggoroh tenggorokannya.”
“Kakek marah?”
“Marah? Ya, kalau aku
masih muda, tapi aku sudah tua. Orang tua menahan ragam. Sudah lama aku tak
marah-marah lagi. Takut aku kalau imanku rusak karenanya, ibadatku rusak
karenanya. Sudah begitu lama aku berbuat baik, beribadat, bertawakal kepada
Tuhan. Sudah begitu lama aku menyerahkan diriku kepada-Nya. Dan Tuhan akan
mengasihi orang yang sabar dan tawakal.”
(cerpen: Robohnya Surau Kami)
|
37.
konflik
pada diri Kakek dalam kutipan cerita
pendek tersebut adalah ....
a.
Ajo
Sidi berbual terhadap Kakek
b.
Si
Aku membuat rasa marah
c.
Kemarahan
Kakek kepada Ajo Sidi
d.
Kakek
dan Ajo Sidi bermmusuhan
e.
Si
Aku mengganggu Kakek
38.
Pendeskripsian
watak Kakek seorang yang emosional
sesuai isi kutipan cerita pendek tersebut adalah melalui ....
a.
Pikiran-pikiran
tokoh
b.
Tanggapan
tokoh lain
c.
Tindakan
tokoh
d.
Dialog
antar tokoh
e.
Bentuk
lahir tokoh
39.
Amanat
sesuai isi kutipan cerpen tersebut adalah ....
a.
Berhati-hatilah
jika menghadapi orang-orang yang sudah tua dan mudah tersinggung karena
perbuatan itu akan menyakitkan hatinya.
b.
Jangan
membual dengan hal yang menyinggung perasaannya orang yang sudah tua karena
akan menimbulkan sakit hati orang tersebut.
c.
Hendaklah
anak muda menghormati orang yang sudah lanjut usia, sopan santun, dan membantu
keperluannya dalam berbagai hal.
d.
Mari
kita menghibur orang yang sudah tua atau lanjut usia karena mereka suka dengan
hiburan dan cerita yang lucu yang menghibur
e.
Hindari
saling mencela dan mengejek antara anak muda dengan orang tua ata sebaliknya
agar terhindar dari saling menyinggung
40.
Ringkasan
yang sesuai isi kutipan cerpen tersebut adalah ....
a.
Seseorang
yang sangat kasihan melihat Kakek yang bersedih dan ingin sekali menghiburnya
dan ingin tahu tentang penyebabnya.
b.
Keinginan
sang Kakek untuk bertemu Ajo Sidi yang membuali dirinya dengan cerita-cerita
sehingga ingin membalasnya.
c.
Si
Kakek sudah lama tidak marah-marah karena takut imannya rusak dan dia juga
merasa sudah lama berbuat baik, beribadat, dan bertawakal kepada Tuhan.
d.
Si
Kakek tukang pengasah pisau yang sangat taat beribada, penolong, dan tidak suka
mendengarkan cerita-cerita bohong
e.
Bualan
Ajo Sidi terhadap Kakek membuat Kakek sangat marah, tetapi dia redam
kemarahannya karena dia sadar bahwa dia sudah tua.
Cermati novel Layar terkembang berikut untuk
menjawab soal 41-43
“Saya tidak mengerti sekali-kali bagaimana
pikiran Saleh maka ia minta berhenti dengan tiada berbicara lagi dengan
famili. Anak-anak muda sekarang sangat memudahkan segala sesuatu. Seratus dua
puluh rupiah sebulan. Coba pikirkan bagaimana senangnya penghidupan anak muda
yang baru dua puluh dua tahun dengan pendapatan sebesar itu. Tetapi, itu
dibuangnya dengan ucapan yang bukan-bukan; hendak bekerja sebagai manusia
bebas, hendak mencari pekerjaan yang sesuai dengan kata hatinya; pekerjaan
yang tenang itu dikatakannya pekerjaan mesin yang mematikan semangat ....”
|
41.
Hal
yang ada pada kutipan cerita tersebut juga terdapat dalam kehidupan adalah ....
a.
Pendapat
orang tua yang sering berlawanan dengan anak muda
b.
Orang
tua yang merasa sangat rugi telah menyekolahkan anaknya
c.
Anak
muda yang selalu ingin mencari uang secara berlebiihan
d.
Orang
tua dan anak yang selalu bertukar pendapat dalam berbagai hal
e.
Keinginan
anak dan orang tua sama-sama ingin mengubah nasib buruk
42.
Suasana
dalam kutipan novel tersebut adalah ....
a.
Ketakhawatiran
b.
Kemarahan
c.
Keheranan
d.
Kegelisahan
e.
Keharuan
43.
Makna
kata berlambang mesin yang bercetak
miring dalam kutipan novel tersebut adalah ....
a.
Canggih
b.
Kaku
c.
Berat
d.
Terpola
e.
Tertekan
Cermati kutipan karya novel berikut untuk menjawab
soal 44-45
(1 )“Sudah berapa lama
ia minta ke luar, Emang?” Tanya Tuti menyela kata Parta. (2) “Saya kenal akan
pekerti Saleh, ia seorang yang gembira, seorang yang tajam pikirannya, dan
hidup hatinya. (3) Percaya saya bahwa ia tidak senang akan pekerjaan tenang
dalam kantor, mengisi daftar ini, menyalin surat anu, mengantuk-ngantuk
menanti pukul dua.”
(4) “Apa katamu?” ujar
Patra dengan suara yang agak keras sedikit mendengar ucapan keponakannya yang
menyangkal katanya itu. (5) “Mengantuk-ngantuk menanti pukul dua? Apa yang
dikantuk-kantukan? Adakah pekerjaan yang lebih baik dari bekerja di kantor? Habis bulan terang kita
mendapat sekian
|
44.
Nilai-nilai budaya dalam kutipan cerita novel tersebut adalah…
a.
Masyarakat yang selalu membanding-bandingkan
pekerjaan orang.
b.
Suatu keharusan seorang anak berbakti kepada
orang tua setelah bekerja.
c.
Semua keluarga diharuskan bekerja di kantor dan
menghindari usaha sendiri.
d.
Masyarakat yang menganggap rendah seseorang yang
tidak bekerja di kantor.
e.
Adanya anggapan masyarakat bahwa kerja
di kantor lebih baik daripada usah sendiri
45.
Kalimat berupa majas dalam kutipan novel
tersebut terdapat pada kalimat nomor
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
e.
(5)
46. Cermati larik pantun berikut.
Membaca novel Siti
Nurbaya
Nama pengarangnya Marah Rusli
Kita anak muda ayo berkarya
…
|
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun
tersebut adalah…
a.
Supaya senang kemudian hari.
b.
Kepala orang tua harus berbakti.
c.
Tidak hidup sendiri-sendiri lagi
d.
Kami semua pasti sangat berani
e.
Tidak ada lagi tak percaya diri
47. Cermati isi sebait Gurindam Dua Belas berikut.
Hendaklah
jadi kepala
Buang
perangai yang cela
|
Amanat yang terdapat pada isi bait gurindam
tersebut adalah…
a.
Jadi kepala berarti jadi pemimpin, baik formal
maupun nonformal.
b.
Ketahuilah, perangai yang tercela artinya
perilaku yang tidak baik.
c.
Pemimpin tidak boleh mempunyai sikap,
sifat, perilaku yang tercela.
d.
Setiap orang pastilah akan mampu menjadi
pemimpin yang baik.
e.
Keteladanan yang baik dapat dicontoh dari
seorang pemimpin
48. Cermati isi kutipan cerpen berikut
Ada saat-saat di mana
kuperhatikan wajah orang miskin itu diliputi kesedihan. “Jangan salah
paham,” katanya. “Aku sedih bukan karena aku miskin. Aku sedih karena banyak
sekali orang yang malu mengakui miskin. Banyak sekali orang bertambah miskin
karena selalu berusaha agar tidak tampak miskin. ”Entah kenapa, saat itu
mendadak aku merasa kikuk dengan penampilanku yang perlente. Sejak itu pula
aku jadi tak terlalu suka berkaca.
Bila lagi sedih orang miskin itu suka
datang ke pengajian. Tuhan memang bisa menjadi hiburan menyenangkan buat
orang yang lagi kesusahan, katanya. Ia akan terkantuk-kantuk sepanjang
ceramah, tapi langsung semangat begitu makanan dibagikan.
(cerpen:
Orang Miskin Yang Bahagia)
|
Kalimat resensi berupa keunggulan
berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah…
a.
Pendeskripsikan suasana dalam cerita sangat
hidup dan membuat pembaca terasa ikut dalam suasana tersebut.
b.
Watak tokoh digambarkan sangat jelas dan wajar,
seperti sifat sedih dan sifat malu menerima kenyataan.
c.
Tema yang diangkat sebagai masalah yang
dipaparkan dalam isi cerita sangat menarik bagi pembaca.
d.
Penulis dengan apik memberikan amanat
dalam cerita sebagai introspeksi diri bahwa banyak orang malu mengakui
kemiskinan.
e.
Cerpen ini sangat baik dan cocok dibaca oleh
semua lapisan, yaitu anak-anak, dewasa, orang tua.
49. Cermati isi kutipan novel berikut.
Ada lagi satu cerita,
yang suka diulangnya padaku: Suatu malam ada seorang pencuri menyatroni rumah
orang miskin. Mengetahui hal itu, si miskin segera sembunyi. Tapi pencuri itu
memergoki dan membentaknya, “Kenapa kamu sembunyi?” Dengan ketakutan si orang
miskin menjawab, “Aku malu, karena aku tak punya apa pun yang bisa kamu curi.
”Ia mendengar kisah itu dalam sebuah pengajian. “Kisah itu selalu membuatku
punya alasan untuk bahagia jadi orang miskin,” begitu ia selalu mengakhiri
cerita.
Orang miskin itu pernah
ditangkap polisi. Saat itu, di kampung memang terjadi beberapa kali
pencurian, dan sudah sepatutnyalah orang miskin itu dicurigai. Ia
diinterogasi dan digebugi. Dua hari kemudian baru dibebaskan. Kabarnya ia
diberi uang agar tak menuntut. Berminggu-minggu wajahnya bonyok dan memar.
“Beginilah enaknya jadi orang miskin,” katanya. “Dituduh mencuri, dipukuli,
dan dikasih duit!”
Sejak itu, setiap kali ada yang kecurian, orang miskin itu selalu
mengakui kalau ia pelakunya. Dengan harapan ia kembali dipukuli.
(cerpen:
Orang Miskin Yang Bahagia)
|
Kalimat kritik berdasarkan kutipan cerpen
tersebut adalah…
a.
Betapa menderitanya kehidupan orang miskin yang
diungkapkan dalam cerita pendek tersebut.
b.
Cerita yang diungkapkan dalam cerpen
seperti anekdot karena berisi sebuah kelucuan dan sindiran terhadap orang
miskin yang malas.
c.
Hal yang diungkapkan dalam cerpen tersebut
menggambarkan kehidupan orang-orang miskin yang malas.
d.
Pengarang seakan kehabisan ide dalam mencari
bahan cerita sehingga mencerita kehidupan orang miskin.
e.
Terasa pengarang ingin mencari ide cerita yang
berbeda dari cerita yang ditulis oleh pengarang-pengarang yang lain.
50. Cermati isi kutipan berikut.
Dua ekor gajah telah mati, seminggu sebelum kegawatan semakin
memuncak, dan Made Sukari berlari memberi tanda menuruni bukit. Wajah-wajah
pucat dan gemetar menjalar, melewati ladang, kebun, dan rumah-rumah yang
langsung siaga.
“Siapa lagi yang telah membunuh gajah-gajah itu? Demi Tuhan, ini pertanda
celaka!”
Dua gajah telah mati. Sebelumnya, empat ekor gajah
ditemukan tanpa nyawa dengan leher terbelah dan gading lenyap meninggalkan
dua bolongan kasar di kepala. Tak ada petani di Kualakambas yang tega
membunuh makhluk raksasa bermata lembut. Puluhan, bahkan ratusan kali mereka
menghalau gajah-gajah yang tersesat di ladang, hanya dengan teriakan serta
sapaan, “Pergilah manis, hus, hus, pergilah dari ladang kami.” Antara gajah
dan petani telah memiliki tautan hati yang sama. Tak perlu ada parang menempel,
apalagi sampai membelah leher.
|
Kalimat esai (tanggapan) berdasarkan
kutipan cerpen tersebut adalah…
a.
Penggambaran betapa pentingnya gajah bagi
manusia sehingga banyak orang memburunya.
b.
Terbayang dalam cerita gajah-gajah yang sedang
berkeliaran di hutan bebas lepas di
habitat mereka.
c.
Kehidupan manusia dan binatang sangat berbeda
dan memiliki jarak walupun mereka di lingkungan yang sama
d.
Jarang sekali kita membaca cerita yang
menggambarkan kehidupan gajah secara lengkap seperti dalan cerita ini.
e.
Pembunuhan gajah yang dilukiskan dalam
cerita membuat hati tersentuh, pilu, dan mengutuk pelakunya.
SOAL BARU
Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor
1-3
Dari kedua peristiwa tersebut munculah konflik
kebudayaan yang menyebar ke berbagai tatanan
sosial di pedesaan yang terjadi akibat relatifnya budaya dan canggihnya teknologi komunikasi. Namun konflik kebudayaan
itu lebih cenderung
terjadi akibat relativitas budaya dari masyarakat Pakraman Bukti. Relativitas budaya
merupakan suatu paham
bahwa setiap individu dalam memahami kebudayaan lain harus dibekali dengan
sikap keterbukaan dan toleran. Nilai-nilai budaya yang dianut oleh
masyarakat desa Pakraman Bukti tidak mampu menghalau cepatnya proses
westernisasi yang berasal dari turis-turis asing. Hal itu mengakibatkan
masyarakat desa Pakraman Bukti tidak memiliki suatu pegangan nilai yang kuat.
|
1.
Ide pokok paragraf tersebut adalah .... (Buku
Erlangga UN 2017)
a.
Peristiwa yang menyebabkan konflik budaya
b.
Munculnya
konflik budaya di Pakraman Bukti
c.
Munculnya
paham relativitas budaya di masyarakat
d.
Nilai-nilai
budaya di pedesaan tidak bisa menghalau masyarakat
e.
Masyarakat
Pakraman Bukti tidak memiliki pegangan kuat
2.
Tujuan penulis dalam paragraf tersebut adalah .... (Buku
Erlangga UN 2017)
a.
Menjelaskan penyebab konflik budaya di
Desa Pakraman Bukti
b.
Menjelaskan
akibat terjadinya konflik budaya di Bali
c.
Menjelaskan
arti relativitas budaya di Bali
d.
Menjelaskan
peranan teknologi dalam konflik budaya
e.
Menjelaskan
tentang nilai-nilai yang dianut masyarakat Pakraman Bukti
Bacalah teks berikut dengan seksama.
(1). Problema kurang nafsu makan
sering terjadi pada anak. (2) Penyebab anak kurang nafsu makan
dan cara mengatasi dapat dijelaskan
secara psikologis. (3) Perilaku dalam makan timbul karena anak meniru atas
apa yang dilakukan oleh anggota keluarga lainnya. (4) Anak yang tumbuh dalam
lingkungan keluarga yang enggan makanan, lantaran diet misalnya, akan
mengembangkan perilaku enggan makan pula. (5) Usahakan kegiatan makan bagian
seorang anak harus dalam suasana menyenangkan.
|
3.
Kalimat utama paragraf terletak pada kalimat nomor .... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
e.
(5)
Bacalah teks berikut
(1) Kemacetan harian
dominan ditimbulkan
oleh aktivitas masyarakat dalam
lingkup internal. (2) Kemacetan yang berulang setiap hari merupakan ekses dari pola tempat tinggal, bekerja, dan bersekolah. (3) Upaya
mendekatkan lokasi
tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan salah satu solusi yang
dapat dilakukan. (4) Biaya
transportasi harian pun bisa lebih irit. (5) Bentuknya dapat berupa pemberian
insentif tempat tinggal berupa rumah susun sewa atau milik yang cukup
nyaman untuk beraktivitas.
(Dikutip dari artikel “Kemacetan dan Masa Depan Kota” oleh Evy Ermawati)
|
4.
Kalimat yang tidak padu dalam teks tersebut adalah ..... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
e.
(5)
5.
Makna istilah “ekses” dalam teks tersebut adalah .... (Buku
Erlangga UN 2017)
a.
Pengaruh
negatif
b.
Akibat
yang tidak terduga
c.
Hal yang melampaui batas
d.
Pengarus
yang diinginkan
e.
Akibat
sampingan
Bacalah paragraf berikut
(1). Perdagangan
obat-obatan terlarang semakin bertambah. (2) Hal tersebut memberikan pengaruh
pada pertambahan angka kegagalan pelajar di Indonesia. (3) Menurut data kepolisian, dua
puluh ribu orang per tahun terjerumus dalam penggunaan narkoba, sebagian
besar para pemuda. (4) Tingginya jumlah pecandu tersebut disebabkan oleh
kurangnya kesadaran dan pengetahuan para pemuda khususnya pelajar terhadap
narkoba. (5) Hal tersebut tentu mengganggu dan meresahkan masa depan bangsa.
|
6.
Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat
.... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
(1) d. (4)
b.
(2) e. (5)
c.
(3)
Bacalah paragraf tajuk rencana berikut
Adalah suatu kenyataan,
pemerintah dihadapkan pada kondisi
serba repot dan bertali-temali, baik warisan masa lalu maupun karena
perkembangan baru. Di antaranya naiknya harga minyak di pasar dunia yang
berdampak terhadap kita.
Penyelesaian
masalah-masalah itu, termasuk mengatasi akibat naiknya harga BBM, memerlukan kebijakan dan
langkah nyata. Kebijakan itu, memerlukan dana. Sementara itu dana yang
dimiliki negara terbatas. Kebijakan dan langkah apa pun yang dipilih pemerintah serba
dilematis dan pasti tidak mengenakkan rakyat. Apakah pemerintah lantas tidak usah mengambil
pilihan dan keputusan yang dilematis itu?
|
7.
Opini penulis dalam bacaan tersebut adalah .... (Buku
Erlangga UN 2017)
a.
Kebijakan dan langkah pemerintah dalam
mengatasi masalah serba dilematis
b.
Naiknya
harga minyak di pasar dunia berdampak langsung terhadap kita
c.
Penyelesaian
masalah akibat naiknya harga BBM memerlukan dana
d.
Dampak
langsung kenaikan harga minyak sangat dirasakan oleh masyarakat
e.
Kebijakan
pemerintah tidak mengenakkan masyarakat, tetapi harus ditempuh
8.
Pihak
yang dituju dalam tajuk rencana tersebut adalah .... (Buku Erlangga UN
2017)
a.
Masyarakat
b.
Pemerintah
c.
Warga
dunia
d.
Pengelola
BBM
e.
Rakyat
Bacalah dengan
seksama
Melalui layar televisi,
kekerasan itu dapat disaksikan masyarakat mancanegara. Di tengah era
globalisasi dan transparansi sekarang ini, praktis tidak ada kejadian yang
bebas dari tembus pandang. Langsung atau tidak, dampak kekerasan itu ditanggung oleh seluruh
masyarakat Indonesia karena dapat membuat kaum investor asing menjadi
ragu menanamkan modal di Indonesia. Para investor membutuhkan ketenangan dan
stabilitas keamanan agar usahanya berjalan lancar. Dunia usaha memang sangat
sensitif atas gangguan keamanan. Lebih menyakitkan lagi kalau kekerasan itu
digunakan negara negara tetangga dalam kompetisi industri pariwisata dengan
mendiskreditkan Indonesia sebagai negara yang tidak aman dikunjungi pelancong
(Sumber: Latihan soal kelas XII SMA IPA)
|
9.
Keberpihakan penulis dalam tajuk rencana tersebut adalah
kepada ....
a.
Pemerintah
b.
Indonesia
c.
Masyarakat
d.
Investor
e.
Negara
tetangga
Bacalah kutipan cerita dibawah berikut
Cerita 1
|
Cerita 2
|
Seingatku, setiap pagi, Ibulah
yang memakaikan pakaianku
yang berwarna merah dan putih itu. Dia pula yang menyisir rambutku,
mengenakan topiku –yang juga berwarna merah putih –dan akhirnya memelukku
erat sebagai bekal hariku bersekolah. Hari masih terang tanah ketika sepeda
Bapak terangguk-angguk menyusuri jalanan desa dan diriku masih
terkantuk-kantuk di boncengan menuju sekolah
|
“Nah, kalau itu yang kamu
sebut, apa yang akan kamu sebut mengenai yang lain? Nanti sekali waktu, aku akan ajak kamu
menyaksikan kekayaan orang lain. Kekayaanku tidak berarti apa-apa. Lagi pula,
kamu tidak sendiri, aku suka...” Hidayat belum melanjutkan mengeluarkan isi hatinya, Pena
mematahkan, “Ya, aku tahu. Kamu suka membagi-bagikan rizkimu. Aku tahu, kamu
seperti pohon-pohon beringin. Banyak orang berteduh di bawahmu.”
|
10.
Perbedaan
unsur intrinsik kedua cerpen tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN
2017)
a.
Sudut
pandang cerita 1 orang pertama pelaku sampingan, teks 2 orang ketiga pengamat.
b.
Latar
cerita 1 pada pagi hari, sedangkan teks 2 siang hari.
c.
Cerita
1 beralur lurus, sedangkan cerita 2 alur mundur.
d.
Sudut pandang cerita 1 orang pertama
pelaku utama, sedangkan cerita 2 orang ketiga serba tahu.
e.
Watak
tokoh cerita 1 digambarkan secara langsung, sedangkan cerita 2 pandangan tokoh
lain.
Bacalah kutipan berikut untuk menjawab soal
Sebagai seorang gubernur,
Bang Ali sangat antusias membangun Jakarta. Untuk membangun sekolah, bang Ali
menghabiskan 20 milyar. Sampai tahun 1974, sudah 700 gedung sekolah dibangun.
Bang Ali tak kenal lelah. Banyak fasilitas sosial seperti puskesmas dan
perbaikan kampung MHT, dibangun dan diperbaiki. Untuk pembangunan
jalan-jalan, Bang Ali menghabiskan 17 milyar, hampir seperempat dari total
pengeluaran pembangunan DKI. Di antara kesibukan Bang Ali yang sangat padat,
Bang Ali meluangkan waktu selama 2 hari keliling Jakarta naik bus. Bang Ali
ingin mengetahui masalah transportasi yang sebenarnya. Bang Ali ikut
berdesak-desakan dengan penumpang lain. Saat itu ia tahu runyamnnya masalah
transportasi Jakarta. Bang Ali tahu orang naik bus dimana saja, turun kapan
saja, di mana turunnya, bahkan tidak ada terminal. Ia datang ke Bappenas
minta bus. Bang Ali mendapat pinjaman dari Amerika untuk membeli bus sebanyak
500 buah.
|
11.
Hal yang dapat diteladani dari tokoh Ali Sadikin adalah ... (Buku Erlangga
UN 2017)
a.
Menjadi
Gubernur DKI Jakarta
b.
Suka bekerja keras
c.
Gemar
membangun jalan
d.
Tidak
pernah lelah
e.
Suka
berdesakan di bus
Bacalah kutipan berikut.
Irman : Besok kita harus menghadap pimpinan untuk menyelesaikan masalah ini.
Sulton : Ya, aku setuju. Masalah ini tidak dapat dibiarkan
berlarut-larut. Kita sendiri yang rugi nantinya.
Dinar : Tapi, siapa yang berani maju menghadap pimpinan.
Rasa-rasanya tidak ada karyawan sini yang berani.
Irman : kita bertiga mewakili teman-teman
Sulton : Kira-kira teman-teman perlu kita beritahu
sebelumnya nggak?
Dinar : Dapat saja. Supaya mereka tidak
bertanya-tanya mengapa kita menghadap pimpinan
|
12.
Hal yang disepakati dalam dialog tersebut adalah .... (Buku
Erlangga UN 2017)
a.
Usulan
menghadap pimpinan agar masalah tidak berlarut-larut
b.
Keinginan
menghadap pimpinan mewakili teman-teman yang punya masalah
c.
Keinginan
menyelesaikan masalah sebelum menghadap pimpinan
d.
Usulan menghadap pimpinan bersama-sama
untuk menyelesaikan masalah
e.
Secara
bersama-sama ingin menghadap pimpinan
Bacalah paragrap
berikut
(1) Ingin cepat meraih
untung dari bisnis budi daya bibit gurami? (2) Carilah lokasi sejuk dekat
dengan sumber air ketika membudidayakan bibit gurami. (3) Siapkan area yang
ideal tersebut dengan baik. (4) Bisnis ini lebih menjanjikan ketimbang bertani gurami yang memakan
waktu hingga setahun untuk meraih hasil panen. (5) Nah, siapa yang
tidak tertarik menuai keuntungan panen minimal sebulan atau maksimal 82 hari?
|
13.
Letak
kalimat deklaratif/berita
dalam paragraf tersebut adalah kalimat ...
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
e.
(5)
Cermati paragraf
berikut
Saat menengok puluhan karya Agoes,
pengunjung bisa memahami hubungan antara alam dan manusia. Dia memanfaatkan bahan berupa kayu nangka
karena pohon itu mudah
ditemukan. Selain itu, kayu nangka punya
kadar air yang baik sehingga bisa bertahan lama
|
14.
Kata itu merujuk pada pengertian ....
a.
Mudah ditemukan
b.
Manfaat
bahan
c.
Menengok
karya Agoes
d.
Memahami
hubungan
e.
Alam
dan manusia
Cermati kalimat
berikut
Peran serta orangtua dalam meningkatkan prestasi sang anak sangatlah menentukan,
apapun bidang yang ditekuni.
|
15.
Inti kalimat tersebut adalah ...
a.
Prestasi
anak
b.
Orangtua
dan anak
c.
Peningkatan
prestasi
d.
Bidang
yang ditekuni
e.
Peran orangtua menentukan
Cermati kalimat berikut.
Mereka ramai membicarakan tentang sepakbola.
|
16.
Kesalahan kalimat tersebut adalah.... (Buku
Erlangga UN 2017)
a.
Objek
didahului kata depan tentang
b.
Predikat
membicarakan diawali kata ramai
c.
Mereka
seharusnya diganti orang-orang
d.
Awalan
me- pada membicarakan dihilangkan
e.
Imbuhan me-kan pada membicarakan seharusnya
dihilangkan
Bacalah paragraf berikut.
Sastra sangat penting
diajarkan disekolah-sekolah mulai jenjang dasar sehingga menengah. Melalui pelajaran sastra secara tidak langsung, siswa
diajak mengenal kehidupan dengan segala permasalahannya. Siswa dikenalkan
pada hal baik dan buruk, nilai-nilai yang berlaku di masyarakat, bahkan
pembelajaran tentang karakter atau budi pekerti. Siswa pun akan mengenal
dengan baik antara perilaku yang perlu dicontoh dan perilaku yang harus
dijauhi atau ditinggalkan.
|
17.
Pemakaian
tanda koma pada kalimat
kedua paragraf tersebut salah. Seharusnya tanda koma dibubuhkan setelah kata .... (Buku
Erlangga UN 2017)
a.
Pelajaran
b.
Sastra
c.
Diajak
d.
Mengenal
e.
Kehidupan
18.
Pemakaian tanda baca yang benar terdapat pada kalimat .... (Buku
Erlangga UN 2017)
a.
Dodi, mengucapkan terima
kasih atas bantuan Tarno.
b.
Peserta
yang tidak membawa kartu,
harus melaporkan diri kepada panitia.
c.
A.T. Sugiyanto tinggal di Jalan Mawar 5,
Pati, Jawa Tengah.
d.
Ia
harus pulang sekarang,
karena sakit.
e.
Sahabat
saya, Gunarto tinggal di Manokwari.
Cermati paragraf berikut.
Akhir-akhir ini ....
kegiatanku benar-benar luar biasa. Aku sibuk sekali. Sampai-sampai waktu
istirahat pun tersita. Dalam sehari aku .... tidur antara 2 sampai 3 jam.
Meskipun relatif sebentar, aku tetap dapat merasa fresh. Tidurku lebih ....
dibanding minggu-minggu yang lalu.
|
19.
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah .... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
Jadual,
hanya, berkualitas
b.
Jadwal,
Cuma, berkualitas
c.
Jaduwal,
Cuma, berkwalitas
d.
Jadwal, hanya, berkualitas
e.
Jadual,
hanya, berkwalitas
Bacalah paragraf berikut.
Dewasa ini, kondisi bisnis
cetak dapat dikatakan mengkhawatirkan. Hal ini disebabkan bisnis yang semula
menggiurkan kini mulai digantikan bisnis online atau melalui media internet.
Kemudahan .... dan mobilitas
menjadi alasan mengapa bisnis media internet mulai menggerogoti bisnis ....
|
20.
Kata serapn yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah .... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
Acces,
konvensional
b.
Akses, konvensional
c.
Akselerasi,
inkonvensional
d.
Akselerashi,
nonkonvensional
e.
Akes,
konvensional
Bacalah judul sebuah penelitian berikut.
Judul: “Hubungan menonton televisi dengan penurunan prestasi belajar siswa”
|
21.
Perbaikan penulisan judul tersebut adalah .... (Buku
Erlangga UN 2017)
a.
Hubungan Menonton Televisi dengan
Penurunan Prestasi Belajar Siswa
b.
Hubungan
Menonton Televisi dengan Penurunan Prestasi Belajar Siswa.
c.
Hubungan
Menonton Televisi Dengan Penurunan Prestasi Belajar Siswa
d.
Hubungan
menonton televisi dengan Penurunan prestasi belajar siswa.
e.
Hubungan
menonton televisi dengan penurunan prestasi belajar siswa
Bacalah paragraf berikut.
Beberapa ... yang ditimbulkan oleh sekresi dari cacing pita
ini juga dapat
menimbulkan serangan alergi atau hipersentivitas pada tubuh, seperti
perut kejang, mual, atau bahkan muntah berlebihan. Beberapa juga mengalami
demam dan sakit kepala akibat produksi histamin yang berlebihan oleh tubuh.
|
22.
Kata yang tepat untuk mengisi bagian
rumpang teks tersebut adalah
...(Buku Erlangga UN 2017)
a.
Gerak
b.
Alergen
c.
Reaktor
d.
Aksi
e.
Reaksi
Cermati paragraf berikut.
Kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan masih .... . Umumnya mereka menganggap bahwa
persoalan itu bukan tanggung jawab individu, melainkan merupakan tanggung jawab pemerintah.
Akhirnya, terjadilah saling lempar tanggung jawab pada kelompok atau
pemerintah. Masyarakat baru
mengeluh jika bencana ... . Tentu saja pandangan seperti ini ... .
|
23.
Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
Rendah
sekali, sudah terjadi, harus berakhir
b.
Sangat
rendah, telah melanda, harus diakhiri
c.
Terbilang
rendah, telah terjadi, segera diakhiri
d.
Amat
rendah, sudah muncul, wajib diakhiri
e.
Rendah sekali, sudah melanda, harus
dihentikan
Bacalah kutipan berikut.
Bagi saya facebook lebih banyak
merugikan ...., facebook sangat mengganggu proses belajar, baik waktu maupun
konsentrasi belajar
|
24.
Konjungsi antarkalimat yang tepat untuk menghubungkan kalimat pertama
dan kedua tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
Oleh
sebab itu
b.
Karena
c.
Namun
d.
Jadi
e.
Sebab
Bacalah kutipan berikut.
Dari pohon dapat kita peroleh buah-buahan. Namun, kita juga dapat memperoleh kayu yang
dapat digunakan untuk membuat pintu, kursi, meja, dan sebagainya.
Tempat-tempat menjadi indah dan bagus kalau banyak ditanami pohon. Pohon yang
ditanam di pegunungan dapat menahan air hujan, sehingga air tetap tersedia dalam
tanah. Sebab, pohon juga dapat mencegah terjadinya banjir. Pohon dapat memberikan
banyak kegunaan. Oleh sebab itu, kita sebaiknya tidak menebang pohon seenaknya.
|
25.
Konjungsi antarkalimat yang tepat untuk mengganti kata bercetak miring tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
Selain
itu, sementara itu
b.
Oleh
karena itu, sementara itu
c.
Sementara itu, oleh karena itu
d.
Selain
itu, sedangkan
e.
Sementara
itu, dan
Bacalah kutipan berikut
Cerita ini baik dan mudah
ditangkap. Pengarang menyajikan masalah yang aktual dan sering kita jumpai
... . Semuanya dapat diterima akal sehat serta tidak membosankan. Pengarang menguraikan
secara panjang lebar karakter
.... . Jadi, cerita tidak kabur. Sayang, pengarang sering ... kisah yang porno. Dalam satu
buku, mungkin lebih dari empat kisah.
|
26.
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi bacaan tersebut
adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
Sehari-hari,
tokoh-tokoh, mengulang-ngulang
b.
Sehari-hari, tokoh-tokohnya,
mengulang-ulang
c.
Berhari-hari,
tokoh-tokohnya, mengulang-ngulang
d.
Sehari-hari,
tokoh-tokoh, mengulang-ulang
e.
Sehari-hari,
tokoh-tokohnya, berulang-ulang
Bacalah kutipan berikut.
Berdasarkan penelitian
masih banyak siswa
belum memiliki kemampuan ... cerpen dengan baik. Hasil .... membuktikan
bahwa kemampuan menulis cerpen siswa SMA di Jakarta baru 15%. Hal ini pulalah
yang dijadikan sebagai
bukti kegagalan .... kemampuan menulis cerpen kepada siswa SMA.
|
27.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
Menuliskan,
meneliti, pengajar
b.
Menulisi,
penelitian, pengajaran
c.
Menuliskan,
penelitian, pengajar
d.
Menulis, penelitian, pengajaran
e.
Menulis,
penelitian, pengajaran
Bacalah kalimat-kalimat berikut.
(1) Bacalah cerpen
tersebut secara saksama.
(2) Mengembangkan kembali
ide-ide pokok itu dengan kalimat sendiri.
(3) Menentukan ide-ide pokok
sesuai dengan alur
cerpen.
(4) Mencatat unsur intrinsik
cerpen tersebut (tema,
latar, penokohan, amanat).
|
28.
Urutan langkah-langkah menceritakan kembali isi cerpen yang tepat adalah
... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
(1),
(2), (3), dan (4)
b.
(1),
(3), (4), dan (2)
c.
(1), (4), (3), dan (2)
d.
(1),
(4), (2), dan (3)
e.
(1),
(2), (4), dan (3)
Bacalah kutipan berikut.
Sebuah akuarium terlihat
asri di pojok ruang tamu itu. Bentuknya persegi panjang. Ada bebatuan koral di dasarnya. Di
keempat sudutnya terdapat
batu karang unik berongga. Gelembung-gelembung udara yang keluar dari alat di salah satu
menambah keindahan akuarium ... . Ikan-ikan pun terlihat berenang riang bergerombol.
|
29.
Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi paragraf
tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN
2017)
a.
Bentuknya seperti udara yang keluar dari
mulut penyelam.
b.
Gelembung-gelembung
itu juga sebagai penyedia oksigen bagi ikan-ikan.
c.
Memang
banyak orang memasang alat penghasil gelembung udara seperti itu.
d.
Bentuk
yang sering digunakan untuk sebuah akuarium.
e.
Kekuatan
akuarium sangat bergantung kepada ketebalan kacanya.
Bacalah kutipanberikut.
Krisis moneter yang berkepanjangan berdampak
luas bagi kondisi masyarakat kecil. Mereka harus bergulat lebih keras lagi di tengah
kondisi itu. Ditambah lagi gagal panen akibat kemarau panjang dan hama yang sulit diberantas
... .
|
30.
Kalimat argumentasi yang tepat untuk melengkapi kutipan
tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN
2017)
a.
Kondisi
tersebut harus menjadi perhatian pemerintah dan semua stokeholder
b.
Hal tersebut memunculkan krisis pangan di
negara kita yang mengakibatkan harga pangan semakin tidak terjangkau.
c.
Namun,
masyarakat kita sudah terbiasa dan tahan banting menghadapi terpaan kesulitan
ekonmi selama puluhan tahun.
d.
Siapakah
yang bertanggung jawab atas kondisi yang semacam itu?
e.
Siapa
pun yang melihat situasi itu pasti hatinya tergerak untuk ikut campur berperan
serta menangani kesulitan rakyat.
Bacalah kutipan teks berikut.
Pemerintah mengabulkan pemohonan insentif pembebasan
pajak (tax holiday) yang diajukan empat perusahaan.
Di antara empat perusahaan tersebut, ada anak perusahaan Sinar Mas Group, PT
Ogan Komering llir (OKI) Pulp and Paper. Tiga perusahaan lainnya adalah PT.
Unilever Oleochemical Indonesia, PT Petrokimia Butadiena Indonesia, dan PT
Energi Sejahtera Mas.
|
31.
Kalimat yang tepat menjadi simpulan paragraf tersebut ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
Pemerintah
mempertimbangkan empat perusahaan menerima tax
holiday.
b.
Pemerintah mengabulkan empat perusahaan
terima tax holiday.
c.
Pemerintah
tolak empat perusahaan terima tax holiday.
d.
Pemerintah
mengabaikan permohonan insentif pembebasan pajak (tax holiday) yang diajukan empat perusahaan.
e.
Pemerintah
tidak peduli tentang permohonan tax
holiday empat perusahaan.
Bacalah kalimat berikut.
Kalimat pendapat : Keberadaan telepon genggam sangat dibutuhkan banyak
orang.
Kalimat argumentasi :
(1) Tingkat mobilitas tinggi
membuat orang harus selalu berkomunikasi untuk mendukung kegiatan yang dilakukan
(2) Prestise seseorang
salah satunya ditentukan oleh telepon genggam yang dipakainya
(3) Sarana komunikasi efektif antaranggota
keluarga yang saling
berjauhan
(4) Telepon genggam
menunjukkan eksistensi penggunaannya
(5) Produsen telepon genggam
memiliki banyak keuntungan dengan beragam merek yang dijual.
|
32.
Kalimat argumentasi yang sesuai dengan pendapat dalam teks tersebut
adalah nomor ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
(1)
dan (2)
b.
(1) dan (3)
c.
(2)
dan (3)
d.
(2)
dan (4)
e.
(4)
dan (5)
Perhatikan kutipan teks deskripsi berikut.
Jaipong adalah sebuah
jenis tari pergaulan tradisional masyarakat Sunda, Jawa Barat, yang sangat
populer di Indonesia. Tari ini diciptakan oleh seorang seniman asal Bandung,
Gugum Gumbira, sekitar tahun 1960, dengan tujuan untuk menciptakan suatu
jenis musik dan tarian pergaulan yang digali dari kekayaan seni tradisi
rakyat Nusantara, khususnya Jawa Barat. Ada niat untuk mengadakan festival
jaipong se Jawa Barat,
|
33.
Perbaikan penggunaan tanda baca yang
benar atas teks tersebut
adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
Setelah
kata “Jawa Barat” tidak perlu menggunakan koma
b.
Antara “se-“ dan “Jawa Barat” menggunakan
tanda hubung
c.
Antara
“Sunda” dan “Jawa Barat” seharusnya memakai tanda hubung
d.
Sesudah
“Jaipongan adalah” seharusnya diberi
tanda titik dua
e.
Antara
“Nusantara” dan “khususnya” tak perlu pakai tanda baca koma
Bacalah kutipan berikut.
Pak Hadi seorang pengusaha yang sukses.
Dia sering ... kepada
pengusaha kecil yang memerlukan modal. Pengusaha kecil wajib mengembalikan
pinjamannnya sesuai dengan janji yang disepakati.
|
34.
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut .... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
Lepas
tangan
b.
Lempar
tangan
c.
Mengulurkan tangan
d.
Jabat
tangan
e.
Campur
tangan
Bacalah kutipan berikut.
Ratman : “Kasihan Mbok Sarmah.”
Wati : “Kenapa dia?”
Ratman : “Dia seperti sebuah
peribahasa”
Wati : “Kok bisa begitu”
Ratman : “Aku tak mengira si Tarji
setega itu kepada neneknya”
Wati : “Tarji kan cucu kesayangan Mbok Sarmah?”
Ratman : “Justru itu aku tak habis pikir.
Tega-teganya Tarji itu
membuat neneknya menderita. Dia kini tidak punya tempat tinggal lagi.
Apalagi Mbok Sarmah sekarang mulai sakit-sakitan.”
|
35.
Keadaan Mbok Sarmah dalam dialog tersebut seperti peribahasa ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
Makan hati berulam jantung
b.
Enak
makan dikunyah, enak kata diperkatakan
c.
Luka
sudah hilang parut tinggal juga
d.
Sedap
jangan dimakan, pahit jangan dimuntahkan
e.
Bergantung
pada akar yang lapuk
Bacalah kutipan
cerpen berikut
Teks 1
|
Teks 2
|
Ada banyak Banun di perkampungan
lereng bukit yang sejak
dulu tanahnya subur hingga tersohor sebagai daerah penghasil padi kwalitet nomor
satu itu. Pertama, Banun dukun
patah-tulang yang dengan usangnya kerap didatangi laki-laki pekerja
keras bila pinggang atau pangkal lengannya terkiliir akibat terlampau
bergairah mengayun cangkul. Disebut-sebut, kemampuan turun-temurun Banun ini
tak hanya ampuh mengobati patah tulang.
Banun, Damhuru Muhammad
|
Begitulah pentingnya
Makaji. Tanpa campur
tangannya, kenduri terasa hambar, sehambargulai kambing dan gulai
rebung karena bumbu-bumbu tak diracik oleh tangan dingin lelaki itu. Makaji
tidak pernah keberatan membantu keluarga mana saja yang hendak menggelar
pesta. Makaji tak pilih kasih, meski ia satu-satunya juru masak yang masih tersisa
di Lareh Panjang.
Juru masak, Damhuri Muhammad
|
36.
Persamaan unsur intrinsik kedua tersebut adalah ....
a.
Menceritakan
seseorang yang menjadi bahan pembicaraan di lingkungannya.
b.
Banyak
tokoh sebagai orang seperti Banun dan juru masak.
c.
Pekerjaan
kedua tokoh cerita sangat berat
d.
Hasil pekerjaan tokoh cerita sangat mengagumkan
e.
Latar
kedua cerita berada di keluarga berada.
Bacalah cuplikan cerpen berikut.
Beberapa bulan setelah
Ragil, anak keduaku, lahir, perusahaan suamiku bangkrut gara-gara krisis moneter.
Kami, terutama suamiku, tidak
siap menghadapi situasi yang memang tidak terduga ini. Dia begitu terpukul dan
seperti kehilangan keseimbangan. Perangainya berubah sama sekali. Dia jadi pendiam dan gampang
tersinggung. Bicaranya juga tidak seperti dulu, kini terasa sangat sinis dan kasar. Dia
yang dulu jarang keluar malam, hampir setiap malam keluar dan baru pulang
setelah dini hari. Entah apa saja yang dikerjakannya diluar sana. Beberapa
kali kutanya dia selalu marah-marah, aku pun tak pernah lagi bertanya.
(Sang Primadona, Mustofa Bisri)
|
37.
Konflik dalam kutipan tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
Perusahaan suami bangkrut
b.
Marah
kepada suami
c.
Terpukul
dengan kondisi yang dialami
d.
Suami
sering keluar malam
e.
Marah-marah
karena di-PHK
38.
Pendeskripsian
watak tokoh suami digambarkan melalui .... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
Pandangan tokoh lain
b.
Penjelasan
langsung
c.
Perilaku
tokoh
d.
Dialog
tokoh
e.
Pikiran
tokoh
Bacalah kutipan teks berikut.
Tentang celana kepar 1001
itu, tak ada yang akan
diceritakan lagi. Pada suatu kali ia akan hilang dari muka bumi. Dan mungkin ia
bersama-sama Kusno hilang dari muka bumi? Tapi, bagaimana pun juga, Kusno tak akan putus asa.
Ia dilahirkan dalam kesengsaraan, hidup bersama kesengsaraan. Dan meskipun celana
1001-nya hilang lenyap menjadi topo, Kusno akan berjuang terus melawan kesengsaraan biarpun
hanya guna mendapatkan sebuah celana kepar yang lain. (Kisah Sebuah
Celana Pendek, Idrus)
|
39.
Amanat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
Janganlah berputus asa, hidup adalah
perjuangan
b.
Hargailah
harta bendamu walau hanya sebuah celana kepar
c.
Jangan
menyesali harta benda yang telah hilang
d.
Janganlah
terlalu mencintai harta, cintailah kehidupan
e.
Perjuangan
dalam hidup lebih berharga dari pada harta benda
Cermati kutipan berikut!
Meskipun mereka sudah berteman hampir tiga belas
tahun, dengan masalah
yang tak sama jauh-jauh dari penampilan fisik perangai Jo dan Vin tumbuh berbeda sekali.
Vin tumbuh
dengan pemahaman baik.
Sejak SMA dulu ia
tidak terlalu peduli dengan pendapat orang lain. Sepanjang ia bahagia,
maka mau jelek, mau cantik orang lain menilai, ia selalu merasa cantik.
Berbeda dengan Jo yang menolak paham kalau pun ia sebenarnya paham-untuk
menerimanya. Jo terus
berkutat dengan tubuh tambunnya. Pernah saking inginnya bertubuh
kurus, Jo memaksa diri melakukan diet tanpa terkendali. Fantastis memang,
tubuhnya turun separuh. Membuat pangling. Tapi itu hanya tahan beberapa
minggu, sebelum berakhir terbaring di ranjang rumah sakit. Saat ia kembali sehat,
tubuhnya kembali membesar tanpa kendali (Sepotong Hati yang Baru, Tere Liye)
Soal UN SMA Thn 2016/2017
|
40.
Ringkasan kutipan tersebut adalah ....
a.
Vin dan Jo bersahabat cukup lama, tetapi
mereka memiliki pandangan yang berbeda dengan penampilan fisik
b.
Vin dan
Jo berusia hampir tiga puluh tahun, selalu memperhatikan penampilan fisik
c.
Vin
gadis yang selalu tampil sederhana sedang Jo selalu berusaha memperbaiki
penampilannya
d.
Vin
tidak pernah peduli dengan pendapat orang tentang penampilannya yang penting
bahagia
e.
Jo
selalu ingin tampil menarik dengan melakukan diet agar tubuhnya menjadi kurus
Bacalah cuplikan cerpen berikut.
Perlu Anda ketahui ...,”
timpal Kepala Dinas. “Tiga guru sebelumnya gagal.
Ada yang tak betah, karena tempatnya terpencil. Ada yang tak dapat bekerja
sama dengan guru lainnya. Ada yang malah membuat skandal sehingga ditolak
oleh penduduk setempat. Kami berharap Bu Yanti berhasil. Setelah itu, kita
lihat apa Anda layak diangkat jadi guru.” Penjelasan itu diterimanya sebagai tantangan.
Dia akan buktikan bahwa, menjadi
guru baginya bukan sekedar mencari kerja, melainkan demi panggilan hidup,
dan cintanya kepada
anak-anak, dan pedesaan.
|
41.
Nilai pendidikan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
Menjadi
guru di daerah terpencil merupakan tantangan.
b.
Menerima
tantangan menjadi guru perempuan di daerah terpencil
c.
Menjadi
guru merupakan panggilan hidup
d.
Banyak
guru yang tidak betah tinggal di derah terpencil
e.
Bukti bahwa guru selain mencari kerja juga
karena cintanya pada anak-anak
Bacalah kutipan novel berikut.
Ibu Mus mulai terdengar seperti
warta berita pukul 7. Lintasan berita: “Nilai-nilai ulanganmu merosot tajam. Kita akan
segera menghadapi ulangan catur wulan ketiga. Setelah itu catur wulan
terakhir menghadapi Ebtanas. Nilaimu bahkan tak memenuhi syarat untuk melalui catur wulan tiga
ini. Jika nanti
ujian antaramu masih seperti ini, Ibunda tidak akan mengizinkanmu ikut kelas
catur terakhir. Itu artinya kamu tidak boleh ikut Ebtanas
Suasana kelas berubah ... . Kami harap Mahar segera minta maaf dan
menyatakan pertobatan; tapi
sungguh sial, ia malah menjawab dengan nada bantahan.
“Aku mencari hikmah dari
dunia gelap Ibunda dan penasaran karena keingintahuan. Tuhan akan memberiku
pendamping dengan cara yang misterius ... .”
Kurang ajar betul. Bu Mus bersusah payah
menahan emosinya. Aku tahu beliau sebenarnya ingin langsung melabrak
Mahar. Air mukanya yang sabar menjadi merah. Beliau segera keluar ruangan
menenangkan dirinya.
(Laskar Pelangi, Andrea Hirata)
|
42.
Latar suasana yang dominan dalam kutipan novel tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
Menyedihkan
b.
Menyeramkan
c.
Menegangkan
d.
Mengharukan
e.
Menyebalkan
Bacalah kutipan berikut.
Tiba-tiba ia tersentak
karena seseorang yang berpakaian
rapi melompat ke sadonya sambil berseru, “Lekas berangkat. Nanti
terlambat.” Segera kusir
sado itu memacu
kudanya. Maka meluncurlah sado itu. Rupanya penumpang tadi sangat
tergesa-gesa karena berkali-kali ia berseru, “Percepat sedikit. Ayo ..., apa
tak bisa lebih cepat lagi.” Tentu saja kusir sado memenuhi keinginan
penumpangnya.
|
43.
Arti kata sado dalam kutipan tersebut adalah ... (Buku
Erlangga UN 2017)
a.
Kereta
kuda untuk balapan
b.
Gerobak
yang ditarik oleh sapi
c.
Sejenis
becak ditarik oleh manusia
d.
Kereta beroda dua ditarik oleh kuda
e.
Kereda
beroda dua bermesin
Bacalah cuplikan cerpen berikut.
“Bila kamu mempunyai rezeki lebih,
jangan lupa bersedekah kepada fakir miskin dan anak yatim.” Ya,
kallimat-kalimat semacam itulah yang masih sering beliau wiridkan. Mula-mula
memang aku perhatikan; bahkan aku berusaha melaksanakan nasihat-nasihat itu, tapi dengan semakin
meningkatnya volume kegiatanku, lama-lama aku justru risih dan menanggapnya angin
lalu saja
(Sang Primadona, Mustofa Bisri)
|
44.
Nilai sosial pada kutipan cerpen tersebut yang berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari adalah ... (Buku
Erlangga UN 2017)
a.
Ajakan untuk bersedekah kepada fakir
miskin dan anak yatim
b.
Kebiasaan
bersedekah kepada fakir miskin dan anak yatim
c.
Keinginan
untuk melakukan sedekah kepada kaum papa
d.
Penolakan
terhadap nasihat untuk membiasakan sedekah
e.
Selalu
mendengar nasihat orang tua yang akhirnya membuat risi
Bacalah kutipan puisi berikut.
Sia-Sia
Chairil Anwar
Penghabisan kali kau datang
Membawa kembang berkarang
Mawar merah dan melati putih
Darah dan suci
Kau tebarkan depanku
Serta pandang yang memastikan, untukmu.
Lalu kita sama termangu
Saling bertanya: apakah ini?
Cinta? Kita berdua tak mengerti
Sehari kita bersama. Tak hampir-menghampiri
.....
Mampus kau dikoyak-koyak sepi
|
45.
Kalimat
bermajas yang tepat
untuk melengkapi puisi tersebut adalah ...
(Buku Erlangga UN 2017)
a.
Di
mana kau sedari tadi?
b.
Amboi,
kau yak tak seperti dulu lagi
c.
Ah. Hatiku yang tak mau memberi
d.
Mungkinkah
ini kan terus terjadi?
e.
Jangan
tentang keinginanmu ini
Bacalah pantun berikut.
Biarlah orang bertanam buluh
Mari kita bertanam padi
Biarlah orang bertanam musuh
[....]
|
46.
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah
... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
Mari
kita bersenang hati
b.
Mari
kita memberi suluh
c.
Biarlah
kita tanam sendiri
d.
Mari
kita hindari musuh
e.
Mari kita menanam budi
Bacalah gurindam berikut
Barang siapa kuat berusaha
Pasti kejayaan turun bersama
|
47.
Maksud isi gurindam tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
Seseorang
yang mudah putus asa dalam menghadapi ujian kehidupan.
b.
Bertemanlah
dengan orang yang bekerja keras
c.
Orang
yang tidak mudah putus asa akan mendapat kesuksesan
d.
Jadilah orang yang selalu bekerja keras
meski mengalami kegagalan
e.
Putus
asa adalah sifat yang menghambat seseorang mendapat keberhasilan
Bacalah kutipan teks berikut.
Sesungguhnya hanya kala perempuan
dikembalikan derajatnya sebagai manusia barulah keadaan bangsa kita dapat
berubah. Juga, perubahan
kedudukan perempuan dalam masyarakat itu bukanlahsemata-mata kepentingan
perempuan. Kaum laki-laki
yang insaf akan kepentingan yang lebih mulia dari kepentingan hatinya yang
loba sendiri tentu akan harus mengakui itu.
(Layar terkembang, ST.
Alisyahbana
|
48.
Kalimat yang berisi keunggulan buku sesuai dengan kutipan tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
Mestinya
persamaan derajat laki-laki dan wanita yang diangkat, bukan hanya wanita
b.
Berbicara
emansipasi wanita dalam karya sastra merupakan hal yang biasa
c.
Tema mengangkat derajat kaum wanita
menjadi kekuatan isi novel ini
d.
Pada
saat novel ini dikarang perihal emansipasi wanita telah menajdi tema usang
e.
Tema
yang relevan saat novel ini dikarang adalah kawin paksa, bukan emansipasi
wanita
Bacalah kutipan cerpen berikut
Ketika aku meninggalkan
pantai itu, kulihat orang-orang datang berbondong-bondong, ternyata mereka
menjadi gempar karena senja telah hilang. Kulihat cakrawala itu berlubang
sebesar kartu pos.
.... .
“Dia yang mengambil senja itu. Saya lihat dia
mengambil senja itu.”
(Kutipan dari “Sepotong Senja untuk Pacarku”, Seno Gumira Adjidarma)
|
49.
Kalimat kritik yang sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah
... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
Seno
Gumira Adjidarma dikenal sebagai penulis cerpen sosial, tercermin dalam tokoh
cerpen yang telah ditulisnya
b.
Pembaca dituntut lebih cermat untuk
memahami isi cerita karena banyak menggunakan kata-kata lambang dengan jalinan
peristiwa yang tidak logis
c.
Penggunaan
kalimat-kalimat yang unik membuat cerpen ini diminati pembacanya
d.
Seno
merupakan sastrawan agkatan 90-an yang mengalami masa Orde Baru sehingga warna
sosial masa itu terlihat kental dalam cerpen-cerpennya
e.
Penggunaan
kalimat yang sederhana memudahkan pembaca untuk memahami isi cerita
Karangan Bunga
Tiga anak kecil
Dalam langkah malu-malu
Datang ke Salemba sore itu
“ini dari kami bertiga
Pita hitam dalam karangan bunga
Sebab kami berduka
Bagi kakak yang ditembak mati
Siang tadi
Taufiq Ismail
|
50.
Kalimat tanggapan yang sesuai dengan kutipan puisi tersebut
adalah .... (Buku Erlangga UN 2017)
a.
Ego
dan pesimisme ketiga anak dalam puisi itu sangat jelas
b.
Puisi itu membicarakan tentang batas
kehidupan (kematian) seseorang
c.
Mengapa
Taufiq Ismail masih menggunakan persamaan bunyi di akhir baris?
d.
Penggunaan
kata “tiga anak kecil” menjadikan tema sosial kurang terlihat
e.
Penggunaan
“tiga anak kecil” memperkuat isi puisi karena menggambarkan semua pihak
berempati terhadap gugurnya seorang mahasiswa
Comments
Post a Comment