SOAL LAMA
Cermati
paragraf berikut untuk menjawab soal no 1 dan 2.
Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan
Menengah disajikan dengan berbasis teks,baik lisan maupun tulis,dengan
menempatkan bahasa indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan
pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam
jenis teks. Pemahaman terhadap jenis,kaidah,dan konteks suatu teks ditekankan
sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu
teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang
terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam
bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampainna terapai untuk menggugah
perasaan ataukah untukmemberikan pemahaman.
1.Ide pokok paragraf tersebut adalah...
A.
Pembelajaran pada kurikulum
baru,yaitu kurikulum 2013
B.
Pembelajaran Bahasa Indonesia
jenjang Pendidikan Menengah
C.
Pembelajaran yang sangat
dianjurkan pada kurikulum 2013
D.
Penyajian perasaan dan pemikian
dalam berbagai macam jenis teks
E.
Penyajian perasaan dan pemikiran
dalam bentuk teks yang sesuai
2. Tujuan penulis
menyajikan teks tersebut adalah...
A. menghimbau agar pendidikan
mengubah cara pembelajaran Bahasa Indonesia
B. mengingatkan pendidik supaya pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis
teks
C. menjelaskan pembelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang Pendidikan
Menengah
D. mendeskripsikan pembelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang Pendidikan
Menengh
E. Membandingkan cara pembelajaran dengan berbasis teks dengan yang
tidak
Cermati
paragraf berikut.
(1)Pada kurikulum 2013 yang
menenkankan pentingnya keseimbangan kompetensi sikap,pegetahuan,dan
keterampilan. (2) kemampuan berbahasa yang dituntut tersebut dibentuk melalui
pembelajaran berkelanjutan. (3) pembelajaran dimulai dengan meningkatkan
pengetahan tentang jenis,kaidah,konteks suatu teks. (4) setelah itu,
dilanjutkan dengan keterampilan menyajikan suatu teks tulis dan lisan, baik
terencana maupun spontan yang bermuara pada pembentukan sikap kesantunan dan
kejelian berbahasa .(5)sikap penghargaan erhadap Bahasa Indonesia sebagai
warisan budaya bangsa pun sangat diutamakan sehingga peserta didik mencintai,
menghargai , dan peduli dalam memelihara bahasa indonesia, baik lisan maupun tulis.
3. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat
pada kalimat nomor...
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
Cemati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 4-5
(1)Usaha minimal yang harus dilakuka pserta didik unuk
mncaapai kompetensi materi pmembelajaran yang diharapkan haruslah diupayakan
oleh pendidik dan peserta idik dalam pembelajaran.(2)untuk mencapai itu
semua,pendidik harus meniapkn pembelajaran dengan pendekatan dan model
pembeljaran yang sesuai dengan kompetensi yang dibahas.(3)disamping itu
,peserta didik secara merata harus dilibatkan dalam pembelajaran dan diajak
berani untuk mencoba dan menemukan sendiri untuk mencapai kompetensi
pembelajaran tersebut.(4)peserta didik pun harus mencari sumber belajar lain
yang tersedia dan terbentang luas disekitarnya sebanyak-banyaknya.(5)pendidik
dapat memperkaya kreasi pembelajaran dalmbenuk kegiatan-kegiatan lain yang
sesuai dan relevan dengan daya serappeserta didik,lingkungan sosial,dan alam.
4. Yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah
kalimat nomor...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
5. Makna istilah
kompetensi dalam paragraf tersebut adalah..
A. Keinginan mencoba
B. Keseungguhan menggali
C. Kecepatan menangkap
D. Kekuatan menyelesaikan
E. Kemampuan menguasai
Cermati kutipan tajuk rencana
berikut untuk menjawab soal nomor 6-7
(1)menurunnya debit air dalam hitungan
bulan,tampaknya akan menjadi pembenaran akan prediksi ahli tentang krisis air
terjadi di Palembang.(2)dipekirkan banyak penyebab menurunya debit air
ini,seperti yang dituduhkan orang penyebabnya adalah penebangan liar yang tidak
terkendali lagi.(3)dipersalahkan pula pembakaran hutan yang menyebabkan
menurunya debit ait.(4)pihak PDAM setempat melakukan pengukuran terhadap
debit-debit air yang ada untuk memprediksi seberapa lama kekeringan akan
terjadi.(5)beberapa daerah juga mengalami penurunan yang sama setelah dilakukan
pengukuran debit air(6)jika tidak ada upaya pemda setempat untuk menanggulangi
hal ini, dipreiksi lahan gundul akan terus meningkat.(7)akibatnya, kekeringan
akan terus melana hal ini.(8)reboisasi dirasakan perlu untuk menanggulangi
maslah sekaligus menjadi solusi jangka panjang bagi kekeringan yang akan
terjadi pada suatu daerah yang akan membuat masyarakat menderita.
6.
Yang berupa fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor...
A.
(1) dan (3)
B.
(2) dan (4)
C.
(4) dan (5)
D.
(6) dan (7)
E.
(7 dan (8)
7. Opini penulis yang sesuai dengan isi tajuk
rencana tersebut adalah...
A.
Penurunan debit air dalam hiungan
bulan sudah menjadi pembenaran akan preiksi ahli dipalembang
B.
Pencegahan penggundulan hutan dan
reboisasi harus dilakukan agar kekeringan yang
tidak terjadi lagi
C.
Perkiraan banyak penyebab
menurunya debit air oleh penebangan liar yang menari untung
D.
Pengukuran terhadap debit-debit
air yang ada untuk memprediksi seberapa lama kekeringan akan terjadi
E.
Penanggulangan kekeringan terhadap
hal ini untuk mencegah mngundulan lahan akan teratasi segera.
8.Pihak
yang dituju dalam opini penulis pada tajuk rencana tersbut adalah...
A.
Pemda setempat
B.
Pemerintah pusat
C.
Penebang liar
D.
Pembakar hutan
E.
Masyarakat setempat
9. Keberpihakan
peulis (editorial) pada kutipan tersebut adalah kepada...
A.
Pemda setempat
B.
Pemerintah pusat
C.
Penebang liar
D.
Pembakar hutan
E.
Masyarakat setempat
10.Cermati
kedua kutipan teks berikut.
Teks 1
|
Teks 2
|
Buku ini dipersiapkan untuk mendukung kebijakan
kurikulum yang sedang berlaku. Buku ini juga tidak hanya mempertahankan
bahasa indonesia berada dalam daftar pelajaran disekolah,tetapi juga
menegaskan pentingnya keberadan bahasa indonesia sebagai penghela dan pembawa
berbagai ilmu pngetahuan. Dengan paradima baru tersebut, badan bahasa
terpanggil untuk bertindak menjadi agen perubahan pembelajaran bahas indonsia
di sekolah. Perubahan pembelajaran itu trcermin dalam buku yang dirancang,
yaitu berbasis teks ini,sesuai tuntuan kurikulum.
|
Sebagai edisi pertama, kami penulis buku ini sangat
terbuka untuk menerima kritik dan saran dari berbagai pihak, kami akan terus
melakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, kami mengundang para pembaa
memberikan kritik .saran,dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan buku
ini dan untuk edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut dapat memberikan
yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan
generasi status tahun indonesia merdeka(2045). Untuk itu kami mngucapkan
terima kasih.
|
Perbedaan
isi yang terdapat pada kedua kutipan tersebut adalah...
Teks 1
|
Teks 2
|
A.Penjelasan isi penting sebuah buku
|
Manfaat isi buku bagi pembaca
|
B.buku yang sangat sesuai dengan kurikulum
|
Pihak penulis yang bertanggung jawab
|
C.pemapaan pentingnya bahasa indonesia
|
Pentingnya kritik dan saran bagi penulis
|
D.tujuan penyajian atau diterbitkan buku
|
Harapan penulis kepada pembaca terhadap buku
|
E.peubahan yang terjadi pada kurikulum
|
Kemajuan pendidikan mas mendatang
|
11. Cermati
kutipan biografi berikut.
Kata Andrea diambil dari nama seorang wanita yang nekat bunuh diri bila
penyanyi pujaanya,yakni Elvis Presley tidak membalas suratnya,sedangkan Hirata sendiri diambil dari nama
kampung dan bukan nama orang jepang seperti tanggapan orang sebelumnya. Sejak
remaja itulah,pria asli belitong ini mulai menyandang nama Andrea Hirata. Andrea tumbuh seperti halnya anak-anak kampung
lainny. Dengan segala keterbataan, Andrea tetap mnjadi anak periang yang
sesekali berubah menajdi pemikir saat menimba ilmu saat disekolah. Selain itu,
ia juga kerap impian dan mimpi-mimpi dimasa depannya. Seperti yang
diceritakannya dalam novel Laskar Pelangi
,Andrea kecil bersekolah disebuah sekolah yang kondisi bangunannya sangat
mengenaskan dan hampir rubuh. Sekolah yang bernama SD Muhmmadiyah tersebut
diakui Andrea cukuplah mmprihatinkan namun karena ketiadaan biayaia terpaksa
bersekolah disekolah yang bentuknya lebih mirip kandanga hewan ternak. Kendati
harus menimba ilmu dibangunan yang tidak nyaman ,Andrea tetap memiliki motivas
yang cukup besar untuk belajar. Disekolah itu pulalah ,ia bertemu dengan
sahabat-sahabatnya yang disebut Laskar Pelangi.
Keteladanan yang terdapat pada diri Andrea sesuai isi kutipan biografi
tersebut adalah...
A.
Mengambil nama untuk diri sendiri
dengan nama yang memiliki nilai sejarah untuk dieknang
B.
Andrea tetap memiliki motivasi
belajar walau bersekolah ditempat yang memprihatinkan
C.
Andrea seorang periang,rajin
belajar,dan terkenal sebagai seorang pemikir saat menimba ilmu
D.
Sangat mencintai kampung
halamannya dan juga sahabat-sahabatnya yang disebut Lakar Pelangi
E.
Dia tidak merasa terpaksa
bersekolah disekolah yang bentuknya mirip sebagai kanang ternak.
Cermati kutipan dialog berikut untuk menajwab soal nomor 12 dan 13.
(1) Hani :”Bagaimana,jadi kamu menjual sepeda olahraga lamamu
itu,syakira?”
(2) Syakira:”jadi,kalau harganya cocok untuk membeli sepeda baru,Han”
(3) Hani :”berapa harga jualny,? Syaa yang bel kalau harganya
Rp200.000.00 ya”
(4) Syakira :”saya tidak tahu,saya tanya kakak saya dulu ya”
(5) Hani :”ya,tanyakan sama kakakmu segra. Rp200.00.00 saja ya”
(6) Syaira :” mudah-mudahan,harganya tidak lebih dari uang yang aku
punya, ya syakira,hanya Rp200.000.00”
|
12. hal yang diprioritaskan dalam
dialog/negoisasi tersebut adalah...
A.
Kepastian harga sepeda
B.
Keiginan membeli sepeda
C.
Kepastian menjual sepeda
D.
Keraguan menjual sepeda
E.
Kekhawatiran harga sepeda
13. kalimat imperatif diantar kalimat yang
tersaji pada dialog tersebut adalah nomor...
A.
(1)
B.
(3)
C.
(4)
D.
(5)
E.
(6)
Cermati
paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 14-16.
(1)teks dapat diperinci menjadi
berbaagai jenis teks,yaitu deskripsi,penceritaan (recount),prosedu,laporan,eksplansi,ekposisi,diskusi,surat,iklan,catatan
harian,negoisasi,pantun,dongeng,anekdot,fakta sejarah.(2) semua itu daapat dikelompokan kedalam teks
cerita,teks faktual,dan teks tanggapan.(3) dua kelompok yang disebut terakhir
itu merupakan teks nonsastra yang masing-masing dapat dibagi menjadi teks
laporan dan teks prosedural,transaksional,dan teks ekspositorial.sementara
itu,teks cerita merupakan jenis teks sastra yang dapat diperinci menjadi teks
cerita naratif dn teks cerita non naratif.
14. maksud kata acuan itu yang bercetak miring pda kalimat ke-2 paragraf tersebut
adalah...
A.
Teks dapat
B.
Dapat diperinci
C.
Menjadi berbagai
D.
Diperinci menjadi
E.
Jenis teks
15. inti kalimat pertama pada paragraf
tersebut...
A.
Teks diperinci menjadi berbagai
teks
B.
Jenis teks setelah dilakukan
perinciannya
C.
Perincian teks dalam berbagai
jenis teks
D.
Beragam teks yang dapat diperinci
E.
Diketahui jenis perincian teks
16. kesalahan penggunaan kata pada pragraf tesebut adalah...
A.
Diperinci pada kalimat (1) seharusnya diperinci
B. Faktual pada kalimat(2) seharusnya factual
C.
Nonsastra pada kalimat (3) seharusnya tak sastra
D.
Ekspositorial pada kalimat (4) seharusnya ekspositori
E.
Nonnaratif pada kalimat (5) seharusnya tidak narasi
17. Cermati
penggunaan tanda baca pada kalimat berikut.
Perbaikan penggunaan tanda koma pada kalimat tersebut adalah...
A.
Ketika, memperkenalkan diri kepada
orang lain seseorang, menggunakan teks deskripsi.
B.
Ketika memperkenalkan, diri kepada
orang lain,seseorang menggunakan teks deskripsi.
C.
Ketika memperkenalkan diri kepada
orang lain,seseorang menggunakan teks deskripsi.
D.
Ketika, memperkenalkan diri kepada
orang lain seseorang, menggunakan teks deskripsi.
E.
Ketika, memperkenalkan diri kepada
orang lain seseorang menggunakan teks deskripsi.
18. Cermati
penggunaan tanda baca pada deretan kalimat berikut.
(1) Buku,majalah,dan jurnal termasuk sumber kepustakaan.
(2) Saya ingin membeli kamera, tetapi uang saya belum cukup.
(3) Jadi wajar,kalau dia menjadi bintang pelajar.
(4) Meskupun demikian anak-anaknya,berhasil menjadi sarjana.
(5) Agar memiliki wawasan yang luas kita,harus banyak membaca buku.
(6) Jadi wajar kalau dia,menjadi bintang.
|
Penggunaan tanda baca yang tepat terdapat pada kalimat nomor...
A.
(1) dan (2)
B.
(2) dan (3)
C.
(3) dan (4)
D.
(4) dan (5)
E.
(5) dan (6)
19. Cermati
paragraf berikut.
Fungsi bahasa sebagai ekspresif berkenaan dengan
penggunaan bahasa untuk menampilkan hal-hal yang terkait dengan diri
pembicara atau penulis,seperti perasaan,...,pilihan,prasangka,dan
pengalamanya. Fungsi deskriptif berkaita dengan penggunaan bahasa untuk
menyampaikan informasi faktual
|
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf
tersebut ialah...
A.
Fikiran
B.
Kepikiran
C.
Terfikirkan
D.
Pikiran
E.
Pemikiran
20. Cermati
penggunaan kata serapan pada kalimat berikut
Fungsi tekstual adalah fungsi bahasa yang berkait
dengan cara penciptaan teks,baik lisan maupun tulis yang runtut dn yang
sesuai dengan konteks. Fungsi ekspresif berhimpitan dengan fungsi tekstual
dapat digunakan dalam hal mengungkapkan diri pembaca atau penulis, baik
melalui media tulis maupun lisan. Fungsi sosial juga disebut fungsi impersional (hubungan antar sesama)
|
Perbaikan kata serapan tersebut yag tepat
adalah...
A.
Impersonalia
B.
Impersonalitas
C.
Interpersonalis
D.
Impersonal
E.
Interpersonal
21. Cermati
penulisan judul buku berikut.
Saya membaca buku teknik
membaca puisi diatas pentas sebelum mengikuti lomba baca puisi dalam
peringatan Bulan Bahasa.
|
Perbaikan penulisan judul buku tersebut
adalah...
A. Teknik membaca puisi di atas
pentas
B. Teknik membaca Puisi di atas
pentas
C. Teknik Membaca Puisi di atas
pentas
D. Tekik Membaca Puisi di Atas
Pentas
E. Teknik Membaca Puisi Di Atas
Pentas
22. Cermati paragraf berikut.
Mereka ini melakukan perjuangan yang panjang sehingga
mereka menemukan solusi yan tepat menjadi orang yang sukses dalam bidangnya
,yaitu kewirausahaan. Sebagai orang yang pandai atau berbakat mengenali ...
baru hingga memahami pemasarannya. Wirausahaan ini kerap meraih kesuksesan
dalam hidup. Kesuksesan ini terlihat pada Irwan Hidayat , Chairul Tanjung, Elang
Gumilang, dan Dian Pelangi. Mereka adalah sosok orang sukse dibiang usahanya
masing-masing.
|
Istilah yang tepat untuk
melengkapi paragraf tesebut...
A.
Produk
B.
Produsen
C.
Produktivitas
D.
Produkif
E.
Produksitas
23. Cermati
paragraf berikut.
Selanjutnya ,kalian tentu menganal salah seoang
perancang fenomenal didunia busana muslim tanah air, Dian pelangi,perempuan
multitalenta kelahiran palembang tahun 1991 itu dalam usia belia mampu
menembuskan produk busana muslimnya ke mancanegara . kemampuannya untuk
membuat busana muslim yang tidak biasa dengan citra dan gaya tersendii
menempatkan Dian Pelangi seorang perancang yang patut dipehitungkan . hasil
rancanganya ... dan berkualitas usahanya berkembang pesat hany dalam tempo
hitungan tahun
|
Frasa yang sesuai untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
A.
Murah sekali
B.
Sangat banyak
C.
Sangat bagus
D.
Sangat sederhana
E.
Amat indah
24.Cermati
paragraf berikut.
Banjir bersumber dari curah hujan dengan intensitas
tinggi dan waktu yang lama pada daerah aliran sungai. Banjir terjadi ...
keadaan alam atau tindakan manusia. Penyebab alami banjir adalah erosi dan
sedimentasi , curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai,kapasitas
sugi,drainase lahan, dan pengaruh air pasang. Penyebab banjir karena tindakan
manusia adalah perubahan tata guna lahan, pembuangan samph ,dan kawasan padat
penduduk disepanjang sungai.
|
Konjungsi sebab akibat yang tepat untuk
melengkapi paragraf tersebut...
A.
Sehingga
B.
Karena
C.
Jika
D.
Agar
E.
Ketika
25.Cermati
penggunaan konjungsi dalam paragraf berikut
Hujan yang jatuh ketanah airnya kan menjadi aliran
permukaan di atas tanah dan sebagian meresap kedalam tanh . hal ini
sangat bergantung pada kondisi tananh.
Hutan yang bisa menahan aliran permukaan cukup besar diganti menjadi pemukiman
dengan resistensi aliran pemukaan kecil sehingga
suatu kawasan hutan diubah menjadi permukiman. Akibatnya, ada aliran
permukaan tanah menuju sungai dan hal ini berakibat adanya peningkatan debit
aliran sungai yang besar.
|
Perbaikan kata konjungsi yang bercetak miring
pada paragraf tersebut adalah...
A.
Bahwa
B.
Bahkan
C.
Laksana
D.
Walau
E.
Ketika
26.Cermati
paragraf berikut
Pagi itu kami menempuh perjalanan selama dua jam menuju
lokasi wisata pantai. Kami menikmati keindahan panorama alam panti sambil...
menyisir pantai. Terlihat ... asing lagi berjemur diri dengan sinar matahari
pagi. Tampak pula anak-anak ... sambil bersemburan air. Sungguh sangat
mendamaikan terasa lingkungan pantai.
|
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah...
A.
Berjalan-jalan,wisatawan-wisatawan,berkejar-kejaran
B.
Berjalan-berjalan,wisatawan-wisatawan,berkejar-kejaran
C.
Berjalan-jalan,wisata-wisatawaan,kejar-kejarkan
D.
Jalan-jalan,wisatawan-wisatawan,terkejar-kejarkan
E.
Jalan-jalani,wisatawan-wisatawan,berkejar-kejaran
27.Cermati
paragraf berikut.
Perubahan tata guna lahan merupakan penyebab utama
banjir dibandingkan dengan yang lainnya.apaila suatu hutan yang berada dalam
suatu aliran sungai ... menjadi tempat tinggal penduduk,debit puncak sungai
akan menigkat antara 6 sampai 20 kali . angka 6 dang angka 20 ini bergantung
pada jenis hutan dan jenis...demikian pula untuk...yang lainnya akan terjadi
peningkatan debit puncak yang signifikan.
|
Kata berimbuan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
A.
Dirubah,bemukim,perubahan
B.
Diubah,permukiman,perubahan
C.
Diubah,permukiman,pengubahan
D.
Berubah,permukiman,perubahan
E.
Berubah,bermukim,berubah
28.Cermati
deretan kalimat berikut.
(1) Masukkan tanah kewadah sebagai alas dan siram dengan air
(2) Pilah-pilih sampah dan pisahkan antara sampah plastik dan sampah
daun-daun tanaman organik
(3) Sediakan wadah yang layak( ember,tong ,atau wadah ) yang dirasa cukup
layak. Usahakan tempat yang anda sediakan mempunyai tutup sehingga nantinya
bisa terhindar dari binatang lalat,tikus atau mungkin terkontaminasi air
hujan
(4) Letakkan wadah tadi ditempat yang tidak tekena sinar matahari
langsung dan biarkan wadah tersebut selama kurang lebih tiga minggu
(5) Tutup lapisan daun,sampah rumah tangga tadi dengan tanah lagi dan
siram kembali dengan air,llu tutup wadah sampah tadi menggunakan tutup yang
sudah disediakan.fungsi penutup ini untuk menghindarkan calon kompos tadi air
hujan dan lalat
(6) Masukkan sampah daun-daun dan sampah limbah rumah tangga kedalam
wadah diatas lapisan tanah tadi,ratakan sampai kira-kira ketebalannya sama
dengan ketebalan tanah yng tadi dimasukkan
|
Urutan kalimat tersebut yang benar sehingga
menjadi sebuah paragaf prosedur adalah...
A.
(1),(3),(6),(2),(5),dan(4)
B.
(2),(3),(1),(5),(6),dan(4)
C.
(3),(1),(2),(6),(5),dan(4)
D.
(4),(3),(6),(2),(1),dan(5)
E.
(5),(1),(4),(3),(2),dan(6)
29.
Cermati paragraf deskripsi tersebut.
Pagi ini udara dingin sekali.cuaca cerah . tampak
langit tidak berawan. Karena masih pagi,hanya tampak beberapa orang sedang
berjalan santai dan berlari-lari kecil berolahraga dengan berpakaian
olahraga. Kendaraan bermotor juga sangat jarang yang lewat.
|
Kalimat
deskripsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
A.
Sangat tenang sepanjang hari itu
terasa.
B.
Masih sejuk dengan semilir angin
berhembus.
C.
Seakan masih malam karena
heningnya keadaan
D.
Sangat lengang pagi itu karena
tanpa aktivitas
E.
Jadi,pagi yang cerah itu terasa
lengang
30.Cermati
paragraf narasi berikut.
Gibran kembali ke Boston pada 1902 karena mendapat
kabar bahwa ibunya sakit keras. Ibu yang sangat mempengaruhi Gibran akhirnya
meninggal pada junia 1903 seetelah didahului oleh adiknya Sultana (4 april
1902) dan kakaknya Boutros (12 maret 1903) . kematian orang-orang yang sangat
disayanginya ini sangat membekas dihati Gibran...
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf
narasi tersebut adalah...
A.
Itulah kebiasaan yang dilakukan
oleh para penulis bila sedang berkarya.
B.
Tidak menduga sedikit pun dia akan
mengalami peristiwa yang sedih ini.
C.
Dia sangat menyayangi orang yang
berada disekitarnya dan keluarganya.
D.
Kesan ini sangat jelas
terekspresikan dalam karya-karya yang ditulisnya
E.
Dia merasa sedih ditinggal pergi
selamanya oleh orang yang disayanginya.
31.Cermati
paragraf berikut.
Bakat kesusatraan dan melukis Gibran mulai menonjol
sejakia bersekolah di Boston (1895 – 1897). Pada 1896 – 1901 Gibran kembali
ke Lebanon dan bersekolah di Madrasah AL-Hikmah,Beirut. Setelah lulus dengan
pujian tinggi al- Hikmah ,Gibran mengembara ke Yunani,Italia,Spanyol,dan
akhirnya menetap di Paris untuk belajar seni. Di sinilah ia belajar dan
mendapat pengaruh kuat dari pematung ternama Auguste Rodin.
|
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi simpulan paragraf adalah...
A.
Dengan kteunannya dan kesungguhan
belajar itu, dia berhasil menjadi seorang pelukis dan pematung yang andal.
B.
Dirinya sendiri tidak menyangka
akan mengalami hidup berpindah-pindah karena kesulitan ekonomi keluarga.
C.
Ke mana pun seorang seniman ,akan
selallu memanfaatkan waktu dan situasi untuk menuangkan suasana hatinya.
D.
Memang diperlukan latihan secara
bersinambung untuk memperoleh keterampilan sesuai bakat seseorang.
E.
Jadi, dia sangat menerima
kehidupan apapun yang sedang menimpa dirinya dengan sabar dan tidak putus asa.
32.Cermati
pendapat berikut.
Pendapat:
Seseorang yang banyak membaca akan terampil dalam
menulis
Argumen:
(1) Membaca memperluas wawasan pergaulan dan persahabatan karena otomatis
akan suka menulis dan bertukar karya tulis.
(2) Membaca menjadikan otak seseorang akan selalu ingin menulis dalam
berbagai bentuk.
(3) Membaca merangsang terbentuknya informasi baru di sistem daya ingat
yang siap dipanggil kapan saja, terutama saat menulis.
(4) Membaca membuat jalan pikiran seseorang positif dan berprilaku baik
dalam berbuat atau bertindak.
(5) Membaca memprkaya kosa kata, pilihan kalimat, dan cara penyajian yang
bisa anda pakai dalam menulis.
|
kalimat argumen yang sesuai untuk pendukung
pendapat tersebut adalah bernomor...
A.
(1) dan (2)
B.
(2) dan (3)
C.
(3) dan (4)
D.
(3) dan (5)
E.
(4) dan (5)
33. Cermati
kalimat berikut.
Karena hidup dalam dua kutub ranah budaya, timur dan
barat, maka Gibran menjelma menjadi manusia kosmopolit yang tidak terikat
pada kebangsaan dan kebudayaan tertentu.
|
Perbaikan kalimat tersebut dengan alasan yang
tepat...
A.
Membuang salah satu konjungsi karena atau maka karena penggunaan keduanya, kalimat tersebut tidak memiliki
induk kalimat(tidak sempurna)
B.
Penggunaan koma (,) sebelum
konjungsi maka tidak tepat (salah)
karena maka berupa konjungsi kalimat
majemuk yang terdapat ditengah kalimat
C. Konjungsi karena tidak tepat
diletakkan di awal kalimat ,seharusnya ditempatkan ditengah kalimat untuk
menyatakan sebab
D.
Konjungsi maka tidak tepat diletakkan diawal kalimat ,seharusnya ditempatkan
ditengah kalimat untuk menyatakan akibat dan
diberi tanda koma sebelumnya
E.
Membuang konjungsi maka dan tidak membuang koma menjadikan kalimat tersebut efektif karena
memiliki induk kalimat dan anak kalimat
34.
Cermati ilustrasi berikut.
Safri meminjam sepeda tono. Namun , sebelum dipakai Safri
,Tono berpesan agar berhati-hati jangan sampai jatuh dan rusak karena sepeda
itu adalah hadiah ulang tahun dari kakaknya. Akan tetapi,Safri tidak
mengindahkan pesan Tono. Dia memacu sepedanya dengan kencang da akhirnya
tersungkur masuk got . sepeda Tono rusak stangnya bengkok . dia menyerahkan
begitu saja sepedanya kepada Tono .Tono meminta Safri untuk memeperbaiki
,tetapi Safri tidak mau, dia hanya meminta maaf dan berlalu meninggalkan Tono
dengan sepedanya yang sudah rusak itu.
|
Ungkapan yang sesuai dengan perilku Safri
sesuai ilustrasi adalah...
A.
Sembunyi tangan
B.
Panjang tangan
C.
Lepas tangan
D.
Berat tangan
E.
Berpangku tangan
35.Cermati
ilustrasi berikut.
Ketika seseorang sedang berjaya dan suka membantu orang
yang serba kekurangan. Karena kebaikannya itu, dia disukai dan disanjung –
sanjung. Akan tetapi, pada saat ia menerima musibah dan tidak dapat bangun
lagi ,dia dilupakan begitu saja semua tidak peduli.
|
Pribahasa yang sesuai dengn ilustrasi
tersebut...
A.
Menohok teman seiring
B.
Habis manis sepah dibuang
C.
Lempar batu sembunyi tangan
D.
Tak ada gading yang tak retak
E.
Bagai api dalam sekam
36.Cermati kutipan kedua teks berikut.
Cerpen 1
|
Cerpen 2
|
Beberapa tahun lalu pesta perkawinan Gentasari dengan
Rustamadji yang digelar dengan menyembelih 13 ekor kambing dan berlangsung
selama tiga hari, tidak berjalan mulus, bahkan hampir saja batal. Keluarga
mempelai pria merasa dibohongi oleh keluarga mempelai wanita yang semula
sudah berjanji bahwa semua urusan masak-memasak selama kenduri berlangsung
akan dipecayakan kepada Makaji, juru masak nomor 1 di Lareh panjang ini.
Namun , dihari pertama perhelatan,ketika rombongan mempelai pria tiba,gulai
kambing,gulai nangka,gulai kentang,gulai rebung, dan aneka makanan yang
tersaji ternyata bukan masakan Makaji. Mana mungkin keluarga calon besan itu
bisa dibohongi? Lidah mereka sudah sangat terbiasa oleh masakan Makaji.
|
Merah padam muka Azrial mendengar nama itu.siapa lagi anak
gadis Mangkudun kalau bukan Renggogeni,perempuan masa lalunya. Musabab
hengkangnya ia dari Lareh panjang tidak lain adalah Renggogeni , anak
perempuan tunggl beleng (semata wayang)itu... masih segar dalam ingatan
Azrial, waktu itu Renggogeni hampir tamat dari akademi keperawatan dikota.
Tidka banyak orang Lareh panjang yang bisa besekolah tinggi seperti
Renggogeni .permpuan kuning langsat pujaan Azrial itu benar-benar akan
menjadi seorang juru rawat. Sementara Azrial buka siapa-siapa,hanya tamatan
Madrasah Aliyah yang sehari-hari berkerja honorer sebagai sekertaris dikanor
kepala desa.ibarat emas dan loyang perbedaan mereka.
|
Perbedaan latar suasana pada kutipan tersebut
adalah...
Cerpen 1
|
Cerpen 2
|
A.
kekecewaan
|
kemarahan
|
B.
kesedihan
|
kekecewaan
|
C.
kekhawatiran
|
kekacauan
|
D.
kekacauan
|
kesedihan
|
E.
kemarahan
|
kekhawatiran
|
Cermati
kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal 37-40.
Tiba-tiba aku ingat lagi pada kakek dan kedatangnya Ajo
Sidi kepadanya. Apakah Ajo Sidi telah membuat bualan tentang kakek? Dan bualan
itukah yang mendurjakan kakek? Aku ingin tahu. Lalu aku tanya kakek lagi:
“apa ceritanya,kek?”
“siapa?”
“Ajo Sidi”
“kurang ajar dia.”kakek menjawab.
“kenapa?”
“mudah-mudahan pisau ukur ini ,yag kuasah tajam-tajam
ini ,menggoroh tenggorokanya.”
“kakek marah?”
“marah? Ya,kalau aku masih muda ,tapi aku sudah tua. Orang tua menahan rgam. Sudah lama aku tak marah-marah lagi. Takut aku kalau imanku rusak karnanya,ibadahku rusak karenannya. Sudah begiu lama aku berbuat baik ,beribadah, bertawakal kepada tuhan . sudah begitu lama aku menyerahkan diriku kepadanya dan tuhan akan mengasihi orang yang sabar dan bertawakal. |
37.
konflik pada diri kakek dalam kutipan cerita pendek tersebut adalah...
A. Ajo sidi berbual terhadap kakek
B. si Aku membut rasa marah kakek
C.kemarahan kakek kepada Ajo sidi
D. kakek dan Ajo sidi bermusuhan
E. si Aku yang menggangu kakek
38. pendeskripsian watak kakek seorang yang
emosional sesuai pada kutipan teks tersebut adalah melalui...
A.
pikiran-pikiran tokoh
B.
tanggapan tokoh lain
C.
tindakan tooh
D.
dialog antar tokoh
E.
bentuk lahir tokoh
39. amanat yang sesuai isi kutipan tersebut
adalah...
A.
berhati-hatilah jika menghadapi
orang yang sudah tua dan mudah tersinggung karena perbuatan itu akan
menyakitkan hatinya.
B.
jangn membual dengan hal yang
menyinggung perasaanya orang yang sudah tua karena akan mnimbulkan rasa skait
hati orang tersebut.
C.
Hendaklah anak muda menghormati
oarng yang sudah tua atau lanjut usia ,sopan santun, dan membantu keperluannya
dalam berbagai hal.
D.
Mari kita menghibur orang yang
sudah tua atau lanjut usia karena mereka suka dengan hiburan dan cerita yang
lucu menghibur.
E.
Hindari slaing mencela dan
mengejek antara anak muda dengan orng tua atau sebaliknya agar terhindr dari
saling menyinggung.
40. Ringkasan yang sesuai isi kutipan tersebut
adalah..
A.
Seseorang yang sangat kasihan
melihat kakek yang bersedih dan ingin sekali menghiburnya dan ingin tahu
tentang penyebabnya.
B.
Keinginan si kakek ingin bertemu
dengan Ajo Sidi yng membuali dirinya dengan cerita-cerita sehingga ingin
membalasnya.
C.
Si kakek sudah lama tidak
marah-marah karena takut imanny rusak dan dia juga merasa sudah lama berbuat
baik,beribadah, dan bertawakal kepada tuhan.
D.
Si kakek tukang pengasah pisau
yang sangat taat beribadah,penolong,dan tidak suka mendengarkan cerita-cerita
bohong.
E.
Bualan Ajo Sidi terhadap kakek
membuat kakek sangat marh, tetapi dia redam kemarahannya karena dia sadar bahwa
dia sudah tua.
Cermati novel Layar
Terkembang berikut untuk menjawab soal 41-43
“saya tidak mengeri sekali-kali bagaimana pikiran Saleh
makaia minta berhenti dengan tiada berbicara lagi dengan famili. Anak-anak
muda sekarang sangat memudahkan sesuatu . seratus dua puluh rupiah sebulan.
Coba pikirkan bagaimana senangnya penghidupan anak muda yang baru berusia dua
puluh dua tahun dengan pendapatan sebesar itu. Tetapi , itu dibuangnya aja
dengan ucapan yang bukan-bukan: hendak berkerja sebagai manusia bebas,hendak
mencari pekerjan yang sesuai dengan kata hatinya: pekejaan kantor yang tenang
itu dikatakannya pekerjaan mesin
yang mematikan semangat.
|
41. hal yang ada
pada kutipan cerita tersebut juga terdapat dalam kehidupan adalah...
A.
Pendapatan orang tua yang sering
berlawanan dengan pendapatan anak muda
B.
Orang tua yang merasa sangat rugi
telah menyekolahkan anaknya
C.
Anak muda yang selalu ingin
mencari uang secara berlebihan
D.
Orang tua dan anak yang selalu
bertukar pendapat dalam berbagai hal
E.
Keinginan anak dan orang tua sama-
sama ingin mengubah nasib buruk
42. suasana dalam kutipan novel tersebut...
A.
Ketakhawatian
B.
Kemarahan
C.
Keheranan
D.
Kegelisahan
E.
Keharuan
43. makna kata berlembang mesin yang bercetak miring dalam kutipan novel tersebut ...
A.
Canggih
B.
Kaku
C.
Berat
D.
Terpola
E.
Tertekan
Cermati kutipan karya novel berikut untuk
menjawab soal 44-45
(1)”sudah berapa lama ini ia minta ke luar,emang?” tanya
Tuti menyela kata Parta.(2)”saya kenal akn pekerti Saleh,ia seorang yang
gembira, seorangyang tajam pikirannya, dan hidup hatinya. (3) percaya saya
bahwa ia tidak senang akan pekerjaan tenang dalam kantor,mengisi daftar
isi,menyalin surat anu,mengantuk-ngantuk menanti pukul dua.”(4)”apa katamu?”
ujar Parta dengan suara yang agak keras sedikit mendengar ucapa keponakannya
yang menyangkal katanya itu. (5)”mengantuk-ngantuk menanti pukul dua? Apa
yang dikantuk-kantukan? Adakah pekerjaan yang lebih baik dari pekerjaan
dikantor? Habis bulan terang kita mendapat sekian.
|
44. nilai-nilai budaya dalam kutipan cerita
novel tersebut adalah...
A.
Masyarakat yang selalu
membanding-bandingkan pekerjaan seseorang
B.
Suatu keharusan seorang anak
berbakti kepada orang tua setelah berkerja
C.
Semua keluarga diharuskan berkerja
dikantor dan menghindari usaha sendiri
D.
Masyarakat yang memandang rendah
seseorang yang tidak berkerja dikantor
E.
Adanya anggapan masyarakat bahwa
berkerja dikantor lebih baik daripada usaha sendiri
45.kalimat berupa majas dalam kutipan novel
tersebut terdapat pada kalimat bernomor...
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
46. Cermati
larik pantun berikut.
Membaca novel Sitti
Nurbaya
Nama pengarangnya Marah Rusli
Kita anak muda ayo berkarya
...
|
Larik yang tepat untuk melangkapi pantun
tersebut...
A.
Supaya senang dikemudian hari
B.
Kepada orangtua harus berbakti
C.
Tidak hidup sendiri-sendiri lagi
D.
Kami semua pasti sangat berani
E.
Tidak ada lagi tak percaya dii
47.Cermati
isi sebait Gurindam Dua Belas berikut.
Hendaklah jadi
kepala
Buang perangai
yang cela
|
Amanat yang terdapat pada isi bait gurindam
tersebut adalah...
A.
Jadi kepala berarti menjadi
pemimpin,baik formal maupun nonformal.
B.
Ketahuilah,perangai yang tercela
artinya perilaku yang tidak baik.
C.
Pemimpin tidak boleh mempunyai sikap,sifat,perilaku
yang tercela.
D.
Setiap orang pastilah akan mampu
menjadi pemimpin yang baik.
E.
Keteladanan yang baik dapat
dicontoh dari seorang pemimpin.
48.Cermati
isi kutipan cerpen berikut.
Ada saat-saat dimana kuperhatikan wajah orang miskin
itu diliputi kesedihan.’jangan salah paham.”katanya.”aku sedih bukan karena
akku miskin,aku sedih karena banyak sekali orang yang malu mengakui miskin.
Banyak sekali orang bertambah miskin karena selalu berusaha agar tidak tampak
miskin.”entah,kenapa saat itu mendadak aku merasa kikuk dengan penampilanku
yang perlente. Sejak itu pula aku menjadi tak terlalu suka berkaca. Bila lagi
sedih orang miskin itu suka datang kepengajian . tuhan memang bisa menjadi
hiburan menyenangkan buat orang yang lagi kesusahan,katanya.ia akan
terkantuk-kantuk sepanjang ceramah ,tapi begitu semangat ketika makanan
dibagikan.
|
Kalimat resensi berupa keunggulan berdasarkan
kutipan cerpen diatas adalah...
A.
Pendeskripsian suasana dalam
cerita sangat hidup dan membuat pembaca terasa ikut dalam suasana tersebut.
B.
Watak tokoh digambarkan sangat
jelas dan wajar,seperti sifat sedih dan sifat pemalu menerima kenyatan.
C.
Tema yang diangkat sebagai masalah
yang dipaparkan dalam isi cerita sangat menarik bagi pembaca.
D.
Penuli dengan apik memberikan
amanat dalam cerita sebagai intropeksi diri bahwa banyak orang malu mengakui
miskin.
E.
Cerpen ini sangat baik dan cocok
dibaca oleh semua lapisan,yaitu anak-anak,dewasa,orangtua.
49. cermati
isi kutipan novel berikut.
Ada lagi satu cerita,yang suka diulangnya padaku: suatu
malam ada seoang pencuri menyatroni rumah orang miskin. Mengetahui hal itu,si
miskin segera bersembunyi. Tapi pencuri itu memergoki dan
membentaknya,”kenapa kamu bersembunyi?” dengan ketakutan si orang miskin
menjawab.” Aku malu,karena au tak punya apapun yang bisa kamu curi.” Ia
mendengar kisah itu dalam sebuah pengajian. “ kisah itu selalu membuatku
punya alasan untuk bahagia jadi orang miskin.” Begitu ia selalu mengakhiri
cerita...
Orang miskin itu pernah ditangkap polisi. Saat
itu,dikampung memang terjadi beberapa kali pencurian,dan sudah sepatutnyalah
orang miskin itu dicurigai. Ia diinterogasi dan digebugi . dua hari kemudian
baru dibebaskan. Kabarnya ia diberi uang agar tidak menuntut.
Berminggu-minggu wajahnya bonyok dan memar.”begitulah enaknya jadi orang
miskin.” Katanya.”dituduh mencuri,dipukuli,dan dikasih duit!”
Sejak itu,setiap kalli ada yang kecurian orng miskin
itu selalui mengakui kalau ia pelakunya dengn harapan ia kembali dipukuli.
|
Kalimat
kritik berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah...
A.
Betapa menderitanya kehidupan
orang miskin yang diungkapkan dalam cerita pendek tersebut.
B.
Cerita yang diungkapkan dalam
cerpen seperti anekdot karena berisi sebuah kelucuan dan sindrian terhadap
orang miskin yang malas.
C.
Hal yang diungkapkan dalam cerpen
tersebut menggambarkan kehidupan orang-orang miskin yang malas.
D.
Pengarang seakan kehabisan ide
dalam mencari bahan cerita sehingga menceritakan kehidupan orang miskin.
E.
Terasa pengarang ingin mencari ide
crita yang berbeda dari cerita yang ditulis oleh pengarang-pengarang lain.
50.Cermati
isi kutipan cerpen berikut.
Dua ekor gajah telah mati,seminggu sebelum kegawatan
semakin memuncak, dan Made Sukari berlari memberi tanda menuruni bukit.
Wajah- wajah pucat dan gemetar menjalar,melewati ladang,kebun,dan rumah-rumah
yang langsung siaga.
“siapa lagi yang telah membunuh gajah-gajah itu? Demi
tuhan, ini pertanda celaka!”
Dua gajah telah mati. Sebelumnya ,empat ekor gajah
ditemukan tanpa nyawa dengan leher terbelah dan gading lenyap meninggalkan dua
bolongan kasar dikepala. Tak ada petani di Kualakambas yang tega membunuh
mahkluk raksasa bermata lembut itu.puluhan , bahkan ratusan kali mereka
menghalau gajah-gajah yang tersesat diladang,hanya dengan teriakan serta
sapan, “ pergilah manis,hus,hus,pergilah dari ladang kami.” Antara gajah dan
petani telah memiliki tautan hati yang sama. Tak perlu ada parang
menempel,apalagi sampai membelah leher.
(cerpen
sulaiman...)
|
Kalimat esai (tanggapan) berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah...
A.
Penggambaran betapa pentingnya
gajah bagi manusia sehingga banyak orang memburunya.
B.
Terbayang dalam cerita gajah-gajah
yang sedang brkeliaran dihutan bebas lepas dihabitat mereka.
C.
Kehidupan manusia dan binatang
sangat berbeda dan memiliki jarak walaupun mereka dilingkungan yang sama.
D.
Jarang sekali kita membaca cerita
yang menggambarkan kehidupan gajah secara lengkap seperti dalam cerpen ini.
E.
Pembunuhan gajah yang dilukiskan
dalam cerpen membuat hati tersentuh,pilu,dan mengutuk pelakunya.
SOAL BARU
Cermati
paragraf berikut!
(1) Gotong
royong saat berladang masih membudaya dikomunitas Dayak Jalai,Kalimantan
Barat .(2) mereka berkerja sukarela tanpa diganjar upah sepeser pun.
(3)pemilik ladang cukup mensediakan bahan dan peralatan penanaman padi serta
konsumsi . (4) berkerja bergotong royong saat berladang tidak semata mampu
menekan biaya produksi.(5) tradisi itu juga merekatkan rasa persaudaraan dan
solidaritas warga.
(sumber:
soal UN 2016-2017)
|
1.Ide
pokok paragraf tersebut adalah...
A.
Budaya gotong royong
B.
Peralatan penanaman padi
C.
Penekanan biaya produksi
D.
Perekat rasa persaudaraan
E.
Tradisi masyarakat Dayak Jalai
2.Tujuan penulis sesuai isi teks tersebut
adalah...
A.
A.Menginformasikan bahwa budaya
gotong royong saat berladang masih berlaku di Dayak Jalai,Kalimantan Barat
B.
B.Menjelaskan bahwa setiap selesai
berladang,masyarakat Dayak Jalai selalu berdiskusi
C.
C.Mendeskripsikan cara berladang
komunitas Dayak Jalai ,Kalimantan Barat
D.
D.Menginformasikan bahwa berladang
di Dayak Jalai Kalimantan Barat tidak mengeluarkan biaya apapun
E.
E.Menjelaskan bahwa pemilik ladang
di Dayak Jalai,Kalimantan Barat,selalu menjalin solidaritas
3.bacalah
paragraf berikut!
1) setiap pekerjaan didalam kehidupan ini pasti ada
risikonya.2) sebagai pekerjaan kita harus memikul risiko
tersebut.3)namun,jika kita benar-benar menjalankan pekerjaan dengan
cermat,teliti,dan disiplin tentunya akan meminimalisasi terjadinya risiko.4)
risiko yang terjadi harus kita pertanggungjawabkan karena hal ini bagian dari
perbuatan yang kita lakukan.5) janganlah kita takut dan lari dari
risiko.
(sumber:soal primagama)
|
Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan
nomor...
A.
1)
B.
2)
C.
3)
D.
4)
E.
5)
Cermati
paragraf berikut
4.kalimat yang tidak padu terdapat pada
nomor...
1) Peneliti
Badan Tenaga Nuklir Nasional memanfaatkan radiasi sinar gama difilitas
iradiator untuk membuat materi genetik sorgum bermutasi.2)hasilnya,sorgum
cocok ditanam dilahan yang kering sekaligus menjadi sumber pangan dan
energi.3) ia menanam benih sorgum dilahan-lahan kering Nusa Tenggara Barat
dan Nusa tenggara Timur dan hasilnya positif.4) harga sorgum lebih muah
daripada harga padi.5) ia menghasilkan kualitas unggul sorgum bernama pahat.
(sumber:
soal UN 2016-2017)
|
A.
1)
B.
2)
C.
3)
D.
4)
E.
5)
Cermati
paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 5-6
1)Indonesia membutuhkan pemuda yang tangguh,cerdas, dan
mempunyai semangat tinggi dalam menghadapi era globalisasi ini.2) persaingan
di berbagai bidang yang semakin ketat menuntut setiap negara untuk terus
mempersiapkan generasi muda agar dapat bertahan di era ini.3) generasi muda
yang unggul tidak hanya dibentuk oleh situasi yang mengharuskan mereka
unggul,melainkan dibentuk oleh tekad yang kuat untuk memajukan bangsa dan
negaranya sendiri.4)generasi seperti inilah yang mampu membanggakan bangsa
dan negara.5) globalisasi seperti dua sisi mata uang yang memiliki dampak
positif dan dampak negatif dalam pelaksanaanya.
(sumber:Erlangga fokus UN 2017)
|
5.makna istilah globalisasi pada kalimat nomor
1 pada paragraf tersebut adalah...
A.
Zaman modern
B.
Kemajuan zaman
C.
Proses mendunia
D.
Kemajuan teknologi
E.
Perkembangan zaman
6.kalimat berupa fakta pada paragraf tersebut
terdapat pada kalimat nomor...
A.
1)
B.
2)
C.
3)
D.
4)
E.
5)
Cermati
kutipan berikut
Badan Pusat Statistik memasukan pangan sebagai penentu
garis kemiskinan.Oleh karena itu,pemerintah berkepentingan menjaga harga
pangan selalu stabil. Program presiden dalam masa jabatan keduanya adalah
memastikan ada cadangan beras sepuluh juta ton yang harus diusahakan dari
produksi dalam negeri .keuntungan memproduksi sendiri pangan didalam negeri adalah
menghindrkan ketergantugan dari impor sehingga indonesia memiliki ketahanan
dan kedaulatan pangan. Memproduksi pangan di dalam negeri memberikan lapangan
kerja didesa dan kota melalui kegiatan di ladang hingga industri pengolahan.
(sumber:soal UN 2016-2017)
|
7.Opini redaksi yang terdapat dalam kutipan
rajuk rencana tersebut adalah...
A.
Pangan bukan sebagai penentu bagi
garis kemiskinan
B.
Pemerintah berkepentingan menjaga
harga pangan selalu stabil
C.
Presiden memastikan indonesia
memiliki cadangan beras
D.
Produksi pangan indonesia selalu
stabil dan terkendali
E.
Indonesia sudah memiliki ketahanan
dan kestabilan pangan
8.pihak yang dituju oleh redaksi dalam tajuk
rencana adalah...
A.
Perusahaan
B.
Pengimpor
C.
Pemerintah
D.
Masyrakat
E.
Pedagang.
9.Cermati
paragraf berikut.
Raskin merupakan subsidi pangan dalam bentuk beras
diperuntukkan bagi rumah tangga yang berpenghasillan rendah.Subsidi ini
sebagai upaya pemerintah meningkatkan ketahanan pangan dan memberikan
perlindungan sosial kepada rumah tangga sasaran (RTS) .Pada awal tahun 2014
pemerintah telah mengalirkan kembali program raskin dengan sasaran masyarakt
perlu mendapatkan jatah beras.Namun,keberadaan raskin saat ini seolah
menghilang dari peredaran seiring naiknya harga bahan bakar minyak (BBM)
bersubsidi amburadulnya program raskin ini diperkirakan penyelewengan
diberbagai ini pemerintah diharapkan mendesain ulang program raskin ini yang
sudah berjalan 15 tahun ini.Penyaluran raskin ini bisa dalam pendirian
pos-pos khusus dikelurahan setempat proses ini bisa dapat dilihat langsung
oleh petugas Bulog.
(sumber:soal TO SMAN 72)
|
Keberpihakan tajuk rencana ditujukan kepada...
A.
Pemerintah indonesia
B.
Dewan perwakilan rakyat
C.
Bulog
D.
Petugas bulog
E.
masyarakat
Cermati
dua kutipan teks laporan berikut.
Teks 1
|
Teks 2
|
Gajah sumatera adalah subspesies dari gajah Asia yang
hanya berhabitat di pulau sumatra.Gajah sumatra berpostur lebih kecil
daripada spesies gajah India. Sekitar 2.000 -2.700 gajah sumatera tersisa di
alam liar berdasarkan survei tahun 2000. Sebanyak 65% populasi gajah sumatera
lenyap akibat dibunuh manusia dan 30% kemungkinan diracuni.
|
Sekitar 83% habitat gajah sumatera telah menjadi
wilayah perkebunan. Kelinci adalah
hewan mamalia.dahulu hewan ini adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga
ke daratan Eropa. Pada perkembangannya tahun 1972,kelinci diklasifikasikn
dalam ordo logomorpha. Ordo ini dibedakan menjadi dua famili,yakni ochtonidoe
dan laporidae. Kelinci berasal dari bahasa Belanda. Hal ini menunjukkan bahwa
masyarakat nusantara mulai mengenali kelinci saat masa koloniel. Padahal di
Pulau Sumatera ada satu spesies kelinci sumatera yang baru ditemukan pada
tahun 1972.
(sumber:soal UN 2016-2017)
|
10. perbedaan
isi kedua kutipan tersebut adalah...
Teks 1
|
Teks 2
|
A.habitat kelinci sumatra
|
Habitat gajah sumatra
|
B.Habitat gajah sumatra
|
Populasi gajah sumatra
|
C.perkembangan gajah sumatra
|
Populasi kelinci sumatra
|
D.pembagian jenis gajah sumatra
|
Sejarah penemuan kellnci sumatra
|
E.populasi gajah sumatra
|
Perkembangan kelinci sumatra
|
11.Cermati
paragraf berikut.
Mahatma gandhi dilahirkaan pada tanggal 2 oktober 1869
di Porbandar,Gujarat, India Britania, dan meninggal pada tanggal 30 januari
1948 di New Delhi,India. Nama lahir dari Mahatma Gandhi adalah Mohandas
Karamchand Gandhi . beliau adalah pemimpin rohani di balik kemerdekaan india.
Gandhi (sebutan akrabnya) telah menentang penjajah inggris atas india. Gandhi
memulai suatu gerakan tanpa kekerasan untuk memimpin India menuju demokrasi
,perdamaian, dan kemerdekaan . Gandhi dipenjara beberapa kali dan sempat
hampir mati karena kelaparan.Namun, dengan tekad yang kuat,akhirnya beliau
berhasil meraih apa yang dicita-citakannya.
(sumber:soal UN
2016-2017)
|
Keteladanan yang dapat dipetik dari tokoh
Mahatma Gandhi dala kutipan tersebut adalah...
A.
Seorang pemimpin rohani yang
berani
B.
Rela dipenjara demi menegakkan
kebenaran
C.
Berjuang melawan penjajah inggris
D.
Pemimpin perang sejati meraih
kemerdekaan
E.
Berhasil memerdekakan India tanpa
kekerasan
12.
Cermati kutipan trsebut untuk menjawab soal nomor 12-13
1)Siswa : Bu nilai UAS saya rendah.
2)Guru : Ibu
tahu ,kamu memang harus lebih banyak berlatih ,ibu tidak bisa mengubah
nilaimu nak.
3)Siswa : Iya bu,saya mengerti saya hanya ingin ikut
remedial bu.
4)Guru :Bagus
kalau begitu,tetapi ibu hanya ada waktu jumat pagi.
5)Siswa : Maaf,bu hari jumat pagi saya ada remedial
matematika.
6)Guru: coba kamu diskusikan dengan guru matematika
untuk meminta bertukar waktu dengan ibu.
7)Siswa : baik bu,saya coba (sumber:Erlangga
fokus UN 2017)
|
Hal yang disepakati dalam dialog negosiasi
adalah ...
A.
tempat remedial
B.
waktu remedial
C.
izin remedial
D.
remedial matematika
E.
materi remedial
13.kalimat imperatif diantara kalimat yang
tersaji pada dialog tersebut adalah nomor...
A.
(2)
B.
(3)
C.
(4)
D.
(6)
E.
(7)
14.Cermati
paragraf berikut.
saat menengok puluhan karya Agoes,pengunjung bisa
memahami hubungan antara alam dan manusia . dia memanfaatkan bahan berupa
kayu nangka karena pohon itu mudah ditemukan. Selain itu,kayu nangka punya
kadar air yang baik sehingga bisa bertahan lama.
(sumber: soal UN 2016-2017)
|
Kata
itu merujuk pada pengertian...
A.
Mudah ditemukan
B.
Manfaat bahan
C.
Menengok karya Agoes
D.
Memahami hubungan
E.
Alam dan manusia
15.Cermati
kalimat berikut
Dengan memanfaatkan anggaran yang ada,pemerintah pusat
terus mengopimalkan perlindungan menyeluruh kepada para pekerja melalui
program pemenuhan hak-hak pekerja.
(sumber: soal UN 2016-2017)
|
Inti kalimat tersebut adalah...
A.
Pemerintah mengoptimalkan
perlindungan kepada pekerja.
B.
Pemerintah terus mengoptimalkan
pelindungan kepada pekerja.
C.
Pemerintah mengoptimalkan
perlindunga hak-hak pekerja.
D.
Dengan anggaran,pemerintah terus
mengoptimalkan perlindungan.
E.
Dengan anggaran,pemerintah
mengoptimalkan perlindungan.
16.Cermati
paragraf berikut.
1) peningkatan usaha ekonomi bagi masyarakat desa
diyakini mampu menjadi daya tangkal bagi masyarakat desa untuk hijrah ke
kota. 2) melibatkan mereka dalam kegiatan ekonomi produktif setidaknya
membuat masyarakat tidak melirik kota.3) untuk keberhasilan kegiatan
tersebut,pemda setempat menggandeng berbagai pihak diantaranya Pusat
Pelatihan dan Ketrampilan.4) peserta pelatihan difasilitasi modal usaha dan
pendampingan.
(sumber: soal UN
2016-2017)
|
Kesalahan penggunaan kata baku dalam paragraf
tersebut adalah...
A.
Hijrah pada kalimat (1) seharusnya
hijroh.
B.
Produktif pada kalimat (2)
seharusnya produsen.
C.
Pihak pada kalimat (3) seharusnya
fihak.
D.
Ketrampilan pada kalimat (3)
seharusnya keterampilan.
E.
Difasilitasi pada kalimat (4)
seharusnya divasilitasi.
17. Cermati
teks berikut!
Jaipongan adalah sebuah jenis tari pergaulan
tradisional masyarakat Sunda. Jawab Barat, sangat popular di Indonesia. Tari
ini diciptakan oleh seorang seniman asal Bandung, Gugum Gumbira, sekitar
tahun 1960, dengan tujuan untuk menciptakan suatu jenis musik dan tarian
pergaulan yang digali dari kekayaan seni tradisi rakyat Nusantara, khususnya
Jawa Barat. Ada niat untuk mengadakan festival jaipongan se-Jawa Barat.
(Sumber; TO tingkat dki paket B)
|
Perbaikan penggunaan tanda baca yang benar
atas teks tersebut adalah ….
A.
Setelah kata Jawa Barat tidak
perlu menggunakan koma.
B.
Antara se- dan Jawa Barat tidak
menggunakan tanda hubung
C.
Antara Sunda dan Jawa Barat
seharusnya memakai tanda hubung
D.
Sesudah Jaipongan adalah
seharusnya diberi tanda titik dua
E.
Antara Nusantara dan khususnya tak
perlu tanda baca koma
18.Cermati
paragraf berikut.
(1) bagi pencinta durian, menikmati tempoyak memberi
pengalaman baru yang sulit dilupakan.
(2)buah durian dengan rasa manis legit,dan,kadang
sedikit pahit berubah menjadi asin gurih,ketika diolah dalam wujud tempoyak.
(3)tempoyak yang merupakan hasil fermentasi durian
ini,semakin lezat,ketika diolah dengan pangan lokal khas daerah penghasilan
durian,seperti,Lampung.
(4)di Bandar Lampung,cukup mudah untuk,menikmati
masakan dengan bumbu olahan tempoyak.
(5)tempoyak diolah beragam masakan mulai dari seruit
tempoyak,brengkes baung tempoyak,hingga,udang selimut tempoyak.
(sumber: soal UN
2016-2017)
|
Penggunaan tanda baca yang tepat terdapat pada
nomor...
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
19.Cermati
paragraf berikut.
Bu Mareana adalah seorang guru bahasa indonsia yang
sangat disukai siswanya.Bu Mareana selalu mengajar tepat waktu sesuai dengan
... pelajaran.Saat mengajar,Bu Mareana selalu menggunakan ... yang bervariasi
.Ketika memberikan pertanyaan ,Bu Mareana juga menggunakan ... yang menarik
sehingga siswa bersemangat menjawabnya.
(Sumber:TO SMAN 72)
|
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf
tersebut...
A.
Jadual,metoda,teknis
B.
Jadual,metodik,teknik
C.
Daptar,metoda,teknisi
D.
Jadwal,metode,teknik
E.
Daptar,metoda,teknik
20.Cermati
teks berikut.
Perubahan ketetapan melalui peraturan pemerintah secara
berkala lumrahnya mengundang pertanyaan di benak pelaku industri akan
interperestasi undang-undang seperti apa yang dimulai paling ideal oleh
pemerintah. Bukan apa-apa,inplikasi yang dibawa sebagai dampak dari kewajiban
yang digarisbawahi oleh kata “dan” dan “ atau” ini dapat menimbulkan
perbedaan nilai inves hingga jutaan dolar AS yang harus ditanamkan pelaku
indutri.
(Sumber:Erlangga fokus UN 2017)
|
Kata serapan yang tepat untuk memperbaiki kata
yang bercetak miring adalah..
A.
Berinteprestasi,beimplikasi,investor.
B.
Menginterprestasi,diimplikasi,investor.
C.
Interfrestasi,imflikasi,inpestasi.
D.
Interprestasi,implikasi,investasi.
E.
Berinterprestasi,implikasi,berinvestasi.
21.Cermati
paragraf berikut.
Cara merawat ikan Patin dan ikan Bandeng di air payau.
(sumber: soal UN 2016-2017)
|
Penulisan judul buku yang sesuai dengan ejaan
yang berlaku adalah...
A.
Cara merawat ikan patin dan ikan
bandeng di air payau
B.
Cara merawat Ikan Patin dan Ikan
Bandeng di air payau
C.
Cara Merawat Ikan Patin Dan Ikan
Bandeng Di Air Payau
D.
Cara merawat Ikan Patin Dan Ikan
Bandeng di Air Payau
E.
Cara Merawat Ikan Patin dan Ikan
Bandeng di Air Payau
22. Cermati
paragraf berikut.
Peningkatan suhu dipermukaan bumi dalam kurun waktu
satu abad terakhir saat ini dipicu oleh efek rumah kaca yang dihasilkan oleh
aktivitas manusia. Hal tersebut mampu mengubah siklus cuaca dan iklim
diberbagai wilayah dipermukaan bumi,terutama didaerah kutub .Gunung-gunung es
dan... didaerah kutub mencair seiring bertambahnya suhu bumi.
(sumber:Erlangga fokus UN 2017)
|
Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf
tersebut adalah...
A.
Vulkanik
B.
Magma
C.
Gletser
D.
Tektonik
E.
Lahar
23.Cermati
paragraf berikut.
Pohon jambu air didepan rumahku buahnya...kalau sudah
masak,buahnya berwarna...dan rasanya ... akan tetapi,jika buah itu dimakan
siang hari,terasa... dan dapat menghilangkan dahaga.
(sumber:Erlangga fokus UN 2017)
|
Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah...
A.
Tinggi sekali,hijau muda,ranum
sekali,asam sekali
B.
Rimbun sekali,merah muda,asam
sekali,agak manis
C.
Besar sekali,merah seklai,manis
sekali,agak asam
D.
Merah sekali,merah sekali,manis
sekali,segar sekali
E.
Sngat lebat,merah tua,agak
asam,sangat segar
24.Cermati
paragraf berikut.
Gempa merupakan bencana alam yang kerap terjadi di
Indonesia,baik gempa vulkanik maupun gempa tektonik.Gempa vulkanik pada
umumnya... oleh gunung meletus,sedangkan gempa tektonik disebabkan oleh
pergesekan lempeng bumi. Ada tiga lempeng utama duni yang memiliki titik temu
di Indonesia,yaitu lempeng Indo-Autralia,lempeng Eurasia,dan lempeng
Pasifik.lempeng-lempeng tersebut selalu bergerak dan saling
menekan.pergerakan lempeng tersebut ... penimbunan energi secara perlahan-lahan.Energi
yang tertimbun sekian lama akan terlepas ke permukaan bumi dengan efek
guncangan yang lebih besar daripada gempa vulkanik ... guncangan yang besar
inilah,banyak gedung yang rusak parah saat gempa tektonik terjadi.
(sumber
Erlangga fokus UN 2017)
|
Konjungsi sebab akibat yang tepat untuk
melengkapi paragraf tersebut adalah...
A.
Diakibatkan,mengakibatkan,sebab
B.
Menyebabkan,disebabkan,akibat
C.
Disebabkan,menyebabkan,karena
D.
Dikarenakan,menyebabkan,sebab
E.
Mengakibatan,menyebabkan,karena
25.Cermati
penggunaan konjungsi pada paragraf berikut.
Bunga mawar dapat ditanam menggunakan biji atau
bibit.mula-mula biarkan bunga mawar yang mati pada tanaman. Dari bunga mawar
tersebut akan muncul buah yang mengandung biji mawarpetiklah buah mawar
matang yang ditandai dengan perubahan warna menjadi merah,jingga,coklat,atau
ungu. Jangan tunggu sampai buah benar-benar mengering atau keriput akibat
dikhawatirkan biji didalam nya juga mati.sebelumnya,belahlah buah menjadi dua
bagian.demi lebih mudah,gunakan ujung pisau untuk mengambil biji mawar .biji
mawar harus dibersihkan dari buah yang menempel agar tidak menghalangi
pertumbuhan kecambah.Bersihkan biji mawar menggunakan air mengalir dengan
meletakkan biji pada saringan sambil digosok pada permukaan biiji.
(sumber Erlangga fokus UN 2017)
|
Perbaikan konjungsi yang bercetak miring pada
paragraf tersebut adalah...
A.
Sebab,selanjutnya,ketika
B.
Karena,setelah itu,agar
C.
Karena,sebelum,untuk
D.
Sebab,lalu,supaya
E.
Karena,selanjutnya,saat
26.Cermati
paragraf berikut.
Setelah pulang dari pasar,saya...belanjaan untuk
disimpan dikulkas dan di lemari penyimpanan makanan.belanjaan yang disimpan
dikulkas yaitu...,buah-buahan,dan ikan.Belanjaan lainny,saya tata dalam lmari
penyimpanan makanan,seperti kecap dan ... kering.
(sumber Erlangga fokus UN 2017)
|
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah...
A.
Memilah-milah,sayur-sayur,lauk-pauk
B.
Pilih-memilih,sayur-sayuran,bahan-bahan
C.
Memilah-milah,benda-benda,buah-buahan
D.
Memilih-milih,sayur-mayur,bumbu-bumbu
E.
Memilih-milih,benda-benda,buah-buahan
27.Cermati
paragraf berikut.
Cerpen sebagai karya berupa “dunia dalam kata”...
kebetulan makna intrinsik yang digli dari karya itu sendiri.Oleh sebab
itu,sangat penting memahami sebuah cerpen dengan... berbagai unsur
pembentukan teks cerpen sebagai suatu jalinan yang utuh.Memaparkan ... dan
keterkaitan unsur pembangun teks cerpen tersebut secara cermat akan
memudahkan pembaca untuk memperoleh makna yang menyeluruh.
(sumber Erlangga fokus UN 2017)
|
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah...
A.
Memunyai,memerhitungkan,jalinan
B.
Dipunyai,diperhitungkan,penjalinan
C.
Dipunyai,perhitungkan,menjaln
D.
Memunyai,perhitungkan,menjalin
E.
Mempunyai,memperhitungkan,keterjalinan
28.Cermati
deretan kalimat berikut.
(1) Misalnya, gempa bumi yang mengubah struktur tanah
dapat menyebabkan terjadinya tanah longsor
(2) Bencana alam merupakan fenomena yang sulit untuk
dihindari,bahkan dampak dari bencana tersebut akan tetap kita rasakan
(3)Oleh karena itu,kita harus berkerja sama
menanggulangi dampak dari bencana tersebut agar kerugian yang dialami tidak
semakin bertambah
(4) Beberapa dampak yang ditimbulkan bencana
alam,antara lain kerusakan lahan pertannian,pendangkalan sungai,munculnya
berbagai macam pnyakit,hingga kematian
(5) Jika kita menyikapi bencana tersebut hanya dengan
bersedih dan meratapi nasib ,makan tidak akan mengubah keadaan yang telah
terjadi.
(6) Dampak tersebut juga dapat memicu terjadinya
bencana lain.
(sumber
Erlangga fokus UN 2017)
|
Urutan kalimat tersebut yang tepat sehingga
menjadi paragraf yang padu adalah...
A.
(1),(2),(4),(5),(6),dan(3)
B.
(2),(4),(6),(1),(5),dan(3)
C.
(3),(5),(2),(1),(6),dan(4)
D.
(4),(6),(1),(3),(2),dan(5)
E.
(4),(2),(3),(6),(1),dan(5)
29.Cermati
pidato berikut.
Hadirin yang saya hormati,
Jumlah pengguran dinegara kita setiap tahun terus
meningkat.Banyaknya angka pengangguran ini dipicu oleh keinginan generasi
muda menjadi pegawai diperusahaan atau pegawai negeri.Kaum muda lulusan
peguruan tinggi atau sekolah menengah,baik sekolah menengah umum maupun
kejuruan,selalu ingin mandiri menciptakan lapangan kerja jumlahnya bisa
dihitung jari.Oleh karena itu,...
(sumber:soal UAS SMA TAMAN MADYA 1)
|
kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi
pidato tersebut adalah...
A.
Untuk mengatai masalah
tersebut,marilah kita ciptakan generasi entrepreneur atau wirausahawan demi
terciptanya kemajuan ekonomi.
B.
Marilah generasi muda kita doong
untuk lebih aktif meningkatkan keterampilan mereka berkerja diluar negeri.
C.
Mari kita bina generasi muda kita
menjadi generasi muda yang cerdas dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
D.
Mari kita arahkan generasi muda
untuk giat menabung agar roda pembangunan melaju pesat sehingga akan membuka
lapangan kerja baru.
E.
Solusi yang bisa kita lakukan
adalah mendorong lahirnya generasi muda yang mampu menciptakan lapangan kerja
sendiri.
30.Cermati
paragraf berikut.
Saat ini,hampir semua perusahaan besar memiliki program
pelatihan rutin bgi karyawannya selain berisi matei hal-hal teknnis
menyangkut bidang bisnis peusahaan tersebut,karyawan juga mendapat pelatihan
tentang motivasi,kepemimpinan,pengambilan keputusan,hingga teknik berfikir
kreatif... setiap karyawan memiliki target mengikuti platihan seetiap
tahun.pemilik peusahaan menyakini bahwa karyawan yang potensial adalah aset
perusahaan.
(sumber:
Teropong UN SMK 2014)
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian
paragraf yang rumpang diatas adalah...
A.
Pelatihan bisa diselenggarakan
kapan saja dan dimana saja.
B.
Pelatihan bagi karyawan akan
merugikan pemilik perusahaan.
C.
Karyawan yang potensial
menguntungkan pemilik peusahaan.
D.
Pelatihan bagi karyawan akan
sia-sia jika tidak diterapkan.
E.
Pemilik perusahaan memberi
penghargaan bagi karyawan.
31.Cermati
paragraf berikut.
Musuh kita dikamar tidur bukan hanya nyamuk.Kutu busuk
juga menjadi musuh yang harus diusir dan dicegah agar tidak menggangu
istirahat kita.Kutu busuk pandai menyembunyikan diri.Serangga kecil ini
sering bersembunyi dicelah-celah kasur,sudut-sudut tempat tidur,atau serangga
bersembunyi dibalik seprai .keberadaan kutu busuk juga berbahaya karena bisa
mengundang alergi dari berbagai penyakit...
(sumber:soal UN
2016-2017)
|
Kalimat kesimpulan yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah...
A.
Memang kutu busuk serangga yang
harus dibasmi karena dapat menimbulkan penyakit kulit.
B.
Jadi, masyarakat akan lebih
memilih menggunakan kasur busa sehingga terhindar dari kutu busuk.
C.
Oleh karena itu,membersihkan
tempat tidur harus menjadi agenda rutin demi
keehatan tubuh kita.
D.
Masyarakat perkotaan tidak
mengenal kutu busuk karena lingkungan perkotaan umumnya bersih.
E.
Dinas kesehatan selalu memberikan
peyuluhan kepada warganya agar menjaga kesehatan lingkungan.
32.Cermati
pendapat berikut.
Kalimat Pendapat
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat
dimanfaatkan dalam bidang pendidikan.
Argumen:
1) Ilmu
pengetahuan dari jurnal atau surat kabar yang dimuat di internet dapat
diakses dengan mudah oleh setiap orang diseluruh penjuru dunia,terutama
pelajar.
2) Proses
belajar mengajar,bimbingan,dan konsultasi dapat dilakukan tanpa bertatap muka
langsung,melainkan melakukan komunikasi jarak jauh dengan atau tanpa tatap
muka melalui jaringan internet.
3) Metode
pembelajaran dapat dilakukan dengan lebih kreatif dan menarik.
4) Terjadi
banyak kesalahan teknis yang dapat merugikan siswa,teutama pada sistem sensor
jawaban yang benar.
5) Lebih
banyak siswa yang memilih bermain permainan komputer daripada mencari
informasi dan berita diinternet.
(sumber:Erlangga fokus UN 2017)
|
yang mendukung pendapat tersebut adalah
kalimat bernomor...
A.
(1),(2),dan (3)
B.
(1),(3),dan (4)
C.
(2),(3),dan (4)
D.
(2),(4),dan (5)
E.
(3),(4),dan (5)
33.
Cermati kutipan berikut.
(1)
menteri pariwisata,Arief Yahya,mengatakan ,bahwa pihak yang ingin
mengembangkan desa wisata
diindonesia sebaiknya berkiblat pada Desa Penglipuran.
(2) Pada
tahun 1995,Desa Penglipuran ditetapkan sebagai desa wisata oleh pemerintah
Bali dan hingga sekarang sudah menjadi desa wisata terbaik di Indonesia.
(3) Ditingkat
dunia, Desa Penglipuran sudah disejajarkan dengan desa-desa terbaik,seperti
Desa Giethoorn di Belanda dan Desa Mawlynnong di India.
(4) Predikat
tersebut diperoleh Desa Penglipuran karena sejak zaman dahulu para orang tua
selalu mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan,ketertiban,dan menjaga
keamanan lingkungan bagi anak-anak.
(5)
Budaya tersebut maish tetap terpelihara hingga sekarag dan memberikan banyak
keuntungan bagi masyarakat Desa Penglipuran,serta pemerintah Provinsi Bali.
(sumber:Erlangga
fokus UN 2017)
|
Penggunaan tanda baca yang salah dengan alasan
pebaikan yang tepat adalah...
A.
Tanda koma setelah kata mengatakan
pada kalimat nomor (1) seharusnya dibuang karena tidak memiliki fungsi pemisah.
B.
Tanda koma setelah 1995 pada
kalimat nomor(2) seharusnya dibuang karena tidak memiliki fungsi pemisah.
C.
Tanda koma setelah kata terbaik
pada kalimat nomor (3) seharusnya dibuang karena bukan sebagai pemisah
keterangan.
D.
Tanda koma pada kalimat nomor (4)
seharusnya dibuang karena tidak ada unsur perincin dalam kalimat tersebut.
E.
Tanda koma pada kalimat nomor (5)
seharusnya dibuang karena tidak ada unsur perincian dalam kalimat tersebut.
34.
Cermati ilustrasi berikut.
Tahun depan adikku masuk SMA dan aku melanjutkan
keperguruan tinggi negeri.Butuh biaya yang besar untuk pendidikan kami
sehingga ayah dan ibu kami mulai berhemat dari sekarang.Kmai hanya boleh
membeli hal yang dianggap penting untuk memenuhi kebutuhan dengan
pertimbangan harga.Jika barang tersebut murah,maka kami boleh membelinya.Jika
barang itu mahal,maka kami harus menunda untuk membelinya.Kami harus
benar-benar berhemat.
(sumber:Erlangga fokus UN
2017)
|
Ungkapan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut
adalah...
A.
Kencangkan ikat pinggang
B.
Menutup telinga
C.
Tahu asam garam kehidupan
D.
Berpikir dua kali
E.
Menarik napas panjang
35. Cermati
ilustrasi berikut.
Salman tidak banyak bicara.Kalau tidak ditanya,dia
tidak akan bicara.Akan tetapi,jika menanyakan pelajaran,maka ia akan
memberikan penjelasan secara rinci dengan baik dan santun.Orang tidak pernah
menyangka bahwa Salman adalah orang yang hebat dan pandai.Dibalik
kediamannya,tersimpan banyak kelebihan yang ia miliki.
(sumber:Erlangga fokus UN 2017)
|
Peribahasa yang sesuai dengan perilaku Salman
pada ilustrasi tersebut adalah...
A.
Air jenih ikannya jinak
B.
Air dingin memadamkan api
C.
Air tenang menghanyutkan
D.
Sambil menyelam minum air
E.
Hendak air pancuran terbit
36.Cermati
cerpen berikut.
1) Aku turun dari bus pelan-pelan. (2) Kemudian,
kulanjutkan perjalanan. (3) Sekitar 50 meter dari jalan raya, rumah kecil itu
berdiri kokoh. (4) Jalanan nampak sepi, wajarlah di desa kalau hari sudah
gelap jarang ada orang yang ke luar rumah. (5) Aku mengambil langkah panjang,
namun tidak terlalu cepat dan tidak lambat. (6) Sampai di perempatan rumah, aku
tertegun pada keramaian di rumah bercat biru. (7) Langkah kaki semakin
kupercepat. (8) Ada apa? Kenapa?
Banyak pertanyaan yang muncul di pikiranku. (9) Astaga! Bendera kuning? Apa
ini? Siapa? Di mana Ayah? Di mana Bunda? Aku belum melihat keduanya.
Dari kejauhan terdengar isak tangis, juga suara yang
memanggilku. Suasana menjadi pecah. Beberapa orang menghampiriku. Perempuan
yang tidak asing bagiku. Ya, mereka adalah bukdeku, kakak dari ibuku.
Mengajakku untuk sejenak dan memberiku segelas air minum. Lalu menceritakan
hal apa yang telah terjadi. Ternyata 2 panggilan tak terjawab tadi adalah
panggilan untuk memberiku kabar bahwa bunda sedang dibawa ke rumah sakit
terdekat. Bunda cedera karena terjatuh di kamar mandi dan sekarang masih di
perjalanan dari rumah sakit menuju rumah. Ya Allah, kenapa seperti ini? Aku
pulang untuk bertemu bunda, bukan untuk melihat jasadnya saja. Aku masih
belum bisa mempercayainya.
Cerpen: Secuil Rindu dan Doa untuk Bunda, Karya Lyra
Azzla
(Sumber:TO UN
DKI JAKARTA PAKET B 2016-2017)
|
Latar suasana hati yang gundah dalam kutipan
cerpen tersebut adalah ….
A.
(4) dan (5)
B.
(4) dan (6)
C.
(5)dan (6)
D.
(5) dan (7)
E.
(8)dan (9)
37.Cermati
kutipan cerpen berikut.
Teman-teman Fajar tiba-tiba bersorak
gembira.Namun,tidak jauh dari mereka terlihat Daffa yang terlihat lemas
karena layang-layanganya putus.Padahal,Daffa sudah menggunakan berbagai
strategi untuk memenangkan permainan layang-layanganya melawan Fajar ,tetapi
kali ini ia tidak berhasil.Tidak lama senja pun tiba.Ketika terdengar suara
azan,anak-anak membubarkan diri untuk pergi ke masjid ,berita kemenangan
Fajar atas Daffa semakin menambah keyakinan anak-anak desa itu baha
layang-layang milik Fajar memang sakti.
(sumber:soal
UN 2016-2017)
|
Konflik pada kutipan tersebut adalah...
A.
Fajar kaget mendngar
teman-temannya bersorak gembira.
B.
Daffa tidak berhasil mengalahkan
Fajar dalam permainan layang-layang.
C.
Daffa menggunakan strategi untuk
mengalahkan Fajar.
D.
Anak-anak membubarkan diri karena
mendengar azan.
E.
Anak-anak semakin yakin dengan
kesaktian layang-layang Fajar.
38.Cermati
kutipan berikut.
Mendengar nada suaranya ,Wibisono tampak serius.Aku
tidak maudi menggapku tidak perhatian,paling tidak aku menampakkan batang
hidungku disana.Kolagennya juga pasti ingin mengetahui siapa isti
Wibisono,formalitas seperti iu merupakan peraturan tidak tertulis yang harus
dijalankan .Sebenarnya aku bisa saja mengelak dengan berbagai macam dalih
,namun aku tidak ingin melakukanya.
(sumber:soal UN 2016-2017)
|
Pendeskripsian watak tokoh aku yang
bertanggung jawab diungkapkan melalui...
A.
Dialog antarokoh
B.
Lingkungan tokoh
C.
Pikiran tokoh
D.
Tanggapan tokoh
E.
Fisik tokoh.
39.Cermati
penggalan naskah drama berikut.
Sampek : pergilah sendiri,lelaki tidak pantas pergi
ketaan bunga,
Engtay : kenapa
tidak? Kita hanya duduk-duduk selagi masih muda dan masih banyak kesempatan
untuk bersuka-suka.Masa muda Cuma datang satu kali,kalau tidak dinikmati
tidak akan ada kesempatan lagi.Sebab begitu tua yang ada hanya
persoalan-persoalan.
Sampek : aku hendak belajar.Justru lantaran masa muda
datang sekali ,kita harus mengisinya dengan baik dan hati-hati belajar begitu
kita lengah dan gmar sedikit saja bersuka-sukaan ,maka sesudahnya kita akan
kecanduan.
(sumber:Teropong UN SMK
2014)
|
Amanat penggalan naskah drama tersebut
adalah...
A.
Untuk menghilangkan kepenatan
setelah belajar sebaiknya sekali-kali kita perlu rekreasi
B.
Jangan menyia-nyiakan waktu untuk
hal-hal yang tidak perlu
C.
Manfaatkan masa muda dengan
hal-hal yang baik agar tidak menyesal
D.
Masa tua akan datang karna itu
hadapilah dengan senang hati
E.
Masa tua harus dihadapi dengan
keoptimisan
40.Cermati
kutipan berikut.
Meskipun mereka sudah berteman hampir tiga belas
tahun,dengan masalah yang tak sama jauh-jauh ari penampilan fisik-perangai Jo
dan Vin tumbuh berbeda sekali. Vin tumbuh dengan pemahaman baik.Sejak SMA ia
tidak terlalu peduli dengan pndapat orang lain.Sepanjang ia bahagia,maka mau
ia jelek,mau cantik orang lain menilai ,ia selalu merasa cantik.
Berbeda dengan
Jo yang menolak paham kalau pun ia sebenarnya paham untuk menerimanya.Jo
terus berkutat dengan tubuh tambunnya.Pernah saking inginnya bertubuh
kurus,Jo memaksakan diri melakukan diet tanpa terkendali.Fantastis
memang,berat tubuhnya turun separuh.Membuat pangling,tapi itu hanya bertahan
beberapa minggu ,sebelum berakhir terbaring diranjang rumah sakit.Saat ia
kembali sehat,tubuhnya kembali besar tanpa terkendali.
(sumber;soal
UN 2016-2017)
|
Ringkasan kutipan tersebut adalah...
A.
Vin dan Jo bersahabat cukup lama,
tetapi mereka memiliki pandangan yang berbeda tentang penampilan fisik.
B.
Vin dan Jo hampir berusia hampir
tiga puluh tahun,selalu memperhatikan pnampilan fisik.
C.
Vin gadis yang selalu tampil
sederhana sedang Jo selalu berusaha memperbaiki penampilannya.
D.
Vin tidak peduli dengan pendapat
orang tentang penampilannya yang penting bahagia.
E.
Jo selalu ingin tampil menarik
dengan melakukan diet agar tubuhnya menjadi kurus.
41.Cermati
paragraf berikut.
Teman-tamanya senang mengolok-olok
Joko.Menatang-mentang ia hanya anak pesuruh sekolah yang rumahnya di gang
sempit.Sudah sepuluh tahun ibunya berkerja sebagi pembantu disekolah ini
untuk membantu ibunya Joko harus membersihkan kelas setiap pagi satu jam
sebelum pintu-pintu gerbang sekolah dibuka.
(sumber; soal UN 2016-2017)
|
Hal yang dapat ditemukan dalam kehidupan saat
ini adalah...
A.
Durhaka kepada orang tua karena
tidak mampu
B.
Menyayangi orang tua walaupun
tidak mampu
C.
Berkerja untuk melanjutkan sekolah
D.
Berkerja untuk membantu adik-adik
sekolah
E.
Menghina teman karena pekerjaan
orang tuanya
42.Cermati
paragraf berikut.
Pengemis itu datang seperti persaktian yang menyibak
kabut pagi.Ketika itu aku sedang menyabik rumput dekat pagar rumah belakang
rumah.Matanya merah,wajahnya meringis.Dari kerongkonganya keluar sepri suara
ternak sedang disembelih .Ia hendak mengadukan sesuatu,mengeluhkan sesuatu
tetapi aku tak menangkap apa maksudnya.Aku hanya berfikir ia hanya
berpura-pura saja untuk mengorek iba dari hati sanubariku.Aku merasa sangat
marah saat itu karena mrasa sedang dipermainkan.
(sumber: soal UAS SMAN TAMAN MADYA 1)
|
Suasana dalam kutipan cerpen tersebut
adalah...
A.
Takut
B.
Iba
C.
Marah
D.
Sedih
E.
Bingung
43.
Cermati kalimat berikut.
Teman-teman dan orang-orang yang hadir disekita tempat
kerja Dodi bisa memaklumi hal itu karena Dodi menderita keterbelakangan
mntal.
(sumber:Teropong UN SMK 2014)
|
Makna kata keterbelakangan pada kalimat diatas
yang tepat adalah...
A.
Tidak menghiraukan
B.
Tidak berani tampil
C.
Kelambatan perkembangan
D.
Kelambatan dalam berkomunikasi
E.
Kelambatan dalam beraktivitas
44.Cermati
kutipan berikut.
“Apa kau bilang?jodoh? saya tidak rela kau berjodoh
dengan Azrial .Akan saya carikan kau jodoh yang lebih bermartabat!”
“apa dia salah kalau ayahnya hanya seorang juru masak?”
“jatuh martabat keluarga kita bila lelaki itu menjadi
suamimu.Paham kau?”
“derajat keluarga Azrial memang seumpama lurah tak
berbatu,seprti sawah tak berpemantang ,tak ada yang bisa diandalkan.”
Maka engan berat hati Azrial melupaan Renggogeni .Ia
hengkang dari kampung,pergi membawa luka hati
(sumber:
soal UN 2016-2017)
|
Nilai budaya yang terdapat pada kutipan
tersebut adalah...
A.
Orang tua mencarian jodoh untuk
pasangan anaknya yang sesuai.
B.
Seseorang kekasih meninggalkan
pasangnya karena miskin.
C.
Keturunan harus dipertimbangkan
unuk mencari pasangan agar sepadan.
D.
Laki-laki harus berhasil dalam
hidupnya sebelum mencari pasangan.
E.
Orang tua berha menolak jodoh yang
dipilih anaknya
45.Cermati
kutipan berikut.
(1)Mendengar nada suaranya ,Wibisono tampak
serius.(2)Aku tidak mau dia menggapku tidak perhatian,(3)paling tidak aku
menampakkan batang hidungku disana.(4)Kolagennya juga pasti ingin mengetahui
siapa istri Wibisono,(5)formalitas seperti iu merupakan peraturan tidak
tertulis yang harus dijalankan .(6)Sebenarnya aku bisa saja mengelak dengan
berbagai macam dalih ,(7)namun aku tidak ingin melakukanya.
(sumber:soal UN 2016-2017)
|
majas dalam kutipan tersebut terdapat pada
nomor...
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
E.
6
46.Cermati
pantun berikut.
...
...
Rajin-rajinlah beribadah
Beribadah tentramkan hati
(sumber:soal UAS SMK TAMAN
MADYA 1)
|
Larik sampiran yang tepat adalah...
A.
Ilalang kayu keringlah sudah,tak
lama lagi akan mati
B.
Elok rupanya kumbang jati, dibawa
itik pulang petang
C.
Sepatu sandal hilang sebelah,
sudah dicari tidak ketemu
D.
Karena kuda ada kursinya,
penumpang banyak sekali
E.
Burung damar terbang kemari, jatuh
kenikuk masuk kelaut
47.Cermati
gurindam berikut.
Marilah kita tekun menabung
Agar hidup kita tersambung
(sumber:soal
UN 2016-2017)
|
Amanat isi gurindam tersebut adalah...
A.
Jika uang tidak ditabung,pinjamkan
kepada orang lain yang mmbutuhkan.
B.
Rajinlah menabung agar uang tidak
terus-menerus digunakan untuk belanja.
C.
Bila kita rajin menabung,uang
tersebut dapat digunakan untuk membantu orang lain.
D.
Bila kita rajin menabung,kita
dapat terus menyambung tali silahturahmi dengan keluarga lainnya.
E.
Rajinlah menabung agar kebutuhan
hidup dimasa datang dapat terpenuhi.
48.Cermati
kutipan cerpen berikut.
Angin pergantian musim semakin kencang berhembus
,mengantar hawa dingin yang menembus ketebalan jaket yang kukenakan.aku
merasakan suasana malam ini tidak biasanya.aku merasa ada yang aneh.bulu
kudukku berdiri,seesekali lolongan anjing di kejauhan menambah suasana malam
semakin mencekam .Kuletakkan Al-Quran kecil dipangkuanku ketempatnya .Aku
bangkit menuju kamar disamping surau.Langkahku tiba-tiba terhenti.Sekelebatan
aku melihat bayangan hitam dibawah pohon nangka di samping rumah.Aku menajamkan
penglihatan.
(Santet,Ida Royani,S.Pd)
(sumber:soal UN 2016-2017)
|
Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan
buku adalah...
A.
Cerpen tersebut menarik karena
menggambarkan suasana malam yang menakutkan dan diperkuat dengan lolongan
anjing.
B.
Bahasanya mudah dipahami,tetapi
sayang pesan yang ingin disampaikan pngarang kurang tergambar begitu jelas.
C.
Pengarang berhasilmenghadirkan
latar suasana pada malam hari yang menakutkan melalui dialog dan perilaku
tokoh.
D.
Pengarang menggunakan kata-kata
yang biasa dijumpai sehari-hari sehingga dapat menghidupkan suasana.
E.
Latar suasana dan latar waktu
saling mendukung untuk menghadirkan cerita yang lebih menarik
49.Cermati
paragraf berikut.
Pendidikan budi pekerti perempuan semata-mata ditujukan untuk keperluan laki-laki segala
sifat lemah itu dijadikan sifat perempuan yang termulia.Perempuan mesti
sabar,perempuan mesti lemah lembut ,perempuan mesti pendiam,berjalan tidak
boleh lebar-lebar,berbicara dan tertawa tidak boleh keras.Dalam segala hal ia
halus.
(sumber:soal UN 2015/2016)
|
Kalimat yang beupa kritik yang sesuai dengan
kutipan novel tersebut...
A.
STA seharusnya mmebrikan gambaran
tokoh yang jelas sehingga mudah dipahami.
B.
Adanya penyajian yang melemahkan
derajat kaum wanita,yaitu harus tunduk kepada kaum pria.
C.
Nilai-nilai yang terkandung dalam
kutipan novel tersebut biasa saja dan sudah sangat umum.
D.
Novel tersebut mengandung nilai
pendidikan,kepibadian,tanggung jawab,dan religius.
E.
Alur ceritanya tidak jelas dan
gaya bercerita yang berlebihan terasa membosankan kepada pembaca.
50.Cermati
puisi berikut.
Jangan di Sini Kita Berhenti
Kenapa di sini kita berhenti
Jalan masih panjang untuk kit lewati
Jangan takut pada rintangan yang menghalangi
Lewatilah, hiraukanlah teriakkan yang menghujam hati
Toh,nanti mereka juga bakal mengerti
Ini jurang bakal kita lewati
Dan lihat,diseberang sana mentari telah menanti
Jangan di ini kita berhenti
Jalan masih panjang untuk kita lalui
(sumber: soal UN 2016-2017)
|
Kalimat tanggapan (esai) yang sesuai dengan
isi puisi tersebut adalah...
A.
Isi puisi tersebut mengisahkan
sesorang yang kecewa terhadap keinginannya yang tak pernah berujung datang.
B.
Pengarang ingin menyampaikan bahwa
setip orang mempunyai jalan hidup masing-masing,dan jangan iri terhadap orang
lain.
C.
Puisi tersebut menjelaskan bahwa
kita hendaknya dapat meraih cita-cita dengan menuntut ilmu sepanjang hajat.
D.
Puisi tersbut terasa mengajak kita
agar tidak menyerah dalam menghadapi rintangan hidup demi mencapai masa depan
yang cerah.
E.
Penulis puisi tersebut
mengungkapkan pengalaman dalam kehidupannya tentang cobaan yang dilalui
seseorang.
Comments
Post a Comment