Skip to main content

16. Gina Rafanda Salim Perbaikan Latihan & Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41

SOAL LAMA
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal no 1 dan 2.
Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasis teks,baik lisan maupun tulis,dengan menempatkan bahasa indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis,kaidah,dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampainna terapai untuk menggugah perasaan ataukah untukmemberikan pemahaman.
1.Ide pokok paragraf tersebut adalah...
A.      Pembelajaran pada kurikulum baru,yaitu kurikulum 2013
B.      Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah
C.      Pembelajaran yang sangat dianjurkan pada kurikulum 2013
D.      Penyajian perasaan dan pemikian dalam berbagai macam jenis teks
E.       Penyajian perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai

2. Tujuan penulis menyajikan teks tersebut adalah...
       A.  menghimbau agar pendidikan mengubah cara pembelajaran Bahasa Indonesia
       B. mengingatkan pendidik supaya pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks
       C. menjelaskan pembelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang Pendidikan Menengah
       D. mendeskripsikan pembelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang Pendidikan Menengh
       E. Membandingkan cara pembelajaran dengan berbasis teks dengan yang tidak
Cermati paragraf berikut.
(1)Pada kurikulum 2013 yang menenkankan pentingnya keseimbangan kompetensi sikap,pegetahuan,dan keterampilan. (2) kemampuan berbahasa yang dituntut tersebut dibentuk melalui pembelajaran berkelanjutan. (3) pembelajaran dimulai dengan meningkatkan pengetahan tentang jenis,kaidah,konteks suatu teks. (4) setelah itu, dilanjutkan dengan keterampilan menyajikan suatu teks tulis dan lisan, baik terencana maupun spontan yang bermuara pada pembentukan sikap kesantunan dan kejelian berbahasa .(5)sikap penghargaan erhadap Bahasa Indonesia sebagai warisan budaya bangsa pun sangat diutamakan sehingga peserta didik mencintai, menghargai , dan peduli dalam memelihara bahasa indonesia, baik lisan maupun tulis.

3. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor...
A.      (1)
B.      (2)
C.      (3)
D.      (4)
E.       (5)
Cemati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 4-5
(1)Usaha minimal yang harus dilakuka pserta didik unuk mncaapai kompetensi materi pmembelajaran yang diharapkan haruslah diupayakan oleh pendidik dan peserta idik dalam pembelajaran.(2)untuk mencapai itu semua,pendidik harus meniapkn pembelajaran dengan pendekatan dan model pembeljaran yang sesuai dengan kompetensi yang dibahas.(3)disamping itu ,peserta didik secara merata harus dilibatkan dalam pembelajaran dan diajak berani untuk mencoba dan menemukan sendiri untuk mencapai kompetensi pembelajaran tersebut.(4)peserta didik pun harus mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas disekitarnya sebanyak-banyaknya.(5)pendidik dapat memperkaya kreasi pembelajaran dalmbenuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan dengan daya serappeserta didik,lingkungan sosial,dan alam.
4. Yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah kalimat nomor...
A.      (1)
B.      (2)
C.      (3)
D.      (4)
E.       (5)
5. Makna istilah kompetensi dalam paragraf tersebut adalah..
A.      Keinginan mencoba
B.      Keseungguhan menggali
C.      Kecepatan menangkap
D.      Kekuatan menyelesaikan
E.       Kemampuan menguasai
Cermati kutipan tajuk rencana berikut untuk menjawab soal nomor 6-7
(1)menurunnya debit air dalam hitungan bulan,tampaknya akan menjadi pembenaran akan prediksi ahli tentang krisis air terjadi di Palembang.(2)dipekirkan banyak penyebab menurunya debit air ini,seperti yang dituduhkan orang penyebabnya adalah penebangan liar yang tidak terkendali lagi.(3)dipersalahkan pula pembakaran hutan yang menyebabkan menurunya debit ait.(4)pihak PDAM setempat melakukan pengukuran terhadap debit-debit air yang ada untuk memprediksi seberapa lama kekeringan akan terjadi.(5)beberapa daerah juga mengalami penurunan yang sama setelah dilakukan pengukuran debit air(6)jika tidak ada upaya pemda setempat untuk menanggulangi hal ini, dipreiksi lahan gundul akan terus meningkat.(7)akibatnya, kekeringan akan terus melana hal ini.(8)reboisasi dirasakan perlu untuk menanggulangi maslah sekaligus menjadi solusi jangka panjang bagi kekeringan yang akan terjadi pada suatu daerah yang akan membuat masyarakat menderita.
6. Yang berupa fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor...
A.      (1) dan (3)
B.      (2) dan (4)
C.      (4) dan (5)
D.      (6) dan (7)
E.       (7 dan (8)

7. Opini penulis yang sesuai dengan isi tajuk rencana tersebut adalah...
A.      Penurunan debit air dalam hiungan bulan sudah menjadi pembenaran akan preiksi ahli dipalembang
B.      Pencegahan penggundulan hutan dan reboisasi harus dilakukan agar kekeringan yang  tidak terjadi lagi
C.      Perkiraan banyak penyebab menurunya debit air oleh penebangan liar yang menari untung
D.      Pengukuran terhadap debit-debit air yang ada untuk memprediksi seberapa lama kekeringan akan terjadi
E.       Penanggulangan kekeringan terhadap hal ini untuk mencegah mngundulan lahan akan teratasi segera.
 8.Pihak yang dituju dalam opini penulis pada tajuk rencana tersbut adalah...
A.      Pemda setempat
B.      Pemerintah pusat
C.      Penebang liar
D.      Pembakar hutan
E.       Masyarakat setempat
   9. Keberpihakan peulis (editorial) pada kutipan tersebut adalah kepada...
A.      Pemda setempat
B.      Pemerintah pusat
C.      Penebang liar
D.      Pembakar hutan
E.       Masyarakat setempat
10.Cermati kedua kutipan teks berikut.
Teks 1
Teks 2
Buku ini dipersiapkan untuk mendukung kebijakan kurikulum yang sedang berlaku. Buku ini juga tidak hanya mempertahankan bahasa indonesia berada dalam daftar pelajaran disekolah,tetapi juga menegaskan pentingnya keberadan bahasa indonesia sebagai penghela dan pembawa berbagai ilmu pngetahuan. Dengan paradima baru tersebut, badan bahasa terpanggil untuk bertindak menjadi agen perubahan pembelajaran bahas indonsia di sekolah. Perubahan pembelajaran itu trcermin dalam buku yang dirancang, yaitu berbasis teks ini,sesuai tuntuan kurikulum.
Sebagai edisi pertama, kami penulis buku ini sangat terbuka untuk menerima kritik dan saran dari berbagai pihak, kami akan terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, kami mengundang para pembaa memberikan kritik .saran,dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan buku ini dan untuk edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi status tahun indonesia merdeka(2045). Untuk itu kami mngucapkan terima kasih.

Perbedaan isi yang terdapat pada kedua kutipan tersebut adalah...
 Teks 1
Teks 2
A.Penjelasan isi penting sebuah buku
Manfaat isi buku bagi pembaca
B.buku yang sangat sesuai dengan kurikulum
Pihak penulis yang bertanggung jawab
C.pemapaan pentingnya bahasa indonesia
Pentingnya kritik dan saran bagi penulis
D.tujuan penyajian atau diterbitkan buku
Harapan penulis kepada pembaca terhadap buku
E.peubahan yang terjadi pada kurikulum
Kemajuan pendidikan mas mendatang

11. Cermati kutipan biografi berikut.
Kata Andrea diambil dari nama seorang wanita yang nekat bunuh diri bila penyanyi pujaanya,yakni Elvis Presley tidak membalas suratnya,sedangkan Hirata sendiri diambil dari nama kampung dan bukan nama orang jepang seperti tanggapan orang sebelumnya. Sejak remaja itulah,pria asli belitong ini mulai menyandang nama Andrea Hirata. Andrea tumbuh seperti halnya anak-anak kampung lainny. Dengan segala keterbataan, Andrea tetap mnjadi anak periang yang sesekali berubah menajdi pemikir saat menimba ilmu saat disekolah. Selain itu, ia juga kerap impian dan mimpi-mimpi dimasa depannya. Seperti yang diceritakannya dalam novel Laskar Pelangi ,Andrea kecil bersekolah disebuah sekolah yang kondisi bangunannya sangat mengenaskan dan hampir rubuh. Sekolah yang bernama SD Muhmmadiyah tersebut diakui Andrea cukuplah mmprihatinkan namun karena ketiadaan biayaia terpaksa bersekolah disekolah yang bentuknya lebih mirip kandanga hewan ternak. Kendati harus menimba ilmu dibangunan yang tidak nyaman ,Andrea tetap memiliki motivas yang cukup besar untuk belajar. Disekolah itu pulalah ,ia bertemu dengan sahabat-sahabatnya yang disebut Laskar Pelangi.
Keteladanan yang terdapat pada diri Andrea sesuai isi kutipan biografi tersebut adalah...
A.      Mengambil nama untuk diri sendiri dengan nama yang memiliki nilai sejarah untuk dieknang
B.      Andrea tetap memiliki motivasi belajar walau bersekolah ditempat yang memprihatinkan
C.      Andrea seorang periang,rajin belajar,dan terkenal sebagai seorang pemikir saat menimba ilmu
D.      Sangat mencintai kampung halamannya dan juga sahabat-sahabatnya yang disebut Lakar Pelangi
E.       Dia tidak merasa terpaksa bersekolah disekolah yang bentuknya mirip sebagai kanang ternak.

Cermati kutipan dialog berikut untuk menajwab soal nomor 12 dan 13.
(1)    Hani :”Bagaimana,jadi kamu menjual sepeda olahraga lamamu itu,syakira?”
(2)    Syakira:”jadi,kalau harganya cocok untuk membeli sepeda baru,Han”
(3)    Hani :”berapa harga jualny,? Syaa yang bel kalau harganya Rp200.000.00 ya”
(4)    Syakira :”saya tidak tahu,saya tanya kakak saya dulu ya”
(5)    Hani :”ya,tanyakan sama kakakmu segra. Rp200.00.00 saja ya”
(6)    Syaira :” mudah-mudahan,harganya tidak lebih dari uang yang aku punya, ya syakira,hanya Rp200.000.00”

12. hal yang diprioritaskan dalam dialog/negoisasi tersebut adalah...
A.      Kepastian harga sepeda
B.      Keiginan membeli sepeda
C.      Kepastian menjual sepeda
D.      Keraguan menjual sepeda
E.       Kekhawatiran harga sepeda
13. kalimat imperatif diantar kalimat yang tersaji pada dialog tersebut adalah nomor...
A.      (1)
B.      (3)
C.      (4)
D.      (5)
E.       (6)
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 14-16.
(1)teks dapat diperinci menjadi berbaagai jenis teks,yaitu deskripsi,penceritaan (recount),prosedu,laporan,eksplansi,ekposisi,diskusi,surat,iklan,catatan harian,negoisasi,pantun,dongeng,anekdot,fakta sejarah.(2) semua itu daapat dikelompokan kedalam teks cerita,teks faktual,dan teks tanggapan.(3) dua kelompok yang disebut terakhir itu merupakan teks nonsastra yang masing-masing dapat dibagi menjadi teks laporan dan teks prosedural,transaksional,dan teks ekspositorial.sementara itu,teks cerita merupakan jenis teks sastra yang dapat diperinci menjadi teks cerita naratif dn teks cerita non naratif.
14. maksud kata acuan itu yang bercetak miring pda kalimat ke-2 paragraf tersebut adalah...
A.      Teks dapat
B.      Dapat diperinci
C.      Menjadi berbagai
D.      Diperinci menjadi
E.       Jenis teks
15. inti kalimat pertama pada paragraf tersebut...
A.      Teks diperinci menjadi berbagai teks
B.      Jenis teks setelah dilakukan perinciannya
C.      Perincian teks dalam berbagai jenis teks
D.      Beragam teks yang dapat diperinci
E.       Diketahui jenis perincian teks
16. kesalahan penggunaan kata pada pragraf tesebut adalah...
A.      Diperinci pada kalimat (1) seharusnya diperinci
B.      Faktual pada kalimat(2) seharusnya factual
C.      Nonsastra pada kalimat (3) seharusnya tak sastra
D.      Ekspositorial pada kalimat (4) seharusnya ekspositori
E.       Nonnaratif pada kalimat (5) seharusnya tidak narasi
17. Cermati penggunaan tanda baca pada kalimat berikut.
Perbaikan penggunaan tanda koma pada kalimat tersebut adalah...
A.      Ketika, memperkenalkan diri kepada orang lain seseorang, menggunakan teks deskripsi.
B.      Ketika memperkenalkan, diri kepada orang lain,seseorang menggunakan teks deskripsi.
C.      Ketika memperkenalkan diri kepada orang lain,seseorang menggunakan teks deskripsi.
D.      Ketika, memperkenalkan diri kepada orang lain seseorang, menggunakan teks deskripsi.
E.       Ketika, memperkenalkan diri kepada orang lain seseorang menggunakan teks deskripsi.
18. Cermati penggunaan tanda baca pada deretan kalimat berikut.
(1)    Buku,majalah,dan jurnal termasuk sumber kepustakaan.
(2)    Saya ingin membeli kamera, tetapi uang saya belum cukup.
(3)    Jadi wajar,kalau dia menjadi bintang pelajar.
(4)    Meskupun demikian anak-anaknya,berhasil menjadi sarjana.
(5)    Agar memiliki wawasan yang luas kita,harus banyak membaca buku.
(6)    Jadi wajar kalau dia,menjadi bintang.
Penggunaan tanda baca yang tepat terdapat pada kalimat nomor...
A.      (1) dan (2)
B.      (2) dan (3)
C.      (3) dan (4)
D.      (4) dan (5)
E.       (5) dan (6)
19. Cermati paragraf berikut.
Fungsi bahasa sebagai ekspresif berkenaan dengan penggunaan bahasa untuk menampilkan hal-hal yang terkait dengan diri pembicara atau penulis,seperti perasaan,...,pilihan,prasangka,dan pengalamanya. Fungsi deskriptif berkaita dengan penggunaan bahasa untuk menyampaikan informasi faktual
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut ialah...
A.      Fikiran
B.      Kepikiran
C.      Terfikirkan
D.      Pikiran
E.       Pemikiran
20. Cermati penggunaan kata serapan pada kalimat berikut
Fungsi tekstual adalah fungsi bahasa yang berkait dengan cara penciptaan teks,baik lisan maupun tulis yang runtut dn yang sesuai dengan konteks. Fungsi ekspresif berhimpitan dengan fungsi tekstual dapat digunakan dalam hal mengungkapkan diri pembaca atau penulis, baik melalui media tulis maupun lisan. Fungsi sosial juga disebut fungsi impersional (hubungan antar sesama)
Perbaikan kata serapan tersebut yag tepat adalah...
A.      Impersonalia
B.      Impersonalitas
C.      Interpersonalis
D.      Impersonal
E.       Interpersonal
21. Cermati penulisan judul buku berikut.
Saya membaca buku teknik membaca puisi diatas pentas sebelum mengikuti lomba baca puisi dalam peringatan Bulan Bahasa.
Perbaikan penulisan judul buku tersebut adalah...
A.      Teknik membaca puisi di atas pentas
B.      Teknik membaca Puisi di atas pentas
C.       Teknik Membaca Puisi di atas pentas
D.      Tekik Membaca Puisi di Atas Pentas
E.       Teknik Membaca Puisi Di Atas Pentas
22. Cermati paragraf berikut.
Mereka ini melakukan perjuangan yang panjang sehingga mereka menemukan solusi yan tepat menjadi orang yang sukses dalam bidangnya ,yaitu kewirausahaan. Sebagai orang yang pandai atau berbakat mengenali ... baru hingga memahami pemasarannya. Wirausahaan ini kerap meraih kesuksesan dalam hidup. Kesuksesan ini terlihat pada Irwan Hidayat , Chairul Tanjung, Elang Gumilang, dan Dian Pelangi. Mereka adalah sosok orang sukse dibiang usahanya masing-masing.
Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tesebut...
A.      Produk
B.      Produsen
C.      Produktivitas
D.      Produkif
E.       Produksitas
23. Cermati paragraf berikut.
Selanjutnya ,kalian tentu menganal salah seoang perancang fenomenal didunia busana muslim tanah air, Dian pelangi,perempuan multitalenta kelahiran palembang tahun 1991 itu dalam usia belia mampu menembuskan produk busana muslimnya ke mancanegara . kemampuannya untuk membuat busana muslim yang tidak biasa dengan citra dan gaya tersendii menempatkan Dian Pelangi seorang perancang yang patut dipehitungkan . hasil rancanganya ... dan berkualitas usahanya berkembang pesat hany dalam tempo hitungan tahun
Frasa yang sesuai untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
A.      Murah sekali
B.      Sangat banyak
C.      Sangat bagus
D.      Sangat sederhana
E.       Amat indah
24.Cermati paragraf berikut.
Banjir bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan waktu yang lama pada daerah aliran sungai. Banjir terjadi ... keadaan alam atau tindakan manusia. Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi , curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai,kapasitas sugi,drainase lahan, dan pengaruh air pasang. Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata guna lahan, pembuangan samph ,dan kawasan padat penduduk disepanjang sungai.
Konjungsi sebab akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut...
A.      Sehingga
B.      Karena
C.      Jika
D.      Agar
E.       Ketika
25.Cermati penggunaan konjungsi dalam paragraf berikut
Hujan yang jatuh ketanah airnya kan menjadi aliran permukaan di atas tanah dan sebagian meresap kedalam tanh . hal ini sangat  bergantung pada kondisi tananh. Hutan yang bisa menahan aliran permukaan cukup besar diganti menjadi pemukiman dengan resistensi aliran pemukaan kecil sehingga suatu kawasan hutan diubah menjadi permukiman. Akibatnya, ada aliran permukaan tanah menuju sungai dan hal ini berakibat adanya peningkatan debit aliran sungai yang besar.
Perbaikan kata konjungsi yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah...
A.      Bahwa
B.      Bahkan
C.      Laksana
D.      Walau
E.       Ketika
26.Cermati paragraf berikut
Pagi itu kami menempuh perjalanan selama dua jam menuju lokasi wisata pantai. Kami menikmati keindahan panorama alam panti sambil... menyisir pantai. Terlihat ... asing lagi berjemur diri dengan sinar matahari pagi. Tampak pula anak-anak ... sambil bersemburan air. Sungguh sangat mendamaikan terasa lingkungan pantai.
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
A.      Berjalan-jalan,wisatawan-wisatawan,berkejar-kejaran
B.      Berjalan-berjalan,wisatawan-wisatawan,berkejar-kejaran
C.      Berjalan-jalan,wisata-wisatawaan,kejar-kejarkan
D.      Jalan-jalan,wisatawan-wisatawan,terkejar-kejarkan
E.       Jalan-jalani,wisatawan-wisatawan,berkejar-kejaran
27.Cermati paragraf berikut.
Perubahan tata guna lahan merupakan penyebab utama banjir dibandingkan dengan yang lainnya.apaila suatu hutan yang berada dalam suatu aliran sungai ... menjadi tempat tinggal penduduk,debit puncak sungai akan menigkat antara 6 sampai 20 kali . angka 6 dang angka 20 ini bergantung pada jenis hutan dan jenis...demikian pula untuk...yang lainnya akan terjadi peningkatan debit puncak yang signifikan.
Kata berimbuan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
A.      Dirubah,bemukim,perubahan
B.      Diubah,permukiman,perubahan
C.      Diubah,permukiman,pengubahan
D.      Berubah,permukiman,perubahan
E.       Berubah,bermukim,berubah
28.Cermati deretan kalimat berikut.
(1)    Masukkan tanah kewadah sebagai alas dan siram dengan air
(2)    Pilah-pilih sampah dan pisahkan antara sampah plastik dan sampah daun-daun tanaman organik
(3)    Sediakan wadah yang layak( ember,tong ,atau wadah ) yang dirasa cukup layak. Usahakan tempat yang anda sediakan mempunyai tutup sehingga nantinya bisa terhindar dari binatang lalat,tikus atau mungkin terkontaminasi air hujan
(4)    Letakkan wadah tadi ditempat yang tidak tekena sinar matahari langsung dan biarkan wadah tersebut selama kurang lebih tiga minggu
(5)    Tutup lapisan daun,sampah rumah tangga tadi dengan tanah lagi dan siram kembali dengan air,llu tutup wadah sampah tadi menggunakan tutup yang sudah disediakan.fungsi penutup ini untuk menghindarkan calon kompos tadi air hujan dan lalat
(6)    Masukkan sampah daun-daun dan sampah limbah rumah tangga kedalam wadah diatas lapisan tanah tadi,ratakan sampai kira-kira ketebalannya sama dengan ketebalan tanah yng tadi dimasukkan
Urutan kalimat tersebut yang benar sehingga menjadi sebuah paragaf prosedur adalah...
A.      (1),(3),(6),(2),(5),dan(4)
B.      (2),(3),(1),(5),(6),dan(4)
C.      (3),(1),(2),(6),(5),dan(4)
D.      (4),(3),(6),(2),(1),dan(5)
E.       (5),(1),(4),(3),(2),dan(6)
29. Cermati paragraf deskripsi tersebut.
Pagi ini udara dingin sekali.cuaca cerah . tampak langit tidak berawan. Karena masih pagi,hanya tampak beberapa orang sedang berjalan santai dan berlari-lari kecil berolahraga dengan berpakaian olahraga. Kendaraan bermotor juga sangat jarang yang lewat.
 Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
A.      Sangat tenang sepanjang hari itu terasa.
B.      Masih sejuk dengan semilir angin berhembus.
C.      Seakan masih malam karena heningnya keadaan
D.      Sangat lengang pagi itu karena tanpa aktivitas
E.       Jadi,pagi yang cerah itu terasa lengang
30.Cermati paragraf narasi berikut.
Gibran kembali ke Boston pada 1902 karena mendapat kabar bahwa ibunya sakit keras. Ibu yang sangat mempengaruhi Gibran akhirnya meninggal pada junia 1903 seetelah didahului oleh adiknya Sultana (4 april 1902) dan kakaknya Boutros (12 maret 1903) . kematian orang-orang yang sangat disayanginya ini sangat membekas dihati Gibran...
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi tersebut adalah...
A.      Itulah kebiasaan yang dilakukan oleh para penulis bila sedang berkarya.
B.      Tidak menduga sedikit pun dia akan mengalami peristiwa yang sedih ini.
C.      Dia sangat menyayangi orang yang berada disekitarnya dan keluarganya.
D.      Kesan ini sangat jelas terekspresikan dalam karya-karya yang ditulisnya
E.       Dia merasa sedih ditinggal pergi selamanya oleh orang yang disayanginya.
31.Cermati paragraf berikut.
Bakat kesusatraan dan melukis Gibran mulai menonjol sejakia bersekolah di Boston (1895 – 1897). Pada 1896 – 1901 Gibran kembali ke Lebanon dan bersekolah di Madrasah AL-Hikmah,Beirut. Setelah lulus dengan pujian tinggi al- Hikmah ,Gibran mengembara ke Yunani,Italia,Spanyol,dan akhirnya menetap di Paris untuk belajar seni. Di sinilah ia belajar dan mendapat pengaruh kuat dari pematung ternama Auguste Rodin.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi simpulan paragraf adalah...
A.      Dengan kteunannya dan kesungguhan belajar itu, dia berhasil menjadi seorang pelukis dan pematung yang andal.
B.      Dirinya sendiri tidak menyangka akan mengalami hidup berpindah-pindah karena kesulitan ekonomi keluarga.
C.      Ke mana pun seorang seniman ,akan selallu memanfaatkan waktu dan situasi untuk menuangkan suasana hatinya.
D.      Memang diperlukan latihan secara bersinambung untuk memperoleh keterampilan sesuai bakat seseorang.
E.       Jadi, dia sangat menerima kehidupan apapun yang sedang menimpa dirinya dengan sabar dan tidak putus asa.
32.Cermati pendapat berikut. 
Pendapat:
Seseorang yang banyak membaca akan terampil dalam menulis
Argumen:
(1)    Membaca memperluas wawasan pergaulan dan persahabatan karena otomatis akan suka menulis dan bertukar karya tulis.
(2)    Membaca menjadikan otak seseorang akan selalu ingin menulis dalam berbagai bentuk.
(3)    Membaca merangsang terbentuknya informasi baru di sistem daya ingat yang siap dipanggil kapan saja, terutama saat menulis.
(4)    Membaca membuat jalan pikiran seseorang positif dan berprilaku baik dalam berbuat atau bertindak.
(5)    Membaca memprkaya kosa kata, pilihan kalimat, dan cara penyajian yang bisa anda pakai dalam menulis. 
kalimat argumen yang sesuai untuk pendukung pendapat tersebut adalah bernomor...
A.      (1) dan (2)
B.      (2) dan (3)
C.      (3) dan (4)
D.      (3) dan (5)
E.       (4) dan (5)
33. Cermati kalimat berikut.
Karena hidup dalam dua kutub ranah budaya, timur dan barat, maka Gibran menjelma menjadi manusia kosmopolit yang tidak terikat pada kebangsaan dan kebudayaan tertentu.
Perbaikan kalimat tersebut dengan alasan yang tepat...
A.      Membuang salah satu konjungsi karena atau maka karena penggunaan keduanya, kalimat tersebut tidak memiliki induk kalimat(tidak sempurna)
B.      Penggunaan koma (,) sebelum konjungsi maka tidak tepat (salah) karena maka berupa konjungsi kalimat majemuk yang terdapat ditengah kalimat
C.       Konjungsi karena tidak tepat diletakkan di awal kalimat ,seharusnya ditempatkan ditengah kalimat untuk menyatakan sebab
D.      Konjungsi maka tidak tepat diletakkan diawal kalimat ,seharusnya ditempatkan ditengah kalimat untuk menyatakan akibat dan diberi tanda koma sebelumnya
E.       Membuang konjungsi maka dan tidak membuang koma menjadikan kalimat tersebut efektif karena memiliki induk kalimat dan anak kalimat
34. Cermati ilustrasi berikut.
Safri meminjam sepeda tono. Namun , sebelum dipakai Safri ,Tono berpesan agar berhati-hati jangan sampai jatuh dan rusak karena sepeda itu adalah hadiah ulang tahun dari kakaknya. Akan tetapi,Safri tidak mengindahkan pesan Tono. Dia memacu sepedanya dengan kencang da akhirnya tersungkur masuk got . sepeda Tono rusak stangnya bengkok . dia menyerahkan begitu saja sepedanya kepada Tono .Tono meminta Safri untuk memeperbaiki ,tetapi Safri tidak mau, dia hanya meminta maaf dan berlalu meninggalkan Tono dengan sepedanya yang sudah rusak itu.
Ungkapan yang sesuai dengan perilku Safri sesuai ilustrasi adalah...
A.      Sembunyi tangan
B.      Panjang tangan
C.      Lepas tangan
D.      Berat tangan
E.       Berpangku tangan
35.Cermati ilustrasi berikut.
Ketika seseorang sedang berjaya dan suka membantu orang yang serba kekurangan. Karena kebaikannya itu, dia disukai dan disanjung – sanjung. Akan tetapi, pada saat ia menerima musibah dan tidak dapat bangun lagi ,dia dilupakan begitu saja semua tidak peduli.
Pribahasa yang sesuai dengn ilustrasi tersebut...
A.      Menohok teman seiring
B.      Habis manis sepah dibuang
C.      Lempar batu sembunyi tangan
D.      Tak ada gading yang tak retak
E.       Bagai api dalam sekam
36.Cermati kutipan kedua teks berikut.
Cerpen 1
Cerpen 2
Beberapa tahun lalu pesta perkawinan Gentasari dengan Rustamadji yang digelar dengan menyembelih 13 ekor kambing dan berlangsung selama tiga hari, tidak berjalan mulus, bahkan hampir saja batal. Keluarga mempelai pria merasa dibohongi oleh keluarga mempelai wanita yang semula sudah berjanji bahwa semua urusan masak-memasak selama kenduri berlangsung akan dipecayakan kepada Makaji, juru masak nomor 1 di Lareh panjang ini. Namun , dihari pertama perhelatan,ketika rombongan mempelai pria tiba,gulai kambing,gulai nangka,gulai kentang,gulai rebung, dan aneka makanan yang tersaji ternyata bukan masakan Makaji. Mana mungkin keluarga calon besan itu bisa dibohongi? Lidah mereka sudah sangat terbiasa oleh masakan Makaji.
Merah padam muka Azrial mendengar nama itu.siapa lagi anak gadis Mangkudun kalau bukan Renggogeni,perempuan masa lalunya. Musabab hengkangnya ia dari Lareh panjang tidak lain adalah Renggogeni , anak perempuan tunggl beleng (semata wayang)itu... masih segar dalam ingatan Azrial, waktu itu Renggogeni hampir tamat dari akademi keperawatan dikota. Tidka banyak orang Lareh panjang yang bisa besekolah tinggi seperti Renggogeni .permpuan kuning langsat pujaan Azrial itu benar-benar akan menjadi seorang juru rawat. Sementara Azrial buka siapa-siapa,hanya tamatan Madrasah Aliyah yang sehari-hari berkerja honorer sebagai sekertaris dikanor kepala desa.ibarat emas dan loyang perbedaan mereka.
Perbedaan latar suasana pada kutipan tersebut adalah...
Cerpen 1
Cerpen 2
A.      kekecewaan
kemarahan
B.      kesedihan
kekecewaan
C.      kekhawatiran
kekacauan
D.      kekacauan
kesedihan
E.       kemarahan
kekhawatiran

Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal 37-40.
Tiba-tiba aku ingat lagi pada kakek dan kedatangnya Ajo Sidi kepadanya. Apakah Ajo Sidi telah membuat bualan tentang kakek? Dan bualan itukah yang mendurjakan kakek? Aku ingin tahu. Lalu aku tanya kakek lagi:
“apa ceritanya,kek?”
“siapa?”
“Ajo Sidi”
“kurang ajar dia.”kakek menjawab.
“kenapa?”
“mudah-mudahan pisau ukur ini ,yag kuasah tajam-tajam ini ,menggoroh tenggorokanya.”
“kakek marah?”
“marah? Ya,kalau aku masih muda ,tapi aku sudah tua. Orang tua menahan rgam. Sudah lama aku tak marah-marah lagi. Takut aku kalau imanku rusak karnanya,ibadahku rusak karenannya. Sudah begiu lama aku berbuat baik ,beribadah, bertawakal kepada tuhan . sudah begitu lama aku menyerahkan diriku kepadanya dan tuhan akan mengasihi orang yang sabar dan bertawakal.
 37. konflik pada diri kakek dalam kutipan cerita pendek tersebut adalah...
A. Ajo sidi berbual terhadap kakek
B. si Aku membut rasa marah kakek
C.kemarahan kakek kepada Ajo sidi
D. kakek dan Ajo sidi bermusuhan
E. si Aku yang menggangu kakek
38. pendeskripsian watak kakek seorang yang emosional sesuai pada kutipan teks tersebut adalah melalui...
A.      pikiran-pikiran tokoh
B.      tanggapan tokoh lain
C.      tindakan tooh
D.      dialog antar tokoh
E.       bentuk lahir tokoh
39. amanat yang sesuai isi kutipan tersebut adalah...
A.      berhati-hatilah jika menghadapi orang yang sudah tua dan mudah tersinggung karena perbuatan itu akan menyakitkan hatinya.
B.      jangn membual dengan hal yang menyinggung perasaanya orang yang sudah tua karena akan mnimbulkan rasa skait hati orang tersebut.
C.      Hendaklah anak muda menghormati oarng yang sudah tua atau lanjut usia ,sopan santun, dan membantu keperluannya dalam berbagai hal.
D.      Mari kita menghibur orang yang sudah tua atau lanjut usia karena mereka suka dengan hiburan dan cerita yang lucu menghibur.
E.       Hindari slaing mencela dan mengejek antara anak muda dengan orng tua atau sebaliknya agar terhindr dari saling menyinggung.
40. Ringkasan yang sesuai isi kutipan tersebut adalah..
A.      Seseorang yang sangat kasihan melihat kakek yang bersedih dan ingin sekali menghiburnya dan ingin tahu tentang penyebabnya.
B.      Keinginan si kakek ingin bertemu dengan Ajo Sidi yng membuali dirinya dengan cerita-cerita sehingga ingin membalasnya.
C.      Si kakek sudah lama tidak marah-marah karena takut imanny rusak dan dia juga merasa sudah lama berbuat baik,beribadah, dan bertawakal kepada tuhan.
D.      Si kakek tukang pengasah pisau yang sangat taat beribadah,penolong,dan tidak suka mendengarkan cerita-cerita bohong.
E.       Bualan Ajo Sidi terhadap kakek membuat kakek sangat marh, tetapi dia redam kemarahannya karena dia sadar bahwa dia sudah tua.
Cermati novel Layar Terkembang berikut untuk menjawab soal 41-43
“saya tidak mengeri sekali-kali bagaimana pikiran Saleh makaia minta berhenti dengan tiada berbicara lagi dengan famili. Anak-anak muda sekarang sangat memudahkan sesuatu . seratus dua puluh rupiah sebulan. Coba pikirkan bagaimana senangnya penghidupan anak muda yang baru berusia dua puluh dua tahun dengan pendapatan sebesar itu. Tetapi , itu dibuangnya aja dengan ucapan yang bukan-bukan: hendak berkerja sebagai manusia bebas,hendak mencari pekerjan yang sesuai dengan kata hatinya: pekejaan kantor yang tenang itu dikatakannya pekerjaan mesin yang mematikan semangat.
41. hal yang ada pada kutipan cerita tersebut juga terdapat dalam kehidupan adalah...
A.      Pendapatan orang tua yang sering berlawanan dengan pendapatan anak muda
B.      Orang tua yang merasa sangat rugi telah menyekolahkan anaknya
C.      Anak muda yang selalu ingin mencari uang secara berlebihan
D.      Orang tua dan anak yang selalu bertukar pendapat dalam berbagai hal
E.       Keinginan anak dan orang tua sama- sama ingin mengubah nasib buruk
42. suasana dalam kutipan novel tersebut...
A.      Ketakhawatian
B.      Kemarahan
C.      Keheranan
D.      Kegelisahan
E.       Keharuan
43. makna kata berlembang mesin yang bercetak miring dalam kutipan novel tersebut ...
A.      Canggih
B.      Kaku
C.      Berat
D.      Terpola
E.       Tertekan
Cermati kutipan karya novel berikut untuk menjawab soal 44-45
(1)”sudah berapa lama ini ia minta ke luar,emang?” tanya Tuti menyela kata Parta.(2)”saya kenal akn pekerti Saleh,ia seorang yang gembira, seorangyang tajam pikirannya, dan hidup hatinya. (3) percaya saya bahwa ia tidak senang akan pekerjaan tenang dalam kantor,mengisi daftar isi,menyalin surat anu,mengantuk-ngantuk menanti pukul dua.”(4)”apa katamu?” ujar Parta dengan suara yang agak keras sedikit mendengar ucapa keponakannya yang menyangkal katanya itu. (5)”mengantuk-ngantuk menanti pukul dua? Apa yang dikantuk-kantukan? Adakah pekerjaan yang lebih baik dari pekerjaan dikantor? Habis bulan terang kita mendapat sekian.
44. nilai-nilai budaya dalam kutipan cerita novel tersebut adalah...
A.      Masyarakat yang selalu membanding-bandingkan pekerjaan seseorang
B.      Suatu keharusan seorang anak berbakti kepada orang tua setelah berkerja
C.      Semua keluarga diharuskan berkerja dikantor dan menghindari usaha sendiri
D.      Masyarakat yang memandang rendah seseorang yang tidak berkerja dikantor
E.       Adanya anggapan masyarakat bahwa berkerja dikantor lebih baik daripada usaha sendiri
45.kalimat berupa majas dalam kutipan novel tersebut terdapat pada kalimat bernomor...
A.      (1)
B.      (2)
C.      (3)
D.      (4)
E.       (5)
46. Cermati larik pantun berikut.
Membaca novel Sitti Nurbaya
Nama pengarangnya Marah Rusli
Kita anak muda ayo berkarya
...
Larik yang tepat untuk melangkapi pantun tersebut...
A.      Supaya senang dikemudian hari
B.      Kepada orangtua harus berbakti
C.      Tidak hidup sendiri-sendiri lagi
D.      Kami semua pasti sangat berani
E.       Tidak ada lagi tak percaya dii
47.Cermati isi sebait Gurindam Dua Belas berikut.
Hendaklah jadi kepala
Buang perangai yang cela
Amanat yang terdapat pada isi bait gurindam tersebut adalah...
A.      Jadi kepala berarti menjadi pemimpin,baik formal maupun nonformal.
B.      Ketahuilah,perangai yang tercela artinya perilaku yang tidak baik.
C.      Pemimpin tidak boleh mempunyai sikap,sifat,perilaku yang tercela.
D.      Setiap orang pastilah akan mampu menjadi pemimpin yang baik.
E.       Keteladanan yang baik dapat dicontoh dari seorang pemimpin.
48.Cermati isi kutipan cerpen berikut.
Ada saat-saat dimana kuperhatikan wajah orang miskin itu diliputi kesedihan.’jangan salah paham.”katanya.”aku sedih bukan karena akku miskin,aku sedih karena banyak sekali orang yang malu mengakui miskin. Banyak sekali orang bertambah miskin karena selalu berusaha agar tidak tampak miskin.”entah,kenapa saat itu mendadak aku merasa kikuk dengan penampilanku yang perlente. Sejak itu pula aku menjadi tak terlalu suka berkaca. Bila lagi sedih orang miskin itu suka datang kepengajian . tuhan memang bisa menjadi hiburan menyenangkan buat orang yang lagi kesusahan,katanya.ia akan terkantuk-kantuk sepanjang ceramah ,tapi begitu semangat ketika makanan dibagikan. 
Kalimat resensi berupa keunggulan berdasarkan kutipan cerpen diatas adalah...
A.      Pendeskripsian suasana dalam cerita sangat hidup dan membuat pembaca terasa ikut dalam suasana tersebut.
B.      Watak tokoh digambarkan sangat jelas dan wajar,seperti sifat sedih dan sifat pemalu menerima kenyatan.
C.      Tema yang diangkat sebagai masalah yang dipaparkan dalam isi cerita sangat menarik bagi pembaca.
D.      Penuli dengan apik memberikan amanat dalam cerita sebagai intropeksi diri bahwa banyak orang malu mengakui miskin.
E.       Cerpen ini sangat baik dan cocok dibaca oleh semua lapisan,yaitu anak-anak,dewasa,orangtua.
49. cermati isi kutipan novel berikut.
Ada lagi satu cerita,yang suka diulangnya padaku: suatu malam ada seoang pencuri menyatroni rumah orang miskin. Mengetahui hal itu,si miskin segera bersembunyi. Tapi pencuri itu memergoki dan membentaknya,”kenapa kamu bersembunyi?” dengan ketakutan si orang miskin menjawab.” Aku malu,karena au tak punya apapun yang bisa kamu curi.” Ia mendengar kisah itu dalam sebuah pengajian. “ kisah itu selalu membuatku punya alasan untuk bahagia jadi orang miskin.” Begitu ia selalu mengakhiri cerita...
Orang miskin itu pernah ditangkap polisi. Saat itu,dikampung memang terjadi beberapa kali pencurian,dan sudah sepatutnyalah orang miskin itu dicurigai. Ia diinterogasi dan digebugi . dua hari kemudian baru dibebaskan. Kabarnya ia diberi uang agar tidak menuntut. Berminggu-minggu wajahnya bonyok dan memar.”begitulah enaknya jadi orang miskin.” Katanya.”dituduh mencuri,dipukuli,dan dikasih duit!”
Sejak itu,setiap kalli ada yang kecurian orng miskin itu selalui mengakui kalau ia pelakunya dengn harapan ia kembali dipukuli.
Kalimat kritik berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah...
A.      Betapa menderitanya kehidupan orang miskin yang diungkapkan dalam cerita pendek tersebut.
B.      Cerita yang diungkapkan dalam cerpen seperti anekdot karena berisi sebuah kelucuan dan sindrian terhadap orang miskin yang malas.
C.      Hal yang diungkapkan dalam cerpen tersebut menggambarkan kehidupan orang-orang miskin yang malas.
D.      Pengarang seakan kehabisan ide dalam mencari bahan cerita sehingga menceritakan kehidupan orang miskin.
E.       Terasa pengarang ingin mencari ide crita yang berbeda dari cerita yang ditulis oleh pengarang-pengarang lain.
50.Cermati isi kutipan cerpen berikut.
Dua ekor gajah telah mati,seminggu sebelum kegawatan semakin memuncak, dan Made Sukari berlari memberi tanda menuruni bukit. Wajah- wajah pucat dan gemetar menjalar,melewati ladang,kebun,dan rumah-rumah yang langsung siaga.
“siapa lagi yang telah membunuh gajah-gajah itu? Demi tuhan, ini pertanda celaka!”
Dua gajah telah mati. Sebelumnya ,empat ekor gajah ditemukan tanpa nyawa dengan leher terbelah dan gading lenyap meninggalkan dua bolongan kasar dikepala. Tak ada petani di Kualakambas yang tega membunuh mahkluk raksasa bermata lembut itu.puluhan , bahkan ratusan kali mereka menghalau gajah-gajah yang tersesat diladang,hanya dengan teriakan serta sapan, “ pergilah manis,hus,hus,pergilah dari ladang kami.” Antara gajah dan petani telah memiliki tautan hati yang sama. Tak perlu ada parang menempel,apalagi sampai membelah leher.
                                                                                                                                                           (cerpen sulaiman...)
Kalimat esai (tanggapan) berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah...
A.      Penggambaran betapa pentingnya gajah bagi manusia sehingga banyak orang memburunya.
B.      Terbayang dalam cerita gajah-gajah yang sedang brkeliaran dihutan bebas lepas dihabitat mereka.
C.      Kehidupan manusia dan binatang sangat berbeda dan memiliki jarak walaupun mereka dilingkungan yang sama.
D.      Jarang sekali kita membaca cerita yang menggambarkan kehidupan gajah secara lengkap seperti dalam cerpen ini.
E.       Pembunuhan gajah yang dilukiskan dalam cerpen membuat hati tersentuh,pilu,dan mengutuk pelakunya.
























SOAL BARU
Cermati paragraf berikut!     
(1)          Gotong royong saat berladang masih membudaya dikomunitas Dayak Jalai,Kalimantan Barat .(2) mereka berkerja sukarela tanpa diganjar upah sepeser pun. (3)pemilik ladang cukup mensediakan bahan dan peralatan penanaman padi serta konsumsi . (4) berkerja bergotong royong saat berladang tidak semata mampu menekan biaya produksi.(5) tradisi itu juga merekatkan rasa persaudaraan dan solidaritas warga. 
                                                                                                                         (sumber: soal UN 2016-2017)
 1.Ide pokok paragraf tersebut adalah...   
A.        Budaya gotong royong
B.        Peralatan penanaman padi
C.        Penekanan biaya produksi
D.        Perekat rasa persaudaraan
E.         Tradisi masyarakat Dayak Jalai
2.Tujuan penulis sesuai isi teks tersebut adalah...
A.      A.Menginformasikan bahwa budaya gotong royong saat berladang masih berlaku di Dayak Jalai,Kalimantan Barat
B.      B.Menjelaskan bahwa setiap selesai berladang,masyarakat Dayak Jalai selalu berdiskusi
C.      C.Mendeskripsikan cara berladang komunitas Dayak Jalai ,Kalimantan Barat
D.      D.Menginformasikan bahwa berladang di Dayak Jalai Kalimantan Barat tidak mengeluarkan biaya apapun
E.       E.Menjelaskan bahwa pemilik ladang di Dayak Jalai,Kalimantan Barat,selalu menjalin solidaritas
3.bacalah paragraf berikut!
1) setiap pekerjaan didalam kehidupan ini pasti ada risikonya.2) sebagai pekerjaan kita harus memikul risiko tersebut.3)namun,jika kita benar-benar menjalankan pekerjaan dengan cermat,teliti,dan disiplin tentunya akan meminimalisasi terjadinya risiko.4) risiko yang terjadi harus kita pertanggungjawabkan karena hal ini bagian dari perbuatan yang kita lakukan.5) janganlah kita takut dan lari dari risiko.                                
                                                                                                                               (sumber:soal primagama)                     
Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan nomor...  
A.      1)
B.      2)
C.      3)
D.      4)
E.       5)
Cermati paragraf berikut
4.kalimat yang tidak padu terdapat pada nomor...       
1)            Peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional memanfaatkan radiasi sinar gama difilitas iradiator untuk membuat materi genetik sorgum bermutasi.2)hasilnya,sorgum cocok ditanam dilahan yang kering sekaligus menjadi sumber pangan dan energi.3) ia menanam benih sorgum dilahan-lahan kering Nusa Tenggara Barat dan Nusa tenggara Timur dan hasilnya positif.4) harga sorgum lebih muah daripada harga padi.5) ia menghasilkan kualitas unggul sorgum bernama pahat.
                                                                                                                    (sumber: soal UN 2016-2017)
                      
A.      1)
B.      2)
C.      3)
D.      4)
E.       5)
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 5-6
1)Indonesia membutuhkan pemuda yang tangguh,cerdas, dan mempunyai semangat tinggi dalam menghadapi era globalisasi ini.2) persaingan di berbagai bidang yang semakin ketat menuntut setiap negara untuk terus mempersiapkan generasi muda agar dapat bertahan di era ini.3) generasi muda yang unggul tidak hanya dibentuk oleh situasi yang mengharuskan mereka unggul,melainkan dibentuk oleh tekad yang kuat untuk memajukan bangsa dan negaranya sendiri.4)generasi seperti inilah yang mampu membanggakan bangsa dan negara.5) globalisasi seperti dua sisi mata uang yang memiliki dampak positif dan dampak negatif dalam pelaksanaanya.                               
                                                                                                            (sumber:Erlangga fokus UN 2017)

5.makna istilah globalisasi pada kalimat nomor 1 pada paragraf tersebut adalah...
A.      Zaman modern                                                                                        
B.      Kemajuan zaman
C.      Proses mendunia
D.      Kemajuan teknologi
E.       Perkembangan zaman
6.kalimat berupa fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor...
A.      1)
B.      2)
C.      3)
D.      4)
E.       5)
Cermati kutipan berikut
Badan Pusat Statistik memasukan pangan sebagai penentu garis kemiskinan.Oleh karena itu,pemerintah berkepentingan menjaga harga pangan selalu stabil. Program presiden dalam masa jabatan keduanya adalah memastikan ada cadangan beras sepuluh juta ton yang harus diusahakan dari produksi dalam negeri .keuntungan memproduksi sendiri pangan didalam negeri adalah menghindrkan ketergantugan dari impor sehingga indonesia memiliki ketahanan dan kedaulatan pangan. Memproduksi pangan di dalam negeri memberikan lapangan kerja didesa dan kota melalui kegiatan di ladang hingga industri pengolahan.
                                                                                                                     (sumber:soal UN 2016-2017)

7.Opini redaksi yang terdapat dalam kutipan rajuk rencana tersebut adalah...
A.      Pangan bukan sebagai penentu bagi garis kemiskinan         
B.      Pemerintah berkepentingan menjaga harga pangan selalu stabil
C.      Presiden memastikan indonesia memiliki cadangan beras
D.      Produksi pangan indonesia selalu stabil dan terkendali
E.       Indonesia sudah memiliki ketahanan dan kestabilan pangan
8.pihak yang dituju oleh redaksi dalam tajuk rencana adalah...
A.      Perusahaan
B.      Pengimpor
C.      Pemerintah
D.      Masyrakat
E.       Pedagang.
9.Cermati paragraf berikut.
Raskin merupakan subsidi pangan dalam bentuk beras diperuntukkan bagi rumah tangga yang berpenghasillan rendah.Subsidi ini sebagai upaya pemerintah meningkatkan ketahanan pangan dan memberikan perlindungan sosial kepada rumah tangga sasaran (RTS) .Pada awal tahun 2014 pemerintah telah mengalirkan kembali program raskin dengan sasaran masyarakt perlu mendapatkan jatah beras.Namun,keberadaan raskin saat ini seolah menghilang dari peredaran seiring naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi amburadulnya program raskin ini diperkirakan penyelewengan diberbagai ini pemerintah diharapkan mendesain ulang program raskin ini yang sudah berjalan 15 tahun ini.Penyaluran raskin ini bisa dalam pendirian pos-pos khusus dikelurahan setempat proses ini bisa dapat dilihat langsung oleh petugas Bulog.
                                                                                                                        (sumber:soal TO SMAN 72)
Keberpihakan tajuk rencana ditujukan kepada...
A.      Pemerintah indonesia
B.      Dewan perwakilan rakyat
C.      Bulog
D.      Petugas bulog
E.       masyarakat
Cermati dua kutipan teks laporan berikut.
Teks 1
Teks 2
Gajah sumatera adalah subspesies dari gajah Asia yang hanya berhabitat di pulau sumatra.Gajah sumatra berpostur lebih kecil daripada spesies gajah India. Sekitar 2.000 -2.700 gajah sumatera tersisa di alam liar berdasarkan survei tahun 2000. Sebanyak 65% populasi gajah sumatera lenyap akibat dibunuh manusia dan 30% kemungkinan diracuni.
Sekitar 83% habitat gajah sumatera telah menjadi wilayah perkebunan.    Kelinci adalah hewan mamalia.dahulu hewan ini adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Pada perkembangannya tahun 1972,kelinci diklasifikasikn dalam ordo logomorpha. Ordo ini dibedakan menjadi dua famili,yakni ochtonidoe dan laporidae. Kelinci berasal dari bahasa Belanda. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat nusantara mulai mengenali kelinci saat masa koloniel. Padahal di Pulau Sumatera ada satu spesies kelinci sumatera yang baru ditemukan pada tahun 1972.
                                 (sumber:soal UN 2016-2017)

 10. perbedaan isi kedua kutipan tersebut adalah...
Teks 1
Teks 2
A.habitat kelinci sumatra
Habitat gajah sumatra
B.Habitat gajah sumatra
Populasi gajah sumatra
C.perkembangan gajah sumatra
Populasi kelinci sumatra
D.pembagian jenis gajah sumatra
Sejarah penemuan kellnci sumatra
E.populasi gajah sumatra
Perkembangan kelinci sumatra

11.Cermati paragraf berikut.
Mahatma gandhi dilahirkaan pada tanggal 2 oktober 1869 di Porbandar,Gujarat, India Britania, dan meninggal pada tanggal 30 januari 1948 di New Delhi,India. Nama lahir dari Mahatma Gandhi adalah Mohandas Karamchand Gandhi . beliau adalah pemimpin rohani di balik kemerdekaan india. Gandhi (sebutan akrabnya) telah menentang penjajah inggris atas india. Gandhi memulai suatu gerakan tanpa kekerasan untuk memimpin India menuju demokrasi ,perdamaian, dan kemerdekaan . Gandhi dipenjara beberapa kali dan sempat hampir mati karena kelaparan.Namun, dengan tekad yang kuat,akhirnya beliau berhasil meraih apa yang dicita-citakannya.
                                                                                                                         (sumber:soal UN 2016-2017)

Keteladanan yang dapat dipetik dari tokoh Mahatma Gandhi dala kutipan tersebut adalah...
A.      Seorang pemimpin rohani yang berani
B.      Rela dipenjara demi menegakkan kebenaran
C.      Berjuang melawan penjajah inggris
D.      Pemimpin perang sejati meraih kemerdekaan
E.       Berhasil memerdekakan India tanpa kekerasan
12. Cermati kutipan trsebut untuk menjawab soal nomor 12-13
1)Siswa : Bu nilai UAS saya rendah.
2)Guru  : Ibu tahu ,kamu memang harus lebih banyak berlatih ,ibu tidak bisa mengubah nilaimu nak.
3)Siswa : Iya bu,saya mengerti saya hanya ingin ikut remedial bu.
4)Guru  :Bagus kalau begitu,tetapi ibu hanya ada waktu jumat pagi.
5)Siswa : Maaf,bu hari jumat pagi saya ada remedial matematika.
6)Guru: coba kamu diskusikan dengan guru matematika untuk meminta bertukar waktu dengan ibu.
7)Siswa : baik bu,saya coba                                                              (sumber:Erlangga fokus UN 2017)                               
Hal yang disepakati dalam dialog negosiasi adalah ...
A.      tempat remedial
B.      waktu remedial
C.      izin remedial
D.      remedial matematika
E.       materi remedial
13.kalimat imperatif diantara kalimat yang tersaji pada dialog tersebut adalah nomor...
A.      (2)
B.      (3)
C.      (4)
D.      (6)
E.       (7)
14.Cermati paragraf berikut.
saat menengok puluhan karya Agoes,pengunjung bisa memahami hubungan antara alam dan manusia . dia memanfaatkan bahan berupa kayu nangka karena pohon itu mudah ditemukan. Selain itu,kayu nangka punya kadar air yang baik sehingga bisa bertahan lama.      
                                                                                                                 (sumber: soal UN 2016-2017)                   
  Kata itu merujuk pada pengertian...                                       
A.      Mudah ditemukan
B.      Manfaat bahan
C.      Menengok karya Agoes
D.      Memahami hubungan
E.       Alam dan manusia
15.Cermati kalimat berikut
Dengan memanfaatkan anggaran yang ada,pemerintah pusat terus mengopimalkan perlindungan menyeluruh kepada para pekerja melalui program pemenuhan hak-hak pekerja.
                                                                                                               (sumber: soal UN 2016-2017)                   

Inti kalimat tersebut adalah...
A.      Pemerintah mengoptimalkan perlindungan kepada pekerja.
B.      Pemerintah terus mengoptimalkan pelindungan kepada pekerja.
C.      Pemerintah mengoptimalkan perlindunga hak-hak pekerja.
D.      Dengan anggaran,pemerintah terus mengoptimalkan perlindungan.
E.       Dengan anggaran,pemerintah mengoptimalkan perlindungan.
16.Cermati paragraf berikut.
1) peningkatan usaha ekonomi bagi masyarakat desa diyakini mampu menjadi daya tangkal bagi masyarakat desa untuk hijrah ke kota. 2) melibatkan mereka dalam kegiatan ekonomi produktif setidaknya membuat masyarakat tidak melirik kota.3) untuk keberhasilan kegiatan tersebut,pemda setempat menggandeng berbagai pihak diantaranya Pusat Pelatihan dan Ketrampilan.4) peserta pelatihan difasilitasi modal usaha dan pendampingan.
                                                                                                                (sumber: soal UN 2016-2017)                   
Kesalahan penggunaan kata baku dalam paragraf tersebut adalah...
A.      Hijrah pada kalimat (1) seharusnya hijroh.
B.      Produktif pada kalimat (2) seharusnya produsen.
C.      Pihak pada kalimat (3) seharusnya fihak.
D.      Ketrampilan pada kalimat (3) seharusnya keterampilan.
E.       Difasilitasi pada kalimat (4) seharusnya divasilitasi.
17. Cermati teks berikut!
Jaipongan adalah sebuah jenis tari pergaulan tradisional masyarakat Sunda. Jawab Barat, sangat popular di Indonesia. Tari ini diciptakan oleh seorang seniman asal Bandung, Gugum Gumbira, sekitar tahun 1960, dengan tujuan untuk menciptakan suatu jenis musik dan tarian pergaulan yang digali dari kekayaan seni tradisi rakyat Nusantara, khususnya Jawa Barat. Ada niat untuk mengadakan festival jaipongan se-Jawa Barat.

                                                                                                               (Sumber; TO tingkat dki paket B)
Perbaikan penggunaan tanda baca yang benar atas teks tersebut adalah ….
A.      Setelah kata Jawa Barat tidak perlu menggunakan koma.
B.      Antara se- dan Jawa Barat tidak menggunakan tanda hubung
C.      Antara Sunda dan Jawa Barat seharusnya memakai tanda hubung
D.      Sesudah Jaipongan adalah seharusnya diberi tanda titik dua
E.       Antara Nusantara dan khususnya tak perlu tanda baca koma
18.Cermati paragraf berikut.
(1) bagi pencinta durian, menikmati tempoyak memberi pengalaman baru yang sulit dilupakan.
(2)buah durian dengan rasa manis legit,dan,kadang sedikit pahit berubah menjadi asin gurih,ketika diolah dalam wujud tempoyak.
(3)tempoyak yang merupakan hasil fermentasi durian ini,semakin lezat,ketika diolah dengan pangan lokal khas daerah penghasilan durian,seperti,Lampung.
(4)di Bandar Lampung,cukup mudah untuk,menikmati masakan dengan bumbu olahan tempoyak.
(5)tempoyak diolah beragam masakan mulai dari seruit tempoyak,brengkes baung tempoyak,hingga,udang selimut tempoyak.
                                                                                                                 (sumber: soal UN 2016-2017)                   
Penggunaan tanda baca yang tepat terdapat pada nomor...
A.      (1)
B.      (2)
C.      (3)
D.      (4)
E.       (5)
19.Cermati paragraf berikut.
Bu Mareana adalah seorang guru bahasa indonsia yang sangat disukai siswanya.Bu Mareana selalu mengajar tepat waktu sesuai dengan ... pelajaran.Saat mengajar,Bu Mareana selalu menggunakan ... yang bervariasi .Ketika memberikan pertanyaan ,Bu Mareana juga menggunakan ... yang menarik sehingga siswa bersemangat menjawabnya.
                                                                                                                                 (Sumber:TO SMAN 72)
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut...
A.      Jadual,metoda,teknis
B.      Jadual,metodik,teknik
C.      Daptar,metoda,teknisi
D.      Jadwal,metode,teknik
E.       Daptar,metoda,teknik
20.Cermati teks berikut.
Perubahan ketetapan melalui peraturan pemerintah secara berkala lumrahnya mengundang pertanyaan di benak pelaku industri akan interperestasi undang-undang seperti apa yang dimulai paling ideal oleh pemerintah. Bukan apa-apa,inplikasi yang dibawa sebagai dampak dari kewajiban yang digarisbawahi oleh kata “dan” dan “ atau” ini dapat menimbulkan perbedaan nilai inves hingga jutaan dolar AS yang harus ditanamkan pelaku indutri.
                                                                                                                  (Sumber:Erlangga fokus UN 2017)

Kata serapan yang tepat untuk memperbaiki kata yang bercetak miring adalah..
A.      Berinteprestasi,beimplikasi,investor.
B.      Menginterprestasi,diimplikasi,investor.
C.      Interfrestasi,imflikasi,inpestasi.
D.      Interprestasi,implikasi,investasi.
E.       Berinterprestasi,implikasi,berinvestasi.
21.Cermati paragraf berikut.
Cara merawat ikan Patin dan ikan Bandeng di air payau.
                                                                                                                          (sumber: soal UN 2016-2017)                   
Penulisan judul buku yang sesuai dengan ejaan yang berlaku adalah...
A.      Cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau
B.      Cara merawat Ikan Patin dan Ikan Bandeng di air payau
C.      Cara Merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng Di Air Payau
D.      Cara merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng di Air Payau
E.       Cara Merawat Ikan Patin dan Ikan Bandeng di Air Payau
22. Cermati paragraf berikut.
Peningkatan suhu dipermukaan bumi dalam kurun waktu satu abad terakhir saat ini dipicu oleh efek rumah kaca yang dihasilkan oleh aktivitas manusia. Hal tersebut mampu mengubah siklus cuaca dan iklim diberbagai wilayah dipermukaan bumi,terutama didaerah kutub .Gunung-gunung es dan... didaerah kutub mencair seiring bertambahnya suhu bumi.   
                                                                                                                  (sumber:Erlangga fokus UN 2017)
Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
A.      Vulkanik
B.      Magma
C.      Gletser
D.      Tektonik
E.       Lahar
23.Cermati paragraf berikut.
Pohon jambu air didepan rumahku buahnya...kalau sudah masak,buahnya berwarna...dan rasanya ... akan tetapi,jika buah itu dimakan siang hari,terasa... dan dapat menghilangkan dahaga.
                                                                                                                 (sumber:Erlangga fokus UN 2017)
Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
A.      Tinggi sekali,hijau muda,ranum sekali,asam sekali
B.      Rimbun sekali,merah muda,asam sekali,agak manis
C.      Besar sekali,merah seklai,manis sekali,agak asam
D.      Merah sekali,merah sekali,manis sekali,segar sekali
E.       Sngat lebat,merah tua,agak asam,sangat segar
24.Cermati paragraf berikut.
Gempa merupakan bencana alam yang kerap terjadi di Indonesia,baik gempa vulkanik maupun gempa tektonik.Gempa vulkanik pada umumnya... oleh gunung meletus,sedangkan gempa tektonik disebabkan oleh pergesekan lempeng bumi. Ada tiga lempeng utama duni yang memiliki titik temu di Indonesia,yaitu lempeng Indo-Autralia,lempeng Eurasia,dan lempeng Pasifik.lempeng-lempeng tersebut selalu bergerak dan saling menekan.pergerakan lempeng tersebut ... penimbunan energi secara perlahan-lahan.Energi yang tertimbun sekian lama akan terlepas ke permukaan bumi dengan efek guncangan yang lebih besar daripada gempa vulkanik ... guncangan yang besar inilah,banyak gedung yang rusak parah saat gempa tektonik terjadi.
                                                                                                            (sumber Erlangga fokus UN 2017)
Konjungsi sebab akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
A.      Diakibatkan,mengakibatkan,sebab
B.      Menyebabkan,disebabkan,akibat
C.      Disebabkan,menyebabkan,karena
D.      Dikarenakan,menyebabkan,sebab
E.       Mengakibatan,menyebabkan,karena
25.Cermati penggunaan konjungsi pada paragraf berikut.
Bunga mawar dapat ditanam menggunakan biji atau bibit.mula-mula biarkan bunga mawar yang mati pada tanaman. Dari bunga mawar tersebut akan muncul buah yang mengandung biji mawarpetiklah buah mawar matang yang ditandai dengan perubahan warna menjadi merah,jingga,coklat,atau ungu. Jangan tunggu sampai buah benar-benar mengering atau keriput akibat dikhawatirkan biji didalam nya juga mati.sebelumnya,belahlah buah menjadi dua bagian.demi lebih mudah,gunakan ujung pisau untuk mengambil biji mawar .biji mawar harus dibersihkan dari buah yang menempel agar tidak menghalangi pertumbuhan kecambah.Bersihkan biji mawar menggunakan air mengalir dengan meletakkan biji pada saringan sambil digosok pada permukaan biiji.
                                                                                                       (sumber Erlangga fokus UN 2017)                                                                                                                          
Perbaikan konjungsi yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah...
A.      Sebab,selanjutnya,ketika
B.      Karena,setelah itu,agar
C.      Karena,sebelum,untuk
D.      Sebab,lalu,supaya
E.       Karena,selanjutnya,saat
26.Cermati paragraf berikut.
Setelah pulang dari pasar,saya...belanjaan untuk disimpan dikulkas dan di lemari penyimpanan makanan.belanjaan yang disimpan dikulkas yaitu...,buah-buahan,dan ikan.Belanjaan lainny,saya tata dalam lmari penyimpanan makanan,seperti kecap dan ... kering.
                                                                                                            (sumber Erlangga fokus UN 2017)
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
A.      Memilah-milah,sayur-sayur,lauk-pauk
B.      Pilih-memilih,sayur-sayuran,bahan-bahan
C.      Memilah-milah,benda-benda,buah-buahan
D.      Memilih-milih,sayur-mayur,bumbu-bumbu
E.       Memilih-milih,benda-benda,buah-buahan
27.Cermati paragraf berikut.
Cerpen sebagai karya berupa “dunia dalam kata”... kebetulan makna intrinsik yang digli dari karya itu sendiri.Oleh sebab itu,sangat penting memahami sebuah cerpen dengan... berbagai unsur pembentukan teks cerpen sebagai suatu jalinan yang utuh.Memaparkan ... dan keterkaitan unsur pembangun teks cerpen tersebut secara cermat akan memudahkan pembaca untuk memperoleh makna yang menyeluruh.
                                                                                                            (sumber Erlangga fokus UN 2017)

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
A.      Memunyai,memerhitungkan,jalinan
B.      Dipunyai,diperhitungkan,penjalinan
C.      Dipunyai,perhitungkan,menjaln
D.      Memunyai,perhitungkan,menjalin
E.       Mempunyai,memperhitungkan,keterjalinan
28.Cermati deretan kalimat berikut.
(1) Misalnya, gempa bumi yang mengubah struktur tanah dapat menyebabkan terjadinya tanah longsor
(2) Bencana alam merupakan fenomena yang sulit untuk dihindari,bahkan dampak dari bencana tersebut akan tetap kita rasakan
(3)Oleh karena itu,kita harus berkerja sama menanggulangi dampak dari bencana tersebut agar kerugian yang dialami tidak semakin bertambah
(4) Beberapa dampak yang ditimbulkan bencana alam,antara lain kerusakan lahan pertannian,pendangkalan sungai,munculnya berbagai macam pnyakit,hingga kematian
(5) Jika kita menyikapi bencana tersebut hanya dengan bersedih dan meratapi nasib ,makan tidak akan mengubah keadaan yang telah terjadi.
(6) Dampak tersebut juga dapat memicu terjadinya bencana lain.
                                                                                                            (sumber Erlangga fokus UN 2017)
Urutan kalimat tersebut yang tepat sehingga menjadi paragraf yang padu adalah...
A.      (1),(2),(4),(5),(6),dan(3)
B.      (2),(4),(6),(1),(5),dan(3)
C.      (3),(5),(2),(1),(6),dan(4)
D.      (4),(6),(1),(3),(2),dan(5)
E.       (4),(2),(3),(6),(1),dan(5)
29.Cermati pidato berikut.
Hadirin yang saya hormati,

Jumlah pengguran dinegara kita setiap tahun terus meningkat.Banyaknya angka pengangguran ini dipicu oleh keinginan generasi muda menjadi pegawai diperusahaan atau pegawai negeri.Kaum muda lulusan peguruan tinggi atau sekolah menengah,baik sekolah menengah umum maupun kejuruan,selalu ingin mandiri menciptakan lapangan kerja jumlahnya bisa dihitung jari.Oleh karena itu,...
                                                                                             (sumber:soal UAS SMA TAMAN MADYA 1)
kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi pidato tersebut adalah...
A.      Untuk mengatai masalah tersebut,marilah kita ciptakan generasi entrepreneur atau wirausahawan demi terciptanya kemajuan ekonomi.
B.      Marilah generasi muda kita doong untuk lebih aktif meningkatkan keterampilan mereka berkerja diluar negeri.
C.      Mari kita bina generasi muda kita menjadi generasi muda yang cerdas dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
D.      Mari kita arahkan generasi muda untuk giat menabung agar roda pembangunan melaju pesat sehingga akan membuka lapangan kerja baru.
E.       Solusi yang bisa kita lakukan adalah mendorong lahirnya generasi muda yang mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.
30.Cermati paragraf berikut.
Saat ini,hampir semua perusahaan besar memiliki program pelatihan rutin bgi karyawannya selain berisi matei hal-hal teknnis menyangkut bidang bisnis peusahaan tersebut,karyawan juga mendapat pelatihan tentang motivasi,kepemimpinan,pengambilan keputusan,hingga teknik berfikir kreatif... setiap karyawan memiliki target mengikuti platihan seetiap tahun.pemilik peusahaan menyakini bahwa karyawan yang potensial adalah aset perusahaan.
                                                                                                                (sumber: Teropong UN SMK 2014)
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian paragraf yang rumpang diatas adalah...
A.      Pelatihan bisa diselenggarakan kapan saja dan dimana saja.
B.      Pelatihan bagi karyawan akan merugikan pemilik perusahaan.
C.      Karyawan yang potensial menguntungkan pemilik peusahaan.
D.      Pelatihan bagi karyawan akan sia-sia jika tidak diterapkan.
E.       Pemilik perusahaan memberi penghargaan bagi karyawan.
31.Cermati paragraf berikut.
Musuh kita dikamar tidur bukan hanya nyamuk.Kutu busuk juga menjadi musuh yang harus diusir dan dicegah agar tidak menggangu istirahat kita.Kutu busuk pandai menyembunyikan diri.Serangga kecil ini sering bersembunyi dicelah-celah kasur,sudut-sudut tempat tidur,atau serangga bersembunyi dibalik seprai .keberadaan kutu busuk juga berbahaya karena bisa mengundang alergi dari berbagai penyakit...
                                                                                                                      (sumber:soal UN 2016-2017)
Kalimat kesimpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
A.                  Memang kutu busuk serangga yang harus dibasmi karena dapat menimbulkan penyakit kulit.
B.                  Jadi, masyarakat akan lebih memilih menggunakan kasur busa sehingga terhindar dari kutu busuk.
C.                  Oleh karena itu,membersihkan tempat tidur harus menjadi agenda rutin demi  keehatan tubuh kita.
D.                  Masyarakat perkotaan tidak mengenal kutu busuk karena lingkungan perkotaan umumnya bersih.
E.                   Dinas kesehatan selalu memberikan peyuluhan kepada warganya agar menjaga kesehatan lingkungan.

32.Cermati pendapat berikut.
Kalimat Pendapat :
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat dimanfaatkan dalam bidang pendidikan.
Argumen:
1)            Ilmu pengetahuan dari jurnal atau surat kabar yang dimuat di internet dapat diakses dengan mudah oleh setiap orang diseluruh penjuru dunia,terutama pelajar.
2)            Proses belajar mengajar,bimbingan,dan konsultasi dapat dilakukan tanpa bertatap muka langsung,melainkan melakukan komunikasi jarak jauh dengan atau tanpa tatap muka melalui jaringan internet.
3)            Metode pembelajaran dapat dilakukan dengan lebih kreatif dan menarik.
4)            Terjadi banyak kesalahan teknis yang dapat merugikan siswa,teutama pada sistem sensor jawaban yang benar.
5)            Lebih banyak siswa yang memilih bermain permainan komputer daripada mencari informasi dan berita diinternet.
                                                                                                              (sumber:Erlangga fokus UN 2017)
yang mendukung pendapat tersebut adalah kalimat bernomor...
A.                  (1),(2),dan (3)
B.                  (1),(3),dan (4)
C.                  (2),(3),dan (4)
D.                  (2),(4),dan (5)
E.                   (3),(4),dan (5)
33. Cermati kutipan berikut.
       (1) menteri pariwisata,Arief Yahya,mengatakan ,bahwa pihak yang ingin mengembangkan      desa wisata diindonesia sebaiknya berkiblat pada Desa Penglipuran.
(2)          Pada tahun 1995,Desa Penglipuran ditetapkan sebagai desa wisata oleh pemerintah Bali dan hingga sekarang sudah menjadi desa wisata terbaik di Indonesia.
(3)          Ditingkat dunia, Desa Penglipuran sudah disejajarkan dengan desa-desa terbaik,seperti Desa Giethoorn di Belanda dan Desa Mawlynnong di India.
(4)          Predikat tersebut diperoleh Desa Penglipuran karena sejak zaman dahulu para orang tua selalu mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan,ketertiban,dan menjaga keamanan lingkungan bagi anak-anak.
(5)          Budaya tersebut maish tetap terpelihara hingga sekarag dan memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat Desa Penglipuran,serta pemerintah Provinsi Bali.
                                                                                                         (sumber:Erlangga fokus UN 2017)
Penggunaan tanda baca yang salah dengan alasan pebaikan yang tepat adalah...
A.                  Tanda koma setelah kata mengatakan pada kalimat nomor (1) seharusnya dibuang karena tidak memiliki fungsi pemisah.
B.                  Tanda koma setelah 1995 pada kalimat nomor(2) seharusnya dibuang karena tidak memiliki fungsi pemisah.
C.                  Tanda koma setelah kata terbaik pada kalimat nomor (3) seharusnya dibuang karena bukan sebagai pemisah keterangan.
D.                  Tanda koma pada kalimat nomor (4) seharusnya dibuang karena tidak ada unsur perincin dalam kalimat tersebut.
E.                   Tanda koma pada kalimat nomor (5) seharusnya dibuang karena tidak ada unsur perincian dalam kalimat tersebut.
34. Cermati ilustrasi berikut.
Tahun depan adikku masuk SMA dan aku melanjutkan keperguruan tinggi negeri.Butuh biaya yang besar untuk pendidikan kami sehingga ayah dan ibu kami mulai berhemat dari sekarang.Kmai hanya boleh membeli hal yang dianggap penting untuk memenuhi kebutuhan dengan pertimbangan harga.Jika barang tersebut murah,maka kami boleh membelinya.Jika barang itu mahal,maka kami harus menunda untuk membelinya.Kami harus benar-benar berhemat.
                                                                                                          (sumber:Erlangga fokus UN 2017)
Ungkapan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah...
A.                  Kencangkan ikat pinggang
B.                  Menutup telinga
C.                  Tahu asam garam kehidupan
D.                  Berpikir dua kali
E.                   Menarik napas panjang
35. Cermati ilustrasi berikut.
Salman tidak banyak bicara.Kalau tidak ditanya,dia tidak akan bicara.Akan tetapi,jika menanyakan pelajaran,maka ia akan memberikan penjelasan secara rinci dengan baik dan santun.Orang tidak pernah menyangka bahwa Salman adalah orang yang hebat dan pandai.Dibalik kediamannya,tersimpan banyak kelebihan yang ia miliki.
                                                                                                         (sumber:Erlangga fokus UN 2017)
Peribahasa yang sesuai dengan perilaku Salman pada ilustrasi tersebut adalah...
A.                  Air jenih ikannya jinak
B.                  Air dingin memadamkan api
C.                  Air tenang menghanyutkan
D.                  Sambil menyelam minum air
E.                   Hendak air pancuran terbit
36.Cermati cerpen berikut.
1) Aku turun dari bus pelan-pelan. (2) Kemudian, kulanjutkan perjalanan. (3) Sekitar 50 meter dari jalan raya, rumah kecil itu berdiri kokoh. (4) Jalanan nampak sepi, wajarlah di desa kalau hari sudah gelap jarang ada orang yang ke luar rumah. (5) Aku mengambil langkah panjang, namun tidak terlalu cepat dan tidak lambat. (6) Sampai di perempatan rumah, aku tertegun pada keramaian di rumah bercat biru. (7) Langkah kaki semakin kupercepat.  (8) Ada apa? Kenapa? Banyak pertanyaan yang muncul di pikiranku. (9) Astaga! Bendera kuning? Apa ini? Siapa? Di mana Ayah? Di mana Bunda? Aku belum melihat keduanya.
Dari kejauhan terdengar isak tangis, juga suara yang memanggilku. Suasana menjadi pecah. Beberapa orang menghampiriku. Perempuan yang tidak asing bagiku. Ya, mereka adalah bukdeku, kakak dari ibuku. Mengajakku untuk sejenak dan memberiku segelas air minum. Lalu menceritakan hal apa yang telah terjadi. Ternyata 2 panggilan tak terjawab tadi adalah panggilan untuk memberiku kabar bahwa bunda sedang dibawa ke rumah sakit terdekat. Bunda cedera karena terjatuh di kamar mandi dan sekarang masih di perjalanan dari rumah sakit menuju rumah. Ya Allah, kenapa seperti ini? Aku pulang untuk bertemu bunda, bukan untuk melihat jasadnya saja. Aku masih belum bisa mempercayainya.
Cerpen: Secuil Rindu dan Doa untuk Bunda, Karya Lyra Azzla

(Sumber:TO UN DKI JAKARTA PAKET B 2016-2017)
Latar suasana hati yang gundah dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….
A.                  (4) dan (5)
B.                  (4) dan (6)
C.                  (5)dan (6)
D.                  (5) dan (7)
E.                   (8)dan (9)

37.Cermati kutipan cerpen berikut.
Teman-teman Fajar tiba-tiba bersorak gembira.Namun,tidak jauh dari mereka terlihat Daffa yang terlihat lemas karena layang-layanganya putus.Padahal,Daffa sudah menggunakan berbagai strategi untuk memenangkan permainan layang-layanganya melawan Fajar ,tetapi kali ini ia tidak berhasil.Tidak lama senja pun tiba.Ketika terdengar suara azan,anak-anak membubarkan diri untuk pergi ke masjid ,berita kemenangan Fajar atas Daffa semakin menambah keyakinan anak-anak desa itu baha layang-layang milik Fajar memang sakti.
                                                                                                                          (sumber:soal UN 2016-2017)
Konflik pada kutipan tersebut adalah...
A.                  Fajar kaget mendngar teman-temannya bersorak gembira.
B.                  Daffa tidak berhasil mengalahkan Fajar dalam permainan layang-layang.
C.                  Daffa menggunakan strategi untuk mengalahkan Fajar.
D.                  Anak-anak membubarkan diri karena mendengar azan.
E.                   Anak-anak semakin yakin dengan kesaktian layang-layang Fajar.
38.Cermati kutipan berikut.
Mendengar nada suaranya ,Wibisono tampak serius.Aku tidak maudi menggapku tidak perhatian,paling tidak aku menampakkan batang hidungku disana.Kolagennya juga pasti ingin mengetahui siapa isti Wibisono,formalitas seperti iu merupakan peraturan tidak tertulis yang harus dijalankan .Sebenarnya aku bisa saja mengelak dengan berbagai macam dalih ,namun aku tidak ingin melakukanya.
                                                                                                                           (sumber:soal UN 2016-2017)
Pendeskripsian watak tokoh aku yang bertanggung jawab diungkapkan melalui...
A.                  Dialog antarokoh
B.                  Lingkungan tokoh
C.                  Pikiran tokoh
D.                  Tanggapan tokoh
E.                   Fisik tokoh.
39.Cermati penggalan naskah drama berikut.
Sampek : pergilah sendiri,lelaki tidak pantas pergi ketaan bunga,
Engtay   : kenapa tidak? Kita hanya duduk-duduk selagi masih muda dan masih banyak kesempatan untuk bersuka-suka.Masa muda Cuma datang satu kali,kalau tidak dinikmati tidak akan ada kesempatan lagi.Sebab begitu tua yang ada hanya persoalan-persoalan.
Sampek : aku hendak belajar.Justru lantaran masa muda datang sekali ,kita harus mengisinya dengan baik dan hati-hati belajar begitu kita lengah dan gmar sedikit saja bersuka-sukaan ,maka sesudahnya kita akan kecanduan.
                                                                                                               (sumber:Teropong UN SMK 2014)
Amanat penggalan naskah drama tersebut adalah...
A.                  Untuk menghilangkan kepenatan setelah belajar sebaiknya sekali-kali kita perlu rekreasi
B.                  Jangan menyia-nyiakan waktu untuk hal-hal yang tidak perlu
C.                  Manfaatkan masa muda dengan hal-hal yang baik agar tidak menyesal
D.                  Masa tua akan datang karna itu hadapilah dengan senang hati
E.                   Masa tua harus dihadapi dengan keoptimisan
40.Cermati kutipan berikut.

Meskipun mereka sudah berteman hampir tiga belas tahun,dengan masalah yang tak sama jauh-jauh ari penampilan fisik-perangai Jo dan Vin tumbuh berbeda sekali. Vin tumbuh dengan pemahaman baik.Sejak SMA ia tidak terlalu peduli dengan pndapat orang lain.Sepanjang ia bahagia,maka mau ia jelek,mau cantik orang lain menilai ,ia selalu merasa cantik.
   Berbeda dengan Jo yang menolak paham kalau pun ia sebenarnya paham untuk menerimanya.Jo terus berkutat dengan tubuh tambunnya.Pernah saking inginnya bertubuh kurus,Jo memaksakan diri melakukan diet tanpa terkendali.Fantastis memang,berat tubuhnya turun separuh.Membuat pangling,tapi itu hanya bertahan beberapa minggu ,sebelum berakhir terbaring diranjang rumah sakit.Saat ia kembali sehat,tubuhnya kembali besar tanpa terkendali.
                                                                                                                   (sumber;soal UN 2016-2017)
Ringkasan kutipan tersebut adalah...
A.                  Vin dan Jo bersahabat cukup lama, tetapi mereka memiliki pandangan yang berbeda tentang penampilan fisik.
B.                  Vin dan Jo hampir berusia hampir tiga puluh tahun,selalu memperhatikan pnampilan fisik.
C.                  Vin gadis yang selalu tampil sederhana sedang Jo selalu berusaha memperbaiki penampilannya.
D.                  Vin tidak peduli dengan pendapat orang tentang penampilannya yang penting bahagia.
E.                   Jo selalu ingin tampil menarik dengan melakukan diet agar tubuhnya menjadi kurus.
41.Cermati paragraf berikut.
Teman-tamanya senang mengolok-olok Joko.Menatang-mentang ia hanya anak pesuruh sekolah yang rumahnya di gang sempit.Sudah sepuluh tahun ibunya berkerja sebagi pembantu disekolah ini untuk membantu ibunya Joko harus membersihkan kelas setiap pagi satu jam sebelum pintu-pintu gerbang sekolah dibuka.
                                                                                                                      (sumber; soal UN 2016-2017)
Hal yang dapat ditemukan dalam kehidupan saat ini adalah...
A.                  Durhaka kepada orang tua karena tidak mampu
B.                  Menyayangi orang tua walaupun tidak mampu
C.                  Berkerja untuk melanjutkan sekolah
D.                  Berkerja untuk membantu adik-adik sekolah
E.                   Menghina teman karena pekerjaan orang tuanya
42.Cermati paragraf berikut.
Pengemis itu datang seperti persaktian yang menyibak kabut pagi.Ketika itu aku sedang menyabik rumput dekat pagar rumah belakang rumah.Matanya merah,wajahnya meringis.Dari kerongkonganya keluar sepri suara ternak sedang disembelih .Ia hendak mengadukan sesuatu,mengeluhkan sesuatu tetapi aku tak menangkap apa maksudnya.Aku hanya berfikir ia hanya berpura-pura saja untuk mengorek iba dari hati sanubariku.Aku merasa sangat marah saat itu karena mrasa sedang dipermainkan.
                                                                                           (sumber: soal UAS SMAN TAMAN MADYA 1)
Suasana dalam kutipan cerpen tersebut adalah...
A.                  Takut
B.                  Iba
C.                  Marah
D.                  Sedih
E.                   Bingung
43. Cermati kalimat berikut.
Teman-teman dan orang-orang yang hadir disekita tempat kerja Dodi bisa memaklumi hal itu karena Dodi menderita keterbelakangan mntal.
                                                                                                           (sumber:Teropong  UN SMK 2014)
Makna kata keterbelakangan pada kalimat diatas yang tepat adalah...
A.                  Tidak menghiraukan
B.                  Tidak berani tampil
C.                  Kelambatan perkembangan
D.                  Kelambatan dalam berkomunikasi
E.                   Kelambatan dalam beraktivitas
44.Cermati kutipan berikut.
“Apa kau bilang?jodoh? saya tidak rela kau berjodoh dengan Azrial .Akan saya carikan kau jodoh yang lebih bermartabat!”
“apa dia salah kalau ayahnya hanya seorang juru masak?”
“jatuh martabat keluarga kita bila lelaki itu menjadi suamimu.Paham kau?”
“derajat keluarga Azrial memang seumpama lurah tak berbatu,seprti sawah tak berpemantang ,tak ada yang bisa diandalkan.”
Maka engan berat hati Azrial melupaan Renggogeni .Ia hengkang dari kampung,pergi membawa luka hati
                                                                                                                    (sumber: soal UN 2016-2017)
Nilai budaya yang terdapat pada kutipan tersebut adalah...
A.                  Orang tua mencarian jodoh untuk pasangan anaknya yang sesuai.
B.                  Seseorang kekasih meninggalkan pasangnya karena miskin.
C.                  Keturunan harus dipertimbangkan unuk mencari pasangan agar sepadan.
D.                  Laki-laki harus berhasil dalam hidupnya sebelum mencari pasangan.
E.                   Orang tua berha menolak jodoh yang dipilih anaknya
45.Cermati kutipan berikut.
(1)Mendengar nada suaranya ,Wibisono tampak serius.(2)Aku tidak mau dia menggapku tidak perhatian,(3)paling tidak aku menampakkan batang hidungku disana.(4)Kolagennya juga pasti ingin mengetahui siapa istri Wibisono,(5)formalitas seperti iu merupakan peraturan tidak tertulis yang harus dijalankan .(6)Sebenarnya aku bisa saja mengelak dengan berbagai macam dalih ,(7)namun aku tidak ingin melakukanya.
                                                                                                                           (sumber:soal UN 2016-2017)
majas dalam kutipan tersebut terdapat pada nomor...
A.                  1
B.                  2
C.                  3
D.                  4
E.                   6
46.Cermati pantun berikut.
...
...
Rajin-rajinlah beribadah
Beribadah tentramkan hati
                                                                                                 (sumber:soal UAS SMK TAMAN MADYA 1)
Larik sampiran yang tepat adalah...
A.                  Ilalang kayu keringlah sudah,tak lama lagi akan mati
B.                  Elok rupanya kumbang jati, dibawa itik pulang petang
C.                  Sepatu sandal hilang sebelah, sudah dicari tidak ketemu
D.                  Karena kuda ada kursinya, penumpang banyak sekali
E.                   Burung damar terbang kemari, jatuh kenikuk masuk kelaut
47.Cermati gurindam berikut.
Marilah kita tekun menabung
Agar hidup kita tersambung
                                                                                                                 (sumber:soal UN 2016-2017)
Amanat isi gurindam tersebut adalah...
A.                  Jika uang tidak ditabung,pinjamkan kepada orang lain yang mmbutuhkan.
B.                  Rajinlah menabung agar uang tidak terus-menerus digunakan untuk belanja.
C.                  Bila kita rajin menabung,uang tersebut dapat digunakan untuk membantu orang lain.
D.                  Bila kita rajin menabung,kita dapat terus menyambung tali silahturahmi dengan keluarga lainnya.
E.                   Rajinlah menabung agar kebutuhan hidup dimasa datang dapat terpenuhi.
48.Cermati kutipan cerpen berikut.
Angin pergantian musim semakin kencang berhembus ,mengantar hawa dingin yang menembus ketebalan jaket yang kukenakan.aku merasakan suasana malam ini tidak biasanya.aku merasa ada yang aneh.bulu kudukku berdiri,seesekali lolongan anjing di kejauhan menambah suasana malam semakin mencekam .Kuletakkan Al-Quran kecil dipangkuanku ketempatnya .Aku bangkit menuju kamar disamping surau.Langkahku tiba-tiba terhenti.Sekelebatan aku melihat bayangan hitam dibawah pohon nangka di samping rumah.Aku menajamkan penglihatan.
(Santet,Ida Royani,S.Pd)                
                                                                                                                         (sumber:soal UN 2016-2017)
Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan buku adalah...
A.                  Cerpen tersebut menarik karena menggambarkan suasana malam yang menakutkan dan diperkuat dengan lolongan anjing.
B.                  Bahasanya mudah dipahami,tetapi sayang pesan yang ingin disampaikan pngarang kurang tergambar begitu jelas.
C.                  Pengarang berhasilmenghadirkan latar suasana pada malam hari yang menakutkan melalui dialog dan perilaku tokoh.
D.                  Pengarang menggunakan kata-kata yang biasa dijumpai sehari-hari sehingga dapat menghidupkan suasana.
E.                   Latar suasana dan latar waktu saling mendukung untuk menghadirkan cerita yang lebih menarik
49.Cermati paragraf berikut.
Pendidikan budi pekerti perempuan semata-mata  ditujukan untuk keperluan laki-laki segala sifat lemah itu dijadikan sifat perempuan yang termulia.Perempuan mesti sabar,perempuan mesti lemah lembut ,perempuan mesti pendiam,berjalan tidak boleh lebar-lebar,berbicara dan tertawa tidak boleh keras.Dalam segala hal ia halus.
                                                                                                                    (sumber:soal UN 2015/2016)
Kalimat yang beupa kritik yang sesuai dengan kutipan novel tersebut...
A.                  STA seharusnya mmebrikan gambaran tokoh yang jelas sehingga mudah dipahami.
B.                  Adanya penyajian yang melemahkan derajat kaum wanita,yaitu harus tunduk kepada kaum pria.
C.                  Nilai-nilai yang terkandung dalam kutipan novel tersebut biasa saja dan sudah sangat umum.
D.                  Novel tersebut mengandung nilai pendidikan,kepibadian,tanggung jawab,dan religius.
E.                   Alur ceritanya tidak jelas dan gaya bercerita yang berlebihan terasa membosankan kepada pembaca.
50.Cermati puisi berikut.
Jangan di Sini Kita Berhenti
Kenapa di sini kita berhenti
Jalan masih panjang untuk kit lewati
Jangan takut pada rintangan yang menghalangi
Lewatilah, hiraukanlah teriakkan yang menghujam hati
Toh,nanti mereka juga bakal mengerti

Ini jurang bakal kita lewati
Dan lihat,diseberang sana mentari telah menanti
Jangan di ini kita berhenti
Jalan masih panjang untuk kita lalui
                                                                                                           (sumber: soal UN 2016-2017)
Kalimat tanggapan (esai) yang sesuai dengan isi puisi tersebut adalah...
A.                  Isi puisi tersebut mengisahkan sesorang yang kecewa terhadap keinginannya yang tak pernah berujung datang.
B.                  Pengarang ingin menyampaikan bahwa setip orang mempunyai jalan hidup masing-masing,dan jangan iri terhadap orang lain.
C.                  Puisi tersebut menjelaskan bahwa kita hendaknya dapat meraih cita-cita dengan menuntut ilmu sepanjang hajat.
D.                  Puisi tersbut terasa mengajak kita agar tidak menyerah dalam menghadapi rintangan hidup demi mencapai masa depan yang cerah.

E.                   Penulis puisi tersebut mengungkapkan pengalaman dalam kehidupannya tentang cobaan yang dilalui seseorang.

Comments

Popular posts from this blog

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah .... a.        Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013 b.       Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah c.  ...

28. Rizky Sulistyowati XIIMIPA 1 Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

PEMBAHASAN SOAL PERBAIKAN LATIHAN 1 BAHASAN INDONESIA (SOAL LAMA) Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. 1. Ide pokok paragraf tersebut adalah … .                 A. cara memperkuat kepribadian peserta didik melalui materi pembelajaran                 B.  penghargaan pengorbanan seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan                 C. upaya penanaman sikap positif peserta didik dalam pembelajaran                 D. tujuan penyisipan peristiwa sejarah dalam pembelajaran bahasa Indonesia                 E. cerminan suatu sikap jati diri peserta didik dalam...