Skip to main content

Kelas XII IPA 3 Ujian Praktik Teater "Koruptor Kelas Teri" SMAN 41 THN 2018

  Ujian Praktik Teater "Koruptor Kelas Teri" SMAN 41 THN 2018


Tim Produksi :
1. PAK KISWO/PAK KADES : Yodi Novianto
2. ARIP : M.Farhan GunawanU
3. PEGAWAI : Hafifah Erina
4. PEGAWAI 2 : Dian Khotija Ambarsari
5. RINA/BU KADES : Dewi Alfiyatur
6. SARNI : Nurul Nabillah
7. INEM : Chika Marditia 
8. ATUN : Shilvi Nursavitri
9. PETUGAS KEPOLISIAN : Aldy Pramudya

Kelas : XII MIPA 3

Group : 1







Guru Penguji :
1. Dra. Novalinda, M.Pd
2. Dra. Siwi Marwati, M.Pd
3. Muhammad Jarkasih, S.Pd, M.Par


                                            "Pejabat Kelas Teri"

Pada suatu ketika setelah PILKADES di DesaMawar, Pak Kiswo yang terpilih sebagai KADES yang baru mengadakan syukuran besar-besaran.Setelah syukuran selesai beliau mengunjungi kantor tempat dimana dia akan bekerja bersama Arip (sang asisten pribadi). Sesampainya di kantor mereka disambut dengan ramah oleh para pegawai.

PEGAWAI:”Selamat siang, pak.”

KISWO:”Iya, selamat siang.(menghampiri tempat duduk). Rip…”

ARIP:“Ada apa bos?”
KISWO:”Akhirnya keinginan kita tercapai juga ya”
ARIP    :”Benar juga bos.. Eh salah, bapak maksudnya, hehehe….
 (diam beberapa saat)Lantas apa yang bapak akan lakukan
  lagi?”

KISWO:”Ya.. yang penting uang kita balik dulu, entah bagaimana
 caranya.

ARIP:”Iya pak, saya juga setuju. Tapi kantidak bisa instan pak, jadi
 harus sabar.

2.

KISWO:”Saya berniat untuk mencoba mengakali dana pemasuk  kita.

ARIP:”Mengakali ? Maksudnya, pak ?”

KISWO:”Saya akan mencoba meminta dana ke pusat untuk menjalani
 progam pembangunan jalan di Desa Mawar ini, dan
 mengambil sedikit keuntungan dari dana ini. Ya… sekitar
 25% nya lah.”

ARIP:”Lho…lho…lho… kok gitu pak? Baru gini saja sudah mau
 korupsi, pejabat macam apa bapak ini”

KISWO   :“Lah, emang duit kamu yang 15 juta itu gak mau saya balikin?

ARIP:“Lho, ya di balikin dong pak, namanya utang ya harus dibayar.
 Tapi bukan dengan uang hasil korupsi juga”

KISWO:”Coba bayangkan, uang kamu 15 juta, rumah, tanah, dan
 mobilku sudah ku jual buat biaya kampanye, belum lagi utang
 bank yang setengah M itu. Kalau kamumau sabar ya
 tungguin saja sampai tuaLagipula gajiku juga tak seberapa.

ARIP    :”Ya jangan lah pak, itu saja saya ngambil dari uang bayaran
 anak-anak, lah masa anak saya lepas sekolah cuma gara
 gara itu”

KISWO:“Makanya nurut aja, tidak usah membantah!
ARIP    :“Iya pak, saya nurut saja.

RINA: (mengetuk pintu) ”Permisi…”

ARIP:”Iya, silahkan masuk.”


3.

KISWO:”Ehh.. Ada istri tercinta. Ada perlu apa, ma ?

RINA:”Ini pa, mama mau mengantarkan makanan untuk papa dan
 untuk para pegawai.”

ARIP:”Wah.. Untuk jatah makan siang saya ada juga kan, bu ?”

RINA:”Tentu saja ada. (mengeluarkanmakanan) Nah, ini untuk
 asisten suamiku yang selalu setia sampai sejauh ini.”

ARIP:”Duh.. Terimakasih bu. Ibu memang tau apa yang terbaik buat
 kita semua.”

KISWO:”Halah, gombal kamu. Sudah ma, kalau tidak ada urusan lagi
 lebih baik mama pulang saja. Ada yang harus papa dan Urip
 bicarakan.”

RINA:”Iya, pa. Kalau begitu mama pulang dulu.(berjalan keluar)”

KISWO:”Ya, hati – hati yah dijalan ma.”

ARIP:”(berbisik)Pak, jadi kita bisa mulai rencana nya kapan ?”

KISWO:”Yaa.. Dalam waktu dekat lah kalau bisa.”

ARIP:”Tapi pak, saran saya sih jangan terlalu terburu - buru. Terlalu
 berbahaya jika rencana ini bocor.”

KISWO:”Untuk itu, saya juga sudah persiapkan rencana.”

ARIP:”Rencana apa lagi, pak ?”

KISWO:”Jadi, pertama –tama kita akan membuat program sosialisasi
 untuk mengambil hati para rakyat desa dengan membagikan
 sembako gratis…… 
4.


PEGAWAI 2:”Permisi, pakSelamat sore.”

ARIP:”(Dengan wajah yang bingung karena terkejut) Aduh… Saya
 kira siapa. Bikin kaget saja kamu ini. Lain kali ketuk pintu dulu
 sebelum masuk !”

PEGAWAI 2:”Iya pak, maafkan saya. Saya terburu – buru tadi.”

ARIP:”Memangnya kamu ada perlu apa ?”

PEGAWAI 2:”Anu pak.. Saya ada perlu sama Pak Kiswo.”

KISWO:”Iya, ada perlu apa ?”

PEGAWAI 2:”Ini pak, saya ingin memberitahu tentang laporan
  keuangan sejak masa jabatan
  Kepala Desa yg lalu, pak.”

KISWO:”(saling lirik dengan Urip) Oh.. Iya yasudah letakan saja
 dimeja.”


PEGAWAI 2:”Baik, pakKalau begitu saya permisi.”

KISWO:”Iya, silahkan. Terimakasih.”(Berjalan keluar ruangan)

ARIP:”Pak, gimana kalau kita mengambilsedikit dari anggaran dana
 ini saja pak ? Setidaknya untuk menutupi sebagian dari
 hutang – hutang bapak saja. Kan bisalebih cepat dapat
 untung, bila hutang - hutang terlunasi.”


KISWO:”Nanti kalau ketahuan bagaimana ? Bisa gagal semua rencana
 saya.”
5.


ARIP:”Yah bilang saja lah pak untuk program sosialisasi yang seperti
 bapak ucapkan tadi. Jadi, kita lebihkan saja uang anggaran
 untuk program itu pak. Memangnyabapak mau membuat
 program itu dari mana uangnya ? Apamau berhutang ke Bank
 lagi ? Utang yang kemarin saja sudah setengah M. Mau bayar
 pake apa pak ? Pake kentut ?”

KISWO:”Rupanya tidak sia – sia juga yah kamu saya jadikan asisten.
 Sehati dan sejalan. Picik dan juga pintar, ya tentunya seperti
 saya.. (Tertawa)”

ARIP:”Tapi pak, sebenarnya saya masih setengah hati menjalankan
 rencana ini. Karena, saya tidak tega bilaharus membohongi
 anak dan istri saya pak.”

KISWO:”Sudahlah Rip, soal itu jangan kau fikirkan. Yang penting
 semua kebutuhan hidupmu dan keluargamu bisa terpenuhi.
 Bahkan bisa lebih dari cukup.”

ARIP:”Hidup saya jadi tidak tenang pak. Saya takut, bila nanti saya
 ketahuan.”

KISWO:”Sudah sudah! Kan sudah saya bilang nurut saja!”

ARIP:”Iya pak iya. Maafkan saya..”

KISWO:”Yasudah.

ARIP:”Baiklah pak kalau begitu, saya pamit dulu. Saya ada janji
 dengan istri saya, pak.”

KISWO:”Iya, Rip. Untuk selanjutnya kamu tunggu aba aba dari saya.”


6.


ARIP:”Siap, pak.”

            Hari demi hari sudah dilului, dari bulan ke bulan, sang KADES sudah menjalankan misinya dengan mulus. Utang-utang dan harta benda pun sudah kembali, bahkan melebihi yang sebelumnya. Para warga sekitar pun terus membicarakan soal harta Pak Kades, mereka curiga ada hal yang janggal. Sampai suatu ketika saat Rina (Bu Kades) sedang menghantarkan makanan untuk suaminya dikantor tempatnya bekerja, dia dengar ibu-ibu sedang menggosipkannya.

SARNI :”Eh eh eh, saya heran deh samauang Pak Kiswo, kayak gak
 ada habisnya gitu lho. Semenjak dia menjabat sebagai Kepala
 Desa, kehidupannya berubah banget.Coba lihat tuh Bu Rina,
 cuma nganter makanan aja masa rapih banget, sombong
 banget sih.. Apa uang hasil korupsi ya?Saya jadi curiga.

ATUN:”Ih, iya tuh bu. Benar bangetSombong. Saya juga jadi curiga,
 bu.”

INEM   :“Hust, ngaco! Kamu tuh kalo ngomong jangan sembarangan,
 jangan ngawur! Jadi Kepala Desa itu kangajinya nggak seribu
 dua ribu, yah jadi wajar saja. Lagian mana mungkin sih Pak
 Kiswo itu korupsi. Beberapa pekan lalu saja dia beserta
 staffnya membuat program sosialisasi dengan membagikan
 banyak sembako gratis. Kalian juga dapat jatah sembakonya
 kanbu ? Yah jadi gamungkin lah kalo Pak Kiswo korupsi.
 Keluarga Pak Kiswo kan selama ini jugabaik sama kita
 semua

ATUN:”Ih, iya tuh bu. Benar banget. Baik.Saya juga dapet sembako
 kok, bu. “

SARNI:”Lho, ini kan bener mbakMemang sudah ada isunya juga kok.
 Kalo bukan dari hasil korupsiya paling tidak hasil dari
 pesugihan.”

7.


ATUN:”Ih, iya tuh bu. Benar banget. Pesugihan. Saya juga pesugihan
 kok, bu.”

SARNI&INEM :”Hah! Ibu Atun pake pesugihan ?”

ATUN:”Eh.. Tidak tidak bu. Maksud saya Pak Kiswo yang pesugihan.”

SARNI:”Ohh.. Iya tuh bu, saya kira juga begitu. Saya tidak percaya
 kalo uang yang dihasilkan Pak Kiswo itu murni dari hasil
 gajinya saja. Mana mungkin dia bisa….(diselak)”

RINA   :”Ada apa ini ibu – ibu ?
SARNI :”Eh, emmmm, aanuu buk. Lagi gosipin Pak Kiswo.
RINA   :”Pak Kiswo ????? (Tampak Bingung). 

INEM   :“(plakkkkkk, mukul bahu SARNI)

ATUN:”Ih iya tuh bu. Benar banget. Pak Kiswo. Saya juga lagi
 gosipin pak Kiswo kok, bu.”

INEM:”(plakkkkkk, mukul bahu ATUN) Maksud mereka tadi gosipin
 Kang Wowo Bu, pedagang sayur yang pelit itu lho Bu.

ATUN:”Ih, iya tuh bu. Bener Banget. Kang Wowo. Saya
 juga..(diselak)”

INEM   :“Sudah-sudah! Ngaco terus kamu.Ayo kita pulang saja. Mari
 Bu Rina.

RINA   :”Ohh.. Iya, yasudah bu.

8.


Suatu pagi saat Pak Kades sedang duduk di kursi ruang kerjanya sembari baca Koran.karena sedang santai alias sedang istirahat, tiba-tiba seorang pegawai masuk ruang pak Kades.
KISWO:“Halah, semua koran kok kasusnya korupsi semua. Jadi bête
 kan.
PEGAWAI:”Permisi pak, maaf mengganggu di jam istirahat. Ada yang
 mau saya tanyakan”
KISWO:Oh, Ibu Hamida yang cantik rupanya. Mari masuk dulu.

PEGAWAI:”Iya pak, terimakasih”

RINA:”Permisi..”

KISWO:Eh.. kebetulan mama sudah sampai.Mari masuk ma, dan
 segera siapkan makanan untuk papa dan bu Hamida.”

RINA:”Eh ada bu Hamida juga disini. Sebentar yah bu, saya siapkan
 makanannya dulu.

PEGAWAI:”Iya sudah bu, terimakasih. Tidak perlu repot – repot.”

KISWO:”Jadi, ada perlu apa bu ?”
PEGAWAI:”Begini pak, langsung saja, maksud kedatangan saya kemari
 mau menanyakan soal dana desa kebapak yang menurut
 laporan ada masalah. Kami kanmendapat dana dari pusat
 sebesar Rp. 5.700.000.000 untuk pembangunan jalan di desa
 pak. Tetapi laporan dari kantor kelurahan hanya ada dana 

9.


 Rp.4.275.000.000 pak, itu gimana?

KISWO:Begini bu, itu uang kan saya suruhorang untuk
 mengambilnya, dan dia minta uang bensin. Jadi saya kasih
 100ribu, dan juga ada biaya lain-lainbu.”

PEGAWAI:”Biaya apa saja itu pak?”
KISWO:“Uang makan dan lain-lainbu.
PEGAWA:”Kebanyakan lain-lainnya pak, jangan-jangan ada dana yang
 lain yang sudah tidak utuh”

KISWO:“Betul itubu.

PEGAWAI:”Lho? Apa itu pak?”

KISWO:“Ehhhhh, anuu, uang dapur bu, setiap hari selalu tidak utuh.

RINA:”(muncul membawa air minum dan hidangan) Iya, gak pernah
 utuh. Bapak maunya makan enak terussih..
KISWO:”Kan supaya sehat ma. Kualitas yang baik juga untuk
 kesehatan kita biar lebih baik. Tentunya kesehatan itu mahal
 harganya, bukan begitu bu?”

PEGAWAI:”Memang benar, tapi kualitas bagus itu tidak
 harus mahal pak!”

KISWO:“Mana ada jaman sekarang yang tidak mahal bu?”

PEGAWAI:”Murah mahalnya itu, tergantung bisa tidaknya kita dalam
10.


 memilih pak”

KISWO:”Lho.. itu pilihan saya kokAda masalah?”

RINA:”Sudah-sudah, di minum dulu bu. Memang bapak itu tidak mau
 kalah meskipun salah”

PEGAWAI:”Terimakasih bu, dan maaf sebelumnya disini tadi kami sudah
 mencari pokok maslah nya.Dan Pak Kiswo beserta asistennya
 terbukti  melakukan korupsi”

RINA:”Hahhhhhhhhhhh? apa bu (kaget)?”

KISWO:”Lho lho lho, tidak bisa begitu dong! Mana buktinya?”

POLISI:”(datang dengan menunjukkan identitas serta surat perintah)
 Saksi dan buktinya sudah ada di kantor polisi pak, mari ikut.”

KISWO:“Tidak bisa! Saya tidak bersalah! Lepaskan saya!”
POLISI:”(sambil menyeret Pak Kiswo) Nanti bapak bisa jelaskan di
 pengadilan.

Diluar sudah ada para warga yang penasaran akan kegaduhan di desa mereka. Dengan tertatih-tatih Bu Rina keluar bersama Bu Hamida (pegawai kecamatan) sambil menangis.

PEGAWAI:”Sudah buk, yang tabah. Kami pamit dulu. Mari buk!”
RINA:”Iya buk (mengelap air mata).

Comments

Popular posts from this blog

Kelas 12 Ipa 2 Kelompok 4 Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018

Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018 BULLYING Tim Produksi : 1. Amos Fernando Nainggolan – Guru Matematika (Mengetik Naskah) 2. Destia Laila – Teman Dewi dan Sharhan (Makeup) 3. Dewi Astuti – Peran yang di bully (Kostum) 4. Dwi Prasetyo – Guru BK (Penata Artistik) 5. Kedive Ramadhan – Tukang bully (Admin Sosmed) 6. Muhammad Daffa Firdaus – Tukang bully (Sutradara) 7. Muhammad Luthfi Sasmita – Tukang bully (Properti) 8. Muhammad Sharhansyah – Peran yang di bully (CD) 9. Titis Sulistiyo Wahyuning Asih -  Tukang bully (Pembuat Naskah) Grup 4  XII MIPA – 2 Ujian Praktek Guru Penguji: 1. Dra. Siwi Marwati, M. Pd. 2. Dra. Novalinda, M. Pd. 3. Muhammad Jarkasih, S Pd. M. Par. SMA Negeri 41 Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018 Di sebuah Sekolah bernama SMA Bar – Bar terdapat sebuah kelas yang dihuni oleh berbagai macam karakteristik siswa. Pagi hari Destia dan Sharhan dikelas, tiba – tiba Daffa dan teman-temannya

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah .... a.        Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013 b.       Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah c.        Pembelajaran yang sangat dianjurkkan pada kurikulum 2013 d.       Penyajian perasaan

27. Novani Sisilia Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

Nama : Novani Sisilia Soal UN Bahasa Indonesia Thn. 2016 04 Paket B Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik menyisipkan peristiwa sejarah dengan harapan dapat memperkuat kepribadian peserta didik dengan menghayati nilai-nilai perjuangan dan pengorbana seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan. Pembelajaran ini juga dimaksudkan untuk menanamkan sikap positif dalam diri peserta didik terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa identitas bangsa yang harus dijunjug tinggi yang harus tercermin dalam sikap berbahasa, baik lisan maupun tulis. Bahasa Indonesia merupakan cerminan sikap dan jati diri bangsa Indonesia di lingkungan pergaulan dunia global. 1.          Ide pokok paragraf tersebut adalah … . A.         cara memperkuat kepribadian peserta didik  melalui materi pembelajaran B.         penghargaan pengorbana n seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan C.         upa