Skip to main content

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.
Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman.

1.       Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
a.       Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013
b.      Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah
c.       Pembelajaran yang sangat dianjurkkan pada kurikulum 2013
d.      Penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks
e.      Penyajian perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai
2.       Tujuan penulis menyajikan isi teks tersebut adalah ....
a.       Mengimbau agar pendidik mengubah cara pembelajaran Bahasa Indonesia
b.      Mengingatkan pendidik supaya pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks
c.       Menjelaskan pembelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang Pendidikan Menengah
d.      Mendeskripsikan pembelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang Pendidikan Menengah
e.      Membandingkan cara pembelajaran dengan berbasis teks dengan tidak

Cermati paragraf berikut
(1) Pada kurikulum 2013 yang menekankan pentingnya keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. (2)Kemampuan berbahasa yang dituntut tersebut dibentuk melalui pembelajaran berkelanjutan. (3) Pembelajaran dimulai dengan meningkatkan pengetahuan tentang jenis, kaidah, konteks suatu teks. (4) Setelah itu, dilanjutkan dengan keterampilan menyajikan suatu teks tulis dan lisan, baik terencana maupun spontan yang bermuara pada pembentukan sikap kesantunan dan kejelian berbahasa. (5) Sikap penghargaan terhadap Bahasa Indonesia sebagai warisan budaya bangsa pun sangat diutamakan sehingga peserta didik mencintai, menghargai, dan peduli dalam memelihara bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis

3.       Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor ...
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
e.      5


Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 4-5
(1) Usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi materi pelajaran yang diharapkan haruslah diupayakan oleh pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran. (2) Untuk mencapai itu semua, pendidik harus menyiapkan pembelajaran dengan pendekatan dan model pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi  yang dibahas. (3) Disamping itu, peserta didik secara merata harus dilibatkan dalam pembelajran tersebut. (4) Peserta didik pun harus mencari sumber belajar lain yang  tersedia dan terbentang luas disekitarnya sebanyak-banyaknya. (5) Pendidik dapat memperkaya kreasi pembelajaran dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan dengan daya serap peserta didik, lingkungan sosial, dan alam.

4.       Yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah kalimat bernomor ...
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
e.      5
5.       Makna istilah kompetensi pada paragraf tersebut adalah ...
a.       Keinginan mencoba
b.      Kesungguhan menggali
c.       Kecepatan menangkap
d.      Kekuatan menyelesaikan
e.      Kemampuan menguasai
Cermati kutipan tajuk rencana berikut untuk menjawab 6-9
(1) Menurutnya debit air dalam hitungan bulan, tampaknya akan menjadi pembenaran akan prediksi ahli tentang krisis yang terjadi di Palembang. (2) Diperkirakan banyak penyebab menurunnya debit air ini, seperti yang dituduhkan orang penyebabnya adalah penebangan liar yang tidak terkendali lagi. (3) Dipersalahkan pula pembakaran hutan yang menyebabkan menurunnya debit air. (4) Pihak PDAM setempat melakukan pengukuran terhadap debit-debit air yang ada untuk memprediksi seberapa lama kekeringan akan terjadi. (5) Beberapa daerah juga mengalami penurunan yang sama setelah dilakukan pengukuran debit air. (6) Jika tidak ada upaya pemda setempat untuk menanggulangi hal ini, diprediksi lahan gundul akan terus meningkat. (7) Akibatnya, kekeringan akan terus melanda daerah ini. (8) Rebiosasi dirasakan perlu untuk menanggulangi masalah sekaligus menjadi solusi jangka panjang bagi kekeringan yang akan terjadi pada suatu daerah akan membuat masyarakat menderita.

6.       Yang berupa fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor ....
a.       (1) dan (3)
b.      (2) dan (4)
c.       (4) dan (5)
d.      (6) dan (7)
e.      (7) dan (8)
7.       Opini penulis yang sesuai dengan isi tajuk rencana tersebut adalah ....
a.       Penurunan debit air dalam hitungan bulan sudah menjadi pembenaran akan prediksi ahli di Palembang
b.      Pencegahan penggundulan hutan dan reboisasi harus dilakukan agar kekeringan tidak terjadi lagi.
c.       Perkiraan banyak penyebab menurunnya debit air oleh penebangan liar yang mencari untung.
d.      Pengukuran terhadap debit –debit air yang ada untuk memprediksi seberapa lama kekeringan akan terjadi.
e.      Penanggulangan kekeringan terhadap hal ini untuk mencegah mengundulan lahan aka teratasi segera.
8.       Pihak yang dituju dalam isi opini penulis pada tajuk rencana tersebut adalah ....
a.       Pemda setempat
b.      Pemerintah pusat
c.       Penebang liar
d.      Pembakar hutan
e.      Masyarakat setempat
9.       Keberpihakan penulis (editorial) pada kutipan tersebut adalah kepada ...
a.       Pemda setempat
b.      Pemerintah pusat
c.       Penebang liar
d.      Pembakar hutan
e.      Masyarakat setempat
Cermati kedua kutipan teks berikut
Teks 1
Teks 2
Buku ini dipersiapkan untuk mendukung kebijakan kurikulum yang sedang berlaku. Buku ini juga tidak hanya mempertahankan bahasa Indonesia berada dalam daftar pelajaran di sekolah, tetapi juga menegaskan pentingnya keberadaan bahasa Indonesia sebagai penghela dan pembawa berbagai ilmu pengetahuan. Dengan paradigma baru tersebut, Badan Bahasa terpanggil untuk bertindak menjadi agen perubahan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Perubahan pembelajaran itu tercermin dalam buku yang dirancang, yaitu berbasis teks ini, sesuai tuntunan kurikulum.
Sebagai edisi pertama, kami penulis buku ini sangat terbuka untuk menerima kritik dan saran dari berbagai pihak. Kami akan terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan buku ini dan untuk edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia merderka (2045). Untuk itu kami mengucapkan terima kasih.

10.   Perbedaan isi yang terdapat pada kedua kutipan tersebut adalah ....

Teks 1
Teks 2
a.       Penjelasan isi penting sebuah buku
Manfaat isi buku bagi pembaca
b.      Buku yang sangat sesuai dengan kurikulum
Pihak penulis yang bertanggung jawab
c.       Pemaparan pentingnya bahasa Indonesia
Pentingnya kritik dan saran bagi penulis
d.      Tujuan penyajian atau terbitkan buku
Harapan penulis kepada pembaca terhadap buku
e.      Perubahan yang terjadi pada kurikulum
Kemajuan pendidikan masa mendatang

Cermati kutipan biografi berikut
Kata Andrea diambil dari nama seorang wanita yang nekat bunuh diri bila penyanyi pujaannya, yakni Elvis Presley tidak membalas suratnya. Sedangkan Hirata sendiri diambil dari nama kampung dan bukanlah nama orang Jepang seperti anggapan orang sebelumnya. Sejak remaja itulah, pria asli Belitong ini mulai menyandang nama Andrea Hirata. Andrea tumbuh seperti halnya anak-anak kampung lainnya. Dengan segala keterbatasan, Andrea tetap menjadi anak periang yang sesekali berubah menjadi pemikir saat menimnba ilmu di sekolah. Selain itu, ia juga kerap memiliki impian dan mimpi-mimpi di masa depannya.
Seperti yang diceritakannya dalam novel Laskar Pelangi, Andrea kecil bersekolah di sebuah sekolah yang kondisi bangunannya sangat mengenasakan dan hampir rubuh. Sekolah yang bernama SD Muhamadiyah tersebut diakui Andrea cukuplah memprihatinkan. Namun karena ketiadaan biaya, ia terpaksa bersekolah di sekolah yang bentuknya lebih mirip sebagai kandang hewan ternak. Kendati harus menimba ilmu di bangunan yang tidak nyaman, Andrea tetap memiliki motivasi yang cukup besar untuk belajar. Disekolah itu pulalah, ia bertemu dengan sahabat-sahabatnya yang dijuluki dengan sebutan Laskar Pelangi

11.   Keteladanan yang terdapat pada diri Andrea sesuai isi kutipan biografi tersebut adalah ...
a.       Mengambil nama untuk diri sendiri dengan nama yang memiliki nilai sejarah untuk dikenangnya
b.      Andrea tetap memiliki motivasi belajar walau bersekolah di tempat yang memprihatinkan
c.       Andrea seorang periang, rajin belajar,dan terkenal sebagai seorang pemikir saat menimba ilmu
d.      Sangat mencintai halamannya dan juga sahabat-sahabatnya yang disebutnya Laskar Pelangi
e.      Dia tidak merasa terpaksa bersekolah di sekolah yang bentuknya lebih mirip sebagai kandang ternak
Cermati kutipan dialog berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13.
(1)    Hani       : “Bagaimana, jadi kamu mau menjuak sepeda olahragamu yang lama itu, Syakira?”
(2)    Syakira  : “Jadi, kalau harganya cocok untuk membeli sepeda yang baru, Han
(3)    Hani       : “Berapa harga jualnya, Syak? Saya yang beli kalau harganya Rp 200.000,00, ya”
(4)    Syakira  : “Saya tidak tahu, saya tanya dulu sama kakak saya, ya”
(5)    Hani       : “Ya, tanyakan sama kakakmu segera, Rp 200.000 saja, ya.”
(6)    Syakira  : “Mudah-mudahan, harganya tidak lebih dari uang yang aku punya, ya Shakira, hanya Rp 200.000,00.”

12.   Hal yang diprioritaskan dalam dialog/negoisasi tersebut adalah ....
a.       Kepastian harga sepeda
b.      Keinginan membeli sepeda
c.       Kepastian menjual sepeda
d.      Keraguan menjual sepeda
e.      Kekhawatiran harga sepeda
13.   Kalimat imperatif di antara kalimat yang tersaji pada dialog tersebut adlah yang bernomor ...
a.       (1)
b.      (3)
c.       (4)
d.      (5)
e.      (6)
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 14-16
(1) Teks dapat diperinci menjadi berbagai jenis teks, yaitu deskripsi, penceritaan (recount), prosedur, laporan, ekslanasi, eksposisi, diskusi, surat, iklan, catatan harian, negoisasi, pantun, dongeng, anekdot, dan fiksi sejarah. (2) Semua itu dapat dikelompokkan ke dalam teks cerita, teks faktual, dan teks tanggapan. (3) Dua kelompok yang disebut terakhir itu merupakan teks nonsastra yang masing-masing dapat dibagi menjadi teks laporan dan teks prosedural, transaksional, dan teks ekspositorial. Sementara itu, teks cerita merupakan jenis teks sastra yang dapat diperinci menjadi teks cerita naratif dan teks cerita nonnaratif

14.   Maksud kata acuan itu yang bercetak miring pada kalimat ke-2 paragraf tersebut adalah ...
a.       Teks dapat
b.      Dapat diperinci
c.       Menjadi berbagai
d.      Diperinci menjadi
e.      Jenis teks
15.   Inti kalimat pertama pada paragraf tersebut adalah ...
a.       Teks diperinci menjadi berbagai teks
b.      Jenis teks setelah dilakukan perinciannya
c.       Perincian teks dalam berbagai jenis teks
d.      Beragam teks yang dapat diperinci
e.      Diketahui jenis perincian teks
16.   Kesalah penggunaan kata pada paragraf tersebut adalah ....
a.       Diperinci pada kalimat (1) seharusnya dirinci
b.      Faktual pada kalimat (2) seharusnya factual
c.       Nonsastra pada kalimat (3) seharusnya tak sastra
d.      Ekspositorial pada kalimmat (4) seharusnya ekspositori
e.      Nonnaratif pada kalimat (5) seharusnya tidak narasi

17.   Cermati penggunaan tanda baca pada kalimat berikut
Ketika memperkenalkan diri, kepada orang lain, seseorang menggunakan teks deskripsi.

Perbaikan penggunaan tanda koma pada kalimat tersebut adalah ...
a.       Ketika, memperkenalkan diri kepada orang lain seseorang, menggunakan teks deskripsi.
b.      Ketika memperkenalkan, diri kepada orang lain, seseorang menggunakan teks deskripsi.
c.       Ketika memperkenalkan diri kepada orang lain, seseorang menggunakan teks deskripsi.
d.      Ketika, memperkenalkan diri kepada orang lain seseorang, menggunakan teks deskripsi.
e.      Ketika, memperkenalkan diri kepada orang lain seseorang menggunakan teks deskripsi
Cermati penggunaan tanda baca pada deretan kalimat berikut
(1) Buku, majalah, dan jurnal termasuk sumber keperpustakaan
(2) Saya ingin membeli kamera, tetapi uang saya belum cukup.
(3) Jadi wajar, kalau dia menjadi bintang pelajar
(4) Meskipun demikian anak-anaknya, berhasil menjadi sarjana
(5) Agar memiliki wawasan yang luas kita, harus banyak membaca buku.
(6) Jadi wajar kalau dia, menjadi bintang

18.   Penggunaan tanda baca yang tepat terdapat pada kalimat bernomor ....
a.       (1) dan (2)
b.      (2) dan (3)
c.       (3) dan (4)
d.      (4) dan (5)
e.      (5) dan (6)
Cermati paragraf berikut
Fungsi bahasa sebagai ekspresif berkenaan dengan penggunaan bahasa untuk menampilkan hal-hal yang terkait dengan diri pembicara atau penulis, seperti perasaan, ...., pilihan, prasangka, dan pengalamannya. Fungsi deskriptif berkaitan dengan penggunaan bahasa untuk menyampaikan informasi faktual.

19.   Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
a.       Fikiran
b.      Kepikiran
c.       Terfikirkan
d.      Pikiran
e.      Pemikiran
Cermati penggunaan kata serapan pada kalimat berikut.
Fungsi tekstual adalah fungsi bahasa yang terkait dengan cara penciptaan teks, baik lisan maupun tulis yang runtut dan yang sesuai dengan konteks. Fungsi ekspresif berhimpitan dengan fungsi tekstual dapat digunakan dalam hal mengungkapkan diri pembicara atau penulis, baik melalui media tulis maupun lisan. Fungsi sosial juga disebut fungsi impersonal (hubungan antarsesama)

20.   Perbaikan kata serapan tersebut yang tepat adalah ....
a.       Impersonalia
b.      Impersonalitas
c.       Interpersonalis
d.      Impersonal
e.      Interpersonal
Cermati penulisan judul berikut.
Saya membaca buku teknik membaca puisi di atas pentas sebelum mengikuti lomba baca puisi dalam peringatan Bulan Bahasa

21.   Perbaikan penulisan judul buku tersebut .....
a.       Teknik membaca puisi di atas pentas
b.      Teknik membaca Puisi di atas pentas
c.       Teknik Membaca Puisi di atas pentas
d.      Teknik Membaca Puisi di Atas Pentas
e.      Teknik Membaca Puisi Di Atas Pentas
Cermati paragraf berikut.
Mereka ini melakukan perjuangan yang panjang sehingga mereka menemukan solusi yang tepat menjadi orang yang sukses dalam bidangnya, yaitu kewirausahaan. Sebagai orang yang pandai atau berbakat mengenali .... baru hingga memahami pemasarannya. Wirausaha ini kerap meraih kesuksesan dalam hidup. Kesuksesan ini terlihat pada Irwan Hidayat, Chairul Tanjung, Elang Gumilang, dan Dian Pelangi. Mereka adalah sosok orang yang sukses di bidang usahanya masing-masing.

22.   Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
a.       Produk
b.      Produsen
c.       Produktivitas
d.      Produktif
e.      Produksitas
Cermati paragraf berikut.
Selanjutnya, kalian tentu mengenal salah seorang perancang yang fenomenaldi dunia busana muslim tanah air, Dian Pelangi. Perempuan multitalenta kelahiran Palembang tahun 1991 itu dalam usia belia mampu menembuskan produk busana muslimnya ke mancanegara. Kemampuannya untuk membuat busana muslim yang tidak biasa dengan citra dan gaya tersendiri menempatkan Dian Pelangi seorang perancang yang patut diperhitungkan. Hasil rancangannya .... dan berkualitas usahanya berkembang pesat hanya dalam tempo hitungan tahun.

23.   Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
a.       Murah sekali
b.      Sangat banyak
c.       Sangat bagus
d.      Sangat sederhana
e.      Amat indah
Cermati paragraf berikut.
Banjir bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan waktu yang lama pada daerah aliran sungai. Banjir terjadi .... keadaan alam atau tindakan manusia. Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh air pasang. Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata guna lahan, pembuangan sampah, dan kawasan padat penduduk di sepanjang sungai.

24.   Konjungsi sebab akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
a.       Sehingga
b.      Karena
c.       Jika
d.      Agar
e.      Ketika
Cermati penggunaan konjungsi dalam paragraf berikut.
Hujan yang jatuh ke tanah airnya akan menjadi aliran pemukaan di atas tanah dan sebagian meresap ke dalam tanah. Hal ini sangat bergantung pada kondisi tanahnya. Hutan yang bisa menahan aliran permukaan cukup besar diganti menjadi pemukiman dengan resistensi aliran permukaan kecil sehingga suatu kawasan hutan diubah menjadi permukiman. Akibatnya, ada aliran permukaan tanah menuju sungai dan hal ini berakibat adanya peningkatan debit aliran sungai yang besar.

25.   Perbaikan kata konjungsi yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ...
a.       Bahwa
b.      Bahkan
c.       Laksana
d.      Walau
e.      Ketika
Cermati paragraf berikut.
Pagi itu kami menempuh perjalanan selama dua jam menuju lokasi wisata pantai. Kami menikmati keindahan panorama alam pantai sambil ..... menyisir pantai. Terlihat ..... asing lagi berjemur diri dengan sinar matahari pagi. Tampak pula anak-anak .... sambil bersemburan air. Sungguh sangat mendamaikan terasa lingkungan pantai

26.   Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
a.       Berjalan-jalan, wisatawan-wisatawan, berkejar-kejaran
b.      Berjalan-berjalan, wisatawan-wisatawan, berkejar-kejaran
c.       Berjalan-jalan, wisata-wisatawan, kejar-kejarkan
d.      Jalan-jalan, wisatawan-wisatawan, terkejar-kejarkan
e.      Jalan-jalani, wisatawan-wisatawan, berkejar-kejaran
Cermati paragraf berikut
Perubahan tata guna lahan merupakan penyebab utama banjirdibandingkan dengan yang lainnya. Apabila suatu hutan yang berada dalam suatu aliran sungai .....  menjadi tempat tinggal penduduk, debit puncak sungai akan meningkatkan antara 6 sampai 20 kali. Angka 6 dan angka 20 ini bergantung pada jenis hutan dan jenis ..... Demikian pula untuk ..... yang lainnya akan terjadi peningkatan debit puncak yang signifikan

27.   Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah .....
a.       Dirubah, bermukim, perubahan
b.      Diubah, permukiman, perubahan
c.       Diubah, permukiman, pengubahan
d.      Berubah, permukiman, perubahan
e.      Berubah, bermukim, berubah
Cermati deretan kalimat berikut.
(1) Masukkan tanah ke wadah sebagai alat dan siram dengan air
(2) Pilah-pilih sampah dan pisahkan antara sampah plastik dan sampah daun-daun tanaman organik
(3) Sediakan wadah yang layak (ember, tong, atau wadah) yang dirasa cukup layak. Usahakan tempat yang anda sediakan mempunyai tutup sehingga nantinya bisa terhindar dari binatang lalat, tikus atau mungkin terkontaminasi air hujan
(4) Letakkan wadah tadi di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan biarkan wadah tersebut selama kurang lebih tiga mminggu
(5) Tutup lapisan daun, sampah,  rumah tangga tadi dengan tanah lagi dan siram kembali dengan air, lalu tutup wadah sampai tadi menggunakan tutup yang sudah disediakan. Fungsi penutup ini untuk menghindarkan calon kompos tadi air hujan dan lalat
(6) Masukkan sampah daun-daun dan sampah limbah rumah tangga ke dalam wadah di atas lapisan tanah tadi, ratakan sampai kira-kira ketebalannya sama dengan ketebalan tanah yang tadi dimasukan.

28.   Urutan kalimat tersebut yang tepat sehingga menjadi sebuah paragraf prosedur adalah ...
a.       (1), (3), (6), (2), (5), dan (4)
b.      (2), (3), (1), (5), (6), dan (4)
c.       (3), (1), (2), (6), (5), dan (4)
d.      (4), (3), (6), (2), (1), dan (5)
e.      (5), (1), (4), (3), (2), dan (6)
Cermati paragraf deskripsi berikut.
Pagi ini udara dingin sekali. Cuaca cerah. Tampak langit tidak berawan. Karena masih pagi, hanya tampak beberapa orang sedang berjalan santai dan berlari-lari kecil berolahraga dengan berpakaian olahraga. Kendaaan bermotor juga sangat jarang yang lewat.

29.   Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
a.       Sangat tenang sepanjang hari itu terasa
b.      Masih sejuk dengan semilir angin berhembus
c.       Seakan masih malam karena heningnya keadaan
d.      Sangat lengang pagi itu karena tanpa aktivitas
e.      Jadi, pagi yang cerah itu terasa lengang
Cermati paragraf narasi berikut.
Gibran kembali ke Boston pada 1902 karena mendapat kabar bahwa ibunya sakit keras. Ibu yang sangat memengaruhi Gibran ini akhirnya meninggal pada Juni 1903 setelah didahului oleh adiknya, Sultana (4 April 1902) dan kakaknya Boutros (12 Maret 1903). Kematian orang-orang yang sangat disayanginya ini sangat membekas pada diri Gibran ....

30.   Kalimat yang tepat untuk melengkapi simpulan paragraf tersebut adalah ....
a.       Dengan ketekunanya dan kesungguhan belajar itu, dia berhasil menjadi seorang pelukis dan pematung yang andal.
b.      Dirinya sendiri tidak menyangka akan mengalami hidup berpindah-pindah karena kesulitan ekonomi keluarga.
c.       Ke mana pun seorang seniman, akan selalu memanfaatkan waktu dan situasi untuk menuangkan suasana hatinya
d.      Memang sangat diperlukan latihan secara bersinambung untuk memperoleh keterampilan sesuai bakat seseorang
e.      Jadi, dia sangat menerima kehidupan apa pun yang sedang menimpa dirinya dengan sabar dan tidak berputus asa.
Cermati paragraf berikut.
Bakat kesusastraan dan melukis Gibran mulai menonjol sejak ia bersekolah di Boston (1895-1897). Pada 1896-1901 Gibran kembali ke Lebanon dan bersekolah di Madrasah al-Hikmah, Belrut. Setelah lulus dengan pujian tinggi dari al-Hikmah, Gibran mengembara ke Yunani, Italia, Spanyol, dan akhirnya menetap di Paris untuk belajar seni di sinilah ia belajar dan mendapat pengaruh kuat dari pematung bernama Auguste Rodin ....

31.   Kalimat yang tepat untuk melengkapi simpulan paragraf tersebut adalah ....
a.       Dengan ketekunannya  dan kesungguhan belajar itu, dia berhasil menjadi seorang pelukis dan pematung yang handal
b.      Dirinya sendiri tidak menyangka akan mengalami hidup berpindah-pindah karena kesulitan ekonomi keluarga
c.       Ke mana pun seorang seniman, akan selalu memanfaatkan waktu dan situasi untuk menuangkan suasana hatinya
d.      Memang sangat diperlukan latihan secara bersinambung untuk memperoleh keterampilan sesuai bakat seseorang
e.      Jadi, dia sangat menerima kehidupan apa pun yang sedang menimpa dirinya dengan sabar dan tidak berputus asa.
Cermati pendapat berikut.
Pendapat:
Seseorang yang banyak membaca akan terampil dalam menulis
Argumen:
(1)    Membaca memperluas wawasan pergaulan dan persahabatan karena otomatis akan suka menulis dan bertukar karya tulis
(2)    Membaca menjadikan otak seseorang akan selalu ingin menulis dalam berbagai bentuk
(3)    Membaca merangsang terbentuknya informasi baru di sistem daya ingat yang siap dipanggil kapan saja, terutama saat menulis
(4)    Membaca membuat jalan pikiran seseorang positif dan berperilaku baik dalam berbuat atau bertindak
(5)    Membaca memperkaya kosa kata, pilihan kalimat, dan cara penyajian yang bisa anda pakai dalam menulis.

32.   Kalimat argumen yang sesuai untuk pendukung pendapat tersebut adalah bernomor ....
a.       (1) dan (2)
b.      (2) dan (3)
c.       (3) dan (4)
d.      (3) dan (5)
e.      (4) dan (5)
Cermati kalimat berikut
Karena hidup dalam dua kutub ranah budaya, Timur dan Barat, maka Gibran menjelma menjadi manusia kosmopolit yang tidak terkait pada kebangsaan dan kebudayaan tertentu
33.   Perbaikan kalimat tersebut dengan alasan yang tepat adalah ....
a.       Membuang salah satu konjungsi karena atau maka karena penggunaan keduanya, kalimat tersebut tidak memiliki induk kalimat (tidak sempurna).
b.      Penggunaan koma (,) sebelum konjungsi maka tidak tepat (salah) karena maka berupa konjungsi kalimat majemuk yang terdapat di tengah kalimat.
c.       Konjungsi karena tidak tepat diletakkan di awal kalimat, seharusnya ditempatkan di tengah kalimat untuk menyatakan sebab.
d.      Konjungsi maka tidak tepat diletakkan di awal kalimat, seharusnya ditempatkan di tengah kalimat untuk menyatakan akibat dan diberi tanda koma sebelumnya.
e.      Membuang konjungsi maka dan tidak membuang koma menjadikan kalimat tersebut efektif karena memiliki induk kalimat dan anak kalimat.
Cermati ilustrasi berikut
Safri meminjam sepeda Tono. Namun, sebelum dipakai Safri, Tono berpesan agar berhati-hati, jangan sampai jatuh, dan rusak karena sepeda itu hadiah ulang tahun dari kakaknya. Akan tetapi, Safri tidak mengindahkan pesan Tono. Dia memacu sepedanya dengan kencang dan akhirnya tersungkur masuk got. Sepeda Tono rusak, stangnya bengkok. Dia menyerahkan begitu saja sepeda itu kepada Tono. Tono meminta Safri untuk memperbaiki, tetapi Safri tidak mau. Dia  hanya meminta maaf dan berlalu meninggalkan Safri dengan sepedanya yang sudah rusak itu.

34.   Ungkapan yang sesuai dengan perilaku Safri sesuai ilustrasi tersebut adalah ....
a.       Sembunyi tangan
b.      Panjang tangan
c.       Lepas tangan
d.      Berat tangan
e.      Berpangku tangan
Cermati ilustrasi berikut.
Ketika seorang sedang berjaya dan suka membantu orang yang serba kekurangan. Karena kebaikannya itu, dia disukai dan disanjung-sanjung. Akan tetapi, pada saat dia mengalami musibah dan tidak mampu lagi berbagi, dia dilupakan begitu saja. Semua tidak peduli lagi.

35.   Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....
a.       Menohok teman seiring
b.      Habis manis sepah dibuang
c.       Lempar batu, sembunyi tangan
d.      Tak ada gading yang tak retak
e.      Bagai api dalam sekam
Cermati kedua kutipan teks cerpen berikut.
Cerpen 1
Cerpen 2
Beberapa tahun lalu, pesta perkawinan Gentasari dengan Rustamadji yang digelar dengan menyembelih tiga belas ekor kambing dan berlangsung selama tiga hari, tidak berjalan mulus, bahkan hampir saja batal. Keluarga mempelai ria merasa dibohongi oleh keluarga mempelai wanita yang semula sudah berjanji bahwa semua urusan masak-memasak selama kenduri berlangsung akan dipercayakan kepada Makaji, juru masak nomor satu di Lareh Panjang ini. Namun, di hari pertama perhelatan, ketika rombongan keluarga mempelai pria tiba, gulai kambing, gulai nangka, gulai kentang, gulai rebung, dan aneka hidangan yang tersaji ternyata bukan masakan Makaji. Mana mungkin keluarga calon besan itu bisa dibohongi? Lidah mereka sudah sangat terbiasa dengan masakan Makaji.
Merah padam muka Azrial mendengar nama itu. Siapa lagi anak gadis Mangkudun kalau bukan Renggogeni, perempuan masa lalunya, musabab hengkangnya ia dari Lareh Panjang tidak lain adalah Renggogeni, anak perempuan tunggal beleng (*semata wayang) itu ..... . masih segar dalam ingatan Azrial, waktu itu Renggogeni hampir tamat dari akademi perawat di kota. Tidak banyak orang Lareh Panjang yang bisa bersekolah tinggi seperti Renggogeni. Perempuan kuning langsat pujaan Azrial itu benar-benar akan menjadi seorang juru rawat. Sementara Azrial bukan siapa-siapa, hanya tamatan Madrasah Aliyah yang sehari-hari bekerja honorer sebagai  sekretaris di kantor kepala desa. Ibarat emas dan loyang perbedaan mereka.
(cerpen: Juru masak)

36.   Perbedaan latar suasana yang terdapat pada kutipan tersebut adalah ....
Cerpen 1
Cerpen 2
a.       Kekecewaan
Kemarahan
b.      Kesedihan
Kekecewaan
c.       Kekhawatiran
Kekacauan
d.      Kekacauan
Kesedihan
e.      Kemarahan
Kekhawatiran

Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal 37-40.
Tiba-tiba aku ingat lagi pada Kakek dan kedatangannya Ajo Sidi kepadanya. Apakah Ajo Sidi telah membuat bualan tentang Kakek? Dan buala itukah yang mendurjakan Kakek? Aku ingin tahu. Lalu aku tanya Kakek lagi
“Apa ceritanya, Kakek?”
“Siapa?”
“Ajo Sidi”
“Kurang ajar dia.” Kakek menjawab.
“Kenapa?”
“Mudah-mudahan pisau cukur ini, yang kuasah tajam-tajam ini,menggoroh tenggorokannya.”
“Kakek marah?”
“Marah? Ya, kalau aku masih muda, tapi aku sudah tua. Orang tua menahan ragam. Sudah lama aku tak marah-marah lagi. Takut aku kalau imanku rusak karenanya, ibadatku rusak karenanya. Sudah begitu lama aku berbuat baik, beribadat, bertawakal kepada Tuhan. Sudah begitu lama aku menyerahkan diriku kepada-Nya. Dan Tuhan akan mengasihi orang yang sabar dan tawakal.”
(cerpen: Robohnya Surau Kami)

37.   konflik pada diri Kakek dalam kutipan cerita pendek tersebut adalah ....
a.       Ajo Sidi berbual terhadap Kakek
b.      Si Aku membuat rasa marah
c.       Kemarahan Kakek kepada Ajo Sidi
d.      Kakek dan Ajo Sidi bermmusuhan
e.      Si Aku mengganggu Kakek
38.   Pendeskripsian watak Kakek seorang yang emosional sesuai isi kutipan cerita pendek tersebut adalah melalui ....
a.       Pikiran-pikiran tokoh
b.      Tanggapan tokoh lain
c.       Tindakan tokoh
d.      Dialog antar tokoh
e.      Bentuk lahir tokoh
39.   Amanat sesuai isi kutipan cerpen tersebut adalah ....
a.       Berhati-hatilah jika menghadapi orang-orang yang sudah tua dan mudah tersinggung karena perbuatan itu akan menyakitkan hatinya.
b.      Jangan membual dengan hal yang menyinggung perasaannya orang yang sudah tua karena akan menimbulkan sakit hati orang tersebut.
c.       Hendaklah anak muda menghormati orang yang sudah lanjut usia, sopan santun, dan membantu keperluannya dalam berbagai hal.
d.      Mari kita menghibur orang yang sudah tua atau lanjut usia karena mereka suka dengan hiburan dan cerita yang lucu yang menghibur
e.      Hindari saling mencela dan mengejek antara anak muda dengan orang tua ata sebaliknya agar terhindar dari saling menyinggung
40.   Ringkasan yang sesuai isi kutipan cerpen tersebut adalah ....
a.       Seseorang yang sangat kasihan melihat Kakek yang bersedih dan ingin sekali menghiburnya dan ingin tahu tentang penyebabnya.
b.      Keinginan sang Kakek untuk bertemu Ajo Sidi yang membuali dirinya dengan cerita-cerita sehingga ingin membalasnya.
c.       Si Kakek sudah lama tidak marah-marah karena takut imannya rusak dan dia juga merasa sudah lama berbuat baik, beribadat, dan bertawakal kepada Tuhan.
d.      Si Kakek tukang pengasah pisau yang sangat taat beribada, penolong, dan tidak suka mendengarkan cerita-cerita bohong
e.      Bualan Ajo Sidi terhadap Kakek membuat Kakek sangat marah, tetapi dia redam kemarahannya karena dia sadar bahwa dia sudah tua.
Cermati novel Layar terkembang berikut untuk menjawab soal 41-43
“Saya tidak mengerti sekali-kali bagaimana pikiran Saleh maka ia minta berhenti dengan tiada berbicara lagi dengan famili. Anak-anak muda sekarang sangat memudahkan segala sesuatu. Seratus dua puluh rupiah sebulan. Coba pikirkan bagaimana senangnya penghidupan anak muda yang baru dua puluh dua tahun dengan pendapatan sebesar itu. Tetapi, itu dibuangnya dengan ucapan yang bukan-bukan; hendak bekerja sebagai manusia bebas, hendak mencari pekerjaan yang sesuai dengan kata hatinya; pekerjaan yang tenang itu dikatakannya pekerjaan mesin yang mematikan semangat ....”

41.   Hal yang ada pada kutipan cerita tersebut juga terdapat dalam kehidupan adalah ....
a.       Pendapat orang tua yang sering berlawanan dengan anak muda
b.      Orang tua yang merasa sangat rugi telah menyekolahkan anaknya
c.       Anak muda yang selalu ingin mencari uang secara berlebiihan
d.      Orang tua dan anak yang selalu bertukar pendapat dalam berbagai hal
e.      Keinginan anak dan orang tua sama-sama ingin mengubah nasib buruk
42.   Suasana dalam kutipan novel tersebut adalah ....
a.       Ketakhawatiran
b.      Kemarahan
c.       Keheranan
d.      Kegelisahan
e.      Keharuan
43.   Makna kata berlambang mesin yang bercetak miring dalam kutipan novel tersebut adalah ....
a.       Canggih
b.      Kaku
c.       Berat
d.      Terpola
e.      Tertekan
Cermati kutipan karya novel berikut untuk menjawab soal 44-45
        (1 )“Sudah berapa lama ia minta ke luar, Emang?” Tanya Tuti menyela kata Parta. (2) “Saya kenal akan pekerti Saleh, ia seorang yang gembira, seorang yang tajam pikirannya, dan hidup hatinya. (3) Percaya saya bahwa ia tidak senang akan pekerjaan tenang dalam kantor, mengisi daftar ini, menyalin surat anu, mengantuk-ngantuk menanti pukul dua.”
        (4) “Apa katamu?” ujar Patra dengan suara yang agak keras sedikit mendengar ucapan keponakannya yang menyangkal katanya itu. (5) “Mengantuk-ngantuk menanti pukul dua? Apa yang dikantuk-kantukan? Adakah pekerjaan yang lebih baik dari bekerja di kantor? Habis bulan terang kita mendapat sekian

44.   Nilai-nilai budaya dalam kutipan cerita novel tersebut adalah…
a.       Masyarakat yang selalu membanding-bandingkan pekerjaan orang.
b.      Suatu keharusan seorang anak berbakti kepada orang tua setelah bekerja.
c.       Semua keluarga diharuskan bekerja di kantor dan menghindari usaha sendiri.
d.      Masyarakat yang menganggap rendah seseorang yang tidak bekerja di kantor.
e.      Adanya anggapan masyarakat bahwa kerja di kantor lebih baik daripada usah sendiri
45.   Kalimat berupa majas dalam kutipan novel tersebut terdapat pada kalimat nomor
a.       (1)
b.      (2)
c.       (3)
d.      (4)
e.      (5)
46.   Cermati larik pantun berikut.
Membaca novel  Siti Nurbaya
Nama pengarangnya Marah Rusli
Kita anak muda ayo berkarya

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah…
a.       Supaya senang kemudian hari.
b.      Kepala orang tua harus berbakti.
c.       Tidak hidup sendiri-sendiri lagi
d.      Kami semua pasti sangat berani
e.      Tidak ada lagi tak percaya diri
47.   Cermati isi sebait Gurindam Dua Belas berikut.
Hendaklah jadi kepala
Buang perangai yang cela

Amanat yang terdapat pada isi bait gurindam tersebut adalah…
a.       Jadi kepala berarti jadi pemimpin, baik formal maupun nonformal.
b.      Ketahuilah, perangai yang tercela artinya perilaku yang tidak baik.
c.       Pemimpin tidak boleh mempunyai sikap, sifat, perilaku yang tercela.
d.      Setiap orang pastilah akan mampu menjadi pemimpin yang baik.
e.      Keteladanan yang baik dapat dicontoh dari seorang pemimpin
48.   Cermati isi kutipan cerpen berikut
        Ada saat-saat di mana kuperhatikan wajah orang miskin itu diliputi kesedihan. “Jangan sa­lah paham,” katanya. “Aku sedih bukan ka­rena aku miskin. Aku sedih karena banyak se­kali orang yang malu mengakui miskin. Banyak sekali orang bertambah miskin karena selalu berusaha agar tidak tampak miskin. ”Entah kenapa, saat itu mendadak aku merasa ki­kuk dengan penampilanku yang perlente. Se­jak itu pula aku jadi tak terlalu suka berkaca.
Bila lagi sedih orang miskin itu suka datang ke pengajian. Tuhan memang bisa menjadi hiburan menyenangkan buat orang yang lagi kesusahan, katanya. Ia akan terkantuk-kantuk sepanjang ceramah, tapi langsung semangat begitu makanan dibagikan.

                                                                                                          (cerpen: Orang Miskin Yang Bahagia)

Kalimat resensi berupa keunggulan berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah…
a.       Pendeskripsikan suasana dalam cerita sangat hidup dan membuat pembaca terasa ikut dalam suasana tersebut.
b.      Watak tokoh digambarkan sangat jelas dan wajar, seperti sifat sedih dan sifat malu menerima kenyataan.
c.       Tema yang diangkat sebagai masalah yang dipaparkan dalam isi cerita sangat menarik bagi pembaca.
d.      Penulis dengan apik memberikan amanat dalam cerita sebagai introspeksi diri bahwa banyak orang malu mengakui kemiskinan.
e.      Cerpen ini sangat baik dan cocok dibaca oleh semua lapisan, yaitu anak-anak, dewasa, orang tua.
49.   Cermati isi kutipan novel berikut.
        Ada lagi satu cerita, yang suka diulangnya padaku: Suatu malam ada seorang pencuri menyatroni rumah orang miskin. Mengetahui hal itu, si miskin segera sembunyi. Tapi pencuri itu memergoki dan membentaknya, “Kenapa kamu sembunyi?” Dengan ketakutan si orang miskin menjawab, “Aku malu, karena aku tak punya apa pun yang bisa kamu curi. ”Ia mendengar kisah itu dalam sebuah pengajian. “Kisah itu selalu membuatku punya alasan untuk bahagia jadi orang miskin,” begitu ia selalu mengakhiri cerita.
        Orang miskin itu pernah ditangkap polisi. Saat itu, di kampung memang terjadi beberapa kali pencurian, dan sudah sepatutnyalah orang miskin itu dicurigai. Ia diinterogasi dan digebugi. Dua hari kemudian baru dibebaskan. Kabarnya ia diberi uang agar tak menuntut. Berminggu-minggu wajahnya bonyok dan memar. “Beginilah enaknya jadi orang miskin,” katanya. “Di­tu­duh mencuri, dipukuli, dan dikasih duit!”
        Sejak itu, setiap kali ada yang kecurian, orang miskin itu selalu mengakui kalau ia pelakunya. De­ngan harapan ia kembali dipukuli.

                                                                                                        (cerpen: Orang Miskin Yang Bahagia)

Kalimat kritik berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah…
a.       Betapa menderitanya kehidupan orang miskin yang diungkapkan dalam cerita pendek tersebut.
b.      Cerita yang diungkapkan dalam cerpen seperti anekdot karena berisi sebuah kelucuan dan sindiran terhadap orang miskin yang malas.
c.       Hal yang diungkapkan dalam cerpen tersebut menggambarkan kehidupan orang-orang miskin yang malas.
d.      Pengarang seakan kehabisan ide dalam mencari bahan cerita sehingga mencerita kehidupan orang miskin.
e.      Terasa pengarang ingin mencari ide cerita yang berbeda dari cerita yang ditulis oleh pengarang-pengarang yang lain.

  

50.   Cermati isi kutipan berikut.
Dua ekor gajah telah mati, seminggu sebelum kegawatan semakin memuncak, dan Made Sukari berlari memberi tanda menuruni bukit. Wajah-wajah pucat dan gemetar menjalar, melewati ladang, kebun, dan rumah-rumah yang langsung siaga.
“Siapa lagi yang telah membunuh gajah-gajah itu? Demi Tuhan, ini pertanda celaka!”
Dua gajah telah mati. Sebelumnya, empat ekor gajah ditemukan tanpa nyawa dengan leher terbelah dan gading lenyap meninggalkan dua bolongan kasar di kepala. Tak ada petani di Kualakambas yang tega membunuh makhluk raksasa bermata lembut. Puluhan, bahkan ratusan kali mereka menghalau gajah-gajah yang tersesat di ladang, hanya dengan teriakan serta sapaan, “Pergilah manis, hus, hus, pergilah dari ladang kami.” Antara gajah dan petani telah memiliki tautan hati yang sama. Tak perlu ada parang menempel, apalagi sampai membelah leher.

Kalimat esai (tanggapan) berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah…
a.       Penggambaran betapa pentingnya gajah bagi manusia sehingga banyak orang memburunya.
b.      Terbayang dalam cerita gajah-gajah yang sedang berkeliaran  di hutan bebas lepas di habitat mereka.
c.       Kehidupan manusia dan binatang sangat berbeda dan memiliki jarak walupun mereka di lingkungan yang sama
d.      Jarang sekali kita membaca cerita yang menggambarkan kehidupan gajah secara lengkap seperti dalan cerita ini.

e.      Pembunuhan gajah yang dilukiskan dalam cerita membuat hati tersentuh, pilu, dan mengutuk pelakunya. 



SOAL BARU

Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 1-3
Dari kedua peristiwa tersebut munculah konflik kebudayaan yang menyebar ke berbagai tatanan sosial di pedesaan yang terjadi akibat relatifnya budaya dan canggihnya teknologi komunikasi. Namun konflik kebudayaan itu lebih cenderung terjadi akibat relativitas budaya dari masyarakat Pakraman Bukti. Relativitas budaya merupakan suatu paham bahwa setiap individu dalam memahami kebudayaan lain harus dibekali dengan sikap keterbukaan dan toleran. Nilai-nilai budaya yang dianut oleh masyarakat desa Pakraman Bukti tidak mampu menghalau cepatnya proses westernisasi yang berasal dari turis-turis asing. Hal itu mengakibatkan masyarakat desa Pakraman Bukti tidak memiliki suatu pegangan nilai yang kuat.
1.       Ide pokok paragraf tersebut adalah ....  (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Peristiwa yang menyebabkan konflik budaya
b.      Munculnya konflik budaya di Pakraman Bukti
c.       Munculnya paham relativitas budaya di masyarakat
d.      Nilai-nilai budaya di pedesaan tidak bisa menghalau masyarakat
e.      Masyarakat Pakraman Bukti tidak memiliki pegangan kuat
2.       Tujuan penulis dalam paragraf tersebut adalah ....            (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Menjelaskan penyebab konflik budaya di Desa Pakraman Bukti
b.      Menjelaskan akibat terjadinya konflik budaya di Bali
c.       Menjelaskan arti relativitas budaya di Bali
d.      Menjelaskan peranan teknologi dalam konflik budaya
e.      Menjelaskan tentang nilai-nilai yang dianut masyarakat Pakraman Bukti
Bacalah teks berikut dengan seksama.
(1). Problema kurang nafsu makan sering terjadi pada anak. (2) Penyebab anak kurang nafsu makan dan  cara mengatasi dapat dijelaskan secara psikologis. (3) Perilaku dalam makan timbul karena anak meniru atas apa yang dilakukan oleh anggota keluarga lainnya. (4) Anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang enggan makanan, lantaran diet misalnya, akan mengembangkan perilaku enggan makan pula. (5) Usahakan kegiatan makan bagian seorang anak harus dalam suasana menyenangkan.
3.       Kalimat utama paragraf terletak pada kalimat nomor ....                (Buku Erlangga UN 2017)
a.       (1)
b.      (2)
c.       (3)
d.      (4)
e.      (5)
Bacalah teks berikut
(1) Kemacetan harian dominan ditimbulkan oleh aktivitas masyarakat dalam lingkup internal. (2) Kemacetan yang berulang setiap hari merupakan ekses dari pola tempat tinggal, bekerja, dan bersekolah. (3) Upaya mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan. (4) Biaya transportasi harian pun bisa lebih irit. (5) Bentuknya dapat berupa pemberian insentif tempat tinggal berupa rumah susun sewa atau milik yang cukup nyaman untuk beraktivitas.
(Dikutip dari artikel “Kemacetan dan Masa Depan Kota” oleh Evy Ermawati)
4.       Kalimat yang tidak padu dalam teks tersebut adalah .....                (Buku Erlangga UN 2017)
a.       (1)
b.      (2)
c.       (3)
d.      (4)
e.      (5)
5.       Makna istilah “ekses” dalam teks tersebut adalah ....      (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Pengaruh negatif
b.      Akibat yang tidak terduga
c.       Hal yang melampaui batas
d.      Pengarus yang diinginkan
e.      Akibat sampingan
Bacalah paragraf berikut
(1). Perdagangan obat-obatan terlarang semakin bertambah. (2) Hal tersebut memberikan pengaruh pada pertambahan angka kegagalan pelajar di Indonesia. (3) Menurut data kepolisian, dua puluh ribu orang per tahun terjerumus dalam penggunaan narkoba, sebagian besar para pemuda. (4) Tingginya jumlah pecandu tersebut disebabkan oleh kurangnya kesadaran dan pengetahuan para pemuda khususnya pelajar terhadap narkoba. (5) Hal tersebut tentu mengganggu dan meresahkan masa depan bangsa.
6.       Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat ....                (Buku Erlangga UN 2017)
a.       (1)                                  d. (4)
b.      (2)                                  e. (5)
c.       (3)
Bacalah paragraf tajuk rencana berikut
Adalah suatu kenyataan, pemerintah dihadapkan pada kondisi  serba repot dan bertali-temali, baik warisan masa lalu maupun karena perkembangan baru. Di antaranya naiknya harga minyak di pasar dunia yang berdampak terhadap kita.
Penyelesaian masalah-masalah itu, termasuk mengatasi akibat naiknya harga BBM, memerlukan kebijakan dan langkah nyata. Kebijakan itu, memerlukan dana. Sementara itu dana yang dimiliki negara terbatas. Kebijakan dan langkah apa pun yang dipilih pemerintah serba dilematis dan pasti tidak mengenakkan rakyat. Apakah pemerintah lantas tidak usah mengambil pilihan dan keputusan yang dilematis itu?
7.       Opini penulis dalam bacaan tersebut adalah ....  (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Kebijakan dan langkah pemerintah dalam mengatasi masalah serba dilematis
b.      Naiknya harga minyak di pasar dunia berdampak langsung terhadap kita
c.       Penyelesaian masalah akibat naiknya harga BBM memerlukan dana
d.      Dampak langsung kenaikan harga minyak sangat dirasakan oleh masyarakat
e.      Kebijakan pemerintah tidak mengenakkan masyarakat, tetapi harus ditempuh
8.       Pihak yang dituju dalam tajuk rencana tersebut adalah ....            (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Masyarakat               
b.      Pemerintah               
c.       Warga dunia
d.      Pengelola BBM
e.      Rakyat
Bacalah dengan seksama
Melalui layar televisi, kekerasan itu dapat disaksikan masyarakat mancanegara. Di tengah era globalisasi dan transparansi sekarang ini, praktis tidak ada kejadian yang bebas dari tembus pandang. Langsung atau tidak, dampak kekerasan itu ditanggung oleh seluruh masyarakat Indonesia karena dapat membuat kaum investor asing menjadi ragu menanamkan modal di Indonesia. Para investor membutuhkan ketenangan dan stabilitas keamanan agar usahanya berjalan lancar. Dunia usaha memang sangat sensitif atas gangguan keamanan. Lebih menyakitkan lagi kalau kekerasan itu digunakan negara negara tetangga dalam kompetisi industri pariwisata dengan mendiskreditkan Indonesia sebagai negara yang tidak aman dikunjungi pelancong
(Sumber: Latihan soal kelas XII SMA IPA)
9.       Keberpihakan penulis dalam tajuk rencana tersebut adalah kepada ....
a.       Pemerintah
b.      Indonesia
c.       Masyarakat
d.      Investor
e.      Negara tetangga
Bacalah kutipan cerita dibawah berikut
Cerita 1
Cerita 2
Seingatku, setiap pagi, Ibulah yang memakaikan pakaianku yang berwarna merah dan putih itu. Dia pula yang menyisir rambutku, mengenakan topiku –yang juga berwarna merah putih –dan akhirnya memelukku erat sebagai bekal hariku bersekolah. Hari masih terang tanah ketika sepeda Bapak terangguk-angguk menyusuri jalanan desa dan diriku masih terkantuk-kantuk di boncengan menuju sekolah
“Nah, kalau itu yang kamu sebut, apa yang akan kamu sebut mengenai yang lain? Nanti sekali waktu, aku akan ajak kamu menyaksikan kekayaan orang lain. Kekayaanku tidak berarti apa-apa. Lagi pula, kamu tidak sendiri, aku suka...” Hidayat belum melanjutkan mengeluarkan isi hatinya, Pena mematahkan, “Ya, aku tahu. Kamu suka membagi-bagikan rizkimu. Aku tahu, kamu seperti pohon-pohon beringin. Banyak orang berteduh di bawahmu.”
10.   Perbedaan unsur intrinsik kedua cerpen tersebut adalah ...         (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Sudut pandang cerita 1 orang pertama pelaku sampingan, teks 2 orang ketiga pengamat.
b.      Latar cerita 1 pada pagi hari, sedangkan teks 2 siang hari.
c.       Cerita 1 beralur lurus, sedangkan cerita 2 alur mundur.
d.      Sudut pandang cerita 1 orang pertama pelaku utama, sedangkan cerita 2 orang ketiga serba tahu.
e.      Watak tokoh cerita 1 digambarkan secara langsung, sedangkan cerita 2 pandangan tokoh lain.
Bacalah kutipan berikut untuk menjawab soal
Sebagai seorang gubernur, Bang Ali sangat antusias membangun Jakarta. Untuk membangun sekolah, bang Ali menghabiskan 20 milyar. Sampai tahun 1974, sudah 700 gedung sekolah dibangun. Bang Ali tak kenal lelah. Banyak fasilitas sosial seperti puskesmas dan perbaikan kampung MHT, dibangun dan diperbaiki. Untuk pembangunan jalan-jalan, Bang Ali menghabiskan 17 milyar, hampir seperempat dari total pengeluaran pembangunan DKI. Di antara kesibukan Bang Ali yang sangat padat, Bang Ali meluangkan waktu selama 2 hari keliling Jakarta naik bus. Bang Ali ingin mengetahui masalah transportasi yang sebenarnya. Bang Ali ikut berdesak-desakan dengan penumpang lain. Saat itu ia tahu runyamnnya masalah transportasi Jakarta. Bang Ali tahu orang naik bus dimana saja, turun kapan saja, di mana turunnya, bahkan tidak ada terminal. Ia datang ke Bappenas minta bus. Bang Ali mendapat pinjaman dari Amerika untuk membeli bus sebanyak 500 buah.
11.   Hal yang dapat diteladani dari tokoh Ali Sadikin adalah ...               (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Menjadi Gubernur DKI Jakarta
b.      Suka bekerja keras
c.       Gemar membangun jalan
d.      Tidak pernah lelah
e.      Suka berdesakan di bus
Bacalah kutipan berikut.
Irman    : Besok kita harus menghadap pimpinan untuk menyelesaikan masalah ini.
Sulton   : Ya, aku setuju. Masalah ini tidak dapat dibiarkan berlarut-larut. Kita sendiri yang rugi nantinya.
Dinar     : Tapi, siapa yang berani maju menghadap pimpinan. Rasa-rasanya tidak ada karyawan sini yang berani.
Irman    : kita bertiga mewakili teman-teman
Sulton   : Kira-kira teman-teman perlu kita beritahu sebelumnya nggak?
Dinar     : Dapat saja. Supaya mereka tidak bertanya-tanya mengapa kita menghadap pimpinan
12.   Hal yang disepakati dalam dialog tersebut adalah ....        (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Usulan menghadap pimpinan agar masalah tidak berlarut-larut
b.      Keinginan menghadap pimpinan mewakili teman-teman yang punya masalah
c.       Keinginan menyelesaikan masalah sebelum menghadap pimpinan
d.      Usulan menghadap pimpinan bersama-sama untuk menyelesaikan masalah
e.      Secara bersama-sama ingin menghadap pimpinan
Bacalah paragrap berikut
(1) Ingin cepat meraih untung dari bisnis budi daya bibit gurami? (2) Carilah lokasi sejuk dekat dengan sumber air ketika membudidayakan bibit gurami. (3) Siapkan area yang ideal tersebut dengan baik. (4) Bisnis ini lebih menjanjikan ketimbang bertani gurami yang memakan waktu hingga setahun untuk meraih hasil panen. (5) Nah, siapa yang tidak tertarik menuai keuntungan panen minimal sebulan atau maksimal 82 hari?
13.   Letak kalimat deklaratif/berita dalam paragraf tersebut adalah kalimat ...
a.       (1)
b.      (2)
c.       (3)
d.      (4)
e.      (5)
Cermati paragraf berikut
Saat menengok puluhan karya Agoes, pengunjung bisa memahami hubungan antara alam dan manusia. Dia memanfaatkan bahan berupa kayu nangka karena pohon itu mudah ditemukan. Selain itu, kayu nangka punya kadar air yang baik sehingga bisa bertahan lama
14.   Kata itu merujuk pada pengertian ....
a.       Mudah ditemukan
b.      Manfaat bahan
c.       Menengok karya Agoes
d.      Memahami hubungan
e.      Alam dan manusia
Cermati kalimat berikut
Peran serta orangtua dalam meningkatkan prestasi sang anak sangatlah menentukan, apapun bidang yang ditekuni.
15.   Inti kalimat tersebut adalah ...
a.       Prestasi anak
b.      Orangtua dan anak
c.       Peningkatan prestasi
d.      Bidang yang ditekuni
e.      Peran orangtua menentukan
Cermati kalimat berikut.
Mereka ramai membicarakan tentang sepakbola.
16.   Kesalahan kalimat tersebut adalah....     (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Objek didahului kata depan tentang
b.      Predikat membicarakan diawali kata ramai
c.       Mereka seharusnya diganti orang-orang
d.      Awalan me- pada membicarakan dihilangkan
e.      Imbuhan me-kan pada membicarakan seharusnya dihilangkan
Bacalah paragraf berikut.
Sastra sangat penting diajarkan disekolah-sekolah mulai jenjang dasar sehingga menengah. Melalui pelajaran sastra secara tidak langsung, siswa diajak mengenal kehidupan dengan segala permasalahannya. Siswa dikenalkan pada hal baik dan buruk, nilai-nilai yang berlaku di masyarakat, bahkan pembelajaran tentang karakter atau budi pekerti. Siswa pun akan mengenal dengan baik antara perilaku yang perlu dicontoh dan perilaku yang harus dijauhi atau ditinggalkan.
17.   Pemakaian tanda koma pada kalimat kedua paragraf tersebut salah. Seharusnya tanda koma dibubuhkan setelah kata .... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Pelajaran
b.      Sastra
c.       Diajak
d.      Mengenal
e.      Kehidupan
18.   Pemakaian tanda baca yang benar terdapat pada kalimat ....       (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Dodi, mengucapkan terima kasih atas bantuan Tarno.
b.      Peserta yang tidak membawa kartu, harus melaporkan diri kepada panitia.
c.       A.T. Sugiyanto tinggal di Jalan Mawar 5, Pati, Jawa Tengah.
d.      Ia harus pulang sekarang, karena sakit.
e.      Sahabat saya, Gunarto  tinggal di Manokwari.
Cermati paragraf berikut.
Akhir-akhir ini .... kegiatanku benar-benar luar biasa. Aku sibuk sekali. Sampai-sampai waktu istirahat pun tersita. Dalam sehari aku .... tidur antara 2 sampai 3 jam. Meskipun relatif sebentar, aku tetap dapat merasa fresh. Tidurku lebih .... dibanding minggu-minggu yang lalu.
19.   Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah .... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Jadual, hanya, berkualitas
b.      Jadwal, Cuma, berkualitas
c.       Jaduwal, Cuma, berkwalitas
d.      Jadwal, hanya, berkualitas
e.      Jadual, hanya, berkwalitas
Bacalah paragraf berikut.
Dewasa ini, kondisi bisnis cetak dapat dikatakan mengkhawatirkan. Hal ini disebabkan bisnis yang semula menggiurkan kini mulai digantikan bisnis online atau melalui media internet. Kemudahan .... dan mobilitas menjadi alasan mengapa bisnis media internet mulai menggerogoti bisnis ....
20.   Kata serapn yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah .... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Acces, konvensional
b.      Akses, konvensional
c.       Akselerasi, inkonvensional
d.      Akselerashi, nonkonvensional
e.      Akes, konvensional
Bacalah judul sebuah penelitian berikut.
Judul: “Hubungan menonton televisi dengan penurunan prestasi belajar siswa”
21.   Perbaikan penulisan judul tersebut adalah ....    (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Hubungan Menonton Televisi dengan Penurunan Prestasi Belajar Siswa
b.      Hubungan Menonton Televisi dengan Penurunan Prestasi Belajar Siswa.
c.       Hubungan Menonton Televisi Dengan Penurunan Prestasi Belajar Siswa
d.      Hubungan menonton televisi dengan Penurunan prestasi belajar siswa.
e.      Hubungan menonton televisi dengan penurunan prestasi belajar siswa
Bacalah paragraf berikut.
Beberapa ... yang ditimbulkan oleh sekresi dari cacing pita ini juga dapat menimbulkan serangan alergi atau hipersentivitas pada tubuh, seperti perut kejang, mual, atau bahkan muntah berlebihan. Beberapa juga mengalami demam dan sakit kepala akibat produksi histamin yang berlebihan oleh tubuh.
22.   Kata yang tepat untuk mengisi bagian rumpang teks tersebut adalah ...(Buku Erlangga UN 2017)
a.       Gerak
b.      Alergen
c.       Reaktor
d.      Aksi
e.      Reaksi
Cermati paragraf berikut.
Kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan masih .... . Umumnya mereka menganggap bahwa persoalan itu bukan tanggung jawab individu, melainkan merupakan tanggung jawab pemerintah. Akhirnya, terjadilah saling lempar tanggung jawab pada kelompok atau pemerintah. Masyarakat baru mengeluh jika bencana ... . Tentu saja pandangan seperti ini ... .
23.   Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Rendah sekali, sudah terjadi, harus berakhir
b.      Sangat rendah, telah melanda, harus diakhiri
c.       Terbilang rendah, telah terjadi, segera diakhiri
d.      Amat rendah, sudah muncul, wajib diakhiri
e.      Rendah sekali, sudah melanda, harus dihentikan
Bacalah kutipan berikut.
Bagi saya facebook lebih banyak merugikan ...., facebook sangat mengganggu proses belajar, baik waktu maupun konsentrasi belajar
24.   Konjungsi antarkalimat yang tepat untuk menghubungkan kalimat pertama dan kedua tersebut adalah ...                (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Oleh sebab itu
b.      Karena
c.       Namun
d.      Jadi
e.      Sebab
Bacalah kutipan berikut.
Dari pohon dapat kita peroleh buah-buahan. Namun, kita juga dapat memperoleh kayu yang dapat digunakan untuk membuat pintu, kursi, meja, dan sebagainya. Tempat-tempat menjadi indah dan bagus kalau banyak ditanami pohon. Pohon yang ditanam di pegunungan dapat menahan air hujan, sehingga air tetap tersedia dalam tanah. Sebab, pohon juga dapat mencegah terjadinya banjir. Pohon dapat memberikan banyak kegunaan. Oleh sebab itu, kita sebaiknya tidak menebang pohon seenaknya.
25.   Konjungsi antarkalimat yang tepat untuk mengganti kata bercetak miring tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Selain itu, sementara itu
b.      Oleh karena itu, sementara itu
c.       Sementara itu, oleh karena itu
d.      Selain itu, sedangkan
e.      Sementara itu, dan
Bacalah kutipan berikut
Cerita ini baik dan mudah ditangkap. Pengarang menyajikan masalah yang aktual dan sering kita jumpai ... . Semuanya dapat diterima akal sehat serta tidak membosankan. Pengarang menguraikan secara panjang lebar karakter .... . Jadi, cerita tidak kabur. Sayang, pengarang sering ... kisah yang porno. Dalam satu buku, mungkin lebih dari empat kisah.
26.   Kata ulang yang tepat untuk melengkapi bacaan tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Sehari-hari, tokoh-tokoh, mengulang-ngulang
b.      Sehari-hari, tokoh-tokohnya, mengulang-ulang
c.       Berhari-hari, tokoh-tokohnya, mengulang-ngulang
d.      Sehari-hari, tokoh-tokoh, mengulang-ulang
e.      Sehari-hari, tokoh-tokohnya, berulang-ulang
Bacalah kutipan berikut.
Berdasarkan penelitian masih banyak siswa belum memiliki kemampuan ... cerpen dengan baik. Hasil .... membuktikan bahwa kemampuan menulis cerpen siswa SMA di Jakarta baru 15%. Hal ini pulalah yang dijadikan sebagai bukti kegagalan .... kemampuan menulis cerpen kepada siswa SMA.
27.   Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Menuliskan, meneliti, pengajar
b.      Menulisi, penelitian, pengajaran
c.       Menuliskan, penelitian, pengajar
d.      Menulis, penelitian, pengajaran
e.      Menulis, penelitian, pengajaran
Bacalah kalimat-kalimat berikut.
(1) Bacalah cerpen tersebut secara saksama.
(2) Mengembangkan kembali ide-ide pokok itu dengan kalimat sendiri.
(3) Menentukan ide-ide pokok sesuai dengan alur cerpen.
(4) Mencatat unsur intrinsik cerpen tersebut (tema, latar, penokohan, amanat).
28.   Urutan langkah-langkah menceritakan kembali isi cerpen yang tepat adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       (1), (2), (3), dan (4)
b.      (1), (3), (4), dan (2)
c.       (1), (4), (3), dan (2)
d.      (1), (4), (2), dan (3)
e.      (1), (2), (4), dan (3)
Bacalah kutipan berikut.
Sebuah akuarium terlihat asri di pojok ruang tamu itu. Bentuknya persegi panjang. Ada bebatuan koral di dasarnya. Di keempat sudutnya terdapat batu karang unik berongga. Gelembung-gelembung udara yang keluar dari alat di salah satu menambah keindahan akuarium ... . Ikan-ikan pun terlihat berenang riang bergerombol.
29.   Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Bentuknya seperti udara yang keluar dari mulut penyelam.
b.      Gelembung-gelembung itu juga sebagai penyedia oksigen bagi ikan-ikan.
c.       Memang banyak orang memasang alat penghasil gelembung udara seperti itu.
d.      Bentuk yang sering digunakan untuk sebuah akuarium.
e.      Kekuatan akuarium sangat bergantung kepada ketebalan kacanya.
Bacalah kutipanberikut.
Krisis moneter yang berkepanjangan berdampak luas bagi kondisi masyarakat kecil. Mereka harus bergulat lebih keras lagi di tengah kondisi itu. Ditambah lagi gagal panen akibat kemarau panjang dan hama yang sulit diberantas ... .
30.   Kalimat argumentasi yang tepat untuk melengkapi kutipan tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Kondisi tersebut harus menjadi perhatian pemerintah dan semua stokeholder
b.      Hal tersebut memunculkan krisis pangan di negara kita yang mengakibatkan harga pangan semakin tidak terjangkau.
c.       Namun, masyarakat kita sudah terbiasa dan tahan banting menghadapi terpaan kesulitan ekonmi selama puluhan tahun.
d.      Siapakah yang bertanggung jawab atas kondisi yang semacam itu?
e.      Siapa pun yang melihat situasi itu pasti hatinya tergerak untuk ikut campur berperan serta menangani kesulitan rakyat.
Bacalah kutipan teks berikut.
Pemerintah mengabulkan pemohonan insentif pembebasan pajak (tax holiday) yang diajukan empat perusahaan. Di antara empat perusahaan tersebut, ada anak perusahaan Sinar Mas Group, PT Ogan Komering llir (OKI) Pulp and Paper. Tiga perusahaan lainnya adalah PT. Unilever Oleochemical Indonesia, PT Petrokimia Butadiena Indonesia, dan PT Energi Sejahtera Mas.
31.   Kalimat yang tepat menjadi simpulan paragraf tersebut ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Pemerintah mempertimbangkan empat perusahaan menerima tax holiday.
b.      Pemerintah mengabulkan empat perusahaan terima tax holiday.
c.       Pemerintah tolak empat perusahaan terima tax holiday.
d.      Pemerintah mengabaikan permohonan insentif pembebasan pajak (tax holiday) yang diajukan empat perusahaan.
e.      Pemerintah tidak peduli tentang permohonan tax holiday empat perusahaan.
Bacalah kalimat berikut.
Kalimat pendapat            : Keberadaan telepon genggam sangat dibutuhkan banyak orang.
Kalimat argumentasi       :
(1) Tingkat mobilitas tinggi membuat orang harus selalu berkomunikasi untuk mendukung kegiatan yang dilakukan
(2) Prestise seseorang salah satunya ditentukan oleh telepon genggam yang dipakainya
(3) Sarana komunikasi efektif antaranggota keluarga yang saling berjauhan
(4) Telepon genggam menunjukkan eksistensi penggunaannya
(5) Produsen telepon genggam memiliki banyak keuntungan dengan beragam merek yang dijual.
32.   Kalimat argumentasi yang sesuai dengan pendapat dalam teks tersebut adalah nomor ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       (1) dan (2)
b.      (1) dan (3)
c.       (2) dan (3)
d.      (2) dan (4)
e.      (4) dan (5)
Perhatikan kutipan teks deskripsi berikut.
Jaipong adalah sebuah jenis tari pergaulan tradisional masyarakat Sunda, Jawa Barat, yang sangat populer di Indonesia. Tari ini diciptakan oleh seorang seniman asal Bandung, Gugum Gumbira, sekitar tahun 1960, dengan tujuan untuk menciptakan suatu jenis musik dan tarian pergaulan yang digali dari kekayaan seni tradisi rakyat Nusantara, khususnya Jawa Barat. Ada niat untuk mengadakan festival jaipong se Jawa Barat,
33.   Perbaikan penggunaan tanda baca yang benar atas teks tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Setelah kata “Jawa Barat” tidak perlu menggunakan koma
b.      Antara “se-“ dan “Jawa Barat” menggunakan tanda hubung
c.       Antara “Sunda” dan “Jawa Barat” seharusnya memakai tanda hubung
d.      Sesudah “Jaipongan adalah” seharusnya diberi  tanda titik dua
e.      Antara “Nusantara” dan “khususnya” tak perlu pakai tanda baca koma
Bacalah kutipan berikut.
Pak Hadi seorang pengusaha yang sukses. Dia sering ... kepada pengusaha kecil yang memerlukan modal. Pengusaha kecil wajib mengembalikan pinjamannnya sesuai dengan janji yang disepakati.
34.   Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut .... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Lepas tangan
b.      Lempar tangan
c.       Mengulurkan tangan
d.      Jabat tangan
e.      Campur tangan
Bacalah kutipan berikut.
Ratman                : “Kasihan Mbok Sarmah.”
Wati       : “Kenapa dia?”
Ratman                : “Dia seperti sebuah peribahasa”
Wati       : “Kok bisa begitu”
Ratman                : “Aku tak mengira si Tarji setega itu kepada neneknya”
Wati       : “Tarji kan cucu kesayangan Mbok Sarmah?”
Ratman                : “Justru itu aku tak habis pikir. Tega-teganya Tarji itu membuat neneknya menderita. Dia kini tidak punya tempat tinggal lagi. Apalagi Mbok Sarmah sekarang mulai sakit-sakitan.”
35.   Keadaan Mbok Sarmah dalam dialog tersebut seperti peribahasa ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Makan hati berulam jantung
b.      Enak makan dikunyah, enak kata diperkatakan
c.       Luka sudah hilang parut tinggal juga
d.      Sedap jangan dimakan, pahit jangan dimuntahkan
e.      Bergantung pada akar yang lapuk
Bacalah kutipan cerpen berikut
Teks 1
Teks 2
Ada banyak Banun di perkampungan lereng bukit yang sejak dulu tanahnya subur hingga tersohor sebagai daerah penghasil padi kwalitet nomor satu itu. Pertama, Banun dukun patah-tulang yang dengan usangnya kerap didatangi laki-laki pekerja keras bila pinggang atau pangkal lengannya terkiliir akibat terlampau bergairah mengayun cangkul. Disebut-sebut, kemampuan turun-temurun Banun ini tak hanya ampuh mengobati patah tulang.
Banun, Damhuru Muhammad
Begitulah pentingnya Makaji. Tanpa campur tangannya, kenduri terasa hambar, sehambargulai kambing dan gulai rebung karena bumbu-bumbu tak diracik oleh tangan dingin lelaki itu. Makaji tidak pernah keberatan membantu keluarga mana saja yang hendak menggelar pesta. Makaji tak pilih kasih, meski ia satu-satunya juru masak yang masih tersisa di Lareh Panjang.

Juru masak, Damhuri Muhammad
36.   Persamaan unsur intrinsik kedua tersebut adalah ....
a.       Menceritakan seseorang yang menjadi bahan pembicaraan di lingkungannya.
b.      Banyak tokoh sebagai orang seperti Banun dan juru masak.
c.       Pekerjaan kedua tokoh cerita sangat berat
d.      Hasil pekerjaan tokoh cerita sangat mengagumkan
e.      Latar kedua cerita berada di keluarga berada.
Bacalah cuplikan cerpen berikut.
Beberapa bulan setelah Ragil, anak keduaku, lahir, perusahaan suamiku bangkrut gara-gara krisis moneter. Kami, terutama suamiku, tidak siap menghadapi situasi yang memang tidak terduga ini. Dia begitu terpukul dan seperti kehilangan keseimbangan. Perangainya berubah sama sekali. Dia jadi pendiam dan gampang tersinggung. Bicaranya juga tidak seperti dulu, kini terasa sangat sinis dan kasar. Dia yang dulu jarang keluar malam, hampir setiap malam keluar dan baru pulang setelah dini hari. Entah apa saja yang dikerjakannya diluar sana. Beberapa kali kutanya dia selalu marah-marah, aku pun tak pernah lagi bertanya.
(Sang Primadona, Mustofa Bisri)
37.   Konflik dalam kutipan tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Perusahaan suami bangkrut
b.      Marah kepada suami
c.       Terpukul dengan kondisi yang dialami
d.      Suami sering keluar malam
e.      Marah-marah karena di-PHK
38.   Pendeskripsian watak tokoh suami digambarkan melalui .... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Pandangan tokoh lain
b.      Penjelasan langsung
c.       Perilaku tokoh
d.      Dialog tokoh
e.      Pikiran tokoh
Bacalah kutipan teks berikut.
Tentang celana kepar 1001 itu, tak ada yang akan diceritakan lagi. Pada suatu kali ia akan hilang dari muka bumi. Dan mungkin ia bersama-sama Kusno hilang dari muka bumi? Tapi, bagaimana pun juga, Kusno tak akan putus asa. Ia dilahirkan dalam kesengsaraan, hidup bersama kesengsaraan. Dan meskipun celana 1001-nya hilang lenyap menjadi topo, Kusno akan berjuang terus melawan kesengsaraan biarpun hanya guna mendapatkan sebuah celana kepar yang lain. (Kisah Sebuah Celana Pendek, Idrus)
39.   Amanat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Janganlah berputus asa, hidup adalah perjuangan
b.      Hargailah harta bendamu walau hanya sebuah celana kepar
c.       Jangan menyesali harta benda yang telah hilang
d.      Janganlah terlalu mencintai harta, cintailah kehidupan
e.      Perjuangan dalam hidup lebih berharga dari pada harta benda
Cermati kutipan berikut!
Meskipun mereka sudah berteman hampir tiga belas tahun, dengan masalah yang tak sama jauh-jauh dari penampilan fisik perangai Jo dan Vin tumbuh berbeda sekali. Vin tumbuh dengan pemahaman baik. Sejak SMA dulu ia tidak terlalu peduli dengan pendapat orang lain. Sepanjang ia bahagia, maka mau jelek, mau cantik orang lain menilai, ia selalu merasa cantik. Berbeda dengan Jo yang menolak paham kalau pun ia sebenarnya paham-untuk menerimanya. Jo terus berkutat dengan tubuh tambunnya. Pernah saking inginnya bertubuh kurus, Jo memaksa diri melakukan diet tanpa terkendali. Fantastis memang, tubuhnya turun separuh. Membuat pangling. Tapi itu hanya tahan beberapa minggu, sebelum berakhir terbaring di ranjang rumah sakit. Saat ia kembali sehat, tubuhnya kembali membesar tanpa kendali (Sepotong Hati yang Baru, Tere Liye)
Soal UN SMA Thn 2016/2017
40.   Ringkasan kutipan tersebut adalah ....
a.       Vin dan Jo bersahabat cukup lama, tetapi mereka memiliki pandangan yang berbeda dengan penampilan fisik
b.      Vin dan Jo berusia hampir tiga puluh tahun, selalu memperhatikan penampilan fisik
c.       Vin gadis yang selalu tampil sederhana sedang Jo selalu berusaha memperbaiki penampilannya
d.      Vin tidak pernah peduli dengan pendapat orang tentang penampilannya yang penting bahagia
e.      Jo selalu ingin tampil menarik dengan melakukan diet agar tubuhnya menjadi kurus
Bacalah cuplikan cerpen berikut.
Perlu Anda ketahui ...,” timpal Kepala Dinas.  “Tiga guru sebelumnya gagal. Ada yang tak betah, karena tempatnya terpencil. Ada yang tak dapat bekerja sama dengan guru lainnya. Ada yang malah membuat skandal sehingga ditolak oleh penduduk setempat. Kami berharap Bu Yanti berhasil. Setelah itu, kita lihat apa Anda layak diangkat jadi guru.” Penjelasan itu diterimanya sebagai tantangan. Dia akan buktikan bahwa, menjadi guru baginya bukan sekedar mencari kerja, melainkan demi panggilan hidup, dan cintanya kepada anak-anak, dan pedesaan.
41.   Nilai pendidikan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Menjadi guru di daerah terpencil merupakan tantangan.
b.      Menerima tantangan menjadi guru perempuan di daerah terpencil
c.       Menjadi guru merupakan panggilan hidup
d.      Banyak guru yang tidak betah tinggal di derah terpencil
e.      Bukti bahwa guru selain mencari kerja juga karena cintanya pada anak-anak
Bacalah kutipan novel  berikut.
Ibu Mus mulai terdengar seperti warta berita pukul 7. Lintasan berita: “Nilai-nilai ulanganmu merosot tajam. Kita akan segera menghadapi ulangan catur wulan ketiga. Setelah itu catur wulan terakhir menghadapi Ebtanas. Nilaimu bahkan tak memenuhi syarat untuk melalui catur wulan tiga ini. Jika nanti ujian antaramu masih seperti ini, Ibunda tidak akan mengizinkanmu ikut kelas catur terakhir. Itu artinya kamu tidak boleh ikut Ebtanas
Suasana kelas berubah ... . Kami harap Mahar segera minta maaf dan menyatakan pertobatan; tapi sungguh sial, ia malah menjawab dengan nada bantahan.
“Aku mencari hikmah dari dunia gelap Ibunda dan penasaran karena keingintahuan. Tuhan akan memberiku pendamping dengan cara yang misterius ... .”
Kurang ajar betul. Bu Mus bersusah payah menahan emosinya. Aku tahu beliau sebenarnya ingin langsung melabrak Mahar. Air mukanya yang sabar menjadi merah. Beliau segera keluar ruangan menenangkan dirinya.
(Laskar Pelangi, Andrea Hirata)
42.   Latar suasana yang dominan dalam kutipan novel tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Menyedihkan
b.      Menyeramkan
c.       Menegangkan
d.      Mengharukan
e.      Menyebalkan
Bacalah kutipan berikut.
Tiba-tiba ia tersentak karena seseorang yang berpakaian rapi melompat ke sadonya sambil berseru, “Lekas berangkat. Nanti terlambat.” Segera kusir sado itu memacu kudanya. Maka meluncurlah sado itu. Rupanya penumpang tadi sangat tergesa-gesa karena berkali-kali ia berseru, “Percepat sedikit. Ayo ..., apa tak bisa lebih cepat lagi.” Tentu saja kusir sado memenuhi keinginan penumpangnya.
43.   Arti kata sado dalam kutipan tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Kereta kuda untuk balapan
b.      Gerobak yang ditarik oleh sapi
c.       Sejenis becak ditarik oleh manusia
d.      Kereta beroda dua ditarik oleh kuda
e.      Kereda beroda dua bermesin
Bacalah cuplikan cerpen berikut.
“Bila kamu mempunyai rezeki lebih, jangan lupa bersedekah kepada fakir miskin dan anak yatim.” Ya, kallimat-kalimat semacam itulah yang masih sering beliau wiridkan. Mula-mula memang aku perhatikan; bahkan aku berusaha melaksanakan nasihat-nasihat itu, tapi dengan semakin meningkatnya volume kegiatanku, lama-lama aku justru risih dan menanggapnya angin lalu saja
(Sang Primadona, Mustofa Bisri)
44.   Nilai sosial pada kutipan cerpen tersebut yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Ajakan untuk bersedekah kepada fakir miskin dan anak yatim
b.      Kebiasaan bersedekah kepada fakir miskin dan anak yatim
c.       Keinginan untuk melakukan sedekah kepada kaum papa
d.      Penolakan terhadap nasihat untuk membiasakan sedekah
e.      Selalu mendengar nasihat orang tua yang akhirnya membuat risi
Bacalah kutipan puisi berikut.
Sia-Sia
Chairil Anwar

Penghabisan kali kau datang
Membawa kembang berkarang
Mawar merah dan melati putih
Darah dan suci
Kau tebarkan depanku
Serta pandang yang memastikan, untukmu.
Lalu kita sama termangu
Saling bertanya: apakah ini?
Cinta? Kita berdua tak mengerti
Sehari kita bersama. Tak hampir-menghampiri
.....
Mampus kau dikoyak-koyak sepi
45.   Kalimat bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Di mana kau sedari tadi?
b.      Amboi, kau yak tak seperti dulu lagi
c.       Ah. Hatiku yang tak mau memberi
d.      Mungkinkah ini kan terus terjadi?
e.      Jangan tentang keinginanmu ini
Bacalah pantun berikut.
Biarlah orang bertanam buluh
Mari kita bertanam padi
Biarlah orang bertanam musuh
[....]
46.   Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Mari kita bersenang hati
b.      Mari kita memberi suluh
c.       Biarlah kita tanam sendiri
d.      Mari kita hindari musuh
e.      Mari kita menanam budi
Bacalah gurindam berikut
Barang siapa kuat berusaha
Pasti kejayaan turun bersama
47.   Maksud isi gurindam tersebut adalah ...                (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Seseorang yang mudah putus asa dalam menghadapi ujian kehidupan.
b.      Bertemanlah dengan orang yang bekerja keras
c.       Orang yang tidak mudah putus asa akan mendapat kesuksesan
d.      Jadilah orang yang selalu bekerja keras meski mengalami kegagalan
e.      Putus asa adalah sifat yang menghambat seseorang mendapat keberhasilan
Bacalah kutipan teks berikut.
Sesungguhnya hanya kala perempuan dikembalikan derajatnya sebagai manusia barulah keadaan bangsa kita dapat berubah. Juga, perubahan kedudukan perempuan dalam masyarakat itu bukanlahsemata-mata kepentingan perempuan. Kaum laki-laki yang insaf akan kepentingan yang lebih mulia dari kepentingan hatinya yang loba sendiri tentu akan harus mengakui itu.
(Layar terkembang, ST. Alisyahbana
48.   Kalimat yang berisi keunggulan buku sesuai dengan kutipan tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Mestinya persamaan derajat laki-laki dan wanita yang diangkat, bukan hanya wanita
b.      Berbicara emansipasi wanita dalam karya sastra merupakan hal yang biasa
c.       Tema mengangkat derajat kaum wanita menjadi kekuatan isi novel ini
d.      Pada saat novel ini dikarang perihal emansipasi wanita telah menajdi tema usang
e.      Tema yang relevan saat novel ini dikarang adalah kawin paksa, bukan emansipasi wanita
Bacalah kutipan cerpen berikut
Ketika aku meninggalkan pantai itu, kulihat orang-orang datang berbondong-bondong, ternyata mereka menjadi gempar karena senja telah hilang. Kulihat cakrawala itu berlubang sebesar kartu pos.
.... .
Dia yang mengambil senja itu. Saya lihat dia mengambil senja itu.
(Kutipan dari “Sepotong Senja untuk Pacarku”, Seno Gumira Adjidarma)
49.   Kalimat kritik yang sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah ... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Seno Gumira Adjidarma dikenal sebagai penulis cerpen sosial, tercermin dalam tokoh cerpen yang telah ditulisnya
b.      Pembaca dituntut lebih cermat untuk memahami isi cerita karena banyak menggunakan kata-kata lambang dengan jalinan peristiwa yang tidak logis
c.       Penggunaan kalimat-kalimat yang unik membuat cerpen ini diminati pembacanya
d.      Seno merupakan sastrawan agkatan 90-an yang mengalami masa Orde Baru sehingga warna sosial masa itu terlihat kental dalam cerpen-cerpennya
e.      Penggunaan kalimat yang sederhana memudahkan pembaca untuk memahami isi cerita
Karangan Bunga

Tiga anak kecil
Dalam langkah malu-malu
Datang ke Salemba sore itu
“ini dari kami bertiga
Pita hitam dalam karangan bunga
Sebab kami berduka
Bagi kakak yang ditembak mati
Siang tadi
Taufiq Ismail
50.   Kalimat tanggapan yang sesuai dengan kutipan puisi tersebut adalah .... (Buku Erlangga UN 2017)
a.       Ego dan pesimisme ketiga anak dalam puisi itu sangat jelas
b.      Puisi itu membicarakan tentang batas kehidupan (kematian) seseorang
c.       Mengapa Taufiq Ismail masih menggunakan persamaan bunyi di akhir baris?
d.      Penggunaan kata “tiga anak kecil” menjadikan tema sosial kurang terlihat
e.      Penggunaan “tiga anak kecil” memperkuat isi puisi karena menggambarkan semua pihak berempati terhadap gugurnya seorang mahasiswa

Comments

Popular posts from this blog

Kelas 12 Ipa 2 Kelompok 4 Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018

Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018 BULLYING Tim Produksi : 1. Amos Fernando Nainggolan – Guru Matematika (Mengetik Naskah) 2. Destia Laila – Teman Dewi dan Sharhan (Makeup) 3. Dewi Astuti – Peran yang di bully (Kostum) 4. Dwi Prasetyo – Guru BK (Penata Artistik) 5. Kedive Ramadhan – Tukang bully (Admin Sosmed) 6. Muhammad Daffa Firdaus – Tukang bully (Sutradara) 7. Muhammad Luthfi Sasmita – Tukang bully (Properti) 8. Muhammad Sharhansyah – Peran yang di bully (CD) 9. Titis Sulistiyo Wahyuning Asih -  Tukang bully (Pembuat Naskah) Grup 4  XII MIPA – 2 Ujian Praktek Guru Penguji: 1. Dra. Siwi Marwati, M. Pd. 2. Dra. Novalinda, M. Pd. 3. Muhammad Jarkasih, S Pd. M. Par. SMA Negeri 41 Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018 Di sebuah Sekolah bernama SMA Bar – Bar terdapat sebuah kelas yang dihuni oleh berbagai macam karakteristik siswa. Pagi hari Destia dan Sharhan dikelas, tiba – tiba Daffa dan teman-temannya

27. Novani Sisilia Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

Nama : Novani Sisilia Soal UN Bahasa Indonesia Thn. 2016 04 Paket B Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik menyisipkan peristiwa sejarah dengan harapan dapat memperkuat kepribadian peserta didik dengan menghayati nilai-nilai perjuangan dan pengorbana seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan. Pembelajaran ini juga dimaksudkan untuk menanamkan sikap positif dalam diri peserta didik terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa identitas bangsa yang harus dijunjug tinggi yang harus tercermin dalam sikap berbahasa, baik lisan maupun tulis. Bahasa Indonesia merupakan cerminan sikap dan jati diri bangsa Indonesia di lingkungan pergaulan dunia global. 1.          Ide pokok paragraf tersebut adalah … . A.         cara memperkuat kepribadian peserta didik  melalui materi pembelajaran B.         penghargaan pengorbana n seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan C.         upa