Skip to main content

27. Novani Sisilia Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

Nama : Novani Sisilia
Soal UN Bahasa Indonesia Thn. 2016 04 Paket B

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.
Pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik menyisipkan peristiwa sejarah dengan harapan dapat memperkuat kepribadian peserta didik dengan menghayati nilai-nilai perjuangan dan pengorbana seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan. Pembelajaran ini juga dimaksudkan untuk menanamkan sikap positif dalam diri peserta didik terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa identitas bangsa yang harus dijunjug tinggi yang harus tercermin dalam sikap berbahasa, baik lisan maupun tulis. Bahasa Indonesia merupakan cerminan sikap dan jati diri bangsa Indonesia di lingkungan pergaulan dunia global.

1.         Ide pokok paragraf tersebut adalah … .
A.        cara memperkuat kepribadian peserta didik  melalui materi pembelajaran
B.        penghargaan pengorbanan seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan
C.        upaya penanaman sikap positif peserta didik dalam pembelajaran 
D.        tujuan penyisipan peristiwa sejarah dalam pembelajaran bahasa Indonesia
E.        cerminan suatu sikap jati diri peserta didik dalam berbahasa Indonesia

2.         Tujuan penulis menyajikan isi teks tersebut adalah … .
A.        mengimbau para pendidik untuk menyisipkan peristiwa sejarah dalam pembelajaran yang dilakukannya
B.        menggambarkan perjuangan dan pengorbana seorang tokoh untuk kemerdekaan pada zaman penjajahan
C.        menjelaskan manfaat penyisipan peristiwa sejarah dalam pembelajaran bahasa Indonesia
D.        mengajak untuk menghayati nilai-nilai perjuangan dan pengorbana seorang tokoh dalam pembelajaran
E.        mengingatkan pendidik agar menyisipkan peristiwa sejarah dalam setiap pembelajaran

Cermati paragraf berikut untuk soal nomor 3 dan 4!
(1) Kejadian dalam peristiwa sejarah dianggap sebagai proses atau dinamika dalam suatu konteks historis bukan hanya sekadar peristiwa yang terjadi pada masa lampau. (2) Sejarah termasuk ilmu empiris karena sejarah sangat bergantung pada pengalaman manusia, kerap dimasukkan ke dalam ilmu kemanusiaan, dan berbeda dengan antropologi atau sosiologi. (3) Sejarah membicarakan manusia dari segi waktu, seperti perkembangan masyarakat dari satu bentuk ke bentuk lainnya. (4) Diungkapkan pula kesinambungan yang terjadi dalam suatu masyarakat, pengulangan peristiwa yang terjadi pada masa lampau, dan perubahan yang terjadi dalam masyarakat. (5) Berbagai nilai dan kearifan yang terdapat dalam sebuah peristiwa sejarah itu merupakan sumber kekayaan yang dapat diserap dan diterapkan dalam mempersiapkan masa depan generasi muda.

3.         Kalimat utama paragraf tersebut adalah bernomor … .
A.        (1)
B.        (2)
C.        (3)
D.        (4)
E.        (5)

4.         Makna istilah empiris yang tercetak miring pada kalimat nomor (2) dalam paragraf tersebut             adalah … .
A.        perbuatan seseorang
B.        berdasarkan pengalaman
C.        dasar pemantauan
D.        kejadian penting
E.        melakukan penelitian


Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 5–6!
(1) Melalui teks cerita ulang atau dikenal juga dengan sebutan teks rekon (recount), pengalaman nyata  pada masa lalu dapat dibangkitkan atau dihidupkan kembali. (2) Setelah informasi tentang sebuah peristiwa sejarah diperoleh, seseorang dapat mengumpulkan data yang tepat, akurat, serta autentik tentang peristiwa tersebut dari berbagai sumber, baik lisan, tertulis maupun benda-benda yang berkaitan dengan peristiwa sejarah yang dimaksud.  (3) Bukti sejarah juga sudah dimuat pada buku sejarah yang ditulis oleh pakar sejarah. (4) Dari buku tersebut dicatat hal yang akan diteliti secara cermat, dibandingkan satu sama lain, diinterpretasikan, kemudian direkonstruksi sehingga menghasilkan kisah sejarah yang mudah dipahami. (5) Hal yang demikian itu, semoga menjadi perhatian semua peneliti dalam melakukan sebuah penelitian agar hasilnya sempurna dan akurat.
5.         Yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah kalimat bernomor … .
A.        (1)
B.        (2)
C.        (3)
D.        (4)
E.        (5)

6.         Yang berupa fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor … .
A.        (1)
B.        (2)
C.        (3)
D.        (4)
E.        (5)

Cermati kutipan tajuk rencana berikut untuk soal 7– 9!
Di Mentawai, Sumatera Barat, lain lagi yang terjadi. Kepulauan ini memiliki ombak terbaik untuk berselancar. Di dunia ini hanya ada tiga tempat yang memiliki barrel—ombak berbentuk terowongan—yang dapat ditemui sepanjang waktu: Hawaii, Haiti, dan Mentawai. Namun, pemerintah daerah tidak berdaya. Di sana Resor tumbuh menjamur, tetapi kontribusi mereka kepada ekonomi daerah amat  minimal.  Mungkin  ini  merupakan  bentuk  “protes”  mereka kepada pemerintah yang tidak serius membangun prasarana wisata di sana. Dengan ribuan “surga yang tersembunyi” itu, pemerintah pusat seharusnya bisa menaikkan jumlah wisatawan asing yang datang ke negeri ini sehingga perekonomian masyarakat setempat terbantu.

7.         Opini penulis yang sesuai dengan isi tajuk rencana tersebut adalah … .
A.        Ternyata banyak tempat wisatawan yang perlu dibangun ditanah air ini dan harus dilestarikan keindahannya oleh masyarakat setempat dan dibantu oleh berbagai pihak.
B.        Tidak selalu dibebankan semuanya kepada pemerintah untuk membangun suatu daerah karena keterbatasan tenaga dan biaya yang tersedia, termasuk mempromosikan objek wisata .
C.        Kepedulian pemerintah sangat diharapkan untuk mempromosikan tempat wisata yang belum begitu banyak dikenal agar objek wisata dikenal dan wisatawan  banyak berkunjung
D.        Banyaknya tempat wisata yang indah dan menarik di tanah air seharusnya menjadi daya tarik wisatawan dalam negeri (lokal) daripada terdapat objek di luar negeri.
E.        Pengelola objek wisata pada suatu daerah, seharusnya dapat meningkatkan daya tarik pengunjung dengan membangun fasilitas yang memadai bagi pengunjung.

8.         Pihak yang dituju dalam isi opini penulis pada tajuk rencana tersebut adalah … .
A.        masyarakat setempat
B.        pengelola wisata
C.        wisatawan mancanegara
D.        wisatawan lokal
E.        pemerintah pusat
9.         Keberpihakan penulis (editorial) dalam kutipan tersebut adalah … .
A.        pemerintah pusat
B.        masyarakat setempat
C.        pengelola wisata
D.        wisatawan mancanegara
E.        wisatawan lokal

10.     Cermati kedua kutipan teks berikut!
Teks 1
Teks 2
Tahun lalu, menurut catatan Badan Pusat Statistik, hanya ada 8 juta wisatawan asing yang datang berkunjung ke Indonesia. Jangankan dibandingkan dengan Prancis yang mampu mendatangkan 83 juta turis tahun lalu, jumlah wisatawan asing ke Indonesia masih jauh dari Malaysia, yang menurut United Nations World Tourism Organizationkedatangan 25 juta pelancong pada lalu. Ini menempatkan Malaysia pada peringkat ke-10 negara dengan jumlah wisatawan asing terbanyak.
Selain membangun infrastruktur—seperti akses ke tempat itu—dan sarana semisal transportasi dan penginapan, pemerintah harus lebih serius memikirkan program-program untuk membungkus potensi ini agar lebih menarik. Singapura, misalnya, pulau kecil yang penuh beton itu mampu membuat banyak atraksi wisata—meski sebagian besar  artifisial dan  terlihat lebih  indah  di  iklan—yang mampu menarik 15 juta wisatawan asing. Hampir dua kali lipat dari yang ke Indonesia.

Perbedaan isi yang terdapat pada kutipan tersebut adalah … .
Teks 1
Teks 2
A.       masih sedikitnya jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia dibandingkan dengan negara lain
belum seriusnya pemerintah berkeinginan membangun infrastruktur  pada objek wisata sebagai daya tarik wisatawan
B.        berkurangnya jumlah wisatawan asing yang berkujung ke Indonesia
tidak adanya objek wisata yang menarik bagi wisatawan mancanegara di Indonesia
C.        objek wisata di Indonesia hanya dikunjungi wisatawan lokal
baru sedikit wisatawan mancanegara yang berkunjung ke objek wisata Indonesia
D.       belum seriusnya pemerintah berkeinginan membangun infrastruktur  pada objek wisata sebagai daya tarik wisatawan
masih sedikitnya jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia dibandingkan dengan negara lain
E.        tidak adanya objek wisata yang menarik bagi wisawan mancanegara di Indonesia karena lebih menarik di negara lain.
berkurangnya jumlah wisatawan asing yang berkujung ke Indonesia karena kurangnya infrastruktur

11.     Cermati kutipan biografi berikut!
Siapakah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat? Tidak lain,  dialah Ki Hadjar Dewantara.  Saat genap berusia 40 tahun menurut hitungan Tahun Caka, berganti nama menjadi Ki Hadjar Dewantara. Semenjak itu, ia tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan agar ia dapat bebas dekat dengan rakyat, baik secara fisik maupun hatinya.
Perjalanan hidupnya benar-benar diwarnai perjuangan dan pengabdian demi kepentingan bangsanya. Ia menamatkan Sekolah Dasar di ELS (Sekolah Dasar Belanda) Kemudian sempat melanjut ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera), tetapi tidak sampai tamat karena sakit. Kemudian ia bekerja sebagai wartawan di beberapa surat kabar antara lain Sedyotomo, Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer dan Poesara. Pada masanya, ia tergolong penulis andal. Tulisan-tulisannya sangat komunikatif, tajam dan patriotik sehingga mampu membangkitkan semangat antikolonial bagi pembacanya

Keteladan yang terdapat pada tokoh sesuai isi kutipan biografi tersebut adalah … .
A.        perjuangan dan pengabdiannya demi kepentingan bangsanya
B.        pernah melanjutkan sekolah ke Sekolah Dokter Bumiputera
C.        pekerjaan kewartawanan dilakukannya dengan sungguh-sungguh
D.        dia tergolong seorang penulis yang berprestasi dan penulis andal
E.        mampu menulis dengan sangat komunikatif, tajam, dan patriotik

Cermati kutipan dialog berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13!
(1)       Alminah
:
”Mirna, saya mau memesan bakso 100 butir, bisa kamu bawakan besok ke kantorku?  Berapa harganya?”
(2)       Mirna
:
”Besok, ya Al? Baksonya ada, tetapi, besok saya tidak bisa mengantar ke kantormu karena saya mengantarkan beberapa pesanan bakso yang tempatnya berjauhan dengan kantormu. Harganya masih belum naik, masih per butir Rp1.500,00. Jadi, semuanya Rp150.000,00”
(3)       Alminah
:
”Aduh, kamu kapan bisa mengantarkannya?”
(4)       Mirna
:
”Insya Allah, lusa ya, saya antar pukul 10.00 ke kantormu, ya Mir.”
(5)       Alminah
:
”Antarkan pukul sepuluh tepat, ya karena pukul sebelas saya ada tugas luar.”
(6)       Mirna
:
”Baik, Al. Terima kasih.”

12.     Hal yang disepakati dalam teks dialog tersebut adalah … .
A.        harga per butir bakso
B.        waktu pengantaran bakso
C.        harga semua pesanan
D.        jumlah pesanan bakso
E.        cara pengantaran bakso

13.     Kalimat imperatif di antara kalimat yang tersaji pada dialog tersebut adalah yang bernomor … .
A.        (1)
B.        (2)
C.        (3)
D.        (4)
E.        (5)

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 14–15!
Soekarno, sebagai orang Indonesia, telah memberi pengaruh besar terhadap perjalanan sejarah dunia. Oleh sebab itu, dia bisa disebut sebagai salah satu tokoh dunia. Ini yang membuat kita bangsa Indonesia sangat bangga memiliki pemimpin seperti dia.

14.     Maksud kata acuan ini yang bercetak miring pada  kalimat ke-3 paragraf tersebut adalah … .
A.        sebagai salah satu tokoh dunia
B.        Soekarno, Presiden Republik Indonesia
C.        perjalanan sejarah dunia
D.        seorang pemimpin bangsa Indonesia
E.        sebagai orang Indonesia

15.     Inti kalimat yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah … .
A.        Soekarno, sebagai orang Indonesia
B.        orang Indonesia, telah memberi pengaruh
C.        Soekarno memberi pengaruh terhadap sejarah.
D.        memberi pengaruh besar terhadap perjalanan
E.        terhadap perjalanan sejarah dunia



16.     Cermati teks berikut.
(1) Pada sebuah cerita ulang biografi, partisipannya adalah manusia yang terlibat pada peristiwa tertentu dalam sejarah. (2) Penganalisaan fakta pelu dicek kembali.  (3) Si penulis akan mencatat peristiwa tersebut secara kronologis. (4) Kesistematisan peristiwa dalam penulisan harus diperhatikan. (5) Penggunaan kaidah bahasa dalam penulisan harus cermat pula.

Kesalahan penggunaan kata pada paragraf tersebut adalah … .
A.        patisipan pada kalimat (1) salah, seharusnya partisipasi
B.        penganalisaan pada kalimat (2) seharusnya penganalisisan
C.        kronologis pada kalimat (3) seharusnya kronologi
D.        kesistematisan pada kalimat (4) seharusnya kesistimatisan
E.        kaidah pada kalimat (5) seharusnya kaedah

17.     Cermati penggunaan tanda baca pada kalimat dalam paragraf berikut!
(1) Keterlibatan Nelson Mandela dalam politik dimulai, saat dia keluar dari sekolah College of Fort Hare. (2) Namun selama bertahun-tahun dia, menyaksikan bagaimana politik apartheid sangat tidak manusiawi. (3) Keterlibatan inilah, yang kemudian menentukan jalan panjang yang harus dia tempuhnya. (4) Dia, memperjuangkan persamaan hak bagi mayoritas orang kulit hitam di Afrika Selatan. (5) Harapan Mandela untuk berhasil, sangatlah kecil karena selama berabad-abad pemerintah kolonial telah mengonsentrasikan semua kekuasaan politik dan militer.

Penggunaan tanda baca koma (,) yang salah dengan alasan perbaikan yang tepat adalah … .
A.        pada kalimat bernomor (1) salah, seharusnya tanda koma dibuang karena sudah terdapat konjungsi saat sebagai penyataan anak kalimat keterangan waktu
B.        pada kalimat bernomor (2) salah, seharusnya tanda koma digunakan setelah kata namun karena penanda konjunsi anatar paragraf
C.        pada kalimat bernomor (3) salah, seharusnya tanda koma sesudah kata inilah tidak diperlukan karena tidak ada fungsinya
D.        pada kalimat bernomor (4) salah, seharusnya tanda koma sesudah kata dia tidak diperlukan karena tidak ada fungsinya
E.        pada kalimat bernomor (5) salah seharusnya tanda koma dipindahkan setelah konjungsi karena karena sudah terdapat konjungsi karena sebagai penyataan anak kalimat keterangan sebab

18.     Cermati penggunaan tanda baca pada deretan kalimat berikut!
(1)      Pada Agustus 1943, kapal yang dipimpinnya dihantam destroyer Jepang.
(2)      Kapal terbelah dua, dan dua belas orang awaknya tewas.
(3)      JFK, beberapa kru,  dan awak kapal yang selamat.
(4)      Namun, bantuan tidak kunjung datang sehingga mereka harus berenang.
(5)      JFK melakukan tindakan heroik, menyelamatkan jiwa seorang kru yang terluka.
(6)      Dia dan krunya akhirnya selamat, setelah ditemukan oleh penduduk asli.

Penggunaan tanda baca yang tepat terdapat pada kalimat bernomor … .
A.        (1) dan (2)
B.        (2) dan (3)
C.        (3) dan (4)
D.        (4) dan (5)
E.        (5) dan (6)


19.     Cermati paragraf berikut!
Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku disusun dan ditelaah oleh berbagai … di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal … Kurikulum 2013. Buku ini merupakan ”dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan … . Masukan dari berbagai kalangan diharapkan dapat meningkatkan … buku ini

Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah … .
A.        fihak, penterapan, zaman, kualitas
B.        pihak, penerapan, zaman, kualitas
C.        fihak, penterapan, jaman, kualitas
D.        fihak, penterapan, jaman, kuwalitas
E.        pihak, penerapan, jaman, kwalitas

20.     Cermati penggunaan kata serapan pada kalimat berikut!
Sebagai anak priyayi yang memang pandai, Soekarno bisa mengecap pendidikan tinggi dan lulus dari ITB. Sebagai mahasiswa … , Soekarno terbilang pandai. Akan tetapi, ide-ide … rupanya telah membuat dirinya terpikat. Tiga bulan setelah lulus, pada 1926, lelaki yang dikenal sebagai … ulung ini memuatkan ide-ide politiknya di media massa dalam artikel yang berjudul ”Nasionalisme, Islam, dan Marxisme”. Tulisan ini sangat menekankan ide persatuan antarkelompok yang kemudian menandai pemikiran politiknya sepanjang … Soekarno.

Perbaikan kata serapan tersebut yang tepat adalah … .
A.        tekhnik, nasionalisme, orator, karier
B.        teknik, nasionalisasi, orator, karier
C.        tehnik, nasionalisme, otoriter, karir
D.        tekknik, nasionalisasi,  otoriter, karir
E.        teknik, nasionalisme, orator, karier

21.     Cermati penulisan judul berikut!
Saya telah membaca buku sistem gotong royong dalam masyarakat pedesaan daerah istimewa Yogyakarta. Isi buku itu untuk salah satu sumber karya ilmiah saya yang sedang saya tulis.

Perbaikan penulisan judul buku tersebut adalah … .
A.        Sistem gotong royong dalam masyarakat pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta
B.        Sistem Gotong Royong dalam Masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta
C.        Sistem Gotong Royong Dalam Masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta
D.        Sistem gotong Royong dalam masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta
E.        Sistem Gotong Royong dalam masyarakat pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta

22.     Cermati paragraf berikut!
Pada 17 Agustus 1945, tidak lama setelah Jepang takluk pada Sekutu, atas desakan para aktivis pemuda yang sempat menculik Soekarno ke Rengas Dengklok, Soekarno dan Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Sehari kemudian Soekarno-Hatta diangkat menjadi presiden dan wakil presiden pertama Indonesia.


Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah … .
A.        memproklamasikan
B.        memproklamatorkan
C.        pemproklamasian
D.        pemproklamiran
E.        pemproklamatoran

23.     Cermati paragraf berikut!
Kucing Anggora mempunyai tubuh proporsional. Biasanya, tubuh kucing Anggora terlihat …. Hal ini sangat berbeda dengan kucing Persia yang mempunyai tubuh gemuk. Berat badannya pun … . Selain itu, kucing ini mempunyai ukuran badan … dan tidak juga pendek. Maka tidak heran jika kucing ini terlihat sangat anggun saat berjalan, ditambah lagi dengan gaya jalannya yang mirip dengan model.


Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah … .
A.        hampir langsing, begitu ringan, sedikit panjang
B.        hampir langsing, terasa ringan, hampir panjang
C.        agak langsing, cukup ringan, tidak panjang
D.        agak langsing, begitu ringan, tidak panjang
E.        agak langsing, terasa ringan, sedikit panjang

24.     Cermati paragraf berikut!
Inflasi merupakan suatu hal yang wajar dan tidak dapat dihindari oleh setiap negara. Hal ini, disebabkan oleh proses pembangunan yang mengeluarkan pembiayaan yang besar untuk membangun industri dan proyek pembangunan lainnya… tidak dapat dicapai keseimbangan antara jumlah persediaan barang dengan jumlah uang yang beredar. Inflasi yang tidak terkendali akan membawa dampak yang negatif, seperti kurangnya hasrat untuk berinvestasi, banyaknya usaha yang spekulasi terhadap barang-barang kebutuhan masyarakat, mengurangi tabungan, dan memacetkan usaha.

Konjungsi sebab akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah … .
A.        apabila
B.        karena
C.        bahwa
D.        walau
E.        sehingga

25.     Cermati penggunaan konjungsi (kata penghubung) dalam paragraf berikut!
Di negara sedang berkembang, indeks tingkat kemiskinan yang didefinisikan sebagai proporsi masyarakat dengan pendapatan kurang dari US$ 1 per hari berdasarkan harga prioritas daya beli menurun 28,3% pada tahun 1987 menjadi 24% pada tahun 1998. Dan penurunan angka kemiskinan tidak dapat mengimbangi laju pertumbuhan penduduk,  banyak kaum miskin di negara berkembang meningkat sekitar 160 juta antara tahun 1987 dan 1998. Begitu pula pada akhir abad ke dua puluh masalah kemiskinan meningkat pada banyak negara, terutama di Asia Tenggara yang secara langsung berpengaruh pada krisis finansial 1997.

Perbaikan kata konjungsi yang bercetak miring pada kalimat ke-2 paragraf tersebut adalah … .
A.        bahwa
B.        walau
C.        sehingga
D.        karena
E.        bahkan


26.     Cermati paragraf berikut!
Setelah sore Mak Ijah menutup warungnya. Dia membawa kaleng uang dari warung menuju tengah rumah. Dia taburkan uang itu di lantai. Mak Ijah mulai menghitung hasil penjualannya. Dia mulai … uang berdasarkan besaran nilainya. Ada uang seribu, dua ribu, lima ribu, dan seterusnya. Setelah selesai menghitung, sebagian uangnya disimpan di celengan. Dia tampaknya  … banyak uang yang telah ditabungkannya. Rencananya akan digunakannya untuk memperlebar warungnya dan untuk menambah modal juga. Tampak dia … celengannya yang terbuat dari kaleng bekas biskuit sambil tersenyum. Mungkin uang tabungannya sudah lumayan banyak.

Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah … .
A.        memisah-misahkan, mengingat-ingat, menepuk-nepuk
B.        memisah-misahkan, diingat-ingat, menepuk-nepuk
C.        memisahkan-memisahkan, ingat-mengingat, menepuk-tepuk
D.        pisah-memisahkan, ingat-mengingatkan, mentepuk-tepuk
E.        dipisah-pisahkan, diingat-ingat, ditepuk-nepuk

27.     Cermati paragraf berikut!
Sebagai Founding Father atau Bapak Bangsa Indonesia, Bung Karno telah mengantarkan bangsa Indonesia kepada kemerdekaan. Dengan perjuangan yang tanpa pamrih, Bung Karno telah membangun tatanan keadilan yang … rakyat Indonesia. Beliau juga  serta berhasil … Indonesia dengan negara lainnya. Semoga apa yang dilakukannya itu dapat … rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih gemilang.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah … .
A.        mensejahterakan, mensejajarkan, meninspirasi
B.        tersejahterakan, tersejajarkan, terinspirasi
C.        mensejahterakan, menyejajarkan, meninspirasi
D.        disejahterakan, disejajarkan, diinspirasi
E.        menyejahterakan, menyejajarkan, menginspirasi

28.     Cermati deretan kalimat berikut!
Cara Membuat Tape Singkong
(1)     Kukus singkong hingga matang, tetapi jangan sampai terlalu lembek, angkat singkong (jangan disentuh karena mengganggu fermentasi)
(2)     Kupas dan bersihkan singkong, potong dengan ukuran panjang kira-kira 10-15 cm dan cuci sampai bersih.
(3)     Tutup rapat singkong yang sudah ditaburi ragi dengan menggunakan daun pisang, dan tutup kembali menggunakan penutup wadah agar tidak terbuka.
(4)     Sediakan wadah yang agak dalam seperti baskom, toples yang agak besar, atau bakul dan alasi dengan menggunakan daun singkong pada bagian dasar serta pinggirannya.
(5)     Diamkan selama minimal 2 hari 2 malam, dan setelah itu cek tape dengan menggunakan garpu dan sudah bertekstur lembut, serta mudah ditusuk dengan garpu, berarti tape singkong sudah jadi.
(6)     Susun singkong untuk lapisan pertama dengan menggunakan garpu untuk menatanya, taburkan sebagian bubuk ragi, susun lagi singkong untuk lapisan kedua, taburkan lagi ragi, dan seterusnya.


Urutan kalimat tersebut yang tepat sehingga menjadi sebuah paragraf prosedur adalah … .
A.        (1), (2), (5), (6), (3), dan (4)
B.        (2), (1), (4), (6), (3), dan (5)
C.        (3), (1), (4), (2), (6), dan (5)
D.        (4), (3), (2), (1), (5), dan (6)
E.        (5), (2), (4), (3), (1), dan (6)

29.     Cermati paragraf deskripsi berikut!
Kucing anggora mempunyai bulu yang unik. Keunikan bulu kucing anggora adalah bulu tumbuh sesuai dengan kondisi cuaca. Jika kondisi cuaca sedang mengalami musim panas, bulu kucing anggora terlihat pendek. Jika kondisi cuaca sedang mengalami musim hujan/dingin, bulu kucing anggora sangat lebat dan panjang. .... Kondisi bulu yang cukup unik tersebut memperlihatkan bahwa kucing anggora ini cukup cocok dipelihara di Indonesia. Karena dengan pola tumbuh bulu kucing anggora tersebut membuat kucing anggora mampu untuk beradaptasi dengan iklim yang ada di Indonesia

Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah … .
A.        Kucing anggora mempunyai ekor yang cukup panjang.
B.        Ekor kucing anggora juga ditumbuhi bulu yang lebat dan tebal.
C.        Bulu kucing anggora sangat halus dan lembut seperti sutera.
D.        Bahkan, bulu yang terdapat di ekor lebih lebat daripada bulu badannya.
E.        Merawat bulunya sangat rumit dan memakan waktu cukup lama.

30.     Cermati paragraf narasi berikut!
JFK dilantik pada 20 Januari 1961. Ia menyampaikan pidatonya yang memesona, menyerukan penerapan hukum yang baru, yaitu yang kuat berlaku adil, yang lemah dilindungi, dan perdamaian dijaga. Ia menyadari kesulitan yang akan dihadapinya. ”Semua ini tidak akan selesai dalam 100 hari pertama,” katanya. “Tidak akan selesai dalam 1.000 hari, tidak juga selama pemerintahan ini, bahkan mungkin tidak sepanjang masa hidup kita di planet ini. …” Dalam pidato inilah dia mengucapkan kata-katanya yang terkenal dan sering dikutip, ”Jangan tanya apa yang dapat diberikan oleh negerimu—tanyalah apa yang dapat kauberikan kepada negerimu.”

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi (yang rumpang) tersebut adalah … .
A.        Siapa pun tidak akan peduli dengan keadaan dunia.
B.        Gedung Putih sebagai sebuah pusat kebudayaan
C.        Saat itu dunia hampir masuk ke perang nuklir
D.        Akan tetapi, mari kita mulai sekarang.
E.        Beberapa hari perundingan yang tegang terjadi.

31.     Cermati paragraf berikut!
Karakter utama sebuah cerpen adalah peristiwa, yaitu suatu kejadian yang di dalamnya. Peristiwa tersebut ada hubungan antara tokoh, latar, dan alur. Peristiwa dalam cerpen menunjukkan dua pola, yaitu peristiwa monologis yang merupakan penggambaran keadaan dan kedirian yang bersifat tunggal. Dalam hal ini, tokoh bermonolog atau penulis menggambarkan keadaan. Peristiwa lainnya adalah dialogis, yang merupakan penggambaran keadaan hubungan tokoh dengan tokoh dalam suatu keadaan tempat dan waktu tertentu. …

Kalimat yang tepat untuk melengkapi simpulan paragraf tersebut adalah … .
A.        Jadi, peristiwa monologis dan dialogis selalu ada dalam sebuah cerpen.
B.        Dengan demikian, peristiwa yang dituangkan berdasarkan imajinasi saja.
C.        Jadi, peristiwa itu dapat dituangkan ke dalam cerpen sesuai dengan alur.
D.        Dengan merekonstruksi peristiwa , disisipkan nilai-nilai dan amanat.
E.        Rangkaian peristiwa itulah, yang kemudian membentuk genre cerpen.



32.     Cermati pendapat dan kalimat argumen berikut!
Pendapat:
Perdagangan bebas dapat menimbulkan tingkat pengangguran yang tinggi dan banyak pengusaha kecil dan besar tersingkir akibat kalah bersaing dengan perusahaan asing.
Argumen:
(1)      Para pedagang dalam negeri dan para pedagang dalam negeri akan saling bersaing dan berebutan dalam pemasaran sehingga termotivasi untuk mendapatkan pasar
(2)      Perdagangan bebas dapat menciptakan hambatan-hambatan baru yang merugikan perusahaan-perusahaan kecil dan yang besar yang ada di dalam negeri.
(3)      Produk Indonesia semakin banyak dan akan diperbanyak agar mampu menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran.
(4)      Perdagangan bebas tidak mempunyai hambatan perdagangan antarindividu perusahaan yang berada di negara yang berbeda.

Kalimat argumen yang sesuai untuk pendukung pendapat tersebut adalah … .
A.        (1) dan (2)
B.        (1) dan (3)
C.        (2) dan (3)
D.        (2) dan (4)
E.        (3) dan (4)

33.     Cermati kalimat berikut!
Hamparan-haparan ratusan kotak beton di kota itu merupakan jebakan walet yang dibangun oleh manusia tujuan untuk memindahkan walet daripada kehidupan lepas terbang di pantai.

Perbaikan kalimat tersebut dengan alasan yang tepat adalah … .
(1)      Kata ulang hamparan-hamparan tidak tepat karena diiring oleh kata ratusan yang berarti jamak/banyak.
(2)      Penggunaan kata dibangun tidak tepat seharusnya diganti dengan dibikin yang memiliki arti dibuat
(3)      Kata tujuan dan untuk harus harus dibuang salah satu karena maknanya sama.
(4)      Penggunaan kata daripada tidak tepat karena bukan menyatakan perbandingan, seharusnya kata dari
(5)      Kata terbang lepas kurang tepat, seharusnya mengudara tinggi

Pernyataan yang tepat untuk perbaikan kalimat tersebut adalah … .
A.        (1), (2), dan (3)
B.        (1), (3), dan (4)
C.        (2), (3), dan (4)
D.        (2), (3), dan (5)
E.        (3), (4), dan (5)

34.     Cermati ilustrasi berikut!
Pencuri itu mengendap-endap waktu memasuki pekarang rumah sasarannya. Lalu mendekati salah satu jendela kamar rumah itu. Dia mulai mengeluarkan alat pencongkel pintu. Akan tetapi naas, obeng yang digunakannya jatuh ke ubin beserta peralatan lainnya sehingga mengeluarkan bunyi dan membuat pemilik rumah serta merta keluar dan menyergapnya.


Ungkapan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah … .
A.        terkena jaringan
B.        naik pitam
C.        tertangkap basah
D.        tinggi rezeki
E.        gelap mata

  1. Cermati ilustrasi berikut!
Meski hidup Azrial sudah hidup berada, memiliki rumah mewah dan kendaraan, dan tinggal di ibu kota, Jakarta, tetapi ia masih ingin pulang ke kampung halamannya. Banyak hiburan di kota besar. Namun, tetap rindu terhadap kampung halamannya, Lareh Panjang, Sumatra Barat. Kampung halamannya terasa senantiasa memanggilnya pulang. Karena itulah, Azrial membangun rumah yang akan dihuninya kelak di hari tuan bersama istrinya.

Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah … .
    1. Hancur badan dikandung tanah, budi baik dikenang jua.
    2. Kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang penggalan.
    3. Seperti ilmu padi, kian berisi kian merunduk.
    4. Daripada berputih mata, lebih baik berputih tulang.
    5. Setinggi-tinggi terbang bangau, hinggapnya ke kubangan juga.





  1. Cermati kedua kutipan teks cerpen berikut!
Cerpen 1
Cerpen 2
Kenduri di rumah Mangkudun begitu semarak. Dua kali meriam ditembakkan ke langit, pertanda dimulainya perhelatan agung. Tak biasanya pusaka peninggalan sesepuh adat Lareh Panjang itu dikeluarkan. Bila yang menggelar kenduri bukan orang berpengaruh seperti Mangkudun, tentu tak sembarang dipertontonkan. Para tetua kampung menyiapkan pertunjukan pencak guna menyambut kedatangan mempelai pria. Para pesilat turut ambil bagian memeriahkan pesta perkawinan anak gadis orang terkaya di Lareh Panjang itu.

Cerpen Juru Masak
“Sutinaaaah,” Zhu memanggil pelayan, lalu menatap Sulaiman, “Kalian belum makan berhari-hari? Demi Tuhan, aku sudah mendengar berita-berita soal kerusuhan di Kualakambas. Hampir semua sopir menceritakan isu-isu simpangsiur. Astaga.” ”Saya, Nona,” seorang pelayan perempuan muncul. ”Segera siapkan makanan!” Zhu menghirup nafas dalam-dalam. ”Setiap petugas yang datang memeriksa gudangku, selalu aku katakan, bahwa aku tak pernah menerima biji kopi dari perkampungan yang masuk kawasan hutan negara. Tapi kau tahu, Sulaiman, bertahun-tahun aku tetap menerima kopi dari kalian.
Cerpen Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina


Perbedaan  nilai-nilai yang diungkapkan pada isi kutipan cerpen tersebut adalah … .
Cerpen 1
Cerpen 2
    1. budaya
sosial
    1. agama
estetika
    1. moral
agama
    1. estetika
pendidikan
    1. pendidikan
budaya

Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal 37–40!
Angan-angannya (Paing) untuk memperoleh anak perempuan juga terkabul. Istrinya melahirkan anaknya yang ketiga dengan mules di rumah bidan. Untuk sementara ia serahkan jualan pada orang lain untuk membantu istrinya.
Namun, ketika ia akan mulai jualan lagi terkejut bukan main. Tempatnya telah dikuasai oleh teman yang semula sangat dipercaya. Bahkan sudah diubah dengan peralatan yang lebih permanen; tenda, gerobak, dan bangku-bangku. Ia telah dikhianati. Marah seperti orang gila. Sungguh heran, temannya kalem-kalem saja. Ia ingin berkelahi, tetapi buru-buru sadar, tidak bisa berkelahi. Ia jadi pecundang. Pukulan hebat menghantamnya. Ia roboh kesakitan. Siapa lagi yang bisa cari nafkah, yang bisa memberi ke perluan-keperluan bayi? Anaknya? Tidak, dia baru kelas II SMP. Lagi pula jangan anaknya meniru nasibnya menjadi pedagang kere.
Cerpen Paing


  1. Konflik pada diri si suami (Paing) dalam kutipan cerpen tersebut adalah … .
    1. rasa tidak berdaya lagi untuk berusaha setelah tempat pencari nafkahnya dirampas temannya
    2. kebingungan untuk mencari nafkah buat keluarganya karena sudah kehilangan mata pencarian yang dirampas temannya
    3. hilangnya rasa kepercayaan terhadap teman sendiri setelah dikhianati kepercayaannya yang diberikannya
    4. kepanikan karena bertambahnya anggota keluarga dengan kelahiran seorang anaknya lagi
    5. perasaan tidak sanggup melanjutkan sekolah anaknya lagi setelah dia kehilangan mata pencarian.

  1. Pendeskripsian watak tokoh Paing seorang yang penyayang dan bertanggung jawab terhadap keluarga dalam kutipan cerpen tersebut adalah melalui …
    1. tanggapan tokoh lain dan tindakan tokoh
    2. dialog antartokoh dan pikiran-pikirannya
    3. tindakan dan pikiran-pikiran tokoh
    4. bentuk lahir/fisik dan lingkungan tokoh
    5. lingkungan tokoh dan tanggapan tokoh lain

39.     Amanat sesuai isi kutipan cerpen tersebut adalah … .
A.        Pikirkan cara menyadarkan orang yang melakukan pengkhianatan.
B.        Berbuat baiklah kepada siapa pun walaupun orang itu berkhianat
C.        Gunakan kesempan kapan dan di mana pun untuk mencari nafkah.
D.        Jangan membalas kejahatan seseorang dengan kejahatan lagi.
E.        Sesuatu yang sudah diperoleh, janganlah dibuang atau disia-siakan.

40.     Ringkasan yang sesuai isi kutipan cerpen tersebut adalah … .
A.        Karena seorang suami angannya terkabul ingin mendapatkan anak perempuan, si suami besedia membantu istrinya dan untuk sementara dia serahkan jualannya kepada orang lain untuk sementara waktu
B.        Angan-angannya (Paing) untuk memperoleh anak perempuan juga terkabul karena istrinya melahirkan anaknya yang ketiga sehingga membantu istrinya dan untuk dia rela kehilangan matapencarian.
C.        Seseorang mengubah tempat orang lain dengan peralatan yang lebih permanen, seperti tenda, gerobak, dan bangku-bangku padahal apa yang dilakukannya adalah sebuah pengkhianatan kepercayaan orang lain terhadapnya.
D.        Seseorang ingin marah, seperti orang gila karena telah dikhianati teman kepercayaanya karena teman tersebut  kalem-kalem saja atas perbuatannya tersebut yang membuat dia menjadi emosi.
E.        Seseorang yang sangat percaya kepada temannya sehingga menyerahkan tempat ia mecari nafkah, tetapi tempat itu dirampas temannya sehingga dia kehilangan sumber matapencarian.

Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal 41–43!
Seumur hidupnya belum pernah Paing masuk rumah sebesar itu. Seluruhnya dikelilingi tembok tinggi. Untuk masuk orang harus memencet bel lebih dulu kemudian menunggu di luar gerbang. Sebuah kotak lubang terbuka dan muncul mata menelitinya. Setelah yakin siapa tamunya barulah gerbang bisa dibuka. Untung ia datang diantar Tante. Penjaga gerbang memberi hormat mempersilakan masuk. “Tante sudah ditunggu nyonya di teras belakang,” ujarnya sopan.
Tante melenggang menuju pintu bangunan utama. Ia terus mengintil di belakang. Seekor anjing lagi numprah di teras depan. “Lesi! Lesi!” sapa tante. Anjing berdiri dan Paing undur dua tindak, “Edan, segede anak sapi!” serunya kaget. Lesi mendekat, mendengus-dengus ke kaki Tante. Lalu berlari mendorong pintu terbuka. Ia takut setengah mati. “Jangan takut, Lesi lembut seperti wanita.” Ia ragu-ragu masuk. Ruangan seperti lapangan. Tampak mebel-mebel besar mewah sekali. la ingat, pasti harganya ratusan juta. Banyak pula perabot antik yang sulit ia bayangkan seperti apa kayanya orang yang punya. Ia melongo dan jadi bego
Cerpen Paing


41.     Hal yang ada pada kutipan cerita tersebut juga terdapat dalam kehidupan adalah … .
A.        Larangan memelihara anjing di rumah bagi umat beragama tertentu.
B.        Penjaga pintu gerbang wajib memberi hormat kepada setiap ada tamu.
C.        Lebih percaya menyerahkan penjagaan rumah sepenuhnya kepada anjing;
D.        Perabotan mebel-mebel besar, mewah sekali, lebih disukai/digandrungi.
E.        Orang kaya yang membangun rumah dengan tembok pagar yang tinggi.

42.     Suasana hati Paing dalam kutipan cerpen tersebut adalah … .
A.        keheranan
B.        ketakutan
C.        kekhawatiran
D.        keharuan
E.        kegembiraan

43.     Makna lapangan  dalam kutipan cerpen tersebut adalah … .
A.        panjang
B.        lega
C.        lebar
D.        luas
E.        besar

Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal 44 dan 45!
Peragawati minta diambilkan tas berisi buku dan beberapa rol film. “Sebelum ke bank kamu ke Kemang dulu memfotokopi buku dan cuci-cetak film ini. Tinggal saja di sana. Setelah dapat uang dari bank kembalilah membayar fotokopi dan foto. Lalu ke laundry ngambil pakaian tuan sekalian membayar tagihan minggu lalu. Suruh sopir cepat ke kantor menjemput tuan. Bilang, jangan mampir-mampir. Kamu sendiri kembali ke sini naik taksi. Paham?!”
(1) Ia tenggelam di dalam mobil kelas satu. (2) Di tangannya segepok uang dari bank, jumlahnya berlipat-lipat gajinya sendiri. (3)“Alangkah kecil diriku, gajiku cuma sekali biaya ke laundry pun belum cukup!” (4) Hati kecilnya teraduk-aduk. (5) Sementara itu di sebelahnya sopir dibakar cemburu dan marah. (6) Mulutnya ngocol terus. (7) Dia akan melawan siapa saja yang mencurigai dan memfitnahnya sebagai pencuri. (8) Dia siapkan golok di bawah bagasi mobil.

44.     Nilai-nilai moral dalam kutipan cerpen tersebut adalah … .
A.        menahan kemarahan  dan mengerjakan sesuatu dengan sabar
B.        menggantikan tugas orang  dan melaksanakannya dengan ikhlas
C.        menjaga kepercayaan dan melaksanakan perintah dengan baik
D.        mencegah seseorang berbuat tidak baik dan selalu waspada
E.        menghindari kecurigaan dan menjauhi perbuatan fitnah

45.     Kalimat berupa majas dalam paragraf ke-2 kutipan cerpen tersebut terdapat pada kalimat             bernomor … .
A.        (1), (2), dan (3)
B.        (1), (4), dan (5)
C.        (2), (3), dan (4)
D.        (5), (6), dan (7)
E.        (6), (7), dan (8)
46.     Cermati larik pantun berikut!
Di malam hari menonton wayang
Dalangnya bercerita piawai sekali
Dalam sehari-hari berkasih sayang

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah … .
A.        Hidup damai senanglah hati
B.        Janganlah bimbang mari kemari
C.        Membaca tembang, kita menari,
D.        Siapa bilang, tak senang di sini
E.        Selamat datang, tuan putri

47.     Cermati isi sebait Gurindam Dua Belas  berikut!
Mengumpat dan memuji hendaklah pikir
Di situlah banyak orang yang tergelincir

Amanat yang terdapat pada isi bait gurindam tersebut adalah … .
A.        Orang yang dipuji akan tersanjung secara belebihan, senang hati, dan membalasnya, tetapi orang yang dicela malah akan sebaliknya.
B.        Untuk memuji seseorang hendaklah dipikirkan dulu, apakah orang tersebut pantas mendapat pujian, begitu pula dengan akan mencela seseorang.
C.        Memuji dan mencela adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari hari sepanjang masa.
D.        Orang akan lebih ringan mulutnya untuk mencela, sementara berat sekali apabila untuk memuji seseorang.
E.        Pujian yang diberikan kepada seseorang, belum tentu dilakukan dengan tulus dan ikhlas, tetapi sebaliknya, celaan ditumpahkan dengan sepenuh hati.

48.     Cermati isi kutipan novel  berikut!
Awalnya Nagabonar tak mengetahui maksud sebenarnya Bonaga mengajaknya ke Jakarta. Sesampai di Jakarta barulah Bonaga mengutarakan maksudnya mengajak ayahnya ke Jakarta adalah untuk menyampaikan keinginannya untuk membangun sebuah resort di perkebunan sawit milik ayahnya. Tentu saja hal ini ditolak mentah-mentah oleh Nagabonar karena di perkebunan itu terdapat ketiga kuburan orang-orang yang dicintainya. Apalagi ketika mengetahui bahwa calon investornya adalah orang-orang Jepang, bangsa yang dimusuhi oleh Nagabonar semenjak jaman perjuangan dulu.
Selain konflik soal perkebunan kelapa sawit ada pula kisah cinta antara Bonaga dan Monita. Sebetulnya mereka saling mencintai. Namun, Bonaga yang dibesarkan tanpa sentuhan seorang ibu mengalami kesulitan untuk menyatakan cintanya secara langsung pada Monita, padahal pernyataan cinta inilah yang ditunggu-tunggu Monita sebagai seorang wanita.
Di antara dua konflik tersebut dikisahkan juga kisah perjalanan Nagabonar berkeliling Jakarta dengan bajay yang dikemudikan Umar yang kelak akan menjadi sahabatnya selama di Jakarta. Pada deskripsi inilah banyak terjadi kelucuan dan kritik-kritik Nagabonar terhadap kehidupan sosial di Jakarta. Antara lain soal bajay yang tidak boleh masuk kawasan protokol, patung Jendral Sudirman yang menghormati mobil-mobil yang berseliweran di depannya, sikap para pemakai jalan di Jakara, arti kepahlawanan, dll.

Kalimat resensi berupa keunggulan novel tersebut adalah … .
A.        Cerita ini hampir semua sudah mengetahuinya karena sudah diangkat menjadi cerita yang difilmkan atau layar lebar.
B.        Keseriusan dan ketegangan dalam cerita membuat para pembaca berdebar-debar untuk menyelesaikan membaca.
C.        Jarang sekali ditemukan novel yang ringan dan banyak diminati pembaca karena temanya sangat sehari-hari.
D.        Isi ceritanya masalah serius dan berisi kritikan, tetapi dipadu dengan kelucuan sehingga membuat cerita menjadi menarik dan tidak membosankan.
E.        Gaya penceritaan pengarang, mencirikan karateristik peribadi pengarangnya sendiri sehingga terkesan pantulan jiwa pengarang dalam cerita.

49.     Cermati isi kutipan novel  berikut!
Guna-guna yang diteluhkan ke Nilam ialah perempuan itu kerap terlihat memakai kerudung api. Di ubun-ubunnya, seolah api serupa unggun menyala, menjalar, dan berkobar. Sehingga setiap lelaki hendak menikahinya, jelang akad, batal karena ketakutan. Beberapa lelaki yang semapat meminang dan hampir sampai prosesi akad seperti Tanbara, Zulkifli, dan banyak lagi. Semua undur? bukan teratur? terbirit-birit karena takut setelah melihat di ubun-ubun Nilam serupa tungku yang menyala, berkobar, dan menjalar.

Kalimat kalimat kritik berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah … .
A.        Cerita lebih cenderung berbau mistik dan terkesan seperti dongeng.
B.        Pengarang cerpen ini memiliki keterampilan memilih masalah cerita.
C.        Gambaran budaya suatu daerah tergambar jelas dalam kutipan tersebut.
D.        Amanat yang disajiakan sangat jelas ditujukan untuk kaum remaja.
E.        Latar cerita menggambarkan suasana khusus dalam hati para pembaca.

50.     Cermati isi kutipan cerpen  berikut!
Di sepanjang usianya, Banun Kikir tak pernah membeli minyak tanah untuk mengasapi dapur keluarganya. Perempuan itu menanak nasi dengan cara menyorongkan seikat daun kelapa kering ke dalam tungku, dan setelah api menyala, lekas disorongkannya pula beberapa keping kayu bakar yang selalu tersedia di bawah lumbungnya. Saban petang, selepas bergelimang lumpur sawah, daun-daun kelapa kering itu dipikulnya dari kebun yang sejak lama telah digarapnya. Mungkin sudah tak terhitung berapa jumlah simpanan Banun selama ia menahan diri untuk tidak membeli minyak tanah guna menyalakan tungku. Sebab, daun-daun kelapa kering di kebunnya tiada bakal pernah berhenti berjatuhan.

Kalimat esai (tanggapan) berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah … .
A.        Watak pelaku dalam cerita adalah seorang yang kikir digambarkan secara langsung.
B.        Latar cerita tergambar dengan jelas di sebuah pedesaan yang ditandai dengan sawah.
C.        Penduduk desa berprofesi sebagai petani yang hanya mengerjakan sawah ladang
D.        Isi cerita mengungkapkan seorang penduduk desa yang sangat hemat.

E.        Sewaktu membaca cerpen, timbul kesan ke zaman suasana dahulu hidup di desa.


SOAL BARU

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
Cermati isi wacana berikut 1-2 !
1)Sebanyak 2.024 desa dari 7.809 desa yang ada di Jawa Tengah rentan mengalami bencana longsor pada musim penghujan ini. 2) Desa – desa tersebut mengalami potensi longsor cukup tinggi yang tersebar di 28 kabupaten/kota di Jawa Tengah. 3) Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Teguh Dwi Paryono, megatakan bahwa desa-desa tersebut tiap tahun selalu diawasi. 4) Bahkan, di beberapa titik telah dipasang alat pendeteksi bencana atau sistim peringatan dini bencana di desa rawan longsor. 5) Alat tersebut berfungsi mengeluarkan suara sirine ketika ada tanah bergerak.

1.    Ide pokok paragraf tersebut adalah... .
A.   Pencegahan bencana di Jawa Tengah
B.   Penanganan bencana tanah longsor
C.   Pemasangan alat pendeteksi bencana
D.   Penjelasan fungsi peringatan dini bencana
E.   Beberapa desa di Jawa Tengah rawan longsor

2.    Tujuan penulis dalam paragraf tersebut adalah... .
A.   Menginformasikan jumlah desa di Jawa Tengah yang rawan bencana longsor
B.   Memberitahukan bahwa desa-desa di Jawa Tengah selalu diawasi
C.   Menghimbau masyarakat untuk memasang alat pendeteksi bencana
D.   Menjelaskan  fungsi alat pendeteksi bencana
E.   Menginformasikan kunjungan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral ke desa-desa rawan bencana longsor

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
3.  Cermati isi wacana berikut!
1) Pelangi merupakan suatu busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. 2) Pelangi dan efek cahaya lain di langit disebabkan oleh cahaya yang membias dan menyimpang menjauhi partikel. 3) Pelangi juga dianggap sebagai gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yanag tampak di langit atau medium lainnya. 4) Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar, tetapi dasi sisi berlawanan dengan si pengamat. 5) Pelangi tidak akan tampak pada malam hari atau cuaca mendung.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah kalimat....
A.   (1)
B.   (2)
C.   (3)
D.   (4)
E.   (5)


(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
4.    Cermati isi wacana berikut!
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) terus melakukan inovasi dalam rangka meningkatkan layanan kepada masyarakat. Kini para pedagang pasar menjadi sasaran perbaikan layanan BTN khususnya untuk pembayaran retribusi pasar. BTN akan menerbitkan eRetribusi untuk pedagang pasar di seluruh wilayah Surakarta, Jawa Tengah. Pelaksanaan eRetribusi diharapkan akan mempermudah transaksi para pedagang dalam pembayaran  retribusi pasar. Program eRetribusi pasar merupakan Implamentasi dari dukungan terhadap program Pemerintah dalam gerakan nontunai. Selain itu, program ini adalah Implementasi dari pengembangan bisnis BTN dalam pengembangan perbankan digital.

Makna istilah Implementasi dalam paragraf tersebut adalah ....
A.   Pengalihan
B.   Penerapan
C.   Penuntasan
D.   Perencanaan
E.   Pembaharuan

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
5.    Cermati isi wacana berikut!
1)Konflik yang dipacu  berbagai masalah di dunia memunculkan pertanyaan: masih adakah negara yang sungguh-sungguh bebas dari koflik pada tahun ini? 2) Laporan Global Peace Index mengagetkan karena hanya  sepuluh negara benar-benar bebas dari konflik dari 163 negara yang disurvei lembaga ini pada tahun 2016. 3) sepuluh negara yang merdeka dari konflik itu yaitu Bostwana, Cile, Costa Rica, Jepang, Mauritius, Panama, Qatar, Swiss, Urugray, dan Vietnam. 4) Negara yang kurang damai semakin memburuk dan menghasilkan ketidaksetaraan perdamaian di seluruh dunia. 5) Rendahnya jumlah negara yang bebas konflik karena ketidakmampuan semua pihak menyelesaikan konflik semakin membesar.

Kalimat yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah ....
A.   (1)
B.   (2)
C.   (3)
D.   (4)
E.   (5)

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
6. Cermati isi wacana berikut!
1)  Capaian tahap pertama program pengampunan pajak yang melampaui perkiraan banyak pihak seharusnya dapat menjadi modal sosial pembangunan. 2) Pemerintah menargetkan uang tebusan program pengampunan pajak yang berakhir 31 Maret 2017 mencapai Rp.165 triliun. 3) Sejumlah pihak memprediksi  capaian akan jauh di bawah sasaran. 4) Pendapat paling pesimistis memperkirakan besar uang tebusan hanya Rp30-an triliun  pada akhir tahap pertama yang berakhir 30 September 2016. 5) Setelah program pengampunan pajak berakhir, masyarakat berharap Pemerintah memfasilitasi pembayar pajak, UMKM, pengusaha besar, dan calon wirausaha.

                  Kalimat berisi fakta ditunjukan angka... .
A.   (1)
B.   (2)
C.   (3)
D.   (4)
E.   (5)

(Un Ipa 2013/3014)
Bacalah tajuk rencana berikut dengan saksakma untuk menjawab pertanyaan nomor 7 dan 8!
       Secara nasional, penyebaran penduduk dan tingkat sosial-ekonomi tidak merata dianggap sebagai ancaman terhadap ketahanan nasional. Karena itu, pengendalian pertumbuhan penduduk harus serius dilakukan. Indonesia pernah berhasil menurunkan jumlah penduduk, dari 2.32 persen pada 1970 menjadi 1,45 persen pada tahun 2000 tetapi naik kembali 1,49 persen sampai kini.
        Pertumbuhan pendududk  yang tidak terkendali berdampak pada kualitas manusia dan daya saing indonesia. Pendidikan 47,3 persen dari 118 juta angkatan kerja kita hanya tamat SD dan 18,5 lulus sekolah menengah pertama. Hal ini tercermin pada lapangan pekerjaan, hampir 56 persen berada di sektor informal yang beresiko tinggi.
       Tanpa upaya serius, kita akan gagal mendapatkan manfaat terbesar bonus demografi yang puncaknya pada tahun 2025-2030, yaitu yaitu saat jumlah penduduk produktif lebih besar daripada penduduk usia muda dan lanjut. Tanpa pengendalian jumlah penduduk, keluarga kehilangan kesempatan membiayayi pendidikan serta memelihara kesehatan dan gizi keluarga, gagal menabung yang diperlukan untuk modal pembangunan dan tidak mampu bersaing di pasar kerja yang akan segera terbuka secara regional.

7.    Opini redaksi terdapat dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ...
A.   Banyaknya penduduk menghilangkan kesempatan membiayai pendidikan.
B.   Upaya pengendalian jumlah penduduk, harus serius dilakukan pemerintah.
C.   Keberhasilan indonesia menurunkan jumlah penduduk perlu diapresiasi.
D.   Pemeliharaan kesehatan dan gizi keluarga sangat penting dilakukan.
E.   Penduduk usia produktif lebih besar daripada penduduk usai lanjut



8.    Pihak yang dituju oleh redaksi dalam tajuk rencana tersebut adalah....
A.   Pemerintah Indonesia
B.   Penduduk usai anak-anak
C.   Penduduk usia lanjut
D.   Penduduk usia produktif
E.   Penduduk usia sekolah

(Un Ipa Tahun 2012/2013)
9.     Cermati tajuk rencana beriku!
    Status negara berpendapatan menengah menurut Sri Mulyani, ditandai dengan modrenisasi disimbolkan antara lain oleh munculnya gedung-gedung tinggi, hotel berbintang, dan restoran mewah. Namun, pada saat yang sama muncul pula ketertinggalan dan masalah serius akibat pertumbuhan ekonomi yang tidak merata.
    Apabila ingin naik ke peringkat negara maju, bekal yang harus kita miliki tidak cukup hanya kemampuan fisik. Dibutuhkan juga infrastruktur lunak, antara lain, masyarakat yang mengerti hak dan kewajibannya sehingga orang tidak berniat melakukan premanisme. Ini, menurut Sri Mulyani, membutuhkan sistem birokrasi dan hukum yang baik.
    Harus diakui bahwa kita belum sanggup menegakkan prasyarat di atas dengan konsisiten. Marilah kita bangkit dengan menjadi bangsa yang sanggup merespons tantangan zaman. Tak bisa lain, untuk itu kita harus bekerja keras, menjalankan birokrasi efektif dan konsekuen menegakkan hukum.


 Keberpihakan penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah kepada...
A.   Pemerintah Indonesia
B.   Masyarakat umum
C.   Para pengusaha
D.   Pendapat Sri Mulyani
E.   Praktisi hukum

(TO Dki Program Studi B.indo Tahun 2016/2017)
10. Cermati teks berikut!
Teks 1
Teks 2
Berdasarkan jabatannya, sebagian besar tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di Indonesia berprofesi sebagai Profesional (35%), Teknisi (24%) dan Manajer (18%). Tingginya pekerja TKA professional di Indonesia mulai terjadi sejak awal tahun 2007. Sedangkan, pada periode sebelum tahun 2007, jabatan TKA di Indonesia lebih didominasi oleh konsultan. Hal ini mengindikasikan terjadinya pergeseran jabatan pada pola rekrumen TKA dari jabatan konsultan ke jabatan professional. Menurut dugaan, pergeseran ini terjadi karena pada awalnya perusahaan lebih banyak menggunakan TKA sebagai konsultan manajemen, financial, SDM hingga konsultan teknologi.

Sejak masa Orde Baru hingga saat ini, kebijakan Pemerintah terhadap masuknya tenaga kerja asing (TKA) ke Indonesia pada dasarnya tetap konsisten yaitu bersifat selektif terhadap jabatan-jabatan tertentu yang memang belum memungkinkan diisi oleh tenaga-tenaga kerja dari Indonesia. Dia samping itu, untuk penempatan TKA tersebut perusahaan harus mendapatkan izin terlebih dulu dari Menteri. Ini semua dilandasi oleh semangat sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 3/1958 yaitu “… menjamin bagian yang layak dari kesempatan kerja di Indonesia bagi warga Indonesia …”



Perbedaan aspek pembahasan dari kedua teks artikel tersebut adalah …


Teks 1
Teks 2
A.
Menjelaskan masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia
Pergeseran jabatan tenaga kerja asing
B.
Menjelaskan kebijakan pemerintah terhadap tenaga kerja asing
Menjelaskan tentang jabatan tenaga kerja
C.
Mengungkapkan kebijakan pemerintah terhadap tenaga kerja Indonesia
Menjelaskan kebijakan pemerintah terhadap tenaga kerja asing
D
Menjelaskan kebijakan pemerintah terhadap tenaga kerja asing
Mengungkapkan kebijakan pemerintah terhadap tenaga kerja Indonesia
E.
Menjelaskan tentang jabatan tenaga kerja
Menjelaskan kebijakan pemerintah terhadap tenaga kerja asing

(Un Ipa 2013/3014)
11.      Cermati kutipan biografi berikut!
    Leo Tolstoy lahir di Rusia, 28 Agustus 1828 dari sebuah keluarga ningrat. Meskipun demikian, ia tidak angkuh dan tdak ingin dihormati. Ia malah dikenal sebagai filsuf moral dan reformator sosial. Tolstoy rela hidup di tengah kau petani. Ia membebaskan para budak yang akhirnya malah tetap tinggal dengan tuannya yang baik hati ini. Ia pun lalu membentuk sekolah untuk anak petani di daerahnya. Kehidupan dari pengembaraannya itu, hatinya dipenuhi rasa muak akan peradaban barat dan materialisme dalam kehidupan masyarakat borjuis Eropa. Kaum ningrat, bangsawan kaya yang hidup dalam kemewahan, ternyata tidak selamanya memperoleh semua kekayaan itu dengan cara yang benar. Novel pertamanya yang berbentuk autobiografi yaitu Childhood, Boyhood, and Youth meceritakan tentang anak taun tanah kaya yang menyadari perbedaan dirinya dengan teman-temannya yang berasal dari golongan petani.

Keteladaan tokoh Leo Tolstoy yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah...
A.   Menulis buku moral autobiografi
B.   Menjadi filsuf moral dan reformator sosial
C.   Mengembara berkeliling Eropa Barat
D.   Membebaskan budak dan mendirikan sekolah
E.   Hidup di tengah kau petani dan ingin dihormati

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
12.      Perhatikan dialog beriku!
Parjo : “Saya mau berhenti dari tempat kerja ini!” (sambil mengepalkan tangan penuh kemarahan).
Rahmat : “Ada apa Jo, mbok yang yang sabar! Kenapa? (berkata rendah)
Parjo : “Apa yang aku lakukan kok selalu salah”. (suaranya meninggi)
Rahmat : “Jo, kau kan sudah hafal dengan sifatnya” (meredakan)
Parjo : “.....”
Rahmat : “Ya, itulah yang selalu dilakukan pada kita, tidak menghargai hasil kerja orang lain.”

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang dialog tersebut adalah....
A.   Inggin rasanya aku memukul wajahnya yang selalu tampak menjengkelkan.
B.   Dia memang selalu memandang orang lain dengan sebelah mata.
C.   Sebetulnya ia orang yang rendah diri karena ia tidak berpendidikan tinggi.
D.   Dia selalu berhati-hati kalau memperbaiki mobilnya di bengkel.
E.   Maksudmu, kita harus mengalah terus dan mengakui keunggulannya?

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
13.  Cermati isi kalimat berikut!
Cara Membuat Lem dari Tepung Maizena
1)    Untuk membuat lem dari tepung maizena dibutuhkan bahan – bahan: tepung maizena, sirop jagung, cuka, dan air.
2)    Air, cuka dan sirop jagung yang telah dicampur kedalam panci dididihkan di atas kompor.
3)    Tepung maizena dicampur dengan air dingin.
4)    Tepung maizena yang telah dicairkan dimasukan kedalam panci diatas kompor.
5)    Aduk adonan lem selama empat menit hingga mendidih.
6)    Biarkan adonan lem hingga dinggin dan siap digunakan.


Kalimat imperatif dalam petunjuk tersebut terdapat pada angka ... .
A.  (1) dan (2)
B.  (2) dan (3)
C.  (3) dan (4)
D.  (4) dan (5)
E.  (5) dan (6)

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
14.      Perhatikan paragraf berikut!
Selama 350 tahun menjajah Indonesia, Belanda menyisikan banyak jejak peninggalan. Salah satu jejak peninggalan Belanda dapat ditemukan di kawasan Kota Tua, Semarang, oleh karena itu, Kota Tua dikenal dengan julukan Little Netherland atau Belanda Mini. Julukan Little Netherland diberikan karena saat kita memasuki kawasan Kota Tua, kita akan merasa seperti kembali ke masa pendudukan Belanda. Mulai dari bangunnannya, hingga kanal atau sungai kecil yang ada di kawasan Kota Tua, serupa Amsterdam di Belanda. Bagunan-bangunan yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke tempat tadi, antara lain Gereja Blenduk, Stasium Tawang, dan Taman Sri Gunting.

Kata tadi dalam paragraf tersebut mengacu....
A.   Sungai kecil di kawasan Kota Tua
B.   Komplek Kota Tua, Semarang
C.   Gereja Blenduk, Semarang
D.   Stasiun Tawang, Semarang
E.   Bangunan tua di semarang

                          (Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
15.      Perhatikan paragraf berikut!
Yayasan Lembaga Konsultasi Indonesia (YLKI) memprotes penghentian program kantong plastik berbayar oleh peritel mulai 1 Oktober 2016. Keputusan tersebut dinilai sebagai kemunduran bagi upaya menguragi sampah plastik. Padahal sejak pemberlakuan kantong plastik berbayar, banyak konsumen mulai membawa kantong belanja dari rumah.

Kata tersebut pada kalimat kedua merujuk pada...
A.   Yayasan Lembaga Konsultasi  Indonesia
B.   Penghentian program kantong plastik berbayar
C.   Protes atas program kantong plastik berbayar
D.   Upaya masyarakat mengurangi sampah plastik
E.   Pemberlakuan kantong plastik berbayar

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
7.   Perhatikan paragraf berikut!
1)Terumbu karang merupakan pusat keanekaragaman hayati laut. 2)Terumbu karang memiliki struktur alami dan nilai estetis. 3) Selain sebagai lingkungan yang alami, terumbu karang mempunyai banyak manfaat bagi manusia. 4) Manfaat tersebut dapat dirasakan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, dan budaya. 5) Di Indonesia , kekayaann spesies terumbu karang, ikan, dan biota laut lain tampak berlimpah di perairan Alor, Nusa Tenggara Timur. 

Kalimat yang menggunakan kata tidak tepat ditunjukkan oleh angka...
A.   (1)
B.   (2)
C.   (3)
D.   (4)
E.   (5)

        (Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
8.   Perhatikan paragraf berikut!
Saat ini para pengusaha ikan yang tergabung dalam Paguyuban  Pengusaha Pelabuhan Muara Baru (P3MB) menghadapi tantangan sulit. 2) keadaan tersebut bukan disebabkan masalah cuaca. 3) keadaan tersebut disebabkan kebijakan Perum Perikanan Indonesia yang menaikkan uang sewa sampai 450 persen secara sepihak.  4) Bagi pengusaha perikanan seMuara Baru angka tersebut dirasa tinggi.

Tanda baca tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
A.   Tanda koma pada kalimat pertama setelah kata ini dan sebelum kata para
B.   Tanda titik dua pada kalimat kedua sebelum kata disebabkan dan sesudah kata masalah
C.   Tanda pisah pada kalimat kedua setelah kata sampai dan sebelum kata persen
D.   Tanda koma pada kalimat ketiga setelah kata tersebut dan sebelum kata bukan
E.   Tanda hubung pada kalimat keempat di antara se dan Muara Baru

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
9.   Cermati kalimat-kalimat berikut!
1)        Wayan sedang membaca buku Jujur Pangkal Kaya : Sekumpulan kisah Remaja untuk Pendidikan Antikorupsi
2)        Universitas itu memiliki tiga jurusan di Falkutas Pertanian: agronomi, agrobisnis, dan perkebunan.
3)         Adik membeli banyak: buku tulis, buku gambar, pensil, penghapus, penggaris, dan rautan.
4)         Artiket Kak Amira dimuat di Majalah Femina nomor edisi: 68/2016.
5)        Surah Surat Ar-Ra’d: ayat memiliki keutamaan untuk mengundang rezeki.

Penulisan tidak tepat tanda baca titik dua ditunjukan oleh angka..
A.   (1)
B.   (2)
C.   (3)
D.   (4)
E.   (5)

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
10.      Cermati isi wacana berikut!
     Donor darah dapat menurunkan .... penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan di dalam darah dapat menyebebkan oksidasi
..... Oksidasi ini akan menumpuk pada dinding arteri dan semakin memperbesar peluang terkena serangan jantung dan ... . Jika donor darah rutin dilakukan, maka jumlah zat besi dalam darah akan lebih stabil.

.
 Kata baku yang tepat untuk mengisi paragraf rumpang tersebut adalah ....
A.   Resiko, kolestrol, strok
B.   Risiko, kolestrol, stroke
C.   Risiko, kolestrol, strok
D.   Risiko, kolesterol, strok
E.   Resiko, kolesterol, stroke

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
11.   Cermati isi wacana berikut!   
    Sistem pendidikan di indonesia belum mengakomodasi keberagaman. Keadaan tersebut menyebabkan munculnya ... lembaga pendidikan yang berdasar pada perbedaan agama dan .... . Bahkan, terdapat pembedaan kemampuan baik fisik maupun mental yang dimiliki siswa. Jelas pembedaan lembaga pendidikan tersebut telah menghambat para siswa untuk dapat belajar menghormati .... keberagaman dalam masyarakat.

Kata serapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
A.   Segment, etnik, realita
B.   Segment, etnis, realitas
C.   Segmentasi, etnik, realitas
D.   Segmentasi, etnis, realitas
E.   Segmentasi, etnik, reality



(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
12.  Cermati isi wacana berikut!    
    Buku manfaat dan khasiat minyak zaitun: rahasia dan mukjizat dari pohon yang diberkati ini merupakan sebuah referensi penting dalam bidang sains, medis, dan ilmu gizi bagi para periset dan peneliti. Buku ini berdasarkan hasil pengkajian yang akurat dan komprehensif. Buku ini berisi hasil riset, ide, dan studi yang telah dilakukan baik oleh para ilmuan Timur maupun Barat mengenai minyak zaitun.

Penulisan judul buku yang tepat dalam paragraf tersebut adalah....

A.   Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun: Rahasia dan Mukjizat dari Pohon yang Diberkati
B.   Manfaat Dan Khasiat Minyak Zaitun: Rahasia Dan Mukjizat Dari Pohon Yang Diberkati
C.   Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun: Rahasia dan Mukjizat Dari Pohon Yang Diberkati
D.   Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun: Rahasia dan Mukjizat dari Pohon Yang Diberkati
E.   Manfaat Dan Khasiat Minyak Zaitun: Rahasia Dan Mukjizat dari Pohon yang Diberkati

(Un Ipa Tahun 2013/2014)
13.  Cermati paragraf berikut!
    Kita harus berhati-hati menjaga sebuah asuransi. Kalau perusahaan asuransi tidak bisa menepati janjinya akan menjadi prosedur buruk bagi perusahaannya sendiri. Sementara, petugas asuransi yang dikonfrontasi melalui telpon tidak menjawab, bahkan dihubungi via pesan singkat tidak membalas. Hal itu membuat masyarakat semakin antisipasi terhadap perusahaan asuransi.

Isrilah yang tepat untuk memperbaiki  paragraf tersebut adalah..
A.   Citra, dikonfirmasi, aktivasi
B.   Prestasi, dihubungi, aktivatif
C.   Presiden, dikonfirmasi, anti-anti
D.   Preseden, dikonfirmasi, antipati
E.   Citra, dihubungi, anti pati




(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
14.  Cermati isi wacana berikut!

    Banyak karakter yang harus kita tanamkan kepada anak-anak penerus bangsa. Karakter tersebut, diantaranya adalah kejujuran, keadilan, dan rasa hormat. Kejujuran asalah aspek .... yang harus kita tanamkan baik kepada diri kita maupun penerus bangsa. Kejujuran adalah benteng dari semuanya. Sementara itu, keadilan harus kita tanamkan karena seperti yang kita lihat ..... ketidakadilan di negara ini. Selain itu, setiap anak harus memiliki rasa hormat kepada siapa pun. Dengan memiliki rasa hormat, maka anak akan ... orang lain.

 Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A.   Sangat utama, paling banyak, sangat menghargai
B.   Utama sekali, lebih banyak, paling menghargai
C.   Paling utama, banyak sekali, lebih menghargai
D.   Utama sekali, paling banyak, saling menghargai
E.   Sangat utama, sangat banyak, paling menghargai

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
15.  Bacalah paragraf berikut!
    Serikat Pekerja Satuan Kerja Khusus Pelaksanaan Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SP SKK Migas) akan melaporkan Badan Pemeriksa Keuanggan (BPK) kepada Presiden RI Joko Widodo. Mereka juga akan melapor ke Komisi III dan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI), Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri: Plt. Menteri ESDM, Luhut Binsar Pandjaitan: serta Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. Pelapor dilakukan atas pengabaian hak pekerja SKK Migas. Ketua Umum SP SKK Migas Dedi Suryadi mengatakan bahwa jika pengabaian atas hak-hak pekerja masih dilanjutkan, SP SKK Migas akan melakukan aksi demostransi oleh anggota SP SKK Migas di Jakarta, kantor perwakilan, dan terminal lifting.

Pernyataan sebab-akibat yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah..
A.   Presiden RI Joko Widodo akan menerima aduan SP SKK Migas  karena hak-hak pekerja masih dilanjutkan.
B.   SP SKK Migas akan melaporkan Badan Pemeriksa Keuangan jik pengabaian atas hak-hak pekerja masih dilanjutkan.
C.   Aksi demonstrasi secara serempak yang dilakukan oleh anggota SP SKK Migas akan dilaporkan kepada Presiden RI Joko Widodo.
D.   Pengabaian hak-hak pekerja SP SKK Migas karena terjadi aksi demonstrasi secara serempak oleh SP SKK Migas di Jakarta
E.   Kantor perwakilan dan terminal lifting SKK Migas untuk sementara tidak beroperasi karena ada aksi demonstrasi secara serempak oleh anggota SKK Migas.



(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
16. Cermati isi wacana berikut!
            Teluk Kiluan, Lampung, memberi tontonan aksi lumba – lumba lucu dan mau bersahabat dengan wisatawan. Teluk Kiluan  merupakan jalur migrasi bagi lumba – lumba berparuh panjang dan lumba – lumba bermulut botol. Di Teluk Kiluan wisatawan dapat menonton parade lumba – lumba dari dekat dan latar air laut yang jernih. Dengan perahu jukung wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari pesisir pantai untuk berperahu munuju Teluk Kiluan. Sejak perahu mendekat, biasanya lumba-lumba akan melompat kegirangan seolah menyambut hangat tamu. Banyak lumba – lumba bersahabat dengan manusia. Akan tetepi, mereka mau disentuh atau berinteraksi dengan wisatawan. Lumba-lumba di Teluk Kiluan dapat dilihat hampir setiap hari.

 Perbaikan konjungsi bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah ....
A.   Sambil, dan, maka
B.   Karena, ketika, demikian
C.   Sehingga, ketika, lalu
D.   Dengan, ketika, bahkan
E.   Supaya, melainkan, bahkan

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
17.  Cermati isi wacana berikut!
   Kegiatan bakti sosial di kawasan bencana tanah longsor berjalan lancar. Setelah ketua panitia menyampaikan sambutan, para korban bencana baik dewasa maupun anak – anak tampak ... . Mereka terharu dengan keikhlasan kami yang datang ke tempat pengungsian yang letaknya terpencil. Kemudian, acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan. Sebelum pamit, peserta bakti sosial dan korban bencana ... . Beberapa peserta bakti sosial tampak ... rambut anak – anak usai sekolah dan balita sebagai tanda sayang. Para korban tampak haru menyaksikan adegan tersebut.
                  
     Kata ulang yang tepat melengkapi paragraf tersebut adalah....
A.   Kaca-mengaca, salam-salaman, mengelus-elus
B.   Kaca-berkaca, salam-salaman, mengelus-mengelus
C.   Kaca-berkaca, salam-bersalam, elus-mengelus
D.   Berkaca-kaca, bersalam-salaman, mengelus-elus
E.   Berkaca-berkaca, bersalam-bersalam, mengelus-elus

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
18.  Cermati isi paragraf berikut!
    Pelestarian hewan langka adalah tanggung jawab semua pihak. Salah satu pihak yang memiliki peran .... dalam proses musnahnya beberapa jenis spasies hewan adalah manusia. Meskipun manusia berada dalam jalur yang ... dengan dunia hewan dalam sebuah rantai makanan, tetapi manusia adalah predator dalam kehidupan heawan. Kondisi tersebut sesuai ... di lapangan, ada beberapa jenis spesies binatang yang semakin sulit di jumpai di alam bebas. 

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
A.   Terbesar, berlainan, dinyatakan
B.   Terbesar, berbeda, kenyataan
C.   Membesar, berlainan, peryataan,
D.   Berbesar, pembedaan, menyatakan
E.   Membesarkan, perbedaan, menyatakan



(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
19. Cermati deretan kalimat berikut!
Cara Membuat Kue Bronis
1)         Masukan dua butir telur dan gula pasir ke dalam wadah, lalu aduk hingga rata menggunakan mixer.
2)         Sambil tetap dalam posisi mengaduk, tambahkan cokelat yang telah dicairkan sebelum ke dalam adonan.
3)         Setelah itu, masukan terigu dan mentega yang telah dicairkan ke dalam adonan sambil tetap mengaduknya menggunakan mixer.
4)         Aduk terus sampai adonan mengembang dan berwarna putih.
5)         Selanjutnya, tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega.
6)         Aduk kembali adonan hingga benar-benar merata.
7)         Masukan loyang berisi adonan tersebut ke dalam panci kukus, lalu kukus selama 30 menit api kecil.

Urutan kalimat tersebut agar menjadi paragraf yang padu adalah ..
A.   (1), (2), (3), (5), (4), (6), dan  (7)
B.   (1), (3), (5), (4), (6), (2), dan  (7)
C.   (1), (4), (3), (2), (6), (5), dan  (7)
D.   (1), (5), (3), (2), (4), (5), dan  (7)
E.   (1), (6), (4), (5), (3), (2), dan  (7)

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
20.  Cermati paragraf berikut!
     Pantai Kubu, Provinsi Kalimantan Tenggah, berpasir Putih agak kecoklatan. Air lautnya berwarna cokelat karena pengaruh dari hutan gambut, pantainya landai. Di Pantai Kubu ini terdapat bangunan berupa pondok yang dibangun menjorok ke laut. Antara pondok di tengah laut dan pantai dibuat jembatan penghubung yang sangat panjang. ....

Kalimat deskripsi tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A.   Pantai ini merupakan objek wisata transit bagi wisatawan yang akan menuju Taman Nasional Tanjung Puting.
B.   Di pantai Kubu ini ekosisitem lautnya masih terjaga dengan baik .
C.   Masyarakat di sekitar Pantai Kubu ini berprofesi sebagai nelayan.
D.   Di objek wisata ini wisatawan dapat merasakan semilir angin laut secara langsung.
E.   Pantai Kubu menjadi andalan wisata Provinsi Kalimantan Tengah karena keindahannya.

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
21. Perhatikan paragraf berikut!
     Jika Anda berada di dalam bangunan, lindungi kepala dan badan dari reruntuhan bangunan. Carilah tempat yang aman dari rerentuhan dan guncangan. Berlarilah keluar ruangan apabila Anda masih  dapat melakukannya. Apabila Anda berada di luar ruangan atau area terbuka, jauhi bangunanan yang ada di sekitar Anda. Perhatikan pula pijakan tanah Anda. Hindari apabila terjadi retakan tanah. ...... Tujuannya untuk mengetahui informasi kemungkinan terjadinya gempa susulan.

Kalimat tepat untuk melengkapi paragraf eksposisi tersebut adalah...
A.   Dengarkan informasi dari tetangga Anda.
B.   Dengarkan informasi dari radio atau televisi.
C.   Dengarkan sirine tanda bahaya gempa.
D.   Dengarkan pengumuman gempa susulan.
E.   Dengarka suara tanda bahaya dari radio.

(Un Ipa Tahun 2013/2014)
22. Cermati paragraf berikut!
    Kepala Desa Candisari menghimbau para petani agar tidak menanami seluruh sawahnya dengan tanaman padi karena tanah di desa itu kurang subur untuk tanaman padi. Namun, ternyata tetap ada petani yang menanam padi. Menurut hasil penelitian, yang menanam padi ada 5%. Sebanyak 30% menanam jagung, 40% menanam kacang kedelai, dan 25% menanam kacang tanah.....

Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
A.   Begitulah pada umumnya petani di Desa Candisari tidak suka menanam padi.
B.   Jadi, menanam palawija lebih menguntungkan bagi petani Desa Candisari
C.   Dengan demikian, di Desa Candisari tanaman palawija lebih cocok ditanam daripada padi.
D.   Sebab itu, jika menanam padi di Desa Candisari, hasilnya pasti akan merugi.
E.   Karenanya, padi merupakan tanaman  yang harus ditanam di tanah yang subur.






(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
23. Bacalah kalimat berikut!

Kalimat pendapat:
Reklamasi pantai membawa dampak positif dan negatif bagi masyarakat di pesisir pantai.

Kalimat argumentasi:
1)         Dampak positif reklamasi, antara lain penambahan lahan
2)         Masyarakat pesisir pantai menolak rencana reklamasi
3)        Reklamasi dapat memberi efek buruk bagi lingkungan pantai dan pesisir.
4)         Masyarakat membutuhkan lahan baru untuk permukiman
5)         Keputusan reklamasi akan dirapatkan dalam sidang paripurna.

Kalimat argumentasi yang sesuai dengan pendapat dalam teks adalah...
A.   (1) dan (2)
B.   (1) dan (3)
C.   (2) dan (3)
D.   (3) dan (4)
E.   (4) dan (5)

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
24. Cermati kalimatikalimat berikut!
1)    Pada pemimpin upacaya HUT Ke-17 TNI membacakan pidato tentang nasionalisme.
2)    Bagi peserta lomba debat antara-SMA diharapkan mendaftar ulang di meja panitia.

Alasan kesalahan kedua kalimat tidak efektif tersebut adalah...

Kalimat 1
Kalimat 2
A.
Kata ke-71 seharusnya diletakan kata TNI
Kata peserta seharusnya peserta-peserta
B.
Kata pada seharusnya diganti dengan kata kepada
Kata diharap seharusnya diganti mengharap
C.
Kata pada seharusnya dihilangkan
Kata bagi seharusnya dihilangkan
D.
Kata HUT seharusnya dihilangkan
Kata peserta seharusnya peserta-peserta
E.
Kata nasionalisme seharusnya Nasionalisme
Kata bagi seharusnya diganti kepada






(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
25. Cermati ilustrasi berikut!
    Sistem peringatan dini terhadap banjir sangat diperlukan masyarakat di sempadan Sungai Ciliwung. Masyarakat harus bergiliran melakukan ronda. Masyarakat yang mendapat giliran ronda harus menyalakan sirine atau memukul kentongan sebagai isyarat keadaan bahaya. Peringatan tersebut untuk mengurangi jumlah korban saat bencana banjir terjadi. 

Ungkapan yang tepat untuk menggambarkan tindakan masyarakat di sempadan Sungai Ciliwung yang sedang ronda adalah...
A.   Berputih tulang
B.   Kartu kuning
C.   Lampu merah
D.   Masih hijau
E.   Lembah hitam

(Un Ipa Tahun 2013/2014)
26. Cermati ilustrasi berikut!
       Enam tahun Fahman menjadi sopir pribadi keluarga Bapak Sugianto. Dengan rasa ikhlas Fahman melayani setiap anggota keluarga Bapak Sugianto ke mana pun pergi. Mereka pun merasa senang dan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Fahman selama ini. Mobil yang dipegangi Fahman pun selalu bersih, nyaman,  dan siap mengantar mereka karena perawatan dan pemakaian yang baik sang pengemudi. Tetapi hari naas pun terjadi. Fahman dipecat dari pekerjaan hanya karena sekali datang terlambat mengantar anak Pak Sugianto ke sekolah.
                                                
Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah..
A.   Habis gelap terbitlah terang
B.   Patah tumbuh hilang berganti
C.   Panas setahun dihapuskan hujan sehari
D.   Di mana bumi dipijak, di situlah langit dijunjung
E.   Disangka panas hinnga petang, kiranya hujan di tengah hari

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
27. Bacalah kutipan teks berikut!
“Laris ya, Pak,” sapaku suatu hati.
“Alhamdulillah, Tuhan sudah mengatur rezeki setiap orang, Nak,” katanya dengan wajah berseri-seri.
“Aku berusaha menyelidiki, mengapa dagangannya laris di tempat lain, dan tidak laku di desaku. Setelah kuuntit, barulah aku tahu di desa sebelah ada pembangunan mesjid. Pemborongan seorang haji yang baik hati. Di sinilah Pak Tua itu menggelar dagangannya. Setiap  hari pemborong itu memborong buah-buahannya lalu membagi-bagikan kepada anak buahnya. Mungkin pemborong itu merasakasihan kepada penjual buah yang sudah tua tersebut. Namun, yang perlu dicatat, meskipun sudah renta, penjual buah ini sangat rajin beribadah. Tak sekalipun ia meninggalkan salat lima waktu.

Nilai moral yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah...
A.   Menolong orang lain yang sedang kesusahan.
B.   Selalu berusaha keras untuk mencapai sesuatu.
C.   Tidak pernah mengharapkan belas kasihan orang lain
D.   Selalu bersyukur dan berserah diri kepada Tuhan.
E.   Jangan pernah mengharap imbalan dari setiap kebaikan.

(Un Ipa 2013/3014)
28. Cermati teks berikut ini!
Pada suatu petang matahari tiba-tiba mematikan sinarnya menerobos awan dan seekor burung kesingan dan mulai berkicau. Wkyu Kyoto tiba di kebunnya, daun-daun sayur mengkilap seperti digosok layaknya. Awan berwarna merah muda yang menggumpal di puncak – puncak pegunungan itu memsonanya. Ia terkejut sewaktu mendengar suaminta tiba-tiba memenggilnya, dan tergesa-gesa ia ke atas, tanpa menunggu sampai tangannya yang penuh lumpur dicucui dulu. Suaminya tercengah-engah karena pemusatan tenaga yang dibutuhkan untuk berteriak memanggilnya.
“Aku memanggil dan memanggil! Apa kau tidak dengar?”
“Aku sangat menyessal!”
“Berhentilah dengan kerjamu di kebun itu! Bila aku tiap kali harus berteriak menanggilmu, dalam sekejap saja aku akan mati. Lagi pula aku tidak bisa melihat dimana kau berada dan apa yang kau lakukan”.
“Aku berkerja di kebun sayur. Tapi kalau tidak suaka akau akan berhenti berkerja.”
Suaminya menjadi agak tenang

Konflik pada suami yang terdapat dalam cerita adalah...
A.   Suami terengah-engah karena pemusatan tenaga untuk berteriak.
B.   Ia terkejut ketika tiba-tiba suaminya memanggilnya.
C.   Kekhawatiran suami karena tidak mengetahui keberadaan istrinya.
D.   Seorang suami tidak mengetahui keberadaan istrinya.
E.   Istri memutuskan berhenti bekerja di kebun sesuai permintaan suami.
(Un Ipa Tahun 2013/2014)
29. Cermati kutipan novel berikut!
    Seperti biasa. Bapak Sukanto Legowo siap mengajar lagi. Ia bawa buku-bukunya melewati lorong kelas yang sudah sering dilewatinya hampir selama dua puluh tahun. Dinding-dinding yang sama tua dengannya. Koyakan dinding tua yang berkelupas seakan menyapa ramah Matahari sore yang bersinar lemah di antara daun-daun tinggi taman kampus ikut tersenyum ramah. Matahari seakan juga ikut bercerita kepada daun-daun taman kampus, kepada gedung kampus, juga kepada buku yang dibawa sang dosen, betapa selama ini sang dosen telah menjadikan seseorang bisa berjalan dalam dunia ilmu ketingkat selanjutnya, membuatkan anak tangga pengetahuan ke setiap anak manusia yang dibimbingnya. Bagaimana pun sang dosen telah berkuat banyak dalam melestarikan ilmu pengetahuan, betapa sang dosen telah banyak menyentuh kehidupan si sekitarnya, dan betapa sedikit manusia yang mengetahui dan menghargainya.

Watak tokoh Sukanto Legowo dalam kutipan tersebut dideskripsikan melalui cara...
A.   Dialog antartokoh
B.   Monolog tokoh
C.   Suasana sekitar tokoh
D.   Tingkah laku tokoh
E.   Uraian langsung
(un Ipa Tahun 2012/2013)
30. Cermati kutipan novel berikut!
Perempuan muda itu mengulurkan tangan kananya. Pemuda itu juga mengulurkan tangannya dan menjabat tangan perempuan muda itu. “Terima kasih. Nama saya Ahmad Zul. Oleh teman-teman saya selama ini saya biasa dipanggil Zul Einstein.”
“Wah keren sekali. Memang namanya Zul Einstein?”
“Ya tidak, Mbak. Saya diberi nama tambahan oleh teman-teman saya karena mereka melihat saya banyak melamun. Ya, saya terima kasih saja. Kalau tidak terima, ya tetap akan dipanggil begitu. Jadi, saya Zul, Mbak.”

Amanat dalam penggalan novel tersebut adalah...
A.   Orang boleh memanggil seseorang dengan sebutan nama apa saja.
B.   Orang tidak boleh terlalu sering melamun.
C.   Orang harus selalu sabar dalam menghadapi hidup.
D.   Lapang dada dalam menerima panggilan apa saja untuknya.
E.   Setiap orang harus saling menghargai satu sama lain.

(Un Ips Tahun 2016/2017)
31. Perhatikan kutipan berikut!
      Meskipun mereka sudah berteman hampir tiga belas tahun, dengan masalah yang tak sama jauh-jauh dari penampilan fisik-perangai Jo dan Vin tumbuh berbeda sekali. Vin tumbuh dengan pemahaman baik. Sejak SMA dulu ia tidak terlalu peduli dengan pendapat orang lain. Sepanjang ia bahagia, maka mu jelek, mau cantik orang lain menilai, ia selalu merasa cantik.
      Berbeda dengan Jo yang menolak paham kalu pun ia sebenernya paham-untuk menerimanya. Jo terus berkutat dengan tubuh tambunnya. Pernah saking inginnya bertubuh kurus, Jo memaksa diri melakukan diet tanpa terkendali. Fantastis memang, berat tubuhnya turun separuh. Membuat pangling. Tapi itu hanya bertahan beberapa minggu, sebelum berakhir terbaring di ranjang rumah sakit. Saat ia kembali sehat, tubuhnya kembali membesar tanpa kendali.

Ringkasan kutipan tersebut adalah....
A.   Vin dan Jo bersahabat cukup lama, tetapi mereka memiliki pandangan yang berbeda tentang penampilan fisik.
B.   Vin dan Jo berusia hampir tiga puluh tahun, selalu memperhatikan penampilan fisik.
C.   Vin gadis yang selalu tampil sederhana sedang Jo selalu berusaha memperbaiki penampilannya.
D.   Vin tidak pernah peduli dengan pendapat orang tentang penampilannya yang penting bahagia.
E.   Jo selalu ingin tampil  menarik dengan melakukan diet agar tubuhnya menjadi kurus.

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
32. Perhatikan kutipan novel berikut!
    Pak profesor masuk sebentar untuk mengurus minuman teh. .... Dari tembok ke tembok berderet rak-rak buku dengan berpuluh kalau tidak beratus buku. Buku-buku yang berderet warna-warni itu menjadi hiasan sendiri bagi ruang kerja yang tidak terlalu besar. Pak Profesor masuk lagi ke ruang kerja dengan diiringi pelayan membawa hidangan teh.

Kalimat tepat untuk melengkapi kutipan novel tersebut adalah...
A.   Mereka berkeliling di taman depan ruang kerja.
B.   Mereka sibuk membaca surat kabar di ruang tamu.
C.   Mereka tidak paham aturan berpakaian untuk bertamu.
D.   Mereka mengusulkan minum dan makan ringan saja.
E.   Mereka memandang ke sekeliling ruang kerja Pak Profesor.



(Un Ipa Tahun 2013/2014)
33. Cermati Puisi berikut!
Tuhan, Kita Begitu Dekat
Karya Abdul Hadi W.M.

Tuhan
Kita begitu dekat
Seperti api dengan panas
Aku panas dalam apimu

Tuhan
Kita begitu dekat
Seperti kain dengan kapas
Aku kapas dalam kainmu

Tuhan
Kita begitu dekat
Seperti angin dengan arahnya
Kita begitu dekat

Dalam gelap
Kini nyata
Pada lampu padammu

Suasana yang terungkap dalam puisi tersebut adalah...
A.   Pilu
B.   Terancam
C.   Hening
D.   Takut
E.   Sendu

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
34. Cermati paragraf berikut!
1) Pelangi merupakan suatu busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. 2) Pelangi dan efek cahaya lain di langit disebabkan oleh cahaya yang membias dan menyimpang menjauhi partikel. 3) Pelangi juga dianggap sebagai gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yanag tampak di langit atau medium lainnya. 4) Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar, tetapi dasi sisi berlawanan dengan si pengamat. 5) Pelangi tidak akan tampak pada malam hari atau cuaca mendung.

Makna kata partikel dalam paragraf tersebut adalah....
A.   Unsur terkecil
B.   Unsur teringan
C.   Unsur terbesar
D.   Unsur terberat
E.   Unsur terjauh

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
35. Perhatikan kutipan cerpen berikut!
1) Aku berjalan dengan langkah santai, Melewati orang-orang asing yang tak pernah kulihat. 2) Langkahku terhenti melihat seorang anak kecil yang sedang menangis. Dia menundukkan kepalanya sambil mengapus air matanya. 3) “Hai, kenapa kamu menangis?” tanyaku.
“Kakiku..... Kakiku sakit, Kak..., hiks....hiks...”. Dia menunjukan kakinya yang berdarah.
Aku melihat luka itu dengan saksakma, sekejap luka itu hilang.
4) “Kak....! Kakak siapa? Kakak kenapa bisa melakukan itu? Tapi. Terimak kasih, kak.” Dia tersenyum. 5) Aku hanya bisa tersenyum lalu meninggalkan gadis kecil itu.

Bukti nilai moral dalam kutipan cerpen tersebut ditunjukkan oleh angka....
A.   (1)
B.   (2)
C.   (3)
D.   (4)
E.   (5)

(UN Tahun 2011/2012)
36. Cermatilah cerpen berikut!
Biaya hidup sekarang jauh lebih banyak. Sekarang semua orang perlu membeli bensin untuk sepeda motor dan mobil. ….  Paling mereka bersepeda. Dan, kita ke mana-mana jalan kaki, bukan? Sekarang mereka berlomba-lomba ingin mendapatkan televisi berwarna dan membeli lemari es.

      Kalimat bermajas metonimia yang tepat untuk melengkapi cerpen tersebut adalah ….
A.      Mereka banyak yang mengedarai sepeda motor.
B.      Hanya beberapa orang yang berjalan kaki.
C.      Besok mereka akan pergi ke luar kota.
D.      Dulu di desa ini tidak ada yang memakai Honda.
E.       Orang di desa jarang sekali pergi menggunakan mobil.

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
37. Bacalah pantun berikut!
Berlari – lari di pinggir lapangan
Sampai putaran berkali-kali
....
Ketekunan tak mungkin dibeli

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah...
A.   Apalah arti sebuah ketekunan
B.   Jangan pernah putus harapan
C.   Jangan pernah meremehkan ketekunan
D.   Masih muda jangan hanya berangan – angan
E.   Masih muda jangan hanya bersenang-senang

(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
38. Cermatilah Gurindam berikut!
Hati itu adab budaya manusia
Jikalah payah, rusaklah peradaban dunia

Maksud gurindam tersebut adalah..
A.   Hati adalah cerminan adab budaya manusia.
B.   Hati yang rusak mengganggu manusia.
C.   Hati yang kuat penting untuk membangun peradaban manusia.
D.   Hati harus dijaga agar tidak rusak.
E.   Hati dibangun untuk peradaban manusia.

(Un Ipa Tahun 2012/2013)
39. Cermati novel berikut!
      Novel “Ayat-Ayat Cinta” menceritakan tokoh Fahri yang dicintai banyak wanita. Karakter tokoh Fahri yang digambarkan sebagai anak muda yang tampan, cerdas, ramah, dan saleh. Salah satu wanita yang mencintai Fahri adalah Noura yang karena rasa frustasinya tidak mendapatkan cinta Fahri, ia nekad memfitnah Fahri dengan tuduhan yang kejam.

Kalimat resensi yang menunjukkan kekurangan novel “Ayat-Ayat Cinta” berdasarkan penjelasaan tersebut adalah...
A.   Sungguh luar biasa pengarang mampu menampilkan sosok Fahri yang begitu sempurna sehingga layak dicintai banyak wanita. Jika Noura memfitnah Fahri adalah bumbu cerita yang semakin menarik untuk disimak.
B.   Bahasa yang digunakan pengarang dalam cerita sangat sederhana dan mudah dipahami. Hal ini membuat kita yang membaca ingin terus mengikuti cerita sampai akhir.
C.   Dalam kehidupan nyata sulit untuk bisa menemukkan sosok Fahri yang begitu sempurna sehingga banyak disukai wanita. Cerita ini semakin tidak logis ketika Noura yang begitu mencintai Fahri tega memfitnahnya dengan tuduhan yang kejam.
D.   Dalam kehidupan nyata sangat mustahil ada sosok Fahri yang begitu sempurna. Kesempurnaan hanya milik Allah S W T sehingga wajar kalau akhirnya ada sosok Noura yang memfitnahnya.
E.   Novel ayat-ayat cinta merupakan novel terbaik yang pernah ada di indonesia. Untik itu sangat disarankan para remaja untuk membaca novel ini.

(Un Ipa Tahun 2012/2013)
40. Cermati kutipan berikut!
      Salah satu tema yang disukai penyair sufi adalah tema ‘pencarian hakikat diri yang batin, universal, dan tidak berjejak di mana pun selain dalam wujud diri manusia yang terdalam’. Sajak Sanusi Pane “Mencari” menunjukkan kepada kita bahwa puisi merupakan sarana atau tangga naik menuju pengalaman transdental walaupun menggunakakan ungkapan-ungkapan yang diambil dari perjalanan lahir. Sajak tersebut juga memiliki kaitan dengan tema ‘pencarian hakikat diri batin manusia’ yang digemari para penulis sufi.

Kalimat kritik yang tepat sesuai dengan kutipan tersebut adalah....
A.   Sajak “Mencari” Karya Sanusi Pane memiliki kekhususan yang temanya hanya dipahami para penulis sufi dan sulit dipahami oleh masyarakat awam.
B.   Tema ‘pencarian hakekat diri manusia’ menjadi ciri khas puisi-puisi Sanusi Pane karena dia termasuk salah satu penyair berpaham sufi.
C.   Sajak “Mencari” karya Sanusi Pane sangat terkait dengan tema ‘pencarian hakekat diri batin manusia’ yang merupakan ciri khas sajak sufi.
D.   Puisi-puisi yang berfungsi sebagai sarana atau tangga menuju pengalaman Transendental merupakan ciri khas puisi-puisi kaum sufi.
E.   Puisi tetap disebut sebagai puisi transedental selama selalu berkaitan dengan ‘pencarian hakikat diri batin Manusia’.
(Tryout UNBK Detik – Detik Tahun 2016/1017)
41. Cermatilah kutipan novel berikut!
      Beberapa bulan sudah Kosim menjadi pegawai magang di kantor Patih Sumedang. Sifat orang muda itu pendiam tiada banayak cakap dan tak banyak bermain-main. Kesukaannya bekerja, bertekun menambah ilmu pengetahuan. Akan tetapi ia tiada tinggi hati terjauh daripada sifat sombong. Tegur sapa orang kepadanya tiada pernah dilengahkannya, senantiasa dijawabnya dengan manis dan sopan santun. Cuma hatinya pantang tersinggung. Naik sekali darah ke kepalanya sehingga dalam sekejap mata saja air mukannya yang tenang berubah menjadi masam dan keruh, jika ia mendengar salah satu perkataan atau sindiran yang agak mengenai dirinya
                                      
Kalimat tanggapan (esai) yang sesuai dengan kutipan novel tersebut adalah...
A.   Sebenarnya tidak perlu memikirkan perkataan orang lain atau berbuatan orang lain kepada kita.
B.   Sikap mudah bergaul tokoh Kosim dalam kutipan novel tersebut patut ditiru.
C.   Memang sudah seharusnya anak muda mudah terpancing emosinya.
D.   Sifat kerja keras dan sopan santun tokoh Kosim patut ditiru.
E.   Kita harus dapat menyingkirkan sifat sombong dalam diri.
(Un Ipa Tahun 2013/2014)

Comments

Popular posts from this blog

Kelas 12 Ipa 2 Kelompok 4 Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018

Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018 BULLYING Tim Produksi : 1. Amos Fernando Nainggolan – Guru Matematika (Mengetik Naskah) 2. Destia Laila – Teman Dewi dan Sharhan (Makeup) 3. Dewi Astuti – Peran yang di bully (Kostum) 4. Dwi Prasetyo – Guru BK (Penata Artistik) 5. Kedive Ramadhan – Tukang bully (Admin Sosmed) 6. Muhammad Daffa Firdaus – Tukang bully (Sutradara) 7. Muhammad Luthfi Sasmita – Tukang bully (Properti) 8. Muhammad Sharhansyah – Peran yang di bully (CD) 9. Titis Sulistiyo Wahyuning Asih -  Tukang bully (Pembuat Naskah) Grup 4  XII MIPA – 2 Ujian Praktek Guru Penguji: 1. Dra. Siwi Marwati, M. Pd. 2. Dra. Novalinda, M. Pd. 3. Muhammad Jarkasih, S Pd. M. Par. SMA Negeri 41 Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018 Di sebuah Sekolah bernama SMA Bar – Bar terdapat sebuah kelas yang dihuni oleh berbagai macam karakteristik siswa. Pagi hari Destia dan Sharhan dikelas, tiba – tiba Daffa dan teman-temannya

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah .... a.        Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013 b.       Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah c.        Pembelajaran yang sangat dianjurkkan pada kurikulum 2013 d.       Penyajian perasaan