Skip to main content

Kelas 12 IPS 1 Ujian Praktek Teater "Cuplikan Untuk Asmat" SMAN 41 Thn 2018



Kelas 12 IPS 1 Ujian Praktek Teater "Cuplikan Untuk Asmat" SMAN 41 Thn 2018







Ujian Praktek SMAN 41 Jakarta
Bahasa Indonesia
Tahun Ajaran 2017 / 2018


“Cuplikan Untuk Asmat”





Oleh kelompok 1 ( XII IPS I )
Claraduta : Dokter, Tata rias
Erfans Djie P : Presiden, Properti
Fachtu Robbi : Dokter, Naskah
Fellen Pangki : Orang Asmat, Naskah
Gaby Adelia : Pembawa Acara, Tata Rias
Khanza Chaerunisa :  Pedagang, Tata Rias
Muhammad Ferdiansyah :  Orang Asmat, Properti
Richard Mozart : Menteri, Properti
Siti Yohana : Orang Asmat, Properti

Guru Penilai :
Muhammad Jarkasih, S.Pd., M.Par.
Siwi Marwati, S.Pd.
Dra. Nova Linda, M.Pd.



Adegan I



(Studio Mata Gaby)
Gaby               : Baik semuanya. Kembali lagi bersama saya Gaby Shihap dalam acara, Mata Gaby. ( Semua tepuk tangan). Topic yang sangat hangat dan menjadi perhatian Netizen yang kerjaannya komen doing menjadi tema kita sekarang. Siang ini kita semua kedatangan bintang tamu yang sangat istimimewa. Kita sambut Bapak Jokopan, Presiden kita. Terima kasih pak mau hadir di siang ini. ( sembari melihat Jokopan)
Jokopan          : ya … selamat siang … mba Gaby ( senyum kearah gaby )
Gaby               : Biasa aja kali pak senyumnya. ( melihat sinis ). Ok selanjutnya kepada Bapak Richard Moeluk sebagai mentri Kesehatan, selamat siang pak. ( tersenyum kearah Richard )
Richard            : ya, selamat siang mba Gaby. ( Ekspresi datar )
Gaby               : Iihh Bapak gak murah senyum nih kaya Bapak Jokopan.
Richard            : Lah kalo saya senyum gitu nanti disangka kamu saya gak jelas lagi kaya Bapak Jokopan.
Gaby               : Ya udah sih pak, jangan gitu juga kali mukanya. Baik selanjutnya salah seorang dokter relawan kita yang baru saja pulang dari Asmat, selamat siang Ibu Clara.
Clara               : Jangan panggil Ibu dong mba Gaby, saya kan masih muda.
Gaby               : Lah terus panggil apa dong?
Clara               : Ya panggil Dokter Clara dong, masa saya sekolah cape-cape Cuma buat dipanggil Ibu sih.
Gaby               : Ya udah saya panggil ulang. Selamat siang Dokter Clara. ( muka BT )
Clara               : Selamat siang mba Gaby. (senyum gak jelas )
Gaby               : Dan tamu terakhir kita langsung diimport dari suku Asmat, Mama Fellen. ( Fellen melambai )
Fellen               : Selamat siang Nona Gaby.
Gaby               : Baiklah, setelah semua bintang tamu kita sebut satu per satu. Sekarang kita akan membahas topik mengenai kata yang tidak asing lagi apa lagi kalo bukan tentang suku Asmat. Cuplikan yang satu ini adalah potret kehidupan di Suku Asmat.

Adegan II


                        Terbaring laki-laki yang sedang sakit ditemani Istrinya dan seorang Dokter yang sedang memeriksa.
Siti                   : Bagaimana kondisi saya punya suami, Dok?
Faktu               : Apakah suami mama sering pulang malam?
Siti                   : Ya bagaimana lagi, Dokter. Nama juga laki-laki sering pulang malam-malam.
Faktu               : Ohh begitu toh. BTW, kenapa suami mama sering pulang malem?
Siti                   : Ya ampun anak ini. Saya punya suami mencari ko orang untuk menyembuhkan saya punya anak kena sakit panas dingin gitu.
Ferdi                : Mama, sudahlah diam. Beta ge sakit ini malah anak ini diajak bicara. Anak ni juga saya cari sampai pelosok, bukannya ada saat beta cari malah menghilang saja bagai dimakan babi di tengah hutan.
Faktu               : Ohh itu mah saya baru tiba kemarin, ya keles bapak nyariin saya dari beberapa hari yang lalu.
Siti                   : Anak ini bagaimana, itu saya punya tetangga sepuluh hari lalu sakit panggil dokter bisa datang. Masa iya dokter tak da saat suami saya panggil.
Faktu               : Ya emang gitu deh Mama, dokter kemarin di wilayah ini baru gantian sama saya. Jadi kalo ada dokter kosong itu wajar Mama.
Adegan III


( kembali ke studio )

Gaby               : Setelah tayangan tadi bagaimana tanggapan menurut masing-masing anda. Dimulai dari Pak Jokopan.
Jokopan          : Ya jadi begini…. Menurut saya gitu …
Gaby               : begitu gimana pak maksudnya?
Jokopan          : ya begitu… kan tadi sudah bisa dilihat bagaimana kondisinya, dokter sudah sekalinya ada harus lewat medan yang berat udah gitu jarang dokter.
Fellen               : Ko orang jadi Presiden bagaimana? Kondisi kami butuh kesehatan saja ko orang hanya komentar seperti itu. Betulkah Nona Gaby?
Gaby               : Benar tu, Mama. Bapak jadi Presiden itu kaya orang yang kurang respek sama warga negaranya. Ya udah deh, daripada komentar gitu aja. Lebih baik kita dengar komentar dari Bapak Richard. Silahkan Bapak Richard?
Richard            : Menurut saya, anak muda sekarang itu agaknya gengsi jika disuruh mengabdi ke asmat. Padahal bukannya itu sudah masuk kedalam ketentuannya jika ingin mengambil profesi dokter. Selain itu, banyak juga yang mengeluh karena buat beli nasi padang aja sampe Rp. 50.000,00 padahal Cuma nasi sama ayam aja. Apa itu logis?
Fellen               : Yaelah pak, disana biasa beli nasi padang sebungkus Rp. 50.000,00 sudah biasa. Padahal saya orang dari sana saja ingin merasakan nasi padang susah sekali. Hal macam itu sudah sering terjadi disana Pak, jadi jangan mengeluh. Hidup itu keras pak.
Gaby               : Kok jadi ngebahas Nasi Padang yak? Ya kita lihat cuplikan video selanjutnya saja bagaimana? Ini dia Videonya.

Adegan IV


Di Puskesmas

Clara               : Gimana perjalanan lo buat sampe kesini?

Faktu               : Ohh iye, gw sampe di Bandara hari Selasa untuk kesini makan waktu3 hari, udah medannya parah banget naik turun gunung kanan kiri jurang. Untungnya bisa sampai sini hidup- hidup and masih utuh.

Clara               : Ahh yang bener loh gue aja Cuma 4 jam dari bandara brarti lo dikibulin tuh sama supir pesawatnya tuh. hahahaha (ketawa)

Fachtu             : Hadeh dasar sialan lo anak orkay sama anak kosan kaya gw kan beda budget buat kemari.

Clara               : Ngomong-ngomong  lo laper ga?

Fachtu             : Iya nih laper banget.(pegang perut)

Clara               : Yaudah sini gue beliin nasi padang

Fachtu            : Ehh gila. Jauh – jauh kesini cuman makan nasi padang?

Clara               : Yaudah pokoknya nasi padangnya beda. Gue jalan dulu yee…





Di warung nasi padang

(di perjalanan ada orang lagi asik nikmatin makanannya)

Clara               : Bu nasi padang dong pake ayam 2 bungkus

Khanza            : Iyaa bentar yaa…. Saya ngelayanin mas yang di sana… (nunjuk ferdi dan ngasih makaannya).

Clara               : Iya bu.

(Khanza membuat pesanan Clara)

Khanza            : Nih dek pesanan nasi padangnya. (semua jadi 100ribu).

Clara               : Hah?! 100.000? mahal banget bu!!!

Khanza            : Iyaa lah namanya juga papua, apa-apa pasti mahal.

Clara               : Tapi kok ibunya kaya bukan orang sini sih? Ibu blasteran?

Khanza            : Saya bukan blasteran tapi saya orang jawa.

Clara               : Kok orang Jawa jualan Nasi Padang di Papua sih? Maunya apa coba. Yaudah ini bu uangnya.

Adegan V


Kembali ke studio

Richard            : Lucu juga ya disana. ( sambil menahan tawa )

Clara               : Bapak mah aneh, masa gitu aja dianggep lucu.

Richard            : Kan kamu yang bilang sendiri kalo itu pedangan emang ada. Orang Jawa jualan Nasi Padang di Papua.

Clara               : Ohh ya, sorry pak.

Fellen               : Ko orang lihatkan pak Jokopan. Disana apa – apa mahal jangankan makan nasi padang aja susah dan mahal. Asal bapak tau disana saja kita mandi pake air mineral.

Richard            : Nah iya.

Jokopan          : Semua kan butuh proses bu Fellen saya fokus sama infrastruktur terlebih dhulu masalah itu kan sudah saya serahkan ke masing-masing pemerintahannya      

Richard            : Benar itu Mama Fellen seperti kata Pak Jokopan

Jokopan          : Jadi kita tunggu saja apa yang terjadi seperti kemarin belum lama ini saya ke papua naik motor-motoran bersama ajudan saya

Clara               : Ngapain tuh pak?

Jokopan          :Kok kamu kepo sih

Clara               : Ya elah Pak, saya pikir bapak mau ngegantiin saya jadi dokter jaga.

Jokopan          : Ya kali saya mau ngegantiin kamu jadi dokter.. nanti yang jadi Presiden siapa??

Clara               : Saya deh Pak, dengan senang hati saya gantikan posisi bapak.

Jokopan          : GGaakk enak aja…  Maksud saya jalan-jalan saja melihat indahnya  pemandngan kota batam ini ….

Clara               : Papua kali Pak…

Richard            : Jalan-jalan kok naik motor sih pak??

Jokopan          : Gini deh, saya punya video waktu saya ke Papua kemarin sama Pak Richard. Gimana mba Gaby bisa diputer, kan?

Gaby               : Terserah Bapak deh yang penting ni acara cepet selesai.

Jokopan          : Nah ini dia videonya….



Adegan VI



Kembali ke Papua

                        Bersama Pak Richard, Pak Jokopan sedang berjalan sembari memegang kamera.

Jokopan          : Ya baiklah… kembali lagi dalam Vlog saya… saat ini saya sedang kunjungan kerja di Papua.. ( Sambil memegang kamera )

Richard            : Pak saya dong, saya gak kelihatan nih nanti di Vlog Bapak. Nanti sekalian Upload di Youtube saya ya pak.

Jokopan          : Dihh kok kamu nyuruh saya…. Emang gaji kamu gak cukup buat beli kamera sendiri… buat bikin Vlog di Youtube kamu apa…??? ( Ngeliatin Richard )

Richard            : Bukan masalah uang Pak, nanti Viewers Youtube Bapak naik gara-gara ada saya yang ganteng gini.. ( Gaya sok keren )

Jokopan          : Udahh.. kamu tu berisik… bilang aja minta naik gaji kan… kerja dulu yang bener… baru minta naik gaji… Nih kamu pegang kamera saya… saya mau buat Vlog dulu… kamu jadi kameramennya… ( Memberi Kamera ke Richard)

Richard            : Ya udah deh Pak.. nanti saya kena reshuffle lagi.. ( Mengambil kamera )

Jokopan          : Itu kayanya ada ibu-ibu yang bisa kita wawancara.. kesana yuk.. (menghampiri ibu-ibu). Permisi Mama, bisa minta waktunya sebentar??...

Fellen               : Weehh… ko orang dari mana ini… kenapa ko orang bawa-bawa kamera.. mau wawancara beta kah?? (Percaya diri sekali)

Jokopan          : Ya elah ni ibu.. belom ditanya udah tau aja mau diapain…. Peramal ni orang ya.. (Bisik ke Richard, Richard diem aja megang kamera). Jadi begini, Mama tau siapa saya??

Fellen               : Emang ko orang siapa?? Apa urusannya beta tau siapa ko orang??

Richard            : Mama serius gak tau siapa dia?? Ibu punya TV gak sih??

Fellen               : Emang kenapa kalo beta tidak punya TV?? Asal ko orang tahu saja, kita disini itu TV Cuma punya 1 saja di Kelurahan.

Richard            : Pantes aja gak tau.. TV satu yang nonton sekampung.

Jokopan          : Udah gak apa-apa. Tapi serius Mama gak tau siapa saya? Saya ini Presiden Indonesia, Joko Erfan. Masa Mama gak tau??

Fellen               : Lah bukannya Presiden kita itu Bapak Robbi Abdurahman Satu?

Richard            : Buset.. (Ekspresi kaget). Itu mah udah diganti kali Mama, memangnya Mama tidak Update berita terkini apa?

Fellen               : Entahlah… jangankan beta pikir Presiden siapa sekarang… bisa buat makan hari ini saja sudah bagus.

Jokopan          : Gini deh, Mama bisa jawab pertanyaan saya nanti saya kasih TV, mau gak?

Fellen               : Janganlah ko orang kasih beta TV, beta hanya butuh sepeda buat saya punya anak sekolah itu jauh sekali.

Jokopan          : Oke deh kalo gitu… Siapa nama 3 Presiden sebelum saya menjabat sekarang???

Fellen               : Mmm… Mmmm… Bapak Robbi Abdurahman Satu, Ibu Khanzawati bukanSoekarno Putri, Bapak Ferdiansyah Yudhoyono. Benarkah itu namanya??

Jokopan          : Dan saya siapa Mama??? Hayoo tadi saya sudah sebut nama saya ….??

Fellen               : Nama ko orang Erfan Djie Pangestu kahh??

Jokopan          : Ya udah lah, daripada durasinya lama mending udahan aja.. Pak Richard tolong ambil sepedanya ya itu.. ( Nunjuk Sepeda )

Richard            : Ya elah pak, tadi udah megangin kamera. Sekarang malah disuruh ngambil sepeda, ni Pasngepres mana sih?? (Berbalik ke belakang, melihat dua orang sedang pacaran di pojokan).
Wehh..Wehh sedang apa ko orang berdua pacaran dipojokan situ.. Tak taukah ada Presiden sedang bicara disini?? (Nunjuk dua orang yang pacaran dan langsung kabur)

Adegan VII


Kembali ke Studio

Fellen               : Ohh ko orang berdua yang ada divideo tadi kah??

Richard            : Ampun deh Mama ini. (Nepok jidat)

Clara               : Mah saya kasih tau aja kalo ada Pak Jokopan jangan Cuma minta sepeda doang, minta sekalian sepeda sana garasi beserta rumah, perabotan dan sembako. Jangan mau dikasih gitu doing.

Jokopan          : Ya ampun Dokter ini ikut-ikut aja sih. Kalo anda mau, ya anda harus bisa jawab pertanyaan saya dulu..

Clara               : Ya boleh-boleh, tanya aja masa saya gak bisa jawab pertanyaan Bapak??

Jokopan          : Nanti saya sebutin kamu lanjutin ya… Sebutkan nama 5 ikan yang ada di Indonesia??? apa aja hayoo..

Clara               : Waduh, apa aja ya nama ikannya… HHmmm…

Jokopan          : Nih saya kasih tau namanya… ada Ikan Lele, Ikan Patin, Ikan Gurame, Ikan mas, dan ikan apa hayoo

Clara               : Hhhaa.. Ikan Tongkol Pak…

Jokopan          : Bagus-bagus, kamu dapet sepeda jadinya….

Gaby               : Saya dong Pak, saya mau HP baru nih..

Jokopan          : Ok deh mba Gaby, sebutkan nama Presiden yang memimpin Perang Teluk 1, 2, 3?

Gaby               : Ya elah pak itu mah gampang Pak, Yohana Husein Pak…

Jokopan          : Nah bener.. Dapet sepeda lagi..



             Tiba-tiba Faktu, Ferdi, Khanza, dan Siti masuk studio secara bersamaan..

Faktu              : Pak Jokopan saya juga mau, jangan yang di studio doing dong yang dibagiin..

Clara              : Njiirr ni empat orang langsung terbang kali ya, langsung nyampe njirr…

Jokopan         : Ya udah kalo kamu saya mau nanya, apa nama lain dari unsur yang berlambang Sn???

Faktu              : Mampus gw, ketauan kan gw sering madol pas pelajaran kimia..

Ferdi               : Jawabannya Stanum atau timah Pak.

Jokopan         : Nih bener, dapet sepeda lagi…

Gaby              : Sssttooppp!!! (Teriak) Kok malah jadi bagi-bagi sepeda sih? Udah lah acaranya kita bubarin aja daripada rebut pada minta sepeda doang…
Terima kasih para permisa yang sudah menonton acara ini.. sampai jumpai lagi di acara kesayangan kita…. Mata Gaby tahun depan…. Selamat Siang…

Comments

Popular posts from this blog

Kelas 12 Ipa 2 Kelompok 4 Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018

Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018 BULLYING Tim Produksi : 1. Amos Fernando Nainggolan – Guru Matematika (Mengetik Naskah) 2. Destia Laila – Teman Dewi dan Sharhan (Makeup) 3. Dewi Astuti – Peran yang di bully (Kostum) 4. Dwi Prasetyo – Guru BK (Penata Artistik) 5. Kedive Ramadhan – Tukang bully (Admin Sosmed) 6. Muhammad Daffa Firdaus – Tukang bully (Sutradara) 7. Muhammad Luthfi Sasmita – Tukang bully (Properti) 8. Muhammad Sharhansyah – Peran yang di bully (CD) 9. Titis Sulistiyo Wahyuning Asih -  Tukang bully (Pembuat Naskah) Grup 4  XII MIPA – 2 Ujian Praktek Guru Penguji: 1. Dra. Siwi Marwati, M. Pd. 2. Dra. Novalinda, M. Pd. 3. Muhammad Jarkasih, S Pd. M. Par. SMA Negeri 41 Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018 Di sebuah Sekolah bernama SMA Bar – Bar terdapat sebuah kelas yang dihuni oleh berbagai macam karakteristik siswa. Pagi hari Destia dan Sharhan dikelas, tiba – tiba Daffa dan teman-temannya

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah .... a.        Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013 b.       Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah c.        Pembelajaran yang sangat dianjurkkan pada kurikulum 2013 d.       Penyajian perasaan

27. Novani Sisilia Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

Nama : Novani Sisilia Soal UN Bahasa Indonesia Thn. 2016 04 Paket B Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik menyisipkan peristiwa sejarah dengan harapan dapat memperkuat kepribadian peserta didik dengan menghayati nilai-nilai perjuangan dan pengorbana seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan. Pembelajaran ini juga dimaksudkan untuk menanamkan sikap positif dalam diri peserta didik terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa identitas bangsa yang harus dijunjug tinggi yang harus tercermin dalam sikap berbahasa, baik lisan maupun tulis. Bahasa Indonesia merupakan cerminan sikap dan jati diri bangsa Indonesia di lingkungan pergaulan dunia global. 1.          Ide pokok paragraf tersebut adalah … . A.         cara memperkuat kepribadian peserta didik  melalui materi pembelajaran B.         penghargaan pengorbana n seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan C.         upa