Skip to main content

20. Muhamad Nugroho Pamungkas Perbaikan Latihan & Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

http://pak-anang.blogspot.comCermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.

 Text Box: Pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik menyisipkan peristiwa sejarah dengan harapan dapat memperkuat kepribadian peserta didik dengan menghayati nilai-nilai perjuangan dan pengorbana seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan. Pembelajaran ini juga dimaksudkan untuk menanamkan sikap positif dalam diri peserta didik terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa identitas bangsa yang harus dijunjug tinggi yang harus tercermin dalam sikap berbahasa, baik lisan maupun tulis. Bahasa Indonesia merupakan cerminan sikap dan jati diri bangsa Indonesia di lingkungan pergaulan dunia global.

                                                                                                                              

Cermati paragraf berikut untuk soal nomor 3 dan 4!

 Text Box: (1) Kejadian dalam peristiwa sejarah dianggap sebagai proses atau dinamika dalam suatu konteks historis bukan hanya sekadar peristiwa yang terjadi pada masa lampau. (2) Sejarah termasuk ilmu empiris karena sejarah sangat bergantung pada pengalaman manusia, kerap dimasukkan ke dalam ilmu kemanusiaan, dan berbeda dengan antropologi atau sosiologi. (3) Sejarah membicarakan manusia dari segi waktu, seperti perkembangan masyarakat dari satu bentuk ke bentuk lainnya. (4) Diungkapkan pula kesinambungan yang terjadi dalam suatu masyarakat, pengulangan  peristiwa yang terjadi pada masa lampau, dan perubahan yang terjadi dalam masyarakat. (5) Berbagai nilai  dan kearifan yang terdapat dalam sebuah peristiwa sejarah itu merupakan sumber kekayaan yang dapat diserap dan diterapkan dalam mempersiapkan masa depan generasi muda.


A.       perbuatan seseorang
B.       berdasarkan pengalaman
C.       dasar pemantauan
D.       kejadian penting
E.        melakukan penelitian


http://pak-anang.blogspot.comCermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 5–6!

 Text Box: (1) Melalui teks cerita ulang atau dikenal juga dengan sebutan teks rekon (recount), pengalaman nyata pada masa lalu dapat dibangkitkan atau dihidupkan kembali. (2) Setelah informasi tentang sebuah peristiwa sejarah diperoleh, seseorang dapat mengumpulkan data yang tepat, akurat, serta autentik tentang peristiwa tersebut dari berbagai sumber, baik lisan, tertulis maupun benda-benda yang berkaitan dengan peristiwa sejarah yang dimaksud. (3) Bukti sejarah juga sudah dimuat pada buku sejarah yang ditulis oleh pakar sejarah. (4) Dari buku tersebut dicatat hal yang akan diteliti secara cermat, dibandingkan satu sama lain, diinterpretasikan, kemudian direkonstruksi sehingga menghasilkan kisah sejarah yang mudah dipahami. (5) Hal yang demikian itu, semoga menjadi perhatian semua peneliti dalam melakukan sebuah penelitian agar hasilnya sempurna dan akurat.



Cermati kutipan tajuk rencana berikut untuk soal 7– 9!

 Text Box: Di Mentawai, Sumatera Barat, lain lagi yang terjadi. Kepulauan ini memiliki ombak terbaik untuk berselancar. Di dunia ini hanya ada tiga tempat yang memiliki barrel—ombak berbentuk terowongan—yang dapat ditemui sepanjang waktu: Hawaii, Haiti, dan Mentawai. Namun, pemerintah daerah tidak berdaya. Di sana Resor tumbuh menjamur, tetapi kontribusi mereka kepada ekonomi daerah amat minimal. Mungkin ini merupakan bentuk “protes”  mereka  kepada  pemerintah yang tidak serius membangun prasarana wisata di sana. Dengan ribuan “surga yang tersembunyi” itu, pemerintah pusat seharusnya bisa menaikkan jumlah wisatawan asing yang datang ke negeri ini sehingga perekonomian masyarakat setempat terbantu.


A.       masyarakat setempat
B.       pengelola wisata
C.       wisatawan mancanegara
D.       wisatawan lokal
E.        pemerintah pusat


9.         http://pak-anang.blogspot.comKeberpihakan penulis (editorial) dalam kutipan tersebut adalah … .
A.       pemerintah pusat
B.       masyarakat setempat
C.       pengelola wisata
D.       wisatawan mancanegara
E.        wisatawan lokal

10.     Cermati kedua kutipan teks berikut!



11.     Cermati kutipan biografi berikut!

 Text Box: Siapakah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat? Tidak lain, dialah Ki Hadjar Dewantara. Saat genap berusia 40 tahun menurut hitungan Tahun Caka, berganti nama menjadi Ki Hadjar Dewantara. Semenjak itu, ia tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan agar ia dapat bebas dekat dengan rakyat, baik secara fisik maupun hatinya. Perjalanan hidupnya benar-benar diwarnai perjuangan dan pengabdian demi kepentingan bangsanya. Ia menamatkan Sekolah Dasar di ELS (Sekolah Dasar Belanda) Kemudian sempat melanjut ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera), tetapi tidak sampai tamat karena sakit. Kemudian ia bekerja sebagai wartawan di beberapa surat kabar antara lain Sedyotomo, Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer dan Poesara. Pada masanya, ia tergolong penulis andal. Tulisan-tulisannya sangat komunikatif, tajam dan patriotik sehingga mampu membangkitkan semangat antikolonial bagi pembacanya



B.       http://pak-anang.blogspot.compernah melanjutkan sekolah ke Sekolah Dokter Bumiputera

Cermati kutipan dialog berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13!

:
:
:
:
:
:

A.       harga per butir bakso
B.       waktu pengantaran bakso
C.       harga semua pesanan
D.       jumlah pesanan bakso
E.        cara pengantaran bakso


Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 14–15!

 Text Box: Soekarno, sebagai orang Indonesia, telah memberi pengaruh besar terhadap perjalanan  sejarah dunia. Oleh sebab itu, dia bisa disebut sebagai salah satu tokoh dunia. Ini yang membuat kita bangsa Indonesia sangat bangga memiliki pemimpin seperti dia.

C.       perjalanan sejarah dunia
E.        sebagai orang Indonesia



16.     http://pak-anang.blogspot.comCermati teks berikut.

 Text Box: (1) Pada sebuah cerita ulang biografi, partisipannya adalah manusia yang terlibat pada peristiwa tertentu dalam sejarah. (2) Penganalisaan fakta pelu dicek kembali. (3) Si penulis akan mencatat peristiwa tersebut secara kronologis. (4) Kesistematisan peristiwa dalam penulisan harus diperhatikan. (5) Penggunaan kaidah bahasa dalam penulisan harus cermat pula.


17.     Cermati penggunaan tanda baca pada kalimat dalam paragraf berikut!

 Text Box: (1) Keterlibatan Nelson Mandela dalam politik dimulai, saat dia keluar dari sekolah College of Fort Hare. (2) Namun selama bertahun-tahun dia, menyaksikan bagaimana politik apartheid sangat tidak manusiawi. (3) Keterlibatan inilah, yang kemudian menentukan jalan panjang yang harus dia tempuhnya. (4) Dia, memperjuangkan persamaan hak bagi mayoritas orang kulit hitam di Afrika Selatan. (5) Harapan Mandela untuk berhasil, sangatlah kecil karena selama berabad-abad pemerintah kolonial telah mengonsentrasikan semua kekuasaan politik dan militer.


18.     Cermati penggunaan tanda baca pada deretan kalimat berikut!

 Text Box: (1) Pada Agustus 1943, kapal yang dipimpinnya dihantam destroyer Jepang.
(2) Kapal terbelah dua, dan dua belas orang awaknya tewas.
(3) JFK, beberapa kru, dan awak kapal yang selamat.
(4) Namun, bantuan tidak kunjung datang sehingga mereka harus berenang.
(5) JFK melakukan tindakan heroik, menyelamatkan jiwa seorang kru yang terluka.
(6) Dia dan krunya akhirnya selamat, setelah ditemukan oleh penduduk asli.



19.     http://pak-anang.blogspot.comCermati paragraf berikut!

 Text Box: Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku disusun dan ditelaah oleh berbagai … di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal … Kurikulum 2013. Buku ini merupakan ”dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan … . Masukan dari berbagai kalangan diharapkan dapat meningkatkan … buku ini


20.     Cermati penggunaan kata serapan pada kalimat berikut!

 Text Box: Sebagai anak priyayi yang memang pandai, Soekarno bisa mengecap pendidikan tinggi dan lulus dari ITB. Sebagai mahasiswa … , Soekarno terbilang pandai. Akan tetapi, ide-ide … rupanya telah membuat dirinya terpikat. Tiga bulan setelah lulus, pada 1926, lelaki yang dikenal sebagai … ulung ini memuatkan ide-ide politiknya di media massa dalam artikel yang berjudul ”Nasionalisme, Islam, dan Marxisme”. Tulisan ini sangat menekankan ide persatuan antarkelompok yang kemudian menandai pemikiran politiknya sepanjang … Soekarno.


21.     Cermati penulisan judul berikut!

 Text Box: Saya telah membaca buku sistem gotong royong dalam masyarakat pedesaan daerah istimewa Yogyakarta. Isi buku itu untuk salah satu sumber karya ilmiah saya yang sedang saya tulis.


22.     Cermati paragraf berikut!

 Text Box: Pada 17 Agustus 1945, tidak lama setelah Jepang takluk pada Sekutu, atas desakan para aktivis pemuda yang sempat menculik Soekarno ke Rengas Dengklok, Soekarno dan Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Sehari kemudian Soekarno-Hatta diangkat menjadi presiden dan wakil presiden pertama Indonesia.

A.       memproklamasikan
B.       memproklamatorkan
C.       pemproklamasian






http://pak-anang.blogspot.comD.   (4), (3), (2), (1), (5), dan (6)

29.     Cermati paragraf deskripsi berikut!

 Text Box: Kucing anggora mempunyai bulu yang unik. Keunikan bulu kucing anggora adalah bulu tumbuh sesuai dengan kondisi cuaca. Jika kondisi cuaca sedang mengalami musim panas, bulu kucing anggora terlihat pendek. Jika kondisi cuaca sedang mengalami musim hujan/dingin, bulu kucing anggora sangat lebat dan panjang. .... Kondisi bulu yang cukup unik tersebut memperlihatkan bahwa kucing anggora ini cukup cocok dipelihara di Indonesia. Karena dengan pola tumbuh bulu kucing anggora tersebut membuat kucing anggora mampu untuk beradaptasi dengan iklim yang ada di Indonesia


30.     Cermati paragraf narasi berikut!

 Text Box: JFK dilantik pada 20 Januari 1961. Ia menyampaikan pidatonya yang memesona, menyerukan penerapan hukum yang baru, yaitu yang kuat berlaku adil, yang lemah dilindungi, dan perdamaian dijaga. Ia menyadari kesulitan yang akan dihadapinya. ”Semua ini tidak akan selesai dalam 100 hari pertama,” katanya. “Tidak akan selesai dalam 1.000 hari, tidak juga selama pemerintahan ini, bahkan mungkin tidak sepanjang masa hidup kita di planet ini. …” Dalam pidato inilah dia mengucapkan kata-katanya yang terkenal dan sering dikutip, ”Jangan tanya apa yang dapat  diberikan oleh negerimu—tanyalah apa yang dapat kauberikan kepada negerimu.”


31.     Cermati paragraf berikut!

 Text Box: Karakter utama sebuah cerpen adalah peristiwa, yaitu suatu kejadian yang di dalamnya. Peristiwa tersebut ada hubungan antara tokoh, latar, dan alur. Peristiwa dalam cerpen menunjukkan dua pola, yaitu peristiwa monologis yang merupakan penggambaran keadaan dan kedirian yang bersifat tunggal. Dalam hal ini, tokoh bermonolog atau penulis menggambarkan keadaan. Peristiwa lainnya adalah dialogis, yang merupakan penggambaran keadaan hubungan tokoh dengan tokoh dalam suatu keadaan tempat dan waktu tertentu. …



32.     http://pak-anang.blogspot.comCermati pendapat dan kalimat argumen berikut! Pendapat:

Argumen:



33.     Cermati kalimat berikut!

 Text Box: Hamparan-haparan ratusan kotak beton di kota itu merupakan jebakan walet yang dibangun oleh manusia tujuan untuk memindahkan walet daripada kehidupan lepas terbang di pantai.



34.     Cermati ilustrasi berikut!

 Text Box: Pencuri itu mengendap-endap waktu memasuki pekarang rumah sasarannya. Lalu mendekati salah satu jendela kamar rumah itu. Dia mulai mengeluarkan alat pencongkel pintu. Akan tetapi naas, obeng yang digunakannya jatuh ke ubin beserta peralatan lainnya sehingga mengeluarkan bunyi dan membuat pemilik rumah serta merta keluar dan menyergapnya.

A.       terkena jaringan
B.       naik pitam


C.       http://pak-anang.blogspot.comtertangkap basah
D.       tinggi rezeki
E.        gelap mata

 Text Box: Meski hidup Azrial sudah hidup berada, memiliki rumah mewah dan kendaraan, dan tinggal di ibu kota, Jakarta, tetapi ia masih ingin pulang ke kampung halamannya. Banyak hiburan di kota besar. Namun, tetap rindu terhadap kampung halamannya, Lareh Panjang, Sumatra Barat. Kampung halamannya terasa senantiasa memanggilnya pulang. Karena itulah, Azrial membangun rumah yang akan dihuninya kelak di hari tuan bersama istrinya.


36.     Cermati kedua kutipan teks cerpen berikut!




Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal 37–40!

 Text Box: Angan-angannya (Paing) untuk memperoleh anak perempuan juga terkabul. Istrinya melahirkan anaknya yang ketiga dengan mules di rumah bidan. Untuk sementara ia serahkan jualan pada orang lain untuk membantu istrinya.
Namun, ketika ia akan mulai jualan lagi terkejut bukan main. Tempatnya telah dikuasai oleh teman yang semula sangat dipercaya. Bahkan sudah diubah dengan peralatan yang lebih permanen; tenda, gerobak, dan bangku-bangku. Ia telah dikhianati. Marah seperti orang gila. Sungguh heran,


http://pak-anang.blogspot.com
 Text Box: temannya kalem-kalem saja. Ia ingin berkelahi, tetapi buru-buru sadar, tidak bisa berkelahi. Ia jadi pecundang. Pukulan hebat menghantamnya. Ia roboh kesakitan. Siapa lagi yang bisa cari nafkah, yang bisa memberi ke perluan-keperluan bayi? Anaknya? Tidak, dia baru kelas II SMP. Lagi pula jangan anaknya meniru nasibnya menjadi pedagang kere.
Cerpen Paing





Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal 41–43!

 Text Box: Seumur hidupnya belum pernah Paing masuk rumah sebesar itu. Seluruhnya dikelilingi tembok tinggi. Untuk masuk orang harus memencet bel lebih dulu kemudian menunggu di luar gerbang. Sebuah kotak lubang terbuka dan muncul mata menelitinya. Setelah yakin siapa tamunya barulah gerbang bisa dibuka. Untung ia datang diantar Tante. Penjaga gerbang memberi hormat mempersilakan masuk. “Tante sudah ditunggu nyonya di teras belakang,” ujarnya sopan.
Tante melenggang menuju pintu bangunan utama. Ia terus mengintil di belakang. Seekor anjing lagi numprah di teras depan. “Lesi! Lesi!” sapa tante. Anjing berdiri dan Paing undur dua tindak,


http://pak-anang.blogspot.com
 Text Box: “Edan, segede anak sapi!” serunya kaget. Lesi mendekat, mendengus-dengus ke kaki Tante. Lalu berlari mendorong pintu terbuka. Ia takut setengah mati. “Jangan takut, Lesi lembut seperti wanita.” Ia ragu-ragu masuk. Ruangan seperti lapangan. Tampak mebel-mebel besar mewah sekali. la ingat, pasti harganya ratusan juta. Banyak pula perabot antik yang sulit ia bayangkan seperti apa kayanya orang yang punya. Ia melongo dan jadi bego
Cerpen Paing


A.       keheranan
B.       Pak Anangketakutan
C.       kekhawatiran
D.       keharuan
E.        kegembiraan

A.       panjang
B.       lega
C.       lebar
D.       luas
E.        besar

Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal 44 dan 45!

 Text Box: Peragawati minta diambilkan tas berisi buku dan beberapa rol film. “Sebelum ke bank kamu ke Kemang dulu memfotokopi buku dan cuci-cetak film ini. Tinggal saja di sana. Setelah dapat uang dari bank kembalilah membayar fotokopi dan foto. Lalu ke laundry ngambil pakaian tuan sekalian membayar tagihan minggu lalu. Suruh sopir cepat ke kantor menjemput tuan. Bilang, jangan mampir-mampir. Kamu sendiri kembali ke sini naik taksi. Paham?!”
(1) Ia tenggelam di dalam mobil kelas satu. (2) Di tangannya segepok uang dari bank, jumlahnya berlipat-lipat gajinya sendiri. (3)“Alangkah kecil diriku, gajiku cuma sekali biaya ke laundry pun belum cukup!” (4) Hati kecilnya teraduk-aduk. (5) Sementara itu di sebelahnya sopir dibakar cemburu dan marah. (6) Mulutnya ngocol terus. (7) Dia akan melawan siapa saja yang mencurigai dan memfitnahnya sebagai pencuri. (8) Dia siapkan golok di bawah bagasi mobil.






B.       http://pak-anang.blogspot.comKeseriusan dan ketegangan dalam cerita membuat para pembaca berdebar-debar untuk menyelesaikan membaca.

49.     Cermati isi kutipan novel berikut!

 Text Box: Guna-guna yang diteluhkan ke Nilam ialah perempuan itu kerap terlihat memakai kerudung api. Di ubun-ubunnya, seolah api serupa unggun menyala, menjalar, dan berkobar. Sehingga setiap lelaki hendak menikahinya, jelang akad, batal karena ketakutan. Beberapa lelaki yang semapat meminang dan hampir sampai prosesi akad seperti Tanbara, Zulkifli, dan banyak lagi. Semua undur? bukan teratur? terbirit-birit karena takut setelah melihat di ubun-ubun Nilam serupa tungku yang menyala, berkobar, dan menjalar.


50.     Cermati isi kutipan cerpen berikut!

 Text Box: Di sepanjang usianya, Banun Kikir tak pernah membeli minyak tanah untuk mengasapi dapur keluarganya. Perempuan itu menanak nasi dengan cara menyorongkan seikat daun kelapa kering ke dalam tungku, dan setelah api menyala, lekas disorongkannya pula beberapa keping kayu bakar yang selalu tersedia di bawah lumbungnya. Saban petang, selepas bergelimang lumpur sawah, daun-daun kelapa kering itu dipikulnya dari kebun yang sejak lama telah digarapnya. Mungkin sudah tak terhitung berapa jumlah simpanan Banun selama ia menahan diri untuk tidak membeli minyak tanah guna menyalakan tungku. Sebab, daun-daun kelapa kering di kebunnya tiada bakal pernah berhenti berjatuhan.


Comments

Popular posts from this blog

Kelas 12 Ipa 2 Kelompok 4 Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018

Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018 BULLYING Tim Produksi : 1. Amos Fernando Nainggolan – Guru Matematika (Mengetik Naskah) 2. Destia Laila – Teman Dewi dan Sharhan (Makeup) 3. Dewi Astuti – Peran yang di bully (Kostum) 4. Dwi Prasetyo – Guru BK (Penata Artistik) 5. Kedive Ramadhan – Tukang bully (Admin Sosmed) 6. Muhammad Daffa Firdaus – Tukang bully (Sutradara) 7. Muhammad Luthfi Sasmita – Tukang bully (Properti) 8. Muhammad Sharhansyah – Peran yang di bully (CD) 9. Titis Sulistiyo Wahyuning Asih -  Tukang bully (Pembuat Naskah) Grup 4  XII MIPA – 2 Ujian Praktek Guru Penguji: 1. Dra. Siwi Marwati, M. Pd. 2. Dra. Novalinda, M. Pd. 3. Muhammad Jarkasih, S Pd. M. Par. SMA Negeri 41 Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018 Di sebuah Sekolah bernama SMA Bar – Bar terdapat sebuah kelas yang dihuni oleh berbagai macam karakteristik siswa. Pagi hari Destia dan Sharhan dikelas, tiba – tiba Daffa dan teman-temannya

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah .... a.        Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013 b.       Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah c.        Pembelajaran yang sangat dianjurkkan pada kurikulum 2013 d.       Penyajian perasaan

27. Novani Sisilia Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

Nama : Novani Sisilia Soal UN Bahasa Indonesia Thn. 2016 04 Paket B Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik menyisipkan peristiwa sejarah dengan harapan dapat memperkuat kepribadian peserta didik dengan menghayati nilai-nilai perjuangan dan pengorbana seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan. Pembelajaran ini juga dimaksudkan untuk menanamkan sikap positif dalam diri peserta didik terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa identitas bangsa yang harus dijunjug tinggi yang harus tercermin dalam sikap berbahasa, baik lisan maupun tulis. Bahasa Indonesia merupakan cerminan sikap dan jati diri bangsa Indonesia di lingkungan pergaulan dunia global. 1.          Ide pokok paragraf tersebut adalah … . A.         cara memperkuat kepribadian peserta didik  melalui materi pembelajaran B.         penghargaan pengorbana n seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan C.         upa