Skip to main content

Kuis Debat Tim 7 VS Tim 11 "Rumah Susun di Jakarta" SMAN 41 Thn 2017

Nama : 1. Pro : -Diaz (Orang pertama)
                         -Stephen (Orang kedua)
                         -Ayu (Orang ketiga)
            2. Kontra : -Hanifah (orang pertama)
                              -Fachrul (orang kedua)
                              -Sonya (orang ketiga)
Kelas            : X IPS 1
Remedial     : Debat
Pelajaran     : Bahasa Indonesia
Semester    : Genap


Dialog :
Diaz : "Baik saya orang pertama dari tim pro akan menjelaskan tentang rumah susun di Jakarta. Rumah susun di Jakarta merupakan bangunan bertingkat yang dibangun dalam suasana lingkungan dimana terdiri dari bagian-bagian struktur secara fungsional dalam arah horizontal maupun vertikal dan merupakan satuan yang masing-masing dapat memiliki dan digunakan secara terpisah untuk tempat hunian yang dilengkapi dengan biaya bersama. Bagi saya rumah susun di Jakarta, saya sangat setuju dengan adanya rumah susun itu. Karena dengan adanya rumah susun warga-warga atau orany yang tidak mampu atau miskin bisa tinggal disana juga untuk orang-orang yang tidak mampu menyewa tempat tinggal yang tidak terjangkau harga sewanya. dan juga rumah susun di Jakarta dapat mempererat silaturrahmi antar warga setempat dan bisa menjalin ukhuwah atau kebersamaan dan juga tidak membebankan mereka atau warga tersebut dalam masalah biaya dan menurut saya rusun di Jakarta saya sangat setuju. Terimakasih.
Hanifah : "Terimakasih atas pendapat yang anda berikan, tetapi disini saya ingin memperjelas lagi bahwa pembangunan rusun atau rumah susun memang bertujuan bauk untuk masyarakat terutama bagi mereka yang ingin tinggal di kota-kota besar yang padat penduduk. Namun bukan berartu rumah susun selalu menimbulkan dampak positif, ada juga hal-hal buruk yang bisa muncul dan kebanyakan memang terjadi pada pengguna rumah susun atau penghuninya, contohnya seperti keterkejutan budaya atau cultural shoock. Di Indonesia sebagian besar masyarakat adalah keluarga yang tinggal dalam 1 rumah. Sebuah rumah pribadi yang benar-benar private, ada bangunan, halaman dan sifatnya yang memang sangat pribadi yang benar-benar private, atau milik keluarga sendiri. Sedangkan di rusun penghuni baru mungkin akan merasa terkejut karena setiap kepala keluarga yang nggal begitu dekat dan hampir selalu bertemu dan berbaur kepada penghuni lain yant jumlahnya bisa puluhan atau ratusan orang. Bagi mereka yang mudah beradaptasi mungkin tidak masalah, namun bagi orang yang susah beradaptasi pasti mengalami keterkejutan akibat perbedaan budaya. Bisa meningkatkan orang yang semakin stres, yang kedua meningkatkan rasa stres atau depresi. Stres tidak hanya disebabkan oleh cultural shoock atau ada banyak hal yang meningkatkan rasa depresi seseorang saat tinggal di rumah tersebut. Karena rusun dihunin oleh begitu banyak orang, tentu kita sebagai penghuni rusun harus berhadapan dengan bermacam-macam orang dengan watak masing-masing. namun ini adalah stres yang sudah umum ketika kita hidup bermasyarakat. Selain itu rasa stres juga dipacu oleh kondisi tempat tinggal. Rusun yang dibangun mewah atau apartemen tentu membuat seseorang merasa nyaman . Terimakasih
Stephan : "Baik saya akan menyanggah pendapat dari tim kontra. Saya tetap setuju dengan adanya rumah susun di Jakarta , karena bagi saya pembangunan rusun adalah suatu untuk memecahkan masalah kebutuhan dari pemukiman dan pada lokasi yang padat. terutama padatnya perkotaan yang penduduk nya disuatu meningkat dan pembangunan rusun juga dapat mengakibatkan terbukanya ruang kota sehingga menjadi lebih luasdan dari hal ini membantu adanya kinerja sehingga daerah kumuh berkurant dan selanjutnya menjadi daetah yang rapi, bersih, dan teratur dan meringankan biaya atau terjangkau ,saat ini jakarta memperbanyak rumah susun di Jakarta karena sangat penting bagi masyarakat jakarta dan bermanfaat . berimut fasilitas rumah susun , terdapat kios kecil bagi perekonomiannya warga Jakarta . Karena masyarakat mudah menjual barang dagangannya sekitar area rusun tersebut. kedua, terdapat tempat bermain anak disekitar area rusun tempat bermain anak-anak . itu juga bermanfaat bagi orangtua yang mempunyai anak karena orang tersebut tidak khawatir karena anak tersebut bermaun dengan anak bermain tersebut.
Fachrul : "Kami kurang setuju dengan dibangunnya rumah susun di Jakarta , karena jika rusun terus dibangun dan di dirikan tentu saja akan memakan lahan yang lumayan banyak. dan jika lahan tersebut habis bagaimana cara menangani kekurangan tanah tersebut. apa dengan menggusur pemukiman-pemukiman kumuh? dan apa para masyarakat disana akan setuju jika tanah hak milik mereka akan digusur begitu saja. Pasti ada salah satu dari mereka tidak setuju tanah mereka di gusur. Mereka tidak akan setuju karena mereka sudah tinggal cukup lama dan mereka juga memiliki surt-surat yang sah untuk tinggal disana. Selain itu seperti yang dikatakan Hanifah tadi, tinggal dirumah susun pasti akan timbul kesenjangan sosial diantara masyarakat, karena pada dasarnya penghunu rusun dianggap sebagai kalangan bawah karena mereka tidak mampu membeli tanah atau rumah. Sehingga harus diperhatikan kembali sebelum memulai rencana pembangunan rumah susun. Tidak hanya kesenjangan sosial yang menjadi dampak negatif , yaitu terbatas nya lahan hijau jika kota jlJakarta terus di dirikan rusun lahan hijau akan berkurang. Pembangungan rumah susun sangat membutuhkan banyak lahan dan jika hal tersebut terus dilakukan, dimanakah lahan penghijauan nanti. faktor lain yaitu semakin berkurangnya daerah perairan di Jakarta, mengapa seperti itu? seperti lahan penghijauan tadi lahan perairan juga membutuhkan lahan banyai, bayangkan saja jika lahan perairan tidak ada, secara tidak langsung hal tersebut akan memicu kota Jakarta dilanda banjir. Faktor lainnya yaitu lingkungan yanga ada pada rusun tersebyt. Terimakasih"
Ayu : "Baik saya dari tim pro akan menyanggah pendapat dari tim kontra. Saya sangat setuju yaitu dengan membuat lingkungan menjadi bersih dan mengurangi lingkungan-lingkungan yang kumuh. Jadi menurut saya pembangunan rumah susun sangat bermanfaat. rusun ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dapat meningkatkan daya guna yang berhubungan  di daerah perkotaan dan dapat mengikat tali silaturahmi sesama masyarakat. manfaat rumah susun di Jakarta bermanfaat yang berpenghasilan menengah kebawah. Jadi kita tidak merasa terbebani dengan adanya rusun . pertama biaya terjangkau dan nanti pemerintah tidak akan, dan yg ketiga atau mungkin. Terimakasih"
Sonya : "Pemerintah indonesia lebih memberlakukan rumah sebagai barang atau kebutuhan. Dapat di lihat dari besarnya peran pemerintah dalam membantu pemenuhan kebutuhan perumahan yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Kodisi ini dapat dimengerti karena sebagian besar penduduk indonesia merupakan golongan yang kurang mampu memenuhi kebutuhan perumahan yang layak. Dalam kaitan ini pemerintah memutuskan untuk melaksanakan pembangunan rumah susun dikota besar sebagai usaha peremajaan kota untuk memenuhi kebutuhan perumahan yang vertikal. Rumah susun merupakan alternatif pilihan perumahan dikota akibat keterbatasan lahan dan harga lahan yang mahal , makan pendekatan yang dilakukan dalam pembangunan adalah dengan memenuhi aspek yang menjadi dasar pilihan masyarakat kelompok sasaran itu. Kami sebagai masyarakat , kami ingin pembangunan bukan dari sentral kota seperti sudirman , thamrin tapi dari kampung kumuh  kita buat kampung yang sehat , ada ruang hijau , punya ruang publik , yang jelas kumuh jadi kampung sehat . Dan tadi menurut anda bahwa rumah susun dijakarta menjadi tempat tinggal yang layak bagi masyarakat yang tinggal disana , seperti yang fahrul katakan bahwa lingkungan rumah susun yang ada di jakarta tidak sedap di pandang selain tempatnya gelap dan panas, bagaimana bisa dikatakan bahwa rumah susun tersebut layak untuk di huni"
Ayu : "Kami setuju dengan adanya pembangunan rumah susun di Jakarta Ya seperti tadi yang telah dikemukakan oleh kami bahwa diadakannya rumah susun di Jakarta bisa memperera silaturahmi dan bisa menjalin ukhuwah atau kebersamaan,selain itu dapat mengakibatkan terbukanya ruang kota sehingga menjadi lebih luas dan dapat membantu keremajaan kota. Daerah kumuhpun berkurang dan menghasilkan daerah yang rapi,bersih,dan teratur. Juga dapat meningkatakan daya guna dan hasil guna tanah didaerah perkotaan dan harganyapun terjangkau atau murah ,dan dapat membantu masyarakat perpenghasilan menengah kebawah,wargapun tidak terbebani dengan masalah biaya karena biayanya yang mampu dijangkau. Selain itu dengan adanya pembangunan rumah susun dijakarta bisa membuat ligkungan bersih dab daerah yang kumuh teratasi dan dapat menjadikan warganya nyaman. Selain nyaman merekapun bisa beraktifitas baik,dan apabila ada warga yang sakit mereka tidak perlu pergi kerumah sakit karena pemerintah sudah memperbanyak fasilitas,fasilitas kesehatan pun ada ,dengan adanya fasilitas tersebut bisa membantu mereka,fasilitaspun terdapat dan tidak membebankan mereka dengan masalah biaya"
Sonya : "Kesimpulan sonya :
Saya tetap tidak setuju dengan adanya rumah susun dijakarta , karena bisa tertutupnnya ruang terbuka hijau bagi kota pembangunan rumah susun juga membutuhkan banyak lahan , dan jika hal tersebut terus dilakukan dimanakah letak lahan terbuka hijau nantinya ?

Lalu , lahan perairan juga dapat tercemar karena banyaknya lahan-lahan yang disemen atau dibangun permanen menggunakan beton. Hal itu mangakibatkan kurangnya tempat penyerapan air hujan yang berakibat kita akan kekurangan pasokan air bersih dan juga menimbulkan banjir. Lingkungan rumah susun juga kotor akibat banyaknua kepala keluarha yang tinggl di daerah tersebut , panas dan juga pengap . Selain itu , bener kata hanifah dapat menimbulKn keterkejutan sosial. Karena banyaknya kepala rumah tangga dan tinggalnya sangat berdekatan dan meningkatkan rasa stress/depresi juga bagi para penghuninnya, terimakasih"

Comments

Popular posts from this blog

Kelas 12 Ipa 2 Kelompok 4 Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018

Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018 BULLYING Tim Produksi : 1. Amos Fernando Nainggolan – Guru Matematika (Mengetik Naskah) 2. Destia Laila – Teman Dewi dan Sharhan (Makeup) 3. Dewi Astuti – Peran yang di bully (Kostum) 4. Dwi Prasetyo – Guru BK (Penata Artistik) 5. Kedive Ramadhan – Tukang bully (Admin Sosmed) 6. Muhammad Daffa Firdaus – Tukang bully (Sutradara) 7. Muhammad Luthfi Sasmita – Tukang bully (Properti) 8. Muhammad Sharhansyah – Peran yang di bully (CD) 9. Titis Sulistiyo Wahyuning Asih -  Tukang bully (Pembuat Naskah) Grup 4  XII MIPA – 2 Ujian Praktek Guru Penguji: 1. Dra. Siwi Marwati, M. Pd. 2. Dra. Novalinda, M. Pd. 3. Muhammad Jarkasih, S Pd. M. Par. SMA Negeri 41 Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018 Di sebuah Sekolah bernama SMA Bar – Bar terdapat sebuah kelas yang dihuni oleh berbagai macam karakteristik siswa. Pagi hari Destia dan Sharhan dikelas, tiba – tiba Daffa dan teman-temannya

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah .... a.        Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013 b.       Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah c.        Pembelajaran yang sangat dianjurkkan pada kurikulum 2013 d.       Penyajian perasaan

27. Novani Sisilia Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

Nama : Novani Sisilia Soal UN Bahasa Indonesia Thn. 2016 04 Paket B Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik menyisipkan peristiwa sejarah dengan harapan dapat memperkuat kepribadian peserta didik dengan menghayati nilai-nilai perjuangan dan pengorbana seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan. Pembelajaran ini juga dimaksudkan untuk menanamkan sikap positif dalam diri peserta didik terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa identitas bangsa yang harus dijunjug tinggi yang harus tercermin dalam sikap berbahasa, baik lisan maupun tulis. Bahasa Indonesia merupakan cerminan sikap dan jati diri bangsa Indonesia di lingkungan pergaulan dunia global. 1.          Ide pokok paragraf tersebut adalah … . A.         cara memperkuat kepribadian peserta didik  melalui materi pembelajaran B.         penghargaan pengorbana n seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan C.         upa