Skip to main content

Khoirun Nisa 10 IIS 2 Tugas Konjungsi



Tugas Konjungsi
Nama                         : Khoirun Nisa
Kelas                          : X IPS 2
Pelajaran                  : Bahasa Indonesia
Semester                   : Ganjil
Guru                          : M. Jarkasih, S.Pd., M.Par.
Tahun Ajaran          : 2016-2017






I. Konjungsi Gabungan

1. dan
Kalimat: Saya dan Andin bersaudara.






Buku Change Your Thoughts Change Your
Life Halaman 3  

2. serta
Kalimat: Seorang pemimpin harus cerdas serta bertanggung jawab.








Buku Change Your Thoughts Change Your
Life Halaman 5


3. lagi
Kalimat: Dibutuhkan orang lebih banyak lagi untuk membangun rumah.







Buku Change Your Thoughts Change Your
Life Halaman 3

4. pula
Kalimat: Saya bukanlah seorang penyanyi dan tidak pula mempunyai suara yang merdu.







Buku Bako Darman Moenir Halaman 11


5. Lagi pula
Kalimat: Lagi pula saya tidak mengerti pelajaran IPA.






 
Buku Bako Darman Moenir Halaman 5

II. Konjungsi Pilihan

1. atau
Kalimat: Andi bingung memilih berlibur ke Lombok atau ke Yogyakarta





Buku Change Your Thoughts Change Your
Life Halaman XI



2. maupun
Kalimat: Andi maupun Aldi bisa mengerjakan soal PKN.







Buku Change Your Thoughts Change Your
Life Halaman X


III. Konjungsi Pertentangan

1. tetapi
Kalimat: Cika tidak mengerjakan PR IPA, tetapi dia mengerjakan PR PLKJ.





 Buku Change Your Thoughts Change Your
Life Halaman XI


2. Akan tetapi
Kalimat: Akan tetapi ibu tidak pernah memarahi anaknya.








Buku Bako Darman Moenir Halaman 11



3. Namun
Kalimat: Namun, kita tidak boleh sering makan makanan cepat saji.








Buku Change Your Thoughts Change Your
Life Halaman 3



4. Melainkan
Kalimat: Pulang sekolah Caca tidak langsung mengganti pakaiannya. Melainkan dia langsung makan.







Buku Bako Darman Moenir Halaman 12



IV. Konjungsi Sebab

1. karena
Kalimat: Saya makan karena lapar.






Buku Change Your Thoughts Change Your
Life Halaman 8



2. Karena itu
Kalimat: Hari senin akan ada ulangan PKN, karena itu kita harus belajar.






Buku Change Your Thoughts Change Your 
Life Halaman XIII 



3. sebab
Kalimat: Untuk naik kelas tidaklah mudah, sebab kita harus belajar dengan giat.






Buku Bekerja Sebagai Akuntan Halaman 3


4. sebab itu
Kalimat: Untuk masuk sekolah negeri kita harus mempunyai nilai yang baik, sebab itu kita harus belajar dengan giat.






Buku Belajar dari Lingkungan Alam Halaman 5



V. Konjungsi Akibat

1. Akhirnya
Kalimat: Setelah belajar Bahasa Inggris, akhirnya saya dapat berbicara menggunakan Bahasa Inggris.

  


 Buku Change Your Thoughts Change Your
Life Halaman XIII

 



2. hasilnya
Kalimat: Jika kita menanam pohon dengan cara yang benar, hasilnya pun akan baik.







Buku Kimia 1 Halaman 141


3. sehingga
Kalimat: Karena sedikitnya lapangan pekerjaan, sehingga mengakibatkan banyaknya pengangguran.








Buku Belajar dari Lingkungan Alam Halaman 5




VI. Konjungsi Kesimpulan

1. jadi
Kalimat: Jadi, kita tidak boleh membuang sampah sembarangan.







Buku Bulan Tertusuk Lalang Halaman 29




2. Maka
Kalimat: Maka kita harus belajar dengan giat.








Buku Change Your Thoughts Change Your
Life Halaman XI 


3. Maka dari itu
Kalimat: Maka dari itu, kita harus mengumpulkan PR tepat waktu.









            Buku Bekerja Sebagai Akuntan Halaman 79



4. Dengan demikian
Kalimat: Dengan demikian, kita harus mengerjakan soal dengan baik dan benar.







Buku Change Your Thoughts Change Your
Life Halaman X




1. Setelah
Kalimat: Setelah makan, saya mencuci piring.








Buku Change Your Thoughts Change Your
Life Halaman X 




2.  sebelum
Kalimat: Sebelum mandi, saya merapikan tempat tidur dahulu.







Buku Change Your Thoughts Change Your
Life Halaman XI 


3. sesudah
Kalimat: Sesudah bermain boneka, Cika dan Rani belajar bersama.







Buku Bako Darman Moenir Halaman 12  

Comments

Popular posts from this blog

Kelas 12 Ipa 2 Kelompok 4 Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018

Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018 BULLYING Tim Produksi : 1. Amos Fernando Nainggolan – Guru Matematika (Mengetik Naskah) 2. Destia Laila – Teman Dewi dan Sharhan (Makeup) 3. Dewi Astuti – Peran yang di bully (Kostum) 4. Dwi Prasetyo – Guru BK (Penata Artistik) 5. Kedive Ramadhan – Tukang bully (Admin Sosmed) 6. Muhammad Daffa Firdaus – Tukang bully (Sutradara) 7. Muhammad Luthfi Sasmita – Tukang bully (Properti) 8. Muhammad Sharhansyah – Peran yang di bully (CD) 9. Titis Sulistiyo Wahyuning Asih -  Tukang bully (Pembuat Naskah) Grup 4  XII MIPA – 2 Ujian Praktek Guru Penguji: 1. Dra. Siwi Marwati, M. Pd. 2. Dra. Novalinda, M. Pd. 3. Muhammad Jarkasih, S Pd. M. Par. SMA Negeri 41 Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018 Di sebuah Sekolah bernama SMA Bar – Bar terdapat sebuah kelas yang dihuni oleh berbagai macam karakteristik siswa. Pagi hari Destia dan Sharhan dikelas, tiba – tiba Daffa dan teman-temannya

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah .... a.        Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013 b.       Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah c.        Pembelajaran yang sangat dianjurkkan pada kurikulum 2013 d.       Penyajian perasaan

27. Novani Sisilia Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

Nama : Novani Sisilia Soal UN Bahasa Indonesia Thn. 2016 04 Paket B Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik menyisipkan peristiwa sejarah dengan harapan dapat memperkuat kepribadian peserta didik dengan menghayati nilai-nilai perjuangan dan pengorbana seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan. Pembelajaran ini juga dimaksudkan untuk menanamkan sikap positif dalam diri peserta didik terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa identitas bangsa yang harus dijunjug tinggi yang harus tercermin dalam sikap berbahasa, baik lisan maupun tulis. Bahasa Indonesia merupakan cerminan sikap dan jati diri bangsa Indonesia di lingkungan pergaulan dunia global. 1.          Ide pokok paragraf tersebut adalah … . A.         cara memperkuat kepribadian peserta didik  melalui materi pembelajaran B.         penghargaan pengorbana n seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan C.         upa