Skip to main content

Kelas 12 IPS 2 Ujian Praktek Teater "Usaha Tidak Mengkhianati Hasil" SMAN 41 Thn 2018

                               

                                            UNBK +  Essay
                               "Usaha Tidak Mengkhianati Hasil"


Tim Produksi : 1.Andhira Lintang Maharani sebagai murid
                          2. Anggun Cahyati sebagai murid
                          3.Edo Frans sebagai murid nakal
                          4.Karlina Melia sebagai murid
                          5.Rifqi Eldyansyah sebagai murid nakal
                          6.Novy sebagai pengawas
                          7.Sri Kurniawati sebagai murid
                          8.Syafa Putri Hidayati sebagai guru bahasa indonesia
                          9.Verrel Bramasta sebagai murid nakal
Grup 1
Ujian Praktek Bahasa Indonesia
Guru Penguji : 1. Dra Nova Linda, M. Pd
                          2. Dra.Siwi Marwati, M. Pd
                          3. Jarkasih, S. Pd , M. Par

                      SMAN 41 JAKARTA


Saat kelas sedang tidak ada guru, semua anak murid sedang sibuk dengan kegiatan mereka masing-masing. Namun, hanya kelompok Lintang, Sri, Karlina, dan Anggun yang memiliki kegiatan berbeda dari kelompok lain. Kelompok mereka sedang asik belajar Bersama. Di sisi lain, Edo, Verrel, dan Rifqi sedang asik-asiknya menatap layar handphone mereka dan menimbulkan suara gaduh akibat mereka sedang bermain permainan yang saat ini paling di gandrungi kaula muda.
Lintang : “Berisik banget sih kalian!” (ucap lintang sambil menengok ke arah Edo dkk tapi Edo, Verrel, dan Rifqi  tidak menanggapinya karena saking sibuknya dengan handphone mereka)
Sri         : “Kalian boleh main tapi tolong dong jangan sampai ganggu kita-kita yang lagi belajar” (Ucap Sri, tapi tetap tidak di gubris)
Karlina : “Daripada kalian buang-buang waktu dengan mainan gak jelas, lebih baik kalian belajar”
Anggun : “Iya, kan bentar lagi kita udah UN”
Verrel    : “Udeh deh… gausa bawel.  Blajar belajar aja, gak usah ngurusin hidup orang” (sambil tetap fokus dengan hpnya)
Edo        : “sok bilang buang buang waktu lagi, padahal kan lagi gak ada guru biasanya juga kalian berisik”
Tanpa di sadar Bu Syafa sudah berada di depan mereka semua. Semua anak sudah menyadariya kecuali Edo dkk
Bu Syafa  : “Sudah ngobrolnya?” (sambil berdiri di sandaran pintu)
Rifqi         :“Aela Bu…masih aja kaku”dengan nada bercanda
Anggun   : “Udah bu gausah dengerin mereka”rishi karena anak lelaki tidak mengindahkan perkataan anak perempuan
Bu Syafa  : “yaudah, ibu sekarang mau jelasin tentang issue Esay di UNBK tahun ini” sambil berdiri dan menjelaskan tentang essay
Anggun    : “Emang benar ya bu ada essay nanti di UNBK?”
Bu Syafa  : “Ibu belum bisa memastikan , hanya kita perlu mempersiapkan diri”
Verrel       : “Ah ga bisa gitu lah bu, emangnya kita kelinci percobaan”
Edo           : “Iya tuh, tahun kemarin aja ga begitu gaada essay nya, kenapa sekarang ada?”
Bu Syafa  : “Kita gak bisa salahin siapapun, ya nama nya juga untuk kemajuan bangsa. Untuk menuju perubahan kita harus berani bergerak.”
Edo.          : "Kemajuan apanya bu? Apa hubungannya un esai sama kemajuan negara bu. Duh ibu....."
Bu syafa.   : "Tentu ada dong.  Duh Edo... "
Lalu bu Syafa melanjutkan mengajar dan membahas soal untuk TO 1 besok
Bu Syafa : "Mengerti anak anak? "
Semua anak anak menjawab mengerti
Verrel : "Tapi kalo ada Essay besok saya nggak percaya bu"
Bu Syafa : "Yaudah terserah kamu aja"
Lalu bel pulang pun berbunyi
Bu Syafa : " sekarang kalian boleh pulang, jangan lupa belajar buat besok ya"
Semua : " Baik bu"

TO Pertama
Saat semua anak anak sudah memasuki ruangan dan duduk ditempat masing-masing lalu pengawas pun datang untuk membagikan soal dan lembar jawaban. Tetapi verrel,  edo,  rifqi masih sibuk dengan game mereka. (bu novy membagikan soal)  lalu rifqi langsung melihat disoal akhir yang terdapat esaay
Rifqi : "duh gimana ni ternyata benar ada esaainya"
Verrel : " udah selow aja masih TO ini"
Edo : " iye bener lagian juga ga dimasukin nilai rapot ini cuma percobaan doang"
Bu novy : " udah udah jangan kerjasama terus,  kerjain aja soalnya sesuai kemampuan"
Setelah 2 jam mengerjakan soal TO. Anak anak keluar ruangan lalu pengawas mengambil lembar jawaban mereka. Dan pengawasan langsung mengoreksi lembad jawaban TO pertama.
Keesokan harinya bu syafa masuk kelas dan memberitahukan nilai TO kemarin
Bu Syafa : " (Masuk kelas)
Karlina : " ibu hasil TO kemarin udah dinilai belum? "
Lintang : " iya bu hasilnha gimana?  Bagus bagus ga bu? "
Bu Syafa : " ini baru ibu mau kasih tau.  Ibu kecewa dengan nilai verrel, edo dan rifqi"
Edo : "Lohh emang ada apa bu"
Bu Syafa : " Nilai kalian dibawah kkm, sedangkan sri dan kawan kawan mendapatkn nilai yang ibu harapkan"
Verrel : " mereka hoki doang kali bu"
Bu Syafa : " karena mereka belajar merek berhak mendapat nilai bagus"
Rifqi : " kita juga belajar bu,  cuma kita ngga ngerti soal essay tersebut"
Bu Syafa : " sudah ibu bilang sebelumnya tapi kalian ga percaya ibu padahal untuk bekal UNBK nanti"
Sedangkan sri lintang karlina anggun senang karena mereka mendapat nilai diatas kkm tetapi mereka kasian terhadap edo, verrel,  dan rifqi yang makin hari nilainya makin nurun lalu mereka berencana untuk mengajak mereka belajar bersama sehabis pulang sekolah
 Saat anak anak perempuan sedang berkumpul, Sri berniat mengajak anak laki laki untuk belajar  Bersama.
Sri : “gue berencana ngajak anak anak laki belajar bareng kita. Gue kasian liat mereka, nilai jeblok mulu, waktu dibuang buang. Gimana menurut kalian?” (sambil menatap kawan kawannya)
Anggun : “gue sih setuju setuju aja mereka belajar bareng kita, tapi apa mereka mau?”
Karlina : “ya coba aja kita tawarin dulu, masalah mereka mau atau enggak itu masalah belakangan”
Lintang : “nah setuju tuh. Yaudah yuk, samperin mereka”
Anak anak perempuan pun menghampiri anak laki laki yang sedang asyik bermain game.
Sri : “hey.. kenapa sih kalian gak pernah mau belajar?” (memandangi anak laki laki satu persatu)
Anggun : “kalau kalian gak ngerti, kita ajarin, tenang aja”
Lintang : “iya, kita ajari. Bagian mana yang kalian gak ngerti? Pelajaran apa?”
Rifqi : “udah deh, kalian kalo mau belajar ya belajar aja. Gak usah ganggu kita kita’’
Verrel : “iya mending lu belajar aja sono. Lagian gue sama temen temen gue juga gak yakin UNBK bakal ada Essay”
Edo : “kalo UNBK ada Essay nya mau ngisi dimana?” (nada mengejek lalu tertawa Bersama Verrel dan Rifqi)
Anggun : “yaudah deh, kalo pada gak percaya! Pokoknya kita udah kasih tau kalian!”
Lintang : “udah yuk Sri, biarin aja mereka. Nanti juga sadar sendiri kalo belajar itu penting” (menjauh)



*Simulasi Pertama
Saat semua anak berkonsentrasi pada soal simulasi mereka sementara Edo, Verrel, dan Rifqi kelihatan gelisah mereka benar-benar terkejut mengetahui ada soal essay. Saat sedang mencontek ketiganya diketahui aksinya oleh pengawas
Rifqi                    :“kok ada essaynya sih?! sst.. sst.. jawaban yang essaynya dong! Semua!” (menengok ke              arah verrel dan edo)
Verrel                 :“gak tau. Coba tanya sama edo. Do.. jawaban essaynya dong do?” tanya verrel ke edo
Edo                     :“gak tau.. gue juga belom jawab” (jawab edo)
Verrel dan Rifqi : “duh do.. yang bener dong! Gimana nih?” (ucap verrel dan rifqi berbarengan)
Bu Novy :  “ekhem… kenapa ribut? kalau gak tau jawbannya makanya belajar! Main mulu sih kalian! Udah dapet nilai jeblok mulu pula” (ucap Bu Novy santai)
Verel.     : "Udah bu. Uda belajar, tapi ya gitulahh"
Setelah mengerjakan,  nilai simulasi pun bisa langsung terlihat Sri, Lintang, Karlina, Anggun pun senang nilainya makin meningkat tetapi edo verrel dan rifqi nilai nya menurun dri TO sebelumnya
Verrel : " do kita harus berubah, untuk menghadapi UNBK minggu depan"
Edo : " iya bener, gimana kalau kita minta bantuan ke sri dan teman temannha? "
Rifqi : " iya gue setuju"
Lalu mereka menghampiri sri dan teman temannya
Rifqi : " sri ajarin kita dong,gimana caranya biar dapet nilai bagus? "
Sri : " kalian harus belajar,  kalau mau dapet nilai bagus"
Lintang : " iya jangan maen game terus"
Anggun : " nanti ikut kita aja belajar dirumah karlina"
Karlina : " iya kalian mau ikut gak? "
Verrel dan teman temannya : " yauda kita ikut "
Setelah pulang sekolah semua anak anak menuju rumah karlina untuk belajar bareng membahas soal soal tahun lalu
(Pada saat sampai dirumah karlina)
Sri,lintang,anggun,karlina dan verel,edo,rifqi pun belajar bersama. Mereka membuka kisi kisi unbk dan memahaminya. Verel dan edo mempunyai kesulitan pada soal yg ada dibagian kisi kisi tersebut.lalu mereka bertanya kepada sri dan lintang.

Edo: gue ga ngerti ni soal no 5
Verel : sama gue juga ga ngerti do.
Edo : sri soal yg ini gimana cara jawab nya.
Sri : gampang lo baca soalnya dulu nanti lo cari kata kunci nya.pasti ada jawabannya do.
Lintang : kita harus baca wacana nya dengan teliti.agar ga keliru jawabnya
Anggun : begitu caranya kita bisa paham do

Hari sudah sore mereka pun pulang ke rumah masing-masing. Dan verel,edo,rifqi siap mengahadapi UNBK nanti

Hari yang mereka tunggu-tunggu untuk mengadapi UNBK dan ESSAY. Telah tiba .
Anak-anak memasuki ruangan dan duduk di bangku yang sudah disiapkan panitia UNBK.
Sri dan karlina memberi masukan ke edo verel rifqi.

Sri : kalian sudah siap kan.inget yang kita pelajari kemarin
Karlina : pokoknya soalnya kalian pahami,jangan terburu-buru.
Verel : iya insaallah kita bisa ya mengerjakannya soal UNBK nanti.
Lintang dan anggun : amin semoga kita mendapatkan nilai sempurna.

UNBK pun dimulai anak anak-anak langsung membuka laptop yang sudah disediakan soal UNBK dari sekolah,mereka mengerjakan dengan penuh keseriusan agar mendapatkan nilai sempurna dan lulus 100%.

Pada saat hari akhir selesai UNBK mereka keluar kelas, lintang bertanya ke edo gimana mengerjakannya.

Lintang : do lo bisa ga ngerjain nya dari hari pertama sampe akhir tadi.
Edo : bisa tang, makasih ya buat semua kepedulian temen temen kalian.
Lintang : kita kan semua temen sekelas masa gamau bantu sih do.

Karlina datang menuju ke lintang dan edo yag sedang bicara,
 Karlina : gue ga sabar ni gimana hasil nya, kita lulus ga ya.
Edo : pasti kita lulus semua. Kita kan udah berusaha semaksimal mungkin.


Setelah 2 minggu mereka selesai un mereka dtg kesekolah untuk melihat pengumuman kelulusan. Bu syafa pun mengampiri mereka dan memberi tahu kelulusan dan nilai nilai unbk essay tersebut.

Bu syafa : sri ,lintang,anggun dan semuanya ibu memberi tahu kalau kalian lulus semua dan nilai kalian membanggakan sekolah kita.
Sri : wah bener bu?
Anggun : akhirnyaaaa...
Edo : saya verel dan rifqi gimana bu?
Verel : apa nilai kami bagus semua bu?
Bu syafa : iya kalian nilainya mencapai 90an. Ibu bangga dengan kalian semua.

Edo verel rifqi mengucapkan terima kasih kepada sri anggun lintang karlina.
Rifqi : makasih ya atas berkat bantuan kalian kita bisa mendapatkan nilai sempurna dan kelulusan yg kita impikan.
Semua anak perempuan :  sama sama itu bukan karna kita, dari diri lo sendiri mau ngerubahnya.


SELESAI

Comments

Popular posts from this blog

Kelas 12 Ipa 2 Kelompok 4 Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018

Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018 BULLYING Tim Produksi : 1. Amos Fernando Nainggolan – Guru Matematika (Mengetik Naskah) 2. Destia Laila – Teman Dewi dan Sharhan (Makeup) 3. Dewi Astuti – Peran yang di bully (Kostum) 4. Dwi Prasetyo – Guru BK (Penata Artistik) 5. Kedive Ramadhan – Tukang bully (Admin Sosmed) 6. Muhammad Daffa Firdaus – Tukang bully (Sutradara) 7. Muhammad Luthfi Sasmita – Tukang bully (Properti) 8. Muhammad Sharhansyah – Peran yang di bully (CD) 9. Titis Sulistiyo Wahyuning Asih -  Tukang bully (Pembuat Naskah) Grup 4  XII MIPA – 2 Ujian Praktek Guru Penguji: 1. Dra. Siwi Marwati, M. Pd. 2. Dra. Novalinda, M. Pd. 3. Muhammad Jarkasih, S Pd. M. Par. SMA Negeri 41 Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018 Di sebuah Sekolah bernama SMA Bar – Bar terdapat sebuah kelas yang dihuni oleh berbagai macam karakteristik siswa. Pagi hari Destia dan Sharhan dikelas, tiba – tiba Daffa dan teman-temannya

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah .... a.        Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013 b.       Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah c.        Pembelajaran yang sangat dianjurkkan pada kurikulum 2013 d.       Penyajian perasaan

27. Novani Sisilia Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

Nama : Novani Sisilia Soal UN Bahasa Indonesia Thn. 2016 04 Paket B Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik menyisipkan peristiwa sejarah dengan harapan dapat memperkuat kepribadian peserta didik dengan menghayati nilai-nilai perjuangan dan pengorbana seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan. Pembelajaran ini juga dimaksudkan untuk menanamkan sikap positif dalam diri peserta didik terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa identitas bangsa yang harus dijunjug tinggi yang harus tercermin dalam sikap berbahasa, baik lisan maupun tulis. Bahasa Indonesia merupakan cerminan sikap dan jati diri bangsa Indonesia di lingkungan pergaulan dunia global. 1.          Ide pokok paragraf tersebut adalah … . A.         cara memperkuat kepribadian peserta didik  melalui materi pembelajaran B.         penghargaan pengorbana n seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan C.         upa