Skip to main content

Kuis Majas "Macam-Macam Majas" SMAN 41 Thn 2017

Foto Abby Hartadi.

Kuis Majas "Macam-Macam Majas" SMAN 41 Thn 2017
Nama: Muhammad Abby HartadiKelas: X MIPA 3
Pelajaran: Bahasa Indonesia
Semester: Genap
Guru: M. Jarkasih, S.Pd., M.Par.

Majas Perbandingan
Majas Perbandingan terdiri menjadi 8 yaitu :
1. Majas Asosiasi : Semangatnya keras bagaikan baja.
2. Majas Metafora : Dia adalah lelaki terkutuk..
3. Majas Personifikasi : Panas matahari mulai membakar kulit penonton.
4. Majas Simbolik : Perkataan dan perbuatannya menyerupai iblis.
5. Majas Alegori : Perjalanan hidup manusia seperti sungai yang mengalir yang sulit ditebak.
6. Metonimia : Ayah pulang dari luar negeri naik garuda.
7. Sinekdok:
-Pars pro toto : Per kepala mendapat Rp.30.000.
-Totem pro parte : Indonesia akan memilih idolanya malam nanti.
8. Simile : Bagaikan romeo dan juliet yang dimabuk cinta berkorban apa saja.
Majas Pertentangan
Majas pertentangan terdiri menjadi 4 yaitu:
1. Majas Antitesis : Miskin dan kaya sama saja di mata Tuhan.
2. Majas Paradoks : Hatiku merasa ramai di tengah hutan.
3. Majas Hiperbola : Tubuhnya tinggal kulit pembalut tulang.
4. Majas Litotes : Mengapa kamu bertanya kepada orang bodoh seperti dia?
Majas Penengasan
Majas penegasan terdiri dari 7 yaitu:
1. Majas Pleonasme : Mereka mendongak ke atas menyaksikan pertunjukkan pesawat tempur.
2. Majas Repitisi : Marilah kita sambut pahlawan kita, marilah kita sambut idola kita, marilah kita sambut bangsa kita.
3. Majas Paralelisme : Kau memang kuat, kau memang kekar, kau memang kuasa.
4. Majas Retorik : Sholat Jum'at dilakukan hari apa?
5. Majas Tautologi : Seharusnya sebagai sahabat kita hidu rukun, aman, dan tenteram.
6. Majas Klimaks : Semua pihak mulai dari aank-anak hingga orang dewasa mengikuti lomba 17 Agustus.
7. Majas Antiklimaks : Di kota dan di desa semua pihak mengikuti lomba 17 Agustus
Majas Sindiran
Majas sindiran terdiri menjadi 3 yaitu:
1. Majas Ironi : Bagus sekali tulisanmu, sampai aku tidak dapat membacanya.
2. Majas Sinisme : Perkataanmu tadi sangat menyebalkan, tidak pantas diucapkan oleh orang terpelajar seperti dirimu.
3. Majas Majas Sarkasme : Mau muntah aku melihat wajahmu.
Bisa dilihat videonya di youtube, Link https://youtu.be/g0T1nKwSNWs















Comments

Popular posts from this blog

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah .... a.        Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013 b.       Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah c.  ...

Kuis Debat Tim 5 VS Tim 6 “Pelajar Membawa Motor ke Sekolah Tanpa Mempunyai SIM” SMAN 41 Thn 2017

Kuis Debat Tim 5 VS Tim 6 “Pelajar Membawa Motor ke Sekolah Tanpa Mempunyai SIM” SMAN 41 Thn 2017 Tim 5 Pro 1. Anjar Raehananda Salsabila (Orang pertama) 2.  Khusnul Khotimah (Orang kedua) 3. Nabila Sam Sam (Orang ketiga) Tim 6 Kontra 1. Sashi Agung F. (Orang pertama) 2. Khoirun Nisa (Orang kedua) 3. Muji Rana Kirana (Orang ketiga) Kelas               : X IPS 2 Tugas               : Remedial Kuis Debat Pelajaran          : Bahasa Indonesia Semester          : Genap Guru                : M.Jarkasih, S.Pd., M.Par. Naskah                     ...

28. Rizky Sulistyowati XIIMIPA 1 Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

PEMBAHASAN SOAL PERBAIKAN LATIHAN 1 BAHASAN INDONESIA (SOAL LAMA) Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. 1. Ide pokok paragraf tersebut adalah … .                 A. cara memperkuat kepribadian peserta didik melalui materi pembelajaran                 B.  penghargaan pengorbanan seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan                 C. upaya penanaman sikap positif peserta didik dalam pembelajaran                 D. tujuan penyisipan peristiwa sejarah dalam pembelajaran bahasa Indonesia                 E. cerminan suatu sikap jati diri peserta didik dalam...