Skip to main content

Kuis Debat Tim 5 VS Tim 8 “ Pungutan Liar “ SMAN 41 Thn 2017

Kuis Debat “ Pungutan Liar “ SMAN 41 Thn 2017


Nama: 1.Pro      : -    Nita (orang pertama)
  • Novri (orang kedua)
  • Husnu (orang ketiga)
 2.Kontra: - Rifa (orang pertama)
       - Della (orang kedua)
       - Karina (orang ketiga)
Kelas       : X IPS 1
Remedial  : Debat
Pelajaran  : Bahasa Indonesia
Semester  : Genap


Dialog:
Pro (Nita): Baiklah saya ingin menjelaskan maksud mengapa saya mengambil sisi positive dari adanya pungli atau pungutan liar. Seperti yang kita tahu pungutan liar atau pungli adalah pengenaan biaya ditempat yang tidak seharusnya biaya itu dikenakan atau dipungut, maksud disini ialah suatu tindakan illegal yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, dalam kehidupan sehari-hari setiap manusia selalu berusaha mengingkatkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keinginan dan kebutuhan dirinya sendiri. Walaupun faktor-faktor tersebut sangat sulit memperolehnya dengan cara yang jujur dan benar seperti banyak yang dilakukan oleh pejabat, PNS, guru, bahkan siswa. Kata pungli atau pungutan liar memang sudah marak terjadi di masyarakat meskipun hal tersebut tergolong factor yang banyak merugikan orang lain, namun pungli juga memiliki sisi lain yang banyak dimanfaatkan oleh pengguna system pungli ini, seperti untuk menambah penghasilan akibat gaji yang tergolong rendah untuk para birokrat agar jumah penghasilannya meningkat, contoh lain apabila kita melakukan sesuatu yang menyangkut keperluan sekolah tindakan kita adalah memenuhi kebutuhan tersebut meskipun dalam bentuk pungutan, jadi tidak ada salahnya jika kita mengambil pungutan untuk hal yang mendesak ataupun sangat diperlukan. Coba bayangkan apabila ada suatu hal yang sangat dipelukan untuk kepentingan kantor ataupun sekolah hal yang kita lakukan adalah memenuhi kepentingan tersebut, entah itu berupa pungutan atau penarikan biaya, asalkan bebab keperluan dapat terpenuhi. Terima kasih


Kontra (rifa): Terima kasih epada nita atas pemaparan yang telah anda berikan, namun disini saya akan menjelaskan apa itu pungli yang sebenarnya.  Pungli atau pungutan liar adalah pengenaan biaya ditempat yang tidak seharusnya biaya dikenakan atau dipungut, kebanyakan pungli dipungut oleh pejabat atau apparat dan  biaya pungli yang dikeluarkan oleh para pengusaha disektor industry manufaktur berorientasi di ekspor saja pertarungnya bisa menapai 3 triliun rupiah, menurut kami, kami sama sekali tidak setuju akan adanya pungli atau pungutan liar tersebut, Karena dengan adanya kegiatan tersebut secara tidak langsung itu akan memalukan negara ini sendiri jika pejabat atau aparat melakukan kegiatan pungli dengan tujuan inging mendapatkan gaji yang lebih besar tidakkah mereka berfikir bagaimana nasib rakyat di Indonesia ini?. Contoh lain jika kegiatan pungli di lakukan dalam lingkungan sekolah sudah jelas itu akan memberikan dampak negative bagi mereka sendiri, lalu apakah kita tega jika para penerus bangsa sudah melakukan kegiatan tersebut?. Apa jadinya jika warga negara Indonesia melakukan kegiatan tersebut secara terus-menerus, sudikah kita jija negara jita diberi gelar sebagai negara yang ingin mendapatkan Sesuatu secara instan. Terima kasih


Pro (Novri): Baiklah saya akan menjelaskan tentang pungutan liar dan menyanggah apa yang di katakana oleh Rifa. Factor paling besar adanya pungutan liar atau pungli adalah factor ekonomi penghasilan yang bisa dikatakan tidak mencukupi kehidupan hidup tidak sebanding dengan tugas atau jabatan yang diemban untuk membuat seseorang terdorong untuk melakukan pungli atau pungutan liar. Pungutan liar atau pungli merupakan suatu gejala social yang telah ada di Indonesia sejak Indonesia masih dalam masa penjajahan dan bahkan jauh sebelum itu.  Didalam lingkungan sekolah pungli sangat berguna, dengan adanya pungli peserta didik atau orang tua atau walinya dapat digunaan untuk peningkatan mutu pendidikan Karena tidak terbukanya system pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belajar Sekolah (APBS). Pungli sudah pasti jalan satu-satunya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Karena tidak terbukanya system tersebut pungli adalah jalan satu-satunya Bantuan Operasi Siswa atau dana BOS juga belum mampu untuk memenuhi kebutuhan yang di butuhkan siswa di sekolah. Jadi saya sangat mendukung adanya pungli di negara ini, dengan adanya pungutan liar atau pungli bisa untuk melengkapi fasilitas, kelengkapan kelas yang belum terpenuhi dari sekolah. Terima kasih
Kontra (Della): terima kasih untuk novri tapi menurut kami pungli adalah pungutan liar yang merupakan tindakan illegal yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, pungli sering kali kita jumpai saat pembuatan SIM DAN STNK, KTP, dan yang lainnya. Kami sangat menentang adanya pungli Karena pungli sangat merugikan masyarakat kaum bawah contohnya bila kita ingin membuat sim banyak calo-calo yang tidak bertanggung jawab yang ingin mengambil keuntungan dari warga yang ingin membuat sim, para calo-calo itu mematok harga yang tinggi yakni 600.000 ribu ataupun 700.000 ribu per sim c. jika mengikuti jalur calo para pendaftar sim tidak perlu repot-repot mengikuti serangkaian test agar dapat melakukan, agar dapat mendapatkan sim, walaupun begitu menurut saya itu sangat tidak baik mungkin bagi warga kaum atas mudah mendapatkan uang 600.00 ribu ataupun 700.00 ribu, dan tapi bagaimana nasib warga kaum bawah itu sangat tidak adil dan saya sangat menentang pungli Karena pungli yang dilakukan diluar ketentuan perundang-undangan, anda bisa bayangkan berapa keuntunganyang didapat calo itu? Dan kalau sampai pungli itu dilakukan maka sanksinya akan diurus langsung oleh pak Jokowi. Terima kasih


Pro (Husnu): Kenapa harus ada Pungutan liar, terkadang kita dan saya sendiri merasa Lelah dengan birokrasi dan pengurusan suatu hal yang lama dan terlingkuh serta tidak pasti kapan selesainya. Hal tersebut membuat kita menyerah dengan system tersebut sehingga kita lebih memilih jalan pintas yang ditawarkan oleh oknum. Pungli atau pungutan liar tidak semua yang membuktikan ternyata pungli juga ada keuntungannya kita ambil sebagai contoh disekolah dikarenakan ada maksud tertentu, Karena ada kebutuhan sekolah yang masih belum terpenuhi kita bias memenuhinya walaupun dengan pungutan. Contoh lain bisa kita ambil keuntungan dari adanya pungli untuk supir truk keuntungan yang ia dapat dari pungutan liar tersebut adalah supir truk tidak takut membawa muatan overload Karena ketika sampai dijembatan imbang atau disetiap jalan biasanya diperintahkan untuk berhenti ketepi jalan dan ditanya ini itu, secara ketentuan pasti muatan yang dibawa supir itu akan diturunkan di lokas tetapi jika ada pungli cukup membayar dan bisa melanjutkan perjalanan. Jadi pungutan liar atau yang biasa disebut pungli itu tidak hanya merugikan orang tetapi juga ada manfaat dan memiliki maksud tertentu yang kemungkinan Karena ada kebutuhan yang belum terpenuhi, guna memenuhinya dengan berupa pungutan atau melainkan biaya. Terima kasih


Kontra (Karina): Terima kasih Husnu atas penjelasan dan pendapatnya, menurut saya pungutan liar atau biasa disebut pungli adalah pengenaan biaya ditempat yang tidak seharusnya biaya dikenakan atau dipungut. Kebanyakan pungli dipungut oleh pejabat atau apparat, walaupun pungli termasuk illegal dan digolongkan sebagai kkn, tetapi kenyataannya hal ini jamak terjadi di Indonesia. Seperti contohnya didaerah perdagangan praktik pungli yang gencar diberantas belakangan ini sebenarnya terjadi dalam perdagangan. Rentannya pungli dalam pengurusan perdagangan ini Karena ketiadaan reugulasi yang jelas dan juga pengawasan yang longgar dari pemda. Seseorang yang memintai pungutan liar seharusnya tidak melakukan itu Karena para pedagang bisa saja mendapatkan rugi Karena mereka memberikan hasil untung dagangannya. Dan pungutan liar disekolah, banyaknya pungutan liar disekolah, terjadi Karena tidak terbukanya system pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (APBS). Padahal untuk jenjang sekolah sd dan smp, tidak diperkenankan memungut biaya apapun yang terkait untuk biaya operasional sekolah Karena sudah ada Bantuan Operasional Siswa (BOS). Jadi, saya sama sekali tidak setuju akan adanya pungli atau pungutan liar tersebut, Karena dengan adanya kegiatan tersebut, secara tidak langsung itu akan memberatkan ekonomi masyarakat sekitar. Terima kasih


Pro (Husnu) kesimpulan: disini saya akan menyimpulkan dari materi kita yaitu tentang pungutan liar dari yang dibacakan oleh teman saya Nita dan Novri. Pungutan liar atau pungli adalah pengenaan biaya ditempat yang tidak seharusnya biaya dikenakan ata dipungut seperti yang banyak dilakukan oleh orang-orang seperti pejabat, pns, guru, bahkan siswa-siswa Karena memeang sudah marak terjadi di masyarakat, pungli merupaka suatu gejala yang telah ada di masyarakat sejak Indonesia masih dalam masa penjajahan dan bahkan jauh sebelum itu walaupun hal tersebut tergolong sebagai factor yang banyak merugikan orang lain namun pungli juga memiliki sisi lain yang banyak dimanfaatkan oleh pengguna system pungutan liar seperti untuk menambah penghasilan yang dikarenakan gaji resmi yang didapat para birokrat rata-rata masih tergolong rendah, banyak yang memanfaatkan adanya pungutan liar untuk memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi, seperi keperluan yang belum terpenuhi disekolah,ditengah-tengah masyarakat dan masih banyak lagi. Jadi tidak ada salahnya jika kita mengambil pungutan untuk hal yang mendesak ataupun kebutuhan-kebutuhan yang belum terpenuhi. Karena dilingkungan sekolah pungli sangat berguna dengan adanya kegiatan pungutan atau penarikan biaya siswa dapat digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan Karena BOS atau bantuan operasional siswa juga belum mampu untuk menutupi kebutuhan yang dibutuhkan siswa di sekolah. Oleh Karena itu pungutan liar atau yang biasa disebut pungli ini tidak hanya merugikan orang lain. Terima kasih


Kontra (Karina) kesimpulan: kesimpulannya dari kelompok kami, kami tetap tidak setuju dengan adanya pungli atau pungutan liar. Karena pada dasarnya pungli tersebut merupakan kegiatan yang bersifat negative dan menyusahkan masyarakat Indonesia. Seperti pembuatan sim yang calo-calo tersebut tidak bertanggung jawab yang mematok harga tinggi senilai Rp.600.000 sampai Rp.700.000 untuk pembuatan sim c. lalu. Pungli yang berada di lingkungan sekolah, tidak hanya murid yang dirugikan, tetapi orang tua murid juga dirugikan akan adanya pungutan liar tersebut. Untuk memberantas adanya pungli pemerintah memerintahkan satgas saber pungli. Satgas saber pungli diapresiasikan sebagai langkah yang paling tepat dan tegas dalam upaya pemberantasan pungli. Jadi menurut kelompok kami, kami sangat menentang pungli tanpa terkecuali.  Karena bagaimanapun juga pungli banyak merugikan masyarakat yang lemah. Dan bagi pelaku pungli mereka akan ditindak seriuskan oleh pak Jokowi langsung dan pasti terkena pasal perundang-undangan yang sudah ditetapkan. Terima kasih

Comments

Popular posts from this blog

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah .... a.        Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013 b.       Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah c.  ...

Kuis Debat Tim 5 VS Tim 6 “Pelajar Membawa Motor ke Sekolah Tanpa Mempunyai SIM” SMAN 41 Thn 2017

Kuis Debat Tim 5 VS Tim 6 “Pelajar Membawa Motor ke Sekolah Tanpa Mempunyai SIM” SMAN 41 Thn 2017 Tim 5 Pro 1. Anjar Raehananda Salsabila (Orang pertama) 2.  Khusnul Khotimah (Orang kedua) 3. Nabila Sam Sam (Orang ketiga) Tim 6 Kontra 1. Sashi Agung F. (Orang pertama) 2. Khoirun Nisa (Orang kedua) 3. Muji Rana Kirana (Orang ketiga) Kelas               : X IPS 2 Tugas               : Remedial Kuis Debat Pelajaran          : Bahasa Indonesia Semester          : Genap Guru                : M.Jarkasih, S.Pd., M.Par. Naskah                     ...

28. Rizky Sulistyowati XIIMIPA 1 Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

PEMBAHASAN SOAL PERBAIKAN LATIHAN 1 BAHASAN INDONESIA (SOAL LAMA) Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. 1. Ide pokok paragraf tersebut adalah … .                 A. cara memperkuat kepribadian peserta didik melalui materi pembelajaran                 B.  penghargaan pengorbanan seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan                 C. upaya penanaman sikap positif peserta didik dalam pembelajaran                 D. tujuan penyisipan peristiwa sejarah dalam pembelajaran bahasa Indonesia                 E. cerminan suatu sikap jati diri peserta didik dalam...