Skip to main content

Karlina Melia S , Anekdot " Ikhlas " SMAN 41 Thn 2016

Nama : Karlina Melia Sari
Kelas : X IIS 2
Tema : Harga sembako dan cabai mahal

                                                           Ikhlas

Pada suatu hari seorang ibu menyuruh anaknya pergi ke pasar, sebut saja nama anaknya Parman. Dia di suruh ibunya belanja beli beras dan cabai di dalam pasar Parman belanja cabai “Bang ini berapa harganya ?” kata Parman. “Ade maunya beli berapa ?” Kata penjual. “Kalau ½ kg berapa ?” kata si Parman. “Rp. 50.000 dek !” Kata Penjual.“  Buset mahal banget bang, perasaan terakhir kali saya kesini masih RP. 35.000 deh bang” kata si parman. “kan harga sembako udah naik dek, adek jadi mau beli atau nggak?” kata penjual. “Yaudah deh bang saya beli setengah kilo aja.”

Akhirnya Parman pun membeli cabai itu dan dia pun pergi untuk membeli beras yang disuruh oleh ibunya, sesampai di toko beras, Parman pun membeli beras “ Bang beras sekilo  harganya berapa?” Kata penjual “Yang mana dulu dek berasnya? Ada yang Rp. 8000 ada yang Rp.9000” Kata pembeli “Enggak ada yang lebih murah bang?” Kata penjual “ Enggak ada dek. Adek jadi mau beli atau kaga?” Kata pembeli “ Jadi deh bang saya beli 2 liter”

Setelah membeli beras diapun melihat nenek – nenek sedang memungut beras yang ada di toko beras dan Parman pun bertanya “Apa yang nenek lakukan disini?” Kata nenek “ Nenek sedang memungut beras untuk makan cucu – cucu nenek.” Parman menjawab “Tapi kan beras di bawah itu kotor nek.” Kata nenek “Tidak papa nak yang penting cucu nenek bisa makan nasi, inipun nenek sudah bersyukur.” Kata Parman “Nenek, ini ada sedikit beras buat nenek, dan cucu – cucu nenek agar mereka bisa makan nasi. Tolong diterima ya nek, pemberian dari saya” Kata nenek “ Tidak usah makasih nak, beras kan sekarang mahal gimana kamu mau beli lagi nanti.” Kata Parman “Gapapa nek, aku kan masih punya satu lagi.” Kata nenek “Makasih ya nak kamu  sangat baik.” Kata Parman “Iya sama – sama”

Terima Kasih!!...

Comments

Popular posts from this blog

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah .... a.        Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013 b.       Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah c.  ...

Kuis Debat Tim 5 VS Tim 6 “Pelajar Membawa Motor ke Sekolah Tanpa Mempunyai SIM” SMAN 41 Thn 2017

Kuis Debat Tim 5 VS Tim 6 “Pelajar Membawa Motor ke Sekolah Tanpa Mempunyai SIM” SMAN 41 Thn 2017 Tim 5 Pro 1. Anjar Raehananda Salsabila (Orang pertama) 2.  Khusnul Khotimah (Orang kedua) 3. Nabila Sam Sam (Orang ketiga) Tim 6 Kontra 1. Sashi Agung F. (Orang pertama) 2. Khoirun Nisa (Orang kedua) 3. Muji Rana Kirana (Orang ketiga) Kelas               : X IPS 2 Tugas               : Remedial Kuis Debat Pelajaran          : Bahasa Indonesia Semester          : Genap Guru                : M.Jarkasih, S.Pd., M.Par. Naskah                     ...

28. Rizky Sulistyowati XIIMIPA 1 Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

PEMBAHASAN SOAL PERBAIKAN LATIHAN 1 BAHASAN INDONESIA (SOAL LAMA) Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. 1. Ide pokok paragraf tersebut adalah … .                 A. cara memperkuat kepribadian peserta didik melalui materi pembelajaran                 B.  penghargaan pengorbanan seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan                 C. upaya penanaman sikap positif peserta didik dalam pembelajaran                 D. tujuan penyisipan peristiwa sejarah dalam pembelajaran bahasa Indonesia                 E. cerminan suatu sikap jati diri peserta didik dalam...