Skip to main content

Gustiana Putri Maharani , Anekdot " Kelas Blaster-an " SMAN 41 Thn 2016

Nama : Gustiana Putri Maharani
Kelas : X IIS 2
Tema : Bahasa Indonesia yang digunakan di luar
  negeri
                                                            Kelas Blaster-an

         Amerika termasuk salah satu negara yang menggunakan bahasa Indonesia. Suatu ketika Amerika terdapat kampus yang mengkhususkan jurusan sastra Indonesia. Dikampus tersebut terbagi dalam berbagai kelas, salah satunya kelas yang biasa disebut kelas blaster-an. Dikelas tersebut bukan hanya terdapat mahasiswa dari Amerika, tetapi Korea, Jepang, maupun India. Si Kim Tan yang berasal dari Korea, Jack yang berasal dari Amerika, Komoko dari Jepang, dan Veera dari India.
Suatu ketika dosen pun masuk ke kelas tersebut dan menerangkan materi pembelajaran, lalu memberikan tugas kepada mahasiswa dikelas tersebut. Setelah satu jam pelajaran berlangsung, dosen pun berkeliling di dalam kelas untuk mengecek tugas yang diberikan. Namun dosen pun heran sekaligus kecewa melihat tugas yang diberikan sama sekali belum dikerjakan, dan dosen pun bertanya “Kenapa semuanya sama sekali belum mengerjakan tugas yang saya berikan?” Si Jack pun menjawab “ Pelit sekali tugas ini pak. ” kemudian Tan pun ikut menjawab “Sakit sekali tugas ini pak.” Pak dosen pun bingung apa maksud dari yang dibicarakan Jack dan Tan ini, lalu pak dosen bertanya kepada Jack dan Tan “maksudnya bagaimana Jack, Tan? Bapak pelit ngasih tugas ke kalian? Apa masih kurang tugas yang bapak berikan? Lalu sakit? Sakit bagaimana Tan? Bapak hanya memberi tugas, tidak memukul ataupun mencubit kamu, lalu sakit darimananya ?” kemudian Tan menjawab “Ini pak tugas yang bapak berikan sakit sekali sampai saya tidak bisa mengerjakan tugas ini.” Disambunglah dengan jawaban Jack “ Iya pak, tugas ini pelit sekali sampai saya tidak bisa mengerjakannya.” Kemudian pak dosen pun mulai paham apa yang dimaksud oleh Jack dan Tan ini, pak dosen pun berbicara pada Tan dan Jack “Begini Tan dan Jack maksudnya yang benar itu sulit, bukan sakit ataupun pelit. Kalau pelit berarti kamu merasa masih kurang dengan apa yang sudah bapak kasih tugas ke kamu, kalau sakit kamu berarti sakit karena pusing, batuk, atau bapak memukul kamu itu baru namanya sakit. Paham Jack, Tan?” Tan dan Jack pun serentak menjawab “Ooohhhh... iyaa pak paham.”
Pada saat presentasi, setiap kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya, Jack yang satu kelompok dengan Tan, Komoko dan juga veera, mereka akan mempresentasikan di depan kelas, Jack pun yang membuka awal dari presentasi “ hello everybody, let’s see our group, we will....” di tengah pembukaan, pak dosen memotong “ hello hello Jack and friends. Please don’t speak English, speak Indonesian oke!” dengan heran, Veera pun mensahuti pak dosen “Lalu kenapa bapak ikut berbicara bahasa Inggris ?” pak dosen pun menjawab dengan nada bingung “yaa... yaa.. itu bapak keceplosan nak.” Jack dan teman teman pun serentak berbicara “ya ya ya, up to you sir.” Pak dosen pun jengkel dengan mahasiswa ini dan berkata dengan nada suara yang agak tinggi “ Urrrggghhhh! Please speak Indonesian. Don’t speak english! ” Para mahasiswa pun tertawa melihat kejengkelan pak dosen ini “ hehehe, Oke oke pak! ”
Presentasi pun selesai, dan bel berbunyi bertanda waktu pulang, sebelum pulang pak dosen pun berkata pada mahasiswa – mahasiswa di kelas tersebut “Bagaimana anak anak pelajaran hari ini?” Tan pun menjawab “Haduh pak, pesing kepala saya ini” Pak guru pun bingung apa maksud dari yang dibicarakan Kim Tan tersebut, dan sekejap pak dosen pun paham apa yang di maksud nya tersebut “Aduhh, bukan pesing Kim Tan. Tapi pusing kepala saya, bukan pesing kepala saya” Tan pun berkata “ohhh, pusing. Iya iya pak kepala saya pusing”  dan Jack pun ikut berbicara pada pak dosen “ Sudah lah pak mari kita pulang! Makin pesing kepala saya ini mendengar Tan yang salah bicara terus!” pak dosen pun jengkel dan berkata “Pusingggggggggg oyyy pusingggggg, bukan pesingggg. Urggghhh!”

SEKIAN DAN TERIMA KASIH

Comments

Popular posts from this blog

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah .... a.        Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013 b.       Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah c.  ...

Kuis Debat Tim 5 VS Tim 6 “Pelajar Membawa Motor ke Sekolah Tanpa Mempunyai SIM” SMAN 41 Thn 2017

Kuis Debat Tim 5 VS Tim 6 “Pelajar Membawa Motor ke Sekolah Tanpa Mempunyai SIM” SMAN 41 Thn 2017 Tim 5 Pro 1. Anjar Raehananda Salsabila (Orang pertama) 2.  Khusnul Khotimah (Orang kedua) 3. Nabila Sam Sam (Orang ketiga) Tim 6 Kontra 1. Sashi Agung F. (Orang pertama) 2. Khoirun Nisa (Orang kedua) 3. Muji Rana Kirana (Orang ketiga) Kelas               : X IPS 2 Tugas               : Remedial Kuis Debat Pelajaran          : Bahasa Indonesia Semester          : Genap Guru                : M.Jarkasih, S.Pd., M.Par. Naskah                     ...

28. Rizky Sulistyowati XIIMIPA 1 Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

PEMBAHASAN SOAL PERBAIKAN LATIHAN 1 BAHASAN INDONESIA (SOAL LAMA) Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. 1. Ide pokok paragraf tersebut adalah … .                 A. cara memperkuat kepribadian peserta didik melalui materi pembelajaran                 B.  penghargaan pengorbanan seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan                 C. upaya penanaman sikap positif peserta didik dalam pembelajaran                 D. tujuan penyisipan peristiwa sejarah dalam pembelajaran bahasa Indonesia                 E. cerminan suatu sikap jati diri peserta didik dalam...