Skip to main content

Tugas Kuis Bahasa Indonesia X Mia 3 (Indry Rahma Putri)

Kuis I        : Majas
Nama        : Indry Rahma Putri
Kelas         : X MIA3
Majas Perbandingan
Hiperbola : Wanita itu cantik seperti Bidadari surga

(Neqaabie.wordpress.com)
Metafora : Pelajar merupakan bunga bangsa

(www.kaskus.co.id)
Simile : Mereka selalu bertengkar seperti anjing dan kucing

(jimmydsas-kfc.blogspot.com)

Majas Pertentangan
Personifikasi : Matahari mulai merangkak ke permukaan bumi

(ranselkecil.com)
Alusio : Upacara ini mengingatkan aku pada proklamasi kemerdekaan 1945

(id.wikipedia.org)
Ironi : Pemandangan di Jakarta tampak indah berkat tumpukan sampah

(www.antaranews.com)
Antitesis : Miskin kaya, cantik buruk, islam kristen sama saja di mata Tuhan.

(www.pusakaindonesia.com)
Paradok : Dia terlihat senang padahal hatinya sangat sedih

(prameswarisangprabu.blogspot.com)

Majas Pertautan
Metonimia : Saya pergi ke sekolah menggunakan sepeda BMX

(pelj-sma.blogspot.com)
Retorik : Apa kita tega melihat kucing itu kelaparan?

(ndjoelspot.blogspot.com)
Majas Penengasan
Sinekdoke Pars Pro Toto : Bendera merah putih telah berhasil dikibarkan di puncak gunung everest oleh tim pendaki

(iclubmadiun.blogspot.com)
Totem Pro Parte : Ayah membeli satu ekor kambing untuk di sembelih dan di jadikan gulai

(ahyan11.bun.bz)
Eufemisme : Karena tidak di siplin, pegawai itu diistirahatkan (dipecat)

(www.mp3router.com)
Litotes : Rumah sederhana ini hasil jerih payahku bertahun – tahun

(rumahcomplit.ga)

Kuis II : Negosiasi
Nama   : Indry Rahma Putri ( Pembeli )
Sarlinda Dewi Utami ( Penjual )
Kelas    : X MIA3

Pada suatu hari ada seorang ibu berkunjung ke shorum mobil. Ia ingin membeli mobil untuk anknya. Dan bernegoisasi dengan seseorang.
Penjual      : Selamat pagi.
Pembeli     : Selamat pagi.
Penjual                  : Ibu ingin mencari apa?
Pembeli     : Saya ingin mencari mobil.
Penjual                  : Oh, silahkan bu di lihat – lihat dulu.
Pembeli     : Begini mba, saya ingin memcari mobil untuk anak saya.
Penjual                  : Oh ibu ingin mencari yang seperti apa? Ada model baru juga kok bu.
(sambil melihat – lihat bersama pembeli)
Pembeli     :  Yang ini model baru mba?
Penjual                  : Oh, iya bu.
Pembeli     : Berapa harganya mba?
Pembeli     : Harganya Rp 150.000.000 juta bu.
Pembeli     : Tidak bisa Rp 100.000.000 juta mba?
Penjual                  : Wah tidak bisa bu.
Pembeli     : Hm, bagaimana kalau Rp 130.000.000 juta?
Penjual                  : Maaf bu belum bisa, naikkan sedikitlah bu harganya.
Pembeli     : Rp 135.000.000 juta bagaimana?
Penjual                  : Belum bisa bu, RP 140.000 juta itu sudah harga pas.
Pembeli     : Rp 135.000.000 juta, saya ambil bagaimana?
Penjual                  : Belum bisa bu Rp 138.000.000 jutalah, bagaimana?
Pembeli     : Kurangilah mba.
Penjual                  : Rp 137.000.000 juta itu sudah harga mati tidak bisa di tawar lagi.
Pembeli     : Tidak bisa kurang lagi mba?
Penjual                  : Maaf bu tidak bisa.
Pembeli     : Yasudahlah saya ambil yang ini saja mba.
Penjual                  : Mau yang ini?
Pembeli     : Iya, saya ambil yang ini.
Penjual                  : Baiklah, saya akan urus semua surat pembelian dan bukti harga pembelian.
Pembeil     : Baik terima kasih mba.
Penjual                  : Sama – sama bu.

Kuis III : Surat ( Lamaran Pekerjaan )
Nama     : Indry Rahma Putri
Kelas      : X MIA3

Jakarta, 03 April 2015
Perihal                   : Lamaran Pekerjaan
Lampiran   : 1 Lembar

Yth. Kepada Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Jalan Babarsari 44
Yogyakarta

Dengan hormat,
Berdasarkan iklan yang dibuat di harian kompas tanggal 28 Maret 2015 Universitas Atma Jaya Yogyakarta sedang membutuhkan Dosen.Dengan ini saya mengajukkan surat lamaran pekerjaan sebagai Dosen.
Berikut data identitas saya sebagai berikut :
Nama                                             :
Tempat, Tanggal Lahir      :
Pendidikan Terakhir                      :
Alamat                                          :
Telepon                             :
Sebagai bahan Pertimbangan, bersama ini saya lampirkan sebagai berikut :
Daftar riwayat hidup
Foto copy 4 x 6 = 2 lembar
Foto copy transkrip nilai ijazah
Foto copy KTP
Surat keterangan catatan kepolisian
Surat keterangan sehat dari dokter
Surat keterangan berkerja
Surat keterangan lain/sertifikat yang mendukung formasi
Demikian surat lamaran pekerjaan yang saya buat. Atas perhatiannya, saya mengucapkan terimakasih.
Hormat saya

Indry Rahma Putri


Kuis IV : Resensi Buku
Nama    : Indry Rahma Putri
Kelas     : X MIA3

Judul                                             : Jam Mendung
Tema                                             : Awan Kelabu Di Angkasa
Nama Pengarang               : Trias Peni Hapsari
Tahun Penerbit dan Cetakan         : KCB Januari 2010 dan 62
Tebal Buku                                    : 144 Halaman
Harga Buku                                   : Rp.15.000,-
Kelebihan Buku                : -Bersampul
-Tulisannya Jelas dan Mudah Di Mengerti
Kelemahan Buku              : -Tidak Ada Warna Disetiap Gambar
Sinopsis                             :

      Ketika ada awan kelabu datang dia teringat pada suatu peristiwa pada sat ia kelas 3 SD. Pada waktu istirahat anak – anak asyik dengan permainannya masing – masing. Suara kepala sekolah, Pak Anwar mengagetkannya. Beliau menyuruh seluruh siswa berkumpul di depan kantor


Kuis V : Novel
Nama   : Indry Rahma Putri
Kelas    : X MIA3

Unsur Intrinsik
Tema                     : Seorang lelaki yang menumbuhkan cinta
Alur                       : Maju
Latar Tempat         :
Rumah kontrakan
Tempat pernikahan
Rumah mertua
Kuburan
Latar Waktu          :
Pagi Hari
Siang Hari
Malam Hari
Latar Suasana        :
Suasana marah
Terharu
Menjengkelkan
Penokohan            :
Aku : Keras kepala, egois, setia dan nurut kepada ibunya
Raihana : Lemah lembut, sabar, sholehah, nurut dengan suami
Sudut Pandang : Tokoh utama
Gaya Bahasa         :
Kadang memakai bahasa jawa
Mudah di pahami
Sederhana
Tidak membosankan


Amanat      :
Harus berbakti kepada kedua orang tua
Berfikir sebelum bertindak
Unsur Entrinsik
Nilai Moral              :
Membahagiakan ke dua orang tuanya
Tetap sabar dan tawakal terhadap seseorang
Menuruti keinginan ibunya

Kuis VII : Mengidentifikasi Certita Rakyat/Hikayat
Nama      : Indry Rahma Putri
Kelas       : X MIA3
                 https://id.wordpress.com/tag/hikayat-bayan-budiman/

HIKAYAT BAYAN BUDIMAN
Unsur instrinsik
Tema               : Kesetiaan istri kepada suaminya
Alur                 : Maju
Latar Tempat  : -Negara Ajam
-Rumah
Latar Waktu    : - Malam Hari
Latar Suasana  : - Menengangkan
Penokohan       :
Khojan Mubarok : sholeh dan kaya
Khojan Maimun : berbakti kepada istrinya
Bibi Zainab : cantik, kaya dan emosional
Burung Tiung : pemberi nasihat yang bijaksana
Burung Bayan : bijaksana, pemberi pitutur yang baik, dan cerdik

Sudut Pandang : Orang ke tiga serba tau
Gaya Bahasa    : Mudah di pahami
Amanat :
Setia dalam menjalin hubungan
jangan gegabah pada saat diberi nasihat
Berfikir terlebih dahulu sebelum bertindak
Unsur Entrinsik
Nilai Moral     :
Sikap Sholeh yang dimiliki oleh Khojan Maimun dan Ayahnya
Sikap bijaksana yang dimiliki oleh burung tiung
Sikap gegabah Bibi Zainab yang membunuh burung tiung

Kuis VIII : Daftar pustaka, Catatan Kaki dan Kutipan
Nama        : Indry Rahma Putri
Kelas         : X MIA3

Daftar Pustaka
Putri, Indry Rahma. 2010. Pengertian Legenda atau Cerita Rakyat.
Diaskes pada hari, tanggal : Selasa, 17 Januari 2012
Catatan Kaki
Indry Rahma P, Contoh Daftar Pustaka Makalah Dan Skripsi, Artikel Ilmiah Lengkap.
Diaskes oleh : Ahla Fiana pada hari, tanggal Jum’at, 28 Maret 2014
Kutipan
Putri, (1980:30) menegaskan. “Segala keputusan ilmiah hanya merupakan kemungkinan besar (probability) dan tidak mengakui adnya kebenaran mutlak (absolute truth)”.
Diaskes oleh : Dhony Kurniadi

Kuis IX : Ungkapan atau Idiom
Nama    : Indry Rahma Putri
Kelas     : X MIA3

Ibu ku sedang berbadan dua

(liputanislam.com)

Beberapa rumah di amuk si jago merah

(www.dcainsurance.ro)

Karena sering membaca, Hafifah sering di sebut kutu buku


(www,suararakyatindonesia.org)   (educa-corner.blogspot.com)

Comments

Popular posts from this blog

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah .... a.        Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013 b.       Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah c.  ...

Kuis Debat Tim 5 VS Tim 6 “Pelajar Membawa Motor ke Sekolah Tanpa Mempunyai SIM” SMAN 41 Thn 2017

Kuis Debat Tim 5 VS Tim 6 “Pelajar Membawa Motor ke Sekolah Tanpa Mempunyai SIM” SMAN 41 Thn 2017 Tim 5 Pro 1. Anjar Raehananda Salsabila (Orang pertama) 2.  Khusnul Khotimah (Orang kedua) 3. Nabila Sam Sam (Orang ketiga) Tim 6 Kontra 1. Sashi Agung F. (Orang pertama) 2. Khoirun Nisa (Orang kedua) 3. Muji Rana Kirana (Orang ketiga) Kelas               : X IPS 2 Tugas               : Remedial Kuis Debat Pelajaran          : Bahasa Indonesia Semester          : Genap Guru                : M.Jarkasih, S.Pd., M.Par. Naskah                     ...

28. Rizky Sulistyowati XIIMIPA 1 Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

PEMBAHASAN SOAL PERBAIKAN LATIHAN 1 BAHASAN INDONESIA (SOAL LAMA) Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. 1. Ide pokok paragraf tersebut adalah … .                 A. cara memperkuat kepribadian peserta didik melalui materi pembelajaran                 B.  penghargaan pengorbanan seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan                 C. upaya penanaman sikap positif peserta didik dalam pembelajaran                 D. tujuan penyisipan peristiwa sejarah dalam pembelajaran bahasa Indonesia                 E. cerminan suatu sikap jati diri peserta didik dalam...