Skip to main content

Tugas Kuis Bahasa Indonesia X MIA 2 ( Alfiana Nur Damayanti )

Kuis I
Majas
Nama Alfiana Nur Damayanti
Kelas X MIA 2
  Majas Litotes:
Contoh: Mampirlah ke gubuk saya ( Padahal rumahnya besar dan mewah )


  Majas Hiperbola:
 Contoh: Kita berjuang sampai titik darah penghabisan


  Majas Personifikasi:
Contoh: Hujan itu menari-nari di atas genting


  Majas Simile :
Contoh: Kau umpama air aku bagai minyaknya


  Majas Metafora:
Contoh: Cuaca mendung karena sang raja siang enggan menampakkan diri.


  Majas Totum pro parte:
Contoh:Indonesia bertanding volly melawan Thailand.


  Majas Eufimisme:Contoh:Dimana saya bisa menemukan kamar kecilnya?

 Majas  Alusio: Contoh: Sudah dua hari ia tidak terlihat batang hidungnya


  Majas Metonimia:Contoh:Ia menggunakan Jupiter jika pergi ke sekolah (Motor merk Jupiter)

  Majas Paradoks :  Contoh : Dia besar tetapi nyalinya kecil.

  Majas Antitesis :  Contoh : Kaya miskin, tua muda, besar kecil, semuanya mempunyai kewajiban terhadap keamanan bangsa.


  Majas Pars Pro Toto : Contoh: Ia harus bekerja keras sejak pagi hingga sore karena banyak mulut yang harus disuapi.




 Majas Ironi : Contoh : Rapih benar rumah mu seperti ditempat sampah





















Kuis II
Negoisasi
Nama : Alfiana Nur Damayanti
Kelas   : X MIA 2


       Pada jam 09.00 pagi Devi menghubungi Alfi untuk menanyakan kebenaran informasi tentang    sepeda yang akan dijual. Dalam percakapan tersebut Alfi meminta saudari Devi untuk bertemu  secara langsung pada pukul 15.00 ditaman kuliner lembah UGM untuk melakukan negoisasi dan  melihat rumah secara langsung. Pada pukul 15.00 tiba-tiba ada wanita berhijab yaitu Devi,    menghampiri seorang wanita yang sedang duduk menunggu yaitu Alfi.

Pembeli : Selamat sore bu.
Penjual : Selamat sore, silakan duduk dengan saudari Devi ?
Pembeli : Benar bu, saya yang menghubungi ibu pagi tadi
Penjual : Baiklah, langsung ke intinya saja, apa benar saudari Devi tertarik dengan rumah yang di iklankan di Toko Bagus itu ?
Pembeli : Betul bu, dari foto yang ditampilkan di web tersebut, saya tertarik ingin melihat fisik asli dari rumah tersebut . Dari foto yang saya lihat sepertinya rumahnya masih dalam keadaan bagus
Penjual : itu benar sekali, rumah itu baru saya bangun sekitar 1tahun yang lalu, dan kondisinya sangat bagus sekali, saya menjualnya karena ingin pindah ke luar kota
Pembeli : Memangnya mengapa ibu ingin pindah rumah ? apakah rumah itu ada kerusakan didalamnya ?
Penjual : Tidak ....Tidak sama sekali, saya ingin pindah rumah karena suami saya dinas ke luar kota
Pembeli : Oh begitu ya bu, bisa saya liat rumah itu sekarang ?
Penjual : Bisa... mari kita lihat
Pembeli : Iya bu
Penjual : Nah ini rumahnya, masih bagus bukan ?
Pembeli : Iya bu, sama seperti foto yang dipasang di web
Penjual : Tentu saja, karena rumah ini selalu saya rawat
Pembeli : Oh iya Kira-kira harganya berapa bu ?
Penjual : Sekitar 150jt bu
Pembeli : Boleh saya tawar ?
Penjual : Oh tentu saja boleh
Pembeli : Kalau 100jt gimana ?
Penjual : Tidak bisa bu, 125jt saja bagaimana ?
Pembeli : Baiklah, besok saya akan kesini lagi untuk menyerahkan uangnya
Penjual : Baiklah, saya akan persiapkan surat-surat rumahnya
Pembeli : Saya permisi pulang dulu bu
Penjual : Silahkan














Kuis III
Lamaran Pekerjaan
Nama : Alfiana Nur Damayanti
Kelas : X MIA 2


Jakarta, 14 Juni 2015                 
Perihal     : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 1 Lembar

Yth. Kepada Kepala Marketing PT. Sarana Prima Mulya
Jl. Aries Mustika No.26,
Meruya Utara Jakarta Barat
Dengan hormat
              Berdasarkan iklan yang dimuat di harian kompas, tanggal 12 Juni 2015 perusahaan bapak/ibu membuka lowongan pekerjaan.
Dengan ini saya mengajukan surat lamaran pekerjaan sebagai Marketing Executive di perusahaan bapak/ibu ini.
Berdasarkan data indetitas saya sebagai berikut :
Nama                              : Alfiana
Nur Damayanti
Tempat, tanggal lahir     : Jakarta, 20 Januari 1990
Pendidikan terakhir        : S1, lulusan Universitas Indonesia 2005
Alamat                           : Jalan serdang baru 1 RT17/04 no.3 Jakarta pusat
Telepon                          : 083856472598
              Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan sebagai berikut :
1. Fotokopi ijazah
2. Fotokopi Kartu Tanda penduduk ( KTP )
3. Fotokopi Kaartu Keluarga ( KK )
4. Foto ukuran 4X6
(3 Lembar)
5. Transkip Nilai
              Demikian surat lamaran pekerjaan yang saya buat, atas perhatian nya saya ucapkan terima kasih. 









Kuis IV
Novel

Nama        : Alfiana Nur Damayanti
Kelas         : X MIA 2


1.      Tema : Kehilangan seseorang dan sahabat
2.      Alur : Alurnya maju mundur karena ceritanya maju dan kadang suka mundur kembali
3.      Latar/Setting : Latar : dirumah Nabla, dimobil, disekolah, dikantin sekolah, ditaman, dirumah Nico, dijalan raya
Setting : Pagi hari, siang hari, dan malam hari.
4.      Perwatakan : 1. Nabila : sahabat Laura dan Nico, manja
                         2. Malik  : anak baru di SMA, pendiam
                         3. Laura  : sahabat Nabila dan Nico, baik
                         4. Nico    : sahabat Nabila dan Laura, egois
5.      Penokohan : 1. Nabila : protagonis
                        2. Malik  : protagonis
                        3. Laura  : protagonis
                        4. Nico    : antagonis
6.      Sudut Pandang : Orang ke-3 serba tahu
 
7.      Amanat : Kita jadi anak muda jangan manja dan terbuai oleh fasilitas- fasiitas yang ada. Kita juga harus mencitai kebersihan, jangan suka buang sampah sembarangan. Nanti kalau ada banjir pemerintah yang disalahkan. Kita juga harus hidup go green. Dan yang paling pening kita jangan lupa sama tuhan




















Kuis V
Daftar Pustaka
Nama : Alfiana Nur Damayanti
Kelas : X MIA 2
·         Daftar Pustaka :
       Sumber  =   Buku       : Harmoni,2010. BukuPintarAnak. Yogyakarta: PustakaHarmoni
                           ~ Damayanti, Alfiana Nur,2010. BukuPintarAnak. Yogyakarta:  PustakaHarmoni
                           Internet   : Rahmawati. 2013. ContohDaftarPustaka Dan caraPenulisannya,
                                         ~
Damayanti, Alfiana Nur. 2013. ContohDaftarPustaka Dan cara Penulisannya,
                           Jurnal      :
Darwis, Muhammad. 2002. “Pola-polaGramatikaldalamPenulisan
                                             PuisiIndonesia” dalamPELLBA 16. Jakarta. PusatkajianBahasa
                                             danBudayaUnikaAtmajaya
                          ~ Damayanti, Alfiana Nur. 2002. “Pola-polaGramatikaldalamPenulisan
                                             Puisi
Indonesia” dalamPELLBA 16. Jakarta. Pusat kajian Bahasa
                                             dan
Budaya Unika Atmajaya
·         Catatan kaki    :
Sumber  =    Buku        : Harmoni, BukuPintarAnak (Yogyakarta: PustakaHarmoni, 2010),
                                        hlm. 12.
                     ~ Alfiana Nur Damayanti, BukuPintarAnak (Yogyakarta: PustakaHarmoni, 2010),
                                        hlm. 12
                            Internet  : Puido, Metode/Cara MembuatCatatan Kaki
                          ~ Alfiana Nur Damayanti, Metode/Cara MembuatCatatan Kaki
                            Jurnal     : Syukurkholil, “Pengembangan Multimedia di Asia Tenggara dan
                                             KontribusinyaBagiUmat,” dalamAnalyticaIslamica, vol. IV ,
                                             h. 15
                          ~ Alfiana Nur Damayanti, “Pengembangan Multimedia di Asia Tenggara dan
                                             KontribusinyaBagiUmat,” dalamAnalyticaIslamica, vol. IV ,
                                             h. 15
·         Kutipan Langsung : Sumidi, 2011. “Meminta bantuan dukun santet”
                                 ~ Damayanti, 2011. “Meminta bantuan dukun santet”



















Kuis VI
Hikayat
Nama : Alfiana Nur Damayanti
Kelas : X MIA 2


Sinopsis         :

Hiduplah 3 orang sahabat yang selalu berkelana. Mereka adalah Kendi, Buyung, dan Awang. Suatu ketika mereka beristirahat di bawah pohon besar untuk melepas peluh dan penat perjalanan. Keadaan mereka sangat payah, kelapar dan kehausan. Buyng dan Kendi yang tidak menerima keadaan tersebut berkeluh kesah, dengan tamaknya mereka berhayal tentang makanan dan berjaji dengan sombongnya akan menghabiskan seluruh makanan tersebut. Awang melerai dan menasihati mereka untuk tidak sombong dan tamak namun mereka menghiraukan nasihat Awang dan malah memaki Awang.

Ternyata sedari tadi pohon yang mereka singgahi mendengarnya. Dengan belas kasihan pohon tua tersebut mengabulkan khayalan mereka. Buyung diberi 10 ayam yang sangat besar, Kendi diberi sekawah nasi, sedangkan Awang diberi sepingan nasi. Mereka memakannya dengan lahap, namun Awang memakannya dengan tenang. Awang menghabiskan seluruh makanannya tanpa sisa, namun Kendi dan Buyung tidak sanggup untuk menghabiskan seluruh makananya. Buyung dan Kendi yang tidak menghabiskan makanananya dikeroyok oleh makanan yang tidak mereka habiskan hingga mereka mati. Buyung dan Kendi mendapat buah pahit akibat perbuatannya mereka yang tamak, somong, dan memubazir makanan. Mengetahui kedaan teman-temannya yang sudah tewas, akhirnya Awang melanjutkan perjalanannya.


Unsur Intrinsik

Tema             : Balasan atas Perilaku Buruk

Tokoh dan Penokohan   :

-  Buyung (Antagonis) : Berprilaku sombong, berkhayal tinggi, tamak, ingkar janji,
 tidak mensyukuri takdir dan pemberian dari tuhan, suka
 mengeluh
-  Kendi (Antagonis)  : Berprilaku sombong, berkhayal tinggi, tamak, ingkar janji,
 tidak mensyukuri takdir dan pemberian dari tuhan, suka
 mengeluh.
-  Awang (Protagonis) : Berprilaku baik, tidak sombong, menepati janji, mensyukuri
 takdir dan pemberian dari tuhan, bersifat baik.
-  Pohon tua (Tirtagonis) : Suka berbelas kasih pada semua makhluk, bersifat baik.

Gaya Bahasa : Hiperbola

Latar    (Setting)        :

-  Tempat             : Di hutan.
-  Waktu              : Pagi hari
-  Suasana            : Kelaparan dan kehausan

Alur (Plot)          : Maju.

Sudut Pandang  : Orang ketiga diluar cerita/orang ketiga serba tau.

Amanat           :
   
    Janganlah membuat janji yang tidak dapat kau tepati apalagi dengan sombongnya kau lontarkan janji tersebut seolah-olah kau dapat menepatinya namun kenyataannya kau tidak dapat menepatinya



















Kuis VII
Ungkapan
Nama : Alfiana Nur Damayanti
Kelas : X MIA 2
 
1.      Buah Tangan =
Ani itu membawa buah tangan khas Bandung
 

2.      Tinggi Hati = Sombong
Anto sangat tinggi hati, dia tidak mau berjalan kaki
 

3.      Berhati Berlian = Baik Hati
Fauzan sangat berhati berlian, dia mau membantu nenek menyebrang jalan
 












Kuis VI

Diskusi
Nama : Alfiana Nur Damayanti
Kelas : X MIA 2

Bocornya Soal UN
      Dampak Negatif : Siswa dan siswi  tahun ajaran 2015 lebih tidak percaya diri dengan kemampuan otaknya masing−masing. Dan mereka tidak berusaha untuk berfikir karena mereka sudah melihat blog yang terdapat kunci jawaban soal UN.
         Bagi mereka yang tidak melihat soal─soal akan meresa rugi karena akan menyebabkan nilai mereka rendah dan UN mereka akan diulang lagi.
      Dampak Positif : Bagi mereka yang ingin melihat contoh soal─soal UN bisa melihatnya di blog tersebut tanpa memperdulikan jawaban dari soal tersebut

Manfaatnya :
      Bisa melihat bagaimana contoh soalnya agar kita mengetahui cara mengerjakannya


Comments

  1. Terima kasih atas tanggungjawabnya dapat menyelesaikan dengan baik tugasnya dan TUNTAS. Lanjutkan kreativitas & sukses selalu.

    ReplyDelete
  2. saudara-saudara
    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima money di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

     .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com   

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah .... a.        Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013 b.       Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah c.  ...

Kuis Debat Tim 5 VS Tim 6 “Pelajar Membawa Motor ke Sekolah Tanpa Mempunyai SIM” SMAN 41 Thn 2017

Kuis Debat Tim 5 VS Tim 6 “Pelajar Membawa Motor ke Sekolah Tanpa Mempunyai SIM” SMAN 41 Thn 2017 Tim 5 Pro 1. Anjar Raehananda Salsabila (Orang pertama) 2.  Khusnul Khotimah (Orang kedua) 3. Nabila Sam Sam (Orang ketiga) Tim 6 Kontra 1. Sashi Agung F. (Orang pertama) 2. Khoirun Nisa (Orang kedua) 3. Muji Rana Kirana (Orang ketiga) Kelas               : X IPS 2 Tugas               : Remedial Kuis Debat Pelajaran          : Bahasa Indonesia Semester          : Genap Guru                : M.Jarkasih, S.Pd., M.Par. Naskah                     ...

28. Rizky Sulistyowati XIIMIPA 1 Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

PEMBAHASAN SOAL PERBAIKAN LATIHAN 1 BAHASAN INDONESIA (SOAL LAMA) Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. 1. Ide pokok paragraf tersebut adalah … .                 A. cara memperkuat kepribadian peserta didik melalui materi pembelajaran                 B.  penghargaan pengorbanan seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan                 C. upaya penanaman sikap positif peserta didik dalam pembelajaran                 D. tujuan penyisipan peristiwa sejarah dalam pembelajaran bahasa Indonesia                 E. cerminan suatu sikap jati diri peserta didik dalam...