Skip to main content

Tugas Kuis Bahasa Indonesia X-IIS 2 ( Erika Sitorus )



Kuis I Macam-macam Majas
Nama:Erika sitorus                                             
Kelas: X ips 2
1.Majas perbandingan
·         Hiperbola
ð  Daerah penghasilan migas merana 
                                                                                                                                                                         

·         Metapora
ð  Opsi shooter yang menjadi tulang punggung ASPac untuk mendulang angka semakin bervariasi

·         Simile
ð  Kerja keras ibarat api menyala untuk mewujudkannya




2.Majas pertentangan
·         Personifikasi
ð  Menengok mutiara palu yang terus bersolek


·         Alusio
ð  Rudy juara tunggal All England terakhir dari Indonesia pada 1993 dan 1994 yang mengenang kejayaan,masa lalu dengan rasa rindu dan gelisa 


·         Antitesis
ð  Maju mundurnya desa tergantung warganya




·         Ironi
ð  Kota Jakarta indah dengan sampah-sampahnya


·         Paradoks
ð  Jesika mila makan Eskrim rasa asem padahal ia suka Eskrim rasa manis


3.Majas pertautan
·         Sinekdok
ð  Tarif kamar permalam Rp 200.000 sampai 500.000


·         Totemproparte
ð  Dari angka itu 3% diambil dari anggaran pendapatan dan belanja daerahn sisanya 2% dibayarkan pegawai negeri dari potongan gajinya


·         Eufeisme
ð  Semoga lebih banyak orang berbisnis dan berwisata ke Cirebon


·         Litotes
ð  Segala masukan kami terima,bahkan kekurangan tisu toilet


















                                                     Kuis III Lamaran pekerjaan
Nama:Erika sitorus
Kelas: X ips 2


Jakarta 12 juni 2015
Perihal:Lamaran pekerjaan
Lampiran:1 lembar

YTH.Kepala perusahaan distribusi tepung terigu dan bahan baku pakan ternak surabaya jalan A. Yani 88 SBY

Dengan hormat
                Ber4dasarkan iklan yangtermuat dinamakan metropolitan sabtu 12 mey 2015,perusahaan distribusi tepung terigu dan pakan ternak surabaya sedang membutuhkan Salesman
                Berikut data identitas saya sebagai berikut:
Nama:Erika sitorus
Tempat,tanggal lahir:Jakarta 11 juni 1999
Pendidikan terakhir:SMA
Alamat:Jalan ancol selatan.cempaka 1
Telepon:085311212426
                Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan sebagai berikut:
1.Berpengalaman di penjualan tepung terigu dan bahan baku pakan ternak
2.Punya kendaraan sendiri
3.Pendidikan minimum SMU
4.Menguasai pemasaran Jawa timur dan bersedia dinas di luar kota
                 Demikian surat lamaran pekerjaan yang saya buat atas perhatiannya saya ucapkan trimakasih.

Hormat saya
[Erika sitorus]









                            Kuis IV Cerpen dan Novel 
Nama:Erika sitorus
Kelas: X ips 2


                                               Resensi Cerpen



Judul buku:Sijawil di jawil
Tema:Seorang anak kecil yang selalu menjawili teman-temannya
Nama pengarang:Muh.Musa-Qardarsyah
Tahun penerbitan dan cetakan:Pt penerbitan sarana bobo November tahun          2009
Tebal buku:144 Halaman
Kelebihan buku:Cover buku bagus,tidak mudah sobek
Kekurangan buku:Kata-kata dalam buku banyak yang susah dimengerti
Harga buku:Rp 15.000,00
Sinopsis:Sebenarnya,Nita ingin mengintai siapa anak yang selalu menjawili teman-temannya.tetapi Ema melarangnya karena menurut Ema siapa pun anak yang jawil itu pasti ketahuan.


                                            Resensi Novel  

                                    
Judul buku:Aku bukan piala
Tema:Mita anak yang cantik itu diperlakukan cowo-cowo disekolahnya bagaikan piala
Nama pengarang:Jazimah Al-Muhyi
Tahun penerbit:Pt Era adicitra intermedia Juli 2012
Tebal buku:150 hal
Kelebihan buku:Cover bagus,tidak mudah sobek dan ceritanya menarik
Kekurangan buku:Kertasnya terlalu tipis
Harga buku:Rp 25.000,00
Sinopsis:Sebaiknya kita jangan terlalu sensitif sama orang lain


Unsur-unsur Instrinsik Novel
Tema:Mita anak yang cantik itu diperlakukan cowo-cowo disekolahnya bagaikan piala
Alur:Campuran(maju mundur)
Latar: -waktu(Siang hari,malam hari,tadi pagi)
            -suasana(Menegangkan dan gembira)                                                                                                                
           - Tempat(Di sekolah,di rumah,panti asuhan,taman bunga)
Penokohan:-Amita(Baik,pintar,cantik)
                        -Wenda(Mudah marah,mudah tersinggung,baik)
                        -Kania(Baik,sholeh)
                        -Kak mukti(Baik)                       
                        -Daffa(Jahat,ganteng,baik)
                        -Ibu mita(Penasehat,penyaya
Perwatakan: -Amita(Protagonis)
                            -Wenda(Tritagonis)
                           -Kania(Protagonis)
                           -Kak mukti(Protagonis)         
                           -Daffa(Tritagonis)
                           -Ibu mita(Protagonis)
                      Sudut pandang:Orang ketiga tunggal
                      Amanat:Sebaiknya kita harus mendengarkan apa kata orang lain



                              


Unsur Ekstrinsik Nopel

Nilai sosial:Ibu mita selalu menasehatin Mita supaya selalu menolong orang lain
Nilai moral:Pak kamsil selalu menasehatin murid-muridnya di sekolah supaya menghormati orang yang lebih tua
Nilai budaya:Ibu mita selalu Mengajarkan Mita tentang hal-hal baik,supaya orang lain juga berbuat baik kepadanya
Nilai religi:Wenda dan sahabat-sahabatnya menyarankan supaya Mita menutup auratnya dengan berhijab




        













 

Kuis VI Daftar pustaka,catatan kaki dan ungkapan
Nama:Erika sitorus
Kelas: X ips 2

 I.1.Daftar pustaka(Buku): Sitorus, Erika. 2007. Sejarah SMA kelas X SMA. Jakarta: Yudistira.
   2.Kutipan(Buku): Sitorus (2008:23).
   3.Catatan kaki(Buku): Erika sitorus, sejarah SMA kelas X SMA, Jakarta, Yudistira, 2009, hal     23.
II.1. Daftar pustaka(Koran): Sitorus, Erika. 2013. “Sekolah di jakarta yang sudah memberlaku kurikulum 2013.’’ SINDO, 21 Januari 2014. 
    2.Kutipan(koran): Sitorus (2013, September 22)
    3.Catatan kaki(Koran): Erika Sitorus, Politik kompas indonesia, 29 Januari 2014,hlm 10.
III.1.Daftar pustaka(Jurnal): Sitorus, Erika. Phd, mey 2011, ‘’ Sosial media’’. Volume 18, No.3, http://www. Daftarpustaka, sosial media.
       2. Kutipan(Jurnal): Sitorus. “Pendidikan Agama”.
       3.Catatan kaki(Jurnal): Erika sitorus, “ Pendidikan Agama” Yudistira, No. 5. Januari 2000 (Jakarta: Yudistira, 2000), hlm. 20.
IV.1.Daftar pustaka(Injternet): Sitorus, Erika. (2013). Sejarah musik. Yudistira. http://www.eb.com: 180/cgibin/g:Docf=macro/5004/45/0.htm/ [28 Maret 200].
      2.Kutipan(Internet): Sitorus “Sejarah musik”.
      3.Catatan kaki(internet): Erika sitorus, “ Sejarah musik.” http://www.ed.com: 180/cgibin/g:Docf=maco/5004/45/0.htm/ [28 Maret 200]. 





Kuis VIII Ungkapan
Nama:Erika sitorus
Kelas: X ips 2

1.Lagi-lagi Dani yang di kambing hitamkan bila timbul keributan

                              
2.Karena gelap mata Pak Supriyanto mengamuk di kantor                                                                         

                               
3.Merah telinga ketika Bu.dina dituduh sebagai pencuri
                          







                                                   
Kuis VIII Hikayat
Nama:Erika sitorus
Kelas: X ips 2


                                   

Tema : Merebut kembali lampu ajaib
Alur: Maju mundur(campuran)
Latar: a. Waktu = Sore hari,Pagi hari,Malam hari
            b. Tempat = istana, Padang rumput,tokoh obat
            c. Suasana = sedih, menegangkan, bahagia,terharu
penokohan: -      Putri  jasmine (baik)
-          Gadis-gadis budak (baik)
-          Aladin (baik)
-          Jin (jahat)
-          Ibu aladin (baik, anggun)
-          Pelayan (baik)
-          Petani (baik)
-          Pedagang (jahat)
Perwatakan:  - Antagonis: Jin,Pedagang
-          Protagonis: Putri  jasmine, gadis-gadis budak, ibu aladin,petani,pelayan,Aladin
-          Tritagonis: Jin,Pedagang
Sudut pandang: orang ketiga serba tau
Gaya bahasa: Metafora
Amanat: Kita harus sabar menghadapi cobaan yang diberikan yang Maha kuasa kepada kita.karena dibalik cobaan itu pasti ada hikmanaya.
Sinopsis: Aladin yang tidak direstui mertuanya untuk menikahi Putri jasmine,akhirnya mendapat kebahagiaan.
Kuis IX Diskusi
Nama:Erika sitorus
Kelas: X ips 2


METRO
Awas, Madu Palsu dari Pemanis Beredar di Jakarta
Merknya Madu Super Lebah Liar dan Madu Putih Melivera.
Kamis, 11 Juni 2015 | 14:39 WIB
Oleh : Eko Priliawito, Anwar Sadat


VIVA.co.id - Polres Jakarta Timur meringkus dua tersangka komplotan pembuat madu palsu. Penangkapan dilakukan di Kampung Pulo Gang I RT 001 RW 002 Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. 

Kapolres Jakarta Timur, Kombes Umar Faroq menjelaskan, pelaku adalah Juhari (58) dan Suhatma (76). Penangkapan terhadap kedua pelaku yang dilakukan pada Jumat 5 Juni 2015, dilakukan berdasarkan dari laporan masyarakat.

"Kita menangkap pelaku pembuat madu palsu. Penangkapan ini berdasarkan dari laporan masyarakat," kata Umar Faroq di Polres Jakarta Timur, Jalan Matraman Raya 224 Jakarta Timur, Kamis 11 Juni 2015.



Dari penangkapan itu polisi menyita barang bukti berupa 800 botol berisi madu palsu dengan merk Madu Super Lebah Liar dan Madu Putih Melivera siap edar.

Selain madu siap edar, polisi juga menyita bahan baku madu palsu berupa satu karung gula putih ukuran 50 kilogram, citrun atau pemanis, tiga kantong plastik pemutih kue, satu bungkus soda kue
s, satu set peralatan masak, satu pak label merk Madu Super Lebah Liar dan Madu Putih Melivera dan satu buah nota penjualan.

"Berdasarkan pengakuannya, mereka sudah membuat madu palsu sejak tahun delapan puluhan," ujar Umar Faroq.

Motif pemalsuan madu ini adalah sebagai mata pencaharian. Madu palsu itu biasa diedarkan ke tukang jamu yang berada di wilayah Jakarta. 

"Biasa di banderol dua belas ribu rupiah per botolnya," ujar dia. (ren)

Dampak Negatif :Orang yang membeli jamu tersebut akan sakit
Dampak Positif :Supaya orang yang membeli jamu lebih barhati-hati
Tujuan :supaya mendapatkan untung yang lebih banayak
Mampaat :Supaya dagangan sipenjual lebih laris dan mendapatkan untung yang lebih banyak

Comments

Popular posts from this blog

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah .... a.        Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013 b.       Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah c.  ...

Kuis Debat Tim 5 VS Tim 6 “Pelajar Membawa Motor ke Sekolah Tanpa Mempunyai SIM” SMAN 41 Thn 2017

Kuis Debat Tim 5 VS Tim 6 “Pelajar Membawa Motor ke Sekolah Tanpa Mempunyai SIM” SMAN 41 Thn 2017 Tim 5 Pro 1. Anjar Raehananda Salsabila (Orang pertama) 2.  Khusnul Khotimah (Orang kedua) 3. Nabila Sam Sam (Orang ketiga) Tim 6 Kontra 1. Sashi Agung F. (Orang pertama) 2. Khoirun Nisa (Orang kedua) 3. Muji Rana Kirana (Orang ketiga) Kelas               : X IPS 2 Tugas               : Remedial Kuis Debat Pelajaran          : Bahasa Indonesia Semester          : Genap Guru                : M.Jarkasih, S.Pd., M.Par. Naskah                     ...

28. Rizky Sulistyowati XIIMIPA 1 Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

PEMBAHASAN SOAL PERBAIKAN LATIHAN 1 BAHASAN INDONESIA (SOAL LAMA) Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. 1. Ide pokok paragraf tersebut adalah … .                 A. cara memperkuat kepribadian peserta didik melalui materi pembelajaran                 B.  penghargaan pengorbanan seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan                 C. upaya penanaman sikap positif peserta didik dalam pembelajaran                 D. tujuan penyisipan peristiwa sejarah dalam pembelajaran bahasa Indonesia                 E. cerminan suatu sikap jati diri peserta didik dalam...