Skip to main content

20. Indah Lestari "Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indoensia SMAN 41 Thn 2017"

Nama : Indah Lestari
Kelas : XII MIPA 3


Soal Lama

Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
(1) Sektor pertanian merupakan sektor yang mempunyai peranan strategis dalam struktur pembangunan perekonomian nasional, tetapi tidak mendapatkan perhatian secara serius dari pemerintah dalam pembangunan bangsa. (2) Mulai dari proteksi, kredit hingga kebijakan lain tidak satu pun yang menguntungkan bagi sektor ini. (3) Program-program pembangunan pertanian yang tidak terarah tujuannya. (4) Bahkan sektor ini semakin menjerumuskan pada kehancuran. (5) Padahal sektor ini merupakan sektor yang sangat banyak menampung luapan tenaga kerja dan sebagian besar penduduk kita tergantung padanya.

1.        Kalimat utama paragraf tersebut adalah … .
A         (1)
B          (2)
C          (3)
D         (4)
E          (5)

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3!
Pembangunan pertanian di Indonesia dianggap penting dari keseluruhan pembangunan nasional. Ada beberapa hal yang mendasari mengapa pembangunan pertanian di Indonesia mempunyai peranan penting, antara lain: potensi Sumber Daya Alam yang besar dan beragam, pangsa terhadap pendapatan nasional yang cukup besar, besarnya pangsa terhadap ekspor nasional, besarnya penduduk Indonesia yang menggantungkan hidupnya pada sektor ini, perannya dalam penyediaan pangan masyarakat dan menjadi basis pertumbuhan di pedesaan.

2.        Ide pokok paragraf tersebut adalah ... .
A       potensi Sumber Daya Alam yang besar dan beragam
B        yang menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian
C        beberapa hal yang mendasari pembangunan pertanian
D       pentingnya peranan pembangunan pertanian di Indonesia
E        pangsa terhadap pendapatan nasional yang cukup besar

3.        Mengapa pembangunan pertanian di Indonesia mempunyai peranan penting?
A         Pertanian di Indonesia belum terlaksana dengan baik dan masih perlu perhatian.
B          Masyarakat menginginkan pemerintah membantu berbagai keperluan alat pertanian.
C          Penduduk Indonesia yang menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian.
D         Harus memfasilitasi berbagai kepentingan pertanian yang masih tertinggal.
E          Mengubah nasip para petani agar para petani mendapatkan kehidupan yang layak.

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 4,5, dan 6, bacalah dengan cermat!          
(1) Pembangunan pertanian pada masa mendatang tidak hanya dihadapkan untuk memecahkan masalah yang ada, tetapi juga pada tantangan untuk menghadapi perubahan tatanan politik di Indonesia. (2) Perubahan tersebut yang mengarah pada era demokratisasi yakni tuntutan otonomi daerah dan pemberdayaan petani. (3) Di samping itu, dihadapkan pula pada tantangan untuk mengantisipasi perubahan tatanan dunia yang mengarah pada globalisasi dunia. (4) Oleh karena itu, pembangunan pertanian di Indonesia tidak saja dituntut untuk menghasilkan produk-produk pertanian yang berdaya saing tinggi, tetapi juga mampu mengembangkan pertumbuhan daerah serta pemberdayaan masyarakat. (5)  Terdapat beberapa rekomendasi, tawaran, saran, masukan, dan juga tuntutan hasil dari pemikiran mahasiswa-mahasiswa pertanian Indonesia.
4.        Kalimat yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah bernomor … .
A         (1)
B          (2)
C          (3)
D         (4)
E          (5)
5.        Makna istilah globalisasi dalam teks tersebut adalah … .
A         keinginan untuk setara dengan negara lain
B         masuknya ke ruang lingkup dunia
C         kebesasan dalam melakukan perdagangan
D         tidak ada halangan lagi untuk maju
E          memasuki masa era modern

6.        Tujuan penulis dalam paragraf tersebut adalah … .
A         Untuk mengantisipasi perubahan tatanan dunia yang mengarah pada globalisasi dunia.
B          Perhatian terhadap pertanian di Indonesia yang sudah memberikan kemajuan
C          Agar pihak terkait lebih memperhatikan kemajuan dan perubahan pada sektor pertanian.
D         Menginformasikan produk-produk pertanian yang telah berdaya saing tinggi
E          Menjelaskan bahwa pembangunan pertanian di Indonesia tidak ketinggalan lagi.

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 7, 8, dan 9. Bacalah dengan cermat!         
Teks 1
Teks 2
Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) menyatakan kesiapannya mengambil alih tugas PSSI untuk menggelar leg kedua final Piala AFF tahun itu karena kerusakan yang terjadi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Kesiapan ini diutarakan Asisten Sekjen FAM, Ahmad Fuad Bin Daud di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, waktu itu. ”Kami siap menjadi tuan rumah kembali. Namun, semua tergantung keputusan AFF,” ujarnya. Jatah Indonesia sebagai tuan rumah leg kedua final Piala AFF 2010 terancam batal setelah pendukung Indonesia mengamuk kemarin saat mengantre membeli tiket. Ratusan supporter ini masuk dan merusak beberapa bagian, termasuk lapangan
(1) Ada apa sebenarnya dengan Indonesia? (2) Tiga gol dengan cepat bersarang ke gawang Markus Horison. (3) Buyarnya permainan Pasukan Merah-Putih sesungguhnya diawali dari protes tim yang membuat pertandingan terhenti beberapa saat karena ada gangguan sinar laser dari tribune penonton ke arah kiper Markus. (4) Firman Utina dan kawan-kawan takluk secara menyakitkan sekali pada tuan rumah, Malaysia, 0-3 dalam sesi pertama final. (5)Sungguh patut disayangkan, performan apik timnas Indonesia dalam lima pertandingan Piala AFF, mengalami antiklimaks di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

7.        Perbedaan isi kedua kutipan tersebut adalah … .

Teks 1
Teks 2
A.
Permasalahan pendukung Indonesia mengamuk saat mengantre membeli tiket.
Permasalahan, buyarnya permainan Pasukan Merah-Putih karena ada gangguan sinar laser dari tribune penonton ke arah kiper Markus.
B.
Tempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).
di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur
C.
Kurangnya kesiapan tim
Sangat siap kesiapan tim
D.
Menang telak
Menang 0-3
E.
Tidak adanya terjadi keributan
Terjadinya keributan
8.        Kata tidak baku dalam kutipan  teks 2 tersebut terdapat pada kalimat bernomor … .
A         (1)
B          (2)
C          (3)
D         (4)
E          (5)

9.        Pernyataan yang berupa fakta dalam kutipan teks tersebut terdapat pada kalimat nomor … .
A         (1) dan (2)
B         (2) dan (3)
C         (3) dan (4)
D         (3) dan (5)
E          (4) dan (5)

Bacalah kutipan biografi berikut untuk menjawab soal nomor 10,11, dan 12!
Abdul Muis lahir pada tanggal 3 Juni 1883 di Bukittinggi, Sumatra Barat dan meninggal dunia di Bandung pada tanggal 17 Juni 1959 dalam usia 76 tahun. Ia adalah putra Datuk Tumenggung Lareh, Sungai Puar, Minangkabau. Abdul Muis memiliki jiwa petualang yang tinggi. Sejak masih remaja, ia sudah berani meninggalkan kampung halamannya, merantau ke Pulau Jawa. Bahkan, masa tuanya pun dihabiskannya di perantauan. Abdul Muis lulusan Sekolah Eropa Rendah (Eur. Lagere School atau yang sering disingkat ELS). Ia pernah belajar di Stovia selama tiga setengah tahun (1900--1902). Namun, karena sakit, ia  keluar dan sekolah kedokteran tersebut. Pada tahun 1917 ia  pergi ke negeri Belanda untuk menambah pengetahuannya. Pada tahun 1913 Abdul Muis keluar dan De Prianger Bode. Sebagai pemuda yang berjiwa patriot, ia mulai tertarik pada dunia politik dan masuk  ke Serikat Islam (SI). Bersama dengan mendiang A.H. Wignyadisastra, Ia dipercaya memimpin Kaum Muda, salah satu surat kabar milik SI yang terbit di Bandung. Pada tahun itu, atas inisiatif dr. Cipto Mangunkusumo, Abdul Muis (bersama dengan Wignyadisastra dan Suwardi Suryaningrat) membentuk Komite Bumi Putra untuk mengadakan perlawanan terhadap maksud Belanda mengadakan peringatan besar-besaran seratus tahun kemerdekaannya serta untuk mendesak Ratu Belanda agar memberikan kebebasan bagi bangsa Indonesia dalam berpolitik dan bernegara.

10.    Keteladanan dari sosok Abdul Muis adalah … .
A         memiliki keberanian yang tinggi dalam berjuang
B         meninggalkan kampung halaman untuk berjuang
C         mengusir penjajah Belanda dari tanah Indonesia
D         sebagai pemuda yang berjiwa patriot berani melawan penjajah
E          sekolah kedokteran di negeri Belanda

11.    Mengapa Abdul Muis dikatakan memiliki jiwa petualang?
A         Ia hanya suka bersekolah di luar negeri dengan bebagai pengalaman.
B          Lebih menyukai bahkan sangat tertarik kepada dunia politik.
C          Anak muda yang tidak gentar melawan penjajahan Belanda.
D         Sejak masih remaja, ia sudah berani meninggalkan kampung halaman.
E          Mempunyai banyak pengalaman kerja atau berpindah-pindah.

12.    Istilah yang tepat untuk pengganti istilah yang tercetak miring pada kalimat terakhir teks biografi tersebut adalah … .
A         pesta
B          kenduri
C          perayaan
D         perhelatan
E          pertunjukan

Kutipan tajuk rencana berikut untuk soal nomor 13 dan14. Bacalah dengan cermat!
Di zaman ini tidak jarang ibu menjadi tulang punggung keluarga. Banyak para ibu yang menafkahi dirinya sendiri dan anaknya tanpa bergantung pada suami. Banyak wanita perkasa di luar sana yang bekerja di berbagai bidang, seperti tukang ojek, tukang parkir, tukang bangunan, sopir taksi, sopir busway bahkan menjadi buruh yang mengangkut barang-barang berat. Mereka semua adalah wanita-wanita perkasa, pejuang keluarga.
Sudah banyak ibu-ibu yang mandiri, memiliki penghasilan sendiri, serta mempunyai banyak aktivitas. Perlu dicatat sudah banyak ibu yang meniti karier tanpa mengabaikan keluarga dan mereka tetap bisa mengurus suami dan anak-anak. Tanggung jawabnya sebagai ibu tetap bisa berjalan selaras dengan dunia pekerjaannya. Ini menepis anggapan istri harus berhenti bekerja jika sudah menikah dan memiliki anak karena semua tergantung bagaimana membagi waktu dan perhatian secara bijak.Tak bisa diabaikan juga adanya ibu yang gagal membina keluarganya karena kesibukannya bekerja dan alasan lain. Tetapi jauh lebih banyak ibu yang benar-benar menjadi ibu, yang selalu siap berkorban untuk keluarganya. Dengan demikian, sangat wajar dan sepantasnyalah kita berterimakasih untuk semua ibu yang setia dan sabar dengan tetap tidak melupakan kodratnya sebagai ibu. Terima kasih ibu, dan Selamat Hari Ibu buatmu!

13.    Opini penulis dalam kutipan tajuk rencana adalah .
A         Ini menepis anggapan istri harus berhenti bekerja jika sudah menikah dan memiliki anak karena semua tergantung bagaimana membagi waktu dan perhatian secara bijak.
B          Banyak para ibu yang menafkahi dirinya sendiri dan anaknya tanpa bergantung pada suami pada zaman sekarang.
C          Banyak wanita perkasa di luar sana yang bekerja di berbagai bidang, seperti tukang ojek, tukang parkir, tukang bangunan, sopir taksi, sopir busway bahkan menjadi buruh.
D         Perlu dicatat sudah banyak ibu yang meniti karier tanpa mengabaikan keluarga dan mereka tetap bisa mengurus suami dan anak-anak.
E          Dengan demikian, sangat wajar dan sepantasnyalah kita berterima kasih untuk semua ibu yang setia dan sabar dengan tetap tidak melupakan kodratnya sebagai ibu.

14.    Pihak yang dituju dalam teks tajuk rencana tersebut adalah … .
A         kaum ibu
B          pemerintah
C          para anak
D         masyarakat
E          pekerja keras

Cermati paragraf kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal no. 15, 16, dan 17!
”Sukri!Jaga mulutmu. Kau ini apa-apaan. Pemuda tanpa modal. Jangan kau permainkan  anakku. Apa yang telah kau beri kepadanya sebagai rasa kasih dan cintamu? Datang hampir tiap malam dengan janji-janji. Jangan kau memberi harapan-harapan yang tidak pasti kepada kami. Pergi kau! Biarkan anakku mencari jodoh yang lebih sempurna daripada kau.”
”Orang tua terkutuk! Mata duitan. Apa bedanya kau dengan orang tua lain kalau kau berpikir seperti itu? Anakmu akan kau jual belikan?”
”Sukri! Sumarni adalah anakku. Berhak memilih yang terbaik untuknya.”
”Apakah kau telah menganggap pemuda itu cukup baik?”
”Dia punya skuter. Dia punya modal untuk anakku, dan kau? Hanya janji-janji yang tidak terbukti.”
”Kalau begitu, kau adalah orang tua yang memandang benda-benda.”
Sukri Membawa Pisau Belati
15.    Masalah yang diungkapkan dalam kutipan teks cerpen  tersebut adalah … .
A       penghinaan yang berkepanjangan atau henti-hentinya
B       seseorang yang tidak menepati janjinya
C       penolakan perjodohan oleh orang tua wanita
D       pertengkaran seseorang dengan orang tua kekasihnya
E        tidak tercapainya keinginan seseorang menjadi kaya raya

16.    Suasana yang tergambar dalam kutipan adalah … .
A         mencekam
B          bising
C          marah
D         ramai
E          kacau
17.    Nilai moral dalam kutipan cerpen tersebut adalah … .
A         Orang tua yang akan memilihkan jodoh untuk anaknya seorang yang baik
B          Menghindari pemaksaan perkawian atau perjodohan oleh orang tua terhadap anaknya.
C          Mengingatkan seseorang akan janji yang telah diikrarkan kepada seseorang.
D         Perilaku menghormati orang tua, terutama orang-orang yang ada di sekitarnya.
E          Mengucapkan kata-kata yang baik bila berbicara dengan siapa pun dan di mana pun.

Cermati paragraf  berikut untuk soal nomor 18 21!
”Ayo kita ke pasar,” kata Ibu Nur. ”Kami mau beli kembang, untuk nyekar.”
Kami tinggalkan warung di tepi sungai itu. Becak membawa kami ke pasar. Ibunya Nur membeli dua keranjang bunga rampai dan kami terus ke makam.
Di pemakaman itu kami sulit mencari dua makam ayah dan anaknya, suami dan mertuanya. Kucabut rimbunan semak menyiangi makam. Akhirnya kutemukan makam yang kami cari, R. Soedjatmiko, wafat 31 Agustus 1973. Kutabur bunga rampai. Kusentuh nisan yang bertulis namanya dan kupegang erat pusaranya.
”Maafkan aku Papi… Kutanggalkan ikatan lima ikat rambutan itu, kucampur dengan daun segarnya, kubungkus dengan taplak meja rumah tempat aku kos. Aku tak punya kebun dan pohon rambutan Papi… Maafkan aku membohongimu,” bisikku pelan supaya tidak didengar yang lain.
Wangi bunga rampai semerbak diterbangkan angin mengiring kami keluar dari pemakaman itu meninggalkannya…
Nyekar, oleh Hamsad Rangkuti

18.    Pendeskripsian watak tokoh aku seorang yang pembohong adalah melalui  … .
A         dialog antartokoh
B          pikiran-pikiran tokoh
C          penjelasan pengarang
D         lingkungan tokoh
E          tanggapan tokoh lain

19.    Pembuktian bahwa latar dalam cerpen tersebut di pemakaman adalah … .
A         nyekar, kembang, tabur, rambutan
B          keranjang bunga, makam, pohon, nyekar
C          keranjang, pusara, bunga rampai, pohon
D         pohon, daun segar, bungkusan, rambutan
E          nyekar,  nisan, pusara, bunga rampai

20.    Hal yang terdapat dalam kutipan novel yang masih ditemukan dalam kehidupan saat ini adalah … .
A         berbecak
B          berwarung
C          nyekar
D         bernisan
E          mengubur

21.    Amanat yang terdapat pada kutipan tersebut adalah  … .
A         Sebelum melakukan kebohongan, pikirkanlah agar tidak timbul penyesalan kelaknya.
B          Demi kebaikan, sering berbohong tidak menjadi masalah atau diperbolehkan.
C          Kepada orang tua tidak masalah berbohong karena mudah untuk meminta maaf.
D         Akuilah kebohongan apa saja yang pernah dilakukan  saat berada di kuburan orang tua.
E          Berusahalah menutupi kebohongan yang telah dilakukan, terutama kepada anggota keluarga.

22.    Cermati gurindam berikut!
Apabila terpelihara lidah
Niscaya dapat daripadanya faedah

Amanat yang terkandung dalam gurindam tersebut adalah … .
A         Apabila kita dapat memelihara lidah kita, kita akan senantiasa memperoleh berbagai faedah.
B          Perbuatan yang baik, niscaya akan senantiasa memperoleh balasan yang baik pula.
C          Apabila kita berhati-hati dalam berbicara, ucapan yang keluar akan bermanfaat bagi orang.
D         Kita harus menjaga kesehatan mulut agar terhindar dari berbagai kuman penyakit.
E          Semua perkataan yang keluar dari mulut kita tentulah akan selalu mendatangkan manfaat.

23.    Cermati teks dialog berikut!

Tanti
:
”Teman-teman, sebentar lagi kita akan berpisah dengan guru kita. Kita beli kenang-kenangan untuk wali kelas kita ya.”
Nani
:
”Ide yang bagus itu. Kira-kira apa ya, Tan?”
Tanti
:
”Bagaimana kalau kita beli bahan baju batik Solo.”
Nani
:
”Boleh itu, kan bisa dipakai buat baju kerja nantinya.”
Tanti
:
”Kita pakai uang kas saja, uang kas kelas kita masih banyak, masih cukup buat beli bahan kain batik yang kualitasnya bagus.”
Nani
:
”Kalau begitu, mari kita beri tahu teman-teman kita.”
Tanti
:
”Yuk!”

Hal yang dibicarakan dalam kutipan tersebut adalah … .
A         bahan kain baik
B          penggunaan uang kas
C          rencana pengadaan perpisahan
D         ide yang bagus
E          hadiah untuk wali kelas

24.    Cermati pantun berikut!
Ke toko beli kain batik
Coraknya khas budaya Betawi
Jika kamu berhati baik
….

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ... .
A         Tidak seorang pun akan iri
B          Itu tandanya kamu berseri-seri
C          Carilah orang untuk menemani
D         Banyak orang akan memuji
E          Lihatlah saja sampai nanti

25.    Cermati naskah drama berikut!
Paman
:
(heran) Kau sendiri Andri?  Mana Nadal? Kenapa tidak pulang sama-sama?
Andri
:
(ragu-ragu) ”Nadal, Nadal ditahan polisi, Paman.
Paman
:
(terkejut) Apa? Ya Allah! … Mengapa dia ditahan, An? (menyeringit, penuh   tanda tanya)
Andri
:
Tadi kami sama-sama menunggu Bus di halte. Tiba-tiba  ada yang kehilangan dompet. Kebetulan saya berada di dekatnya.
Paman
:
(tidak sabar) Lalu?
Andri
:
Sebenarnya banyak orang di situ, tetapi yang kehilangan menyangka saya yang mengambilnya. Tiba-tiba. Nadal marah kepada orang yang kehilangan itu karena menuduh seenaknya. Akhirnya, mereka bertengkar. Nadal dipukuli.
Paman
:
(terkejut dan cemas)”Dipukuli? Lalu di mana dan bagaimana dia sekarang, An? Sekarang Nadal di mana? (berdiri dengan wajah semakin cemas dan gelisah)       
Andri
:
Tidak apa-apa, Om. (berdiri) Nadal membalas memukul, dan akhirnya mereka berkelahi. Seketika datang polisi Nadal ditahan polisi yang kebetulan patroli dan dia dibawa ke kantor polisi.
Paman
:
... .
Andri
:
Mari, Bibi (menuju pintu tergesa-gesa, akan keluar)

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam kutipan tersebut adalah ... .
A         (tertegun panik), bagaimana ini Andri?
B         (memandang Bibi) Sabar, ya, Paman?
C         (menangis) mengapa polisi itu menangkapnya?
D         (berjalan kian kemari) Mana telepon, ayo telepon.
E          (tak sabar) Ayo Andri, kita ke kantor polisi.

26.    Cermati kedua pantun berikut!
Pantun 1
Pagi-pagi makan gorengan
Makan gorengan dengan kopi
Hati-hati mencari teman
Jangan dekati yang tinggi hati
Pantun 2
Pergi ke pasar beli sepatu
Sepatu produksi dalam negeri
Perbuatan jelek jangan ditiru
Nanti dirimu akan dibenci
Jenis isi kedua bait pantun tersebut adalah … .
A         nasihat
B          jenaka
C          remaja
D         agama
E          duka

27.    Cermati penulisan judul buku berikut!

Akhirnya saya dapat juga hadiah sebuah buku dari kakak yang berjudul daun yang jatuh tak pernah membenci angin,karya Tere Liye


Perbaikan penulisan judul yang sesuai dengan EYD untuk judul buku tersebut adalah … .
A         Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin
B          Daun yang Jatuh tak Pernah Membenci Angin
C          Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin
D         Daun yang jatuh Tak pernah membenci angin
E          Daun yang jatuh tak Pernah Membenci Angin

28.    Cermati kalimat-kalimat untuk rangkaian cerita berikut!
Susunan rangkaian peristiwa yang tepat untuk penggalan cerita tersebut adalah ... .
Cermati urutan kalimat berikut!
(1)   Karena keadaan mereka yang dimanja, dibesarkan dalam keluarga yang serba ada itu, justru Ibu Kembar merasa terusik dan harus peduli dengan kehidupan yang berbeda dari mereka, terutama terhadap pendidikkan anak-anak yang tidak mampu.
(2)   Dengan kondisi yang demikian, Ibu Kembar memberikan semangat dengan kasih sayang.
(3)   Sekolah yang terletak di tengah-tengah perkampungan kumuh ini, adalah binaan Bu Guru Kembar Sri Rosiati (Rosi) dan Sri Irianingsih (Rian), yang sudah lama tidak terdengar lagi kiprahnya.
(4)   Kepedulian mereka diwujudkan dengan membangunkan sekolah sederhana,luasnya sekitar 8 x 5 meter dengan tripleks dan kayu,terlihat sesak dengan delapan puluh anak yang belajar dengan kondisi yang sangat memprihatinkan.
(5)   Kedua ibu guru itu kita mengenalnya dengan sebutan Ibu Kembar.
(6)   Patut kita acungkan jempol, kepada mereka itu karena sudahlah, cantik, pintar, dan kaya pula, dan semasa kecil mereka dikungkung dan dimanjakan orang tua mereka.

Urutan kalimat yang tepat untuk dijadikan paragraf yang baik adalah ... .
A         (3), (5), (6), (1), (4), dan (2)
B         (3), (2), (1), (6), (5), dan (4)
C         (4), (3), (1), (5), (2), dan (6)
D         (5), (3), (1), (2), (4), dan (6)
E          (6), (4), (2), (3), (5), dan (1)

29.    Cermati kedua kutipan cerpen berikut!
Cerpen 1
Cerpen 1
Mereka pun duduk di teras warung dan banyak di antara para nelayan yang mengejek lelaki tua itu dan ia tidak marah. Yang lain, yang lebih tua, memandang ke arahnya dan merasa kasihan. Tetapi, mereka tidak memperlihatkan perasaan itu dan bercakap-cakap dengan sopan tentang arus dan lubuk laut. Para nelayan yang beruntung telah menyembelih ikan todak mereka dan membawanya ke arah gudang.


Lelaki Tua dan Laut
Ia seorang lelaki tua yang sendiri saja dalam sebuah perahu menangkap ikan di arus Teluk Meksiko dan kini sudah genap delapan puluh empat hari lamanya tidak berhasil menangkap seekor ikan pun. Selama empat puluh hari yang pertama ia ditemani oleh seorang anak laki-laki. Tetapi, setelah empat puluh hari itu berlalu tanpa menangkap ikan seekor pun, maka atas perintah orang tuanya anak itu kemudian ikut perahu lain.Anak itu merasa kasihan setiap kali menyaksikan lelaki tua tiba dari laut dengan perahu kosong dan ia selalu datang untuk menolongnya membawakan layar. Layar itu bertambah karung gandum.
Lelaki Tua dan Laut

Persamaan isi dari kedua kutipan cerpen tersebut adalah … .
A         gambaran suasana, yaitu kesedihan
B          latar tempat, yaitu  di tengah Laut Meksiko
C          pendeskripsian watak tokoh, yaitu melalui pikiran-pikiran tokoh
D         perwatakan tokoh, yaitu seorang yang sabar
E          amanat, yaitu bantulah orang memerlukan pertolongan

30.    Cermati kalimat-kalimat dalam paragraf  berikut!
(1)   Pengangguran di negara kita belum teratasi.
(2)   Banyaknya angka pengangguran, dipicu oleh keinginan generasi muda menjadi pegawai di perusahaan bonafide, apalagi ingin menjadi pegawai negeri.
(3)   Mengapa hal ini bisa terjadi?
(4)   Banyak yang beranggapan masih mengharapkan anak-anak mereka menjadi pengawai negeri karena memiliki jaminan hari tua.
(5)   Diharap kaum muda mau berwiraswasta, baik yang lulusan perguruan tinggi, sekolah menengah, maupun sekolah menengah kejuruan.
(6)   Jadi, untuk mengatasi masalah tersebut, marilah kita ciptakan generasi wiraswastawan demi terciptanya lapangan kerja.

Dua kalimat  berjenis deklaratif (pernyataan/informasi) terdapat pada nomor .
A         (1),(2), dan (4)
B          (2), (3), dan (4)
C          (3), (4), dan (5)
D         (4), (5), dan (6)
E          (4), (5), dan (6)

31.    Cermati kalimat yang berupa pendapat berikut!
Mempertahankan kesuburan tanah merupakan syarat mutlak bagi tiap-tiap usaha pertanian.

Kalimat yang mendukung pendapat tersebut adalah … .
(1)      Selama tanaman dalam proses menghasilkan, kesuburan tanah ini akan berkurang.
(2)      Padahal kesuburan tanah wajib diperbaiki kembali dengan pemupukan.
(3)      Cara menggunakan tanah dan menjaga kesuburannya dapat dilakukan sendiri.
(4)      Kesuburan tanah sangat berpengaruh terhadap kesuburan tanaman.
(5)      Tak hanya baik bagi kesuburan tanah, tapi juga akan memperbaiki kualitas.
(6)      Tanaman subur, dapat menggembirakan hati para petani.

Kalimat pendukung yang mendukung adalah nomor … .
A         (1), (2), dan (3)
B          (1), (3), dan (4)
C          (1), (4), dan (5)
D         (2), (3), dan (4)
E          (2), (4), dan (5)

32.    Cermati kalimat-kalimat yang berupa alasan/pendapat berikut!
Karena seseorang sebelum berhenti bekerja atau pensiun dari pekerjaan, sudah berhemat atau menabung, dapat memanfaatkan uang simpanannya sedemikian rupa setelah tidak bekerja. Akan tetapi, dia harus lebih berhemat lagi karena otomasis memasukan keuangannya berkurang karena uang pensiun yang tidak memadai. Penghematan pengeluaran harus dilakukan secermat mungkin. Salah satu cara adalah dengan membuat anggaran rumah tangga keluarga. Seberapa pun uang ada di tangan akan terkuras tidak bersisa.

Perbaikan kalimat simpulan (tercetak miring) pada paragraf yang berupa akibat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ... .
A         Dengan demikian, dia tidak akan sampai kehabisan uang untuk biaya hidupnya.
B          Jadi, sebaiknya bagi Anda yang masih bekerja dibuat juga anggaran pendapatan.
C          Hal yang sama juga berlaku untuk Anda yang masih bekerja dan perlu biaya hidup.
D         Sebaiknya bagi Anda yang masih bekerja, dibuat juga anggaran pendapatan.
E          Oleh sebab itu, pengeluaran keluarga harus sesuai dengan penghasilan  kita.

33.    Cermati kalimat dalam paragraf berikut!
Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) menyatakan kesiapannya mengambil alih tugas PSSI untuk menggelar leg kedua final Piala AFF 2010 … kerusakan yang terjadi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Kesiapan ini diutarakan Asisten Sekjen FAM, Ahmad Fuad Bin Daud di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, semalam. ”Kami siap menjadi tuan rumah kembali. ..., semua tergantung keputusan AFF,” ujarnya. Jatah Indonesia sebagai tuan rumah leg kedua final Piala AFF 2010 terancam batal … pendukung Indonesia mengamuk kemarin saat mengantre membeli tiket. Ratusan supporter ini masuk … merusak beberapa bagian, termasuk lapangan SUGBK.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi dalam paragraf tersebut adalah … .
A         sehingga, selain itu, saat, dan
B         karena, namun, setelah, dan
C         setelah, oleh karena itu, dan, atau
D         jika, di samping itu, sejak, dan
E          apabila, dengan demikian, sebelum, atau

34.    Cermati kalimat dalam paragraf berikut!
Seorang yang ditunjuk sebagai pemimpin haruslah yang berwibawa dan bertanggung jawab. Seseorang yang ditunjuk bukan ... mau. Dia harus tanggap dengan kebutuhan anak buahnya. ... harus sensitif mendengarkan keluhan anak buahnya. Bila menjanjikan sesuatu, harus ditepati. Apalagi ... sekarang terbuka, mereka berani menuntut haknya. Jangan sampai anak buah ... pimpinan. Wibawanya akan jatuh.  

Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ... .
A         sekadar, kuping, jaman, menasihati
B         sekadar, telinga, jaman, menasehati
C         sekedar, telinga, zaman, menasehati
D         sekadar, kuping, zaman, menasihati
E          sekadar, telinga, zaman, menasihati

35.    Cermati kalimat dalam paragraf berikut!
Perabotan rumah seperti berbagai lemari, kursi, meja yang dijual di toko ”Murah” itu, telah menggunakan ... bongkar pasang. Buatannya pun tampak halus karena menggunakan mesin dengan ... canggih. Permukaan kayu jati yang digunakan sebagai bahan tidak tampak kasar. Oleh sebab itu, ... perabotan di toko itu sangat baik.
Kata serapan yang tepat penulisannya untuk melengkapi paragraf tersebut adalah … .
A         systim, teknologi, kualitas
B         sistem, teknologi, kwalitas
C         sistim, tehnologi, kuwalitas
D         sistem, teknologi, kualitas
E          system, teknologi,kwalitas

36.    Cermati paragraf berikut!
Pedati menuju suatu tempat, mengikuti rodanya yang berputar menuju suatu arah. Ia akan menempuh jalan yang berkondisi baik dan tidak baik, berbelok-belok, belobang, berbatu-batu, atau becek.. kalau melalui jalan berkondisi baik, ia berjalan tenang. Akan tetapi, bila berkondisi buruk, akan berhati-hati agar pedati tidak oleng dan sumbu rodanya.Untuk itu, diperlukan kecermatan memilih jalan dan kehati-hatian sehingga sampai di tujuan. Sama halnya kehidupan yang ditempuh manusia. Adakalanya berjalan tanpa kendala atau tanpa cobaan, tetapi adakalanya mendapat kesulitan atau berbagai cobaan barulah mendapatkan kebahagiaan yang diinginkan. ...

Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut  adalah ... .
A         Oleh sebab itu, kehidupan  ini tidak selalu mudah, bagus, atau lancar, tetapi selalu mendapatkan berbagai cobaan atau rintangan.
B         Jadi, kita akan mendapat ujian kesabaran, kekuatan kita dengan berbagai cobaan yang memerlukan berbagai cara untuk mengatasi.
C         Begitulah manusia dan pedati supaya akan menempuh suatu jalan yang mulus penuh rintangan dan kendala yang sangat berbahaya.
D         Maka, kita harus mengetahui apa yang harus dilakukan saat melalui rintang agar dapat dengan mudah mencapai sesuatu yang diinginkan.
E          Jadi, kehidupan manusia menuju kebahagiaan ibarat mengemudi pedati menuju suatu tempat dengan beragam kondisi jalan yang ditempuhnya.










37.    Cermati paragraf berikut!
Berbagai jenis bunga tumbuh di taman di depan rumahku. Ada mawar, anyelir, bougenvil, dan lain-lain. ... Rumput-ruput di pinggir taman itu terpangkas rapi. Pohon bonsai di tengah taman dibentuk sangat unik dan terkesan artistik. Di sudut taman terdapat pula kolam kecil yang diperindah dengan air mancur yang mencurat sehingga memberikan kesan sejuk dan nyaman.

Kalimat deskripsi  yang  tepat  untuk  melengkapi kalimat yang rumpan dalam paragraf tersebut adalah ... .
A         Semua tanaman indah itu ditanam untuk hiasan rumah.
B         Bunga-bunga itu tampak tumbuh subur dan tertata.
C         Tanaman liar tidak terlihat ada tumbuh di sekitar taman.
D         Bunga yang indah seakan memikat orang yang melihatnya
E          Sudah banyak muncul bunga dan mekar semerbah baunya.

38.    Cermati paragraf berikut!
Seruling bambu yang ditiup anak gembala yang sedang duduk di atas punggung kerbaunya terdengar ... . Dia mendendangkan lagu berirama melayu. Tangannya ... menutup buka lobang sulingnya. Kepalanya pun ikut bergoyang mengikuti irama suling. Kebau yang ditungganinya terlihat ... seakan menikmati nyanyian sang gembala.  

Frasa adjektiva yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ... .
A         sangat merdu, sangat lemah, sangat gembira
B         sangat indah, sangat lemah, sangat gembira
C         sangat merdu, sangat lincah, sangat terang
D         sangat merdu, sangat lincah, sangat gembira
E          sangat indah, sangat lemah, sangat terang

39.    Cermati paragraf berikut!
(1) Banyak orang merasakan bahwa teknologi informasi dapat menggantikan cara konventional. (2)  Banyak orang mencari sumber untuk acuan penulisan. (3) Pencarian data melalui search engine, chatting, mendengarkan musik, dan sebagainya pada tahapan ini pun orang sudah mulai menginvestasikan kepada perangkat komputer. (4) Dari manfaat yang didapatkan, teknologi informasi mulai digunakan dan diterapkan untuk membantu operasional dalam proses bisnis. (5) Misalnya perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan menyediakan informasi jasa dan produk yang ditawarkan tanpa dibatasi waktu dan ruang.

Perbaikan kalimat bernomor 2 dalam paragraf tersebut adalah … .
A         Orang mulai melihat kelebihan lainnya, seperti menggantikan sarana pengiriman surat dengan surat eletronik (e-mail).
B          Ternyata banyak kelebihan lainnnya, seperti menggantikan sarana komunikasi dengan surat eletronik (e-mail).
C          Tidak perlu lagi menulis tangan karena sudah ada alat yang canggih dan mudah menggunakannya.
D         Tidak heran, pada zaman sekarang anak-anak sudah mampu mengoperasikan alat-alat teknologi canggih.
E          Sudah saatnya kita beralih prinsip ke zaman teknologis agar tidak ketinggalan dengan Negara-negara maju.

40.    Cermati paragraf berikut!
Pernahkah kamu mendengar peribahasa "...". Ini ditujukan untuk orang yang sudah meninggal, tetapi pada masa hidupnya dia seorang yang baik, suka membantu, mudah bergaul. Dengan kata lain, sewaktu hidupnya selalu melakukan kebaikan sehingga banyak yang menyenanginya.

Peribahasa yang tepat untuk melengkapi pada paragraf tersebut adalah ... .
A         mutiara sekalipun dia tenggelam di dalam lumpur tetap berkilau
B          dalam laut dapat diduga, dalam hati tiada seorang pun yang tahu
C          pikir dahulu pendapan, sesal kemudian tidak akan berguna
D         berlayar sampai ke pulau, berjalan sampai ke batas tujuan
E          gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang

41.    Cermati paragraf berikut!
Di langit lepas aku melihat burung terbang bebas, seolah sedang mengantarkan sore merangkul senja, merelakan warna biru langit perlahan beralih menjadi lembayung jingga keemasan. Burung itu terbang … . Tampaknya burung itu ingin … menikmati sore yang indah. Mereka terbang … seakan berirama. Sungguh pemandangan yang sangat elok untuk dinikmati. Tiba- tiba rentetan tanya menghampiriku. Hendak ke mana burung-burung itu, ke sarangnya, dan di mana sarangnya? Entahlah.
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah … .
A         berbondong-bondong, bersenang-senang, meliuk-liuk
B          berbondong-bondong, senang-senangan, meliuk-liuk
C          bondong-berbondong, bersenang-senang, meliuk-liukan
D         berbondongan-bondongan, senang-senangan, meliuk-liukan
E          bondong-berbondong, menyenang-nyenangkan, liuk-meliuk

42.    Cermati paragraf berikut!
Pengangkatan anak Indonesia oleh orang asing itu merupakan tindakan yang memalukan seluruh bangsa.…, harus dicegah. Perlulah kita mengadakan berbagai penelitian … pemikiran kembali … sebenarnya dalam hal itu masih banyak terdapat hal-hal positif, yang justru membantu kita menyelesaikan beberapa masalah yang mendesak… kita mau jujur pada diri kita sendiri.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah … .
A         jadi, atau, sehingga, kalau
B          akan tetapi, dan, lalu, atau
C          oleh karena itu, dan, sebab, kalau
D         namun, tetapi, sebab, jika
E          bilamana, jika, sehingga, jika

43.    Cermati paragraf berikut!
Kami merasa terharu menyaksikan kejujuran Anda. Jarang kami menjumpai orang sejujur Anda. Oleh sebab itu, wajiblah kami menghormati Anda. Bahkan, sangat layak bila Anda, kami ... .
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ... .
A         angkat tangan.
B         bertekuk lutut.
C         membuka hati
D         acungkan jempol.
E          tersenyum lebar.

44.    Cermati paragraf berikut!
Pada tahun pelajaran 2014-2015 SMA Negeri Purwokerto mulai menyosialisasikan informasi tentang pengembangan kelas berbasis kecerdasan majemuk. Hal ini dilakukan untuk … kelas khusus baru  di samping kelas olahraga yang telah ... sejak lima tahun terakhir. Kelas khusus ini ... mampu mengangkat nama baik sekolah.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ... .
A         memopulerkan, perkembangan, pengharapan
B          memopulerkan, berkembangnya, berharap
C          mempopulerkan, pengembangan, harapan
D         memopulerkan,  pengembangan, diharapkan
E          memopulerkan, dikembangkan, diharapkan

45.    Cermati paragraf  prosedur berikut!
Dari pada hal-hal yang diuraikan diatas, agaknya dapatlah ditariksimpulan yang mana sebaiknya kita-kita tidak terburu-buru menilai seseorang.
Perbaikan kalimat tersebut yang tepat adalah … .
A         Dari hal-hal yang yang diuraikan diatas, dapatlah ditarikkesimpulan bahwa sebaiknya kita kita tidak terburu-buru menilai seseorang.
B          Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebaiknya kita jangan terburu-buru menilai seseorang.
C          Dari hal-hal yang telah diuraikan tersebut, agaknya disimpulkan bahwa jika kita kita jangan terburu-buru menilai seseorang.
D         Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan jika sebaiknya kita janganglah terburu-buru menilai seseorang.
E          Dari pada hal-hal yang diuraikan, dapatlah ditariksimpulan yang sebaiknya kita-kita tidak terburu-buru menilai seseorang.

46.    Cermati paragraf  sebab-akibat berikut!
Sistem pendidikan di Indonesia yang dikembangkan sekarang ini masih belum memenuhi harapan. Hal ini dapat terlihat dari keterampilan membaca siswa kelas IV SD di Indonesia yang berada pada peringkat terendah di Asia Timur setelah Philipina, Thailand, Singapura, dan Hongkong.Selain itu, berdasarkan penelitian, rata-rata nilai tes siswa SD kelas VI untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA dari tahun ke tahun semakin menurun. Anak-anak di Indonesia hanya dapat menguasai 30% materi bacaan. Kenyataan ini disajikan bukan untuk mencari kesalahan penentu kebijakan, pelaksana pendidikan, dan keadaan yang sedang melanda bangsa, tapi semata-mata agar kita menyadari sistem pendidikan kita mengalami krisis.
Kalimat sebab-akibat  sesuai dengan teks tersebut adalah … .
A         Rendahnya kemampuan siswa SD dalam membaca, pelajaran bahasa Indonsia, matematika, dan IPA karena sistem pendidikan di Indonesia masih belum memadai.
B         Keterampilan membaca siswa kelas IV SD di Indonesia rendah karena berada pada peringkat terendah di Asia Timur setelah Philipina, Thailand, Singapura, dan Hongkong.
C         Rata-rata nilai tes siswa SD kelas VI untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA dari tahun ke tahun semakin menurun karena berdasarkan penelitian
D         Anak-anak di Indonesia hanya dapat menguasai 30% materi bacaan sebab kenyataan ini disajikan bukan untuk mencari kesalahan penentu kebijakan dan pelaksana pendidikan.
E          Keadaan pendidikan bangsa dapat dikatakan tertinggal karena kita tidak menyadari sistem pendidikan kita mengalami krisis.

47.    Cermati paragraf berikut!
Hal yang dipandang sebagai salah satu alternatif pemecahan-pemecahan masalah besar yang dihadapi oleh sebuah rumah tangga adalah tidak memiliki anak. Untuk itu mereka …anak.
Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah … .
A         adopsi
B          mengadaptasi
C          beradaptasi
D         beradopsi
E          mengadopsi














48.    Cermati puisi berikut berikut untuk menjawab soal nomor 48 dan49!
Perhelatan bisa kacau tanpa kehadiran lelaki itu. Gulai kambing akan terasa hambar lantaran racikan bumbu tidak meresap ke dalam daging. Kuah gulai kentang dan gulai rebung bakal encer karena keliru menakar jumlah kelapa parut hingga setiap menu masakan kekurangan santan. Akibatnya, berseraklah fitnah dan cela yang mesti ditanggung tuan rumah. Bukan karena kenduri kurang meriah, tidak pula karena pelaminan tempat bersandingnya pasangan
pengantin tak sedap dipandang mata, tetapi karena macam-macam hidangan yang tersuguh tak menggugah selera. Nasi banyak gulai melimpah, tetapi helat tak bikin kenyang. Ini celakanya bila Makaji, juru masak handal itu tidak dilibatkan.
Juru Masak oleh Damhuri Muhammad

Kalimat (resensi) menyatakan keunggulan cerpen berdasarkan kutipan sastra tersebut adalah … .
A         Pendeskripsian suasana dalam cerpen disajikan dengan bahasa yang sederhana dan sangat biasa.
B          Diksi yang digunakan dalam cerpen banyak menggunakan kata kias sehingga kesannya lebih  dalam.
C          Tidak ada kesulitan yang dirasakan sewaktu membaca cerpen ini sehingga dapat meju tarus membacanya.
D         Kemenarikan cerpen ini karena menyuguhkan adat tradisional berupa makanan khas pada saat pesta perkawinan.
E          Resep masakan yang dijelaskan dalam cerpen dapat menginspirasi untuk mencobanya sendiri.

49.    Kalimat esai berdasarkan puisi tersebut adalah … .
A         Tentulah akan menarik siapa saja yang membaca cerita pendek ini.
B          Membaca cerpen ini terasa sekali warna lokalnya Sumatera Barat.
C          Juru masak dalam cerpen ini menunjukkan bahwa perhelatan besar.
D         Nuansa kampung dalam kutipan hanya bisa dinikmati masyarat setempat.
E          Disajikan dalam cerpen ini kehidupan masyarakat pada suatu perkampungan.

50.    Kalimat kritik berdasarkan kutipan sastra tersebut adalah … .
A         Kelompok kata ”berseraklah fitnah” dalam terlalu bombastis
B          Kalimat yang digunakan sangat lugas, tanpa kiasan.
C          Ditemukan kata kedaerahan yang menyulitkan pemahamannya perhelatan.
D         Ditemukan kata tidak baku, antara lain: mesti,bikin, tak (kebebasan pengarang)
E          Gambaran pelaminan tempat bersandingnya pasangan menggambarkan sesuatu yang baru.



Soal Baru

(try out ke 1 2013/2014)
(1) Banyak manfaat yang bisa diserap dari pameran puisi. (2 )Yang pasti, para penyair bisa berkomunikasi dan berdialog langsung dengan masyarakat. (3) Masyarakat menjadi semakin dekat dengan penyair. (4) Selanjutnya, masyarakat belajar mengenal  dan memahami puisi sebagai bagian dari khasanah kebudayaan. (5) Para penyair pun tidak lagi merasa sendiri dan terasing dengan dunia luar.

1.      Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada ...                  (try out ke 1 2013/2014)
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)
E.     (5)

2.      Ide pokok paragraf di atas adalah ...                                      (try out ke 1 2013/2014)
A.    Pemanfaatan pameran puisi
B.     Cara memperkenalkan puisi
C.     Perlunya memperkenalkan puisi
D.    Manfaat pameran puisi
E.     Pengenalan puisi melalui pameran

(un 2008/2009)
Terbitnya buku Kraton Jogja selain menambah bacaan diharapkan juga bisa menggunggah provinsi lain untuk mengangkat simbol dan filosofi budayanya masing-masing. Hal ini agar terdapat dialog dan transformasi di kalangan masyarakat. Demikian dikatakan Sultan Hamengku Buwono X dalam peluncuran buku Kraton Jogja di Gandaria Height, Jakarta, Rabu 25 Juni. Sultan menambahkan, melalui buku dan dialog, masyarakat etnik akan saling kenal sehingga dapat saling mengharagai. Hal ini menurut Sultan Hamengku Buwono X dinilai penting karena dewasa ada kecenderunganuntuk melupakan hal-hal yang bernuansa kearifan lokal. Padahal, dari kearifan lokal dapat dibangun kebersamaan sebagai suatu negara. 

3.      Mengapa Sultan Hamengku Buwono X menganggap penting adanya buku dan dialog? ... (un 2008/2009)
A.    Karena masyarakat Jogjakarta telah menerbitkan buku berjudul Kraton Jogja.
B.     Karena buku Kraton Jogja mengangkat simbol dan folosofi budaya masyarakat.
C.     Karena dewasa ini terdapat gejala pada masyarakat melupakan nuansa kearifan lokal.
D.    Karena melalui buku dan dialog, masyarakat akan memahami simbol dan filosofi budaya.
E.     Karena dengan buku dan dialog kita dapat membangun bangsa.



(try out ke 1 2013/2014)
(1) Ada dua industri pengolahan ikan yang dominan di kawasan Pelabuhan Peikanan Pantai Tegalsari, Kota Tegal, Jawa Tengah, yaitu industri fillet dan pengeringan ikan. (2) Selain itu terdapat pula industri-industri pengolahan limbah ikan, seperti pengolahan kulit ikan menjadi kerupuk serta industri pengeringan kepala, duri, dan sisik ikan. (3) Kepala dan duri ikan yang berasal dari limbah fillet dikeringkan untuk kemudian digiling dan dijual ke pabrik pembuat pakan ayam. (4) Sayangnya, sisa produksi, seperti air pencuci ikan dan kotoran ikan masih terbuang secara bebas. (5) Wali Kota Tegal kini bekerja sama dengan salah satu universitas swasta di Jakarta untuk mencari rumusan penyelesaian masalah limbah ikan.

4.      Kalimat sumbang pada paragraf tersebut adalah ...                (try out ke 1 2013/2014)
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)
E.     (5)

(try out ke 1 2013/2014)
Jumlah pengguna narkoba saat ini semakin meningkat dan jumlah yang telah terinfeksi virus hepatitis C dan HIV/AIDS juga semakin bertambah. Tidak hanya itu jika, kita melihat realita yang ada saat ini pengguna jarum suntikpun semakin bertambah. Berdasarkan data yang diperoleh dari RS Fatmawati Jakarata, jumlah pengguna menyebar ke segala jenis  kelamin, umur dan ras. Dari sekian banyak pengguna tersebut, mayoritas tidak mengetahui bahaya narkoba serta tidak mengetahui informasi yang benar tentang bahaya narkoba. Hal ini menyebabkan mayoritas dari mereka secara terus-menerus menggunakan narkoba sampai sekian lamanya.

5.      Makna kata terinfeksi pada paragraf tersebut adalah ...                      (try out ke 1 2013/2014)
A.    Terkena bibit penyakit
B.     Penyebaaran bibit penyakit
C.     Terjangkit bibit penyakit
D.    Peradangan bibit penyakit
E.     Perkembangbiakan bibit penyakit

(un 2010/2011)
Aktivitas masyarakat dalam menyambut tahun baru, bagai angin lalu yang pergi begitu saja tanpa makna. Penyambutan tahun baru itu hanya berupa pesta pora dan hura-hura yang tidak memberikan keuntungan sedikit pun kepada masyarakat. Masyarakat justru mengorbankan harta bendanya untuk penyambutan tahun barudan mereka sendiri yang merasakan dampak buruknya.

6.      Tujuan penulis menyampaikan informasi tersebut kepada pembaca adalah ... (un 2010/2011)
A.    Menginformasikan bahwa mereka merayakan tahun baru dengan berpesta bagaikan angin lalu saja.
B.     Mengimbau agar merayakan tahun baru cukup berpesta bersama keluarga dan teman-teman.
C.     Menjelaskan bahwa merayakan tahun baruitu ada dampak positif dan dampak negatifnya.
D.    Menasehati supaya mengeluarkan uang untuk merayakan tahun baru jangan sampai mengorbankan harta.
E.     Mengingatkan bahwa merayakan tahun baru tidak ada gunanya dan berdampak buruk.

(un 2017)
Teks 1
Teks 2
  Gajah sumatera adalah subspesies dari gajah Asia yang hanya berhabitat di Pulau Sumatera.
  Gajah sumatera berpostur lebih kecil daripada spesies gajah india. Sejak 2000 sampai 2700 gajah sumatera tersisa di alam liar berdasarkan survei tahun 2000. Sebanyak 65% populasi gajah sumatera lenyap akibat dibunuh manusia dan 30% kemungkinan diracuni.
  Sekitar 83% habitat gajah sumatera telah menjadi wilayah perkebunan.
  Kelinci adalah hewan mamalia. Dahulu hewan ini adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Pada perkembangannya tahun 1997, kelinci diklasifikasikan dalam ordo Logomorpha. Ordo ini dibedakan menjadi dua famili, yakni ochionidae dan laporidae. Kelinci berasal dari bahasa belanda. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Nusantara mulai mengenali kelinci saat masa kolonial. Padahal di Pulau Sumatera ada satu spesies kelinci sumatera yang baru ditemukan pada tahun 1972.   

7.      Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah ...          (un 2017)

Teks 1
Teks 2
A.
Habitat kelinci sumatera
Habitat gajah sumatera
B.
Habitat gajah
Populasi gajah
C.
Perkembangan gajah sumatera
Populasi kelinci sumatera
D.
Pembagian jenis gajah sumatera
Sejarah penemuan kelinci sumatera
E.
Populasi gajah sumatera
Perkembangan kelinci sumatera






Bacalah dengan cermat!                                                                                                      (un 2011/2012)
(1) Pendidikan soal kelautan perahu dikenalkan kembali kepada para pelajar untuk menyakinkan bahwa Indonesia merupakan negara bahari. (2) Selama ini pendidikan soal kelautan diabaikan dan lebih banyak menitikberatkan soal potensi daratan. (3) Sebagian besar wilayah Indonesia merupakan kelautan dan Indonesia pun pernah jaya dibidang kelautan. (4) Menurut pakar pendidikan, wawasan kebaharian bisa ditanamkan kepada anak-anak dengan memberikan pelajaran sejarah dengan lebih dengan mengendapkan kisah-kisah sejarah di laut. (5) Melalui pendidikan yang beroriented ke laut, diharapkan sumber daya manusia di pesisir akan mampu bersaing secara global.

8.      Kalimat yang menggunakan kata tidak baku adalah ... (un  2011/2012)
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)
E.     (5)

(try out ke 1 2013/2014)
(1) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kemarin menyetujui kenaokan 7,25 persen besaran kebutuhan hidup layak menjadi Rp 1.978.789. (2) Besaran ini menjadi dasar penghitungan upah minimum tahun depan, selain memasukkan besaran inflasi dan pertumbuhan ekonomi. (3) Di sisi lain, para pengusaha pemberi kerja dihadapkan pada situasi tidak mudah. (4) Produk mereka harus bersaing di dalam negeri dengan produk asal impor ataupun produk yang sama di pasar luar negeri. (5) Mereka mengeluhkan tidak adanya kepastian hukum dalam berinvestasi dan berproduksi. (6) Ada kesan, tidak ada perlindungan dari pemerintah bagi pengusaha dalamunjuk rasa buruh yang menggunakan tekanan dan pemaksaan sehingga mengganggu produksi. (7) Dalam pertemuan para duta besar negara-negara Uni Eropa dengan Kompas, Kamis lalu, mereka menanyakan kebijakan perburuhan dalam kaitan dengan investas.

9.      Kalimat fakta dalam paragraf di atas terdapat pada ...                       (try out ke 1 2013/2014)
A.    (1), (2), (3)
B.     (1), (5), (7)
C.     (3),( 4), (5)
D.    (3), (4), (6)
E.     (5), (6), (7)

(try out ke 2 2013/2014)
Karl May penulis Jerman yang sangat populer yang lahir tahun 1842. Sejak lahir, Karl kecil menderita cacat buta karena kekurangan gizi. Untungnya, saat ia berumur 5 tahun, Karl kecil dioperasi sehingga ia bisa melihat lagi. Kira-kira umur 27 tahun, Karl yang sudah remaja dipenjara selama 7 tahun karena dituduh mencuri. Hebatnya, selama di penjara, Karl banyak membaca, terutama buku geografis. Dari itulah Karl mendapat ilham untuk menulis buku petualangan sementara ia sendiri tidak pernah berpetualang. Ia pun menjadi terkenal. Antara penggemar karyanya adalah Adolf Hitler, Albert Einsten, Hermann Hesse dan Bertha Suttner. Konon, remaja Indonesia tahun 30-an (yang kemudian dikenal sebagai perintis kemerdekaan) mengenal arti kemerdekaan setelah membaca buku-buku Karl May.

10.  Keteladanan tokoh Karl May dalam kutipan tersebut adalah ...        (try out ke 2 2013/2014)
A.    Kehidupannya selalu diwarnai dengan penderitaan hingga ia dipenjarakan
B.     Kehidupannya yang sulit sejak kecil samapai remaja dijadikan cambuk untuk berkarya.
C.     Ketekunannya dalam membaca buku-buku membuatnya terkenal di dunia.
D.    Walaupun dalam keadaan buta, ia tetap bersemangat membaca buku-buku geografis.
E.     Perjuangannya melawan kemiskinan dengan merintis kemerdekaan.

Cermati paragraf biografi berikut!                                                                          (un 2011/2012)
Y.B Mangunwijaya, dilahirkan di Ambarawa (Jawa Tengah), 6 Mei 1929. Setelah menamatkan pendidikan Seminarium di Yogyakarta, ia lalu melanjutkan pendidikan ke Jerman Barat dan lulu sebagai insinyur jurusan teknik tahun 1966. Selain menjabat sebagai pastur, juga menjadi dosen sejarah kebudayaan di Universitas Gajah Mada. Dengan demikian, dia dikatakan sastrawan komplit. Y.B Mangunjaya dikenal juga sebagai kolumnis pada harian Kompas. Kumpulan tulisannya dalam buku harian tersebut telah terbit dengan judul Puntung-puntung Roro Mendut (Gramedia, 1979) 

11.  Mengapa Y.B Mangunwijaya dikatakan sastrawan komplit? (un 2011/2012)
A.    Ia insinyur jurusan teknik dan dosen sejarah kebudayaan.
B.     Sering menulis di kolom surat kabar (kolumnis).
C.     Seorang penganut agama yang taat dan berwawasan luas.
D.    Ia bersekolah di Indonesia, di Jerman, dan di seminarium.
E.     Ia berprofesi sebagai dosen, sastrawan, dan pastur.

Bacalah paragraf berikut!                                                                                        (un 2015/2016)
Pembelajaran yang menyenangkan bisa diwujudkan ketika guru menyadari bahwa fokus para anak didiknya mulai menurun. Jika guru paham serta peka kondisi seperti ini guru bisa mengisi kegiatan dengan humor-humor singkat yang menyegarkan pikiran. Jeda untuk menyegarkan pikiran mungkin tidak menghambat ketuntaskan pembelajaran. Tujuan pembelajaran bukan supayamateri cepat rampung, tetapi bagaimana kondisi jeda seperti itu bisa dimanfaatkan secara maksimal.

12.  Istilah yang tepat untuk mengganti kata yang bercetak miring adalah ... (un 2015/2016)
A.    konstipasi
B.     kontroversi
C.     kolaborasi (bergabung/tim)
D.    konsentrasi
E.     konsisten (sesuai)

(try out ke 1 2013/2014)
(1) Ada dua industri pengolahan ikan yang dominan di kawasan Pelabuhan Peikanan Pantai Tegalsari, Kota Tegal, Jawa Tengah, yaitu industri fillet dan pengeringan ikan. (2) Selain itu terdapat pula industri-industri pengolahan limbah ikan, seperti pengolahan kulit ikan menjadi kerupuk serta industri pengeringan kepala, duri, dan sisik ikan. (3) Kepala dan duri ikan yang berasal dari limbah fillet dikeringkan untuk kemudian digiling dan dijual ke pabrik pembuat pakan ayam. (4) Sayangnya, sisa produksi, seperti air pencuci ikan dan kotoran ikan masih terbuang secara bebas. (5) Wali Kota Tegal kini bekerja sama dengan salah satu universitas swasta di Jakarta untuk mencari rumusan penyelesaian masalah limbah ikan.

13.  Kalimat opini penulis dalam paragraf tersebut adalah ...                    (try out ke 1 2013/2014)
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)
E.     (5)

(un 2017)
Badan Pusat Statistik memasukkan pangan sebagai penentu garis kemiskinan. Oleh karena itu, pemerintah berkepentingan menjaga harga pangan selalu stabil. Program presiden dalam masa jabatan keduanya adalah memastikan ada cadangan beras sepuluh juta ton yang harus diusahakan dari produksi dalam negeri. Keuntungan memproduksi sendiri pangan di dalam negeri adalah menghindarkan ketergantungan dari impor sehingga Indonesia memiliki ketahanan dan kedaulatan pangan. Memproduksi pangan di dalam negeri memberikan lapangan kerja di desa dan kota melalui kegiatan di ladang hingga industri pengolahan.
14.  Pihak yang dituju oleh redaksi dalam tajuk rencana tersebut adalah...          (un 2017)
A.    perusahaan
B.     pengimpor
C.     pemerintah
D.    masyarakat
E.     pedagang


Cermati kutipan naskah drama berikut dengan seksama!                                      (try out ke 1 2013/2014)
Dodo  : “Ka, bagaimana kamu sudah punya ide belum?”
Jaka    : “Gimana kalau kita membuat kerajinan tangan kemudian kita jual?”
Dodo  : “Kita butuh dana untuk membuat kerajianan itu.”
Jaka    : “Tidak usah khawatir, semua akan teratasi, karena akan ada teman kita yang juga mau
                 membantu.”
              “Sekarang mari kita ke rumahnya Susi, dia yang akan membantu.”
Susi     : “Kita harus membuat kerajinan yang menarik, kemudian kita jual dan untungnya bisa kita
                sumbangkan kepada korban bencana alam.”                  

15.  Masalah yang diungkapkan dalam kutipan naskah drama tersebut adalah ...  (try out ke 1 2013/2014)
A.    Seorang anak yang ingin membantu korban bencana alam.
B.     Seorang anak yang mencari dana untuk membantu korban bencana alam.
C.     Beberapa orang sahabat yang mencari dana untuk korban bencana.
D.    Beberapa anak bersahabat dan ingin menjadi sukarelawan di daerah bencana alam.
E.     Beberapa orang sahabat yang mencari dana untuk membantu anak-anak yang kelaparan.

(un 2012/2013)
PENERIMAAN
Kalau kau mau kuterima kau kembali
Dengan sepenuh hati

Aku masih tetap sendiri

Ku tahu kau bukan yang dulu lagi
Bak kembang sari sudah terbagi

Jangan tunduk! Tentang aku dengan berani

Kalau kau mau kuterima kau kembali
Untukku sendiri tapi

Sedang dengan cermin aku enggan berbagi
(Chairil Anwar)       

16.  Suasana dalam puisi tersebut adalah ... (un 2012/2013)
A.    Haru
B.     Sunyi
C.     Sedih
D.    Hening
E.     Romantis

(un 2016)
(1) “Siapa yang memberimu makanan ini?”
(2) “Martin, pemiliknya”.
(3) “Nanti kuucapkan terima kasih kepadanya.”
(4) “Tak usah,” kata anak itu. “Aku sudah mengucapkannya”.
(5) “Nanti kuberi dia daging perut ikan  besar,” kata lelaki tua itu. “Apakah dia memberi kita lebih
        dari sekali ini?”
(6) “Kukira begitu.”
(7) “Kalau begitu aku harus memberinya lebih dari seekor daging perut. Ia rupanya sangat
        memikirkan kita”.
(Lelaki Tua dan Laut, Ernest Hemingway)         

17.  Nilai moral yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ... (un 2016)
A.    Memberi makan kepada anak kecil.
B.     Menghormati orang yang lebih tua.
C.     Mengucapkan terima kasih atas kebaikan orang lain.
D.    Memberikan daging perut ikan besar kepada anak.
E.     Memikirkan kehidupan orang lain.

18.  Pernyataan yang menggambarkan tokoh lelaki tua berwatak tahu membalas budi terdapat pada kalimat ...            (un 2016)
A.    (1), (3), dan (5)
B.     (2), (4), dan (6)
C.     (3), (5), dan (7)
D.    (4), (5), dan (6)
E.     (5), (6), dan (7)

19.  Amanat yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ...   (un 2016)
A.    Sebaiknya kita mengucapkan terima kasih kepada setiap orang.
B.     Kita hendaknya hanya membantu orang lain yang mengalami kesulitan.
C.     Kita harus membalas budi baik orang lain.
D.    Membalas pemberian orang lain dengan pemberian yang lebih besar.
E.     Sisakan sebagian rezeki untuk membalas kebaikan orang lain.

Cermati kutipan berikut!                                                                                                 (un 2017)
(1) Mae masuk apartemennya yang lengang. (2) Lelah usai bekerja dan tak ada yang menyapanya ketika pulang. (3) Tiba-tiba saja Mae dilanda rasa kesepian. (4) Dia ingin menggunakan laptop, dia teringat barang tiu belum disentuhnya sejak kematian Kakek Yoshinaga. (5) Perhatiannya tercurah pada tugas-tugas kuliah, kedai ramen Nenek Osano, dan Miu. 

20.  Kalimat yang menyatakan latar tempat terdapat pada nomor ... (un 2017)
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)
E.     (5)

(un 2017)          
Cerpen 1
Cerpen 2
Teman-temannya senang mengolok-olok Joko. Mentang-mentang dia cuma anak pesuruh sekolah yang rumahnya di gang sempit. Sudah sepuluh tahun ibunya bekerja sebagai pembantu di sekolah ini. Untuk membantu ibunya, Joko harus membersihkan kelas setiap pagi satu jam sebelum pintu-pintu gerbang sekolah dibuka.    
Kalau beberapa tahun yang lalu Tuan datang ke kota kelahiranku dengan menumpang bis, Tuan akan berhenti di dekat pasar. Melangkahlah menyusuri jalan raya arah ke barat maka kira-kira sekilometer dari pasar akan sampailah Tuan di jalan kampungku. Pada simpang kecil ke kanan, beloklah ke jalan sempit itu. Dan ujung jalan itu nanti Tuan temukan sebuah surau tua. Di depannya ada kolam ika yang airnya mengalir melalui empat buah pancuran mandi.

21.  Hal dalam teks 1 yang dapat ditemukan dalam kehidupan saat ini adalah ...  (un 2017)
A.    Durhaka kepada orang tua karena tidak mampu
B.     Menyayangi orang tua walaupun tidak mampu
C.     Bekerja untuk biaya melanjutkan sekolah
D.    Bekerja untuk membantu adik-adik sekolah
E.     Menghina teman karena pekerjaannya orang tua

(try out ke 2 2013/2014)
hati ini kerajaan di dalam tubuh
jikalau zalim segala anggota pun rubuh                      

22.  Maksud gurindam tersebut adalah ...                          (try out ke 2 2013/2014)
A.    hati manusia ibarat raja di dalam tubuh untuk itu harus dirawat agar tidak sakit.
B.     Hati manusia bagaikan raja untuk itu ia menguasai segala kezaliman di dalam tubuh.
C.     Hati manusia menguasaitubuh maka jangan sampai rusak, agar tetap berdiri.
D.    Hati menguasai seluruh unsur dalam diri manusia jika rusak sudah tidak berarti lagi.
E.     Karakter manusia dikuasai oleh hati untuk itu jagalah hati dari kezaliman.

Bacalah kutipan berikut!                                                                                                ( un 2016)
Pembeli : “Ikan ini terlalu mahal dan tidak baik kualitasnya. Tampaknya ikan ini diberi formalin.
                    (Nyonya mencium ikan yang akan dibeli)”
Penjual : “Oh tidak, Nya. Ini baru dibeli dari nelayan. Ini asli tidak berformalin. Hanya diberi es agar
                   tetap segar.”
Pembeli : “Tapi, saya tahu benar dari bau yang tercium. Saya mau ikan yang baik. Apakah ada
                    pilihan?”
Penjual : “Baiklah Nyonya, saya akan ambilkan ikan yang masih segar.”  

23.  Hal utama yang disepakati dalam kutipan tersebut adalah ... (un 2016)
A.    Harga ikan
B.     Jenis ikan
C.     Berat ikan
D.    Kualitas ikan
E.     Kuantitas ikan

Cermati pantun berikut!                                                                                          (un 2011/2012)
Kalau pergi ke kota Palu
Singgahlah sebentar di Donggala
Kalaulah diri masih punya malu
...           

24.  Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ... (un 2011/2012)
A.    Kau tunggu akau untuk berbuka
B.     Janganlah pernah berkata dusta
C.     Kamu harus jaga berbicara
D.    Mulailah kamu menata suara
E.     Janganlah lupa mencuci muka

Cermati kutipan naskah drama berikut!                                                                              (un 2010/2011)
Rahim : Seluruh kaum kita akan mengira dan tidak percaya lagi pada mereka dan para badut yang
              berlakon pesta canda, sementara kebebasan berpikir kurang diberikan. (suara meninggi)
Polem : Bukan begitu. Mari kita berbuat, jangan seperti tong kosong nyaring bunyinya. (suata tinggi)
Rahim : Kata-kata yang kau ucapkan itu hanya sebagai slogan, sedangkan kenyataan yang kita temui
              malah sebaliknya, tidak boleh serba transparan (menatap Polem dengan tajam)
Polem : ... (membalas tatap Rahim)

25.  Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah ...  (un 2010/2011)
A.    Maksud kamu, tidak merdeka mengeluarkan pendapat.
B.     Ya, kita cobalah membangun sesuai keinginan kita.
C.     Itulah cita-cita kita selama ini merdeka atau mati.
D.    Orang yang sabar banyak diberi kemudahan dalam berbagai hal.
E.     Sayang sekali, saya tidak hadir dalam pertemuan penting itu!

Bacalah dua pantun berikut!                                                                                   (un 2015/2016)
Pantun 1

Orang naik menjerat rusa
Rusa digulai diberi sambal
Orang baik ingat usia
Usia dipakai mencari bekal
Pantun 2

Daun terap di atas dulang
Anak udang mati di tuba
Dalam kitab ada larangan
Yang haram jangan dicoba-coba  

26.  Perbedaan isi pantun tersebut adalah ... ( un 2015/2016)

Pantun 1
Pantun 2
A.
Berpesan agar kita membawa bekal.
Berpesan agar tidak melakukan hal yang haram.
B.
Hidup hendaknya digunakan untuk mencari bekal ke akhirat.
Kita tidak boleh melakukan hal yang terlarang.
C.
Menjerat rusa dapat digunakan sebagai bekal.
Kita dapat mencari udang di dulang.
D.
Daging rusa enak dimakan jika diberi sambal.
Kitab terlarang tidak boleh dibaca.
E.
Gulai rusa sangat baik untuk orang lanjut usia.
Hal yang haram tidak boleh dicoba-coba.


Cermati kalimat berikut!                                                                                         (un 2012/2013)
Guruku minggu lalu menulis karangan di surat kabar berjudul “pembinaan minat baca bagi siswa sekolah menengah atas”.  

27.  Penulisan judul karangan yangs sesuai dengan EYD adalah ...  (un 2012/2013)
A.    Pembinaan minat baca bagi siswa sekolah menengah atas
B.     Pembinaan minat baca bagi siswa Sekolah Menengah Atas
C.     Pembinaan Minat Baca Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas
D.    Pembinaan Minat Baca bagi Siswa Sekolah Menengah Atas
E.     Pembinaan Minat Baca bagi siswa sekolah menengah atas



Cermati deretan kalimat acak berikut!                                                                   (try out ke 2 2013/2014)
(1) Gafi dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa.
(2) Untuk memastikan kebenaran diagnosis dokter, darah Gafi dicek di laboratorium.
(3) Panas badan Gafi tidak turun-turun.
(4) Ternyata, dugaan dokter benar dan Gafi dianjurkan untuk dirawat di rumah sakit secara intensif.
(5) Kata dokter, Gafi Terkena demam berdarah.         

28.  Urutan kalimat tersebut yang tepat untuk dijadikan sebuah paragraf yang baik adalah ...     (try out ke 2 2013/2014)
A.    (1), (5), (3), (4), dan (2)
B.     (2), (1), (4), (5), dan (3)
C.     (3), (1), (5), (2), dan (4)
D.    (4), (3), (2), (1), dan (5)
E.     (4), (3), (1), (2), dan (5)

(un 2017)          
Cerpen 1
Cerpen 2
Teman-temannya senang mengolok-olok Joko. Mentang-mentang dia Cuma anak pesuruh sekolah yang rumahnya di gang sempit. Sudah sepuluh tahun ibunya bekerja sebagai pembantu di sekolah ini. Untuk membantu ibunya, Joko harus membersihkan kelas setiap pagi satu jam sebelum pintu-pintu gerbang sekolah dibuka.    
Kalau beberapa tahun yang lalu Tuan datang ke kota kelahiranku dengan menumpang bis, Tuan akan berhenti di dekat pasar. Melangkahlah menyusuri jalan raya arah ke barat maka kira-kira sekilometer dari pasar akan sampailah Tuan di jalan kampungku. Pada simpang kecil ke kanan, beloklah ke jalan sempit itu. Dan ujung jalan itu nanti Tuan temukan sebuah surau tua. Di depannya ada kolam ikan yang airnya mengalir melalui empat buah pancuran mandi.

29.  Kesamaan kedua teks cerpen tersebut yaitu unsur intrinsik yang berhubungan dengan ...   (un 2017)
A.    latar
B.     alur
C.     penokohan
D.    tokoh
E.     amanat

Bacalah teks berikut!                                                                                              (un 2015/2016)
(1) Siapkan blender.
(2) Masukkan buah strawberi blender.
(3) Masukkan air, es batu, dan gula secukupnya.
(4) Nyalakan blender dan tunggu hingga seluruhnya tercampur.
(5) Setelah selesai, matikan blender dan tuang jus ke dalam gelas.
(6) Jus strawberi dalam gelas siap dihidangkan.   

30.  Kalimat deklaratif (berita/pernyataan) yang terdapat dalam langkah-langkah tersebut terdapat pada nomor ...   (un 2015/2016)
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (5)
E.     (6)

Bacalah kalimat berikut!                                                                                                 (un 2016)
Kalimat pendapat : Kopi mampu membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.        
Kalimat Argumentasi :
(1)   Kopi memiliki kandungan senyawa bersifat antibakteri.
(2)   Kopi mampu membunuh bakteri yang ada dalam mulut.
(3)   Kopi memiliki cita rasa yang nikmat.
(4)   Kopi dapat mencegah gigi berlubang.
(5)   Kopi mengandung zat trignelline.

31.  Kalimat argumentasi yang mendukung pendapat tersebut adalah ... (un 2016)
A.    (1) dan (3)
B.     (2) dan (3)
C.     (2) dan (4)
D.    (3) dan (4)
E.     (3) dan (5)

Bacalah teks berikut dengan saksama!                                                                              ( un 2008/2009)
Beberapa pohon tanaman hias di halaman depan rumah itu setiap hari disiram dan pada waktu-waktu tertentu tidak terlewatkan diberi pupuk. Meskipun daunnya tumbuh subur, tanaman itu tidak mendapat sinar matahari karena terhalang oleh pohon-pohon kayu yang besar, yang ditanam di tepi pagar depan rumah ... sementara itu, tanaman hias sejenis yang ditanam di samping rumah mendapat sinar matahari dan tumbuh subur serta berbunga indah.   

32.  Kalimat yang berupa akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ... (un 2008/2009)
A.    Akibatnya, tanaman hias di halaman depan rumah tidak berbunga.
B.     Akibatnya, tanaman yang berbunga indah semua ditanam di samping rumah.
C.     Agar tanaman hias itu tumbuh subur.
D.    Jadi, pohon kayu besar di tepi jalan ditebang agar tanaman hias mau berbunga.
E.     Akibatnya, tanaman hias hanya mau berbunga bila mendapat sinar matahari.

(to sekolah 2013/2014)
Guru menugasi kami ... merangkum pelajaran halaman 63 ... bahan diskusi besok ... kami belajar Bahasa Indonesia.

33.  Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ... (to sekolah 2013/2014)
A.    kalau, buat, dan hingga
B.     untuk, sebagai, dan waktu
C.     agar, untuk, dan saat
D.    biar, supaya, dan bila
E.     bahwa, dan, dan waktu

Bacalah teks berikut dengan saksama!                                                                   try out ke 1 2013/2014)
Air embun pagi ternyata memiliki ... bagi kesehatan tubuh. Air embun bisa membuat kulit cerah dan tidak mudah keriput, dengan kata lain bisa membuat seseorang awet muda. Banyak ... yang juga ... air embun pagi. Ini dilakukan untuk membantukerja ginjal dan meningkatkan ... tubuh sekitar 20-30% lebih baik. Embun pagi juga bermanfaat bagi bayi berumur satu tahun yang belum bisa berjalan.

34.  Penulisan kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ... (try out ke 1 203/2014)
A.    manfaat, atlet, mengonsumsi, efesiensi
B.     manpaat, atlet, mengkonsumsi, efisiensi
C.     manpaat, atlit, mengonsumsi, efesiensi
D.    manfaat, atlet, mengkonsumsi, efesiensi
E.     manfaat, atlet, mengonsumsi, efisiensi

Bacalah kutipan berikut dengan saksama!                                                 (try out ke 1 2013/2014)
Teror sudah menjadi resiko dan bagian tak terpisahkan dalam bagian kehidupan dan karier Abraham Samad. Terlebih lagi saat dirinya memimpin KPK, melawan ..., dan berurusan dengan orang-orang yang terlibat kasus korupsi, ... teror yang dihadapinya semakin tinggi. Abraham Samad tidak pernah takut. Dia juga beruntung punya istri yang selalu memberi ... agar tidak gentar menghadapi ancaman-ancaman itu.   
35.  Kata serapan yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ... (try out ke 1 2013/2014)
A.    korupsi, intensif, suporter
B.     koruptor, intensitas, suport
C.     koruptor, intensif, suport
D.    koruptor, intensitas, suporter
E.     koruptor, intensivitas, support

Bacalah paragraf generalisasi berikut dengan cermat!                                                        (un 2010/2011)
Setelah dilakukan penilaian terhadap ulangan Bahasa Indonesia kelas XII IPA, yang memperoleh nilai 8 sebanyak 25 orang, nilai 7 sebanyak 4 orang, dan nilai 6 hanya 1 orang. Jumlah siswa 30 orang.

36.  Simpulan paragraf tersebut adalah ... (un 2010/2011)
A.    Dapat dikatakan nilai mereka baik.
B.     Belum dapat dikatakan mereka pintar.
C.     Mereka belum dikatakan siswa yanga pandai.
D.    Jadi, guru mereka boleh berbangga.
E.     Memang mereka anak yang rajin-rajin.

Cermati paragraf deskripsi berikut!                                                                      (un 2013/20114)
Kali kecil di depan rumah temanku terlihat sangat kotor. Warna airnya hitam pekat dan berminyak. Di pinggir kali, tampak pula tumpukan sampah yang umumnya berupa kantong plastik bekas. Kotoran-kotoran itu terlihat menghambat lajunya air mengalir atau membuat air tergenang ...

37.  Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ... (un 2013/2014)
A.    Dari genangan itu, tercium bau busuk yang menyengat hidung.
B.     Ini kesalahan warga setempat yang membuang sampah sembarangan.
C.     Kalau dibiarkan tentunya banjir akan melanda wilayah itu di musim hujan.
D.    Di sinilah perlunya pangadaan petugas kebersihan yang senantiasa bertugas.
E.     Dalam hal ini, bila terjadi banjir, tidak ada yang dapat disalahkan.

Cermati paragraf berikut!                                                                                        (un 2010/2011)
Udara pagi ini di persawahan ... dan ... Daun-daun pagi ditiup angin terlihat bergoyang pelan. Cuaca di langit ... tidak tertiup awan. Kuhirup udara dan tercium wangi dedaunan padi. Hatiku semakin terasa damai.

38.  Frasa adjektiva yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ... (un 2010/2011)
A.    hampir cerah, segar sekali, biru bersih
B.     sangat cerah, segar sekali, biru bersih
C.     sangat cerah, agak dingin, sangat kelabu
D.    hampir cerah, agak panas, biru kelabu
E.     begitu cerah, cukup segar, sangat putih

Cermati penutup surat berikut!                                                                                (to sekolah 2013/2014)
Atas perhatiannya kami tak lupa mengucapkan terima kasih yang tak terhingga.   

39.  Kalimat yang tepat untuk memperbaiki penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah ... (to sekolah 2013/2014)
A.    Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih tidak terhingga.
B.     Atas perhatiannya, kami mengucapkan terima kasih banyak.
C.     Atas perhatian Bapak, kami mengucapkan banyak terima kasih.
D.    Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
E.     Atas perhatian Bapak saya, mengucapkan terima kasih.

Cermati paragraf berikut!                                                                           (try out ke 2 2013/2014)
Dalam bidang budaya dan satra Sunda, K.F Holle banyak mempelajari sastra, tulisan, dan bahasa Sunda, di samping Satra Melayu, Arab, India, dan lainnya. Bahkan dalam berbahasa Sunda disebutkan  bahwa ia berbicara Sunda lebih baik dari orang Sunda itu sendiri.    

40.  Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ... (try out ke 2 2013/2014)
A.    lempar batu sembunyi tangan
B.     air bah batu bersibak
C.     seperti kerbau dicocok hidung
D.    di mana bumi dipijak di situ langit di junjung
E.     kalau takut dilimbur pasang, jangan berumah di tepi pantai

Perhatian Paragraf berikut dengan saksama!                                                         ( un 2011/2012)
Saat ini korupsi terkesan memasuki ... kehidupan bangsa. Reformasi yang diharapkan menuju Indonesia lebih baik ternyata tidak sesuai dengan apa yang ... Pemberantasan korupsi di negeri ini bagaikan ... yang tidak akan pernah terwujud.

41.  Kata ulang yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada paragraf tersebut adalah ...        (un 2011/2012)
A.    parah-parahnya, dicita-citakan, angan-angan
B.     sendi-sendi, dicita-citakan, angan-angan
C.     cita-cita, angan-angan, sendi-sendi
D.    angan-angan, dicita-citakan, sendi-sendi
E.     parah-parahnya, diangan-angankan, cita-cita

Cermati paragraf berikut!                                                                                        (un 2012/2013)
     Sepanjang tahun 2011, bank-bank nasional mampu meningkatkan kenaikan laba yang cukup besar. Jika bank-bank asing yang beroperasi di Indonesia malah bernasib beda. Sejumlah bank harus rela memperoleh laba pada tahun 2011 lebih kecil dibandingkan 2010.
     Mengutip laporan keuangan publikasi bank di situs Bank Indonesia (BI), tiga perusahaan mencatat penurunan laba. Laba Citi Bank menurun sehingga melambatnya bisnis perusahaan pascasanksi BI di divisi konsumen. Pendapatan pun turun, setidaknya beban usaha meningkat.

42.  Kata penghubung untuk mengganti kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ... (un 2012/2013)
A.    namun, bahwa, karena
B.     bahwa, agar, sementara
C.     namun, karena, walaupun
D.    karena, walaupun, padahal
E.     namun, karena, sementara

Bacalah paragraf narasi berikut!                                                                                         (un 2008/2009)
Begitulah. Dengan sabar si tukang parkir kemudian kembali bertanya dan bertanya kepada si pemilik kios dan kepada para pemuda itu agar mengetahui persoalan mereka secara jelas. Kemudian pemuda itu ... untuk meredakan suasana dan ketegangan. Sampai kemudian ia memegang tangan salah seorang yang tampaknya tidak dapat menahan emosinya.  

43.  Ungkapan yang tepat untuk mengisi bagian rumpang pada paragraf tersebut adalah ...  (un 2008/2009)
A.    Berpangku tangan
B.     Angkat tangan
C.     Jabat tangan
D.    Cuci tangan
E.     Turun tangan

Cermatilah paragraf rumpang tersebut!                                                                 (try out ke 2 2013/2014)
Setelah bertahun-tahun ... rumah Inggit Garnasih di Jalan Ciateul Nomor 8, Bandung, pada Kamis (23/12) diresmikan sebagai rumah bersejarah oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Peresmian itu ... upaya Pemprov Jabar ... kenangan Inggit dengan Soekarno itu sebagai museum.  

44.  Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...  (try out ke 2 2013/2014)
A.    terlantar, menandai, menjadikan
B.     terlantar, menandakan, menjadi
C.     terlantar, menandai, menjadikan
D.    ditelantarkan, menandai, menjadi
E.     menelantarkan, menandakan, menjadikan

Cermati penggunaan kaliamt berikut!                                                                     (un 2010/2011)
Dalam karya tulis ini, penulis mencoba memaparkan hasil daripada penelitian tentang berbagai manfaat-manfaat daripada tanaman obat.

45.  Perbaikan kalimat tersebut agar efektif adalah ... (un 2010/2011)
A.    Dalam karya ini penulis mencoba memaparkan hasil daripada penelitian berbagai manfaat tanaman obat.
B.     Dalam karya ini, penulis memaparkan hasil penelitian tentang manfaat tanaman obat.
C.     Dalam karya ini, penulis akan mencoba memaparkan hasil daripada penelitian tentang berbagai manfaat tanaman obat.
D.    Dalam karya ini penulis mencoba memaparkan hasil penelitian tentang berbagai manfaat tanaman obat.
E.     Dalam karya ini penulis mencoba memaparkan hasil daripada penelitian tentang berbagai manfaat tanaman obat.

(un 2015/2016)
Gula di pasar tradisional semakin lama semakin sedikit sehingga masyarakat kesulitan mendapatkannnya. Pasokan yang sedikit di pasar membuat harga gula melambung tinggi. Hal inilah yang mendorong pemerintah untuk melakukan impor gula dari negara tetangga dengan harapan mampu memenuhi kebutuhan pasar. Namun, ternyata kebijakan ini membuat para petani gula menjadi semakin terpuruk. Mereka mengeluhkan harga gula yang sangat murah dan tidak sebanding dengan biaya produksi yang mereka tanggung. Oleh karena itu, petani gula banyak yang gulung tikar.

46.  Pernyataan sebab akibat yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ... (un 2015/2016)
A.    Pasokan gula yang sedikit di pasar tradisional mengakibatkan harga gula melambung tinggi.
B.     Masyarakat kesulitan mendapatkan gula sehingga kondisi pasar tradisional sepi.
C.     Pemerintah melakukan impor gula untuk memenuhi kebutuhan pasar tradisional dan para konsumen yang mampu.
D.    Pasokan gula yang sedikit di pasar tradisional membuat petani gula terpuruk.
E.     Harga gula yang murah mengakibatkan para petani meningkatkan produksi gula.  

Cermati penggunaan istilah dalam kalimat berikut!                                                (un 2010/2011)
Kehadiran redaksional akan percuma jika hanya untuk mengoreksi pemakaian tanda baca, huruf besar, huruf miring, atau membuang kata-kata mubazir.

47.  Istilah yang tepat untuk menggantikan kata tercetak miring tersebut adalah ... (un 2010/2011)
A.    redaktur
B.     redaktor
C.     redaksi
D.    korektor
E.     koreksi



Bacalah penggalan resensi berikut!                                                            (try out ke 1 2013/2014)
Novel karya Armyn Pane dengan tabel 150 halaman ini mengungkapkan sejarah yang menggambarkan kehidupan segelintir manusia di zaman penjajahan. Cerita ini pernah ditolak oleh Balai Pustaka, ramai, dipuji dan dicela, tetapi akhirnya tidak urung menjadi salah satu novel klasik Indonesia yang harus dibaca oleh orang terpelajar Indonesia. Cerita sangat menarik, sederhana, dan komunikatif untuk ukuran pada zaman itu. 
48.  Kalimat resensi yang menunjukkan keunggulan sesuai isi teks tersebut adalah ... (try out 2013/2014)
A.    struktur bahasa dalam cerita sangat menarik dan mudah dipahami.
B.     Armyn Pane dengan lancar dan menarik hati pembaca.
C.     Dengan bahasa yang terpelihara pada zaman itu, Armyn berkisah.
D.    Laksana air mengalir Armyn Pane mengungkapkan ceritanya.
E.     Novel Armyn harus dibaca oleh orang terpelajar Indonesia.

Bacalah kutipan novel berikut!                                                                                                   (un 2016)
Ah, sebenarnya dia kagum pada laki-laki itu. Agaknya mesti beginilah makna dari setiap jiwa yang besar. Manusia besar, yang bakal tak pernah dicetak namanya dalam buku-buku pelajaran dan dikuliahkan oleh mahaguru-mahaguru. Sebab dia tak pernah menulis artikel dalam majalah, apalagi dalam surat kabar. Manusia besar ini, filosofi ini, akan berlaku dari dunia tanpa apa-apa, selain sejumput kesan-kesan tak beraturan pada sejumput orang lain tentang dia. Hanya itu. 
(Ziarah, Iwan Simatupang)

49.  Kalimat tanggapan (esai) yang sesuai dengan kutipan novel tersebut adalah ... (un 2016)
A.    Sebenarnya orang akan menilai kebesaran jiwa seorang melalui nama dan karya-karya yang dihasilkan.
B.     Laki-laki yang berjiwa besar itu telah meninggal dan namanya dicetak dalam buku-buku pelajaran.
C.     Orang berjiwa besar telah menulis ide, gagasan, dan segala yang dipikirkan dalam buku-buku pelajaran.
D.    Orang besar yang banyak dikagumi orang dalam cerita ini tidak banyak meninggalkan warisan kepada anak cucunya.
E.     Sesungguhnya kebesaran jiwa seseoranglah yang menumbuhkan kekaguman pada orang lain meski orang itu tidak meninggalkan sesuatu kepada kita.

Bacalah kutipan berikut ini dengan saksama!                                                         (un 2009/2010)
Tiada berapa lama antaranya datanglah dokter yang dipanggil Yusuf, Maria diperiksanya sangat teliti dan akhirnya ia tiada sangsi lagi, bahwa Maria mendapat penyakit batuk darah. Sakit malaria yang sangat melemahkan badannya rupanya memberi kesempatan kepada penyakit TBC yang sudah lama dikandungannya. Kepada Yusuf diberi dokter itu nasihat selekas-lekasnya membawa Maria ke rumah sakit, supaya di sana dapat diperiksa dan diobati selanjutnya.      
Layar Terkembang, Sultan takdir
Alisyahbana

50.  Kalimat kritik yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah ... (un 2009/2010)
A.    Penyajian kondisi tokoh kurang logis, (Maria) menyidap penyakit TBC yang baru diketahui dalam keadaan parah.
B.     Penyakit malaria pada masa itu, tahun 1920-an, memang merupakan penyakit yang berbahaya karena dapat mengakibatkan kematian.
C.     Alangkah mulianya dokter yang di panggil Yusuf, mau datang ke rumah dan memeriksa Maria dengan teliti.
D.    Penyakit malaria memang selalu mengakibatkan timbulnya penyakit lain karena lemahnya daya tahan tubuh.
E.     Penyakit TBC harus diwaspadai terutama pada orang-orang yang pernah terkenal malaria tropi.



Comments

Popular posts from this blog

"Perbaikan Latihan dan Pas Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41" "Dimas Aditya Wardana"

SOAL BARU Bacalah teks berikut (1) Transplantasi ginjal tidak mudah untuk di ‐  lakukan. (2) Selain faktor biaya, donor yang cocok juga tidak mudah untuk ditemukan. (3) Sementara itu, cuci darah juga akan membebani, baik secara material maupun psikis. (4) Biaya transplantasi ginjal sebesar lima puluh juta rupiah. (5) Pasien diharuskan menyediakan uang minimal sebesar biaya tersebut. 1.    Kalimat utama paragraf tersebut adalah … (Soal UN 2014) A.       1 B.        2 C.        3 D.       4 E.        5 Pendidikan merupakan modal yang sangat penting dalam membangun bangsa . Tidak saja untuk mencapai kesejahteraan masyarakat,  tetapi juga dalam membangun jati diri bangsa.   Insan ‐  insan terdidiklah  yang akan berperan besar mem ‐  bangun bangsa dalam mencapai kesejahteraan dan keadilan...
PEMBAHASAN SOAL PERBAIKAN LATIHAN 1 BAHASAN INDONESIA (SOAL LAMA) Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2 Pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik meyisipkan peristiwa sejarah dengan harapan dapat memperkuat kepribadian peserta didik dengan menghayati nilai nilai perjuangan dan pengorbanan seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan. Pembelajaran ini juga dimaksudkan untuk menanamkan sikap positif dalam diri peserta didik terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa identitas bangsa yang harus dijunjung tinggi yang harus tercermin dalam sikap berbahasa, baik lisan maupun tulis. Bahasa Indonesia merupakan cerminan sikap dan jati diri bangsa Indonesia di lingkungan pergaulan dunia global. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah ... A.       cara memperkuat kepribadian peserta didik melalui materi pembelajaran B.       penghargaan pengorban...