Nama : Indah Lestari
Kelas : XII MIPA 3
Soal Lama
Kelas : XII MIPA 3
Soal Lama
Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
(1) Sektor pertanian merupakan sektor
yang mempunyai peranan strategis dalam struktur pembangunan perekonomian
nasional, tetapi tidak mendapatkan perhatian secara serius dari pemerintah
dalam pembangunan bangsa. (2) Mulai
dari proteksi, kredit hingga kebijakan lain tidak satu pun yang menguntungkan
bagi sektor ini. (3) Program-program pembangunan pertanian yang tidak terarah
tujuannya. (4) Bahkan sektor ini semakin menjerumuskan pada kehancuran. (5)
Padahal sektor ini merupakan sektor yang sangat banyak menampung luapan
tenaga kerja dan sebagian besar penduduk kita tergantung padanya.
|
1.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah … .
A
(1)
B
(2)
C
(3)
D
(4)
E
(5)
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3!
Pembangunan pertanian di Indonesia dianggap
penting dari keseluruhan pembangunan nasional. Ada
beberapa hal yang mendasari mengapa pembangunan pertanian di Indonesia
mempunyai peranan penting, antara lain: potensi Sumber Daya Alam yang besar
dan beragam, pangsa terhadap pendapatan nasional yang cukup besar, besarnya
pangsa terhadap ekspor nasional, besarnya penduduk Indonesia yang menggantungkan hidupnya pada sektor
ini, perannya dalam penyediaan pangan masyarakat dan menjadi basis
pertumbuhan di pedesaan.
|
2.
Ide pokok paragraf tersebut adalah ... .
A
potensi
Sumber Daya Alam yang besar dan beragam
B
yang
menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian
C
beberapa hal
yang mendasari pembangunan pertanian
D
pentingnya
peranan pembangunan pertanian di Indonesia
E
pangsa
terhadap pendapatan nasional yang cukup besar
3.
Mengapa
pembangunan pertanian di Indonesia mempunyai
peranan penting?
A
Pertanian di Indonesia belum terlaksana dengan baik dan
masih perlu perhatian.
B
Masyarakat menginginkan pemerintah membantu berbagai
keperluan alat pertanian.
C
Penduduk Indonesia
yang menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian.
D
Harus memfasilitasi berbagai kepentingan pertanian yang
masih tertinggal.
E
Mengubah nasip para petani agar para petani mendapatkan
kehidupan yang layak.
Teks berikut untuk menjawab soal nomor 4,5, dan 6,
bacalah dengan cermat!
(1) Pembangunan pertanian pada masa mendatang tidak hanya dihadapkan
untuk memecahkan masalah yang ada, tetapi juga pada tantangan untuk
menghadapi perubahan tatanan politik di Indonesia. (2) Perubahan tersebut
yang mengarah pada era demokratisasi yakni tuntutan otonomi daerah dan
pemberdayaan petani. (3) Di samping itu, dihadapkan pula pada tantangan untuk
mengantisipasi perubahan tatanan dunia yang mengarah pada globalisasi dunia. (4) Oleh karena itu, pembangunan
pertanian di Indonesia tidak saja dituntut untuk menghasilkan produk-produk
pertanian yang berdaya saing tinggi, tetapi juga mampu mengembangkan
pertumbuhan daerah serta pemberdayaan masyarakat. (5) Terdapat beberapa rekomendasi, tawaran,
saran, masukan, dan juga tuntutan hasil dari pemikiran mahasiswa-mahasiswa
pertanian Indonesia.
|
4.
Kalimat yang tidak
padu dalam paragraf tersebut adalah bernomor … .
A
(1)
B
(2)
C
(3)
D
(4)
E
(5)
5.
Makna istilah globalisasi dalam teks tersebut adalah … .
A
keinginan
untuk setara dengan negara lain
B
masuknya
ke ruang lingkup dunia
C
kebesasan
dalam melakukan perdagangan
D
tidak ada
halangan lagi untuk maju
E
memasuki masa
era modern
6.
Tujuan penulis
dalam paragraf tersebut adalah … .
A
Untuk mengantisipasi perubahan tatanan dunia yang
mengarah pada globalisasi dunia.
B
Perhatian terhadap pertanian di Indonesia yang sudah
memberikan kemajuan
C
Agar
pihak terkait lebih memperhatikan kemajuan dan perubahan pada sektor pertanian.
D
Menginformasikan produk-produk pertanian yang telah
berdaya saing tinggi
E
Menjelaskan bahwa pembangunan pertanian di Indonesia
tidak ketinggalan lagi.
Teks berikut untuk menjawab soal nomor 7, 8, dan 9. Bacalah
dengan cermat!
Teks 1
|
Teks 2
|
Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) menyatakan kesiapannya mengambil alih
tugas PSSI untuk menggelar leg kedua
final Piala AFF tahun itu karena kerusakan yang terjadi di Stadion Utama
Gelora Bung Karno (SUGBK). Kesiapan ini diutarakan Asisten Sekjen FAM, Ahmad
Fuad Bin Daud di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, waktu itu. ”Kami siap menjadi
tuan rumah kembali. Namun, semua tergantung keputusan AFF,” ujarnya. Jatah Indonesia sebagai tuan rumah leg kedua final Piala AFF 2010 terancam batal setelah pendukung
Indonesia mengamuk kemarin saat mengantre membeli tiket. Ratusan
supporter ini masuk dan merusak beberapa bagian, termasuk lapangan
|
(1) Ada apa sebenarnya dengan Indonesia? (2) Tiga gol dengan cepat
bersarang ke gawang Markus Horison. (3) Buyarnya
permainan Pasukan Merah-Putih sesungguhnya diawali dari protes tim yang
membuat pertandingan terhenti beberapa saat karena ada gangguan sinar laser
dari tribune penonton ke arah kiper
Markus. (4) Firman Utina dan kawan-kawan takluk secara
menyakitkan sekali pada tuan rumah, Malaysia, 0-3 dalam sesi pertama final. (5)Sungguh patut disayangkan,
performan apik timnas Indonesia dalam lima pertandingan Piala AFF, mengalami
antiklimaks di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur.
|
7.
Perbedaan isi
kedua kutipan tersebut adalah … .
|
Teks 1
|
Teks 2
|
A.
|
Permasalahan pendukung Indonesia mengamuk saat
mengantre membeli tiket.
|
Permasalahan, buyarnya permainan Pasukan Merah-Putih
karena ada gangguan sinar laser dari tribune
penonton ke arah kiper Markus.
|
B.
|
Tempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).
|
di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur
|
C.
|
Kurangnya kesiapan tim
|
Sangat siap kesiapan tim
|
D.
|
Menang telak
|
Menang 0-3
|
E.
|
Tidak adanya terjadi keributan
|
Terjadinya keributan
|
8.
Kata tidak baku dalam kutipan teks 2
tersebut terdapat pada kalimat bernomor … .
A
(1)
B
(2)
C
(3)
D
(4)
E
(5)
9.
Pernyataan
yang berupa fakta dalam kutipan teks tersebut terdapat pada kalimat
nomor … .
A
(1) dan (2)
B
(2) dan (3)
C
(3) dan (4)
D
(3) dan (5)
E
(4) dan (5)
Bacalah
kutipan biografi berikut untuk menjawab soal nomor
10,11, dan 12!
Abdul Muis lahir pada tanggal 3 Juni 1883 di
Bukittinggi, Sumatra Barat dan meninggal dunia di Bandung pada tanggal 17
Juni 1959 dalam usia 76 tahun. Ia adalah putra Datuk Tumenggung Lareh, Sungai
Puar, Minangkabau. Abdul
Muis memiliki jiwa petualang yang tinggi. Sejak masih remaja, ia sudah berani
meninggalkan kampung halamannya, merantau ke Pulau Jawa. Bahkan, masa
tuanya pun dihabiskannya di perantauan. Abdul Muis lulusan Sekolah Eropa
Rendah (Eur. Lagere School atau yang sering disingkat ELS). Ia pernah belajar
di Stovia selama tiga setengah tahun (1900--1902). Namun, karena sakit, ia
keluar dan sekolah kedokteran tersebut. Pada tahun 1917 ia pergi
ke negeri Belanda untuk menambah pengetahuannya. Pada tahun 1913 Abdul Muis
keluar dan De Prianger Bode. Sebagai
pemuda yang berjiwa patriot, ia mulai tertarik pada dunia politik dan masuk
ke Serikat Islam (SI). Bersama dengan mendiang A.H. Wignyadisastra, Ia
dipercaya memimpin Kaum
Muda, salah satu surat kabar milik SI yang terbit di Bandung.
Pada tahun itu, atas inisiatif dr. Cipto Mangunkusumo, Abdul Muis (bersama dengan Wignyadisastra dan Suwardi
Suryaningrat) membentuk Komite Bumi Putra untuk mengadakan perlawanan
terhadap maksud Belanda mengadakan peringatan
besar-besaran seratus tahun kemerdekaannya serta untuk mendesak Ratu Belanda
agar memberikan kebebasan bagi bangsa Indonesia dalam berpolitik dan
bernegara.
|
10. Keteladanan
dari sosok Abdul Muis adalah …
.
A
memiliki
keberanian yang tinggi dalam berjuang
B
meninggalkan
kampung halaman untuk berjuang
C
mengusir
penjajah Belanda dari tanah Indonesia
D
sebagai
pemuda yang berjiwa patriot berani melawan penjajah
E
sekolah
kedokteran di negeri Belanda
11. Mengapa
Abdul Muis dikatakan memiliki jiwa petualang?
A
Ia hanya suka bersekolah di luar negeri dengan bebagai pengalaman.
B
Lebih menyukai bahkan sangat tertarik kepada
dunia politik.
C
Anak muda yang tidak gentar melawan penjajahan Belanda.
D
Sejak masih remaja, ia
sudah berani meninggalkan kampung halaman.
E
Mempunyai banyak pengalaman kerja atau berpindah-pindah.
12. Istilah yang
tepat untuk pengganti istilah yang tercetak miring pada kalimat terakhir teks
biografi tersebut adalah …
.
A
pesta
B
kenduri
C
perayaan
D
perhelatan
E
pertunjukan
Kutipan
tajuk rencana berikut untuk soal nomor 13 dan14. Bacalah dengan cermat!
Di zaman ini tidak jarang ibu menjadi tulang punggung keluarga. Banyak
para ibu yang menafkahi dirinya sendiri dan anaknya tanpa bergantung pada
suami. Banyak wanita perkasa di luar sana yang bekerja di berbagai bidang,
seperti tukang ojek, tukang parkir, tukang bangunan, sopir taksi, sopir busway bahkan menjadi buruh yang
mengangkut barang-barang berat. Mereka semua adalah wanita-wanita perkasa,
pejuang keluarga.
Sudah banyak ibu-ibu yang mandiri, memiliki penghasilan sendiri,
serta mempunyai banyak aktivitas. Perlu dicatat sudah banyak ibu yang meniti
karier tanpa mengabaikan keluarga dan mereka tetap bisa mengurus suami dan
anak-anak. Tanggung jawabnya sebagai ibu tetap bisa berjalan selaras dengan
dunia pekerjaannya. Ini menepis anggapan istri harus berhenti bekerja jika
sudah menikah dan memiliki anak karena semua tergantung bagaimana membagi
waktu dan perhatian secara bijak.Tak bisa diabaikan juga adanya ibu yang
gagal membina keluarganya karena kesibukannya bekerja dan alasan lain. Tetapi
jauh lebih banyak ibu yang benar-benar menjadi ibu, yang selalu siap
berkorban untuk keluarganya. Dengan demikian, sangat
wajar dan sepantasnyalah kita berterimakasih untuk semua ibu yang setia dan
sabar dengan tetap tidak melupakan kodratnya sebagai ibu. Terima kasih
ibu, dan Selamat Hari Ibu buatmu!
|
13. Opini penulis dalam kutipan tajuk rencana adalah … .
A
Ini
menepis anggapan istri harus berhenti bekerja jika sudah menikah dan memiliki
anak karena semua tergantung bagaimana membagi waktu dan perhatian secara
bijak.
B
Banyak
para ibu yang menafkahi dirinya sendiri dan anaknya tanpa bergantung pada suami
pada zaman sekarang.
C
Banyak
wanita perkasa di luar sana yang bekerja di berbagai bidang, seperti tukang
ojek, tukang parkir, tukang bangunan, sopir taksi, sopir busway bahkan menjadi buruh.
D
Perlu
dicatat sudah banyak ibu yang meniti karier tanpa mengabaikan keluarga dan
mereka tetap bisa mengurus suami dan anak-anak.
E
Dengan demikian, sangat wajar dan sepantasnyalah kita berterima
kasih untuk semua ibu yang setia dan sabar dengan tetap tidak melupakan
kodratnya sebagai ibu.
14. Pihak yang dituju dalam teks tajuk rencana tersebut
adalah … .
A
kaum ibu
B
pemerintah
C
para
anak
D
masyarakat
E
pekerja
keras
Cermati
paragraf kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal no. 15, 16, dan 17!
”Sukri!Jaga mulutmu. Kau ini apa-apaan. Pemuda tanpa
modal. Jangan kau permainkan anakku.
Apa yang telah kau beri kepadanya sebagai rasa kasih dan cintamu? Datang
hampir tiap malam dengan janji-janji. Jangan kau memberi harapan-harapan yang
tidak pasti kepada kami. Pergi kau! Biarkan anakku mencari jodoh yang lebih
sempurna daripada kau.”
”Orang
tua terkutuk! Mata duitan. Apa bedanya kau dengan orang tua lain kalau kau
berpikir seperti itu? Anakmu akan kau jual belikan?”
”Sukri!
Sumarni adalah anakku. Berhak memilih yang terbaik untuknya.”
”Apakah kau
telah menganggap pemuda itu cukup baik?”
”Dia punya
skuter. Dia punya modal untuk anakku, dan kau? Hanya janji-janji yang tidak
terbukti.”
”Kalau begitu,
kau adalah orang tua yang memandang benda-benda.”
Sukri
Membawa Pisau Belati
|
15. Masalah yang diungkapkan dalam kutipan teks cerpen tersebut adalah …
.
A
penghinaan yang
berkepanjangan atau henti-hentinya
B
seseorang yang
tidak menepati janjinya
C
penolakan
perjodohan oleh orang tua wanita
D pertengkaran seseorang dengan orang tua
kekasihnya
E
tidak
tercapainya keinginan seseorang menjadi kaya raya
16. Suasana yang tergambar dalam
kutipan adalah … .
A
mencekam
B
bising
C
marah
D
ramai
E
kacau
17. Nilai moral
dalam kutipan cerpen tersebut adalah … .
A
Orang tua yang akan
memilihkan jodoh untuk anaknya seorang yang baik
B
Menghindari pemaksaan perkawian atau perjodohan oleh
orang tua terhadap anaknya.
C
Mengingatkan seseorang akan janji yang telah diikrarkan
kepada seseorang.
D
Perilaku menghormati orang tua, terutama orang-orang yang
ada di sekitarnya.
E
Mengucapkan kata-kata yang baik bila berbicara dengan
siapa pun
dan di mana pun.
Cermati paragraf
berikut untuk soal nomor 18 – 21!
”Ayo kita ke pasar,” kata Ibu Nur. ”Kami mau beli kembang, untuk nyekar.”
Kami tinggalkan warung di tepi sungai itu. Becak membawa kami ke
pasar. Ibunya Nur membeli dua keranjang bunga rampai dan kami terus ke makam.
Di pemakaman itu kami sulit mencari dua
makam ayah dan anaknya, suami dan mertuanya. Kucabut rimbunan semak menyiangi
makam. Akhirnya kutemukan makam yang kami cari, R. Soedjatmiko, wafat 31
Agustus 1973. Kutabur bunga rampai. Kusentuh nisan yang bertulis namanya dan kupegang erat pusaranya.
”Maafkan aku Papi… Kutanggalkan ikatan lima ikat rambutan itu,
kucampur dengan daun segarnya, kubungkus dengan taplak meja rumah tempat aku
kos. Aku tak punya kebun dan pohon rambutan Papi… Maafkan aku membohongimu,”
bisikku pelan supaya tidak didengar yang lain.
Wangi bunga rampai
semerbak diterbangkan angin mengiring kami keluar dari pemakaman itu
meninggalkannya…
Nyekar, oleh Hamsad
Rangkuti
|
18. Pendeskripsian watak tokoh aku seorang yang pembohong adalah
melalui … .
A
dialog antartokoh
B
pikiran-pikiran tokoh
C
penjelasan pengarang
D
lingkungan tokoh
E
tanggapan tokoh lain
19. Pembuktian bahwa latar dalam
cerpen tersebut di pemakaman adalah … .
A
nyekar, kembang, tabur, rambutan
B
keranjang bunga, makam, pohon, nyekar
C
keranjang, pusara, bunga rampai, pohon
D
pohon, daun segar, bungkusan, rambutan
E
nyekar, nisan, pusara, bunga rampai
20. Hal yang
terdapat dalam kutipan novel yang masih ditemukan dalam kehidupan saat ini
adalah … .
A
berbecak
B
berwarung
C
nyekar
D
bernisan
E
mengubur
21. Amanat yang terdapat pada kutipan tersebut adalah … .
A
Sebelum melakukan
kebohongan, pikirkanlah agar tidak timbul penyesalan kelaknya.
B
Demi kebaikan, sering berbohong
tidak menjadi masalah atau diperbolehkan.
C
Kepada orang tua tidak masalah
berbohong karena mudah untuk meminta maaf.
D
Akuilah kebohongan apa saja yang
pernah dilakukan saat berada di kuburan
orang tua.
E
Berusahalah menutupi kebohongan yang
telah dilakukan, terutama kepada anggota keluarga.
22. Cermati
gurindam berikut!
Apabila
terpelihara lidah
Niscaya
dapat daripadanya faedah
|
Amanat yang terkandung
dalam gurindam tersebut adalah … .
A
Apabila kita dapat memelihara lidah kita, kita akan
senantiasa memperoleh berbagai faedah.
B
Perbuatan yang baik, niscaya akan senantiasa memperoleh
balasan yang baik pula.
C
Apabila kita berhati-hati dalam berbicara,
ucapan yang keluar akan bermanfaat bagi orang.
D
Kita harus menjaga kesehatan mulut agar terhindar dari
berbagai kuman penyakit.
E
Semua perkataan yang keluar dari mulut kita tentulah akan
selalu mendatangkan manfaat.
23. Cermati teks
dialog berikut!
Tanti
|
:
|
”Teman-teman,
sebentar lagi kita akan berpisah dengan guru kita. Kita beli kenang-kenangan
untuk wali kelas kita ya.”
|
Nani
|
:
|
”Ide yang bagus itu.
Kira-kira apa ya, Tan?”
|
Tanti
|
:
|
”Bagaimana kalau kita beli
bahan baju batik Solo.”
|
Nani
|
:
|
”Boleh itu, kan bisa
dipakai buat baju kerja nantinya.”
|
Tanti
|
:
|
”Kita pakai uang kas saja,
uang kas kelas kita masih banyak, masih cukup buat beli bahan kain batik yang
kualitasnya bagus.”
|
Nani
|
:
|
”Kalau begitu, mari kita
beri tahu teman-teman kita.”
|
Tanti
|
:
|
”Yuk!”
|
Hal yang dibicarakan dalam
kutipan tersebut adalah … .
A
bahan
kain baik
B
penggunaan
uang kas
C
rencana
pengadaan perpisahan
D
ide
yang bagus
E
hadiah untuk wali kelas
24. Cermati pantun
berikut!
Ke toko beli kain batik
Coraknya khas budaya Betawi
Jika kamu berhati baik
….
|
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut
adalah ... .
A
Tidak
seorang pun akan iri
B
Itu
tandanya kamu berseri-seri
C
Carilah
orang untuk menemani
D
Banyak orang akan memuji
E
Lihatlah
saja sampai nanti
25. Cermati naskah
drama berikut!
Paman
|
:
|
(heran) ”Kau sendiri Andri? Mana Nadal? Kenapa tidak
pulang sama-sama?”
|
Andri
|
:
|
(ragu-ragu) ”Nadal, Nadal ditahan polisi, Paman.”
|
Paman
|
:
|
(terkejut) ”Apa? Ya Allah! … Mengapa dia ditahan, An?” (menyeringit, penuh tanda tanya)
|
Andri
|
:
|
”Tadi kami sama-sama
menunggu Bus di halte. Tiba-tiba ada
yang kehilangan dompet. Kebetulan saya berada di dekatnya.”
|
Paman
|
:
|
(tidak sabar) ”Lalu?”
|
Andri
|
:
|
”Sebenarnya
banyak orang di situ, tetapi yang kehilangan menyangka saya yang
mengambilnya. Tiba-tiba. Nadal marah kepada orang yang kehilangan itu karena menuduh seenaknya. Akhirnya,
mereka bertengkar. Nadal dipukuli.”
|
Paman
|
:
|
(terkejut dan cemas)”Dipukuli? Lalu di mana dan bagaimana dia sekarang, An? Sekarang Nadal di mana?” (berdiri dengan
wajah semakin cemas dan gelisah)
|
Andri
|
:
|
”Tidak apa-apa, Om. (berdiri) Nadal membalas memukul, dan akhirnya mereka
berkelahi. Seketika datang polisi Nadal
ditahan polisi yang kebetulan patroli dan dia dibawa ke kantor polisi.”
|
Paman
|
:
|
”... .”
|
Andri
|
:
|
”Mari, Bibi (menuju pintu tergesa-gesa, akan keluar)
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang
dalam kutipan tersebut adalah ... .
A
(tertegun panik), bagaimana ini Andri?
B
(memandang Bibi)
Sabar, ya, Paman?
C
(menangis) mengapa polisi itu
menangkapnya?
D
(berjalan kian kemari) Mana telepon, ayo
telepon.
E
(tak sabar) Ayo Andri,
kita ke kantor polisi.
26. Cermati kedua
pantun berikut!
Pantun 1
Pagi-pagi
makan gorengan
Makan gorengan
dengan kopi
Hati-hati
mencari teman
Jangan dekati
yang tinggi hati
|
Pantun 2
Pergi ke pasar
beli sepatu
Sepatu
produksi dalam negeri
Perbuatan
jelek jangan ditiru
Nanti dirimu
akan dibenci
|
Jenis isi kedua bait pantun tersebut adalah …
.
A
nasihat
B
jenaka
C
remaja
D
agama
E
duka
27. Cermati penulisan judul buku berikut!
Akhirnya saya dapat juga hadiah
sebuah buku dari kakak yang berjudul daun yang jatuh tak pernah membenci angin,karya
Tere Liye
|
Perbaikan
penulisan judul yang sesuai dengan EYD untuk judul buku tersebut adalah … .
A
Daun Yang
Jatuh Tak Pernah Membenci Angin
B
Daun yang Jatuh tak Pernah
Membenci Angin
C
Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin
D
Daun yang
jatuh Tak pernah
membenci angin
E
Daun yang jatuh
tak Pernah Membenci Angin
28. Cermati kalimat-kalimat untuk rangkaian cerita berikut!
Susunan rangkaian peristiwa yang tepat untuk penggalan
cerita tersebut adalah ...
.
Cermati
urutan kalimat berikut!
(1) Karena
keadaan mereka yang dimanja, dibesarkan dalam keluarga yang serba ada itu,
justru Ibu Kembar merasa terusik dan harus peduli dengan kehidupan yang
berbeda dari mereka, terutama terhadap pendidikkan anak-anak yang tidak
mampu.
(2) Dengan kondisi yang
demikian, Ibu Kembar memberikan semangat dengan kasih sayang.
(3) Sekolah
yang terletak di tengah-tengah perkampungan kumuh ini, adalah binaan Bu Guru
Kembar Sri Rosiati (Rosi) dan Sri Irianingsih (Rian), yang sudah lama tidak
terdengar lagi kiprahnya.
(4) Kepedulian
mereka diwujudkan
dengan membangunkan sekolah
sederhana,luasnya
sekitar 8 x 5 meter dengan
tripleks
dan kayu,terlihat
sesak dengan delapan puluh anak yang belajar dengan kondisi yang sangat
memprihatinkan.
(5) Kedua ibu
guru itu kita
mengenalnya dengan sebutan Ibu Kembar.
(6) Patut kita acungkan
jempol, kepada mereka itu karena sudahlah, cantik, pintar, dan kaya pula,
dan semasa kecil mereka
dikungkung dan dimanjakan orang tua mereka.
|
Urutan kalimat yang tepat untuk dijadikan paragraf yang
baik adalah ... .
A
(3),
(5), (6), (1), (4), dan (2)
B
(3), (2),
(1), (6), (5), dan (4)
C
(4), (3),
(1), (5), (2), dan (6)
D
(5), (3),
(1), (2), (4), dan (6)
E
(6), (4),
(2), (3), (5), dan (1)
29. Cermati kedua
kutipan cerpen berikut!
Cerpen
1
|
Cerpen
1
|
Mereka pun duduk di teras warung dan banyak di antara para nelayan yang
mengejek lelaki tua itu dan ia tidak marah. Yang lain, yang lebih tua,
memandang ke arahnya dan merasa kasihan. Tetapi, mereka tidak memperlihatkan perasaan itu dan
bercakap-cakap dengan sopan tentang arus dan lubuk laut. Para nelayan yang
beruntung telah menyembelih ikan todak mereka dan membawanya ke arah gudang.
Lelaki Tua dan Laut
|
Ia seorang lelaki tua yang sendiri saja dalam
sebuah perahu menangkap ikan di arus Teluk Meksiko dan kini sudah genap
delapan puluh empat hari lamanya tidak berhasil menangkap seekor ikan pun.
Selama empat puluh hari yang pertama ia ditemani oleh seorang anak laki-laki.
Tetapi, setelah empat puluh hari itu berlalu tanpa menangkap ikan seekor pun,
maka atas perintah orang tuanya anak itu kemudian ikut perahu lain.Anak itu
merasa kasihan setiap kali menyaksikan lelaki tua tiba dari laut dengan
perahu kosong dan ia selalu datang untuk menolongnya membawakan layar. Layar
itu bertambah
karung
gandum.
Lelaki Tua
dan Laut
|
Persamaan isi
dari kedua kutipan cerpen tersebut adalah … .
A
gambaran suasana, yaitu kesedihan
B
latar tempat, yaitu di
tengah Laut Meksiko
C
pendeskripsian watak tokoh, yaitu melalui pikiran-pikiran tokoh
D
perwatakan tokoh, yaitu seorang yang sabar
E
amanat, yaitu bantulah orang memerlukan pertolongan
30. Cermati kalimat-kalimat dalam paragraf berikut!
(1) Pengangguran di negara kita belum teratasi.
(2) Banyaknya angka pengangguran, dipicu oleh keinginan generasi muda menjadi
pegawai di perusahaan bonafide, apalagi ingin menjadi pegawai negeri.
(3)
Mengapa
hal ini bisa terjadi?
(4) Banyak
yang beranggapan masih mengharapkan anak-anak mereka menjadi pengawai negeri
karena memiliki jaminan hari tua.
(5)
Diharap
kaum muda
mau berwiraswasta, baik yang lulusan perguruan tinggi, sekolah menengah, maupun sekolah
menengah kejuruan.
(6)
Jadi, untuk
mengatasi masalah tersebut, marilah kita ciptakan generasi wiraswastawan demi
terciptanya lapangan kerja.
|
Dua
kalimat berjenis deklaratif (pernyataan/informasi) terdapat pada nomor … .
A
(1),(2), dan (4)
B
(2), (3), dan (4)
C
(3), (4), dan (5)
D
(4), (5), dan (6)
E
(4), (5), dan (6)
31. Cermati kalimat
yang berupa pendapat berikut!
Mempertahankan kesuburan tanah
merupakan syarat mutlak bagi tiap-tiap usaha pertanian.
|
Kalimat yang
mendukung pendapat tersebut adalah … .
(1) Selama tanaman dalam proses menghasilkan,
kesuburan tanah ini akan berkurang.
(2)
Padahal
kesuburan tanah wajib diperbaiki kembali dengan pemupukan.
(3) Cara
menggunakan tanah dan menjaga kesuburannya dapat dilakukan sendiri.
(4) Kesuburan tanah sangat berpengaruh terhadap
kesuburan tanaman.
(5)
Tak hanya baik
bagi kesuburan tanah, tapi juga akan memperbaiki kualitas.
(6)
Tanaman subur, dapat menggembirakan
hati para petani.
Kalimat
pendukung yang mendukung adalah nomor … .
A
(1), (2), dan (3)
B
(1), (3), dan (4)
C
(1), (4), dan (5)
D
(2), (3), dan (4)
E
(2), (4), dan (5)
32. Cermati
kalimat-kalimat yang berupa alasan/pendapat berikut!
Karena seseorang sebelum berhenti bekerja atau pensiun dari
pekerjaan, sudah berhemat atau menabung, dapat memanfaatkan uang simpanannya
sedemikian rupa setelah tidak bekerja. Akan tetapi, dia harus lebih berhemat
lagi karena otomasis memasukan keuangannya berkurang karena uang pensiun yang
tidak memadai. Penghematan pengeluaran harus dilakukan secermat mungkin.
Salah satu cara adalah dengan membuat anggaran rumah tangga
keluarga. Seberapa pun uang ada di tangan
akan terkuras tidak bersisa.
|
Perbaikan
kalimat simpulan (tercetak miring) pada paragraf yang berupa akibat untuk melengkapi paragraf
tersebut adalah ... .
A
Dengan demikian, dia tidak akan sampai kehabisan uang untuk biaya
hidupnya.
B
Jadi,
sebaiknya bagi Anda yang masih bekerja dibuat juga anggaran pendapatan.
C
Hal
yang sama juga berlaku untuk Anda yang masih bekerja dan perlu biaya hidup.
D
Sebaiknya
bagi Anda yang masih bekerja, dibuat juga anggaran pendapatan.
E
Oleh
sebab itu, pengeluaran keluarga harus sesuai dengan penghasilan kita.
33. Cermati kalimat
dalam paragraf berikut!
Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) menyatakan kesiapannya mengambil alih
tugas PSSI untuk menggelar leg kedua
final Piala AFF 2010 … kerusakan yang terjadi di Stadion Utama Gelora Bung
Karno (SUGBK). Kesiapan ini diutarakan Asisten Sekjen FAM, Ahmad Fuad Bin
Daud di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, semalam. ”Kami siap menjadi tuan rumah
kembali. ..., semua tergantung keputusan AFF,” ujarnya. Jatah Indonesia
sebagai tuan rumah leg kedua final
Piala AFF 2010 terancam batal … pendukung Indonesia mengamuk kemarin saat
mengantre membeli tiket. Ratusan supporter ini masuk … merusak beberapa
bagian, termasuk lapangan SUGBK.
|
Konjungsi yang tepat
untuk melengkapi dalam paragraf tersebut adalah … .
A
sehingga, selain
itu, saat, dan
B
karena,
namun, setelah, dan
C
setelah, oleh
karena itu, dan, atau
D
jika, di
samping itu, sejak, dan
E
apabila,
dengan demikian, sebelum, atau
34. Cermati kalimat
dalam paragraf berikut!
Seorang yang ditunjuk sebagai pemimpin haruslah
yang berwibawa dan bertanggung jawab. Seseorang yang ditunjuk bukan ... mau.
Dia harus tanggap dengan kebutuhan anak buahnya. ... harus sensitif
mendengarkan keluhan anak buahnya. Bila menjanjikan sesuatu, harus ditepati.
Apalagi ... sekarang terbuka, mereka berani menuntut haknya. Jangan sampai
anak buah ... pimpinan. Wibawanya akan jatuh.
|
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah ... .
A
sekadar,
kuping, jaman, menasihati
B
sekadar,
telinga, jaman, menasehati
C
sekedar,
telinga, zaman, menasehati
D
sekadar,
kuping, zaman, menasihati
E
sekadar,
telinga, zaman, menasihati
35. Cermati kalimat
dalam paragraf berikut!
Perabotan rumah seperti berbagai lemari, kursi,
meja yang dijual di toko ”Murah” itu, telah menggunakan ... bongkar pasang.
Buatannya pun tampak halus karena menggunakan mesin dengan ... canggih.
Permukaan kayu jati yang digunakan sebagai bahan tidak tampak kasar. Oleh
sebab itu, ... perabotan di toko itu sangat baik.
|
Kata serapan yang tepat penulisannya untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah
… .
A
systim,
teknologi, kualitas
B
sistem,
teknologi, kwalitas
C
sistim,
tehnologi, kuwalitas
D
sistem,
teknologi, kualitas
E
system,
teknologi,kwalitas
36. Cermati
paragraf berikut!
Pedati menuju suatu tempat, mengikuti
rodanya yang berputar menuju suatu arah. Ia akan menempuh jalan
yang berkondisi baik dan tidak baik, berbelok-belok, belobang, berbatu-batu,
atau becek.. kalau melalui jalan berkondisi baik, ia berjalan tenang. Akan
tetapi, bila berkondisi buruk, akan berhati-hati agar pedati tidak oleng dan
sumbu rodanya.Untuk itu, diperlukan kecermatan memilih jalan dan
kehati-hatian sehingga sampai di tujuan. Sama halnya kehidupan yang ditempuh
manusia. Adakalanya berjalan tanpa kendala atau tanpa cobaan, tetapi
adakalanya mendapat kesulitan atau berbagai cobaan barulah mendapatkan
kebahagiaan yang diinginkan. ...
|
Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf
tersebut adalah ... .
A
Oleh sebab
itu, kehidupan ini tidak selalu mudah,
bagus, atau lancar, tetapi selalu mendapatkan berbagai cobaan atau rintangan.
B
Jadi, kita
akan mendapat ujian kesabaran, kekuatan kita dengan berbagai cobaan yang
memerlukan berbagai cara untuk mengatasi.
C
Begitulah
manusia dan pedati supaya akan menempuh suatu jalan yang mulus penuh rintangan
dan kendala yang sangat berbahaya.
D
Maka, kita
harus mengetahui apa yang harus dilakukan saat melalui rintang agar dapat
dengan mudah mencapai sesuatu yang diinginkan.
E
Jadi,
kehidupan manusia menuju kebahagiaan ibarat mengemudi pedati menuju suatu
tempat dengan beragam kondisi jalan yang ditempuhnya.
37. Cermati
paragraf berikut!
Berbagai jenis bunga tumbuh di taman
di depan rumahku. Ada mawar, anyelir, bougenvil, dan lain-lain. ... Rumput-ruput di pinggir taman itu terpangkas rapi. Pohon
bonsai di tengah taman dibentuk sangat unik dan terkesan artistik. Di sudut
taman terdapat pula kolam kecil yang diperindah dengan air mancur yang
mencurat sehingga memberikan kesan sejuk dan nyaman.
|
Kalimat deskripsi yang tepat untuk
melengkapi kalimat yang rumpan dalam
paragraf tersebut adalah ...
.
A
Semua tanaman
indah itu ditanam untuk hiasan rumah.
B
Bunga-bunga
itu tampak tumbuh subur dan tertata.
C
Tanaman liar
tidak terlihat ada tumbuh di sekitar taman.
D
Bunga yang
indah seakan memikat orang yang melihatnya
E
Sudah banyak
muncul bunga dan mekar semerbah baunya.
38. Cermati
paragraf berikut!
Seruling bambu yang ditiup anak gembala yang
sedang duduk di atas punggung kerbaunya terdengar ... . Dia mendendangkan
lagu berirama melayu. Tangannya ... menutup buka lobang sulingnya. Kepalanya pun ikut
bergoyang mengikuti irama suling. Kebau yang ditungganinya terlihat ...
seakan menikmati nyanyian sang gembala.
|
Frasa adjektiva yang tepat untuk melengkapi paragraf
tersebut adalah ... .
A
sangat merdu,
sangat lemah, sangat gembira
B
sangat indah,
sangat lemah, sangat gembira
C
sangat
merdu, sangat lincah, sangat terang
D
sangat merdu,
sangat lincah, sangat gembira
E
sangat indah, sangat lemah, sangat terang
39. Cermati
paragraf berikut!
(1) Banyak orang merasakan bahwa teknologi
informasi dapat menggantikan cara konventional. (2) Banyak
orang mencari sumber untuk acuan penulisan. (3) Pencarian data melalui search engine, chatting, mendengarkan
musik, dan sebagainya pada tahapan ini pun orang sudah mulai menginvestasikan
kepada perangkat komputer. (4) Dari manfaat yang didapatkan, teknologi
informasi mulai digunakan dan diterapkan untuk membantu operasional dalam
proses bisnis. (5) Misalnya perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada
pelanggan dengan menyediakan informasi jasa dan produk yang ditawarkan tanpa
dibatasi waktu dan ruang.
|
Perbaikan
kalimat bernomor
2 dalam paragraf tersebut adalah …
.
A
Orang mulai melihat kelebihan lainnya, seperti
menggantikan sarana pengiriman surat dengan surat eletronik (e-mail).
B
Ternyata
banyak kelebihan lainnnya, seperti menggantikan sarana komunikasi dengan
surat eletronik (e-mail).
C
Tidak perlu lagi menulis tangan
karena sudah ada alat yang canggih dan mudah menggunakannya.
D
Tidak heran, pada zaman sekarang
anak-anak sudah mampu mengoperasikan alat-alat teknologi canggih.
E
Sudah saatnya kita beralih prinsip
ke zaman teknologis agar tidak ketinggalan dengan Negara-negara maju.
40. Cermati
paragraf berikut!
Pernahkah kamu mendengar peribahasa
"...". Ini ditujukan untuk orang yang sudah
meninggal, tetapi pada masa hidupnya dia seorang yang baik, suka membantu,
mudah bergaul. Dengan kata lain,
sewaktu hidupnya selalu melakukan kebaikan sehingga banyak yang menyenanginya.
|
Peribahasa
yang tepat untuk melengkapi pada paragraf tersebut adalah ... .
A
mutiara
sekalipun dia tenggelam di dalam lumpur tetap berkilau
B
dalam
laut dapat diduga, dalam hati tiada seorang pun yang tahu
C
pikir
dahulu pendapan, sesal kemudian tidak akan berguna
D
berlayar
sampai ke pulau, berjalan sampai ke batas tujuan
E
gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang
41. Cermati
paragraf berikut!
Di langit lepas aku melihat burung terbang bebas, seolah sedang
mengantarkan sore merangkul senja, merelakan warna biru langit perlahan
beralih menjadi lembayung jingga keemasan. Burung itu terbang … . Tampaknya
burung itu ingin … menikmati sore yang indah. Mereka terbang … seakan
berirama. Sungguh pemandangan yang sangat elok untuk dinikmati. Tiba- tiba
rentetan tanya menghampiriku. Hendak ke mana burung-burung itu, ke sarangnya,
dan di mana sarangnya? Entahlah.
|
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah … .
A
berbondong-bondong, bersenang-senang,
meliuk-liuk
B
berbondong-bondong, senang-senangan, meliuk-liuk
C
bondong-berbondong, bersenang-senang, meliuk-liukan
D
berbondongan-bondongan, senang-senangan, meliuk-liukan
E
bondong-berbondong, menyenang-nyenangkan, liuk-meliuk
42. Cermati
paragraf berikut!
Pengangkatan anak Indonesia oleh orang asing itu merupakan
tindakan yang memalukan seluruh bangsa.…, harus dicegah. Perlulah kita mengadakan
berbagai penelitian … pemikiran kembali … sebenarnya dalam hal itu masih
banyak terdapat hal-hal positif, yang justru membantu kita menyelesaikan
beberapa masalah yang mendesak… kita mau jujur pada diri kita sendiri.
|
Konjungsi yang tepat untuk
melengkapi paragraf tersebut adalah … .
A
jadi, atau, sehingga, kalau
B
akan tetapi, dan, lalu, atau
C
oleh karena itu, dan, sebab, kalau
D
namun, tetapi, sebab, jika
E
bilamana, jika, sehingga, jika
43. Cermati
paragraf berikut!
Kami merasa terharu menyaksikan
kejujuran Anda. Jarang kami menjumpai orang sejujur Anda. Oleh sebab itu,
wajiblah kami menghormati Anda. Bahkan, sangat layak bila Anda, kami ... .
|
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah ...
.
A
angkat
tangan.
B
bertekuk
lutut.
C
membuka hati
D
acungkan
jempol.
E
tersenyum lebar.
44. Cermati
paragraf berikut!
Pada tahun pelajaran 2014-2015 SMA Negeri Purwokerto mulai menyosialisasikan informasi tentang
pengembangan kelas berbasis kecerdasan majemuk. Hal ini dilakukan untuk …
kelas khusus baru di samping kelas
olahraga yang telah ... sejak lima tahun terakhir. Kelas khusus ini ... mampu
mengangkat nama baik sekolah.
|
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf
tersebut adalah ... .
A
memopulerkan, perkembangan, pengharapan
B
memopulerkan, berkembangnya, berharap
C
mempopulerkan, pengembangan, harapan
D
memopulerkan,
pengembangan, diharapkan
E
memopulerkan, dikembangkan, diharapkan
45. Cermati
paragraf prosedur berikut!
Dari pada hal-hal yang diuraikan diatas, agaknya dapatlah ditariksimpulan yang mana sebaiknya kita-kita tidak terburu-buru
menilai seseorang.
|
Perbaikan kalimat tersebut yang tepat adalah … .
A
Dari hal-hal
yang yang diuraikan diatas, dapatlah ditarikkesimpulan bahwa sebaiknya kita
kita tidak terburu-buru menilai seseorang.
B
Dari
uraian tersebut, dapat disimpulkan
bahwa sebaiknya kita jangan terburu-buru menilai seseorang.
C
Dari hal-hal
yang telah diuraikan tersebut, agaknya disimpulkan bahwa jika kita kita jangan terburu-buru menilai seseorang.
D
Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan jika sebaiknya kita
janganglah terburu-buru menilai
seseorang.
E
Dari pada hal-hal yang
diuraikan, dapatlah ditariksimpulan yang sebaiknya kita-kita tidak terburu-buru menilai
seseorang.
46. Cermati
paragraf sebab-akibat berikut!
Sistem pendidikan di Indonesia yang dikembangkan
sekarang ini masih belum memenuhi harapan. Hal ini dapat terlihat dari keterampilan membaca siswa kelas IV SD di
Indonesia yang berada pada peringkat terendah di Asia Timur setelah
Philipina, Thailand, Singapura, dan Hongkong.Selain
itu, berdasarkan penelitian, rata-rata nilai tes siswa SD kelas VI untuk mata
pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA dari tahun ke tahun semakin
menurun. Anak-anak di Indonesia hanya dapat menguasai 30% materi
bacaan. Kenyataan ini disajikan bukan untuk mencari kesalahan penentu
kebijakan, pelaksana pendidikan, dan keadaan yang sedang melanda bangsa, tapi
semata-mata agar kita menyadari sistem pendidikan kita mengalami krisis.
|
Kalimat sebab-akibat sesuai dengan teks tersebut adalah … .
A
Rendahnya
kemampuan siswa SD dalam membaca, pelajaran bahasa Indonsia, matematika, dan
IPA karena sistem pendidikan di Indonesia masih belum memadai.
B
Keterampilan membaca siswa kelas IV SD di Indonesia
rendah karena berada pada peringkat
terendah di Asia Timur setelah Philipina, Thailand, Singapura, dan Hongkong.
C
Rata-rata nilai tes siswa SD kelas VI untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia,
Matematika, dan IPA dari tahun ke tahun semakin menurun
karena berdasarkan penelitian
D
Anak-anak di
Indonesia hanya dapat menguasai 30% materi bacaan sebab
kenyataan ini disajikan bukan untuk
mencari kesalahan penentu kebijakan dan pelaksana pendidikan.
E
Keadaan pendidikan bangsa dapat dikatakan tertinggal karena kita tidak menyadari sistem pendidikan kita mengalami krisis.
47. Cermati
paragraf berikut!
Hal yang dipandang sebagai salah satu alternatif
pemecahan-pemecahan masalah besar yang dihadapi oleh sebuah rumah
tangga adalah tidak memiliki anak. Untuk itu mereka …anak.
|
Istilah yang tepat untuk
melengkapi paragraf tersebut adalah … .
A
adopsi
B
mengadaptasi
C
beradaptasi
D
beradopsi
E
mengadopsi
48. Cermati puisi
berikut berikut untuk menjawab soal nomor 48 dan49!
Perhelatan bisa kacau tanpa kehadiran lelaki itu. Gulai kambing akan terasa hambar lantaran racikan bumbu tidak meresap ke
dalam daging. Kuah gulai kentang dan gulai rebung bakal encer karena
keliru menakar jumlah kelapa parut hingga setiap menu masakan kekurangan
santan. Akibatnya, berseraklah fitnah dan cela yang mesti ditanggung tuan
rumah. Bukan karena kenduri kurang meriah, tidak pula karena pelaminan tempat
bersandingnya pasangan
pengantin tak sedap dipandang mata, tetapi karena macam-macam hidangan
yang tersuguh tak menggugah selera. Nasi banyak gulai melimpah,
tetapi helat tak bikin kenyang. Ini celakanya bila Makaji, juru masak handal
itu tidak dilibatkan.
Juru Masak oleh Damhuri
Muhammad
|
Kalimat (resensi) menyatakan keunggulan
cerpen berdasarkan kutipan sastra tersebut adalah … .
A
Pendeskripsian suasana dalam cerpen disajikan
dengan bahasa yang sederhana dan sangat biasa.
B
Diksi yang digunakan dalam cerpen banyak menggunakan
kata kias sehingga kesannya lebih dalam.
C
Tidak ada kesulitan yang dirasakan sewaktu
membaca cerpen ini sehingga dapat meju tarus membacanya.
D
Kemenarikan cerpen ini karena
menyuguhkan adat tradisional berupa makanan khas pada saat pesta perkawinan.
E
Resep masakan yang dijelaskan dalam cerpen
dapat menginspirasi untuk mencobanya sendiri.
49. Kalimat esai
berdasarkan puisi tersebut adalah … .
A
Tentulah akan menarik siapa saja yang membaca
cerita pendek ini.
B
Membaca
cerpen ini terasa sekali warna lokalnya Sumatera Barat.
C
Juru masak dalam cerpen ini menunjukkan bahwa
perhelatan besar.
D
Nuansa kampung dalam kutipan hanya bisa
dinikmati masyarat setempat.
E
Disajikan dalam cerpen ini kehidupan masyarakat
pada suatu perkampungan.
50. Kalimat kritik
berdasarkan kutipan sastra tersebut adalah … .
A
Kelompok kata ”berseraklah fitnah”
dalam terlalu bombastis
B
Kalimat yang digunakan sangat lugas,
tanpa kiasan.
C
Ditemukan
kata kedaerahan yang menyulitkan pemahamannya perhelatan.
D
Ditemukan kata tidak baku, antara lain: mesti,bikin, tak (kebebasan pengarang)
E
Gambaran pelaminan tempat bersandingnya pasangan menggambarkan sesuatu yang baru.
Soal Baru
(try out ke 1
2013/2014)
(1) Banyak manfaat yang bisa diserap dari pameran puisi. (2 )Yang
pasti, para penyair bisa berkomunikasi dan berdialog langsung dengan
masyarakat. (3) Masyarakat menjadi semakin dekat dengan penyair. (4)
Selanjutnya, masyarakat belajar mengenal
dan memahami puisi sebagai bagian dari khasanah kebudayaan. (5) Para
penyair pun tidak lagi merasa sendiri dan terasing dengan dunia luar.
|
1. Kalimat
utama paragraf tersebut terdapat pada ... (try
out ke 1 2013/2014)
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
2. Ide
pokok paragraf di atas adalah ... (try
out ke 1 2013/2014)
A. Pemanfaatan
pameran puisi
B. Cara
memperkenalkan puisi
C. Perlunya
memperkenalkan puisi
D. Manfaat pameran puisi
E. Pengenalan
puisi melalui pameran
(un 2008/2009)
Terbitnya buku Kraton Jogja selain menambah bacaan diharapkan juga
bisa menggunggah provinsi lain untuk mengangkat simbol dan filosofi budayanya
masing-masing.
Hal ini agar terdapat dialog dan transformasi di kalangan masyarakat.
Demikian dikatakan Sultan Hamengku Buwono X dalam peluncuran buku Kraton
Jogja di Gandaria Height, Jakarta, Rabu 25 Juni. Sultan menambahkan, melalui
buku dan dialog, masyarakat etnik akan saling kenal sehingga dapat saling
mengharagai. Hal ini menurut Sultan Hamengku Buwono X dinilai penting karena
dewasa ada kecenderunganuntuk melupakan hal-hal yang bernuansa kearifan
lokal. Padahal, dari kearifan lokal dapat dibangun kebersamaan sebagai suatu
negara.
|
3. Mengapa
Sultan Hamengku Buwono X menganggap penting adanya buku dan dialog? ... (un
2008/2009)
A. Karena
masyarakat Jogjakarta telah menerbitkan buku berjudul Kraton Jogja.
B. Karena buku Kraton Jogja mengangkat simbol dan folosofi budaya
masyarakat.
C. Karena
dewasa ini terdapat gejala pada masyarakat melupakan nuansa kearifan lokal.
D. Karena
melalui buku dan dialog, masyarakat akan memahami simbol dan filosofi budaya.
E. Karena
dengan buku dan dialog kita dapat membangun bangsa.
(try out ke 1 2013/2014)
(1)
Ada dua industri pengolahan ikan yang dominan di kawasan Pelabuhan Peikanan
Pantai Tegalsari, Kota Tegal, Jawa Tengah, yaitu industri fillet dan pengeringan ikan. (2)
Selain itu terdapat pula industri-industri pengolahan limbah ikan, seperti
pengolahan kulit ikan menjadi kerupuk serta industri pengeringan kepala,
duri, dan sisik ikan. (3) Kepala dan duri ikan yang berasal dari limbah fillet dikeringkan untuk kemudian
digiling dan dijual ke pabrik pembuat pakan ayam. (4)
Sayangnya, sisa produksi, seperti air pencuci ikan dan kotoran ikan masih
terbuang secara bebas. (5) Wali Kota Tegal kini bekerja sama dengan
salah satu universitas swasta di Jakarta untuk mencari rumusan penyelesaian
masalah limbah ikan.
|
4. Kalimat
sumbang pada paragraf tersebut adalah ... (try
out ke 1 2013/2014)
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
(try out ke 1 2013/2014)
Jumlah pengguna narkoba saat ini
semakin meningkat dan jumlah yang telah terinfeksi virus hepatitis C dan HIV/AIDS juga
semakin bertambah. Tidak hanya itu jika, kita melihat realita yang ada saat
ini pengguna jarum suntikpun semakin bertambah. Berdasarkan data yang
diperoleh dari RS Fatmawati Jakarata, jumlah pengguna menyebar ke segala
jenis kelamin, umur dan ras. Dari
sekian banyak pengguna tersebut, mayoritas tidak mengetahui bahaya narkoba
serta tidak mengetahui informasi yang benar tentang bahaya narkoba. Hal ini
menyebabkan mayoritas dari mereka secara terus-menerus menggunakan narkoba
sampai sekian lamanya.
|
5. Makna
kata terinfeksi pada paragraf
tersebut adalah ... (try
out ke 1 2013/2014)
A. Terkena
bibit penyakit
B. Penyebaaran
bibit penyakit
C. Terjangkit bibit penyakit
D. Peradangan
bibit penyakit
E. Perkembangbiakan
bibit penyakit
(un 2010/2011)
Aktivitas
masyarakat dalam menyambut tahun baru, bagai angin lalu yang pergi begitu
saja tanpa makna. Penyambutan tahun baru itu hanya
berupa pesta pora dan hura-hura yang tidak memberikan keuntungan sedikit pun
kepada masyarakat. Masyarakat justru mengorbankan harta bendanya untuk
penyambutan tahun barudan mereka sendiri yang merasakan dampak buruknya.
|
6. Tujuan
penulis menyampaikan informasi tersebut kepada pembaca adalah ... (un
2010/2011)
A. Menginformasikan
bahwa mereka merayakan tahun baru dengan berpesta bagaikan angin lalu saja.
B. Mengimbau
agar merayakan tahun baru cukup berpesta bersama keluarga dan teman-teman.
C. Menjelaskan
bahwa merayakan tahun baruitu ada dampak positif dan dampak negatifnya.
D. Menasehati
supaya mengeluarkan uang untuk merayakan tahun baru jangan sampai mengorbankan
harta.
E. Mengingatkan bahwa merayakan tahun baru tidak ada gunanya dan
berdampak buruk.
(un 2017)
Teks 1
|
Teks 2
|
Gajah sumatera adalah subspesies dari gajah
Asia yang hanya berhabitat di Pulau Sumatera.
Gajah sumatera berpostur lebih kecil
daripada spesies gajah india. Sejak 2000 sampai 2700 gajah sumatera tersisa
di alam liar berdasarkan survei tahun 2000. Sebanyak 65% populasi gajah sumatera lenyap akibat dibunuh
manusia dan 30% kemungkinan diracuni.
Sekitar 83% habitat gajah sumatera telah
menjadi wilayah perkebunan.
|
Kelinci adalah hewan mamalia. Dahulu hewan
ini adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Pada perkembangannya tahun 1997, kelinci diklasifikasikan
dalam ordo Logomorpha. Ordo ini dibedakan menjadi dua famili, yakni ochionidae
dan laporidae. Kelinci berasal dari bahasa belanda. Hal ini menunjukkan bahwa
masyarakat Nusantara mulai mengenali kelinci saat masa kolonial. Padahal di
Pulau Sumatera ada satu spesies kelinci sumatera yang baru ditemukan pada
tahun 1972.
|
7. Perbedaan
isi kedua teks tersebut adalah ...
(un 2017)
|
Teks
1
|
Teks
2
|
A.
|
Habitat
kelinci sumatera
|
Habitat
gajah sumatera
|
B.
|
Habitat
gajah
|
Populasi
gajah
|
C.
|
Perkembangan
gajah sumatera
|
Populasi
kelinci sumatera
|
D.
|
Pembagian
jenis gajah sumatera
|
Sejarah
penemuan kelinci sumatera
|
E.
|
Populasi gajah sumatera
|
Perkembangan kelinci sumatera
|
Bacalah dengan cermat! (un 2011/2012)
(1)
Pendidikan soal kelautan perahu dikenalkan kembali kepada para pelajar untuk
menyakinkan bahwa Indonesia merupakan negara bahari. (2) Selama ini
pendidikan soal kelautan diabaikan dan lebih banyak menitikberatkan soal
potensi daratan. (3) Sebagian besar wilayah Indonesia merupakan kelautan dan
Indonesia pun pernah jaya dibidang kelautan. (4) Menurut pakar pendidikan,
wawasan kebaharian bisa ditanamkan kepada anak-anak dengan memberikan
pelajaran sejarah dengan lebih dengan mengendapkan kisah-kisah sejarah di
laut. (5) Melalui pendidikan yang beroriented
ke laut, diharapkan sumber daya manusia di pesisir akan mampu bersaing secara
global.
|
8. Kalimat
yang menggunakan kata tidak baku adalah
... (un 2011/2012)
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
(try out ke 1
2013/2014)
(1) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kemarin menyetujui kenaokan
7,25 persen besaran kebutuhan hidup layak menjadi Rp 1.978.789. (2) Besaran
ini menjadi dasar penghitungan upah minimum tahun depan, selain memasukkan
besaran inflasi dan pertumbuhan ekonomi. (3) Di sisi lain, para pengusaha
pemberi kerja dihadapkan pada situasi tidak mudah. (4) Produk mereka harus
bersaing di dalam negeri dengan produk asal impor ataupun produk yang sama di
pasar luar negeri. (5) Mereka mengeluhkan tidak
adanya kepastian hukum dalam berinvestasi dan berproduksi. (6) Ada
kesan, tidak ada perlindungan dari pemerintah bagi pengusaha dalamunjuk rasa
buruh yang menggunakan tekanan dan pemaksaan sehingga mengganggu produksi. (7) Dalam pertemuan para duta besar negara-negara Uni Eropa
dengan Kompas, Kamis lalu, mereka menanyakan kebijakan perburuhan dalam
kaitan dengan investas.
|
9. Kalimat
fakta dalam paragraf di atas terdapat pada ... (try
out ke 1 2013/2014)
A. (1),
(2), (3)
B. (1), (5), (7)
C. (3),(
4), (5)
D. (3),
(4), (6)
E. (5),
(6), (7)
(try out ke 2
2013/2014)
Karl
May penulis Jerman yang sangat populer yang lahir tahun 1842. Sejak lahir,
Karl kecil menderita cacat buta karena kekurangan gizi. Untungnya, saat ia
berumur 5 tahun, Karl kecil dioperasi sehingga ia bisa melihat lagi. Kira-kira umur 27 tahun, Karl yang sudah remaja dipenjara
selama 7 tahun karena dituduh mencuri. Hebatnya, selama di penjara, Karl
banyak membaca, terutama buku geografis. Dari itulah Karl mendapat ilham
untuk menulis buku petualangan sementara ia sendiri tidak pernah
berpetualang. Ia pun menjadi terkenal. Antara penggemar karyanya
adalah Adolf Hitler, Albert Einsten, Hermann Hesse dan Bertha Suttner. Konon,
remaja Indonesia tahun 30-an (yang kemudian dikenal sebagai perintis
kemerdekaan) mengenal arti kemerdekaan setelah membaca buku-buku Karl May.
|
10. Keteladanan
tokoh Karl May dalam kutipan tersebut adalah ... (try out ke 2 2013/2014)
A. Kehidupannya
selalu diwarnai dengan penderitaan hingga ia dipenjarakan
B. Kehidupannya yang sulit sejak kecil samapai remaja dijadikan cambuk
untuk berkarya.
C. Ketekunannya
dalam membaca buku-buku membuatnya terkenal di dunia.
D. Walaupun
dalam keadaan buta, ia tetap bersemangat membaca buku-buku geografis.
E. Perjuangannya
melawan kemiskinan dengan merintis kemerdekaan.
Cermati paragraf biografi berikut! (un 2011/2012)
Y.B
Mangunwijaya, dilahirkan di Ambarawa (Jawa Tengah), 6 Mei 1929. Setelah
menamatkan pendidikan Seminarium di Yogyakarta, ia lalu melanjutkan
pendidikan ke Jerman Barat dan lulu sebagai insinyur jurusan teknik tahun
1966. Selain menjabat sebagai pastur, juga menjadi
dosen sejarah kebudayaan di Universitas Gajah Mada. Dengan demikian, dia
dikatakan sastrawan komplit. Y.B Mangunjaya dikenal juga sebagai
kolumnis pada harian Kompas. Kumpulan tulisannya dalam buku harian tersebut
telah terbit dengan judul Puntung-puntung Roro Mendut (Gramedia, 1979)
|
11. Mengapa
Y.B Mangunwijaya dikatakan sastrawan komplit? (un 2011/2012)
A. Ia
insinyur jurusan teknik dan dosen sejarah kebudayaan.
B. Sering
menulis di kolom surat kabar (kolumnis).
C. Seorang
penganut agama yang taat dan berwawasan luas.
D. Ia
bersekolah di Indonesia, di Jerman, dan di seminarium.
E. Ia berprofesi sebagai dosen, sastrawan, dan pastur.
Bacalah paragraf berikut! (un 2015/2016)
Pembelajaran
yang menyenangkan bisa diwujudkan ketika guru menyadari bahwa fokus para anak didiknya mulai menurun. Jika guru paham
serta peka kondisi seperti ini guru bisa mengisi kegiatan dengan humor-humor
singkat yang menyegarkan pikiran. Jeda untuk menyegarkan pikiran mungkin
tidak menghambat ketuntaskan pembelajaran. Tujuan pembelajaran bukan
supayamateri cepat rampung, tetapi bagaimana kondisi jeda seperti itu bisa
dimanfaatkan secara maksimal.
|
12. Istilah
yang tepat untuk mengganti kata yang bercetak miring adalah ... (un 2015/2016)
A. konstipasi
B. kontroversi
C. kolaborasi
(bergabung/tim)
D. konsentrasi
E. konsisten
(sesuai)
(try out ke 1
2013/2014)
(1)
Ada dua industri pengolahan ikan yang dominan di kawasan Pelabuhan Peikanan
Pantai Tegalsari, Kota Tegal, Jawa Tengah, yaitu industri fillet dan pengeringan ikan. (2) Selain itu terdapat pula industri-industri pengolahan
limbah ikan, seperti pengolahan kulit ikan menjadi kerupuk serta industri
pengeringan kepala, duri, dan sisik ikan. (3) Kepala dan duri ikan
yang berasal dari limbah fillet dikeringkan
untuk kemudian digiling dan dijual ke pabrik pembuat pakan ayam. (4)
Sayangnya, sisa produksi, seperti air pencuci ikan dan kotoran ikan masih
terbuang secara bebas. (5) Wali Kota Tegal kini bekerja sama dengan salah
satu universitas swasta di Jakarta untuk mencari rumusan penyelesaian masalah
limbah ikan.
|
13. Kalimat
opini penulis dalam paragraf tersebut adalah ... (try out ke 1 2013/2014)
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
(un 2017)
Badan
Pusat Statistik memasukkan pangan sebagai penentu garis kemiskinan. Oleh
karena itu, pemerintah berkepentingan menjaga harga pangan selalu stabil. Program presiden dalam masa jabatan keduanya adalah
memastikan ada cadangan beras sepuluh juta ton yang harus diusahakan dari
produksi dalam negeri. Keuntungan memproduksi sendiri pangan di dalam negeri
adalah menghindarkan ketergantungan dari impor sehingga Indonesia memiliki
ketahanan dan kedaulatan pangan. Memproduksi pangan di dalam negeri
memberikan lapangan kerja di desa dan kota melalui kegiatan di ladang hingga
industri pengolahan.
|
14. Pihak
yang dituju oleh redaksi dalam tajuk rencana tersebut adalah... (un 2017)
A. perusahaan
B. pengimpor
C. pemerintah
D. masyarakat
E. pedagang
Cermati kutipan naskah drama berikut dengan seksama! (try out ke 1 2013/2014)
Dodo : “Ka, bagaimana kamu sudah punya ide
belum?”
Jaka : “Gimana kalau kita membuat kerajinan
tangan kemudian kita jual?”
Dodo
: “Kita butuh dana untuk membuat
kerajianan itu.”
Jaka :
“Tidak usah khawatir, semua akan teratasi, karena akan ada teman kita yang
juga mau
membantu.”
“Sekarang mari kita ke rumahnya Susi,
dia yang akan membantu.”
Susi : “Kita harus
membuat kerajinan yang menarik, kemudian kita jual dan untungnya bisa kita
sumbangkan kepada korban bencana
alam.”
|
15. Masalah
yang diungkapkan dalam kutipan naskah drama tersebut adalah ... (try out ke 1 2013/2014)
A. Seorang
anak yang ingin membantu korban bencana alam.
B. Seorang
anak yang mencari dana untuk membantu korban bencana alam.
C. Beberapa orang sahabat yang mencari dana untuk korban bencana.
D. Beberapa
anak bersahabat dan ingin menjadi sukarelawan di daerah bencana alam.
E. Beberapa
orang sahabat yang mencari dana untuk membantu anak-anak yang kelaparan.
(un 2012/2013)
PENERIMAAN
Kalau
kau mau kuterima kau kembali
Dengan
sepenuh hati
Aku masih tetap sendiri
Ku
tahu kau bukan yang dulu lagi
Bak
kembang sari sudah terbagi
Jangan
tunduk! Tentang aku dengan berani
Kalau
kau mau kuterima kau kembali
Untukku
sendiri tapi
Sedang
dengan cermin aku enggan berbagi
(Chairil Anwar)
|
16. Suasana
dalam puisi tersebut adalah ... (un 2012/2013)
A. Haru
B. Sunyi
C. Sedih
D. Hening
E. Romantis
(un 2016)
(1)
“Siapa yang memberimu makanan ini?”
(2)
“Martin, pemiliknya”.
(3) “Nanti
kuucapkan terima kasih kepadanya.”
(4)
“Tak usah,” kata anak itu. “Aku sudah mengucapkannya”.
(5) “Nanti kuberi dia daging perut ikan besar,” kata lelaki tua itu. “Apakah dia
memberi kita lebih
dari sekali
ini?”
(6)
“Kukira begitu.”
(7) “Kalau begitu aku harus memberinya lebih dari seekor
daging perut. Ia rupanya sangat
memikirkan
kita”.
(Lelaki Tua dan Laut, Ernest
Hemingway)
|
17. Nilai
moral yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ... (un 2016)
A. Memberi
makan kepada anak kecil.
B. Menghormati
orang yang lebih tua.
C. Mengucapkan terima kasih atas kebaikan orang lain.
D. Memberikan
daging perut ikan besar kepada anak.
E. Memikirkan
kehidupan orang lain.
18. Pernyataan
yang menggambarkan tokoh lelaki tua berwatak tahu membalas budi terdapat
pada kalimat ... (un 2016)
A. (1),
(3), dan (5)
B. (2),
(4), dan (6)
C.
(3), (5), dan (7)
D. (4),
(5), dan (6)
E. (5),
(6), dan (7)
19. Amanat
yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ... (un 2016)
A. Sebaiknya
kita mengucapkan terima kasih kepada setiap orang.
B. Kita
hendaknya hanya membantu orang lain yang mengalami kesulitan.
C.
Kita harus membalas budi baik orang lain.
D. Membalas
pemberian orang lain dengan pemberian yang lebih besar.
E. Sisakan
sebagian rezeki untuk membalas kebaikan orang lain.
Cermati kutipan berikut! (un 2017)
(1)
Mae masuk apartemennya yang lengang. (2) Lelah
usai bekerja dan tak ada yang menyapanya ketika pulang. (3) Tiba-tiba saja
Mae dilanda rasa kesepian. (4) Dia ingin menggunakan laptop, dia teringat
barang tiu belum disentuhnya sejak kematian Kakek Yoshinaga. (5) Perhatiannya
tercurah pada tugas-tugas kuliah, kedai ramen Nenek Osano, dan Miu.
|
20. Kalimat
yang menyatakan latar tempat terdapat pada nomor ... (un 2017)
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
(un 2017)
Cerpen 1
|
Cerpen 2
|
Teman-temannya senang mengolok-olok Joko. Mentang-mentang dia cuma anak pesuruh sekolah yang rumahnya
di gang sempit. Sudah sepuluh tahun ibunya bekerja sebagai pembantu di
sekolah ini. Untuk membantu ibunya, Joko harus membersihkan kelas
setiap pagi satu jam sebelum pintu-pintu gerbang sekolah dibuka.
|
Kalau
beberapa tahun yang lalu Tuan datang ke kota kelahiranku dengan menumpang
bis, Tuan akan berhenti di dekat pasar. Melangkahlah menyusuri jalan raya
arah ke barat maka kira-kira sekilometer dari pasar akan sampailah Tuan di
jalan kampungku. Pada simpang kecil ke kanan, beloklah ke jalan sempit itu.
Dan ujung jalan itu nanti Tuan temukan sebuah surau tua. Di depannya ada
kolam ika yang airnya mengalir melalui empat buah pancuran mandi.
|
21. Hal
dalam teks 1 yang dapat ditemukan dalam kehidupan saat ini adalah ... (un 2017)
A. Durhaka
kepada orang tua karena tidak mampu
B. Menyayangi
orang tua walaupun tidak mampu
C. Bekerja
untuk biaya melanjutkan sekolah
D. Bekerja
untuk membantu adik-adik sekolah
E. Menghina teman karena pekerjaannya orang tua
(try out ke 2
2013/2014)
hati
ini kerajaan di dalam tubuh
jikalau
zalim segala anggota pun rubuh
|
22. Maksud
gurindam tersebut adalah ... (try
out ke 2 2013/2014)
A. hati
manusia ibarat raja di dalam tubuh untuk itu harus dirawat agar tidak sakit.
B. Hati
manusia bagaikan raja untuk itu ia menguasai segala kezaliman di dalam tubuh.
C. Hati
manusia menguasaitubuh maka jangan sampai rusak, agar tetap berdiri.
D. Hati
menguasai seluruh unsur dalam diri manusia jika rusak sudah tidak berarti lagi.
E. Karakter manusia dikuasai oleh hati untuk itu jagalah hati dari
kezaliman.
Bacalah kutipan berikut! ( un 2016)
Pembeli
: “Ikan ini terlalu mahal dan tidak baik kualitasnya.
Tampaknya ikan ini diberi formalin.
(Nyonya mencium ikan yang
akan dibeli)”
Penjual
: “Oh tidak, Nya. Ini baru dibeli dari nelayan. Ini asli tidak berformalin.
Hanya diberi es agar
tetap segar.”
Pembeli
: “Tapi, saya tahu benar dari bau yang tercium. Saya mau ikan yang baik.
Apakah ada
pilihan?”
Penjual
: “Baiklah Nyonya, saya akan ambilkan ikan yang masih segar.”
|
23. Hal
utama yang disepakati dalam kutipan tersebut adalah ... (un 2016)
A. Harga
ikan
B. Jenis
ikan
C. Berat
ikan
D. Kualitas ikan
E. Kuantitas
ikan
Cermati pantun berikut! (un 2011/2012)
Kalau
pergi ke kota Palu
Singgahlah
sebentar di Donggala
Kalaulah
diri masih punya malu
...
|
24. Larik
yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ... (un 2011/2012)
A. Kau
tunggu akau untuk berbuka
B. Janganlah pernah berkata dusta
C. Kamu
harus jaga berbicara
D. Mulailah
kamu menata suara
E. Janganlah
lupa mencuci muka
Cermati kutipan naskah drama berikut! (un 2010/2011)
Rahim
: Seluruh kaum kita akan mengira dan tidak percaya lagi pada mereka dan para
badut yang
berlakon pesta canda, sementara
kebebasan berpikir kurang diberikan. (suara meninggi)
Polem
: Bukan begitu. Mari kita berbuat, jangan seperti tong kosong nyaring
bunyinya. (suata tinggi)
Rahim
: Kata-kata yang kau ucapkan itu hanya sebagai slogan, sedangkan kenyataan
yang kita temui
malah sebaliknya, tidak boleh serba transparan (menatap Polem dengan
tajam)
Polem
: ... (membalas tatap Rahim)
|
25. Kalimat
yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah ... (un 2010/2011)
A. Maksud kamu, tidak merdeka mengeluarkan pendapat.
B. Ya,
kita cobalah membangun sesuai keinginan kita.
C. Itulah
cita-cita kita selama ini merdeka atau mati.
D. Orang
yang sabar banyak diberi kemudahan dalam berbagai hal.
E. Sayang
sekali, saya tidak hadir dalam pertemuan penting itu!
Bacalah dua pantun berikut! (un 2015/2016)
Pantun 1
Orang
naik menjerat rusa
Rusa
digulai diberi sambal
Orang
baik ingat usia
Usia dipakai mencari bekal
|
Pantun 2
Daun
terap di atas dulang
Anak
udang mati di tuba
Dalam
kitab ada larangan
Yang haram jangan dicoba-coba
|
26. Perbedaan
isi pantun tersebut adalah ... ( un 2015/2016)
|
Pantun 1
|
Pantun 2
|
A.
|
Berpesan agar kita membawa bekal.
|
Berpesan agar tidak melakukan hal yang
haram.
|
B.
|
Hidup hendaknya digunakan
untuk mencari bekal ke akhirat.
|
Kita tidak boleh melakukan
hal yang terlarang.
|
C.
|
Menjerat rusa dapat digunakan sebagai
bekal.
|
Kita dapat mencari udang di dulang.
|
D.
|
Daging rusa enak dimakan jika diberi
sambal.
|
Kitab terlarang tidak boleh dibaca.
|
E.
|
Gulai rusa sangat baik untuk orang
lanjut usia.
|
Hal yang haram tidak boleh
dicoba-coba.
|
Cermati kalimat berikut! (un 2012/2013)
Guruku
minggu lalu menulis karangan di surat kabar berjudul “pembinaan minat baca
bagi siswa sekolah menengah atas”.
|
27. Penulisan
judul karangan yangs sesuai dengan EYD adalah ... (un 2012/2013)
A. Pembinaan
minat baca bagi siswa sekolah menengah atas
B. Pembinaan
minat baca bagi siswa Sekolah Menengah Atas
C. Pembinaan
Minat Baca Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas
D. Pembinaan Minat Baca bagi Siswa Sekolah Menengah Atas
E. Pembinaan
Minat Baca bagi siswa sekolah menengah atas
Cermati deretan kalimat acak berikut! (try out ke 2 2013/2014)
(1)
Gafi dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa.
(2)
Untuk memastikan kebenaran diagnosis dokter, darah Gafi dicek di
laboratorium.
(3)
Panas badan Gafi tidak turun-turun.
(4)
Ternyata, dugaan dokter benar dan Gafi dianjurkan untuk dirawat di rumah
sakit secara intensif.
(5)
Kata dokter, Gafi Terkena demam berdarah.
|
28. Urutan
kalimat tersebut yang tepat untuk dijadikan sebuah paragraf yang baik adalah
... (try out ke 2 2013/2014)
A. (1),
(5), (3), (4), dan (2)
B. (2),
(1), (4), (5), dan (3)
C. (3), (1), (5), (2), dan (4)
D. (4),
(3), (2), (1), dan (5)
E. (4),
(3), (1), (2), dan (5)
(un 2017)
Cerpen 1
|
Cerpen 2
|
Teman-temannya
senang mengolok-olok Joko. Mentang-mentang dia Cuma anak pesuruh sekolah yang
rumahnya di gang sempit. Sudah sepuluh tahun ibunya bekerja sebagai pembantu
di sekolah ini. Untuk membantu ibunya, Joko harus membersihkan kelas setiap
pagi satu jam sebelum pintu-pintu gerbang sekolah dibuka.
|
Kalau
beberapa tahun yang lalu Tuan datang ke kota kelahiranku dengan menumpang
bis, Tuan akan berhenti di dekat pasar. Melangkahlah menyusuri jalan raya
arah ke barat maka kira-kira sekilometer dari pasar akan sampailah Tuan di jalan
kampungku. Pada simpang kecil ke kanan, beloklah ke jalan sempit itu. Dan
ujung jalan itu nanti Tuan temukan sebuah surau tua. Di depannya ada kolam
ikan yang airnya mengalir melalui empat buah pancuran mandi.
|
29. Kesamaan
kedua teks cerpen tersebut yaitu unsur intrinsik yang berhubungan dengan
... (un 2017)
A. latar
B. alur
C. penokohan
D. tokoh
E. amanat
Bacalah teks berikut! (un 2015/2016)
(1)
Siapkan blender.
(2)
Masukkan buah strawberi blender.
(3)
Masukkan air, es batu, dan gula secukupnya.
(4)
Nyalakan blender dan tunggu hingga
seluruhnya tercampur.
(5)
Setelah selesai, matikan blender
dan tuang jus ke dalam gelas.
(6) Jus strawberi dalam gelas siap dihidangkan.
|
30. Kalimat
deklaratif (berita/pernyataan) yang terdapat dalam langkah-langkah tersebut
terdapat pada nomor ... (un 2015/2016)
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (5)
E. (6)
Bacalah kalimat berikut! (un 2016)
Kalimat
pendapat : Kopi mampu membantu menjaga kesehatan gigi
dan mulut.
|
Kalimat Argumentasi :
(1) Kopi
memiliki kandungan senyawa bersifat antibakteri.
(2) Kopi mampu membunuh bakteri yang ada dalam mulut.
(3) Kopi
memiliki cita rasa yang nikmat.
(4) Kopi dapat mencegah gigi berlubang.
(5) Kopi
mengandung zat trignelline.
31. Kalimat
argumentasi yang mendukung pendapat tersebut adalah ... (un 2016)
A. (1)
dan (3)
B. (2)
dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3)
dan (4)
E. (3)
dan (5)
Bacalah teks berikut dengan saksama! ( un 2008/2009)
Beberapa
pohon tanaman hias di halaman depan rumah itu setiap hari disiram dan pada waktu-waktu tertentu tidak terlewatkan diberi pupuk. Meskipun
daunnya tumbuh subur, tanaman itu tidak mendapat
sinar matahari karena terhalang oleh pohon-pohon kayu yang besar, yang
ditanam di tepi pagar depan rumah ... sementara itu, tanaman hias sejenis yang ditanam di samping rumah mendapat
sinar matahari dan tumbuh subur serta berbunga indah.
|
32. Kalimat
yang berupa akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ... (un
2008/2009)
A. Akibatnya, tanaman hias di halaman depan rumah tidak berbunga.
B. Akibatnya,
tanaman yang berbunga indah semua ditanam di samping rumah.
C. Agar
tanaman hias itu tumbuh subur.
D. Jadi,
pohon kayu besar di tepi jalan ditebang agar tanaman hias mau berbunga.
E. Akibatnya,
tanaman hias hanya mau berbunga bila mendapat sinar matahari.
(to sekolah
2013/2014)
Guru
menugasi kami ... merangkum pelajaran halaman 63 ... bahan diskusi besok ...
kami belajar Bahasa Indonesia.
|
33. Kata
penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ... (to sekolah 2013/2014)
A. kalau,
buat, dan hingga
B. untuk,
sebagai, dan waktu
C. agar, untuk, dan saat
D. biar,
supaya, dan bila
E. bahwa,
dan, dan waktu
Bacalah teks berikut dengan saksama! try out ke 1 2013/2014)
Air embun pagi ternyata memiliki ... bagi kesehatan tubuh. Air
embun bisa membuat kulit cerah dan tidak mudah keriput, dengan kata lain bisa
membuat seseorang awet muda. Banyak ... yang juga ... air embun pagi. Ini dilakukan untuk membantukerja ginjal dan meningkatkan ...
tubuh sekitar 20-30% lebih baik. Embun pagi juga bermanfaat
bagi bayi berumur satu tahun yang belum bisa berjalan.
|
34. Penulisan
kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ... (try out ke
1 203/2014)
A. manfaat,
atlet, mengonsumsi, efesiensi
B. manpaat,
atlet, mengkonsumsi, efisiensi
C. manpaat,
atlit, mengonsumsi, efesiensi
D. manfaat, atlet, mengkonsumsi, efesiensi
E. manfaat,
atlet, mengonsumsi, efisiensi
Bacalah kutipan berikut dengan saksama! (try out ke 1 2013/2014)
Teror
sudah menjadi resiko dan bagian tak terpisahkan dalam bagian kehidupan dan
karier Abraham Samad. Terlebih lagi saat dirinya
memimpin KPK, melawan ..., dan berurusan
dengan orang-orang yang terlibat kasus korupsi, ... teror yang
dihadapinya semakin tinggi. Abraham Samad tidak pernah takut. Dia juga beruntung punya istri yang selalu memberi ...
agar tidak gentar menghadapi ancaman-ancaman itu.
|
35. Kata
serapan yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut
adalah ... (try out ke 1 2013/2014)
A. korupsi,
intensif, suporter
B. koruptor, intensitas, suport
C. koruptor,
intensif, suport
D. koruptor,
intensitas, suporter
E. koruptor,
intensivitas, support
Bacalah paragraf generalisasi berikut dengan cermat! (un 2010/2011)
Setelah
dilakukan penilaian terhadap ulangan Bahasa Indonesia kelas XII IPA, yang memperoleh nilai 8 sebanyak 25 orang, nilai 7
sebanyak 4 orang, dan nilai 6 hanya 1 orang. Jumlah siswa 30 orang.
|
36. Simpulan
paragraf tersebut adalah ... (un 2010/2011)
A. Dapat dikatakan nilai mereka baik.
B. Belum
dapat dikatakan mereka pintar.
C. Mereka
belum dikatakan siswa yanga pandai.
D. Jadi,
guru mereka boleh berbangga.
E. Memang
mereka anak yang rajin-rajin.
Cermati paragraf deskripsi berikut! (un 2013/20114)
Kali kecil di depan rumah temanku terlihat sangat kotor. Warna airnya
hitam pekat dan berminyak. Di pinggir kali, tampak pula tumpukan sampah yang
umumnya berupa kantong plastik bekas. Kotoran-kotoran
itu terlihat menghambat lajunya air mengalir atau membuat air tergenang ...
|
37. Kalimat
deskripsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ... (un
2013/2014)
A. Dari genangan itu, tercium bau busuk yang menyengat hidung.
B. Ini
kesalahan warga setempat yang membuang sampah sembarangan.
C. Kalau
dibiarkan tentunya banjir akan melanda wilayah itu di musim hujan.
D. Di
sinilah perlunya pangadaan petugas kebersihan yang senantiasa bertugas.
E. Dalam
hal ini, bila terjadi banjir, tidak ada yang dapat disalahkan.
Cermati paragraf berikut! (un 2010/2011)
Udara pagi ini di persawahan ... dan ... Daun-daun
pagi ditiup angin terlihat bergoyang pelan. Cuaca
di langit ... tidak tertiup awan. Kuhirup
udara dan tercium wangi dedaunan padi. Hatiku semakin terasa damai.
|
38. Frasa
adjektiva yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ... (un
2010/2011)
A. hampir
cerah, segar sekali, biru bersih
B. sangat cerah, segar sekali, biru bersih
C. sangat
cerah, agak dingin, sangat kelabu
D. hampir
cerah, agak panas, biru kelabu
E. begitu
cerah, cukup segar, sangat putih
Cermati penutup surat berikut! (to sekolah 2013/2014)
Atas
perhatiannya kami tak lupa mengucapkan terima kasih yang tak terhingga.
|
39. Kalimat
yang tepat untuk memperbaiki penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah
... (to sekolah 2013/2014)
A. Atas
perhatiannya, diucapkan terima kasih tidak terhingga.
B. Atas
perhatiannya, kami mengucapkan terima kasih banyak.
C. Atas
perhatian Bapak, kami mengucapkan banyak terima kasih.
D. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
E. Atas
perhatian Bapak saya, mengucapkan terima kasih.
Cermati paragraf berikut! (try out ke 2 2013/2014)
Dalam
bidang budaya dan satra Sunda, K.F Holle banyak
mempelajari sastra, tulisan, dan bahasa Sunda, di samping Satra Melayu, Arab,
India, dan lainnya. Bahkan dalam berbahasa Sunda disebutkan bahwa ia berbicara
Sunda lebih baik dari orang Sunda itu sendiri.
|
40. Peribahasa
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ... (try out ke 2
2013/2014)
A. lempar
batu sembunyi tangan
B. air
bah batu bersibak
C. seperti
kerbau dicocok hidung
D. di mana bumi dipijak di situ langit di junjung
E. kalau
takut dilimbur pasang, jangan berumah di tepi pantai
Perhatian Paragraf berikut dengan saksama! ( un 2011/2012)
Saat ini korupsi terkesan memasuki ... kehidupan bangsa. Reformasi yang diharapkan menuju Indonesia lebih baik
ternyata tidak sesuai dengan apa yang ... Pemberantasan
korupsi di negeri ini bagaikan ... yang tidak
akan pernah terwujud.
|
41. Kata
ulang yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada paragraf tersebut
adalah ... (un 2011/2012)
A. parah-parahnya,
dicita-citakan, angan-angan
B. sendi-sendi, dicita-citakan, angan-angan
C. cita-cita,
angan-angan, sendi-sendi
D. angan-angan,
dicita-citakan, sendi-sendi
E. parah-parahnya,
diangan-angankan, cita-cita
Cermati paragraf berikut! (un 2012/2013)
Sepanjang tahun 2011, bank-bank nasional mampu meningkatkan kenaikan laba yang
cukup besar. Jika bank-bank asing yang beroperasi di
Indonesia malah bernasib beda. Sejumlah bank harus rela memperoleh laba pada
tahun 2011 lebih kecil dibandingkan 2010.
Mengutip laporan
keuangan publikasi bank di situs Bank Indonesia (BI), tiga perusahaan
mencatat penurunan laba. Laba Citi Bank menurun sehingga melambatnya
bisnis perusahaan pascasanksi BI di divisi konsumen. Pendapatan pun turun, setidaknya beban usaha meningkat.
|
42. Kata
penghubung untuk mengganti kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut
adalah ... (un 2012/2013)
A. namun,
bahwa, karena
B. bahwa,
agar, sementara
C. namun,
karena, walaupun
D. karena,
walaupun, padahal
E. namun, karena, sementara
Bacalah paragraf narasi berikut! (un 2008/2009)
Begitulah.
Dengan sabar si tukang parkir kemudian kembali bertanya dan bertanya kepada
si pemilik kios dan kepada para pemuda itu agar mengetahui persoalan mereka
secara jelas. Kemudian pemuda itu ... untuk meredakan
suasana dan ketegangan. Sampai kemudian ia
memegang tangan salah seorang yang tampaknya tidak dapat menahan emosinya.
|
43. Ungkapan
yang tepat untuk mengisi bagian rumpang pada paragraf tersebut adalah ... (un 2008/2009)
A. Berpangku
tangan
B. Angkat
tangan
C. Jabat
tangan
D. Cuci
tangan
E. Turun tangan
Cermatilah paragraf rumpang tersebut! (try out ke 2 2013/2014)
Setelah
bertahun-tahun ... rumah Inggit Garnasih di Jalan
Ciateul Nomor 8, Bandung, pada Kamis (23/12) diresmikan sebagai rumah
bersejarah oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Peresmian itu ...
upaya Pemprov Jabar ... kenangan Inggit dengan
Soekarno itu sebagai museum.
|
44. Kata
berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ... (try out ke 2 2013/2014)
A. terlantar,
menandai, menjadikan
B. terlantar,
menandakan, menjadi
C. terlantar, menandai, menjadikan
D. ditelantarkan,
menandai, menjadi
E. menelantarkan,
menandakan, menjadikan
Cermati penggunaan kaliamt berikut! (un 2010/2011)
Dalam
karya tulis ini, penulis mencoba memaparkan hasil daripada penelitian tentang
berbagai manfaat-manfaat daripada tanaman obat.
|
45. Perbaikan
kalimat tersebut agar efektif adalah ... (un 2010/2011)
A. Dalam
karya ini penulis mencoba memaparkan hasil daripada penelitian berbagai manfaat
tanaman obat.
B. Dalam karya ini, penulis memaparkan hasil penelitian tentang manfaat
tanaman obat.
C. Dalam
karya ini, penulis akan mencoba memaparkan hasil daripada penelitian tentang
berbagai manfaat tanaman obat.
D. Dalam
karya ini penulis mencoba memaparkan hasil penelitian tentang berbagai manfaat
tanaman obat.
E. Dalam
karya ini penulis mencoba memaparkan hasil daripada penelitian tentang berbagai
manfaat tanaman obat.
(un 2015/2016)
Gula di pasar tradisional semakin lama semakin sedikit sehingga
masyarakat kesulitan mendapatkannnya.
Pasokan yang sedikit di pasar membuat harga gula melambung
tinggi. Hal inilah yang mendorong pemerintah untuk melakukan impor
gula dari negara tetangga dengan harapan mampu memenuhi kebutuhan pasar.
Namun, ternyata kebijakan ini membuat para petani
gula menjadi semakin terpuruk. Mereka
mengeluhkan harga gula yang sangat murah dan tidak sebanding dengan biaya
produksi yang mereka tanggung. Oleh karena itu, petani gula banyak
yang gulung tikar.
|
46. Pernyataan
sebab akibat yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ... (un 2015/2016)
A. Pasokan
gula yang sedikit di pasar tradisional mengakibatkan harga gula melambung tinggi.
B. Masyarakat
kesulitan mendapatkan gula sehingga kondisi pasar tradisional sepi.
C. Pemerintah
melakukan impor gula untuk memenuhi kebutuhan pasar tradisional dan para
konsumen yang mampu.
D. Pasokan gula yang sedikit di pasar tradisional membuat petani gula terpuruk.
E. Harga
gula yang murah mengakibatkan para petani meningkatkan produksi gula.
Cermati penggunaan istilah dalam kalimat berikut! (un 2010/2011)
Kehadiran
redaksional akan percuma jika hanya untuk mengoreksi pemakaian
tanda baca, huruf besar, huruf miring, atau membuang kata-kata mubazir.
|
47. Istilah
yang tepat untuk menggantikan kata tercetak miring tersebut adalah ... (un
2010/2011)
A. redaktur
B. redaktor
C. redaksi
D. korektor
E. koreksi
Bacalah penggalan resensi berikut! (try out ke 1 2013/2014)
Novel
karya Armyn Pane dengan tabel 150 halaman ini mengungkapkan sejarah yang
menggambarkan kehidupan segelintir manusia di zaman penjajahan. Cerita ini
pernah ditolak oleh Balai Pustaka, ramai, dipuji dan dicela, tetapi akhirnya
tidak urung menjadi salah satu novel klasik Indonesia yang harus dibaca oleh
orang terpelajar Indonesia. Cerita sangat menarik,
sederhana, dan komunikatif untuk ukuran pada zaman itu.
|
48. Kalimat
resensi yang menunjukkan keunggulan sesuai isi teks tersebut adalah ... (try
out 2013/2014)
A. struktur bahasa dalam cerita sangat menarik dan mudah dipahami.
B. Armyn
Pane dengan lancar dan menarik hati pembaca.
C. Dengan
bahasa yang terpelihara pada zaman itu, Armyn berkisah.
D. Laksana
air mengalir Armyn Pane mengungkapkan ceritanya.
E. Novel
Armyn harus dibaca oleh orang terpelajar Indonesia.
Bacalah kutipan novel berikut! (un 2016)
Ah,
sebenarnya dia kagum pada laki-laki itu. Agaknya mesti beginilah makna dari
setiap jiwa yang besar. Manusia besar, yang bakal tak
pernah dicetak namanya dalam buku-buku pelajaran dan dikuliahkan oleh
mahaguru-mahaguru. Sebab dia tak pernah
menulis artikel dalam majalah, apalagi dalam surat kabar. Manusia
besar ini, filosofi ini, akan berlaku dari dunia tanpa apa-apa, selain
sejumput kesan-kesan tak beraturan pada sejumput orang lain tentang dia.
Hanya itu.
(Ziarah, Iwan Simatupang)
|
49. Kalimat
tanggapan (esai) yang sesuai dengan kutipan novel tersebut adalah ... (un 2016)
A. Sebenarnya orang akan menilai kebesaran jiwa seorang melalui nama
dan karya-karya yang dihasilkan.
B. Laki-laki
yang berjiwa besar itu telah meninggal dan namanya dicetak dalam buku-buku
pelajaran.
C. Orang
berjiwa besar telah menulis ide, gagasan, dan segala yang dipikirkan dalam
buku-buku pelajaran.
D. Orang
besar yang banyak dikagumi orang dalam cerita ini tidak banyak meninggalkan
warisan kepada anak cucunya.
E. Sesungguhnya
kebesaran jiwa seseoranglah yang menumbuhkan kekaguman pada orang lain meski
orang itu tidak meninggalkan sesuatu kepada kita.
Bacalah kutipan berikut ini dengan saksama! (un 2009/2010)
Tiada berapa lama antaranya datanglah dokter yang dipanggil Yusuf,
Maria diperiksanya sangat teliti dan akhirnya ia tiada sangsi lagi, bahwa
Maria mendapat penyakit batuk darah. Sakit malaria yang sangat melemahkan
badannya rupanya memberi kesempatan kepada penyakit TBC yang sudah lama
dikandungannya. Kepada
Yusuf diberi dokter itu nasihat selekas-lekasnya membawa Maria ke rumah
sakit, supaya di sana dapat diperiksa dan diobati selanjutnya.
Layar Terkembang, Sultan takdir
Alisyahbana
|
50. Kalimat
kritik yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah ... (un 2009/2010)
A. Penyajian
kondisi tokoh kurang logis, (Maria) menyidap penyakit TBC yang baru diketahui
dalam keadaan parah.
B. Penyakit
malaria pada masa itu, tahun 1920-an, memang merupakan penyakit yang berbahaya
karena dapat mengakibatkan kematian.
C. Alangkah
mulianya dokter yang di panggil Yusuf, mau datang ke rumah dan memeriksa Maria
dengan teliti.
D. Penyakit malaria memang selalu mengakibatkan timbulnya penyakit lain
karena lemahnya daya tahan tubuh.
E. Penyakit
TBC harus diwaspadai terutama pada orang-orang yang pernah terkenal malaria
tropi.
Comments
Post a Comment