Skip to main content

Presentasi Novel "Marmut Merah Jambu" Karya Raditya Dika "SMAN 41 Thn 2017"

Presentasi Novel "Marmut Merah Jambu" Karya Raditya Dika "SMAN 41 Thn 2017"
Nama : Muchtar Almanawaf
Kelas : X MIPA 3
Pelajaran: Bahasa Indonesia
Semester : Genap
Guru : M. Jarkasih, S.Pd., M.Par.

Sipnosis
 Suatu hari Dika (Raditya Dika) datang ke rumah Ina (Anjani Dina), cinta pertamanya sewaktu SMA, membawa seribu origami burung bangau di tangan kanannya, dan undangan pernikahan Ina di tangan kirinya.Besok, Ina akan menikah. Kedatangan Dika diterima oleh Bapak Ina (Tio Pakusadewo) yang curiga kedatangan Dika untuk kasus cinta lama yang belum selesai dan berpikir bahwa Dika ingin menggagalkan pernikahan anaknya. Dika menceritakan maksud sebenarnya, yang jauh dari tuduhan Bapak Ina.
          Suatu ketika ada suatu kasus yang tidak bisa mereka pecahkan, kasusnya adalah grafiti di tembok sekolah. Mereka berfikir kalau grafiti itu dituju untuk mengancam kepala sekolah. Waktu terus berlalu hingga mereka lulus sekolah, dan setelah bertahun-tahun mereka menjalani hidup, Dika pun penasaran akan grafiti itu setelah Dika menelit lagi ternyata gambar yang ada di grafiti itu bukanlah gambar iblis, melainkan gambar marmut yang mirip dengan gambar di handuk yang Dika terima dari Cindy. Dika juga ingat kalau yang memberitahukan tentang kasus itu pertama kali ialah Cindy, Dika juga membaca petunjuk yang ada pada grafiti itu ialah “untuk dibaca oleh dua orang” Lalu Dika membacanya bersama Bertus dan membacanya juga per-dua kalimat.

          Lalu Dika sudah menyimpulkan bahwa kalimat dalam grafiti itu adalah mengenai surat cinta yang dibuat oleh Cindy. Dika dan
Cindy pun bertemu di acara pernikahan Ina dan Dika menjelaskan
yang dia ketahui semua tentang grafiti itu, dan Cindy pun tersipu malu lalu Dika mengeluarkan handuk yang diberikan oleh Cindy dengan gambar


•         Keunggulan : Bahasa yang digunakan adalah bahasa sehaari-hari dan mudah dipahami pembaca karena sebagian besar pembacanya adalah remaja. Isi bukunya juga sesuai dengan kehidupan remaja masa kini.
•         Kekurangan : Adanya kalimat dan paragraf yang tidak lengkap sehingga pembaca karus membavanya dengan berulang-ulang agar bisa memahami isi nya.

Unsur ekstrinsik
1      Nilai sosial
2      Nilai budaya
3      Nilai kemanusiaan

Unsur Intrinsik Novel

Tema : marmut merah jambu
.  
Alur : mundur

  Penokohan:
a.       Dika : Pesimis, peduli, sederhana, mudah terpengaruh, optimis, cerdas, sok tahu, ceroboh
b.      Aldi : Dongo, pesimis, gigih, terlalu percaya diri dan gengsi
c.       Wahyu :  Peduli
d.      Bayu :   Bodoh
e.       Christoper : Baik,  Percaya diri
f.       Dora : Cerdas, galak, pemarah
g.      Clarissa : Jujur ketika mengakui kesalahan, licik
h.      Edgar :  Penakut dan cerdas, percaya diri
i.        Mama Nasution : Perhatian dan sewot
j.        Ara :  Peduli
k.      Ina :  Gengsi,  Suka mengejek
l.        Anto :  Tidak setia
m.    Githa :  Cantik

4.      Latar:
Setting Tempat : Sekolah SMP, sekolah SMA, rumah Dika, kantin sekolah, rumah Aldi, rumah Ina, kampus, wisata Ancol, black cat, RS pertamina, Kantor detektif, dan coffe Starbucks pondok indah mall.
Waktu : Waktu yang digunakan dalam novel ini adalah pagi, siang, sore, dan malam.
Setting Suasana : Dalam Novel ini lebih menggambarkan suasana hati dari karakter utama yaitu Dika yang kadang-kadang juga diceritakan miris.
  Suasana : Senang, tegang,

5.      Sudut pandang
1.    Orang pertama pelaku utama

6.       Gaya Bahasa:
Bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari dan mudah dipahami pembaca karena sebagian besar pembacanya adalah remaja. Isi bukunya juga sesuai dengan kehidupan remaja masa kini.

7.      Amanat:
a.       Kita jangan terlalu terpekur, tertegun dan merenungi nasib hingga depresi.
b.      Pentingnya kekompakan dan curahan kasih sayang sebuah keluarga.
c.       Kita harus bisa memanusiakan ciptaan Tuhan yang lain.

Comments

Popular posts from this blog

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah .... a.        Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013 b.       Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah c.  ...

27. Novani Sisilia Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

Nama : Novani Sisilia Soal UN Bahasa Indonesia Thn. 2016 04 Paket B Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik menyisipkan peristiwa sejarah dengan harapan dapat memperkuat kepribadian peserta didik dengan menghayati nilai-nilai perjuangan dan pengorbana seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan. Pembelajaran ini juga dimaksudkan untuk menanamkan sikap positif dalam diri peserta didik terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa identitas bangsa yang harus dijunjug tinggi yang harus tercermin dalam sikap berbahasa, baik lisan maupun tulis. Bahasa Indonesia merupakan cerminan sikap dan jati diri bangsa Indonesia di lingkungan pergaulan dunia global. 1.          Ide pokok paragraf tersebut adalah … . A.         cara memperkuat kepribadian peserta didik  melalui materi pembelajaran B.   ...

"Perbaikan Latihan dan Pas Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41" "Dimas Aditya Wardana"

SOAL BARU Bacalah teks berikut (1) Transplantasi ginjal tidak mudah untuk di ‐  lakukan. (2) Selain faktor biaya, donor yang cocok juga tidak mudah untuk ditemukan. (3) Sementara itu, cuci darah juga akan membebani, baik secara material maupun psikis. (4) Biaya transplantasi ginjal sebesar lima puluh juta rupiah. (5) Pasien diharuskan menyediakan uang minimal sebesar biaya tersebut. 1.    Kalimat utama paragraf tersebut adalah … (Soal UN 2014) A.       1 B.        2 C.        3 D.       4 E.        5 Pendidikan merupakan modal yang sangat penting dalam membangun bangsa . Tidak saja untuk mencapai kesejahteraan masyarakat,  tetapi juga dalam membangun jati diri bangsa.   Insan ‐  insan terdidiklah  yang akan berperan besar mem ‐  bangun bangsa dalam mencapai kesejahteraan dan keadilan...