Skip to main content

Kuis Biografi "Jujur Prananto" SMAN 41 Thn 2017

Kuis Biografi "Jujur Prananto" SMAN 41 Thn 2017
Nama: M.Rizki Akbar
Kelas: X MIPA 3
Pelajaran: Bahasa Indonesia
Judul Buku: Jujur Prananto
Tema: Karya Anak Bangsa
Pengarang: Ftryan G. DENNIS
Tahun Terbit: 2008
Tebal buku: 4halaman
Kelebihan: Kertasnya bagus dan Tebal
Kekurangan: Tidak ada variasi warna

Biografi Jujur Prananto
Jujur prananto lahir disebuah desa kecil yaitu di daerah salatiga, Jawa Tengah, 30 Juni 1960. Bungsu dari tiga bersaudara ini anak seorang guru SMA di Yogyakarta. Sejak kecil, terutama setelah ibunya meninggal, ia terbiasa mandiri. Kehidupan nya dulu sangat primitif. Di samping tinggalnya di daerah pinggiran, di rumah tidak ada penerangan listrik. Ini karena Bapaknya tidak mempunyai uang untuk membayar listrik 

Karena kebersahajaan hidup keluarganya, Jujur tumbuh menjadi anak yang minder dan kuper (kurang bergaul), dan itu berlangsung sampai SMA. Untuk mengatasi masalah itu, ia aktif mengelola majalah dinding. Lulus SMA, Jujur masuk Jurusan Sinematografi Institut Kesenian Jakarta, karena ia menyukai hal yang berhubungan dengan seni. Kebetulan, seorang pamannya tinggal di Jakarta, sehingga ia bisa menumpang tinggal di rumah sang paman. 

Pendidikannya di ikj sebenarnya harus ditempuh selama 3 tahun, tetapi jujur menjalaninya selama 5tahun karena ada beberapa mata kuliah yg tidak lulus dan dia pun kesulitan untuk mendapat biaya untuk praktik. Dia pun terpaksa meminta bantua teman untuk membeli film 16mm dan ada yg bersedia membantu dengan menjadi pemerannya. Meskipun banyak rintangan, akhirnya jujur bisa lulus dari ikj pada tahun 1984. Walaupun mempunyai kemampuan menulis usai menyelesaikan kuliahnya dia tidak mau langsung jadi penulis tetapi dia mengawali karier nya sebagai karyawan magang di gramedia film bersama sutradara Ami priyono dan sumanjaya jujur sangat bangga bisa berada diantara mereka.
6tahun melintang di dunia perfilman jujur berniat untuk mengganti profesi ke bidang penulisan skenario. pada tahun 90an perfilman indonesia terpuruk. Jujur mencoba merayap ke televisi. Saat itu hanya ada TVRI dan muncul RCTI sebagai stasiun televisi pertama swasta di Indonesia. Jujur membuat skenario berjudul abu yatim yg disutradarai oleh duto sulistiadi.
Inilah langkah awal jujur aktif menulis di televisi dia langsung diajak keumah produksi untuk membuat skenarii anak ku terlahir kembali, yg digarap temannya sendiri. Setelah itu jujur di kontrak untuk menulis skenario shangrila dan bulan bukan perawan. Hingga akhirnya jujur dipercaya kembali untuk membuat skenario film remaja dengan judul ada apa dengan cinta (AADC). Film ini pun meledak di hati penonton dan laris di pasara. Usai AADC, jujur menulis skenario ungu violet. Saat dunia televisi marak oleh film korea. Jijur sibuk menggarap skenario yg lama tertunda itu dan kepenulisan mengalami pasang surut, begitu juga dengan perfilman. Dan saat ini lah yg dibutuhkan perfilman indonesia untuk membuat film karya anak bangsa.

Penanya (Denta) : Apa yang harus anda teladani dari tokoh tersebut
Penjawab (Akbar) : Berusahan, berani mencoba mencoba dan mencoba



Comments

Popular posts from this blog

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah .... a.        Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013 b.       Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah c.  ...

27. Novani Sisilia Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

Nama : Novani Sisilia Soal UN Bahasa Indonesia Thn. 2016 04 Paket B Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik menyisipkan peristiwa sejarah dengan harapan dapat memperkuat kepribadian peserta didik dengan menghayati nilai-nilai perjuangan dan pengorbana seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan. Pembelajaran ini juga dimaksudkan untuk menanamkan sikap positif dalam diri peserta didik terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa identitas bangsa yang harus dijunjug tinggi yang harus tercermin dalam sikap berbahasa, baik lisan maupun tulis. Bahasa Indonesia merupakan cerminan sikap dan jati diri bangsa Indonesia di lingkungan pergaulan dunia global. 1.          Ide pokok paragraf tersebut adalah … . A.         cara memperkuat kepribadian peserta didik  melalui materi pembelajaran B.   ...

"Perbaikan Latihan dan Pas Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41" "Dimas Aditya Wardana"

SOAL BARU Bacalah teks berikut (1) Transplantasi ginjal tidak mudah untuk di ‐  lakukan. (2) Selain faktor biaya, donor yang cocok juga tidak mudah untuk ditemukan. (3) Sementara itu, cuci darah juga akan membebani, baik secara material maupun psikis. (4) Biaya transplantasi ginjal sebesar lima puluh juta rupiah. (5) Pasien diharuskan menyediakan uang minimal sebesar biaya tersebut. 1.    Kalimat utama paragraf tersebut adalah … (Soal UN 2014) A.       1 B.        2 C.        3 D.       4 E.        5 Pendidikan merupakan modal yang sangat penting dalam membangun bangsa . Tidak saja untuk mencapai kesejahteraan masyarakat,  tetapi juga dalam membangun jati diri bangsa.   Insan ‐  insan terdidiklah  yang akan berperan besar mem ‐  bangun bangsa dalam mencapai kesejahteraan dan keadilan...