Skip to main content

Kuis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Novel “ Pengurus MOS Harus Mati ” SMAN 41 Thn 2017

Kuis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Novel “ Pengurus MOS Harus Mati ” SMAN 41 Thn 2017
Nama: Adelia Maudina
Kelas: X IPS 1
Pelajaran: Bahasa Indonesia
Semester: Genap
Guru: M. Jarkasih S,Pd., M. Par

Sinopsis :
Hanny Pelangi. Salah satu siswi tercantik atau terpopuler dari sekolah SMA Persada Internasional. Hanny dipilih menjadi salah satu pengurus MOS saat Hanny sedang liburan dengan sahabatnya, Jenny di Singapura. Awalnya Hanny merasa jabatan itu terdengar sangat menggiurkan lantaran orang-orang yang terpilih menjadi pengurus MOS adalah tim elite atau terdiri dari siswa dan siswi paling beken di sekolah itu yaitu ; Benji si Ketua OSIS yaitu pacar Hanny sendiri, Ivan si wakil Ketua OSIS, Mila dan Violina yang menjabat sebagai sekretaris OSIS, Anita salah satu bendahara OSIS, Peter si Ketua Klub KPR (Kelompok Pers Remaja) salah satu klub sekolah yang paling bergengsi di sekolah itu, dan Ronny si ketua klub basket.
Namun belum apa-apa rapat sudah dihancurkan seorang cowok yang dianggap Hanny si bengal yang tidak naik kelas, sangat membenci Hanny, dan hobi membuatnya malu, namanya Frankie. Yang sangat berbeda dengan kakak laki-lakinya, Ivan. Urusan ini bertambah parah saat Benji mengajak para pengurus MOS untuk mengarang kisah horor bohongan seputar sekolah mereka untuk meramaikan kegiatan MOS kali ini. Satu demi satu pengurus MOS mengalami kecelakaan yang mengerikan yang terjadi di tempat mereka mengarang kisah horror itu sendiri.
Mila, gadis yang memiliki kepribadian feminin, ramah, dan lemah lembut, mengarang kisah horror di gedung gym sekolah yang dulu. Yang berceritakan tentang robohnya gedung gym dikarenakan kontraktor yang mengerjakan gedung gym itu dulu bukan kontraktor terpercaya. Dan kejadian itu menewaskan semua orang didalam gedung yang sedang menyaksikan pertandingan basket indoor didalam gedung tersebut.Lalu Mila juga ditimpa balok di gedung gym itu dan tulang keringnya dicurigai retak dan terpaksa dirawat dirumah sakit. Awalnya Hanny waktu itu bersama Mila juga. Namun selamat karena hanya tertimpa balok yang menindih kakinya saja.
Tadinya, Benji sudah akan menghentikan acara MOS yang horror itu dan menggantikannya seperti acara MOS yang lama kalau saja tidak ada tulisanPENGURUS MOS HARUS MATI yang ditulis menggunakan darah ayam. Tulisan itu ada dimana-mana. Di auditorium, toilet cowok, lapangan basket indoor, lab fisika, bahkan dinding loker lantai tiga. Benji merasa itu kelakuan anak baru. Tapi tidak ada yang mau mengaku.
Lalu, kecelakaan kedua yang terjadi pada Peter, si ketua klub KPR yang sangat tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mempromosikan klubnya mengarang kisah horror di ruangan klub KPR-nya. Yang berceritakan tentang ketua klub KPR yang lama yang berasal dari keluarga yang tidak bahagia dan ia jadi malas pulang kerumah karena ia bisa menghabiskan waktu di ruangan klub dengan menggunakan internet gratis. Sang ketua bertemu dengan seorang cewek di dunia maya dan keduanya punya kisah hidup yang mirip. Keduanya juga pesimis dalam menjalani hidup dan sering saling berkeluh kesah.  Suatu hari, cewek itu mengatakan bahwa ia sudah lelah hidup dan ia ingin mati, bahkan cewek itu mengajak si ketua mati bersama. Si ketua menjawab bahwa jika cewek tersebut tidak ada, hidupnya tidak berarti. Keesokan harinya si ketua di temukan mati gantung diri dan komputer dalam keadaan menyala dan ditemukan tulisan ‘ayo kita mati bersama’.
Lalu Peter sendiri ditemukan tergantung di ruangannya dengan aplikasichatting yang bertuliskan ‘ayo kita mati bersama’ persis seperti cerita miliknya.
Kecelakaan ketiga, yang terjadi pada Anita, tipe cewek high-class yang cuma mau berpacaran dengan cowok-cowok berprestasi hebat seperti Ivan, Benji, dan Markus.  Anita mengarang cerita tentang sekelompok cewek yang iseng bermain dengan papan Ouija di ruangan rapat OSIS. Tapi kemudian satu per satu peserta pemain itu tewas dengan sangat mengerikan. Salah satunya dirampok, dua diantara mereka mati tertabrak, dan sisanya karena tidak tahan akhirnya bunuh diri.
Dan Anita sendiri ditemukan dengan sangat mengerikan di ruangan OSIS yaitu mulut penuh busa seperti habis diracuni. Tapi Anita disitu ditemukan bersama dengan Ronny yang keadaannya sama dengannya.
Frankie dan Hanny yang belakangan mulai dekat karena kejadian-kejadian tersebut menduga ada orang jahat di balik semua ini dan menamakannya dengan Oknum X. Untuk memecahkan pertanyaan atas kecelakaan-kecelakaan tersebut, ada 3 teori yang bisa diduga ;
·  Teori Violina. Yang menganggap ini kutukan kisah horror yang berbalik menimpa mereka.
·  Teori Benji yang mengatakan kalau ini semua perbuatan anak baru yang dendam pada pengurus MOS sebab perlakuan mereka yang kejam
·  Teori Frankie, yang mengatakan ini tidak mungkin perbuatan anak baru. Pelakunya mungkin saja orang dalam ; apakah itu pengurus MOS, guru-guru, petugas kebersihan, dll.

Setelah kejadian Mila, Peter, Anita dan Ronny, Frankie merasa modus operandi si Oknum X itu berikutnya adalah Ivan, si pengarang kisah horror keempat. Berceritakan tentang seorang pelari yang bunuh diri di ruang gym karena kehilangan kedua kakinya. Cowok itu kehilangan kakinya karena saingannya yang licik memasukkan paku-paku kedalam sepatunya. Maka Frankie bisa langsung menebak bahwa kakaknya itu pasti akan disergap si Oknum X di gym. Untuk mencegahnya, Frankie dan Hanny mengikuti Ivan kemanapun cowok itu pergi. Namun ternyata si Oknum X berhasil mencuri waktu saat Ivan muncul seorang diri, lalu menjebaknya melalui salah seorang anggota tim atletik. Hanny dan Frankie berusaha mengejar Oknum X, namun persiapan yang dia lakukan terlalu matang. Oknum X menjebol dinding loker yang menuju tangga darurat. Lubang itu cukup besar sehingga memperkuat perkiraan bahwa semua ini kejahatan terencana.Dan benar saja,semua kejadian ini dilakukan oleh Benji dan Mila setelah Frankie mengumpulkan semua barang bukti yang ada dan semuanya mengarah pada Benji dan Mila.serta mengumumkan semuanya di ruang auditorium yang disaksikan oleh seluruh warga SMA Persada Internasional.Namun Benji mengaku jika dia dan Mila tak bekerja sendiri,melainkan mereka disuruh oleh Johan yaitu orang yang selalu mengacaukan hidup Hanny.
UNSUR INTRINSIK NOVEL
1. Tema : Kejanggalan pelaksanaan MOS di SMA Persada Internasional.
2. Amanat atau pesan : Jangan menceritakan cerita yang bohong,karena itu akan menimbulkan karna yang  akan terjadi pada diri kita sendiri. Dan jangan berlaku kasar kepada adik kelas.
3. Alur: Alur cerita dalam novel ini maju,karena menceritakan kisah dari waktu yang   lampau menuju ke waktu depan.
4. Watak dan penokohan:
· Hanny Pelangi
Seorang siswi yang cantik,bersikap lembut tapi terkadang bias jadi kasar,agak takut kepada hal-hal yang berbau horror,jujur
· Jenny
Teman Hanny,pendiam,pemalu
· Benji
Pacar Hanny,ketua OSIS,tegas tapi penyabar,namun tidak jujur
· Ivan
Sifatnya hamper sama dengan Benji,tetapi kurang sabar
· Mila
Ramah,lemah lembut,feminine,tapi juga tidak jujur
· Violina
Ramah,baik hati,dapat dipercaya
· Anita
Pintar,ramah dan hanya memilih teman yang popular di sekolah

·  Peter
Dia pandai mencari berita,tetapi sombong dan ter
   Ronny
Jagoan basket,punya banyak teman,tidak pelit
·   Frankie
Adik Ivan,suka berkelahi,menjengkelkan,tapi dialah pembongkar semua peristiwa yang tejadi di waktu MOS
5. Latar atau setting
   - Latar tempat  : di Singapura,SMA Persada Internasional
   - Latar waktu    : Pada malam hari,pada siang hari,saat liburan sekolah,waktu MOS




C:\Users\ACER\Documents\Screenshot_2017-06-11-11-10-53.png

Comments

Popular posts from this blog

Kelas 12 Ipa 2 Kelompok 4 Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018

Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018 BULLYING Tim Produksi : 1. Amos Fernando Nainggolan – Guru Matematika (Mengetik Naskah) 2. Destia Laila – Teman Dewi dan Sharhan (Makeup) 3. Dewi Astuti – Peran yang di bully (Kostum) 4. Dwi Prasetyo – Guru BK (Penata Artistik) 5. Kedive Ramadhan – Tukang bully (Admin Sosmed) 6. Muhammad Daffa Firdaus – Tukang bully (Sutradara) 7. Muhammad Luthfi Sasmita – Tukang bully (Properti) 8. Muhammad Sharhansyah – Peran yang di bully (CD) 9. Titis Sulistiyo Wahyuning Asih -  Tukang bully (Pembuat Naskah) Grup 4  XII MIPA – 2 Ujian Praktek Guru Penguji: 1. Dra. Siwi Marwati, M. Pd. 2. Dra. Novalinda, M. Pd. 3. Muhammad Jarkasih, S Pd. M. Par. SMA Negeri 41 Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018 Di sebuah Sekolah bernama SMA Bar – Bar terdapat sebuah kelas yang dihuni oleh berbagai macam karakteristik siswa. Pagi hari Destia dan Sharhan dikelas, tiba – tiba Daffa dan teman-temannya

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah .... a.        Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013 b.       Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah c.        Pembelajaran yang sangat dianjurkkan pada kurikulum 2013 d.       Penyajian perasaan

27. Novani Sisilia Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

Nama : Novani Sisilia Soal UN Bahasa Indonesia Thn. 2016 04 Paket B Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik menyisipkan peristiwa sejarah dengan harapan dapat memperkuat kepribadian peserta didik dengan menghayati nilai-nilai perjuangan dan pengorbana seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan. Pembelajaran ini juga dimaksudkan untuk menanamkan sikap positif dalam diri peserta didik terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa identitas bangsa yang harus dijunjug tinggi yang harus tercermin dalam sikap berbahasa, baik lisan maupun tulis. Bahasa Indonesia merupakan cerminan sikap dan jati diri bangsa Indonesia di lingkungan pergaulan dunia global. 1.          Ide pokok paragraf tersebut adalah … . A.         cara memperkuat kepribadian peserta didik  melalui materi pembelajaran B.         penghargaan pengorbana n seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan C.         upa