Skip to main content

Pantun Pendidikan, Pantun Lingkungan, dan Pantun Humor SMAN 41 Thn 2017


Pantun Pendidikan, Pantun Lingkungan, dan Pantun Humor  SMAN 41 Thn 2017
Nama : Shafira Oktavia
Kelas : X IPA 2
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Semester : Genap
Nama Guru : M. Jarkasih, S. Pd., M. Par
Sinopsis :

1. Pantun Pendidikan
 a. Jika kita pegang kuas
     Melukislah dengan kertas
     Jika anak berkualitas
     Bangsa pun berkualitas
Alasannya : Menjadi anak bangsa yang berkualitas
b. Hendaklah melempar jangkar
     Kalau ada perahu singgah
     Kalau anak bangsa pintar
     Negri ini akan bangga
Alasannya : Menjadi anak pintar bagu bangsa sendiri
c. Makan ayam pake buah
     Buahnya buah mangga
     Banggalah berseragam rapih
     Karena penug perjuangan untuk mendapatkannya
Alasannya :
2. Pantun Lingkungan
a. Sungguh cantik ikan lohan
     Hidup nyaman dikolam taman
     Ayo kawan jaga kebersihan
     Kebersihan itu sebagian dari iman
Alasannya : Karena kita wajib menjaga kebersihan dan kebersihan itu wajib, nyamn, dan bersih
b. Kancil ditangkap dalam karangan
     Sakit badannya terkena kuman
     Yang buang sampah sembarangan
     Pasti jomblo sepanjang umur
Alasannya : Jangan membuang sampah sembarangan karena menyebabkan banjir dan menimbulkan penyakit
c. Kejakarta naik kereta
    Duduk manis baca koran
    Bersihkan lingkungan kita
    Dari sampah dan kotoran
Alasannya : Jika lingkungan kita bersih, kita terhindar dari penyakit dan lingkungan kita bersih, aman dan damai
3. Pantun Humor
a. Dari menteng beli sekuteng
    Minumnya dicampur minyak
    Gua emang sononya ude ganteng
    Sayangnya temen-temen katarak
Alasannya : Karena temen-temennya katarak
b. Bukan kita kepedean
     Tapi fakta membuktikan
     Kita tanpan dan rupawan
     Jadi lu jangan heran
Alasannya : Dia membanggakan dirinya sendiri
c. Banyak bunga ditaman
    Cuman satu kupetik
    Banyak anak perawan
    Cuman adik yang cantik
Alasannya : Dia cuman bilang cantik kesatu orang

https://youtu.be/cdIXbUlGP24

Comments

Popular posts from this blog

Kelas 12 Ipa 2 Kelompok 4 Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018

Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018 BULLYING Tim Produksi : 1. Amos Fernando Nainggolan – Guru Matematika (Mengetik Naskah) 2. Destia Laila – Teman Dewi dan Sharhan (Makeup) 3. Dewi Astuti – Peran yang di bully (Kostum) 4. Dwi Prasetyo – Guru BK (Penata Artistik) 5. Kedive Ramadhan – Tukang bully (Admin Sosmed) 6. Muhammad Daffa Firdaus – Tukang bully (Sutradara) 7. Muhammad Luthfi Sasmita – Tukang bully (Properti) 8. Muhammad Sharhansyah – Peran yang di bully (CD) 9. Titis Sulistiyo Wahyuning Asih -  Tukang bully (Pembuat Naskah) Grup 4  XII MIPA – 2 Ujian Praktek Guru Penguji: 1. Dra. Siwi Marwati, M. Pd. 2. Dra. Novalinda, M. Pd. 3. Muhammad Jarkasih, S Pd. M. Par. SMA Negeri 41 Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018 Di sebuah Sekolah bernama SMA Bar – Bar terdapat sebuah kelas yang dihuni oleh berbagai macam karakteristik siswa. Pagi hari Destia dan Sharhan dikelas, tiba – tiba Daffa dan teman-temannya

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah .... a.        Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013 b.       Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah c.        Pembelajaran yang sangat dianjurkkan pada kurikulum 2013 d.       Penyajian perasaan

27. Novani Sisilia Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

Nama : Novani Sisilia Soal UN Bahasa Indonesia Thn. 2016 04 Paket B Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik menyisipkan peristiwa sejarah dengan harapan dapat memperkuat kepribadian peserta didik dengan menghayati nilai-nilai perjuangan dan pengorbana seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan. Pembelajaran ini juga dimaksudkan untuk menanamkan sikap positif dalam diri peserta didik terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa identitas bangsa yang harus dijunjug tinggi yang harus tercermin dalam sikap berbahasa, baik lisan maupun tulis. Bahasa Indonesia merupakan cerminan sikap dan jati diri bangsa Indonesia di lingkungan pergaulan dunia global. 1.          Ide pokok paragraf tersebut adalah … . A.         cara memperkuat kepribadian peserta didik  melalui materi pembelajaran B.         penghargaan pengorbana n seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan C.         upa