Skip to main content

Khusnul Khotimah X IIS 2 Tugas Konjungsi




        Tugas Konjungsi
Nama              :  Khusnul Khotimah
Kelas               : X IPS 2
Pelajaran         : Bahasa Indonesia
Semester         : Ganjil 
Guru               : M. Jarkasih S.Pd., M.Par.
Tahun Ajaran : 2016/2017

  I. Konjungsi Gabungan
  1. dan
      Kalimat : Saya dan Ana sedang belajar bersama.
       








Buku Ziarah Halaman 85


  2. serta 
       Kalimat : Jihan serta Ayu mengejakan tugas kuliahnya                                              bersama - sama.                     







Buku Kesehatan Sekolah Di Indonesia Halaman 14



   3. lagi 
       Kalimat : : Nina lagi belanja ke swalayan.










Buku Ziarah Halaman 86




     4. pula 
        Kalimat : Dia yang berbuat kesalahan, dia pula yang harus                                    bertanggung jawab.







Buku Ziarah Halaman 86



    5. Lagi pula
       Kalimat : Aku tidak suka anak itulagi pula dia suka                                                  berbohong.








Buku Ziarah Halaman 86


     II. Konjungsi Pilihan
     1. atau 
         Kalimat : Dina bingung ingin membeli  sepatu atau tas.    






Buku Kesehatan Sekolah Di Indonesia Halaman 81 
  
2. maupun
  Kalimat : Baik Anto maupun Andi ingin                                    menjadi pianis terkenal. 









Buku Kesehatan Sekola Di Indonesia Prakata



 III. Konjungsi Pertentangan
 1. tetapi 
    Kalimat : Dia keras kepala, tetapi sebenarnya dia baik.







Buku Kesehatan Sekolah Di Indonesia Prakata



 2. Akan tetapi
     Kalimat : Ani berpenghasilan tinggi akan tetapi kehidupannya                            sangatlah  boros.










Buku Ziarah Halaman 87




  3. Namun 
     Kalimat : Orangnya cantik namun sombong.









Buku Kesehatan Sekolah Di Indonesia Halaman 6

4. melainkan
    Kalimat : Bukan Sani pemenangnya,                                     melainkan Dita. 


Buku Berbagi Suami Halaman 8




IV. Konjungsi Sebab
1. karena
    Kalimat : Barang itu mahal karena kualiasnya baik.











Buku Ziarah Halaman 86




2. Karena itu
    Kalimat : Dia tidak punya uang karena itu saya memberikannya.













Buku Kesehatan Sekolah Di Indonesia Prakata




 3. sebab
     Kalimat : Kita memenangkan lomba ini sebab kita berlatih                                  sungguh - sungguh.











Buku Ziarah Halaman 93



 4. sebab itu
     Kalimat : Mereka sangat lapar, sebab itu mereka nekat mencuri.














Buku Ziarah Halaman 97




V. Konjungsi Akibat
 1. Akhirnya
     Kalimat : Setelah berulagkali belajar, akhinya dia bisa                                        mengerjakan ulangannya.









Buku Ziarah Halaman 116

2. Hasilnya 
    Kalimat : 




Buku Aktif Biologi Halaman 82



 3. sehingga
       Kalimat : Ibu sering menyiram tanamannya, sehingga tanaman                          tersebut tumbuh sumbur.













Buku Kesehatan Sekolah Di Indonesia Halaman 3




VI. Konjungsi Kesimpulan
       1. Jadi 
            Kalimat : Jadi, sekarang menunjukan pukul 08.00 WIB.












Buku Ziarah Halaman 116



  2. maka
      Kalimat : Jika kamu sukses, maka orang tua kamu juga pasti                               senang.













Buku Kesehatan Sekolah Di Indonesia




3. Dengan demikian
    Kalimat : Dia rajin belajar, dengan demikian dia menjadi pintar.













Buku Kesehatan Sekolah Di Indonesia Halaman 29




VII. Konjungsi Waktu 
  1. setelah
      Kalimat : Nadia bertemu Lulu setelah bertemu Rizky.










Buku Kesehatan Sekolah Di Indonesia Halaman 320




 2. Sebelum 
     Kalimat : Kakek makan terlebih dahulu sebelum mandi.














Buku Kesehatan Sekolah Di Indonesia Halaman 100



 3. sesudah
    Kalimat : Dina makan sesudah mandi.













Buku Kesehatan Sekolah Di Indonesia Halaman 100

Comments

Popular posts from this blog

Kelas 12 Ipa 2 Kelompok 4 Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018

Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018 BULLYING Tim Produksi : 1. Amos Fernando Nainggolan – Guru Matematika (Mengetik Naskah) 2. Destia Laila – Teman Dewi dan Sharhan (Makeup) 3. Dewi Astuti – Peran yang di bully (Kostum) 4. Dwi Prasetyo – Guru BK (Penata Artistik) 5. Kedive Ramadhan – Tukang bully (Admin Sosmed) 6. Muhammad Daffa Firdaus – Tukang bully (Sutradara) 7. Muhammad Luthfi Sasmita – Tukang bully (Properti) 8. Muhammad Sharhansyah – Peran yang di bully (CD) 9. Titis Sulistiyo Wahyuning Asih -  Tukang bully (Pembuat Naskah) Grup 4  XII MIPA – 2 Ujian Praktek Guru Penguji: 1. Dra. Siwi Marwati, M. Pd. 2. Dra. Novalinda, M. Pd. 3. Muhammad Jarkasih, S Pd. M. Par. SMA Negeri 41 Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018 Di sebuah Sekolah bernama SMA Bar – Bar terdapat sebuah kelas yang dihuni oleh berbagai macam karakteristik siswa. Pagi hari Destia dan Sharhan dikelas, tiba – tiba Daffa dan teman-temannya

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah .... a.        Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013 b.       Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah c.        Pembelajaran yang sangat dianjurkkan pada kurikulum 2013 d.       Penyajian perasaan

27. Novani Sisilia Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

Nama : Novani Sisilia Soal UN Bahasa Indonesia Thn. 2016 04 Paket B Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik menyisipkan peristiwa sejarah dengan harapan dapat memperkuat kepribadian peserta didik dengan menghayati nilai-nilai perjuangan dan pengorbana seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan. Pembelajaran ini juga dimaksudkan untuk menanamkan sikap positif dalam diri peserta didik terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa identitas bangsa yang harus dijunjug tinggi yang harus tercermin dalam sikap berbahasa, baik lisan maupun tulis. Bahasa Indonesia merupakan cerminan sikap dan jati diri bangsa Indonesia di lingkungan pergaulan dunia global. 1.          Ide pokok paragraf tersebut adalah … . A.         cara memperkuat kepribadian peserta didik  melalui materi pembelajaran B.         penghargaan pengorbana n seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan C.         upa