Skip to main content

M. Yusuf , Remedial UTS Bahasa Indonesia, (X-MIA-1)

Nama : Muhammad Yusuf
Kelas  : X - MIA - 1 

REMEDIAL UTS BAHASA INDONESIA

Soal Nomor Satu
   1.      Sinonim, yaitu persamaan kata (mempunyai makna sama) . Contoh Kalimat:

-          Bisa = Mampu : Saya bisa membuat nasi goreng.
Analisis: Kata bisa memiliki makna yang sama dengan mampu. Kedua kata itu bisa saliing menggantikan.

   2.     Antonim,  yaitu lawan kata (mempunyai makna yang berlawanan). Contoh kalimat:

-          Panas ><Dingin : Cuaca hari ini sangat panas.
Analisis : Kata panas memiliki makna yang terbalik/ berlawanan dari kata dingin.

   3.      Hiponinm, yaitu kata yang memiliki makna umum. Contoh kalimat:

-          Pulau : Indonesia memiliki ribuan pulau.
Analisis : Kata pulau merupakan kata yang memiliki makna umum atau hiponim.

4.        Homonim, yaitu kata yang pelafalan dan penulisannya sama, tetapi maknanya Berbeda.Contoh kalimat :
-          Bisaularitusangatberbahaya.
Analisis :Kata bisa merupakan homonim karena penulisan dan pelafalannya sama, tetapi maknanya berbeda.

   5.      Homograf, yaitu kata yang  penulisannya sama, tetapi pelafalandan maknanya Berbeda.Contoh kaimat:

-          Per (satuan), Per (alat): Persepeda motor itusudahberkarat.
Analasis:Kata per merupakan homograf karena meskipun tulisannya sama, tetapi pelafalan dan maknanya berbeda.

   6.      Homofon, yaitu kata yang pelafannnya sama, tetapi tulisan dan maknanya berbeda.

Contoh  kalimat:
-          Bank (tempat menyimpan uang), Bang (kakak laki - laki) :Ibu menyimpan uang di Bank.
Analisis :Kata Bank merupakan Homofon karena meskipun pelafannya sama, tetapi tulisan dan maknanya berbeda.

   7.      Polisemi, yaitu kata yang memiliki banyak makna atau arti. Contoh Kalimat :

-          Ayah saya merupakan seorang kepala rumah tangga.
Analisis: kata Kepala itu memiliki banyak arti atau Polisemi.

Soal NomorDua
   1.      Frasa Nomina :memiliki arti kata benda. Contoh kalimat :

-          Saya sedang membaca buku.
    Frasa                     Nomina

   2.      FrasaAdjektiva : memiliki arti kata sifat. Contoh kalimat :

-          Kelas ini terlihat sangat rapi.
                        Frasa Adjektiva

   3.      FrasaNumerial :Memiliki arti kata berupa angka (bilangan). Contoh kalimat:

-          Saya membeli tiga buku novel.
          Frasa    Numerial

   4.      FrasaVerba :Memiliki arti kata kerja. Contoh Kalimat:

-          Saya membeli kue itu tadi pagi.
          Verba          Frasa


SoalNomorTiga:
Konjungsi adalah salah satu bentuk kata yang menghubungkan kata dan paragraph.
   1.      Gabungan : Reza dan daus tidak masuk sekolah hari ini.
Analisis: kata dan merupakan konjungsi gabungan.


   2.      Pilihan : Lebih bagus yang merah atau yang biru.
Analisis: kata atau merupakan konjungsi pilihan.


   3.      Pertentangan: Dia orangnya baik tetapi pemalas.
Analisis: kata tetapi merupkan konjungsi pertentangan.


   4.      Sebab: dia tidak masuk sekolah karena sakit.
Analisis: Kata Karena merupakan konjungsi sebab.


5. Akibat: Akhirnya dia datang terlambat kesekolah.
Analisis: kata akhirnya merupakan Konjungsiakibat.


6. Waktu: Sebelum makan harus cuci tangan terlebih dahulu.
Analisis: kata sebelum merupakan konjungsi waktu.


7. Simpulan: jadi dia tidak masuk sekolah karena sakit.
Analisis: kata jadi merupakan konjungsi simpulan

  
SoalNomorEmpat:
1. Kata Baku adalah kata yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan, dan Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Contoh :Saya sedang antre untuk mendapatkan sembako murah..
Analisis: KB: Antre, KTB: Antri


2. KataTidak Baku adalah yang tidak sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan, dan Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Contoh :ulang tahun ibu saya 13 pebruari.
Analisis: KB: Februari, KTB :pebruari


3. Kata Serapan: kata yang diserap dari kata asing.
Contoh: Komputer ini memang sangat canggih.
Analsis: KA: computer, KS: komputer.




SoalNomor Lima
1. Karangan Eksposisi adalah karangan yang menjelaskan atau menerangkan sesuatu.Contoh:

            Ibukota Republik Indonesia adalah DKI Jakarta.DKI Jakarta berada di pulau jawa. DKI Jakarta saat ini dimpin oleh Gubernur yang bernama Basuki Tjaha Purnama (Ahok).Semua hal tersedeia atau terdapat di DKI Jakarta  misalnya sarana, prasara, hiburan, dan lain lain.

2. Karangan Argumentasi adalah karangan yang berupa pendapat.Contoh:

Menurut saya korupsi harus segera di berantas. Karena kalau tidak akan menyulitkan seluruh rakyat Indonesia. Harusnya, pelaku yang terbukti Korupsi harus dihukum seberat beratnya. Korupsi harus di berantas tanpa harus pandang bulu.

3. Karangan Narasi adalah karangan yang menceritakan peristiwa yang sebenarnya.

            Kartu Jakarta Pintar atau biasa disebut KJP. KJP diperuntukkan untuk siswa siswi yang kurang mampu. KJP sangat bermanfaat bagi siswa siswi yang menerimanya .KJP hanya dapat digunakan untuk keperluan sekolah.Saat ini siswa siswi dapat naik bus Trans Jakarta secara gratis dengan menggunakan KJP.

4. Karangan Deskripsi adalah karangan yang berupa ciri ciri (menerangkan sesuatu). Contoh:

Kelas X MIA 1 merupakan kelas yang rapi. Kelas X MIA 1 berada dilantai 3. Letak kelasnya di sebelah tangga.Terdapat 35 orang siswa yang berada dikelas X MIA 1.Kelas X MIA 1 mempunyai dua papan tulis putih dan satu lemari. Dindingnya di cat warna  hijau.

5. Karangan Persuasi adalah karangan yang sifatnya ajakkan.Contoh:

Ikutilah audisi menyanyi solo. wujudkan mimpimu menjadibintang yang sesungguhnya. Raihlah hadiah jutaan rupiah. Daftarkan diri Anda segera! Sebelum 31 Desember. Jika anda memiliki suara yang bagus, menarik, dan berkarakter Anda wajib mengikuti audisi menyanyi solo ini.


Comments

Popular posts from this blog

Kelas 12 Ipa 2 Kelompok 4 Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018

Ujian Praktik Teater 'Bullying' SMAN 41 Thn 2018 BULLYING Tim Produksi : 1. Amos Fernando Nainggolan – Guru Matematika (Mengetik Naskah) 2. Destia Laila – Teman Dewi dan Sharhan (Makeup) 3. Dewi Astuti – Peran yang di bully (Kostum) 4. Dwi Prasetyo – Guru BK (Penata Artistik) 5. Kedive Ramadhan – Tukang bully (Admin Sosmed) 6. Muhammad Daffa Firdaus – Tukang bully (Sutradara) 7. Muhammad Luthfi Sasmita – Tukang bully (Properti) 8. Muhammad Sharhansyah – Peran yang di bully (CD) 9. Titis Sulistiyo Wahyuning Asih -  Tukang bully (Pembuat Naskah) Grup 4  XII MIPA – 2 Ujian Praktek Guru Penguji: 1. Dra. Siwi Marwati, M. Pd. 2. Dra. Novalinda, M. Pd. 3. Muhammad Jarkasih, S Pd. M. Par. SMA Negeri 41 Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018 Di sebuah Sekolah bernama SMA Bar – Bar terdapat sebuah kelas yang dihuni oleh berbagai macam karakteristik siswa. Pagi hari Destia dan Sharhan dikelas, tiba – tiba Daffa dan teman-temannya

Putri Mawar Mj XII MIA 3 Perbaikan Latihan dan Ulangan SMAN 41 Thn 2017

SOAL LAMA Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasik teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai untuk menggugah perassaan ataukah untuk memberikan pemahaman. 1.        Ide pokok paragraf tersebut adalah .... a.        Pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu 2013 b.       Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah c.        Pembelajaran yang sangat dianjurkkan pada kurikulum 2013 d.       Penyajian perasaan

27. Novani Sisilia Perbaikan Latihan dan Ulangan Bahasa Indonesia SMAN 41 Thn 2017

Nama : Novani Sisilia Soal UN Bahasa Indonesia Thn. 2016 04 Paket B Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik menyisipkan peristiwa sejarah dengan harapan dapat memperkuat kepribadian peserta didik dengan menghayati nilai-nilai perjuangan dan pengorbana seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan. Pembelajaran ini juga dimaksudkan untuk menanamkan sikap positif dalam diri peserta didik terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa identitas bangsa yang harus dijunjug tinggi yang harus tercermin dalam sikap berbahasa, baik lisan maupun tulis. Bahasa Indonesia merupakan cerminan sikap dan jati diri bangsa Indonesia di lingkungan pergaulan dunia global. 1.          Ide pokok paragraf tersebut adalah … . A.         cara memperkuat kepribadian peserta didik  melalui materi pembelajaran B.         penghargaan pengorbana n seorang tokoh untuk meraih suatu kemerdekaan C.         upa